latihan soal matematika kelas 3 smp

Latihan Soal Matematika Kelas 3 SMP : Penghitungan Peluang dalam Kehidupan Sehari-hari

Posted on

Siap menguji dan memperdalam pemahamanmu tentang peluang? Kuis online ini dirancang khusus untuk siswa Kelas 3 SMP yang ingin menguasai penghitungan peluang dalam kehidupan sehari-hari. Kamu akan dihadapkan pada berbagai soal yang mengaitkan konsep matematika, seperti probabilitas 1/2 atau 3/4, dengan skenario nyata. Tujuannya adalah untuk memperkuat pengertianmu tentang bagaimana peluang diterapkan, misalnya saat menghitung kemungkinan suatu kejadian. Latihan ini juga berfungsi sebagai persiapan efektif untuk ujian, membantu kamu mengidentifikasi area yang perlu ditingkatkan dan membangun kepercayaan diri dalam memecahkan soal-soal peluang.

Pertanyaan 1

Cocokkan konsep peluang berikut dengan definisinya yang tepat.

Peluang Teoritis
Peluang Empiris
Ruang Sampel
Kejadian
Frekuensi Harapan

Pertanyaan 2

Sebuah dadu bersisi 6 dilempar satu kali. Berapa peluang munculnya mata dadu genap?

Pertanyaan 3

Apa yang dimaksud dengan ruang sampel dalam teori peluang?

Pertanyaan 4

Dalam sebuah kotak terdapat 4 kelereng merah dan 6 kelereng hijau. Jika diambil satu kelereng, lalu dikembalikan, kemudian diambil satu kelereng lagi. Berapa peluang terambil kelereng merah pada pengambilan pertama DAN kelereng hijau pada pengambilan kedua?

Pertanyaan 5

Cocokkan kejadian berikut dengan nilai peluangnya yang paling sesuai.

📌 Cara Menjawab:
  • Desktop: Klik item di kolom kiri, lalu klik pasangannya di kolom kanan. Garis akan terbentuk secara otomatis.
  • Mobile: Tap item di kolom kiri, lalu tap pasangannya di kolom kanan untuk menghubungkan.
  • Untuk menghapus koneksi, klik item yang sudah terhubung.
Peluang matahari terbit dari arah barat
Peluang muncul gambar pada pelemparan satu koin
Peluang muncul mata dadu kurang dari 7 pada pelemparan satu dadu
Peluang mendapatkan kartu hati dari satu set kartu remi
Peluang muncul mata dadu 5 pada pelemparan satu dadu
1/6
1/4
1/2
1
0

Pertanyaan 6

Jelaskan apa yang dimaksud dengan "ruang sampel" dan berikan contohnya pada percobaan melempar satu buah dadu.

Pertanyaan 7

Sebuah koin dilempar satu kali. Berapa peluang munculnya sisi "Angka"?

Pertanyaan 8

Peluang seorang siswa lulus ujian adalah 0,85. Jika ada 200 siswa yang mengikuti ujian, berapa frekuensi harapan siswa yang tidak lulus?

Pertanyaan 9

Dua buah dadu dilempar bersamaan. Berapa peluang munculnya jumlah mata dadu 7 atau 11?

Pertanyaan 10

Dalam sebuah kelas terdapat 15 siswa laki-laki dan 20 siswa perempuan. Jika dipilih satu siswa secara acak untuk menjadi ketua kelas, berapa peluang siswa perempuan yang terpilih?

Pertanyaan 11

Dalam sebuah kotak terdapat 12 kelereng merah dan 8 kelereng biru. Jika diambil satu kelereng secara acak, berapa peluang terambil kelereng biru?

Pertanyaan 12

Sebuah survei menunjukkan bahwa 3 dari 5 orang menyukai bakso. Jika ada 100 orang di sebuah festival, berapa perkiraan jumlah orang yang menyukai bakso?

Pertanyaan 13

Sebuah dadu dilempar 120 kali. Berapa frekuensi harapan munculnya mata dadu faktor dari 6?

Pertanyaan 14

Sebuah tas berisi 5 pulpen hitam dan 3 pulpen biru. Jika diambil dua pulpen satu per satu tanpa pengembalian, berapa peluang terambil kedua-duanya pulpen hitam?

Pertanyaan 15

Nilai peluang suatu kejadian selalu berada dalam rentang...

Pertanyaan 16

Dalam satu set kartu remi, diambil satu kartu secara acak. Berapa peluang terambilnya kartu King atau kartu berwarna merah?

Pertanyaan 17

Peluang bahwa hari esok akan hujan adalah 0,7. Berapa peluang bahwa hari esok tidak hujan?

Pertanyaan 18

Dari 50 kali pelemparan sebuah koin, sisi "Gambar" muncul 28 kali. Berapa peluang empiris munculnya sisi "Angka"?

Pertanyaan 19

Dari satu set kartu remi lengkap (52 kartu), diambil satu kartu secara acak. Berapa peluang terambilnya kartu As?

Pertanyaan 20

Dalam sebuah kantong terdapat 5 bola merah, 3 bola biru, dan 2 bola hijau. Jika diambil satu bola secara acak, berapa peluang terambilnya bola biru?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *