
Persiapkan diri Anda menghadapi Kompetisi Sains Nasional (KSN) Matematika jenjang SMA dengan koleksi soal latihan terlengkap ini. Artikel ini menyajikan 32 contoh soal KSN Matematika SMA yang dirancang untuk menguji pemahaman konsep dan kemampuan pemecahan masalah Anda. Anda akan menemukan 20 soal pilihan ganda, 5 soal isian singkat, 5 soal uraian, dan 2 soal mencocokkan yang mencakup berbagai topik seperti aljabar, geometri, teori bilangan, dan kombinatorika. Setiap soal dilengkapi dengan kunci jawaban yang eksplisit, memungkinkan Anda untuk mengevaluasi progres belajar Anda. Latihan rutin dengan beragam tipe soal ini sangat krusial untuk mengasah strategi dan mental kompetisi Anda, meningkatkan peluang meraih prestasi terbaik di KSN Matematika SMA. Manfaatkan sumber daya ini untuk mengukur kesiapan Anda dan identifikasi area yang memerlukan pendalaman lebih lanjut.
Contoh Soal
1. Jika $f(x) = x^2 + ax + b$ dan $f(1) = 5$, $f(-1) = 1$, maka nilai $a+b$ adalah… (Pilihan Ganda)
- A. 1
- B. 2
- C. 3
- D. 4
- E. 5
Kunci Jawaban: D. 4
2. Diberikan $x, y$ bilangan bulat positif yang memenuhi $x^2 – y^2 = 2023$. Banyaknya pasangan $(x,y)$ yang mungkin adalah… (Pilihan Ganda)
- A. 1
- B. 2
- C. 3
- D. 4
- E. 5
Kunci Jawaban: B. 2
3. Pada sebuah lingkaran, talibusur AB memiliki panjang 8 cm. Titik C adalah titik pada lingkaran sehingga AC = BC. Jika jarak dari pusat lingkaran ke talibusur AB adalah 3 cm, maka panjang jari-jari lingkaran adalah… (Pilihan Ganda)
- A. 5 cm
- B. 6 cm
- C. 7 cm
- D. 8 cm
- E. 10 cm
Kunci Jawaban: A. 5 cm
4. Berapakah sisa pembagian $3^{2023}$ oleh 7? (Pilihan Ganda)
- A. 1
- B. 3
- C. 6
- D. 5
- E. 2
Kunci Jawaban: C. 6
5. Misalkan $S$ adalah himpunan semua bilangan bulat positif $n$ sehingga $n^2 + 10n + 24$ habis dibagi $n+4$. Jumlah semua anggota $S$ adalah… (Pilihan Ganda)
- A. 4
- B. 6
- C. 8
- D. 10
- E. 12
Kunci Jawaban: B. 6
6. Dalam suatu barisan aritmetika, suku ketiga adalah 11 dan suku ketujuh adalah 23. Jumlah 10 suku pertama barisan tersebut adalah… (Pilihan Ganda)
- A. 150
- B. 160
- C. 165
- D. 170
- E. 175
Kunci Jawaban: D. 170
7. Jika $x, y$ adalah bilangan real positif yang memenuhi $x+y=1$, maka nilai minimum dari $rac{1}{x} + rac{1}{y}$ adalah… (Pilihan Ganda)
- A. 4
- B. 2
- C. 1
- D. 1/2
- E. Tidak ada
Kunci Jawaban: A. 4
8. Sebuah kotak berisi 5 bola merah dan 3 bola biru. Jika diambil 2 bola secara acak tanpa pengembalian, peluang terambilnya 1 bola merah dan 1 bola biru adalah… (Pilihan Ganda)
- A. 5/14
- B. 3/8
- C. 15/28
- D. 1/2
- E. 8/15
Kunci Jawaban: C. 15/28
9. Misalkan $P(x)$ adalah polinomial berderajat 3 dengan koefisien bulat. Jika $P(1) = 7$ dan $P(2) = 11$, maka $P(3)$ tidak mungkin bernilai… (Pilihan Ganda)
- A. 15
- B. 16
- C. 17
- D. 18
- E. 19
Kunci Jawaban: E. 19
10. Diberikan sebuah segitiga ABC dengan panjang sisi AB = 6, BC = 8, dan AC = 10. Luas segitiga ABC adalah… (Pilihan Ganda)
- A. 18 satuan luas
- B. 24 satuan luas
- C. 30 satuan luas
- D. 36 satuan luas
- E. 48 satuan luas
Kunci Jawaban: B. 24 satuan luas
11. Banyaknya bilangan bulat positif kurang dari 1000 yang habis dibagi 3 tetapi tidak habis dibagi 5 adalah… (Pilihan Ganda)
- A. 333
- B. 199
- C. 200
- D. 266
- E. 267
Kunci Jawaban: D. 266
12. Jika $a, b, c$ adalah akar-akar dari persamaan $x^3 – 6x^2 + 11x – 6 = 0$, maka nilai dari $a^2 + b^2 + c^2$ adalah… (Pilihan Ganda)
- A. 12
- B. 14
- C. 16
- D. 18
- E. 20
Kunci Jawaban: B. 14
13. Sebuah fungsi $f: R \to R$ didefinisikan sebagai $f(x) = x^2 – 4x + 3$. Nilai minimum fungsi ini adalah… (Pilihan Ganda)
- A. 0
- B. 1
- C. -1
- D. 2
- E. -2
Kunci Jawaban: C. -1
14. Banyaknya bilangan 4 digit yang dapat dibentuk dari angka-angka 1, 2, 3, 4, 5, 6 tanpa pengulangan dan merupakan bilangan genap adalah… (Pilihan Ganda)
- A. 120
- B. 144
- C. 180
- D. 240
- E. 360
Kunci Jawaban: C. 180
15. Sebuah kotak berisi 4 kelereng merah dan 6 kelereng biru. Jika diambil 3 kelereng sekaligus, peluang terambilnya setidaknya 2 kelereng merah adalah… (Pilihan Ganda)
- A. 1/6
- B. 7/30
- C. 3/10
- D. 2/5
- E. 1/2
Kunci Jawaban: B. 7/30
16. Jika $p$ adalah bilangan prima dan $p^2 + 10p – 2024 = 0$ memiliki akar bilangan bulat, maka nilai $p$ adalah… (Pilihan Ganda)
- A. 43
- B. 41
- C. 37
- D. 31
- E. 29
Kunci Jawaban: A. 43
17. Nilai dari $rac{\sin 15^{\circ} \cos 15^{\circ}}{\tan 30^{\circ}}$ adalah… (Pilihan Ganda)
- A. $\frac{1}{2}$
- B. $\frac{\sqrt{3}}{2}$
- C. $\frac{1}{4}$
- D. $\frac{\sqrt{3}}{4}$
- E. $\frac{1}{8}$
Kunci Jawaban: D. $\frac{\sqrt{3}}{4}$
18. Diketahui sebuah segitiga siku-siku dengan panjang sisi tegak 3 dan 4. Jika sebuah lingkaran menyinggung ketiga sisinya (lingkaran dalam), maka jari-jari lingkaran tersebut adalah… (Pilihan Ganda)
- A. 0.5
- B. 1
- C. 1.5
- D. 2
- E. 2.5
Kunci Jawaban: B. 1
19. Banyaknya solusi bilangan bulat positif dari persamaan $x+y+z=10$ adalah… (Pilihan Ganda)
- A. 28
- B. 30
- C. 36
- D. 45
- E. 55
Kunci Jawaban: C. 36
20. Jika $A$ dan $B$ adalah matriks $2 \times 2$ sedemikian rupa sehingga $A \cdot B = \begin{pmatrix} 1 & 0 \\ 0 & 1 \end{pmatrix}$ dan $A = \begin{pmatrix} 2 & 1 \\ 3 & 2 \end{pmatrix}$, maka matriks $B$ adalah… (Pilihan Ganda)
- A. $\begin{pmatrix} 1 & 0 \\ 0 & 1 \end{pmatrix}$
- B. $\begin{pmatrix} -2 & 1 \\ 3 & -2 \end{pmatrix}$
- C. $\begin{pmatrix} 2 & 3 \\ 1 & 2 \end{pmatrix}$
- D. $\begin{pmatrix} -2 & -1 \\ -3 & -2 \end{pmatrix}$
- E. $\begin{pmatrix} 2 & -1 \\ -3 & 2 \end{pmatrix}$
Kunci Jawaban: E. $\begin{pmatrix} 2 & -1 \\ -3 & 2 \end{pmatrix}$
21. Diketahui barisan geometri dengan suku pertama 2 dan suku ketiga 18. Suku kelima barisan tersebut adalah… (Pilihan Ganda)
- A. 54
- B. 72
- C. 81
- D. 162
- E. 243
Kunci Jawaban: D. 162
22. Jika $f(x) = x^2$ dan $g(x) = 2x-1$, maka $(f \circ g)(x)$ adalah… (Pilihan Ganda)
- A. $2x^2-1$
- B. $4x^2 – 4x + 1$
- C. $2x^2+1$
- D. $x^2(2x-1)$
- E. $(2x-1)^2$
Kunci Jawaban: B. $4x^2 – 4x + 1$
23. Sebuah fungsi $f(x) = \frac{x-1}{x+1}$. Invers dari fungsi tersebut, $f^{-1}(x)$, adalah… (Pilihan Ganda)
- A. $f^{-1}(x) = \frac{x+1}{1-x}$
- B. $f^{-1}(x) = \frac{x-1}{x+1}$
- C. $f^{-1}(x) = \frac{1-x}{x+1}$
- D. $f^{-1}(x) = \frac{x+1}{x-1}$
- E. $f^{-1}(x) = \frac{x-1}{1-x}$
Kunci Jawaban: A. $f^{-1}(x) = \frac{x+1}{1-x}$
24. Nilai dari $\lim_{x \to 0} \frac{\sin 4x}{2x}$ adalah… (Pilihan Ganda)
- A. 1/2
- B. 2
- C. 4
- D. 1
- E. 0
Kunci Jawaban: B. 2
25. Turunan pertama dari $f(x) = (2x-1)^3$ adalah… (Pilihan Ganda)
- A. $3(2x-1)^2$
- B. $2(2x-1)^2$
- C. $6(2x-1)^2$
- D. $3(2x-1)^3$
- E. $2x(2x-1)^2$
Kunci Jawaban: C. $6(2x-1)^2$
26. Hasil dari $\int (3x^2 + 2x – 1) dx$ adalah… (Pilihan Ganda)
- A. $x^3 + x^2 – x + C$
- B. $6x + 2 + C$
- C. $3x^3 + 2x^2 – x + C$
- D. $x^3 + x^2 – 1 + C$
- E. $x^3 + 2x^2 – x + C$
Kunci Jawaban: A. $x^3 + x^2 – x + C$
27. Jika matriks $A = \begin{pmatrix} 3 & -1 \\ 2 & 4 \end{pmatrix}$, maka determinan dari matriks $A$ adalah… (Pilihan Ganda)
- A. 10
- B. 12
- C. 13
- D. 14
- E. 15
Kunci Jawaban: D. 14
28. Nilai $x$ yang memenuhi persamaan $2^{2x-1} = 8$ adalah… (Pilihan Ganda)
- A. 1
- B. 3/2
- C. 2
- D. 5/2
- E. 3
Kunci Jawaban: C. 2
29. Persamaan lingkaran yang berpusat di $(0,0)$ dan melalui titik $(3,4)$ adalah… (Pilihan Ganda)
- A. $x^2 + y^2 = 5$
- B. $x^2 + y^2 = 9$
- C. $x^2 + y^2 = 16$
- D. $x^2 + y^2 = 12$
- E. $x^2 + y^2 = 25$
Kunci Jawaban: E. $x^2 + y^2 = 25$
30. Jika $a, b, c$ adalah bilangan bulat positif yang memenuhi $a+b+c = 10$ dan $a, b, c$ membentuk barisan aritmetika, maka nilai terbesar dari $a \cdot b \cdot c$ adalah… (Pilihan Ganda)
- A. 24
- B. 28
- C. 30
- D. 32
- E. 36
Kunci Jawaban: C. 30
31. Nilai $x$ yang memenuhi $\sqrt{x+2} + \sqrt{x-3} = 5$ adalah… (Isian Singkat)
Kunci Jawaban: 7
32. Jika $P(x) = x^3 – 4x^2 + 5x – 2$, maka jumlah akar-akar $P(x)$ adalah… (Isian Singkat)
Kunci Jawaban: 4
33. Sebuah dadu dilemparkan dua kali. Peluang munculnya jumlah mata dadu kurang dari 5 adalah… (Isian Singkat)
Kunci Jawaban: 1/6
34. Jika $f(x) = ax+b$ dan $f(2)=7$, $f(4)=13$, maka $f(0)$ adalah… (Isian Singkat)
Kunci Jawaban: 1
35. Berapakah nilai dari $1 + 2 + 3 + \dots + 99 + 100$? (Isian Singkat)
Kunci Jawaban: 5050
36. Tentukan semua bilangan bulat $x, y$ yang memenuhi persamaan $x^2 + 2y^2 – 2xy – 2x + 2y + 1 = 0$. (Uraian)
Kunci Jawaban: Persamaan dapat ditulis sebagai $(x-y)^2 + y^2 – 2(x-y) + 1 = 0$.Misalkan $A = x-y$. Maka persamaan menjadi $A^2 – 2A + 1 + y^2 = 0 \implies (A-1)^2 + y^2 = 0$.Karena $A-1$ dan $y$ adalah bilangan real, dan kuadrat dari bilangan real selalu non-negatif, maka satu-satunya cara jumlah keduanya sama dengan nol adalah jika $(A-1)^2 = 0$ dan $y^2 = 0$.Ini berarti $A-1 = 0 \implies A=1$ dan $y=0$.Substitusi $A = x-y$ kembali: $x-y=1 \implies x-0=1 \implies x=1$.Jadi, satu-satunya pasangan bilangan bulat $(x,y)$ yang memenuhi adalah $(1,0)$.
37. Diberikan sebuah fungsi $f(x) = \frac{1}{1-x}$. Hitunglah $(f \circ f \circ f)(x)$ dan tentukan domainnya. (Uraian)
Kunci Jawaban: Langkah 1: Hitung $f(f(x))$.$f(f(x)) = f\left(\frac{1}{1-x}\right) = \frac{1}{1 – \frac{1}{1-x}} = \frac{1}{\frac{1-x-1}{1-x}} = \frac{1-x}{-x} = \frac{x-1}{x}$.Domain $f(x)$ adalah $x \ne 1$. Domain $f(f(x))$ memerlukan $x \ne 1$ dan $-x \ne 0 \implies x \ne 0$.Jadi domain $f(f(x))$ adalah $x \ne 0, 1$.
Langkah 2: Hitung $(f \circ f \circ f)(x) = f(f(f(x)))$.$(f \circ f \circ f)(x) = f\left(\frac{x-1}{x}\right) = \frac{1}{1 – \frac{x-1}{x}} = \frac{1}{\frac{x-(x-1)}{x}} = \frac{1}{\frac{1}{x}} = x$.Domain $(f \circ f \circ f)(x)$ memerlukan $x \ne 1$, $x \ne 0$, dan $\frac{x-1}{x} \ne 1$. $\frac{x-1}{x} = 1 \implies x-1=x \implies -1=0$, yang mustahil. Jadi tidak ada batasan tambahan dari $\frac{x-1}{x} \ne 1$.Maka domain dari $(f \circ f \circ f)(x)$ adalah semua bilangan real kecuali $x=0$ dan $x=1$.
38. Misalkan $ABC$ adalah segitiga dengan panjang sisi $AB=c$, $BC=a$, dan $CA=b$. Jika $a, b, c$ membentuk barisan aritmetika, buktikan bahwa $a^2 + c^2 = 2b^2$. (Uraian)
Kunci Jawaban: Karena $a, b, c$ membentuk barisan aritmetika, maka berlaku $b-a = c-b$, yang ekuivalen dengan $2b = a+c$.Untuk membuktikan $a^2 + c^2 = 2b^2$, kita bisa menggunakan hubungan $2b = a+c$.
Dari $2b = a+c$, kita kuadratkan kedua sisi:$(2b)^2 = (a+c)^2$$4b^2 = a^2 + 2ac + c^2$
Kita ingin mencapai $a^2 + c^2 = 2b^2$. Mari kita manipulasi persamaan yang kita miliki.
Kita tahu $4b^2 = a^2 + c^2 + 2ac$.Jika kita ingin $a^2 + c^2 = 2b^2$, maka kita harus menunjukkan bahwa $2b^2 = 2ac$.Dengan kata lain, kita perlu membuktikan bahwa $b^2 = ac$.
Dari $2b=a+c$, kita juga bisa menulis $b = \frac{a+c}{2}$.Substitusikan ini ke $2b^2$: $2\left(\frac{a+c}{2}\right)^2 = 2\frac{(a+c)^2}{4} = \frac{(a+c)^2}{2} = \frac{a^2+2ac+c^2}{2}$.Ini seharusnya sama dengan $a^2+c^2$. Namun, ini tidak selalu benar.
Saya harusnya membuktikan $a^2 + c^2 = 2b^2$ langsung dari $2b=a+c$.
Kita punya $2b = a+c$.
Target: $a^2 + c^2 = 2b^2$.
Substitusi $2b$ dari $a+c$ ke dalam $2b^2$: $2b^2 = b(2b) = b(a+c) = ab+bc$.
Jadi kita perlu membuktikan $a^2+c^2 = ab+bc$. Ini tidak langsung terbukti.
Mari kita coba cara lain:
Kita punya $2b = a+c$. Kuadratkan kedua sisi:
$(a+c)^2 = (2b)^2 \Rightarrow a^2 + 2ac + c^2 = 4b^2$.
Kita ingin membuktikan $a^2 + c^2 = 2b^2$.
Dari persamaan yang kita dapatkan: $a^2 + c^2 = 4b^2 – 2ac$.
Jadi, kita perlu membuktikan $4b^2 – 2ac = 2b^2$, yang menyiratkan $2b^2 = 2ac$, atau $b^2 = ac$.
Ini adalah properti barisan geometri, bukan aritmetika.
Ada kekeliruan dalam soal atau properti yang ingin dibuktikan. Properti barisan aritmetika adalah $2b = a+c$. Properti barisan geometri adalah $b^2 = ac$.
Mari kita asumsikan soal ingin membuktikan $a^2+c^2 = 2b^2$ DENGAN barisan aritmetika.
Jika $a, b, c$ adalah barisan aritmetika, maka $b-a = d$ dan $c-b = d$ untuk suatu beda $d$.
$b = a+d$
$c = a+2d$
Substitusikan ke $2b = a+c$:$2(a+d) = a+(a+2d)$ faktanya $2a+2d = 2a+2d$, jadi ini konsisten.
Sekarang substitusikan ke $a^2+c^2$ dan $2b^2$:$a^2+c^2 = a^2 + (a+2d)^2 = a^2 + a^2 + 4ad + 4d^2 = 2a^2 + 4ad + 4d^2$.
$2b^2 = 2(a+d)^2 = 2(a^2 + 2ad + d^2) = 2a^2 + 4ad + 2d^2$.
Jelas bahwa $2a^2 + 4ad + 4d^2 \ne 2a^2 + 4ad + 2d^2$ kecuali $d=0$ (kasus trivial $a=b=c$).
KESIMPULAN: Soal memiliki properti yang salah. Properti yang benar untuk $a,b,c$ barisan aritmetika adalah $a^2+c^2 = 2b^2$ jika dan hanya jika $d=0$ (yaitu $a=b=c$).
Jika soalnya adalah $a,b,c$ adalah barisan geometri, maka $b^2=ac$. Dalam kasus ini, $a^2+c^2 = 2b^2$ tidak selalu benar.
Saya akan mengasumsikan soal ingin membuktikan $a^2+c^2 = 2b^2$ adalah BENAR jika $a, b, c$ adalah sisi-sisi SEGITIGA dan barisan ARITMETIKA. Ini tidak mungkin secara umum.
Revisi Kunci Jawaban: Saya akan menyatakan bahwa pernyataan tersebut salah secara umum untuk barisan aritmetika, kecuali jika $a=b=c$. Jika pertanyaan bermaksud untuk $b^2=ac$, maka itu barisan geometri.
Mari kita ubah soal uraian ini ke soal lain yang lebih valid.
**Revisi Soal Uraian 3:**
Diberikan $a, b, c$ adalah bilangan real positif. Buktikan ketaksamaan AM-GM: $\frac{a+b}{2} \ge \sqrt{ab}$.
39. Buktikan ketaksamaan AM-GM untuk dua bilangan real positif $a$ dan $b$: $\frac{a+b}{2} \ge \sqrt{ab}$. Kapan kesamaan terjadi? (Uraian)
Kunci Jawaban: Untuk membuktikan $\frac{a+b}{2} \ge \sqrt{ab}$, kita bisa memulai dari fakta bahwa kuadrat dari setiap bilangan real adalah non-negatif.Misalkan $a, b$ adalah bilangan real positif, maka $\sqrt{a}$ dan $\sqrt{b}$ adalah bilangan real.Kita tahu bahwa $(\sqrt{a} – \sqrt{b})^2 \ge 0$.Buka kuadratnya: $(\sqrt{a})^2 – 2\sqrt{a}\sqrt{b} + (\sqrt{b})^2 \ge 0$.Ini menjadi $a – 2\sqrt{ab} + b \ge 0$.Tambahkan $2\sqrt{ab}$ ke kedua sisi: $a + b \ge 2\sqrt{ab}$.Terakhir, bagi kedua sisi dengan 2: $\frac{a+b}{2} \ge \sqrt{ab}$.Kesamaan terjadi ketika $(\sqrt{a} – \sqrt{b})^2 = 0$, yang berarti $\sqrt{a} = \sqrt{b}$, atau $a=b$.
40. Sebuah kubus memiliki panjang rusuk $s$. Tentukan jarak dari salah satu titik sudutnya ke titik tengah salah satu sisi yang tidak bersebelahan dengannya (misalnya, dari titik A ke titik tengah BC). (Uraian)
Kunci Jawaban: Misalkan kubus memiliki titik sudut $A=(0,0,0)$, $B=(s,0,0)$, $C=(s,s,0)$, $D=(0,s,0)$, $E=(0,0,s)$, $F=(s,0,s)$, $G=(s,s,s)$, $H=(0,s,s)$.
Kita ingin mencari jarak dari titik $A=(0,0,0)$ ke titik tengah salah satu sisi yang tidak bersebelahan dengannya. Mari kita ambil titik tengah sisi $FG$.Sisi $FG$ menghubungkan titik $F=(s,0,s)$ dan $G=(s,s,s)$.Titik tengah $M$ dari $FG$ memiliki koordinat: $M = \left(\frac{s+s}{2}, \frac{0+s}{2}, \frac{s+s}{2}\right) = \left(s, \frac{s}{2}, s\right)$.
Jarak dari $A=(0,0,0)$ ke $M=\left(s, \frac{s}{2}, s\right)$ dihitung menggunakan rumus jarak Euclidean:
$d(A,M) = \sqrt{(s-0)^2 + \left(\frac{s}{2}-0\right)^2 + (s-0)^2}$
$d(A,M) = \sqrt{s^2 + \left(\frac{s}{2}\right)^2 + s^2}$
$d(A,M) = \sqrt{s^2 + \frac{s^2}{4} + s^2}$
$d(A,M) = \sqrt{2s^2 + \frac{s^2}{4}}$
$d(A,M) = \sqrt{\frac{8s^2}{4} + \frac{s^2}{4}}$
$d(A,M) = \sqrt{\frac{9s^2}{4}}$
$d(A,M) = \frac{\sqrt{9s^2}}{\sqrt{4}} = \frac{3s}{2}$.
Jadi, jarak dari titik sudut A ke titik tengah sisi FG adalah $\frac{3s}{2}$.
41. Tentukan banyaknya cara untuk menempatkan 5 bola identik ke dalam 3 kotak berbeda, dengan setiap kotak harus berisi setidaknya satu bola. (Uraian)
Kunci Jawaban: Ini adalah masalah distribusi objek identik ke dalam kotak berbeda dengan batasan minimum. Kita bisa menggunakan metode bintang dan batang (stars and bars) setelah memenuhi batasan.
Misalkan $x_1, x_2, x_3$ adalah jumlah bola di kotak 1, 2, dan 3 secara berturut-turut.Kita ingin mencari solusi bilangan bulat positif dari $x_1 + x_2 + x_3 = 5$.
Karena setiap kotak harus berisi setidaknya satu bola, kita bisa memberikan satu bola ke setiap kotak terlebih dahulu.Jadi, kita sudah menggunakan 3 bola dari 5 bola, menyisakan $5-3=2$ bola.
Sekarang kita perlu mendistribusikan 2 bola yang tersisa ke 3 kotak berbeda, tanpa batasan minimum lagi (karena batasan sudah dipenuhi).
Misalkan $y_1 = x_1 – 1$, $y_2 = x_2 – 1$, $y_3 = x_3 – 1$. Maka $y_i \ge 0$.
Substitusi ke persamaan awal: $(y_1+1) + (y_2+1) + (y_3+1) = 5 \implies y_1 + y_2 + y_3 = 5 – 3 = 2$.
Ini adalah masalah bintang dan batang untuk mendistribusikan 2 objek identik (bintang) ke dalam 3 wadah berbeda (dipisahkan oleh $3-1=2$ batang).Jumlah cara adalah $\binom{n+k-1}{k-1}$ atau $\binom{n+k-1}{n}$, di mana $n$ adalah jumlah objek (bintang) dan $k$ adalah jumlah wadah (kotak).
Dalam kasus ini, $n=2$ (bola yang tersisa) dan $k=3$ (kotak).
Jumlah cara = $\binom{2+3-1}{3-1} = \binom{4}{2}$.
$\binom{4}{2} = \frac{4!}{2!(4-2)!} = \frac{4!}{2!2!} = \frac{4 \times 3 \times 2 \times 1}{(2 \times 1)(2 \times 1)} = \frac{24}{4} = 6$.
Jadi, ada 6 cara untuk menempatkan 5 bola identik ke dalam 3 kotak berbeda, dengan setiap kotak harus berisi setidaknya satu bola.Enam cara tersebut adalah (1,1,3), (1,3,1), (3,1,1), (1,2,2), (2,1,2), (2,2,1).
42. Tentukan semua bilangan bulat $n$ sehingga $n^2 + 2n + 2$ habis dibagi oleh $n+1$. (Uraian)
Kunci Jawaban: Kita dapat menggunakan pembagian polinomial atau sifat keterbagian.
Cara 1: Pembagian Polinomial
Kita tahu bahwa $n+1$ adalah faktor dari $n^2 + 2n + 2$.Kita bisa menulis $n^2 + 2n + 2 = (n+1)(n+1) + 1$.Atau, secara formal:
$n^2 + 2n + 2 = n(n+1) + n + 2 = n(n+1) + (n+1) + 1 = (n+1)(n+1) + 1$.
Agar $n^2 + 2n + 2$ habis dibagi oleh $n+1$, maka sisa pembagiannya harus 0.Dari hasil di atas, sisanya adalah 1.Ini berarti $n+1$ harus membagi 1.Nilai-nilai bulat yang membagi 1 adalah 1 dan -1.Kasus 1: $n+1 = 1 \implies n = 0$.Kasus 2: $n+1 = -1 \implies n = -2$.
Jadi, bilangan bulat $n$ yang memenuhi adalah $n=0$ dan $n=-2$.
Cara 2: Menggunakan Sifat Keterbagian
Jika $n+1$ membagi $n^2 + 2n + 2$, maka $n+1$ juga membagi $n^2 + 2n + 2 – (n+1)(n+1)$.
$n^2 + 2n + 2 – (n^2 + 2n + 1) = 1$.
Karena $n+1$ membagi $n^2 + 2n + 2$ dan $n+1$ membagi $(n+1)(n+1)$, maka $n+1$ harus membagi selisih keduanya, yaitu 1.
Ini berarti $n+1$ harus merupakan faktor dari 1.Faktor-faktor dari 1 adalah 1 dan -1.
$n+1 = 1 \implies n = 0$.
$n+1 = -1 \implies n = -2$.
Jadi, bilangan bulat $n$ yang memenuhi adalah $n=0$ dan $n=-2$.
43. Cocokkan definisi berikut dengan istilah matematika yang tepat.Pernyataan: A. Himpunan semua kemungkinan hasil dari suatu percobaan. B. Peluang suatu kejadian terjadi jika kejadian lain telah terjadi. C. Ukuran penyebaran data dari rata-rata. D. Cabang matematika yang mempelajari kombinasi dan permutasi.Istilah: 1. Ruang Sampel. 2. Peluang Bersyarat. 3. Kombinatorika. 4. Deviasi Standar. (Mencocokkan)
Kunci Jawaban: A-1, B-2, C-4, D-3
44. Cocokkan bentuk geometri dengan sifat atau rumus yang tepat.Pernyataan: A. Bentuk geometri dengan semua sisi sama panjang dan semua sudut 90 derajat. B. Segitiga yang memenuhi teorema Pythagoras. C. Luas lingkaran dengan jari-jari $r$. D. Volume bola dengan jari-jari $r$.Istilah: 1. Lingkaran. 2. Kubus. 3. Segitiga Siku-siku. 4. $\pi r^2$. 5. $\frac{4}{3}\pi r^3$. (Mencocokkan)
Kunci Jawaban: A-2, B-3, C-4, D-5