Latihan Soal & Kisi-kisi Matematika Ujian Semester Ganjil Kelas 3 SD

Posted on

Siapkan diri untuk Ujian Semester Ganjil dengan Latihan Soal & Kisi-kisi Matematika Kelas 3 SD ini! Kuis online ini dirancang khusus untuk membantu peserta didik menguasai materi Penilaian Akhir Semester Ganjil, khususnya Bab 1: Bilangan Cacah Sampai 1.000. Anda akan berlatih membaca dan menulis bilangan cacah sampai 1.000, serta memahami nilai tempat bilangan. Tujuan kuis ini adalah memastikan pemahaman yang kuat dan kesiapan menghadapi berbagai bentuk soal ujian. Dengan cakupan indikator penting seperti menemukan nama bilangan dan menentukan lambang bilangan, kuis ini adalah alat bantu belajar yang efektif. Ayo ikuti Latihan Soal Matematika Kelas 3 SD ini sekarang untuk meraih nilai terbaik!

Pertanyaan 1

Bilangan yang terbentuk dari 7 ratusan, 0 puluhan, dan 3 satuan adalah...

Pertanyaan 2

Ibu membuat 5 loyang kue. Setiap loyang berisi 24 potong kue. Berapa jumlah seluruh kue yang dibuat Ibu?

Pertanyaan 3

Cocokkan kalimat matematika dengan angka yang tepat untuk melengkapi persamaan.

100 + ... = 250
... - 50 = 120
30 × ... = 90

Pertanyaan 4

Sebuah toko buku memiliki 600 buku. Dalam seminggu, toko tersebut berhasil menjual 285 buku. Berapa sisa buku di toko tersebut?

Pertanyaan 5

Cocokkan satuan panjang berikut dengan nilai padanannya.

1 meter
1 kilometer
1 sentimeter

Pertanyaan 6

Perhatikan data jumlah pengunjung perpustakaan dalam seminggu: | Hari | Jumlah Pengunjung | |------------|-------------------| | Senin | 150 | | Selasa | 185 | | Rabu | 120 | | Kamis | 200 | | Jumat | 175 | Urutan jumlah pengunjung dari yang terkecil hingga terbesar adalah...

Pertanyaan 7

Hasil dari 567 - 234 adalah...

Pertanyaan 8

Nama bilangan dari 809 adalah...

Pertanyaan 9

Di antara bilangan berikut, manakah yang memiliki nilai paling kecil?

Pertanyaan 10

Pasangan bilangan yang tepat untuk mengisi titik-titik pada kalimat matematika `... + ... = 200` adalah...

Pertanyaan 11

Isilah titik-titik dengan simbol perbandingan yang tepat ( < , > , atau = ): 456 ... 465

Pertanyaan 12

Pak Edo memiliki tiga ratus empat puluh lima ekor ayam di peternakannya. Setelah beberapa minggu, ia membeli seratus dua puluh ekor ayam lagi. Lambang bilangan yang tepat untuk menyatakan jumlah ayam mula-mula Pak Edo adalah...

Pertanyaan 13

Seorang pedagang memiliki persediaan 345 buah apel. Kemudian ia membeli lagi 178 buah apel. Berapakah jumlah apel pedagang tersebut sekarang?

Pertanyaan 14

Cocokkan angka pada bilangan 789 dengan nilai tempatnya.

Angka 7 pada 789
Angka 8 pada 789
Angka 9 pada 789

Pertanyaan 15

Cocokkan operasi hitung berikut dengan hasil yang tepat.

📌 Cara Menjawab:
  • Desktop: Klik item di kolom kiri, lalu klik pasangannya di kolom kanan. Garis akan terbentuk secara otomatis.
  • Mobile: Tap item di kolom kiri, lalu tap pasangannya di kolom kanan untuk menghubungkan.
  • Untuk menghapus koneksi, klik item yang sudah terhubung.
250 + 150
400 - 120
50 × 5
400
250
280

Pertanyaan 16

Satuan baku yang umumnya digunakan untuk mengukur berat suatu benda adalah...

Pertanyaan 17

Pada bilangan 572, angka 7 menempati nilai tempat...

Pertanyaan 18

Untuk mengukur panjang kain yang akan digunakan untuk membuat baju, alat ukur yang paling tepat adalah...

Pertanyaan 19

Manakah pernyataan tentang perbandingan satuan panjang berikut yang benar?

Pertanyaan 20

Sebanyak 72 buah permen akan dibagikan secara merata kepada 9 anak. Berapa banyak permen yang akan diterima setiap anak?

Pertanyaan 21

Cocokkan alat ukur dengan benda atau tujuan pengukurannya.

📌 Cara Menjawab:
  • Desktop: Klik item di kolom kiri, lalu klik pasangannya di kolom kanan. Garis akan terbentuk secara otomatis.
  • Mobile: Tap item di kolom kiri, lalu tap pasangannya di kolom kanan untuk menghubungkan.
  • Untuk menghapus koneksi, klik item yang sudah terhubung.
Penggaris
Timbangan Dapur
Meteran Kain
Mengukur panjang kain
Mengukur panjang buku
Mengukur berat gula

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *