soal hots sd kelas 2 tema 2

Posted on

Topik "Bermain di Lingkunganku" untuk Kelas 2 SD mengajak kita memahami berbagai kegiatan bermain di rumah dan di lingkungan sekitar. Kita akan belajar tentang pentingnya aturan saat bermain, bagaimana bersikap baik kepada teman, nilai kerja sama, dan cara menyelesaikan perbedaan pendapat. Materi ini juga mengenalkan kita pada benda-benda di sekitar yang bisa digunakan untuk bermain, serta pentingnya menjaga kebersihan, keselamatan, dan kerukunan. Soal-soal HOTS ini dirancang untuk melatih kemampuan berpikir kritis, menganalisis situasi, mengevaluasi tindakan, dan menciptakan solusi dalam konteks bermain sehari-hari.


A. Pilihan Ganda

1. Rina dan teman-temannya sedang bermain congklak. Rina selalu ingin menjadi yang pertama main dan mengambil biji congklak paling banyak, bahkan terkadang mengambil giliran teman. Akibatnya, teman-teman Rina mulai enggan bermain dengannya. Menurutmu, mengapa teman-teman Rina merasa tidak nyaman dan enggan bermain lagi?

  • A. Karena teman-teman Rina sudah bosan bermain congklak.
  • B. Karena Rina bermain terlalu cepat sehingga mereka tidak bisa mengikutinya.
  • C. Karena Rina tidak mengikuti aturan main dan hanya mementingkan diri sendiri.
  • D. Karena Rina terlalu pintar bermain congklak dibandingkan teman-temannya.
  • E. Karena teman-teman Rina ingin bermain permainan lain.
  • F. Karena teman-teman Rina ingin bermain permainan lain.
Lihat Kunci Jawaban

Jawaban: C. Karena Rina tidak mengikuti aturan main dan hanya mementingkan diri sendiri.

Pembahasan: Soal ini melatih kemampuan menganalisis (C4) dampak dari perilaku tidak mengikuti aturan dan egois dalam bermain. Pilihan C menjelaskan dengan tepat akar permasalahan yang membuat teman-teman Rina tidak nyaman.

2. Budi dan Siti sedang bermain bola di lapangan. Tiba-tiba, bola mereka mengenai pot bunga milik tetangga sampai pecah. Budi ingin segera lari pulang agar tidak dimarahi, tetapi Siti mengajaknya untuk meminta maaf dan memberitahu orang tua tentang kejadian itu. Jika kamu adalah Budi, tindakan manakah yang paling tepat untuk dilakukan?

  • A. Mengikuti Budi untuk lari pulang dan berpura-pura tidak tahu.
  • B. Meminta Siti untuk bertanggung jawab sendirian.
  • C. Mengajak Budi untuk meminta maaf kepada tetangga dan memberitahu orang tua.
  • D. Membiarkan pot bunga itu pecah dan tidak peduli.
  • E. Meminta maaf kepada tetangga tetapi tidak memberitahu orang tua.
  • F. Meminta maaf kepada tetangga tetapi tidak memberitahu orang tua.
Lihat Kunci Jawaban

Jawaban: C. Mengajak Budi untuk meminta maaf kepada tetangga dan memberitahu orang tua.

Pembahasan: Soal ini melatih kemampuan mengevaluasi (C5) tindakan yang bertanggung jawab. Pilihan C menunjukkan sikap jujur, berani bertanggung jawab, dan menghargai orang lain, yang merupakan tindakan paling tepat dalam situasi tersebut.

3. Di taman bermain, ada sebuah ayunan yang hanya bisa digunakan oleh satu anak. Andi dan Edo ingin menggunakan ayunan itu bersamaan. Jika kamu adalah Andi dan Edo, bagaimana cara terbaik agar kalian berdua bisa bermain ayunan dengan adil dan menyenangkan?

  • A. Beradu cepat untuk mendapatkan ayunan terlebih dahulu.
  • B. Salah satu mengalah dan tidak jadi bermain ayunan.
  • C. Bermain bersama-sama di ayunan meskipun sempit dan berbahaya.
  • D. Bergantian menggunakan ayunan dengan menentukan waktu masing-masing.
  • E. Mencari ayunan lain yang kosong di taman sebelah.
  • F. Mencari ayunan lain yang kosong di taman sebelah.
Lihat Kunci Jawaban

Jawaban: D. Bergantian menggunakan ayunan dengan menentukan waktu masing-masing.

Pembahasan: Soal ini melatih kemampuan mengkreasi (C6) solusi untuk masalah keterbatasan fasilitas dan keadilan dalam bermain. Pilihan D adalah solusi yang paling adil dan memungkinkan keduanya menikmati permainan tanpa konflik.

4. Saat bermain balap karung, Doni terjatuh dan lututnya berdarah. Teman-teman lain berhenti bermain dan mengerumuni Doni, ada yang panik, ada yang menertawakan. Sebagai teman yang baik, apa yang seharusnya kamu lakukan pertama kali melihat Doni terjatuh?

  • A. Menertawakan Doni karena terjatuh.
  • B. Ikut panik dan berteriak-teriak.
  • C. Segera menolong Doni berdiri dan membawanya ke tempat aman, lalu memanggil orang dewasa.
  • D. Melanjutkan permainan balap karung.
  • E. Memarahi Doni karena tidak hati-hati.
  • F. Memarahi Doni karena tidak hati-hati.
Lihat Kunci Jawaban

Jawaban: C. Segera menolong Doni berdiri dan membawanya ke tempat aman, lalu memanggil orang dewasa.

Pembahasan: Soal ini menguji kemampuan mengevaluasi (C5) tindakan prioritas dalam situasi darurat sederhana. Pilihan C menunjukkan empati, tindakan cepat, dan kesadaran akan perlunya bantuan orang dewasa, yang merupakan respons terbaik.

5. Di rumahmu ada banyak kardus bekas. Kamu ingin membuat mainan dari kardus bekas itu. Menurutmu, mainan apa yang paling kreatif dan bermanfaat yang bisa kamu buat dari kardus bekas tersebut?

  • A. Membuat tumpukan kardus menjadi menara.
  • B. Memotong kardus menjadi bentuk-bentuk acak.
  • C. Membuat rumah-rumahan boneka atau robot-robotan dari kardus.
  • D. Merobek-robek kardus menjadi potongan kecil.
  • E. Mewarnai kardus tanpa tujuan yang jelas.
  • F. Mewarnai kardus tanpa tujuan yang jelas.
Lihat Kunci Jawaban

Jawaban: C. Membuat rumah-rumahan boneka atau robot-robotan dari kardus.

Pembahasan: Soal ini melatih kemampuan mengkreasi (C6) ide baru dari bahan yang ada. Pilihan C menunjukkan kreativitas dalam mengubah benda bekas menjadi mainan yang memiliki bentuk dan fungsi spesifik, serta bermanfaat untuk bermain peran.

6. Saat bermain petak umpet, Gilang bersembunyi di balik semak-semak yang kotor dan banyak nyamuk. Meskipun teman-temannya sudah menemukan tempat yang lebih bersih dan aman, Gilang tetap bersikeras bersembunyi di sana. Apa dampak negatif yang mungkin terjadi pada Gilang jika ia terus bersembunyi di tempat yang kotor dan banyak nyamuk?

  • A. Gilang akan lebih sulit ditemukan oleh teman-temannya.
  • B. Gilang bisa merasa kedinginan karena tempatnya sejuk.
  • C. Gilang bisa digigit nyamuk dan terkena penyakit, serta pakaiannya kotor.
  • D. Gilang akan memenangkan permainan karena tempat persembunyiannya bagus.
  • E. Gilang akan merasa lebih senang karena tidak ada yang mengganggunya.
  • F. Gilang akan merasa lebih senang karena tidak ada yang mengganggunya.
Lihat Kunci Jawaban

Jawaban: C. Gilang bisa digigit nyamuk dan terkena penyakit, serta pakaiannya kotor.

Pembahasan: Soal ini menguji kemampuan menganalisis (C4) potensi risiko dan dampak negatif dari pilihan tempat bermain yang tidak aman dan tidak bersih. Pilihan C menjelaskan risiko kesehatan dan kebersihan yang realistis.

7. Ani dan Lani ingin bermain lompat tali. Ani ingin menggunakan tali yang pendek karena mudah dipegang, sedangkan Lani ingin menggunakan tali yang panjang agar bisa bermain lebih banyak orang. Bagaimana cara terbaik untuk mengatasi perbedaan keinginan ini agar keduanya tetap bisa bermain dengan senang?

  • A. Ani dan Lani bermain sendiri-sendiri dengan tali yang mereka inginkan.
  • B. Salah satu dari mereka harus mengalah dan mengikuti keinginan yang lain.
  • C. Mereka mencari tali lain yang ukurannya sedang, atau bergantian menggunakan kedua tali.
  • D. Mereka bertengkar sampai salah satu menyerah.
  • E. Mereka tidak jadi bermain lompat tali sama sekali.
  • F. Mereka tidak jadi bermain lompat tali sama sekali.
Lihat Kunci Jawaban

Jawaban: C. Mereka mencari tali lain yang ukurannya sedang, atau bergantian menggunakan kedua tali.

Pembahasan: Soal ini melatih kemampuan mengkreasi (C6) solusi kompromi dan fleksibel dalam menghadapi perbedaan. Pilihan C menawarkan dua solusi yang adil dan praktis untuk memastikan kedua belah pihak merasa puas.

8. Saat bermain sepak bola, Toni menendang bola terlalu keras hingga mengenai kaca jendela rumah Pak RT. Toni sangat takut dan ingin menyembunyikan kejadian itu. Jika kamu adalah teman Toni, apa nasihat terbaik yang akan kamu berikan kepadanya?

  • A. 'Jangan bilang siapa-siapa, nanti kamu dimarahi!'
  • B. 'Ayo kita lari saja, Toni!'
  • C. 'Kita harus jujur, Toni. Ayo kita bilang ke Pak RT dan orang tua kita.'
  • D. 'Biarkan saja, nanti juga tidak ada yang tahu.'
  • E. 'Minta teman lain untuk bilang ke Pak RT.'
  • F. 'Minta teman lain untuk bilang ke Pak RT.'
Lihat Kunci Jawaban

Jawaban: C. ‘Kita harus jujur, Toni. Ayo kita bilang ke Pak RT dan orang tua kita.’

Pembahasan: Soal ini menguji kemampuan mengevaluasi (C5) pentingnya kejujuran dan tanggung jawab. Pilihan C adalah nasihat terbaik karena mendorong Toni untuk bersikap jujur dan bertanggung jawab atas kesalahannya.

9. Setiap sore, Edo selalu bermain sepeda di jalanan komplek yang ramai. Banyak kendaraan lewat dan tidak ada trotoar. Menurutmu, apa risiko terbesar yang mungkin dihadapi Edo jika terus bermain sepeda di tempat seperti itu?

  • A. Edo akan cepat lelah karena harus mengayuh sepedanya.
  • B. Sepeda Edo bisa rusak karena sering terkena batu.
  • C. Edo bisa tertabrak kendaraan dan mengalami kecelakaan serius.
  • D. Edo akan kesepian karena tidak ada teman yang ikut bermain.
  • E. Edo akan dimarahi orang tuanya karena pulang terlambat.
  • F. Edo akan dimarahi orang tuanya karena pulang terlambat.
Lihat Kunci Jawaban

Jawaban: C. Edo bisa tertabrak kendaraan dan mengalami kecelakaan serius.

Pembahasan: Soal ini melatih kemampuan menganalisis (C4) bahaya dan risiko keselamatan dari bermain di tempat yang tidak tepat. Pilihan C mengidentifikasi risiko paling serius dalam skenario tersebut.

10. Saat bermain peran menjadi koki, Lani menggunakan pasir dan daun kering sebagai bahan masakan. Tiba-tiba, ia menemukan ada pecahan kaca kecil di antara pasir. Apa yang seharusnya Lani lakukan untuk memastikan ia dan teman-temannya tetap aman saat bermain?

  • A. Tetap bermain dan berharap tidak ada yang terluka.
  • B. Membuang pecahan kaca itu ke semak-semak agar tidak terlihat.
  • C. Memberitahu teman-temannya untuk berhati-hati, lalu memindahkan pecahan kaca ke tempat sampah yang aman atau meminta bantuan orang dewasa.
  • D. Menyembunyikan pecahan kaca di bawah pasir agar tidak ada yang tahu.
  • E. Berhenti bermain dan pulang ke rumah tanpa memberitahu siapa pun.
  • F. Berhenti bermain dan pulang ke rumah tanpa memberitahu siapa pun.
Lihat Kunci Jawaban

Jawaban: C. Memberitahu teman-temannya untuk berhati-hati, lalu memindahkan pecahan kaca ke tempat sampah yang aman atau meminta bantuan orang dewasa.

Pembahasan: Soal ini menguji kemampuan mengevaluasi (C5) tindakan pencegahan dan penanganan bahaya. Pilihan C menunjukkan kesadaran akan keselamatan dan tindakan proaktif untuk mengatasi bahaya.

11. Di sekolahmu akan diadakan lomba menggambar. Kamu dan teman-temanmu ingin membuat gambar pemandangan. Agar gambarmu terlihat indah dan berbeda, elemen apa yang akan kamu tambahkan pada gambar pemandangan tersebut yang menunjukkan 'Bermain di Lingkunganku'?

  • A. Hanya menggambar gunung dan sawah yang kosong.
  • B. Menggambar anak-anak sedang bermain layang-layang di lapangan.
  • C. Menggambar rumah tanpa ada aktivitas di sekitarnya.
  • D. Menggambar pohon-pohon besar yang rindang.
  • E. Menggambar jalan raya yang sepi.
  • F. Menggambar jalan raya yang sepi.
Lihat Kunci Jawaban

Jawaban: B. Menggambar anak-anak sedang bermain layang-layang di lapangan.

Pembahasan: Soal ini melatih kemampuan mengkreasi (C6) ide visual yang relevan dengan tema. Pilihan B secara langsung menggambarkan aktivitas 'Bermain di Lingkunganku' dalam sebuah pemandangan.

12. Santi dan kakaknya ingin bermain peran 'penjual dan pembeli'. Santi ingin menjadi penjual, tetapi kakaknya juga ingin menjadi penjual. Bagaimana cara mereka menyelesaikan masalah ini agar permainan tetap berjalan lancar dan menyenangkan?

  • A. Mereka tidak jadi bermain karena sama-sama ingin menjadi penjual.
  • B. Salah satu mengalah dan menjadi pembeli, lalu nanti bergantian peran.
  • C. Mereka bertengkar sampai salah satu menangis.
  • D. Mereka mencari teman lain untuk menjadi pembeli.
  • E. Keduanya menjadi penjual dan tidak ada yang menjadi pembeli.
  • F. Keduanya menjadi penjual dan tidak ada yang menjadi pembeli.
Lihat Kunci Jawaban

Jawaban: B. Salah satu mengalah dan menjadi pembeli, lalu nanti bergantian peran.

Pembahasan: Soal ini menguji kemampuan menganalisis (C4) konflik peran dan mengevaluasi (C5) solusi kompromi yang adil. Pilihan B adalah solusi terbaik yang melibatkan giliran dan pengertian.

13. Ibu meminta kamu untuk membersihkan mainan setelah selesai bermain. Namun, kamu merasa sangat lelah dan ingin langsung istirahat. Mengapa penting bagimu untuk tetap membersihkan mainanmu, meskipun kamu lelah?

  • A. Agar mainanmu bisa disembunyikan dari teman-teman.
  • B. Agar kamu tidak dimarahi oleh ibu.
  • C. Agar mainan tidak berserakan, mudah ditemukan, dan rumah tetap rapi.
  • D. Agar kamu bisa bermain lagi besok pagi.
  • E. Agar mainanmu tidak diambil oleh orang lain.
  • F. Agar mainanmu tidak diambil oleh orang lain.
Lihat Kunci Jawaban

Jawaban: C. Agar mainan tidak berserakan, mudah ditemukan, dan rumah tetap rapi.

