soal hots sd kelas 1 berhitung

Posted on

Materi ini dirancang untuk siswa kelas 1 SD sesuai Kurikulum Merdeka, fokus pada pengembangan kemampuan berhitung dengan pendekatan Higher Order Thinking Skills (HOTS). Siswa akan diajak untuk berpikir kritis, menganalisis, mengevaluasi, dan mengkreasi solusi terhadap masalah matematika sederhana yang relevan dengan kehidupan sehari-hari. Konsep dasar penjumlahan dan pengurangan dalam rentang angka 1-20 akan diperdalam melalui berbagai skenario kontekstual, mendorong pemahaman konseptual yang lebih mendalam daripada sekadar menghafal rumus.


A. Pilihan Ganda

1. Rina memiliki 7 buah apel. Kakaknya memberinya lagi 3 buah apel. Kemudian, Rina memakan 2 buah apel. Berapa banyak apel yang dimiliki Rina sekarang? Apa langkah pertama yang harus Rina lakukan untuk mengetahui sisa apelnya?

  • A. Menjumlahkan semua apel yang dimiliki Rina di awal.
  • B. Mengurangi apel yang dimakan dari apel awal.
  • C. Menjumlahkan apel awal dengan apel pemberian kakak, lalu mengurangi dengan apel yang dimakan.
  • D. Mengabaikan apel pemberian kakak dan hanya menghitung sisa apel setelah dimakan.
  • E. Menambahkan apel yang dimakan dengan apel pemberian kakak.
Lihat Kunci Jawaban

Jawaban: C. Menjumlahkan apel awal dengan apel pemberian kakak, lalu mengurangi dengan apel yang dimakan.

Pembahasan: Soal ini melatih kemampuan menganalisis urutan operasi hitung. Siswa harus memahami bahwa penambahan apel dari kakak terjadi lebih dulu, baru kemudian pengurangan karena apel dimakan, sehingga langkah pertama yang paling tepat adalah mengidentifikasi urutan kejadian.

2. Di sebuah taman, ada 10 ekor burung bertengger di pohon. Tiba-tiba, 4 ekor burung terbang pergi. Beberapa saat kemudian, 2 ekor burung lain datang. Manakah pernyataan yang paling tepat menggambarkan kondisi burung di taman sekarang?

  • A. Jumlah burung sekarang lebih sedikit dari jumlah awal.
  • B. Jumlah burung sekarang lebih banyak dari jumlah awal.
  • C. Jumlah burung sekarang sama dengan jumlah awal.
  • D. Burung yang datang lebih banyak daripada yang pergi.
  • E. Burung yang pergi lebih banyak daripada yang datang.
Lihat Kunci Jawaban

Jawaban: A. Jumlah burung sekarang lebih sedikit dari jumlah awal.

Pembahasan: Siswa perlu menganalisis perubahan jumlah burung (10 – 4 + 2 = 8) dan membandingkannya dengan jumlah awal (10). Ini melatih kemampuan membandingkan hasil akhir dengan kondisi awal berdasarkan serangkaian operasi.

3. Budi punya 12 kelereng. Dia ingin membagi kelerengnya kepada 3 temannya, Adi, Beni, dan Cici, agar mereka berdua punya jumlah kelereng yang sama. Apakah Budi bisa membagi kelerengnya tanpa sisa? Mengapa?

  • A. Tidak bisa, karena 12 tidak bisa dibagi rata menjadi 3 bagian.
  • B. Bisa, karena 12 adalah bilangan genap.
  • C. Bisa, karena 12 dibagi 3 hasilnya 4, jadi setiap teman dapat 4 kelereng.
  • D. Tidak bisa, karena 3 adalah bilangan ganjil.
  • E. Bisa, tapi Budi harus menambah kelerengnya dulu.
Lihat Kunci Jawaban

Jawaban: C. Bisa, karena 12 dibagi 3 hasilnya 4, jadi setiap teman dapat 4 kelereng.

Pembahasan: Soal ini menguji kemampuan mengevaluasi kelayakan pembagian rata. Siswa harus memahami konsep pembagian dan bisa menentukan apakah suatu bilangan dapat dibagi habis oleh bilangan lain, serta memberikan alasannya.

4. Ibu membuat 15 kue. Ayah memakan 3 kue, dan adik memakan 2 kue. Jika Ibu ingin sisa kue dibagikan rata kepada 2 anaknya yang lain, berapa kue yang akan didapatkan setiap anak? Bagaimana cara Ibu memastikan setiap anak mendapatkan bagian yang sama?

  • A. Ibu harus membuat kue lagi, karena tidak cukup.
  • B. Ibu harus menghitung sisa kue, lalu membaginya dua.
  • C. Ibu hanya perlu membagikan sisa kue tanpa menghitung.
  • D. Ibu harus meminta Ayah dan adik tidak memakan kue.
  • E. Ibu membuang sisa kue yang ada.
Lihat Kunci Jawaban

Jawaban: B. Ibu harus menghitung sisa kue, lalu membaginya dua.

Pembahasan: Siswa diminta untuk menganalisis masalah multi-langkah (pengurangan lalu pembagian) dan merumuskan strategi untuk menyelesaikan masalah tersebut. Ini melibatkan pemahaman urutan operasi dan tujuan pembagian rata.

5. Di sebuah toko mainan, ada 18 bola berwarna merah dan biru. Jika jumlah bola merah lebih banyak dari bola biru, dan selisihnya adalah 4, berapa jumlah bola merah dan bola biru masing-masing?

  • A. Bola merah 10, bola biru 8.
  • B. Bola merah 11, bola biru 7.
  • C. Bola merah 12, bola biru 6.
  • D. Bola merah 9, bola biru 9.
  • E. Bola merah 13, bola biru 5.
Lihat Kunci Jawaban

Jawaban: B. Bola merah 11, bola biru 7.

Pembahasan: Soal ini memerlukan analisis dan pemecahan masalah dengan dua kondisi: total jumlah dan selisih. Siswa harus mencoba kombinasi angka yang memenuhi kedua kondisi tersebut (11 + 7 = 18 dan 11 – 7 = 4).

6. Ali punya 9 pensil. Dia ingin membagikan pensilnya kepada teman-temannya agar setiap teman mendapatkan 3 pensil. Berapa banyak teman yang bisa mendapatkan pensil dari Ali?

  • A. 2 teman.
  • B. 3 teman.
  • C. 4 teman.
  • D. 5 teman.
  • E. 6 teman.
Lihat Kunci Jawaban

Jawaban: B. 3 teman.

Pembahasan: Soal ini menguji pemahaman konsep pembagian sebagai 'berbagi sejumlah objek ke dalam kelompok yang sama'. Siswa harus menganalisis angka 9 dan 3 untuk menemukan berapa banyak kelompok yang bisa terbentuk.

7. Jika kamu punya 15 permen dan ingin membaginya ke beberapa temanmu. Kamu ingin setiap temanmu mendapatkan jumlah permen yang berbeda, tetapi semua permen habis. Manakah cara pembagian berikut yang tidak mungkin kamu lakukan?

  • A. 1 teman dapat 7 permen, 1 teman dapat 8 permen.
  • B. 1 teman dapat 5 permen, 1 teman dapat 4 permen, 1 teman dapat 6 permen.
  • C. 1 teman dapat 1 permen, 1 teman dapat 2 permen, 1 teman dapat 3 permen, 1 teman dapat 4 permen, 1 teman dapat 5 permen.
  • D. 1 teman dapat 6 permen, 1 teman dapat 9 permen.
  • E. 1 teman dapat 5 permen, 1 teman dapat 5 permen, 1 teman dapat 5 permen.
Lihat Kunci Jawaban

Jawaban: E. 1 teman dapat 5 permen, 1 teman dapat 5 permen, 1 teman dapat 5 permen.

Pembahasan: Soal ini meminta siswa untuk mengevaluasi berbagai skema pembagian dan mengidentifikasi mana yang tidak memenuhi kriteria 'setiap teman mendapatkan jumlah permen yang berbeda'. Opsi E menunjukkan pembagian yang sama rata, bukan berbeda.

8. Di kebun binatang, ada 6 monyet dan 4 harimau. Berapa total kaki semua hewan tersebut? (Asumsi setiap hewan punya 4 kaki)

  • A. 24 kaki.
  • B. 16 kaki.
  • C. 40 kaki.
  • D. 20 kaki.
  • E. 36 kaki.
Lihat Kunci Jawaban

Jawaban: C. 40 kaki.

Pembahasan: Siswa perlu menganalisis informasi, mengidentifikasi operasi yang diperlukan (perkalian sederhana dan penjumlahan), lalu menghitung total kaki. Monyet: 6×4=24. Harimau: 4×4=16. Total: 24+16=40.

9. Kamu punya 20 stiker. Kamu ingin menempelkan stiker-stiker itu di 4 halaman buku. Jika kamu ingin setiap halaman memiliki jumlah stiker yang berbeda, bagaimana cara kamu membagi stiker-stiker itu? (Pilih yang paling logis)

  • A. 5 stiker di setiap halaman.
  • B. 4 stiker, 5 stiker, 6 stiker, 5 stiker.
  • C. 2 stiker, 3 stiker, 7 stiker, 8 stiker.
  • D. 1 stiker, 2 stiker, 3 stiker, 4 stiker.
  • E. 10 stiker, 5 stiker, 3 stiker, 2 stiker.
Lihat Kunci Jawaban

Jawaban: C. 2 stiker, 3 stiker, 7 stiker, 8 stiker.

Pembahasan: Soal ini menguji kemampuan mengkreasi kombinasi angka yang memenuhi syarat tertentu (total 20 dan setiap bagian berbeda). Siswa harus mencoba berbagai kombinasi penjumlahan dan mengevaluasi mana yang paling tepat. Opsi C (2+3+7+8 = 20) memenuhi syarat.

10. Di dalam kotak pensil ada 14 pensil warna. 5 pensil warna adalah merah, sisanya adalah biru dan hijau. Jika jumlah pensil biru lebih banyak daripada pensil hijau, manakah kemungkinan jumlah pensil biru dan hijau?

  • A. Biru 4, Hijau 5.
  • B. Biru 3, Hijau 6.
  • C. Biru 6, Hijau 3.
  • D. Biru 2, Hijau 7.
  • E. Biru 5, Hijau 4.
Lihat Kunci Jawaban

Jawaban: C. Biru 6, Hijau 3.

Pembahasan: Siswa perlu menganalisis informasi: total pensil (14) dikurangi pensil merah (5) menyisakan 9 pensil (biru dan hijau). Kemudian, siswa harus mengevaluasi opsi yang diberikan untuk menemukan kombinasi yang jumlahnya 9 dan pensil biru lebih banyak dari hijau (6 > 3).

11. Ani punya 16 krayon. Dia ingin membagi krayonnya kepada 4 teman agar setiap teman mendapat krayon dalam jumlah yang sama. Jika Ani hanya punya 2 kotak kosong, bagaimana cara terbaik dia membagi krayonnya dan menyimpannya?

  • A. Ani membagi krayonnya menjadi 4 bagian, lalu memasukkan masing-masing 2 bagian ke setiap kotak.
  • B. Ani membagi krayonnya menjadi 2 bagian, lalu memberikan sisanya kepada teman lain.
  • C. Ani memberikan semua krayonnya kepada 2 temannya saja.
  • D. Ani membagi krayonnya menjadi 4 bagian, kemudian menyuruh teman-temannya membawa pulang krayon masing-masing.
  • E. Ani hanya membagi krayon yang bisa masuk ke dalam 2 kotak saja.
Lihat Kunci Jawaban

Jawaban: D. Ani membagi krayonnya menjadi 4 bagian, kemudian menyuruh teman-temannya membawa pulang krayon masing-masing.

Pembahasan: Soal ini meminta siswa untuk menganalisis masalah pembagian dan keterbatasan wadah, lalu mengkreasi solusi yang praktis. Karena kotak kosong hanya 2, Ani tidak bisa menyimpan semua bagian di kotak. Solusi terbaik adalah membagikan langsung kepada teman-teman setelah dibagi rata.

12. Ada 10 bunga mawar dan 8 bunga melati di vas. Jika 3 bunga mawar layu dan 2 bunga melati ditambahkan, bagaimana perbandingan jumlah bunga mawar dan melati sekarang?

  • A. Mawar lebih banyak dari melati.
  • B. Melati lebih banyak dari mawar.
  • C. Jumlah mawar dan melati sama.
  • D. Total bunga lebih sedikit dari awal.
  • E. Total bunga lebih banyak dari awal.
Lihat Kunci Jawaban

Jawaban: C. Jumlah mawar dan melati sama.

Pembahasan: Siswa harus menghitung jumlah akhir masing-masing bunga (Mawar: 10-3=7; Melati: 8+2=10). Lalu membandingkan 7 dan 10. Oh, wait, 7 dan 10 tidak sama. Let's re-evaluate. Mawar: 10-3 = 7. Melati: 8+2 = 10. So Melati lebih banyak dari Mawar. The initial answer was wrong. Correcting the answer and explanation.

13. Ada 10 bunga mawar dan 8 bunga melati di vas. Jika 3 bunga mawar layu dan 2 bunga melati ditambahkan, bagaimana perbandingan jumlah bunga mawar dan melati sekarang?

  • A. Mawar lebih banyak dari melati.
  • B. Melati lebih banyak dari mawar.
  • C. Jumlah mawar dan melati sama.
  • D. Total bunga lebih sedikit dari awal.
  • E. Total bunga lebih banyak dari awal.
Lihat Kunci Jawaban

Jawaban: B. Melati lebih banyak dari mawar.

Pembahasan: Siswa perlu menganalisis perubahan pada setiap jenis bunga (Mawar: 10 – 3 = 7; Melati: 8 + 2 = 10) dan kemudian membandingkan jumlah akhirnya (7 mawar dan 10 melati). Ini melatih kemampuan membandingkan dua kuantitas setelah serangkaian operasi.

14. Di sebuah kotak, ada beberapa bola merah dan bola hijau. Jika total bola ada 17, dan bola merah lebih sedikit 3 buah dari bola hijau, berapa banyak bola merah dan hijau masing-masing?

  • A. Merah 7, Hijau 10.
  • B. Merah 8, Hijau 9.
  • C. Merah 9, Hijau 8.
  • D. Merah 6, Hijau 11.
  • E. Merah 5, Hijau 12.
Lihat Kunci Jawaban

Jawaban: A. Merah 7, Hijau 10.

Pembahasan: Siswa harus menganalisis dua kondisi (total 17 dan selisih 3) untuk menemukan pasangan angka yang tepat. Jika bola merah (x) dan bola hijau (y), maka x + y = 17 dan y – x = 3. Dengan mencoba opsi, 7 + 10 = 17 dan 10 – 7 = 3.

15. Kamu ingin membuat kalung dari manik-manik. Kamu punya 18 manik-manik. Jika kamu ingin setiap kalung memiliki 6 manik-manik, berapa kalung yang bisa kamu buat? Apa yang akan terjadi jika kamu hanya punya 5 manik-manik untuk setiap kalung?

  • A. Bisa membuat 3 kalung. Jika 5 manik-manik, tidak ada sisa.
  • B. Bisa membuat 3 kalung. Jika 5 manik-manik, akan ada sisa.
  • C. Bisa membuat 2 kalung. Jika 5 manik-manik, tidak ada sisa.
  • D. Bisa membuat 4 kalung. Jika 5 manik-manik, akan ada sisa.
  • E. Bisa membuat 3 kalung. Jika 5 manik-manik, butuh lebih banyak manik-manik.
Lihat Kunci Jawaban

Jawaban: B. Bisa membuat 3 kalung. Jika 5 manik-manik, akan ada sisa.

Pembahasan: Soal ini menguji kemampuan menganalisis dua skenario pembagian yang berbeda dan membandingkan hasilnya. Pertama, 18:6=3 kalung. Kedua, 18:5 akan menghasilkan sisa (3 kalung sisa 3 manik-manik). Siswa harus mengevaluasi hasil dari kedua pembagian tersebut.

16. Ayah membawa pulang 14 buah jeruk. Ibu mengambil 4 buah untuk membuat jus. Kemudian, Ayah membagi sisa jeruknya kepada 2 anaknya secara adil. Berapa jeruk yang diterima setiap anak?

  • A. 10 jeruk.
  • B. 7 jeruk.
  • C. 5 jeruk.
  • D. 4 jeruk.
  • E. 3 jeruk.
Lihat Kunci Jawaban

Jawaban: C. 5 jeruk.

Pembahasan: Siswa harus melakukan urutan operasi: pengurangan (14 – 4 = 10) lalu pembagian (10 : 2 = 5). Ini melatih analisis masalah berurutan.

17. Pak Budi punya 11 ekor ayam. 5 ekor ayam betina dan sisanya ayam jantan. Jika ayam betina bertelur 2 butir setiap hari, dan ayam jantan tidak bertelur, berapa total telur yang bisa dikumpulkan Pak Budi dalam 2 hari?

  • A. 10 telur.
  • B. 22 telur.
  • C. 20 telur.
  • D. 12 telur.
  • E. 15 telur.
Lihat Kunci Jawaban

Jawaban: C. 20 telur.

Pembahasan: Siswa perlu menganalisis informasi yang relevan (hanya ayam betina yang bertelur, jumlah telur per hari, dan jumlah hari). Ayam betina: 5 ekor. Telur per hari: 5 x 2 = 10. Dalam 2 hari: 10 x 2 = 20 telur.

18. Kamu ingin membeli 3 pensil yang harga satuannya Rp 2.000 dan 1 penghapus seharga Rp 1.000. Kamu membawa uang Rp 10.000. Berapa sisa uangmu setelah membeli semua itu?

  • A. Rp 3.000.
  • B. Rp 4.000.
  • C. Rp 5.000.
  • D. Rp 6.000.
  • E. Rp 7.000.
Lihat Kunci Jawaban

Jawaban: A. Rp 3.000.

Pembahasan: Siswa harus menghitung total biaya belanja (3 pensil x Rp 2.000 = Rp 6.000; 1 penghapus = Rp 1.000. Total = Rp 7.000). Kemudian, mengurangi total belanja dari uang yang dibawa (Rp 10.000 – Rp 7.000 = Rp 3.000). Ini melatih analisis masalah keuangan sederhana.

19. Santi memiliki 13 boneka. Dia memberikan 4 boneka kepada adiknya. Kemudian, nenek memberinya 5 boneka baru. Jika Santi ingin menyimpan boneka-bonekanya di 2 kotak dengan jumlah yang sama, apakah bisa? Mengapa?

  • A. Bisa, karena jumlah boneka Santi sekarang genap.
  • B. Tidak bisa, karena jumlah boneka Santi sekarang ganjil.
  • C. Bisa, karena 13 boneka bisa dibagi dua.
  • D. Tidak bisa, karena adiknya sudah punya boneka.
  • E. Bisa, tapi dia harus membuang 1 boneka.
Lihat Kunci Jawaban

Jawaban: A. Bisa, karena jumlah boneka Santi sekarang genap.

Pembahasan: Siswa harus menghitung jumlah boneka Santi sekarang (13 – 4 + 5 = 14). Kemudian, mengevaluasi apakah 14 bisa dibagi rata menjadi 2 bagian. Karena 14 adalah bilangan genap, maka bisa dibagi rata (14:2 = 7). Ini melatih kemampuan mengevaluasi kelayakan pembagian.

20. Kamu punya 15 buah permen. Kamu ingin membagikannya kepada teman-temanmu agar setiap teman mendapatkan jumlah permen yang berbeda, dan tidak ada permen yang tersisa. Jika kamu membagikannya kepada 3 teman, bagaimana kemungkinan pembagiannya?

  • A. 5 permen, 5 permen, 5 permen.
  • B. 4 permen, 5 permen, 6 permen.
  • C. 3 permen, 4 permen, 8 permen.
  • D. 2 permen, 5 permen, 8 permen.
  • E. 1 permen, 2 permen, 12 permen.
Lihat Kunci Jawaban

Jawaban: B. 4 permen, 5 permen, 6 permen.

Pembahasan: Siswa diminta untuk mengkreasi kombinasi angka yang memenuhi dua syarat: total 15 dan setiap bagian berbeda. Opsi B (4+5+6 = 15) adalah satu-satunya yang memenuhi kriteria tersebut di antara pilihan yang diberikan.

21. Di dalam sebuah keranjang ada 10 buah mangga. Ibu mengambil 3 mangga untuk dibuat jus. Kemudian, Ayah menambahkan 5 mangga lagi ke dalam keranjang. Berapa mangga yang ada di keranjang sekarang? Manakah pernyataan yang paling tepat untuk menggambarkan perubahan mangga di keranjang?

  • A. Jumlah mangga berkurang.
  • B. Jumlah mangga bertambah.
  • C. Jumlah mangga tetap sama.
  • D. Mangga yang diambil lebih banyak dari yang ditambahkan.
  • E. Mangga yang ditambahkan lebih banyak dari yang diambil.
Lihat Kunci Jawaban

Jawaban: E. Mangga yang ditambahkan lebih banyak dari yang diambil.

Pembahasan: Siswa harus menghitung jumlah akhir mangga (10 – 3 + 5 = 12). Kemudian, membandingkan jumlah mangga yang diambil (3) dengan yang ditambahkan (5). Ini melatih kemampuan menganalisis perubahan dan membandingkan kuantitas.

22. Ada 19 buku di rak. 7 buku adalah buku cerita, sisanya buku pelajaran dan buku gambar. Jika buku pelajaran lebih sedikit 2 buah dari buku gambar, berapa banyak buku pelajaran dan buku gambar masing-masing?

  • A. Pelajaran 5, Gambar 7.
  • B. Pelajaran 6, Gambar 6.
  • C. Pelajaran 4, Gambar 8.
  • D. Pelajaran 8, Gambar 4.
  • E. Pelajaran 7, Gambar 5.
Lihat Kunci Jawaban

Jawaban: A. Pelajaran 5, Gambar 7.

Pembahasan: Siswa harus menghitung sisa buku selain buku cerita (19 – 7 = 12). Kemudian, mencari dua angka yang jika dijumlahkan hasilnya 12 dan selisihnya 2, dengan buku pelajaran lebih sedikit. Opsi A (5 + 7 = 12 dan 7 – 5 = 2) adalah jawaban yang tepat.

23. Kamu punya 20 pensil warna. Kamu ingin membuat 4 set pensil warna untuk hadiah. Setiap set harus memiliki jumlah pensil yang berbeda. Bagaimana kamu bisa membagi pensil warna tersebut?

  • A. 5, 5, 5, 5.
  • B. 4, 5, 6, 5.
  • C. 3, 4, 6, 7.
  • D. 2, 3, 5, 10.
  • E. 1, 2, 3, 14.
Lihat Kunci Jawaban

Jawaban: C. 3, 4, 6, 7.

Pembahasan: Siswa diminta untuk mengkreasi kombinasi angka yang memenuhi total 20 dan setiap bagian berbeda. Opsi C (3+4+6+7 = 20) memenuhi kriteria tersebut.

24. Di sebuah kotak mainan ada 16 mobil-mobilan. 8 mobil-mobilan berwarna merah, sisanya berwarna biru dan kuning. Jika mobil biru lebih banyak 2 buah dari mobil kuning, berapa jumlah mobil biru dan kuning masing-masing?

  • A. Biru 4, Kuning 4.
  • B. Biru 5, Kuning 3.
  • C. Biru 3, Kuning 5.
  • D. Biru 6, Kuning 2.
  • E. Biru 2, Kuning 6.
Lihat Kunci Jawaban

Jawaban: B. Biru 5, Kuning 3.

Pembahasan: Siswa harus menghitung sisa mobil-mobilan selain merah (16 – 8 = 8). Kemudian, mencari dua angka yang jika dijumlahkan hasilnya 8 dan selisihnya 2, dengan mobil biru lebih banyak. Opsi B (5 + 3 = 8 dan 5 – 3 = 2) adalah jawaban yang tepat.

25. Ada 17 kue di atas meja. Ayah makan 2 kue, dan Ibu makan 3 kue. Sisa kue akan dibagikan kepada 3 anak secara adil. Apakah setiap anak akan mendapatkan jumlah kue yang sama tanpa sisa?

  • A. Ya, karena sisa kue bisa dibagi 3 tanpa sisa.
  • B. Tidak, karena sisa kue tidak bisa dibagi 3 tanpa sisa.
  • C. Ya, karena 17 adalah bilangan ganjil.
  • D. Tidak, karena 2 dan 3 adalah bilangan ganjil.
  • E. Ya, tapi harus membuat kue lagi.
Lihat Kunci Jawaban

Jawaban: B. Tidak, karena sisa kue tidak bisa dibagi 3 tanpa sisa.

Pembahasan: Siswa harus menghitung sisa kue (17 – 2 – 3 = 12). Lalu mengevaluasi apakah 12 bisa dibagi 3 tanpa sisa. 12 dibagi 3 adalah 4, yang berarti bisa dibagi tanpa sisa. Oh, wait, the calculation is correct, but the answer states 'tidak bisa'. Let me re-evaluate the question or options. Ah, 17 – 2 – 3 = 12. 12 / 3 = 4. So it *can* be divided without remainder. The question asks 'Apakah setiap anak akan mendapatkan jumlah kue yang sama tanpa sisa?'. The answer should be 'Ya'. My previous answer 'B' is incorrect. Let's correct the answer and explanation.

26. Ada 17 kue di atas meja. Ayah makan 2 kue, dan Ibu makan 3 kue. Sisa kue akan dibagikan kepada 3 anak secara adil. Apakah setiap anak akan mendapatkan jumlah kue yang sama tanpa sisa?

  • A. Ya, karena sisa kue bisa dibagi 3 tanpa sisa.
  • B. Tidak, karena sisa kue tidak bisa dibagi 3 tanpa sisa.
  • C. Ya, karena 17 adalah bilangan ganjil.
  • D. Tidak, karena 2 dan 3 adalah bilangan ganjil.
  • E. Ya, tapi harus membuat kue lagi.
Lihat Kunci Jawaban

Jawaban: A. Ya, karena sisa kue bisa dibagi 3 tanpa sisa.

Pembahasan: Siswa harus menghitung sisa kue (17 – 2 = 15, lalu 15 – 3 = 12). Kemudian, siswa mengevaluasi apakah 12 dapat dibagi rata oleh 3. Karena 12 dibagi 3 hasilnya 4 (tanpa sisa), maka jawabannya adalah Ya. Ini melatih kemampuan mengevaluasi kelayakan pembagian setelah serangkaian operasi.

B. Isian Singkat

1. Rudi memiliki 18 kelereng. Dia memberikan 5 kelereng kepada temannya. Lalu, kakek memberinya 7 kelereng baru. Berapa jumlah kelereng Rudi sekarang?

Jawaban: 20 kelereng. (18 – 5 + 7 = 20)

2. Di sebuah toko, ada 15 buah pensil. Jika 6 pensil terjual, dan kemudian datang 4 pensil baru, berapa selisih jumlah pensil sekarang dengan jumlah pensil di awal?

Jawaban: Selisihnya 5 pensil. (Jumlah awal 15. Jumlah sekarang 15 – 6 + 4 = 13. Selisih 15 – 13 = 2. Oh, wait, the question asks for selisih, not the final count. Let me re-evaluate. 15 – 6 = 9. 9 + 4 = 13. Selisih dengan awal (15) adalah 15 – 13 = 2. So the answer is 2 pensil, lebih sedikit 2 pensil dari awal.) Correcting the answer.

3. Di sebuah toko, ada 15 buah pensil. Jika 6 pensil terjual, dan kemudian datang 4 pensil baru, berapa selisih jumlah pensil sekarang dengan jumlah pensil di awal?

Jawaban: 2 pensil lebih sedikit. (Jumlah awal: 15. Jumlah sekarang: 15 – 6 + 4 = 13. Selisih: 15 – 13 = 2.)

4. Kamu punya 12 buah jeruk. Kamu ingin membaginya ke 2 piring, dengan jumlah jeruk di setiap piring berbeda, dan semua jeruk habis. Berikan satu contoh pembagian yang bisa kamu lakukan.

Jawaban: Contoh: Piring 1 berisi 5 jeruk, Piring 2 berisi 7 jeruk. (Atau 4 dan 8, 3 dan 9, 2 dan 10, 1 dan 11)

5. Jika kamu punya uang Rp 20.000. Kamu membeli buku seharga Rp 8.000 dan pensil seharga Rp 3.000. Berapa sisa uangmu?

Jawaban: Rp 9.000. (20.000 – 8.000 – 3.000 = 9.000)

6. Di dalam kotak ada 10 bola. 4 bola berwarna merah, sisanya biru dan hijau. Jika bola biru dan hijau jumlahnya sama, berapa masing-masing bola biru dan hijau?

Jawaban: Masing-masing 3 bola. (10 – 4 = 6. 6 dibagi 2 = 3.)

C. Uraian

1. Bayangkan kamu adalah penjual es krim. Kamu punya 15 es krim rasa cokelat dan 10 es krim rasa vanila. Hari ini ada 4 orang pembeli. Pembeli pertama membeli 2 es krim cokelat. Pembeli kedua ingin membeli semua es krim vanila. Pembeli ketiga ingin membeli 3 es krim cokelat. Pembeli keempat ingin membeli 5 es krim cokelat. Jelaskan langkah-langkahmu untuk melayani pembeli dan berapa sisa es krim yang kamu miliki di akhir hari.

Contoh Jawaban: Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut: Pertama, hitung sisa es krim cokelat setelah pembeli pertama (15 – 2 = 13). Kedua, layani pembeli kedua dengan memberikan semua es krim vanila (10 es krim vanila habis). Ketiga, layani pembeli ketiga dengan mengurangi es krim cokelat (13 – 3 = 10). Keempat, layani pembeli keempat dengan mengurangi es krim cokelat lagi (10 – 5 = 5). Jadi, di akhir hari, sisa es krim yang saya miliki adalah 5 es krim cokelat dan 0 es krim vanila.

2. Kamu punya 17 buah permen. Kamu ingin membagikan permen tersebut kepada 3 temanmu, Budi, Sinta, dan Doni. Kamu ingin setiap temanmu mendapatkan jumlah permen yang berbeda, dan semua permen habis. Apakah ini mungkin? Jika ya, berikan satu contoh pembagiannya. Jika tidak, jelaskan mengapa tidak mungkin.

Contoh Jawaban: Ya, ini mungkin. Contoh pembagiannya: Budi mendapat 4 permen, Sinta mendapat 5 permen, dan Doni mendapat 8 permen. (4 + 5 + 8 = 17). Ini memenuhi syarat setiap teman mendapat jumlah yang berbeda dan semua permen habis.

3. Di sebuah peternakan, ada 8 ekor bebek dan 5 ekor ayam. Setiap bebek punya 2 kaki dan setiap ayam punya 2 kaki. Jika 2 bebek dijual, dan 3 ayam baru menetas, bagaimana cara kamu menghitung total kaki semua hewan di peternakan sekarang? Jelaskan langkah-langkahnya.

Contoh Jawaban: Langkah pertama, hitung sisa bebek setelah dijual: 8 – 2 = 6 bebek. Kedua, hitung total ayam setelah menetas: 5 + 3 = 8 ayam. Ketiga, hitung total kaki bebek: 6 bebek x 2 kaki/bebek = 12 kaki. Keempat, hitung total kaki ayam: 8 ayam x 2 kaki/ayam = 16 kaki. Kelima, jumlahkan total kaki bebek dan ayam: 12 kaki + 16 kaki = 28 kaki. Jadi, total ada 28 kaki hewan di peternakan.

4. Kamu ingin membeli beberapa mainan. Harga satu mobil-mobilan Rp 5.000 dan harga satu boneka Rp 7.000. Kamu punya uang Rp 20.000. Buatlah satu kombinasi pembelian mainan (mobil-mobilan dan/atau boneka) yang berbeda-beda dan uangmu hampir habis atau pas. Jelaskan berapa sisa uangmu.

Contoh Jawaban: Contoh kombinasi: Saya bisa membeli 2 mobil-mobilan (2 x Rp 5.000 = Rp 10.000) dan 1 boneka (Rp 7.000). Total belanja saya adalah Rp 10.000 + Rp 7.000 = Rp 17.000. Sisa uang saya adalah Rp 20.000 – Rp 17.000 = Rp 3.000.

5. Sinta punya 10 balon. 4 balon berwarna merah, sisanya kuning dan hijau. Jika jumlah balon kuning dan hijau berbeda, dan semua balon habis, berikan dua kemungkinan jumlah balon kuning dan hijau yang berbeda. Jelaskan mengapa kedua kemungkinan itu benar.

Contoh Jawaban: Sisa balon selain merah adalah 10 – 4 = 6 balon (kuning dan hijau). Kemungkinan 1: Balon kuning 1, balon hijau 5. Ini benar karena 1 + 5 = 6 dan jumlahnya berbeda. Kemungkinan 2: Balon kuning 2, balon hijau 4. Ini juga benar karena 2 + 4 = 6 dan jumlahnya berbeda.

D. Mencocokkan

Set 1. Cocokkan masalah berhitung di kolom kiri dengan hasil yang tepat di kolom kanan.

8 pensil + 5 pensil – 3 pensil=>10 pensil
15 kue dibagi rata ke 3 orang=>5 kue per orang
Ada 12 bola, 4 bola diambil. Lalu ditambahkan 2 bola.=>10 bola
Jika kamu punya 20 permen dan memakan 7 permen.=>13 permen
5 + 5 + 5 + 5=>20

Set 2. Cocokkan pernyataan di kolom kiri dengan angka yang sesuai di kolom kanan.

Jumlah kaki 4 ayam (setiap ayam 2 kaki)=>8
Hasil dari 18 dikurangi 6=>12
Setengah dari 16=>8
Angka sebelum 11=>10
Dua kali tiga=>6

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *