Materi Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) untuk Kelas 3 Sekolah Dasar dalam Kurikulum Merdeka berfokus pada pemahaman siswa tentang lingkungan sosial dan alam di sekitar mereka. Topik yang dibahas meliputi keberagaman individu di keluarga dan sekolah, lingkungan alam dan buatan, kegiatan ekonomi sederhana (produksi, distribusi, konsumsi), serta hak dan kewajiban sebagai anggota masyarakat. Melalui pendekatan kontekstual, siswa diajak untuk mengamati, menganalisis, dan mengevaluasi fenomena sosial dalam kehidupan sehari-hari, serta mengembangkan kemampuan berpikir kritis dan kreatif untuk menjadi warga negara yang bertanggung jawab dan peduli.
A. Pilihan Ganda
1. Di kelas 3B, ada Rina yang suka menari Bali, Budi yang suka bermain angklung dari Jawa Barat, dan Siti yang suka memakai kerudung. Mereka sering berbagi cerita tentang budaya masing-masing. Suatu hari, guru meminta setiap siswa menampilkan keunikan budayanya. Rina ingin menampilkan tarian Bali, tetapi ada beberapa teman yang mengejek karena gerakannya berbeda. Apa tindakan terbaik yang harus dilakukan Rina dan teman-teman lainnya untuk menunjukkan sikap saling menghargai?
- Rina berhenti menari dan menangis.
- Rina tetap menari dan menjelaskan kepada teman-temannya bahwa tarian Bali itu indah.
- Teman-teman yang mengejek diminta guru untuk meminta maaf.
- Teman-teman yang mengejek ikut menari agar bisa merasakan.
- Rina dan teman-teman lain berdiskusi tentang keindahan setiap budaya dan saling mendukung.
Lihat Kunci Jawaban
Jawaban: Rina dan teman-teman lain berdiskusi tentang keindahan setiap budaya dan saling mendukung.
Pembahasan: Jawaban E adalah tindakan terbaik karena tidak hanya menyelesaikan masalah saat itu tetapi juga membangun pemahaman dan dukungan antar siswa melalui diskusi, sehingga menumbuhkan sikap saling menghargai keberagaman secara berkelanjutan. Ini menunjukkan kemampuan mengevaluasi solusi paling efektif (C5).
2. Keluarga Pak Joni tinggal di dekat sungai yang sering meluap saat musim hujan. Setiap tahun, rumah mereka selalu kebanjiran. Pak Joni sering melihat warga membuang sampah ke sungai. Menurutmu, apa hubungan antara kebiasaan membuang sampah di sungai dengan kejadian banjir yang menimpa keluarga Pak Joni?
- Tidak ada hubungannya, banjir terjadi karena hujan deras saja.
- Sampah di sungai membuat air sungai menjadi kotor, tetapi tidak menyebabkan banjir.
- Sampah yang menumpuk menyumbat aliran sungai, sehingga air sungai meluap saat hujan deras dan menyebabkan banjir.
- Sampah membuat sungai lebih dalam, sehingga menampung lebih banyak air.
- Banjir terjadi karena sungai tidak memiliki bendungan yang kuat.
Lihat Kunci Jawaban
Jawaban: Sampah yang menumpuk menyumbat aliran sungai, sehingga air sungai meluap saat hujan deras dan menyebabkan banjir.
Pembahasan: Pilihan C menunjukkan kemampuan menganalisis hubungan sebab-akibat (C4) antara tindakan manusia (membuang sampah) dan dampak lingkungan (banjir). Sampah menyumbat aliran air, sehingga air tidak dapat mengalir lancar dan meluap.
3. Di sekolah, Ibu Guru menugaskan setiap kelompok untuk membuat poster tentang pentingnya menjaga kebersihan lingkungan. Kelompok Edo beranggotakan Edo, Siti, dan Budi. Edo ingin menggambar, Siti ingin menulis, dan Budi ingin mewarnai. Namun, Edo merasa gambarnya yang paling penting dan tidak mau mendengarkan ide Siti serta Budi. Bagaimana seharusnya kelompok Edo bekerja agar tugas mereka selesai dengan baik dan semua merasa senang?
- Edo tetap menggambar sendiri dan menyuruh Siti serta Budi membantunya.
- Siti dan Budi mengikuti saja keinginan Edo agar tidak terjadi pertengkaran.
- Mereka berdiskusi, membagi tugas sesuai keahlian masing-masing, dan saling menghargai pendapat.
- Mereka meminta Ibu Guru untuk memisahkan kelompok mereka.
- Edo menggambar, Siti menulis, dan Budi mewarnai di poster masing-masing.
Lihat Kunci Jawaban
Jawaban: Mereka berdiskusi, membagi tugas sesuai keahlian masing-masing, dan saling menghargai pendapat.
Pembahasan: Opsi C adalah tindakan yang paling tepat untuk menunjukkan kerjasama dan kolaborasi dalam kelompok, menghargai keberagaman peran dan pendapat, sehingga menghasilkan hasil terbaik. Ini adalah contoh mengevaluasi solusi konflik dan kerja tim (C5).
4. Desa tempat tinggal Sari dikenal sebagai desa penghasil kerajinan anyaman bambu. Banyak warga desa yang bekerja membuat anyaman untuk dijual ke kota. Namun, belakangan ini, penjualan anyaman menurun karena banyak orang lebih suka barang-barang plastik yang lebih murah. Jika kamu adalah Sari, seorang anak kelas 3 SD yang peduli dengan desanya, ide kreatif apa yang bisa kamu lakukan untuk membantu memperkenalkan kembali kerajinan anyaman bambu agar disukai banyak orang?
- Meminta semua warga desa berhenti membuat anyaman bambu dan mencari pekerjaan lain.
- Membuat poster sederhana di sekolah tentang keindahan anyaman bambu dan manfaatnya untuk lingkungan.
- Membuat kerajinan anyaman bambu menjadi tas atau tempat pensil yang unik dan modern, lalu menawarkannya ke teman-teman.
- Melarang orang-orang membeli barang plastik dan hanya boleh membeli anyaman bambu.
- Menunggu pemerintah daerah untuk membantu mempromosikan kerajinan anyaman bambu.
Lihat Kunci Jawaban
Jawaban: Membuat kerajinan anyaman bambu menjadi tas atau tempat pensil yang unik dan modern, lalu menawarkannya ke teman-teman.
Pembahasan: Pilihan C menunjukkan kemampuan mengkreasi (C6) ide baru yang inovatif dan relevan dengan target pasar anak-anak, sekaligus membantu melestarikan kerajinan lokal. Ini adalah solusi proaktif dan kreatif.
5. Setiap pagi, sebelum berangkat sekolah, Adi selalu membantu ibunya menyiram tanaman di halaman rumah. Ia juga bertanggung jawab membersihkan kamarnya sendiri. Namun, kakaknya, Dani, sering lupa membereskan mainannya setelah bermain. Apa perbedaan utama antara Adi dan Dani dalam menjalankan perannya di rumah?
- Adi lebih pintar daripada Dani.
- Adi memiliki lebih banyak waktu luang dibandingkan Dani.
- Adi memahami dan melaksanakan kewajibannya di rumah, sedangkan Dani belum sepenuhnya.
- Dani tidak suka membantu ibunya, sedangkan Adi sangat suka.
- Adi dan Dani memiliki hak yang berbeda di rumah.
Lihat Kunci Jawaban
Jawaban: Adi memahami dan melaksanakan kewajibannya di rumah, sedangkan Dani belum sepenuhnya.
Pembahasan: Opsi C menunjukkan kemampuan menganalisis (C4) perilaku karakter dalam konteks hak dan kewajiban di lingkungan keluarga. Adi menunjukkan pemenuhan kewajiban, sedangkan Dani belum.
6. Di desa 'Makmur Sejahtera', sebagian besar penduduknya adalah petani. Mereka menanam padi, sayuran, dan buah-buahan. Setelah panen, hasil pertanian mereka dijual ke pasar di kota. Ada juga beberapa warga yang mengolah hasil pertanian menjadi keripik atau selai untuk dijual. Berdasarkan cerita tersebut, bagaimana kamu bisa mengelompokkan kegiatan ekonomi yang dilakukan warga desa 'Makmur Sejahtera'?
- Hanya kegiatan konsumsi karena mereka makan hasil panen.
- Hanya kegiatan produksi karena mereka menanam dan membuat barang.
- Terdiri dari kegiatan produksi dan distribusi karena mereka menanam, mengolah, dan menjual.
- Terdiri dari kegiatan distribusi dan konsumsi karena mereka menjual dan membeli.
- Hanya kegiatan membeli dan menjual.
Lihat Kunci Jawaban
Jawaban: Terdiri dari kegiatan produksi dan distribusi karena mereka menanam, mengolah, dan menjual.
Pembahasan: Pilihan C menunjukkan kemampuan menganalisis (C4) berbagai kegiatan ekonomi yang terjadi di desa dan mengelompokkannya ke dalam kategori yang tepat (produksi dan distribusi). Menanam dan mengolah adalah produksi, menjual adalah distribusi.
7. Sekolah 'Harapan Bangsa' memiliki taman yang indah, tetapi sering ada siswa yang membuang sampah sembarangan di sana. Kepala sekolah ingin membuat aturan baru yang lebih efektif agar taman tetap bersih. Jika kamu adalah kepala sekolah, aturan seperti apa yang akan kamu buat agar siswa sadar dan bertanggung jawab menjaga kebersihan taman?
- Memberi hukuman berat bagi siswa yang membuang sampah.
- Membuat jadwal piket taman untuk setiap kelas secara ketat.
- Mewajibkan semua siswa mengikuti lomba kebersihan kelas dengan hadiah menarik, dan setiap kelas bertanggung jawab pada satu bagian taman.
- Memasang banyak tempat sampah dan kamera pengawas.
- Mengadakan rapat dengan guru untuk membahas masalah ini.
Lihat Kunci Jawaban
Jawaban: Mewajibkan semua siswa mengikuti lomba kebersihan kelas dengan hadiah menarik, dan setiap kelas bertanggung jawab pada satu bagian taman.
Pembahasan: Pilihan C adalah solusi kreatif (C6) yang tidak hanya memberi sanksi tapi juga motivasi positif dan rasa kepemilikan. Ini mendorong partisipasi aktif dan tanggung jawab kolektif daripada sekadar hukuman, sehingga lebih efektif dalam jangka panjang.
8. Saat jam istirahat, Doni melihat temannya, Lani, sedang kesulitan membawa banyak buku ke perpustakaan. Doni berpikir untuk membantunya, tetapi ia juga ingin cepat-cepat bermain bola dengan teman-temannya. Apa yang sebaiknya Doni lakukan untuk menunjukkan sikap peduli?
- Meninggalkan Lani dan segera bermain bola.
- Menyuruh Lani meminta bantuan teman yang lain.
- Menawarkan bantuan kepada Lani untuk membawa sebagian buku, lalu setelah itu baru bermain bola.
- Melihat saja Lani kesulitan dan tidak melakukan apa-apa.
- Mengejek Lani karena membawa buku terlalu banyak.
Lihat Kunci Jawaban
Jawaban: Menawarkan bantuan kepada Lani untuk membawa sebagian buku, lalu setelah itu baru bermain bola.
Pembahasan: Opsi C menunjukkan kemampuan mengevaluasi (C5) tindakan yang paling tepat untuk menunjukkan kepedulian dan tolong-menolong, sambil tetap mempertimbangkan keinginannya sendiri. Ini adalah solusi seimbang dan bertanggung jawab.
9. Sinta dan keluarganya baru saja pindah dari desa ke kota. Di desa, Sinta terbiasa melihat sawah dan kebun di mana-mana. Sekarang di kota, ia melihat banyak gedung tinggi, jalan raya, dan kendaraan. Apa perbedaan paling mencolok yang dapat Sinta rasakan antara lingkungan desa dan lingkungan kota?
- Di desa tidak ada orang, di kota banyak orang.
- Lingkungan desa didominasi oleh alam, sedangkan lingkungan kota didominasi oleh bangunan buatan manusia.
- Di desa tidak ada sekolah, di kota banyak sekolah.
- Di desa tidak ada listrik, di kota ada listrik.
- Lingkungan desa lebih panas, lingkungan kota lebih dingin.
Lihat Kunci Jawaban
Jawaban: Lingkungan desa didominasi oleh alam, sedangkan lingkungan kota didominasi oleh bangunan buatan manusia.
Pembahasan: Pilihan B menunjukkan kemampuan menganalisis (C4) dan membandingkan karakteristik utama dua jenis lingkungan (alam dan buatan manusia) berdasarkan pengamatan Sinta.
10. Andi ingin membeli pensil baru, tetapi uang sakunya tidak cukup. Ia melihat pensil temannya yang patah dan berpikir untuk mengambilnya diam-diam. Jika kamu adalah Andi, apa yang akan kamu lakukan untuk mendapatkan pensil baru dengan cara yang jujur?
- Mengambil pensil teman secara diam-diam.
- Meminta paksa uang kepada teman.
- Menunggu hingga uang sakunya cukup atau menabung, lalu membeli pensil sendiri.
- Mengeluh kepada guru agar diberi pensil gratis.
- Meminjam pensil teman setiap hari tanpa mengembalikannya.
Lihat Kunci Jawaban
Jawaban: Menunggu hingga uang sakunya cukup atau menabung, lalu membeli pensil sendiri.
Pembahasan: Opsi C menunjukkan kemampuan mengevaluasi (C5) pilihan tindakan yang etis dan bertanggung jawab dalam menghadapi masalah keuangan sederhana. Ini melatih kejujuran dan kesabaran.
11. Di lingkungan rumah Riko, ada banyak pohon rindang yang membuat udara sejuk. Namun, tetangga Riko berencana menebang semua pohon itu untuk membangun sebuah toko. Jika semua pohon ditebang, apa dampak yang paling mungkin terjadi pada lingkungan sekitar rumah Riko?
- Udara akan menjadi lebih bersih karena tidak ada daun kering.
- Lingkungan akan menjadi lebih ramai karena ada toko baru.
- Udara akan terasa lebih panas dan gersang, serta bisa menyebabkan banjir saat hujan deras.
- Harga tanah di sekitar rumah Riko akan menjadi lebih murah.
- Binatang-binatang akan pindah ke tempat lain.
Lihat Kunci Jawaban
Jawaban: Udara akan terasa lebih panas dan gersang, serta bisa menyebabkan banjir saat hujan deras.
Pembahasan: Pilihan C menunjukkan kemampuan menganalisis (C4) dampak lingkungan dari penebangan pohon. Pohon berfungsi sebagai peneduh dan penyerap air, sehingga penebangan dapat menyebabkan peningkatan suhu dan risiko banjir.
12. Setiap hari Minggu pagi, warga kompleks perumahan 'Damai Asri' selalu mengadakan kerja bakti membersihkan lingkungan. Ada yang menyapu jalan, memungut sampah, dan menanam bunga. Pak RT mengatur pembagian tugas dan semua warga ikut serta dengan gembira. Apa manfaat utama dari kegiatan kerja bakti ini bagi warga 'Damai Asri'?
- Agar lingkungan menjadi sepi dan tidak ada yang mengganggu.
- Agar Pak RT merasa senang dan dihargai.
- Menciptakan lingkungan yang bersih, sehat, dan mempererat tali persaudaraan antarwarga.
- Agar warga tidak perlu membayar petugas kebersihan.
- Hanya membuang-buang waktu di hari libur.
Lihat Kunci Jawaban
Jawaban: Menciptakan lingkungan yang bersih, sehat, dan mempererat tali persaudaraan antarwarga.
Pembahasan: Opsi C menunjukkan kemampuan menganalisis (C4) manfaat ganda dari gotong royong, yaitu lingkungan yang baik dan hubungan sosial yang kuat. Ini melampaui sekadar kebersihan fisik.
13. Di sebuah desa kecil, penduduknya hidup rukun dan saling membantu. Jika ada salah satu keluarga yang kesusahan, warga lain akan datang menolong. Ketika ada hajatan, semua tetangga ikut memasak dan menyiapkan acara. Bagaimana kamu akan menggambarkan kehidupan sosial di desa tersebut?
- Kehidupan yang individualis dan mandiri.
- Kehidupan yang penuh persaingan.
- Kehidupan yang harmonis, penuh gotong royong, dan toleransi.
- Kehidupan yang selalu bergantung pada pemerintah.
- Kehidupan yang membosankan karena tidak ada hiburan.
Lihat Kunci Jawaban
Jawaban: Kehidupan yang harmonis, penuh gotong royong, dan toleransi.
Pembahasan: Pilihan C menunjukkan kemampuan menganalisis (C4) dan menyimpulkan karakteristik kehidupan sosial yang positif berdasarkan deskripsi perilaku tolong-menolong dan kebersamaan.
14. Sasa melihat ibunya selalu membeli sayuran dan buah-buahan segar langsung dari pedagang di pasar tradisional. Ibu Sasa mengatakan bahwa itu lebih baik daripada membeli di supermarket. Menurut pendapatmu, mengapa Ibu Sasa lebih memilih membeli di pasar tradisional?
- Karena di pasar tradisional tidak ada antrean.
- Karena harga di pasar tradisional selalu lebih mahal.
- Karena di pasar tradisional, Ibu Sasa bisa menawar harga dan mendapatkan sayuran yang lebih segar langsung dari petani atau pemasok kecil.
- Karena Ibu Sasa tidak tahu cara pergi ke supermarket.
- Karena di pasar tradisional ada banyak teman Ibu Sasa.
Lihat Kunci Jawaban
Jawaban: Karena di pasar tradisional, Ibu Sasa bisa menawar harga dan mendapatkan sayuran yang lebih segar langsung dari petani atau pemasok kecil.
Pembahasan: Pilihan C menunjukkan kemampuan menganalisis (C4) alasan di balik pilihan konsumsi, mempertimbangkan faktor harga, kesegaran, dan interaksi sosial yang khas di pasar tradisional. Ini melibatkan pemahaman tentang kegiatan ekonomi sederhana.
15. Toni memiliki banyak mainan yang sudah tidak terpakai dan masih layak pakai. Ia melihat beberapa temannya tidak memiliki banyak mainan. Toni berpikir untuk menjual mainan-mainan itu, tetapi ia juga ingin membantu teman-temannya. Apa ide terbaik yang bisa Toni lakukan untuk menyelesaikan masalah ini?
- Menjual semua mainan ke toko barang bekas untuk mendapatkan uang.
- Membuang mainan-mainan itu karena sudah tidak dipakai.
- Mendonasikan sebagian mainan kepada teman-teman yang membutuhkan dan menjual sebagian kecil untuk membeli buku bacaan.
- Menyimpan semua mainan di gudang agar tidak ada yang tahu.
- Meminta teman-teman untuk membeli mainannya dengan harga mahal.
Lihat Kunci Jawaban
Jawaban: Mendonasikan sebagian mainan kepada teman-teman yang membutuhkan dan menjual sebagian kecil untuk membeli buku bacaan.
Pembahasan: Opsi C menunjukkan kemampuan mengevaluasi (C5) solusi yang paling seimbang antara memenuhi kebutuhan pribadi (mendapatkan uang untuk buku) dan menunjukkan sikap berbagi serta kepedulian sosial. Ini adalah solusi win-win.
16. Jika kamu diberi kesempatan untuk membuat peraturan baru di sekolahmu yang berkaitan dengan kebersihan lingkungan, peraturan seperti apa yang akan kamu buat dan mengapa peraturan itu penting?
- Hanya mewajibkan petugas kebersihan untuk membersihkan sekolah agar siswa fokus belajar.
- Setiap siswa harus membuang sampah pada tempatnya dan memisahkan sampah organik/anorganik, karena ini akan membuat lingkungan bersih dan melatih tanggung jawab.
- Mewajibkan siswa membawa sapu dan pel setiap hari ke sekolah.
- Melarang siswa membawa makanan dan minuman dari luar agar tidak ada sampah.
- Membuat denda besar bagi siswa yang membuang sampah sembarangan.
Lihat Kunci Jawaban
Jawaban: Setiap siswa harus membuang sampah pada tempatnya dan memisahkan sampah organik/anorganik, karena ini akan membuat lingkungan bersih dan melatih tanggung jawab.
Pembahasan: Pilihan B menunjukkan kemampuan mengkreasi (C6) sebuah peraturan yang efektif dan menjelaskan alasannya. Aturan ini tidak hanya berfokus pada kebersihan tetapi juga pada edukasi dan tanggung jawab siswa terhadap lingkungan.
17. Lina memiliki teman bernama Siti yang berasal dari suku yang berbeda. Suatu hari, Siti bercerita tentang kebiasaan unik di sukunya yang menurut Lina sedikit aneh. Bagaimana sikap Lina yang paling tepat untuk menunjukkan penghargaan terhadap perbedaan tersebut?
- Mengatakan kepada Siti bahwa kebiasaannya aneh dan tidak masuk akal.
- Menertawakan cerita Siti dan tidak mau mendengarkan lagi.
- Mendengarkan cerita Siti dengan saksama, mencoba memahami, dan menghargai bahwa setiap suku memiliki keunikan sendiri.
- Meminta Siti untuk tidak menceritakan hal aneh lagi.
- Mengajak teman-teman lain untuk menjauhi Siti.
Lihat Kunci Jawaban
Jawaban: Mendengarkan cerita Siti dengan saksama, mencoba memahami, dan menghargai bahwa setiap suku memiliki keunikan sendiri.
Pembahasan: Opsi C menunjukkan kemampuan mengevaluasi (C5) dan memilih sikap paling positif dalam menghadapi keberagaman budaya. Sikap ini menumbuhkan toleransi dan empati.
18. Paman Budi adalah seorang nelayan. Setiap pagi ia pergi melaut mencari ikan. Setelah mendapatkan ikan, ia menjualnya kepada pedagang di pasar. Dari cerita Paman Budi, apa peran Paman Budi dalam kegiatan ekonomi?
- Sebagai konsumen karena ia makan ikan.
- Sebagai distributor karena ia menjual ikan.
- Sebagai produsen karena ia menangkap ikan.
- Sebagai produsen dan distributor karena ia menangkap ikan (produksi) dan menjualnya (distribusi).
- Sebagai pembeli dan penjual.
Lihat Kunci Jawaban
Jawaban: Sebagai produsen dan distributor karena ia menangkap ikan (produksi) dan menjualnya (distribusi).
Pembahasan: Pilihan D menunjukkan kemampuan menganalisis (C4) peran ganda dalam kegiatan ekonomi. Menangkap ikan adalah kegiatan produksi, sedangkan menjual ikan adalah kegiatan distribusi.
19. Di lingkungan tempat tinggalmu, banyak anak-anak yang hanya bermain gadget dan jarang berinteraksi langsung. Jika kamu ingin menciptakan kegiatan yang bisa membuat mereka lebih sering berkumpul dan berinteraksi secara positif, kegiatan apa yang akan kamu usulkan?
- Mengajak mereka bermain game online bersama.
- Mengusulkan lomba menggambar di rumah masing-masing.
- Mengadakan pertandingan olahraga tradisional seperti gobak sodor atau petak umpet di lapangan, atau membuat taman bacaan kecil di pos ronda.
- Meminta orang tua untuk melarang anak-anak bermain gadget.
- Membuat grup chat agar mereka bisa saling menyapa.
Lihat Kunci Jawaban
Jawaban: Mengadakan pertandingan olahraga tradisional seperti gobak sodor atau petak umpet di lapangan, atau membuat taman bacaan kecil di pos ronda.
Pembahasan: Pilihan C menunjukkan kemampuan mengkreasi (C6) solusi konkret dan efektif untuk meningkatkan interaksi sosial secara langsung, dengan memanfaatkan permainan tradisional atau fasilitas umum yang mendorong kebersamaan.
20. Keluarga Ayu memiliki kebun kecil di belakang rumah. Mereka menanam berbagai sayuran seperti bayam, kangkung, dan cabai. Hasil panen digunakan untuk kebutuhan makan sehari-hari dan sisanya dibagikan kepada tetangga. Apa manfaat utama dari kegiatan berkebun yang dilakukan keluarga Ayu?
- Hanya untuk mengisi waktu luang agar tidak bosan.
- Membantu keluarga Ayu menghemat pengeluaran, mendapatkan sayuran segar, dan sekaligus berbagi dengan tetangga.
- Agar tetangga tidak meminta-minta sayuran.
- Membuat kebun terlihat lebih rapi.
- Menunjukkan kepada tetangga bahwa mereka rajin.
Lihat Kunci Jawaban
Jawaban: Membantu keluarga Ayu menghemat pengeluaran, mendapatkan sayuran segar, dan sekaligus berbagi dengan tetangga.
Pembahasan: Pilihan B menunjukkan kemampuan menganalisis (C4) berbagai manfaat dari kegiatan berkebun, meliputi aspek ekonomi, kesehatan, dan sosial. Ini adalah pemahaman yang komprehensif tentang dampak positif.
B. Isian Singkat
1. Bayu melihat banyak sampah berserakan di sekitar sekolahnya. Ia merasa tidak nyaman. Jelaskan dua dampak negatif yang mungkin terjadi jika sampah terus dibiarkan menumpuk di lingkungan sekolah!
Jawaban: Dua dampak negatifnya adalah lingkungan menjadi kotor dan bau, serta dapat menjadi sarang penyakit seperti demam berdarah atau diare yang bisa menyerang siswa.
2. Di Indonesia, ada banyak suku bangsa dengan bahasa dan adat istiadat yang berbeda-beda. Mengapa penting bagi kita untuk saling menghargai perbedaan tersebut?
Jawaban: Penting untuk saling menghargai perbedaan agar tercipta kerukunan, tidak ada pertengkaran, dan kita bisa hidup berdampingan dengan damai. Saling menghargai juga membuat kita belajar banyak hal baru dari budaya lain.
3. Sebutkan dua contoh hak yang kamu miliki sebagai seorang siswa di sekolah dan dua contoh kewajibanmu!
Jawaban: Hak siswa: Mendapatkan pelajaran yang baik dari guru, menggunakan fasilitas sekolah (perpustakaan, kantin). Kewajiban siswa: Mengerjakan tugas sekolah, menjaga kebersihan dan ketertiban sekolah.
4. Jika kamu melihat temanmu kesulitan memahami pelajaran, apa yang akan kamu lakukan untuk membantunya? Berikan alasanmu!
Jawaban: Saya akan menawarkan bantuan untuk menjelaskan kembali materi yang sulit dengan bahasa yang lebih mudah saya pahami, atau mengajaknya belajar bersama. Alasannya adalah agar teman saya juga bisa mengerti pelajaran dan kami bisa belajar bersama-sama, menunjukkan sikap tolong-menolong.
5. Paman Joko adalah seorang pengrajin kayu. Ia membuat meja dan kursi. Setelah itu, ia menjual hasil karyanya di pasar. Apa perbedaan kegiatan yang dilakukan Paman Joko saat membuat meja dan kursi, dengan saat ia menjualnya?
Jawaban: Saat Paman Joko membuat meja dan kursi, itu adalah kegiatan produksi (membuat barang baru). Saat ia menjualnya di pasar, itu adalah kegiatan distribusi (menyalurkan barang dari produsen ke konsumen).
C. Uraian
1. Bayangkan kamu adalah seorang pengusaha kecil yang ingin menjual makanan ringan sehat di kantin sekolah. Rancanglah sebuah rencana sederhana yang mencakup bagaimana kamu akan membuat makanan itu, menjualnya, dan memastikan teman-temanmu suka!
Contoh Jawaban: Rencana saya adalah: 1. Membuat makanan: Saya akan membuat kue bolu kukus dari ubi ungu yang kaya vitamin. Bahan-bahannya mudah didapat dan sehat. Saya akan meminta bantuan ibu untuk proses pembuatannya agar rasanya enak dan higienis. 2. Menjualnya: Saya akan menawarkan kue ini di kantin saat jam istirahat. Saya akan membuat kemasan kecil yang menarik dengan gambar ubi ungu dan menjelaskan manfaatnya kepada teman-teman. Saya juga akan menentukan harga yang terjangkau agar semua bisa membeli. 3. Memastikan teman-teman suka: Saya akan meminta teman-teman mencoba kue saya dan memberikan masukan. Jika ada yang kurang suka atau ada saran, saya akan mencoba membuat variasi rasa lain atau memperbaiki resepnya agar lebih enak dan sesuai selera mereka. Saya juga akan menjelaskan mengapa makanan sehat itu penting untuk energi belajar.
2. Di daerahmu, ada kebiasaan masyarakat untuk bergotong royong membersihkan selokan setiap bulan. Namun, beberapa warga mulai malas ikut serta. Jika kamu adalah ketua RT di sana, bagaimana cara kamu meyakinkan warga agar kembali semangat bergotong royong dan apa manfaat yang akan kamu sampaikan kepada mereka?
Contoh Jawaban: Jika saya ketua RT, pertama saya akan mengadakan pertemuan kecil dengan warga untuk mendengarkan alasan mereka malas. Setelah itu, saya akan meyakinkan mereka dengan cara: 1. Mengingatkan manfaat: Saya akan menjelaskan bahwa gotong royong membuat lingkungan bersih, mencegah banjir, dan membuat lingkungan lebih sehat untuk anak-anak bermain. 2. Mengadakan lomba: Saya mungkin akan mengadakan lomba kebersihan antar blok atau RT dengan hadiah kecil, agar ada motivasi. 3. Membuat suasana menyenangkan: Mengajak warga membawa makanan ringan atau minuman saat kerja bakti, lalu makan bersama setelah selesai, agar suasana lebih akrab dan menyenangkan. Manfaat yang akan saya sampaikan adalah lingkungan yang bersih dan sehat, kebersamaan antarwarga yang semakin kuat, dan rasa memiliki terhadap lingkungan tempat tinggal.
3. Di sekolahmu akan diadakan acara pentas seni yang menampilkan berbagai tarian daerah. Ada tarian dari Jawa, Sumatera, dan Papua. Bagaimana cara kamu dan teman-temanmu menunjukkan sikap toleransi dan penghargaan terhadap keberagaman budaya yang ditampilkan dalam pentas seni tersebut?
Contoh Jawaban: Untuk menunjukkan sikap toleransi dan penghargaan terhadap keberagaman budaya di pentas seni, saya dan teman-teman akan: 1. Menonton dengan tertib dan bersemangat, memberikan tepuk tangan meriah untuk semua penampilan, tanpa membeda-bedakan. 2. Tidak mengejek atau berkomentar negatif terhadap tarian yang mungkin terlihat berbeda dari yang biasa kami lihat. 3. Jika ada kesempatan, kami akan bertanya kepada penari tentang makna tarian atau asal daerahnya untuk menambah pengetahuan kami. 4. Kami juga bisa mencoba belajar beberapa gerakan dasar dari tarian yang kami sukai setelah acara, sebagai bentuk apresiasi.
4. Lingkungan sekitar rumahmu seringkali terlihat kotor karena sampah yang berserakan. Rancangkan tiga langkah sederhana yang bisa kamu lakukan bersama teman-temanmu untuk mengatasi masalah sampah ini dan membuat lingkungan menjadi lebih bersih!
Contoh Jawaban: Tiga langkah sederhana yang bisa saya lakukan bersama teman-teman adalah: 1. Mengajak teman-teman untuk 'Gerakan Pungut Sampah': Setiap pulang sekolah atau sore hari, kami bisa meluangkan waktu 15-30 menit untuk memungut sampah di sekitar rumah atau jalan yang sering kami lewati, lalu membuangnya ke tempat sampah. 2. Membuat poster ajakan: Kami bisa membuat poster sederhana dengan gambar menarik tentang pentingnya membuang sampah pada tempatnya dan menempelkannya di tempat-tempat umum seperti pos ronda atau warung. 3. Memilah sampah: Mengedukasi teman-teman untuk memisahkan sampah plastik dan sampah organik, lalu mengumpulkannya untuk didaur ulang atau dijadikan kompos (jika memungkinkan).
5. Rudi memiliki kebiasaan menonton televisi sampai larut malam, sehingga sering terlambat bangun dan tidak sempat sarapan sebelum berangkat sekolah. Akibatnya, ia sering mengantuk di kelas dan kurang fokus belajar. Jika kamu adalah Rudi, bagaimana kamu akan mengevaluasi kebiasaanmu dan merencanakan perubahan agar bisa lebih disiplin?
Contoh Jawaban: Jika saya adalah Rudi, saya akan mengevaluasi kebiasaan saya sebagai berikut: 1. Dampak negatif: Menonton TV larut malam membuat saya kurang tidur, terlambat bangun, tidak sarapan, mengantuk di kelas, dan tidak fokus belajar. Ini merugikan kesehatan dan prestasi belajar saya. 2. Perubahan rencana: Saya akan membuat jadwal tidur yang lebih teratur, misalnya paling lambat pukul 9 malam harus sudah tidur. Saya akan meminta orang tua untuk mengingatkan saya. Saya juga akan menyiapkan perlengkapan sekolah di malam hari agar tidak terburu-buru di pagi hari. Saya akan memastikan untuk sarapan agar punya energi untuk belajar. Saya akan mencoba membaca buku cerita sebelum tidur daripada menonton TV.
D. Mencocokkan
Set 1. Pasangkan pernyataan di kiri dengan konsep yang tepat di kanan mengenai keberagaman dan interaksi sosial!
| Sikap menerima perbedaan pendapat teman. | => | Toleransi |
| Baju adat dari berbagai daerah di Indonesia. | => | Keberagaman budaya |
| Kerja bakti membersihkan lingkungan bersama. | => | Gotong royong |
| Suku Jawa, Sunda, Batak, dan lainnya. | => | Keberagaman suku |
| Menghormati teman yang sedang beribadah. | => | Keberagaman agama |
Set 2. Pasangkan kegiatan di kiri dengan jenis kegiatan ekonomi yang tepat di kanan!
| Petani menanam padi di sawah. | => | Produksi |
| Pedagang menjual sayuran di pasar. | => | Distribusi |
| Ibu membeli beras di toko. | => | Konsumsi |
| Pabrik membuat boneka dari kain perca. | => | Produksi |
| Pengantar barang mengirim paket. | => | Distribusi |