Pembahasan: Soal ini melatih kemampuan menganalisis (C4) pentingnya tanggung jawab dan kebersihan. Pilihan C menjelaskan manfaat langsung dari membersihkan mainan secara mandiri.

14. Jika kamu ingin mengajak teman-temanmu bermain di luar rumah, tetapi cuaca sedang hujan deras. Apa solusi kreatif yang bisa kamu tawarkan agar kalian tetap bisa bermain bersama dengan seru di dalam rumah?

  • A. Tetap bermain di luar rumah meski hujan.
  • B. Meminta teman-teman untuk pulang saja.
  • C. Mengajak mereka bermain permainan papan, membaca buku, atau membuat prakarya di dalam rumah.
  • D. Hanya menonton televisi sendirian.
  • E. Tidur saja sampai hujan reda.
  • F. Tidur saja sampai hujan reda.
Lihat Kunci Jawaban

Jawaban: C. Mengajak mereka bermain permainan papan, membaca buku, atau membuat prakarya di dalam rumah.

Pembahasan: Soal ini melatih kemampuan mengkreasi (C6) alternatif aktivitas bermain yang sesuai dengan kondisi lingkungan. Pilihan C menawarkan berbagai ide permainan dalam ruangan yang tetap menyenangkan dan interaktif.

15. Doni dan Riko sedang bermain mobil-mobilan di teras rumah. Mereka memiliki banyak mobil-mobilan, tetapi hanya ada satu lintasan balap. Doni ingin menggunakan lintasan itu terus-menerus. Bagaimana cara terbaik agar kedua anak ini bisa bermain dengan gembira dan adil?

  • A. Doni bermain sendirian dan Riko hanya melihat.
  • B. Mereka berebut lintasan sampai ada yang mengalah.
  • C. Mereka bergantian menggunakan lintasan, atau membuat lintasan sederhana dari benda lain.
  • D. Mereka tidak jadi bermain mobil-mobilan.
  • E. Riko harus pulang dan mencari lintasan sendiri.
  • F. Riko harus pulang dan mencari lintasan sendiri.
Lihat Kunci Jawaban

Jawaban: C. Mereka bergantian menggunakan lintasan, atau membuat lintasan sederhana dari benda lain.

Pembahasan: Soal ini melatih kemampuan mengkreasi (C6) solusi untuk masalah berbagi fasilitas. Pilihan C menawarkan solusi bergantian dan juga solusi kreatif untuk membuat alternatif, menunjukkan fleksibilitas dan keadilan.

16. Di sebuah taman, ada banyak anak-anak dengan latar belakang berbeda-beda (ada yang dari suku Jawa, Sunda, Batak, dll.). Mereka semua ingin bermain petak umpet. Mengapa penting bagi mereka untuk tidak membeda-bedakan teman saat bermain?

  • A. Agar permainan menjadi lebih sulit dan menantang.
  • B. Agar mereka bisa belajar bahasa daerah yang berbeda.
  • C. Agar semua merasa senang, tidak ada yang sedih, dan permainan menjadi lebih seru karena banyak teman.
  • D. Agar mereka bisa membandingkan siapa yang paling hebat.
  • E. Agar mereka bisa memilih teman yang paling pintar.
  • F. Agar mereka bisa memilih teman yang paling pintar.
Lihat Kunci Jawaban

Jawaban: C. Agar semua merasa senang, tidak ada yang sedih, dan permainan menjadi lebih seru karena banyak teman.

Pembahasan: Soal ini menguji kemampuan menganalisis (C4) pentingnya inklusivitas dan persatuan dalam keberagaman. Pilihan C menjelaskan manfaat sosial dan emosional dari bermain tanpa membeda-bedakan.

17. Kamu melihat temanmu, Sinta, sedang kesulitan membuat layang-layang. Dia sudah mencoba berkali-kali tetapi layang-layangnya selalu robek. Apa yang sebaiknya kamu lakukan untuk membantu Sinta agar layang-layangnya berhasil dibuat?

  • A. Menertawakan Sinta karena tidak bisa membuat layang-layang.
  • B. Membiarkan Sinta mencoba sendiri sampai berhasil.
  • C. Menawarkan bantuan untuk mengajari atau membantunya membuat layang-layang dengan sabar.
  • D. Mengambil bahan-bahan Sinta dan membuat layang-layang untuk dirimu sendiri.
  • E. Menyuruh Sinta untuk menyerah saja.
  • F. Menyuruh Sinta untuk menyerah saja.
Lihat Kunci Jawaban

Jawaban: C. Menawarkan bantuan untuk mengajari atau membantunya membuat layang-layang dengan sabar.

Pembahasan: Soal ini melatih kemampuan mengevaluasi (C5) sikap tolong-menolong dan empati. Pilihan C menunjukkan sikap positif dan konstruktif dalam membantu teman yang kesulitan.

18. Di kebun belakang rumahmu ada banyak daun kering dan ranting kecil. Kamu ingin membuat sebuah kreasi seni dari bahan-bahan alam tersebut. Kreasi apa yang paling menarik dan unik yang bisa kamu buat?

  • A. Membakar daun-daun kering itu.
  • B. Membuat tumpukan daun dan ranting tanpa bentuk.
  • C. Membuat kolase bentuk hewan atau pemandangan dari daun dan ranting.
  • D. Melemparkan ranting-ranting ke udara.
  • E. Mengumpulkan daun-daun kering lalu membuangnya.
  • F. Mengumpulkan daun-daun kering lalu membuangnya.
Lihat Kunci Jawaban

Jawaban: C. Membuat kolase bentuk hewan atau pemandangan dari daun dan ranting.

Pembahasan: Soal ini melatih kemampuan mengkreasi (C6) karya seni dari bahan alam. Pilihan C adalah ide kreatif yang mengubah bahan sederhana menjadi bentuk yang bermakna dan estetis.

19. Jika kamu memiliki sebuah mainan baru yang sangat kamu sukai, dan temanmu ingin meminjamnya, tetapi kamu takut mainan itu rusak. Apa keputusan terbaik yang bisa kamu ambil agar temanmu tidak kecewa dan mainanmu tetap aman?

  • A. Tidak meminjamkan sama sekali dan bilang kamu pelit.
  • B. Meminjamkan tetapi dengan syarat temanmu harus bermain di dekatmu dan hati-hati.
  • C. Meminjamkan mainanmu tetapi kamu akan terus mengawasinya dengan ketat.
  • D. Bilang kepada temanmu bahwa mainan itu sudah rusak.
  • E. Memberikan mainanmu kepada temanmu selamanya.
  • F. Memberikan mainanmu kepada temanmu selamanya.
Lihat Kunci Jawaban

Jawaban: B. Meminjamkan tetapi dengan syarat temanmu harus bermain di dekatmu dan hati-hati.

Pembahasan: Soal ini menguji kemampuan mengevaluasi (C5) cara berbagi yang bijaksana dan bertanggung jawab. Pilihan B menunjukkan keseimbangan antara sikap berbagi dan menjaga barang milik sendiri.

20. Pada saat bermain engklek, Edo selalu melompati kotak yang sudah diisi oleh teman lain, padahal aturan mainnya adalah tidak boleh. Akibatnya, teman-teman Edo merasa kesal dan ada yang sampai menangis. Jika kamu adalah Edo, bagaimana kamu akan memperbaiki kesalahanmu dan membuat teman-temanmu senang kembali?

  • A. Berpura-pura tidak tahu dan melanjutkan permainan.
  • B. Memarahi teman yang menangis.
  • C. Meminta maaf kepada teman-teman, mengakui kesalahan, dan berjanji akan bermain sesuai aturan.
  • D. Berhenti bermain dan pulang ke rumah.
  • E. Menyalahkan teman lain karena tidak memberitahunya.
  • F. Menyalahkan teman lain karena tidak memberitahunya.
Lihat Kunci Jawaban

Jawaban: C. Meminta maaf kepada teman-teman, mengakui kesalahan, dan berjanji akan bermain sesuai aturan.

Pembahasan: Soal ini melatih kemampuan mengevaluasi (C5) dan mengkreasi (C6) tindakan korektif untuk memperbaiki kesalahan sosial. Pilihan C adalah respons yang bertanggung jawab dan membangun kembali hubungan baik dengan teman.

B. Isian Singkat

1. Mengapa kita perlu berpamitan kepada orang tua sebelum bermain di luar rumah?

Jawaban: Kita perlu berpamitan agar orang tua tahu kita pergi ke mana dan dengan siapa, sehingga mereka tidak khawatir dan bisa memastikan keselamatan kita.

2. Sebutkan dua manfaat jika kita bermain dengan rukun bersama teman!

Jawaban: Dua manfaat bermain rukun adalah: 1) Permainan menjadi lebih seru dan menyenangkan. 2) Kita punya banyak teman dan belajar bekerja sama.

3. Jika ada teman yang merusak mainanmu secara tidak sengaja, apa yang sebaiknya kamu lakukan agar tidak bertengkar?

Jawaban: Sebaiknya saya memberitahu teman dengan tenang, meminta teman untuk berhati-hati lain kali, dan mungkin meminta bantuan orang dewasa untuk memperbaiki atau mengatasi kerusakan.

4. Apa perbedaan bermain di taman dengan bermain di dalam rumah?

Jawaban: Bermain di taman biasanya memungkinkan kita bergerak lebih bebas, menghirup udara segar, dan bertemu banyak teman. Sedangkan bermain di dalam rumah lebih aman dari cuaca, bisa bermain dengan mainan yang tidak boleh dibawa keluar, dan lebih tenang.

5. Menurutmu, mengapa semua teman harus mendapatkan giliran yang sama saat bermain?

Jawaban: Semua teman harus mendapatkan giliran yang sama agar permainan menjadi adil, tidak ada yang merasa sedih atau ditinggalkan, dan semua bisa merasakan kesenangan bermain.

C. Uraian

1. Bayangkan kamu sedang bermain petak umpet dengan teman-temanmu. Tiba-tiba, salah satu temanmu merasa kesal karena selalu kalah dan ingin berhenti bermain. Sebagai teman, bagaimana cara kamu meyakinkannya untuk tetap bermain dan merasa senang lagi? Jelaskan langkah-langkah yang akan kamu lakukan!

Contoh Jawaban: Sebagai teman, saya akan menghampiri teman yang kesal itu. Pertama, saya akan bertanya dengan lembut mengapa dia ingin berhenti bermain dan mendengarkan perasaannya. Kedua, saya akan mencoba menghiburnya dengan mengatakan bahwa kalah itu tidak apa-apa, yang penting kita senang bermain bersama. Ketiga, saya mungkin akan menawarkan untuk mengubah aturan main agar lebih mudah atau menawarkan dia untuk menjadi 'penjaga' di putaran selanjutnya agar dia merasa lebih dilibatkan. Saya juga bisa mengajaknya mencoba permainan lain yang mungkin lebih dia sukai. Tujuannya adalah agar dia merasa dihargai dan kembali bersemangat.

2. Di lingkungan rumahmu, banyak anak-anak suka bermain di jalan raya. Menurutmu, apakah tindakan ini aman? Jelaskan alasanmu dan berikan saran tempat bermain yang lebih aman beserta alasannya!

Contoh Jawaban: Menurut saya, bermain di jalan raya itu tidak aman sama sekali. Alasannya adalah jalan raya digunakan untuk kendaraan bermotor seperti mobil dan motor yang melaju cepat. Anak-anak bisa tertabrak dan mengalami kecelakaan serius. Selain itu, bermain di jalan juga bisa mengganggu lalu lintas. Saran tempat bermain yang lebih aman adalah: 1) Taman bermain, karena sudah dirancang khusus untuk anak-anak dengan alat permainan yang aman. 2) Halaman rumah atau lapangan kosong, karena tidak ada kendaraan yang lewat dan areanya luas untuk bergerak bebas.

3. Kamu dan teman-temanmu ingin membuat permainan baru dari barang bekas seperti botol plastik dan kardus. Buatlah rancangan sederhana sebuah permainan dari barang bekas tersebut. Jelaskan nama permainannya, alat yang dibutuhkan, dan bagaimana cara memainkannya!

Contoh Jawaban: Nama Permainan: 'Bowling Kardus Botol' Alat yang dibutuhkan: 1) Beberapa botol plastik bekas (misal: 6-10 botol). 2) Sebuah bola kecil (bisa dari kertas yang diremas atau bola karet). 3) Kardus bekas yang besar untuk dijadikan lintasan atau pembatas. Cara memainkan: Susun botol-botol plastik bekas seperti pin bowling di ujung lintasan kardus. Pemain berdiri di ujung lain lintasan dan menggelindingkan bola kecil ke arah botol. Setiap botol yang jatuh mendapatkan poin. Pemain yang paling banyak menjatuhkan botol adalah pemenangnya. Permainan ini melatih ketepatan dan kesabaran.

4. Suatu hari, ada teman baru di kelasmu. Dia terlihat pemalu dan belum punya teman bermain. Apa yang akan kamu lakukan agar teman barumu itu merasa diterima dan mau bergabung bermain denganmu dan teman-teman lain?

Contoh Jawaban: Saya akan menghampiri teman baru itu dengan senyum. Pertama, saya akan menyapanya dan memperkenalkan diri. Lalu, saya akan bertanya namanya dan mengajaknya berbicara tentang hal-hal sederhana. Setelah itu, saya akan mengajaknya untuk bergabung bermain dengan saya dan teman-teman lain. Misalnya, 'Hai, mau ikut bermain petak umpet bersama kami? Ayo!' Saya akan memastikan dia merasa nyaman dan tidak ditinggalkan saat bermain. Jika dia terlihat masih ragu, saya akan menjelaskan aturan mainnya dengan sabar atau mengajaknya mencoba permainan yang lebih mudah terlebih dahulu.

5. Jika kamu memiliki waktu luang setelah belajar, antara bermain sendiri di rumah dengan bermain bersama teman di taman, mana yang akan kamu pilih? Jelaskan pilihanmu dan sebutkan 3 alasan mengapa pilihanmu itu lebih baik!

Contoh Jawaban: Saya akan memilih bermain bersama teman di taman. Tiga alasannya adalah: 1) Lebih seru dan menyenangkan: Bermain bersama teman membuat suasana lebih ramai dan ada banyak ide permainan baru. 2) Bisa belajar bekerja sama: Di taman, kami bisa bermain permainan kelompok seperti sepak bola atau petak umpet, yang melatih kami untuk bekerja sama. 3) Bisa bergerak lebih bebas dan menghirup udara segar: Bermain di taman memungkinkan saya berlari, melompat, dan menghirup udara segar, yang baik untuk kesehatan tubuh saya dibandingkan hanya di dalam rumah.

D. Mencocokkan

Set 1. Pasangkan situasi bermain di sebelah kiri dengan sikap yang tepat di sebelah kanan!

Temanmu terjatuh saat bermain.=>Segera menolong dan memanggil orang dewasa.
Ada perbedaan pendapat saat memilih permainan.=>Mencari kesepakatan atau bergantian permainan.
Kamu tidak sengaja merusak mainan teman.=>Meminta maaf dan bertanggung jawab.
Temanmu tidak mau berbagi mainan.=>Menasihati dengan baik tentang pentingnya berbagi.
Kamu melihat teman melanggar aturan main.=>Mengingatkan dengan sopan agar bermain sesuai aturan.

Set 2. Pasangkan benda-benda di sebelah kiri dengan kegunaan atau sifatnya dalam konteks bermain di sebelah kanan!

Bola=>Dapat ditendang atau dilempar, cocok untuk permainan kelompok.
Air=>Cair, bisa digunakan untuk bermain gelembung atau menyiram tanaman.
Pasir=>Benda padat butiran, bisa dibentuk menjadi istana atau kue-kuean.
Botol plastik bekas=>Dapat diubah menjadi mobil-mobilan atau pot bunga.
Layang-layang=>Bisa terbang tinggi di udara saat ada angin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *