Materi ini dirancang khusus untuk siswa kelas 1 SD dalam Kurikulum Merdeka, berfokus pada pengembangan keterampilan membaca tingkat tinggi (HOTS). Pembelajaran membaca tidak hanya sekadar mengenali huruf dan kata, tetapi juga memahami makna, menganalisis informasi, mengevaluasi isi bacaan, dan bahkan berkreasi dari apa yang dibaca. Soal-soal disajikan dalam konteks kehidupan sehari-hari yang relevan dengan dunia anak, menggunakan stimulus visual dan teks pendek untuk mendorong pemikiran kritis, kemampuan memecahkan masalah, dan kreativitas. Tujuannya adalah membantu siswa tidak hanya membaca, tetapi juga berpikir secara mendalam tentang apa yang mereka baca, mempersiapkan mereka menjadi pembaca yang aktif dan kritis sejak dini.
A. Pilihan Ganda
1. Perhatikan gambar berikut (Bayangkan gambar seorang anak perempuan sedang menyiram bunga di taman). Teks: 'Siti suka merawat tanaman. Setiap pagi, ia menyiram bunga-bunga di taman. Karena itu, bunga-bunga Siti selalu mekar indah dan harum.' Mengapa bunga-bunga Siti selalu mekar indah dan harum?
- Karena bunga-bunga itu dibeli kemarin.
- Karena Siti jarang menyiramnya.
- Karena Siti selalu menyiramnya setiap pagi.
- Karena bunga-bunga itu tumbuh di pot besar.
- Karena bunga-bunga itu diberi pupuk setiap hari.
Lihat Kunci Jawaban
Jawaban: Karena Siti selalu menyiramnya setiap pagi.
Pembahasan: Siswa menganalisis hubungan sebab-akibat yang dijelaskan dalam teks. Tindakan Siti menyiram bunga setiap pagi adalah penyebab bunga-bunga mekar indah dan harum. Ini menguji kemampuan menganalisis informasi sederhana (C4).
2. Perhatikan gambar berikut (Bayangkan gambar seorang anak laki-laki dengan wajah sedih memegang permen yang sudah habis, di sampingnya ada sikat gigi). Teks: 'Dino makan banyak permen. Sekarang giginya sakit. Dino tidak mau giginya sakit lagi.' Apa yang sebaiknya Dino lakukan agar giginya tidak sakit lagi dan tetap sehat?
- Makan lebih banyak permen lagi.
- Tidak makan permen sama sekali.
- Menangis saja seharian.
- Sikat gigi setiap hari dan kurangi makan permen.
- Tidur saja tanpa sikat gigi.
Lihat Kunci Jawaban
Jawaban: Sikat gigi setiap hari dan kurangi makan permen.
Pembahasan: Siswa diminta mengevaluasi berbagai pilihan tindakan dan memilih solusi terbaik untuk masalah Dino, serta tindakan pencegahan yang berkelanjutan. Ini melibatkan penilaian dan pengambilan keputusan sederhana (C5).
3. Teks: 'Lani punya kucing bernama Miko. Miko sangat suka bermain bola. Setiap kali Lani melempar bola, Miko akan berlari mengejarnya dengan gembira.' Jika Lani ingin Miko sangat senang hari ini, kegiatan apa yang paling mungkin akan mereka lakukan bersama?
- Lani mengajak Miko menonton TV.
- Lani mengajak Miko makan ikan.
- Lani melempar bola untuk Miko.
- Lani memandikan Miko.
- Lani menyuruh Miko tidur.
Lihat Kunci Jawaban
Jawaban: Lani melempar bola untuk Miko.
Pembahasan: Siswa harus 'mengkreasi' atau memprediksi tindakan yang paling sesuai berdasarkan informasi yang diberikan (Miko suka bermain bola) untuk mencapai tujuan (Miko senang). Ini menguji kemampuan memprediksi dan berkreasi dari informasi (C6).
4. Perhatikan gambar berikut (Bayangkan gambar seorang anak perempuan dengan payung dan jas hujan, di luar sedang hujan lebat). Teks: 'Hari ini hujan sangat deras. Ani ingin pergi ke sekolah. Ani tidak mau basah kuyup.' Apa yang dapat kita simpulkan tentang Ani berdasarkan teks dan gambar?
- Ani suka bermain hujan.
- Ani tidak membawa payung.
- Ani anak yang malas.
- Ani bersiap-siap agar tidak basah saat ke sekolah.
- Ani akan pulang ke rumah.
Lihat Kunci Jawaban
Jawaban: Ani bersiap-siap agar tidak basah saat ke sekolah.
Pembahasan: Siswa menganalisis informasi dari teks dan gambar untuk menarik kesimpulan logis tentang tindakan Ani. Ini adalah bentuk analisis inferensial sederhana (C4).
5. Teks: 'Di kebun binatang, ada banyak hewan. Ada gajah besar, jerapah tinggi, dan monyet lucu. Doni paling suka melihat monyet yang melompat-lompat.' Jika Doni hanya bisa melihat satu hewan lagi sebelum pulang, hewan apa yang kemungkinan besar akan ia cari?
- Gajah yang besar.
- Jerapah yang tinggi.
- Harimau yang buas.
- Monyet yang melompat-lompat.
- Buaya yang diam.
Lihat Kunci Jawaban
Jawaban: Monyet yang melompat-lompat.
Pembahasan: Siswa mengevaluasi preferensi Doni yang disebutkan dalam teks ('Doni paling suka melihat monyet') dan menggunakannya untuk memprediksi pilihan Doni. Ini melibatkan evaluasi informasi untuk membuat prediksi (C5).
6. Perhatikan gambar berikut (Bayangkan gambar sebuah pohon dengan buah apel merah yang banyak). Teks: 'Pohon apel di halaman rumah Rio berbuah sangat lebat. Apelnya merah-merah dan manis. Rio ingin memetik apel-apel itu.' Apa yang mungkin terjadi jika Rio tidak segera memetik apel-apelnya?
- Apelnya akan menjadi lebih besar.
- Apelnya akan busuk dan jatuh ke tanah.
- Apelnya akan berubah warna menjadi hijau.
- Apelnya akan dimakan burung.
- Apelnya akan menghilang.
Lihat Kunci Jawaban
Jawaban: Apelnya akan busuk dan jatuh ke tanah.
Pembahasan: Siswa diminta untuk memprediksi konsekuensi logis dari suatu tindakan atau ketiadaan tindakan berdasarkan pemahaman umum tentang buah. Ini adalah bentuk kreasi skenario sederhana (C6).
7. Teks: 'Pagi ini, matahari bersinar sangat terang. Udara terasa hangat. Adi ingin bermain di luar, tetapi ia melihat awan hitam di langit.' Apa yang mungkin terjadi setelah Adi melihat awan hitam itu?
- Matahari akan bersinar lebih terang.
- Udara akan menjadi lebih hangat.
- Hujan mungkin akan turun.
- Adi akan tidur.
- Adi akan pergi berenang.
Lihat Kunci Jawaban
Jawaban: Hujan mungkin akan turun.
Pembahasan: Siswa menganalisis tanda-tanda alam (awan hitam) untuk memprediksi kejadian selanjutnya. Ini menguji kemampuan menganalisis informasi dan membuat inferensi (C4).
8. Perhatikan gambar berikut (Bayangkan gambar seorang anak laki-laki sedang kebingungan memilih antara dua mainan: mobil-mobilan dan robot). Teks: 'Budi memiliki uang Rp10.000. Ia ingin membeli mainan. Ada mobil-mobilan seharga Rp8.000 dan robot seharga Rp12.000.' Mainan mana yang sebaiknya Budi beli agar uangnya cukup?
- Membeli robot.
- Membeli mobil-mobilan dan robot.
- Membeli mobil-mobilan.
- Tidak membeli apa-apa.
- Membeli mainan yang paling mahal.
Lihat Kunci Jawaban
Jawaban: Membeli mobil-mobilan.
Pembahasan: Siswa mengevaluasi pilihan Budi berdasarkan informasi harga dan jumlah uang yang dimiliki. Ini melibatkan penalaran matematis sederhana dan pengambilan keputusan (C5).
9. Teks: 'Nina suka membaca buku cerita. Setiap malam, Ibu membacakan satu cerita untuk Nina. Nina selalu senang mendengar cerita-cerita itu.' Jika Nina ingin membuat cerita sendiri, apa yang pertama kali harus ia lakukan?
- Langsung menggambar.
- Memikirkan ide cerita yang menarik.
- Membaca buku cerita lagi.
- Menulis nama tokoh saja.
- Menonton TV.
Lihat Kunci Jawaban
Jawaban: Memikirkan ide cerita yang menarik.
Pembahasan: Siswa diminta untuk memikirkan langkah awal dalam proses kreatif membuat cerita. Ini menguji kemampuan merencanakan atau 'mengkreasi' (C6).
10. Perhatikan gambar berikut (Bayangkan gambar sebuah meja makan dengan piring kosong dan sisa remah-remah, serta seorang anak yang baru selesai makan). Teks: 'Setelah selesai makan, piring-piring kotor menumpuk di meja. Ibu meminta Rina untuk membantu membereskan meja.' Apa yang harus Rina lakukan terlebih dahulu agar meja menjadi bersih dan rapi kembali?
- Membuang sampah di lantai.
- Mencuci piring kotor.
- Menyapu lantai dapur.
- Mengelap meja makan.
- Mengangkat piring-piring kotor dari meja.
Lihat Kunci Jawaban
Jawaban: Mengangkat piring-piring kotor dari meja.
Pembahasan: Siswa menganalisis urutan tindakan yang logis untuk membereskan meja setelah makan. Ini menguji kemampuan menganalisis langkah-langkah dalam suatu proses (C4).
11. Teks: 'Di lapangan, anak-anak bermain bola. Ada yang menendang, ada yang berlari, dan ada yang menjaga gawang. Tiba-tiba, bola melambung tinggi dan jatuh di kolam.' Apa yang akan terjadi pada bola jika tidak segera diambil dari kolam?
- Bolanya akan terbang kembali.
- Bolanya akan mengapung selamanya.
- Bolanya akan kempes atau basah.
- Bolanya akan berubah warna.
- Bolanya akan menjadi ikan.
Lihat Kunci Jawaban
Jawaban: Bolanya akan kempes atau basah.
Pembahasan: Siswa memprediksi konsekuensi fisik yang realistis dari suatu benda (bola) yang berada di air dalam waktu lama. Ini adalah bentuk kreasi skenario sederhana (C6).
12. Perhatikan gambar berikut (Bayangkan gambar seorang anak laki-laki memegang boneka beruang yang robek). Teks: 'Boneka kesayangan Toni, si Beruang Cokelat, robek di bagian tangan. Toni sangat sedih dan ingin bonekanya utuh kembali.' Apa yang paling baik Toni lakukan untuk memperbaiki bonekanya?
- Membuang bonekanya.
- Meminta Ibu menjahitnya.
- Membeli boneka baru.
- Menangis saja.
- Menempelnya dengan selotip.
Lihat Kunci Jawaban
Jawaban: Meminta Ibu menjahitnya.
Pembahasan: Siswa mengevaluasi berbagai solusi untuk masalah Toni dan memilih yang paling efektif dan realistis untuk memperbaiki boneka. Ini melibatkan evaluasi dan pengambilan keputusan (C5).
13. Teks: 'Setiap pagi, Pak Tani pergi ke sawah. Ia menanam padi, merawatnya, dan memanennya saat sudah siap. Dari padi, kita bisa makan nasi setiap hari.' Apa yang akan terjadi jika Pak Tani tidak menanam padi lagi?
- Kita akan makan lebih banyak buah.
- Tidak ada lagi nasi untuk dimakan.
- Kita akan makan roti saja.
- Kita akan makan sayur setiap hari.
- Tidak ada perubahan apa-apa.
Lihat Kunci Jawaban
Jawaban: Tidak ada lagi nasi untuk dimakan.
Pembahasan: Siswa menganalisis hubungan sebab-akibat antara pekerjaan Pak Tani dengan ketersediaan makanan pokok kita (nasi). Ini menguji pemahaman tentang rantai makanan sederhana dan konsekuensi (C4).
14. Perhatikan gambar berikut (Bayangkan gambar seorang anak perempuan sedang membantu ibunya menyapu lantai). Teks: 'Di rumah, Ibu dan Rani selalu bekerja sama. Ibu memasak, Rani membantu menyapu lantai. Rumah mereka selalu bersih dan rapi.' Apa manfaat dari kebiasaan Ibu dan Rani yang selalu bekerja sama?
- Rumah mereka menjadi kotor.
- Pekerjaan menjadi lebih lama selesai.
- Rumah mereka menjadi bersih dan rapi.
- Mereka jadi sering bertengkar.
- Mereka tidak punya waktu untuk bermain.
Lihat Kunci Jawaban
Jawaban: Rumah mereka menjadi bersih dan rapi.
Pembahasan: Siswa menganalisis hasil positif dari tindakan 'bekerja sama' yang dijelaskan dalam teks. Ini menguji kemampuan menganalisis manfaat dari suatu perilaku (C4).
15. Teks: 'Adi ingin membuat layang-layang. Ia sudah punya kertas, bambu, dan benang. Adi ingin layang-layangnya bisa terbang tinggi di langit.' Jika Adi ingin layang-layangnya terbang tinggi dan stabil, bahan apa lagi yang perlu ia periksa atau tambahkan agar layang-layangnya seimbang?
- Pewarna untuk layangan.
- Gunting untuk memotong.
- Tali yang sangat panjang.
- Ekor layangan atau pemberat kecil.
- Lem untuk menempel.
Lihat Kunci Jawaban
Jawaban: Ekor layangan atau pemberat kecil.
Pembahasan: Siswa diminta untuk mengevaluasi kebutuhan tambahan untuk mencapai tujuan (layangan terbang tinggi dan stabil) berdasarkan pengetahuan umum tentang layang-layang. Ini menguji kemampuan mengevaluasi dan menerapkan pengetahuan (C5).
16. Perhatikan gambar berikut (Bayangkan gambar seorang anak laki-laki sedang membaca buku di perpustakaan yang sepi). Teks: 'Rudi suka pergi ke perpustakaan. Di sana, ia bisa membaca buku cerita yang menarik. Perpustakaan adalah tempat yang tenang.' Mengapa Rudi memilih perpustakaan sebagai tempat membaca?
- Karena di perpustakaan banyak mainan.
- Karena di perpustakaan berisik.
- Karena perpustakaan adalah tempat yang tenang dan banyak buku.
- Karena di perpustakaan bisa bermain lari-arian.
- Karena perpustakaan menjual makanan.
Lihat Kunci Jawaban
Jawaban: Karena perpustakaan adalah tempat yang tenang dan banyak buku.
Pembahasan: Siswa menganalisis alasan Rudi memilih perpustakaan berdasarkan deskripsi dalam teks. Ini menguji kemampuan menganalisis alasan di balik suatu pilihan (C4).
17. Teks: 'Setiap pagi, ayam jantan berkokok 'kukuruyuk!' Lalu, Ibu bangun dan memasak sarapan. Setelah itu, semua anggota keluarga bangun.' Apa yang akan terjadi jika ayam jantan tidak berkokok pagi ini?
- Ibu akan bangun lebih pagi.
- Semua anggota keluarga akan bangun lebih cepat.
- Mungkin Ibu dan keluarga akan bangun terlambat.
- Sarapan akan lebih cepat siap.
- Tidak ada yang akan makan.
Lihat Kunci Jawaban
Jawaban: Mungkin Ibu dan keluarga akan bangun terlambat.
Pembahasan: Siswa diminta untuk memprediksi konsekuensi yang mungkin terjadi jika suatu peristiwa dalam urutan kebiasaan tidak terjadi. Ini menguji kemampuan 'mengkreasi' skenario alternatif (C6).
18. Perhatikan gambar berikut (Bayangkan gambar seorang anak perempuan sedang memakai helm dan bersepeda di jalan). Teks: 'Putri suka bersepeda. Sebelum bersepeda, Putri selalu memakai helm. Ibu selalu mengingatkan Putri agar berhati-hati.' Mengapa Putri selalu memakai helm sebelum bersepeda?
- Agar Putri terlihat keren.
- Agar kepalanya terlindungi jika jatuh.
- Agar Putri tidak kepanasan.
- Agar Putri bisa bersepeda lebih cepat.
- Agar Putri tidak bisa mendengar.
Lihat Kunci Jawaban
Jawaban: Agar kepalanya terlindungi jika jatuh.
Pembahasan: Siswa menganalisis tujuan dari tindakan Putri (memakai helm) yang berkaitan dengan keselamatan. Ini menguji kemampuan menganalisis fungsi atau tujuan suatu benda/tindakan (C4).
19. Teks: 'Di taman bermain, ada ayunan, perosotan, dan jungkat-jungkit. Edo ingin bermain ayunan, tetapi ayunannya sedang dipakai teman lain. Edo tidak mau menunggu lama.' Apa yang sebaiknya Edo lakukan agar ia tetap bisa bermain dengan gembira?
- Menangis dan pulang ke rumah.
- Memaksa teman untuk berhenti bermain ayunan.
- Mencari mainan lain yang kosong, seperti perosotan atau jungkat-jungkit.
- Duduk diam saja menunggu.
- Bertengkar dengan teman.
Lihat Kunci Jawaban
Jawaban: Mencari mainan lain yang kosong, seperti perosotan atau jungkat-jungkit.
Pembahasan: Siswa mengevaluasi pilihan tindakan dalam menghadapi kendala dan memilih solusi alternatif yang positif. Ini melibatkan pengambilan keputusan dan pemecahan masalah sederhana (C5).
20. Perhatikan gambar berikut (Bayangkan gambar seorang anak laki-laki sedang kebingungan melihat buku yang terbalik). Teks: 'Beni sedang belajar membaca. Ia memegang sebuah buku. Tetapi, Beni terlihat bingung.' Apa yang harus Beni lakukan agar ia bisa membaca buku dengan benar?
- Menutup bukunya.
- Membalik buku ke posisi yang benar.
- Melempar bukunya.
- Meminta Ibu membacakan buku itu.
- Mulai menulis di buku.
Lihat Kunci Jawaban
Jawaban: Membalik buku ke posisi yang benar.
Pembahasan: Siswa diminta untuk 'mengkreasi' atau mengidentifikasi tindakan korektif yang paling logis dan mendasar agar tujuan (membaca buku dengan benar) tercapai. Ini adalah bentuk kreasi solusi sederhana (C6).
B. Isian Singkat
1. Teks: 'Setiap pagi sebelum sekolah, Rina selalu sarapan nasi goreng buatan Ibu. Setelah sarapan, Rina merasa kenyang dan bersemangat.' Mengapa Rina merasa kenyang dan bersemangat setelah sarapan?
Jawaban: Karena Rina sudah makan nasi goreng buatan Ibu, yang memberinya tenaga.
2. Perhatikan gambar berikut (Bayangkan gambar anak perempuan sedang membuang sampah ke tempat sampah). Teks: 'Lina selalu membuang sampah pada tempatnya. Lingkungan rumah Lina jadi bersih dan tidak ada lalat.' Apa manfaat yang didapat dari kebiasaan Lina membuang sampah pada tempatnya?
Jawaban: Lingkungan rumah Lina menjadi bersih dan tidak ada lalat.
3. Teks: 'Di kebun binatang, ada kandang singa. Ada tulisan 'JANGAN DEKAT-DEKAT! SINGA BUAS!' Jika kamu melihat tulisan itu, apa yang akan kamu lakukan dan mengapa?
Jawaban: Saya akan menjauh dari kandang singa karena singa itu buas dan berbahaya.
4. Teks: 'Edo ingin menyeberang jalan. Di depannya ada lampu lalu lintas berwarna merah untuk kendaraan. Di seberang jalan, Ibu sudah menunggu.' Apa yang harus Edo lakukan sebelum menyeberang jalan?
Jawaban: Edo harus menunggu sampai lampu lalu lintas untuk pejalan kaki berwarna hijau (atau kendaraan berhenti) agar aman.
5. Teks: 'Susi punya pensil warna yang banyak. Ia suka menggambar. Hari ini, Susi ingin menggambar pemandangan gunung dengan awan putih dan matahari.' Warna apa yang paling banyak akan digunakan Susi untuk gambarnya?
Jawaban: Susi akan banyak menggunakan warna hijau (untuk gunung), biru (untuk langit), dan kuning (untuk matahari).
C. Uraian
1. Teks: 'Di taman, ada banyak bunga warna-warni. Ada bunga mawar merah, melati putih, dan kamboja kuning. Bunga-bunga itu suka matahari.' Jika kamu adalah penjaga taman, apa yang akan kamu lakukan agar bunga-bunga itu tetap tumbuh indah dan sehat? Jelaskan dua hal.
Contoh Jawaban: Jika saya penjaga taman, saya akan menyiram bunga-bunga setiap pagi agar tidak layu. Saya juga akan membersihkan rumput liar di sekitar bunga agar bunga bisa tumbuh dengan baik dan tidak terganggu.
2. Perhatikan gambar berikut (Bayangkan gambar seorang anak laki-laki sedang menolong kucing yang terjebak di pohon). Teks: 'Tomi melihat seekor kucing kecil terjebak di atas pohon. Kucing itu mengeong ketakutan. Tomi merasa kasihan.' Menurutmu, mengapa Tomi menolong kucing itu? Apa yang akan kamu lakukan jika kamu adalah Tomi?
Contoh Jawaban: Menurut saya, Tomi menolong kucing itu karena ia merasa kasihan dan kucing itu dalam kesulitan. Jika saya Tomi, saya akan mencoba memanggil orang dewasa untuk membantu menurunkan kucing itu dengan hati-hati agar kucingnya tidak terluka.
3. Teks: 'Setiap hari Minggu, keluarga Budi pergi piknik ke danau. Mereka membawa bekal makanan dan bermain di tepi danau. Setelah selesai, mereka selalu membawa pulang sampahnya.' Mengapa penting bagi keluarga Budi untuk membawa pulang sampah mereka? Apa yang akan terjadi jika mereka meninggalkan sampah di danau?
Contoh Jawaban: Penting bagi keluarga Budi untuk membawa pulang sampah agar danau tetap bersih dan indah. Jika mereka meninggalkan sampah, danau akan menjadi kotor, banyak lalat, dan bisa merusak lingkungan serta hewan di sana.
4. Perhatikan gambar berikut (Bayangkan gambar seorang anak perempuan sedang membantu neneknya menyeberang jalan). Teks: 'Mita melihat seorang nenek kesulitan menyeberang jalan yang ramai. Mita segera menghampiri dan membantu nenek itu.' Jika kamu adalah nenek tersebut, bagaimana perasaanmu terhadap Mita? Mengapa Mita melakukan hal itu?
Contoh Jawaban: Jika saya nenek itu, saya akan merasa sangat senang dan berterima kasih kepada Mita. Mita melakukan itu karena ia anak yang baik hati, peduli, dan ingin membantu orang lain yang membutuhkan bantuan, terutama orang yang lebih tua.
5. Teks: 'Di kelas, ada kotak pensil warna milik Risa. Risa punya banyak teman yang suka meminjam pensil warnanya. Risa ingin agar pensil warnanya tidak cepat hilang dan semua teman bisa menggunakannya.' Apa ide yang bisa Risa lakukan agar pensil warnanya aman dan bisa dipakai bersama-sama oleh teman-teman?
Contoh Jawaban: Risa bisa memberi label nama pada setiap pensil warnanya. Lalu, ia bisa membuat aturan sederhana dengan teman-temannya, misalnya 'Setelah pakai, kembalikan ke kotak Risa' atau 'Pinjam satu per satu'. Risa juga bisa punya daftar kecil siapa yang meminjam.
D. Mencocokkan
Set 1. Pasangkan kata dengan gambar yang sesuai (Asumsikan ada gambar-gambar ini).
| Buku | => | Gambar buku terbuka |
| Pensil | => | Gambar pensil warna |
| Meja | => | Gambar meja belajar |
| Ayunan | => | Gambar ayunan di taman |
| Hujan | => | Gambar awan dan rintik hujan |
Set 2. Pasangkan kalimat awal dengan kelanjutan yang paling tepat.
| Matahari bersinar terang, | => | udara terasa hangat. |
| Siti suka membaca buku, | => | ia jadi tahu banyak hal. |
| Dino makan banyak permen, | => | giginya jadi sakit. |
| Rudi membuang sampah, | => | ke tempat sampah. |
| Kucing suka bermain, | => | dengan bola benang. |