
Kuasai seni menyusun kalimat efektif dengan kumpulan soal keefektifan kalimat ini! Dalam dunia penulisan, baik untuk keperluan akademik, profesional, maupun sehari-hari, kemampuan menyusun kalimat yang efektif adalah kunci utama agar pesan tersampaikan dengan jelas, padat, dan tidak ambigu. Kalimat efektif adalah kalimat yang mampu menyampaikan gagasan penulis kepada pembaca secara tepat, tanpa pemborosan kata, dan mudah dipahami. Artikel ini menyediakan berbagai jenis soal, mulai dari pilihan ganda, isian singkat, esai, hingga menjodohkan, untuk menguji dan melatih pemahaman Anda tentang prinsip-prinsip kalimat efektif. Latihan soal ini akan membantu Anda mengidentifikasi, menganalisis, dan memperbaiki kalimat-kalimat yang kurang efektif, sehingga tulisan Anda menjadi lebih berkualitas dan profesional. Siap mengasah kemampuan berbahasa Indonesia Anda?
1. Pilih kalimat yang paling efektif di antara pilihan berikut.
- a. Agar supaya semua siswa dapat belajar dengan baik, maka guru harus sabar.
- b. Demi untuk menjaga kebersihan lingkungan, kita harus membuang sampah pada tempatnya.
- c. Meskipun sudah rajin belajar, namun nilai ujiannya tetap kurang memuaskan.
- d. Pemerintah berupaya meningkatkan kualitas hidup masyarakat melalui berbagai program.
- e. Para hadirin sekalian dimohon untuk segera memasuki ruangan.
Penjelasan: undefined
2. Pilih kalimat yang paling efektif di antara pilihan berikut.
3. Kalimat berikut yang mengandung pleonasme adalah…
- a. Dia naik ke atas panggung untuk menerima penghargaan.
- b. Para tamu undangan sudah hadir di lokasi acara.
- c. Buku itu sangat menarik perhatian banyak pembaca.
- d. Semua peserta diharapkan berkumpul di aula.
- e. Kita harus selalu optimis dalam menghadapi masa depan.
Penjelasan: undefined
4. Kalimat berikut yang mengandung pleonasme adalah…
5. Manakah kalimat yang memiliki struktur tidak efektif karena subjek ganda?
- a. Bagi para siswa diharapkan segera mengumpulkan tugas.
- b. Pohon itu tumbuh tinggi menjulang ke angkasa.
- c. Ibu membeli sayur dan buah di pasar tradisional.
- d. Kami akan pergi berlibur ke pantai akhir pekan ini.
- e. Pembangunan infrastruktur terus digalakkan oleh pemerintah.
Penjelasan: undefined
6. Manakah kalimat yang memiliki struktur tidak efektif karena subjek ganda?
7. Kalimat yang efektif harus memenuhi ciri kehematan kata. Contoh kalimat yang hemat kata adalah…
- a. Dia hanya memiliki tiga buah buku saja.
- b. Untuk masalah itu, saya tidak tahu-menahu.
- c. Dia adalah merupakan salah satu anggota tim terbaik.
- d. Pihak kepolisian berhasil menangkap pelaku pencurian.
- e. Saling tolong-menolong adalah sifat yang baik.
Penjelasan: undefined
8. Kalimat yang efektif harus memenuhi ciri kehematan kata. Contoh kalimat yang hemat kata adalah…
9. Identifikasi kalimat yang ambigu (bermakna ganda).
- a. Anak kepala sekolah yang baru itu sangat pintar.
- b. Dia membeli buku sejarah baru di toko buku.
- c. Paman membaca koran di teras rumah setiap pagi.
- d. Kami melihat lukisan indah di galeri seni.
- e. Mahasiswa itu sedang mengerjakan skripsi dengan serius.
Penjelasan: undefined
10. Identifikasi kalimat yang ambigu (bermakna ganda).
11. Prinsip kesejajaran (paralelisme) dalam kalimat efektif berarti…
- a. Menggunakan struktur gramatikal yang sama untuk gagasan yang sederajat.
- b. Menggunakan kata-kata yang bervariasi agar tidak monoton.
- c. Menyusun kalimat dengan panjang yang seimbang.
- d. Menghindari penggunaan kalimat majemuk.
- e. Selalu menempatkan subjek di awal kalimat.
Penjelasan: undefined
12. Prinsip kesejajaran (paralelisme) dalam kalimat efektif berarti…
13. Kalimat yang tidak efektif karena penggunaan konjungsi yang tidak tepat adalah…
- a. Meskipun dia sakit, tetapi dia tetap masuk sekolah.
- b. Dia belajar giat agar lulus ujian.
- c. Karena hujan deras, jalanan menjadi licin.
- d. Ayah membaca koran dan ibu memasak di dapur.
- e. Kami akan pergi jika tidak ada halangan.
Penjelasan: undefined
14. Kalimat yang tidak efektif karena penggunaan konjungsi yang tidak tepat adalah…
15. Perbaikan yang tepat untuk kalimat ‘Dalam rapat itu membahas berbagai masalah penting.’ adalah…
- a. Rapat itu membahas berbagai masalah penting.
- b. Dalam rapat itu dibahas berbagai masalah penting.
- c. Rapat itu dibahas berbagai masalah penting.
- d. Berbagai masalah penting dibahas dalam rapat itu.
- e. Semua jawaban benar.
Penjelasan: undefined
16. Perbaikan yang tepat untuk kalimat ‘Dalam rapat itu membahas berbagai masalah penting.’ adalah…
17. Kalimat yang logis dan mudah dipahami adalah…
- a. Waktu dan tempat kami persilakan.
- b. Untuk meminum obat ini, harus sesuai anjuran dokter.
- c. Dia mengajar mata pelajaran Bahasa Indonesia di kelas.
- d. Mayat korban ditemukan tewas di lokasi kejadian.
- e. Agar tercapai tujuan, maka kita harus berusaha.
Penjelasan: undefined
18. Kalimat yang logis dan mudah dipahami adalah…
19. Manakah di antara kalimat berikut yang paling memenuhi prinsip kepaduan?
- a. Pembangunan jalan tol itu sangat cepat, dan saya suka makanan pedas.
- b. Meskipun harga bahan pokok naik, namun masyarakat tetap tenang.
- c. Pemerintah berencana akan menaikkan harga BBM pada bulan depan.
- d. Dia belajar fisika, tetapi adiknya suka bermain bola.
- e. Buku ini sangat tebal, sehingga sulit dibawa kemana-mana.
Penjelasan: undefined
20. Manakah di antara kalimat berikut yang paling memenuhi prinsip kepaduan?
21. Ciri kalimat efektif yang berkaitan dengan penggunaan kata yang tepat dan sesuai konteks disebut…
- a. Kelogisan
- b. Kehematan
- c. Kepaduan
- d. Kecermatan
- e. Kesejajaran
Penjelasan: undefined
22. Ciri kalimat efektif yang berkaitan dengan penggunaan kata yang tepat dan sesuai konteks disebut…
23. Kalimat yang tidak efektif karena penggunaan preposisi yang tidak perlu adalah…
- a. Dia membahas tentang masalah ekonomi.
- b. Kami pergi ke pasar tadi pagi.
- c. Buku itu diletakkan di atas meja.
- d. Mereka berbicara mengenai rencana liburan.
- e. Saya sedang membaca novel terbaru.
Penjelasan: undefined
24. Kalimat yang tidak efektif karena penggunaan preposisi yang tidak perlu adalah…
25. Perhatikan kalimat berikut: ‘Meskipun harga barang-barang kebutuhan pokok naik, akan tetapi daya beli masyarakat tidak menurun.’ Perbaikan yang tepat untuk kalimat tersebut adalah…
- a. Meskipun harga barang-barang kebutuhan pokok naik, daya beli masyarakat tidak menurun.
- b. Harga barang-barang kebutuhan pokok naik, akan tetapi daya beli masyarakat tidak menurun.
- c. Meskipun harga barang-barang kebutuhan pokok naik, namun daya beli masyarakat tidak menurun.
- d. Harga barang-barang kebutuhan pokok naik, tetapi daya beli masyarakat tidak menurun.
- e. Semua jawaban salah.
Penjelasan: undefined
26. Perhatikan kalimat berikut: ‘Meskipun harga barang-barang kebutuhan pokok naik, akan tetapi daya beli masyarakat tidak menurun.’ Perbaikan yang tepat untuk kalimat tersebut adalah…
27. Manakah kalimat berikut yang menggunakan diksi yang tidak tepat?
- a. Bapak Presiden akan segera meresmikan proyek tersebut.
- b. Para hadirin diharapkan tenang selama acara berlangsung.
- c. Mahasiswa itu sangat pandai dalam pelajaran matematika.
- d. Dia berpulang ke rahmatullah tadi malam.
- e. Anak-anak bermain di halaman dengan riang gembira.
Penjelasan: undefined
28. Manakah kalimat berikut yang menggunakan diksi yang tidak tepat?
29. Ciri kalimat efektif yang memastikan bahwa kalimat tidak bertele-tele dan langsung pada pokok permasalahan adalah…
- a. Kelogisan
- b. Kehematan
- c. Kepaduan
- d. Ketegasan
- e. Kecermatan
Penjelasan: undefined
30. Ciri kalimat efektif yang memastikan bahwa kalimat tidak bertele-tele dan langsung pada pokok permasalahan adalah…
31. Kalimat mana yang menunjukkan ketidakbakuan penggunaan kata?
- a. Sistim pembayaran yang baru itu cukup efisien.
- b. Analisis data dilakukan dengan perangkat lunak khusus.
- c. Proses produksi berjalan sesuai standar operasional.
- d. Penelitian ini memerlukan metode yang akurat.
- e. Kerjasama antarnegara sangat penting untuk perdamaian.
Penjelasan: undefined
32. Kalimat mana yang menunjukkan ketidakbakuan penggunaan kata?
33. Prinsip keefektifan kalimat yang menyatakan bahwa gagasan utama harus ditonjolkan disebut…
- a. Kesejajaran
- b. Ketegasan Makna
- c. Kehematan
- d. Kelogisan
- e. Kepaduan
Penjelasan: undefined
34. Prinsip keefektifan kalimat yang menyatakan bahwa gagasan utama harus ditonjolkan disebut…
35. Perhatikan kalimat: ‘Mengenai masalah itu, saya akan segera menindaklanjutinya.’ Kalimat ini tidak efektif karena…
- a. Mengandung pleonasme.
- b. Subjeknya tidak jelas.
- c. Tidak memiliki predikat.
- d. Memiliki makna ganda.
- e. Struktur kalimat tidak baku.
Penjelasan: undefined
36. Perhatikan kalimat: ‘Mengenai masalah itu, saya akan segera menindaklanjutinya.’ Kalimat ini tidak efektif karena…
37. Kalimat yang menunjukkan kesejajaran bentuk adalah…
- a. Harga minyak dunia naik dan menyebabkan inflasi.
- b. Pendidikan harus merata, berkualitas, dan terjangkau.
- c. Dia suka membaca buku, menulis cerpen, dan mendengarkan musik.
- d. Pemerintah berupaya memajukan sektor pertanian serta meningkatkan kesejahteraan petani.
- e. Semua jawaban benar.
Penjelasan: undefined
38. Kalimat yang menunjukkan kesejajaran bentuk adalah…
39. Manakah kalimat yang tidak efektif karena penggunaan kata ‘daripada’ yang tidak tepat?
- a. Dia lebih memilih teh daripada kopi.
- b. Buku ini merupakan daripada hasil penelitiannya.
- c. Lebih baik diam daripada berbicara sembarangan.
- d. Hasil kerjanya lebih bagus daripada milik saya.
- e. Pilihan ini lebih sulit daripada yang sebelumnya.
Penjelasan: undefined
40. Manakah kalimat yang tidak efektif karena penggunaan kata ‘daripada’ yang tidak tepat?
41. Kalimat efektif yang tidak mengandung ambiguitas dalam konteks ‘orang tua siswa’ adalah…
- a. Orang tua siswa yang baru itu sangat ramah.
- b. Siswa yang orang tuanya baru itu sangat ramah.
- c. Orang tua dari siswa yang baru itu sangat ramah.
- d. Orang tua siswa yang baru pindah itu sangat ramah.
- e. Semua jawaban benar, tergantung konteks.
Penjelasan: undefined
42. Kalimat efektif yang tidak mengandung ambiguitas dalam konteks ‘orang tua siswa’ adalah…
43. Perbaikan yang tepat untuk kalimat ‘Pada akhir dari acara tersebut, para peserta diminta untuk memberikan tanggapan.’ adalah…
- a. Pada akhir acara tersebut, para peserta diminta untuk memberikan tanggapan.
- b. Di akhir dari acara tersebut, para peserta diminta untuk memberikan tanggapan.
- c. Akhir acara tersebut, para peserta diminta untuk memberikan tanggapan.
- d. Para peserta diminta untuk memberikan tanggapan pada akhir acara.
- e. Semua jawaban benar.
Penjelasan: undefined
44. Perbaikan yang tepat untuk kalimat ‘Pada akhir dari acara tersebut, para peserta diminta untuk memberikan tanggapan.’ adalah…
45. Ciri kalimat efektif yang menekankan bahwa informasi disampaikan secara langsung dan tidak berbelit-belit adalah…
- a. Kepaduan
- b. Kehematan
- c. Ketegasan
- d. Kelogisan
- e. Kecermatan
Penjelasan: undefined
46. Ciri kalimat efektif yang menekankan bahwa informasi disampaikan secara langsung dan tidak berbelit-belit adalah…
47. Kalimat yang menggunakan kata ‘adalah’ secara efektif adalah…
- a. Penyebab utama dari masalah ini adalah karena kurangnya koordinasi.
- b. Bahasa Indonesia adalah merupakan bahasa nasional kita.
- c. Tugas utama mahasiswa adalah belajar dengan giat.
- d. Salah satu ciri kalimat efektif adalah bahwa ia ringkas.
- e. Fungsi dari manajemen adalah untuk mengatur sumber daya.
Penjelasan: undefined
48. Kalimat yang menggunakan kata ‘adalah’ secara efektif adalah…
49. Manakah kalimat yang paling tepat dan efektif untuk menyatakan ‘semua siswa harus hadir’?
- a. Seluruh siswa-siswi wajib untuk hadir di acara tersebut.
- b. Semua siswa diwajibkan untuk hadir pada acara tersebut.
- c. Setiap siswa diharapkan hadir dalam acara tersebut.
- d. Para siswa-siswi semuanya wajib hadir.
- e. Semua peserta didik diharapkan kehadirannya.
Penjelasan: undefined
50. Manakah kalimat yang paling tepat dan efektif untuk menyatakan ‘semua siswa harus hadir’?
51. Apa yang dimaksud dengan kalimat efektif?
52. Sebutkan minimal tiga ciri utama kalimat efektif.
53. Perbaiki kalimat berikut agar menjadi efektif: ‘Bagi seluruh mahasiswa diharap agar supaya segera menyelesaikan laporan praktikumnya.’
54. Jelaskan mengapa kalimat ‘Waktu dan tempat kami persilakan.’ tidak efektif dan berikan perbaikannya.
55. Berikan contoh satu kalimat yang ambigu dan tuliskan dua kemungkinan penafsiran maknanya.
56. Jelaskan secara rinci prinsip-prinsip keefektifan kalimat (minimal 4 prinsip) dan berikan contoh penerapannya dalam tulisan.
57. Analisis paragraf berikut dari segi keefektifan kalimatnya dan berikan saran perbaikan: ‘Dalam rangka untuk meningkatkan kualitas pendidikan di sekolah ini, oleh karena itu pihak sekolah berencana akan melakukan berbagai macam program-program baru yang bertujuan untuk mencapai tujuan tersebut.’
58. Mengapa keefektifan kalimat sangat penting dalam penulisan karya ilmiah atau laporan resmi? Jelaskan dengan argumen yang kuat.
59. Bandingkan dan jelaskan perbedaan antara kalimat yang efektif dan kalimat yang tidak efektif. Sertakan minimal dua contoh untuk masing-masing.
60. Bagaimana cara menghindari ambiguitas dalam penulisan kalimat? Jelaskan strategi-strategi yang dapat digunakan.
61. Jodohkan istilah berikut dengan pengertian yang tepat.
Cocokkan pernyataan berikut:
- Pleonasme — (…)
- Ambiguitas — (…)
- Kesejajaran — (…)
- Kehematan — (…)
- Kelogisan — (…)
- Pleonasme = Penggunaan kata-kata yang berlebihan atau mubazir.
- Ambiguitas = Kalimat yang memiliki makna ganda.
- Kesejajaran = Menggunakan struktur gramatikal yang sama untuk gagasan yang sederajat.
- Kehematan = Tidak menggunakan kata, frasa, atau bentuk lain yang tidak perlu.
- Kelogisan = Makna kalimat mudah diterima akal sehat dan sesuai kaidah EYD.
62. Jodohkan kalimat tidak efektif berikut dengan jenis kesalahannya.
Cocokkan pernyataan berikut:
- Dia naik ke atas. — (…)
- Bagi para siswa diharapkan segera berkumpul. — (…)
- Istri kepala desa yang baru itu ramah. — (…)
- Meskipun sudah dilarang, tetapi dia tetap melakukannya. — (…)
- Kami akan memotong rumput, membersihkan selokan, dan mengecat dinding. — (…)
- Dia naik ke atas. = Pleonasme
- Bagi para siswa diharapkan segera berkumpul. = Subjek Ganda/Tidak Jelas
- Istri kepala desa yang baru itu ramah. = Ambiguitas
- Meskipun sudah dilarang, tetapi dia tetap melakukannya. = Konjungsi Ganda
- Kami akan memotong rumput, membersihkan selokan, dan mengecat dinding. = Tidak Paralel (contoh salah, seharusnya paralel)