Ujian Akhir Semester 2 Bahasa Indonesia Kelas 6 SD Kurikulum Merdeka: Siap Hadapi!

Posted on

Ujian Akhir Semester 2 Bahasa Indonesia Kelas 6 SD Kurikulum Merdeka: Siap Hadapi!

Siapkan diri Anda untuk menghadapi Ujian Akhir Semester 2 Bahasa Indonesia Kelas 6 SD dengan Kurikulum Merdeka melalui kumpulan soal komprehensif ini. Artikel ini menyajikan berbagai jenis pertanyaan, mulai dari pilihan ganda, isian singkat, esai, hingga menjodohkan, yang dirancang khusus untuk menguji pemahaman siswa terhadap materi pelajaran. Topik yang dibahas mencakup pemahaman teks narasi dan nonfiksi, tata bahasa, penulisan efektif, serta apresiasi sastra. Setiap pertanyaan dilengkapi dengan kunci jawaban dan pembahasan mendalam, membantu siswa mengidentifikasi kekuatan dan area yang perlu ditingkatkan. Sumber belajar yang ideal bagi siswa, guru, dan orang tua untuk memastikan persiapan yang matang dan hasil ujian yang optimal.


Contoh Soal dan Pembahasan

1. Bacalah paragraf berikut! ‘Hutan hujan tropis adalah ekosistem yang sangat kaya akan keanekaragaman hayati. Pohon-pohon tinggi menjulang, menciptakan kanopi yang rapat sehingga sinar matahari sulit menembus ke dasar hutan. Berbagai jenis hewan seperti monyet, burung, dan serangga hidup berdampingan di dalamnya.’ Ide pokok paragraf tersebut adalah…

  • A. Pohon-pohon tinggi di hutan hujan tropis.
  • B. Berbagai jenis hewan di hutan hujan tropis.
  • C. Sinar matahari sulit menembus dasar hutan.
  • D. Hutan hujan tropis kaya akan keanekaragaman hayati.

Jawaban: Hutan hujan tropis kaya akan keanekaragaman hayati.

Pembahasan: Ide pokok adalah gagasan utama yang menjadi dasar pengembangan sebuah paragraf. Dalam paragraf ini, kalimat pertama secara jelas menyatakan bahwa hutan hujan tropis kaya akan keanekaragaman hayati, dan kalimat-kalimat berikutnya menjelaskan kekayaan tersebut.

2. Kalimat yang menggunakan kata baku dengan benar adalah…

  • A. Obat-obatan itu dibeli di apotik terdekat.
  • B. Ayah memberikan nasehat berharga kepadaku.
  • C. Ibu membeli sayur-mayur di pasar tradisional.
  • D. Setiap pekerjaan memiliki resiko tersendiri.

Jawaban: Ibu membeli sayur-mayur di pasar tradisional.

Pembahasan: Kata ‘sayur-mayur’ adalah bentuk baku dari ‘sayur mayur’ atau ‘sayur mayur’. Pilihan A menggunakan ‘apotik’ (seharusnya ‘apotek’), pilihan B menggunakan ‘nasehat’ (seharusnya ‘nasihat’), dan pilihan D menggunakan ‘resiko’ (seharusnya ‘risiko’).

3. Perhatikan kalimat berikut! ‘Meskipun hujan deras, Dika tetap berangkat sekolah.’ Konjungsi yang digunakan dalam kalimat tersebut menyatakan hubungan…

  • A. Sebab-akibat
  • B. Pilihan
  • C. Pertentangan
  • D. Tujuan

Jawaban: Pertentangan

Pembahasan: Konjungsi ‘meskipun’ atau ‘walaupun’ digunakan untuk menyatakan hubungan pertentangan atau konsesif antara dua klausa.

4. Jenis teks yang bertujuan untuk menggambarkan suatu objek, tempat, atau peristiwa secara rinci sehingga pembaca seolah-olah melihat atau merasakannya sendiri adalah teks…

  • A. Narasi
  • B. Eksposisi
  • C. Deskripsi
  • D. Argumentasi

Jawaban: Deskripsi

Pembahasan: Teks deskripsi memiliki ciri khas menggambarkan sesuatu secara detail dan melibatkan panca indra pembaca, sehingga pembaca dapat membayangkan objek yang digambarkan.

5. Bacalah pantun berikut! ‘Pergi ke pasar membeli duku,Jangan lupa membeli rambutan.Rajinlah belajar membaca buku,Agar masa depan penuh harapan.’ Amanat yang terkandung dalam pantun tersebut adalah…

  • A. Membeli buah-buahan di pasar.
  • B. Masa depan tidak bisa diprediksi.
  • C. Kita harus rajin belajar agar masa depan cerah.
  • D. Rambutan dan duku adalah buah yang enak.

Jawaban: Kita harus rajin belajar agar masa depan cerah.

Pembahasan: Amanat pantun biasanya terdapat pada baris ketiga dan keempat (isi). Dalam pantun ini, isi pantun jelas mengajak untuk rajin belajar demi masa depan yang lebih baik.

6. Penggunaan tanda baca koma (,) yang tepat terdapat pada kalimat…

  • A. Dia lahir di Jakarta 17 Agustus 2000.
  • B. Buku itu dibeli oleh Ayah, Ibu, dan Kakak.
  • C. Adik bertanya ‘Kapan kita berangkat?’
  • D. Walaupun lelah dia tetap semangat.

Jawaban: Buku itu dibeli oleh Ayah, Ibu, dan Kakak.

Pembahasan: Tanda koma digunakan untuk memisahkan unsur-unsur dalam suatu perincian yang lebih dari dua, sebelum konjungsi ‘dan’ jika perinciannya lebih dari dua.

7. Kalimat berikut yang merupakan kalimat fakta adalah…

  • A. Menurut saya, belajar matematika itu sangat sulit.
  • B. Cuaca hari ini pasti akan hujan deras.
  • C. Indonesia adalah negara kepulauan terbesar di dunia.
  • D. Anak itu terlihat sangat pintar sekali.

Jawaban: Indonesia adalah negara kepulauan terbesar di dunia.

Pembahasan: Kalimat fakta adalah pernyataan yang dapat dibuktikan kebenarannya. Indonesia memang negara kepulauan terbesar di dunia. Pilihan lain adalah opini atau asumsi.

8. Kata ‘berjalan’ pada kalimat ‘Adik berjalan menuju sekolah.’ memiliki imbuhan…

  • A. Me-
  • B. Ter-
  • C. Ber-
  • D. Per-

Jawaban: Ber-

Pembahasan: Kata dasar ‘jalan’ mendapat imbuhan awalan ‘ber-‘ sehingga menjadi ‘berjalan’.

9. Makna ungkapan ‘buah tangan’ adalah…

  • A. Buah yang dipegang tangan
  • B. Hasil pekerjaan tangan
  • C. Oleh-oleh
  • D. Tangan yang berbuah

Jawaban: Oleh-oleh

Pembahasan: Ungkapan ‘buah tangan’ secara umum berarti barang yang dibawa sebagai oleh-oleh dari suatu perjalanan.

10. Kalimat langsung yang benar adalah…

  • A. Ibu berkata, Jangan lupa sarapan sebelum berangkat sekolah!
  • B. Ibu berkata: ‘Jangan lupa sarapan sebelum berangkat sekolah!’
  • C. Ibu berkata, ‘Jangan lupa sarapan sebelum berangkat sekolah!’
  • D. Ibu berkata, Jangan lupa sarapan sebelum berangkat sekolah.

Jawaban: Ibu berkata, ‘Jangan lupa sarapan sebelum berangkat sekolah!’

Pembahasan: Ciri kalimat langsung adalah adanya tanda petik dua (‘…’) yang mengapit ucapan langsung, serta penggunaan tanda baca yang benar sebelum tanda petik penutup.

11. Unsur intrinsik cerita yang berisi pesan moral atau pelajaran yang ingin disampaikan penulis kepada pembaca adalah…

  • A. Tokoh
  • B. Latar
  • C. Alur
  • D. Amanat

Jawaban: Amanat

Pembahasan: Amanat adalah pesan atau nilai moral yang ingin disampaikan penulis melalui cerita.

12. Berikut adalah ciri-ciri teks narasi, kecuali…

  • A. Memiliki alur cerita.
  • B. Terdapat tokoh dan latar.
  • C. Bertujuan untuk menceritakan suatu peristiwa.
  • D. Bertujuan untuk meyakinkan pembaca.

Jawaban: Bertujuan untuk meyakinkan pembaca.

Pembahasan: Teks narasi bertujuan untuk menceritakan suatu peristiwa atau kejadian, sedangkan teks yang bertujuan untuk meyakinkan pembaca adalah teks argumentasi atau persuasi.

13. Kata yang tepat untuk melengkapi kalimat rumpang berikut adalah: ‘Para siswa _____ kebersihan lingkungan sekolah.’

  • A. duduk
  • B. melihat
  • C. menjaga
  • D. berlari

Jawaban: menjaga

Pembahasan: Kata ‘menjaga’ adalah kata kerja yang paling sesuai untuk menyatakan tindakan siswa terhadap kebersihan lingkungan sekolah.

14. Peribahasa ‘Air susu dibalas dengan air tuba’ memiliki makna…

  • A. Membalas kebaikan dengan kebaikan.
  • B. Kebaikan dibalas dengan kejahatan.
  • C. Minuman yang enak.
  • D. Sesuatu yang sia-sia.

Jawaban: Kebaikan dibalas dengan kejahatan.

Pembahasan: Peribahasa ini menggambarkan situasi di mana seseorang membalas kebaikan dengan perbuatan jahat atau tidak tahu berterima kasih.

15. Penggunaan huruf kapital yang benar terdapat pada kalimat…

  • A. Ayah pergi ke Pulau Bali.
  • B. Dia belajar bahasa indonesia.
  • C. Upacara Bendera dilaksanakan setiap hari Senin.
  • D. Tadi pagi ibu pergi ke pasar.

Jawaban: Upacara Bendera dilaksanakan setiap hari Senin.

Pembahasan: Huruf kapital digunakan pada awal kalimat, nama hari, dan nama bulan. Pilihan A salah karena ‘pulau’ tidak perlu kapital, pilihan B ‘bahasa’ tidak perlu kapital kecuali nama bahasa, pilihan D ‘ibu’ tidak perlu kapital kecuali sebagai sapaan atau di awal kalimat.

16. Apa fungsi utama dari daftar isi dalam sebuah buku nonfiksi?

  • A. Membuat buku terlihat tebal.
  • B. Sebagai hiasan buku.
  • C. Mempermudah pembaca menemukan informasi tertentu.
  • D. Menambah jumlah halaman buku.

Jawaban: Mempermudah pembaca menemukan informasi tertentu.

Pembahasan: Daftar isi berfungsi sebagai peta navigasi buku, membantu pembaca dengan cepat menemukan bab atau topik yang ingin dicari.

17. Kalimat yang tidak efektif adalah…

  • A. Anak itu sangat rajin membaca buku.
  • B. Para siswa-siswa sedang belajar di perpustakaan.
  • C. Mari kita jaga kebersihan lingkungan.
  • D. Ayah berangkat kerja pukul tujuh pagi.

Jawaban: Para siswa-siswa sedang belajar di perpustakaan.

Pembahasan: Kalimat ini tidak efektif karena terjadi pemborosan kata. ‘Para’ sudah menunjukkan jamak, sehingga tidak perlu mengulang ‘siswa-siswa’. Cukup ‘Para siswa’ atau ‘Siswa-siswa’.

18. Teks yang berisi laporan hasil pengamatan atau penelitian disebut teks…

  • A. Deskripsi
  • B. Narasi
  • C. Persuasi
  • D. Laporan

Jawaban: Laporan

Pembahasan: Teks laporan adalah jenis teks yang menyajikan informasi secara objektif berdasarkan hasil observasi atau penelitian.

19. Majas yang membandingkan dua hal yang berbeda namun dianggap memiliki kesamaan, tanpa menggunakan kata ‘seperti’ atau ‘bagai’, disebut…

  • A. Personifikasi
  • B. Hiperbola
  • C. Metafora
  • D. Simile

Jawaban: Metafora

Pembahasan: Metafora adalah majas perbandingan langsung, di mana satu objek diibaratkan sebagai objek lain tanpa kata penghubung perbandingan. Contoh: ‘Raja siang telah kembali’ (matahari).

20. Urutan peristiwa dalam sebuah cerita disebut…

  • A. Tokoh
  • B. Latar
  • C. Alur
  • D. Tema

Jawaban: Alur

Pembahasan: Alur atau plot adalah rangkaian peristiwa yang membentuk jalannya cerita dari awal hingga akhir.

21. Sebutkan tiga ciri-ciri teks deskripsi!

Jawaban: 1. Menggambarkan atau melukiskan sesuatu secara jelas. 2. Melibatkan panca indra (penglihatan, pendengaran, penciuman, perasa, peraba). 3. Membuat pembaca seolah-olah merasakan atau melihat objek yang digambarkan.

Pembahasan: Ciri-ciri teks deskripsi adalah fokus pada penggambaran detail, penggunaan indra, dan menciptakan kesan nyata bagi pembaca.

22. Apa perbedaan utama antara surat pribadi dan surat dinas?

Jawaban: Surat pribadi bersifat tidak resmi, menggunakan bahasa santai, dan ditujukan untuk keluarga atau teman. Sedangkan surat dinas bersifat resmi, menggunakan bahasa baku, dan ditujukan untuk keperluan instansi atau organisasi.

Pembahasan: Perbedaan terletak pada formalitas, penggunaan bahasa, dan tujuan pengirimannya.

23. Mengapa penting untuk menggunakan kata baku dalam penulisan ilmiah atau formal?

Jawaban: Penggunaan kata baku memastikan kejelasan makna, menghindari ambiguitas, dan menunjukkan profesionalisme. Kata baku juga sesuai dengan kaidah bahasa Indonesia yang baik dan benar.

Pembahasan: Kata baku menjaga standar kebahasaan, sehingga komunikasi menjadi lebih efektif dan terpercaya, terutama dalam konteks formal.

24. Tuliskan satu contoh kalimat yang mengandung majas personifikasi!

Jawaban: Angin berbisik mesra di telingaku.

Pembahasan: Majas personifikasi adalah gaya bahasa yang memberikan sifat-sifat manusia kepada benda mati atau makhluk hidup bukan manusia. Contoh ‘angin berbisik’ memberikan sifat manusia ‘berbisik’ kepada angin.

25. Apa fungsi utama dari sebuah poster?

Jawaban: Fungsi utama poster adalah untuk menyampaikan informasi, ajakan, atau promosi secara singkat dan menarik kepada khalayak ramai.

Pembahasan: Poster dirancang untuk menarik perhatian dan menyampaikan pesan kunci dengan cepat melalui kombinasi teks dan gambar.

26. Tuliskan sebuah paragraf deskripsi tentang ‘Ruang Kelas Impianmu’ (minimal 5 kalimat) dengan melibatkan panca indra!

Jawaban: Ruang kelasku impianku adalah tempat yang nyaman dan penuh warna. Dindingnya dicat biru muda yang menenangkan, dengan beberapa lukisan pemandangan alam yang indah. Meja dan kursi tertata rapi, terbuat dari kayu jati yang kokoh dan berbau harum alami. Di sudut ruangan, ada rak buku besar yang penuh dengan berbagai cerita menarik, mengeluarkan aroma kertas dan tinta yang khas. Udara di dalamnya selalu sejuk karena ada jendela besar yang menghadap taman, sesekali terdengar kicauan burung dari luar. Cahaya matahari masuk dengan lembut, membuat ruangan terasa hangat dan nyaman untuk belajar.

Pembahasan: Jawaban yang baik akan mencakup detail visual (warna dinding, lukisan, meja, kursi, cahaya), penciuman (bau kayu, kertas), pendengaran (kicauan burung), dan rasa nyaman secara keseluruhan.

27. Jelaskan pentingnya membaca buku dalam meningkatkan wawasan dan pengetahuan. Berikan contoh konkret manfaatnya!

Jawaban: Membaca buku sangat penting untuk meningkatkan wawasan dan pengetahuan karena buku adalah jendela dunia. Melalui buku, kita bisa menjelajahi berbagai tempat, zaman, dan ide tanpa harus bepergian secara fisik. Contoh konkretnya, dengan membaca buku sejarah, kita dapat memahami peristiwa masa lalu dan belajar dari kesalahan atau keberhasilan leluhur. Membaca buku fiksi dapat melatih imajinasi dan empati kita terhadap karakter dan situasi yang berbeda. Selain itu, membaca buku nonfiksi tentang sains atau teknologi dapat memperkaya pengetahuan kita tentang dunia di sekitar kita, membantu kita memahami fenomena alam atau perkembangan teknologi terbaru. Semakin banyak membaca, semakin luas pula sudut pandang dan pemahaman kita tentang berbagai hal.

Pembahasan: Penjelasan harus mencakup mengapa membaca itu penting (jendela dunia) dan memberikan contoh spesifik dari berbagai jenis buku (sejarah, fiksi, nonfiksi) beserta manfaatnya.

28. Bayangkan kamu adalah seorang penulis cerpen. Buatlah kerangka cerita pendek dengan tema ‘Petualangan di Hutan Rahasia’ yang mencakup: judul, tokoh, latar, awal cerita, konflik, dan penyelesaian!

Jawaban: Judul: Misteri Pohon Cahaya
Tokoh: Rio (anak pemberani dan penasaran), Kakek Bima (penjaga hutan, bijaksana), Elang Perkasa (hewan penuntun).
Latar: Hutan Rimba Raya, Gua Kristal, Pohon Cahaya.
Awal Cerita: Rio mendengar cerita Kakek Bima tentang Pohon Cahaya yang tersembunyi di Hutan Rimba Raya, konon memiliki kekuatan penyembuh. Rio penasaran dan memutuskan mencari pohon itu.
Konflik: Rio tersesat di hutan, menghadapi berbagai rintangan seperti sungai deras, hewan buas, dan ilusi. Ia hampir menyerah namun teringat pesan Kakek Bima untuk selalu percaya diri dan alam akan membimbingnya. Elang Perkasa muncul dan menuntunnya.
Penyelesaian: Rio menemukan Pohon Cahaya di dalam Gua Kristal. Ia tidak mengambil kekuatannya, melainkan hanya merasakan energinya. Rio sadar bahwa petualangan itu bukan tentang mendapatkan kekuatan, melainkan tentang keberanian dan penemuan diri. Ia kembali dengan selamat dan menceritakan pengalamannya kepada Kakek Bima.

Pembahasan: Kerangka cerita yang baik akan memiliki semua elemen yang diminta dan menunjukkan alur cerita yang logis dari awal hingga akhir.

29. Bagaimana cara menyampaikan kritik atau saran yang santun dan efektif kepada teman atau guru?

Jawaban: Menyampaikan kritik atau saran yang santun dan efektif memerlukan beberapa langkah. Pertama, pilih waktu dan tempat yang tepat, hindari mengkritik di depan umum. Kedua, gunakan bahasa yang sopan dan tidak menyerang pribadi, fokus pada masalah atau perilaku, bukan pada orangnya. Mulailah dengan pujian atau hal positif sebelum menyampaikan kritik (teknik sandwich). Ketiga, berikan saran yang membangun dan solusi yang mungkin, bukan hanya mengeluh. Keempat, sampaikan dengan nada suara yang tenang dan ekspresi wajah yang ramah. Contoh: ‘Saya suka presentasimu tadi, sangat jelas. Mungkin akan lebih baik jika bagian kesimpulan diperkuat lagi agar pesannya lebih mengena.’ atau ‘Pak/Bu, saya punya ide untuk meningkatkan kegiatan belajar kelompok, bagaimana jika kita mencoba metode ini?’

Pembahasan: Jawaban harus mencakup aspek-aspek kesantunan (waktu, tempat, bahasa, nada) dan efektivitas (fokus pada masalah, memberikan solusi).

30. Bacalah kutipan puisi berikut: ‘Senja merona di ufuk barat,Burung-burung pulang ke sarang.Hari berganti, waktu tak terhenti,Mari bersyukur atas berkah yang datang.’ Jelaskan makna dan amanat yang terkandung dalam puisi tersebut!

Jawaban: Makna puisi ini menggambarkan suasana senja yang indah, di mana alam mulai beristirahat setelah seharian beraktivitas (‘Burung-burung pulang ke sarang’). Puisi ini juga menyiratkan bahwa waktu terus berjalan (‘Hari berganti, waktu tak terhenti’) dan setiap pergantian waktu membawa berkah. Amanat yang terkandung adalah ajakan untuk selalu bersyukur atas setiap berkah atau nikmat yang kita terima dalam hidup, seiring dengan berjalannya waktu dan pergantian hari. Kita diajak untuk menghargai setiap momen dan tidak lupa berterima kasih.

Pembahasan: Penjelasan harus menguraikan makna deskriptif dari puisi (senja, burung) dan kemudian menarik kesimpulan tentang amanat atau pesan moralnya (bersyukur).

31. Jodohkanlah jenis teks dengan tujuan utamanya!

Kolom A
Kolom B
A. Teks Narasi
1. Menjelaskan atau memaparkan sesuatu.
B. Teks Deskripsi
2. Menceritakan suatu peristiwa atau kejadian.
C. Teks Eksposisi
3. Menggambarkan suatu objek, tempat, atau peristiwa.

Jawaban: A:2, B:3, C:1

Pembahasan: Teks Narasi bertujuan menceritakan, Deskripsi bertujuan menggambarkan, dan Eksposisi bertujuan menjelaskan atau memaparkan.

32. Jodohkanlah peribahasa berikut dengan makna yang sesuai!

Kolom A
Kolom B
A. Air beriak tanda tak dalam
1. Ada maksud atau tujuan tersembunyi.
B. Ada udang di balik batu
2. Orang yang banyak bicara biasanya kurang ilmunya.
C. Berat sama dipikul, ringan sama dijinjing
3. Bersama-sama menanggung susah maupun senang.

Jawaban: A:2, B:1, C:3

Pembahasan: Peribahasa ‘Air beriak tanda tak dalam’ berarti orang yang banyak bicara biasanya kurang ilmunya. ‘Ada udang di balik batu’ berarti ada maksud tersembunyi. ‘Berat sama dipikul, ringan sama dijinjing’ berarti bersama-sama menanggung susah senang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *