latihan soal hots sd kelas 3 ppkn

Posted on

Materi PPKn Kelas 3 SD dalam Kurikulum Merdeka menekankan pada pemahaman nilai-nilai Pancasila, hak dan kewajiban sebagai warga negara, keberagaman, serta pentingnya kerjasama dan kepedulian sosial. Melalui soal-soal HOTS (Higher Order Thinking Skills), siswa diajak untuk tidak hanya menghafal, tetapi juga menganalisis, mengevaluasi, dan menciptakan solusi dari berbagai permasalahan kontekstual sehari-hari. Soal-soal ini dirancang untuk mengembangkan kemampuan berpikir kritis, kreatif, dan kolaboratif siswa dalam mengaplikasikan nilai-nilai luhur Pancasila dalam kehidupan pribadi, keluarga, sekolah, dan masyarakat.


A. Pilihan Ganda

1. Di kelas 3, ada peraturan bahwa setiap siswa harus piket sesuai jadwal. Suatu hari, Budi melihat temannya, Siti, tidak datang piket karena asyik bermain. Budi merasa kesal karena pekerjaan piket jadi lebih banyak. Jika Budi ingin menyelesaikan masalah ini dengan bijak sesuai nilai Pancasila, apa yang sebaiknya ia lakukan?

  • A. Diam saja dan mengerjakan semua pekerjaan piket sendiri.
  • B. Langsung melaporkan Siti kepada guru tanpa berbicara dengannya terlebih dahulu.
  • C. Menegur Siti dengan marah di depan teman-teman lain agar Siti malu.
  • D. Mengajak Siti berbicara baik-baik setelah jam pelajaran usai, menanyakan alasannya, dan mengingatkan tentang tanggung jawab piket.
  • E. Membiarkan saja dan berharap Siti akan sadar sendiri di lain waktu.
Lihat Kunci Jawaban

Jawaban: D. Mengajak Siti berbicara baik-baik setelah jam pelajaran usai, menanyakan alasannya, dan mengingatkan tentang tanggung jawab piket.

Pembahasan: Pilihan D menunjukkan sikap musyawarah dan kekeluargaan (Sila ke-4) serta kepedulian terhadap teman (Sila ke-2). Budi menganalisis situasi, mengevaluasi pilihan tindakan, dan memilih solusi yang paling efektif dan sesuai dengan nilai Pancasila untuk menyelesaikan konflik tanpa menimbulkan masalah baru.

2. Saat liburan sekolah, keluarga Edo pergi berwisata ke sebuah pantai yang indah. Edo melihat banyak sampah plastik berserakan di pasir. Edo merasa sedih melihatnya. Sebagai warga negara yang baik dan peduli lingkungan, tindakan apa yang paling tepat dilakukan Edo dan keluarganya?

  • A. Menikmati pemandangan saja dan tidak peduli dengan sampah.
  • B. Memfoto sampah-sampah itu lalu mengunggahnya ke media sosial dengan tulisan marah-marah.
  • C. Mengumpulkan sampah-sampah yang bisa mereka jangkau dan membuangnya ke tempat sampah yang disediakan.
  • D. Hanya membersihkan area di sekitar tempat mereka duduk saja.
  • E. Pulang saja karena pantai sudah kotor dan tidak nyaman.
Lihat Kunci Jawaban

Jawaban: C. Mengumpulkan sampah-sampah yang bisa mereka jangkau dan membuangnya ke tempat sampah yang disediakan.

Pembahasan: Pilihan C menunjukkan sikap tanggung jawab terhadap lingkungan dan kepedulian sosial, yang merupakan cerminan nilai Pancasila (terutama Sila ke-2 dan ke-5). Edo menganalisis masalah (sampah), mengevaluasi dampak, dan mengambil tindakan nyata yang konstruktif meskipun bukan dirinya yang membuang sampah tersebut.

3. Di lingkungan tempat tinggal Nina, ada rencana untuk mengadakan lomba kebersihan antar RT dalam rangka menyambut Hari Kemerdekaan. Pak RT meminta setiap keluarga untuk ikut serta membersihkan lingkungan. Ayah Nina sibuk bekerja. Apa yang bisa dilakukan Nina untuk membantu Ayahnya dan ikut berpartisipasi dalam lomba tersebut?

  • A. Menyuruh Ayahnya untuk tidak ikut karena sibuk.
  • B. Hanya menonton saja saat tetangga lain membersihkan.
  • C. Mengajak teman-temannya untuk bermain di tempat lain agar tidak mengganggu.
  • D. Membantu membersihkan halaman rumah sendiri dan area depan rumah bersama Ibu atau saudara yang lain.
  • E. Menunggu Ayah pulang kerja dan baru ikut membersihkan bersama Ayah.
Lihat Kunci Jawaban

Jawaban: D. Membantu membersihkan halaman rumah sendiri dan area depan rumah bersama Ibu atau saudara yang lain.

Pembahasan: Pilihan D menunjukkan inisiatif, tanggung jawab, dan semangat gotong royong (Sila ke-3 dan ke-5). Nina menganalisis situasi (Ayah sibuk), mengevaluasi cara ia bisa berkontribusi, dan mengambil tindakan proaktif untuk ikut serta dalam kegiatan positif di lingkungannya.

4. Sekolah Dito akan mengadakan pentas seni. Setiap kelas diminta menampilkan pertunjukan yang berbeda. Kelas Dito memutuskan untuk menampilkan tarian daerah. Ada beberapa teman dari suku yang berbeda-beda di kelas Dito. Bagaimana sebaiknya kelas Dito memilih tarian agar semua merasa dihargai?

  • A. Memilih tarian dari suku mayoritas di kelas agar lebih mudah dipelajari.
  • B. Meminta guru untuk memutuskan tarian yang akan ditampilkan.
  • C. Mengadakan diskusi dan musyawarah untuk memilih tarian yang mewakili beberapa daerah atau tarian yang bisa dipelajari bersama oleh semua.
  • D. Hanya memilih tarian dari suku Dito saja karena Dito yang paling bersemangat.
  • E. Membatalkan ide menampilkan tarian karena sulit menentukan pilihan.
Lihat Kunci Jawaban

Jawaban: C. Mengadakan diskusi dan musyawarah untuk memilih tarian yang mewakili beberapa daerah atau tarian yang bisa dipelajari bersama oleh semua.

Pembahasan: Pilihan C mencerminkan nilai persatuan, musyawarah, dan menghargai keberagaman (Sila ke-3 dan ke-4). Siswa diajak untuk menganalisis masalah keberagaman, mengevaluasi opsi, dan menciptakan solusi yang inklusif dan adil untuk semua teman di kelas.

5. Saat jam istirahat, Rina melihat Budi terjatuh dan lututnya berdarah. Rina tahu ada kotak P3K di ruang UKS. Beberapa teman lain hanya melihat saja. Apa yang seharusnya Rina lakukan sebagai bentuk kepedulian terhadap sesama?

  • A. Berteriak meminta bantuan guru dari jauh.
  • B. Menertawakan Budi karena terjatuh.
  • C. Mengajak Budi ke UKS atau meminta bantuan teman lain untuk membawa Budi ke UKS dan mengambil kotak P3K.
  • D. Membiarkan Budi bangun sendiri.
  • E. Pura-pura tidak melihat dan melanjutkan bermain.
Lihat Kunci Jawaban

Jawaban: C. Mengajak Budi ke UKS atau meminta bantuan teman lain untuk membawa Budi ke UKS dan mengambil kotak P3K.

Pembahasan: Pilihan C menunjukkan empati, kepedulian, dan tindakan nyata dalam membantu orang lain yang kesulitan, sesuai dengan nilai kemanusiaan yang adil dan beradab (Sila ke-2). Rina menganalisis situasi darurat, mengevaluasi cara terbaik untuk membantu, dan mengambil tindakan yang tepat.

6. Di sebuah festival makanan tradisional, ada berbagai jenis makanan dari berbagai daerah di Indonesia. Edo suka sekali sate ayam, makanan khas daerahnya. Namun, teman Edo, Siti, ingin mencoba makanan lain yang belum pernah ia makan. Apa yang sebaiknya Edo lakukan untuk menghargai pilihan Siti dan juga menikmati festival?

  • A. Memaksa Siti untuk ikut makan sate ayam bersamanya.
  • B. Mengajak Siti untuk mencoba makanan yang berbeda bersama-sama.
  • C. Meninggalkan Siti dan pergi mencari sate ayam sendiri.
  • D. Mengatakan bahwa makanan Siti aneh dan tidak enak.
  • E. Pura-pura tidak melihat Siti dan langsung pergi.
Lihat Kunci Jawaban

Jawaban: B. Mengajak Siti untuk mencoba makanan yang berbeda bersama-sama.

Pembahasan: Pilihan B menunjukkan sikap toleransi, menghargai perbedaan, dan semangat kebersamaan (Sila ke-3). Edo menganalisis keinginan temannya, mengevaluasi bagaimana ia bisa berinteraksi secara positif, dan menciptakan pengalaman yang menyenangkan bagi keduanya dengan mencoba hal baru bersama.

7. Saat ulangan PPKn, Dodi melihat temannya menyontek. Dodi tahu menyontek itu perbuatan tidak jujur dan melanggar aturan sekolah. Namun, Dodi takut jika melaporkan temannya nanti ia dimusuhi. Apa yang seharusnya Dodi lakukan untuk menegakkan kejujuran dan keadilan?

  • A. Membiarkan saja agar tidak dimusuhi.
  • B. Ikut menyontek agar nilainya bagus juga.
  • C. Memberi tahu guru setelah ulangan selesai, tanpa menyebut nama teman yang menyontek, dan menjelaskan bahwa ada yang menyontek.
  • D. Menegur teman tersebut dengan keras di tengah ulangan.
  • E. Pura-pura tidak tahu dan fokus pada ulangannya sendiri.
Lihat Kunci Jawaban

Jawaban: C. Memberi tahu guru setelah ulangan selesai, tanpa menyebut nama teman yang menyontek, dan menjelaskan bahwa ada yang menyontek.

Pembahasan: Pilihan C menunjukkan keberanian untuk menegakkan kebenaran dan keadilan (Sila ke-5) serta kejujuran, namun tetap mempertimbangkan dampak sosial. Dodi menganalisis konflik antara kejujuran dan rasa takut, mengevaluasi cara penyampaian, dan memilih tindakan yang bijaksana untuk menegakkan aturan tanpa langsung menuduh teman di depan umum.

8. Di desa tempat tinggal Bima, ada tradisi kerja bakti membersihkan balai desa setiap bulan. Bima sering melihat orang dewasa bergotong royong. Suatu hari, Bima melihat beberapa sampah berserakan di sekitar balai desa padahal bukan jadwal kerja bakti. Apa yang bisa Bima lakukan meskipun ia masih kecil?

  • A. Menunggu sampai ada jadwal kerja bakti lagi.
  • B. Mengajak teman-temannya untuk membersihkan bersama dan membuang sampah ke tempatnya.
  • C. Membiarkan saja karena itu bukan tanggung jawabnya.
  • D. Melaporkan kepada Pak RT agar menyuruh orang dewasa membersihkan.
  • E. Menulis surat protes kepada kepala desa tentang sampah.
Lihat Kunci Jawaban

Jawaban: B. Mengajak teman-temannya untuk membersihkan bersama dan membuang sampah ke tempatnya.

Pembahasan: Pilihan B menunjukkan inisiatif, kepedulian lingkungan, dan semangat gotong royong (Sila ke-3 dan ke-5) yang kuat bahkan di usia muda. Bima menganalisis masalah kebersihan, mengevaluasi sumber daya yang ia miliki (teman-teman), dan menciptakan solusi sederhana namun efektif.

9. Saat upacara bendera, ada seorang teman yang tidak fokus dan bermain sendiri. Guru sudah sering mengingatkan pentingnya mengikuti upacara dengan khidmat. Apa makna penting dari mengikuti upacara bendera dengan tertib bagi siswa Kelas 3?

  • A. Agar cepat selesai dan bisa istirahat.
  • B. Menghormati jasa para pahlawan dan menumbuhkan rasa cinta tanah air.
  • C. Hanya untuk menunjukkan kepada guru bahwa kita anak baik.
  • D. Karena dipaksa oleh peraturan sekolah.
  • E. Agar terlihat pintar di depan teman-teman.
Lihat Kunci Jawaban

Jawaban: B. Menghormati jasa para pahlawan dan menumbuhkan rasa cinta tanah air.

Pembahasan: Pilihan B menjelaskan makna filosofis di balik kegiatan upacara bendera, yaitu menumbuhkan nilai nasionalisme dan patriotisme (Sila ke-3). Soal ini mendorong siswa untuk menganalisis tujuan dari suatu kegiatan dan mengevaluasi relevansinya dengan nilai-nilai kebangsaan.

10. Di kelas, ada peraturan bahwa setiap siswa harus menjaga ketenangan saat guru menjelaskan pelajaran. Namun, ada beberapa siswa yang sering berbicara sendiri dan mengganggu teman lain. Bagaimana cara terbaik untuk mengingatkan teman agar peraturan kelas ditaati, sesuai dengan nilai musyawarah?

  • A. Langsung melaporkan ke guru setiap kali ada yang berbicara.
  • B. Mengajak teman-teman yang terganggu untuk sama-sama menegur mereka secara kasar.
  • C. Mengajak teman-teman yang sering berbicara untuk berdiskusi di luar jam pelajaran tentang pentingnya menjaga ketenangan bersama-sama.
  • D. Mengabaikan saja karena itu bukan urusannya.
  • E. Pindah tempat duduk agar tidak terganggu.
Lihat Kunci Jawaban

Jawaban: C. Mengajak teman-teman yang sering berbicara untuk berdiskusi di luar jam pelajaran tentang pentingnya menjaga ketenangan bersama-sama.

Pembahasan: Pilihan C menunjukkan pendekatan yang mengedepankan musyawarah dan kekeluargaan (Sila ke-4) serta tanggung jawab bersama dalam menjaga kenyamanan belajar. Siswa diajak untuk menganalisis masalah, mengevaluasi berbagai cara penyelesaian, dan memilih metode yang paling konstruktif.

11. Saat pelajaran kelompok, Rani dan teman-temannya mendapat tugas membuat poster tentang hak anak. Rani ingin posternya paling bagus, jadi ia mengerjakan semuanya sendiri tanpa melibatkan teman-temannya. Apa akibat dari tindakan Rani terhadap kelompoknya?

  • A. Poster kelompok Rani akan menjadi yang paling bagus.
  • B. Teman-teman Rani akan merasa bangga karena punya poster terbaik.
  • C. Teman-teman Rani tidak belajar bekerja sama dan mungkin merasa tidak dihargai.
  • D. Guru akan memuji Rani karena bekerja keras sendirian.
  • E. Rani akan mendapatkan nilai lebih tinggi daripada teman-temannya.
Lihat Kunci Jawaban

Jawaban: C. Teman-teman Rani tidak belajar bekerja sama dan mungkin merasa tidak dihargai.

Pembahasan: Soal ini meminta siswa untuk menganalisis dampak dari suatu tindakan (tidak bekerja sama) terhadap dinamika kelompok dan nilai-nilai Pancasila (Sila ke-3, Persatuan Indonesia, dan Sila ke-5, Keadilan Sosial). Ini menguji pemahaman tentang pentingnya kolaborasi dan penghargaan terhadap kontribusi setiap anggota.

12. Di lingkungan rumah Sinta, ada anak baru pindahan dari kota lain. Anak itu terlihat pendiam dan sering bermain sendiri. Sinta ingin sekali mengajaknya bermain, tetapi ia tidak tahu caranya. Apa yang sebaiknya Sinta lakukan agar anak baru itu merasa nyaman dan bisa bergabung bermain?

  • A. Menunggu anak itu mendekat dan berbicara duluan.
  • B. Mengajak teman-teman lain untuk menjauhi anak baru itu agar ia tidak mengganggu.
  • C. Mendekati anak itu dengan ramah, memperkenalkan diri, dan mengajaknya bermain permainan yang mudah dipahami bersama.
  • D. Mengirimkan surat undangan bermain melalui tetangga.
  • E. Meminta orang tuanya untuk berbicara dengan orang tua anak baru itu.
Lihat Kunci Jawaban

Jawaban: C. Mendekati anak itu dengan ramah, memperkenalkan diri, dan mengajaknya bermain permainan yang mudah dipahami bersama.

Pembahasan: Pilihan C menunjukkan inisiatif, empati, dan sikap inklusif (Sila ke-2 dan ke-3) untuk menyambut anggota baru di lingkungan. Sinta menganalisis situasi sosial, mengevaluasi cara-cara berinteraksi, dan menciptakan solusi untuk membangun pertemanan.

13. Setiap hari Senin, sekolah mengadakan upacara bendera. Seluruh siswa dan guru wajib mengikutinya. Mengapa mengikuti upacara bendera adalah salah satu bentuk kewajiban kita sebagai pelajar?

  • A. Agar tidak dihukum oleh guru.
  • B. Untuk menunjukkan rasa hormat kepada negara dan menumbuhkan disiplin.
  • C. Karena semua teman lain juga ikut.
  • D. Supaya bisa melihat teman-teman di lapangan.
  • E. Agar bisa bolos pelajaran pertama.
Lihat Kunci Jawaban

Jawaban: B. Untuk menunjukkan rasa hormat kepada negara dan menumbuhkan disiplin.

Pembahasan: Pilihan B menjelaskan alasan yang lebih dalam dan bermakna dari kewajiban mengikuti upacara, yaitu menumbuhkan rasa nasionalisme (Sila ke-3) dan disiplin. Ini melatih siswa untuk menganalisis alasan di balik suatu kewajiban, bukan hanya sekadar melakukannya.

14. Guru meminta setiap kelompok membuat poster tentang pentingnya menjaga kebersihan lingkungan sekolah. Kelompok Andi kesulitan mencari ide gambar. Apa yang sebaiknya dilakukan kelompok Andi agar tugas mereka selesai dengan baik?

  • A. Menyerah dan tidak membuat poster.
  • B. Hanya Andi yang menggambar sendirian.
  • C. Berdiskusi bersama, mencari ide dari buku atau internet, lalu membagi tugas menggambar dan menulis.
  • D. Menunggu kelompok lain selesai lalu meniru ide mereka.
  • E. Menyuruh guru untuk memberikan ide gambar.
Lihat Kunci Jawaban

Jawaban: C. Berdiskusi bersama, mencari ide dari buku atau internet, lalu membagi tugas menggambar dan menulis.

Pembahasan: Pilihan C menunjukkan sikap kolaborasi, pemecahan masalah, dan tanggung jawab bersama (Sila ke-3 dan ke-4). Kelompok Andi menganalisis masalah (kesulitan ide), mengevaluasi sumber daya (buku, internet, anggota kelompok), dan menciptakan strategi untuk menyelesaikan tugas secara efektif.

15. Di kelas 3, ada beberapa siswa yang berasal dari daerah berbeda dengan adat istiadat yang unik. Saat jam istirahat, mereka sering berbagi cerita tentang daerah asal mereka. Bagaimana sikap yang paling tepat yang harus ditunjukkan oleh seluruh siswa di kelas?

  • A. Mengolok-olok cerita teman yang berbeda.
  • B. Tidak peduli dan tetap bermain sendiri.
  • C. Mendengarkan dengan antusias dan bertanya jika ada yang tidak dimengerti.
  • D. Meminta teman-teman tersebut untuk tidak bercerita tentang daerahnya.
  • E. Menganggap cerita mereka tidak penting.
Lihat Kunci Jawaban

Jawaban: C. Mendengarkan dengan antusias dan bertanya jika ada yang tidak dimengerti.

Pembahasan: Pilihan C menunjukkan sikap menghargai keberagaman, toleransi, dan rasa ingin tahu yang positif (Sila ke-3). Siswa diajak untuk menganalisis situasi keberagaman, mengevaluasi respons yang tepat, dan menciptakan lingkungan yang inklusif dan saling belajar.

16. Pada hari Minggu, keluarga Budi berencana pergi ke kebun binatang. Namun, Ibu Budi tiba-tiba sakit. Apa yang sebaiknya Budi lakukan agar keluarganya tetap bisa menikmati hari Minggu dan Ibu Budi juga bisa beristirahat?

  • A. Memaksa pergi ke kebun binatang karena sudah direncanakan.
  • B. Merajuk dan marah-marah karena rencana liburan batal.
  • C. Membatalkan rencana ke kebun binatang, membantu Ayah merawat Ibu, dan bermain di rumah dengan tenang.
  • D. Pergi sendiri ke kebun binatang tanpa Ibu dan Ayah.
  • E. Menonton TV seharian tanpa peduli dengan Ibu.
Lihat Kunci Jawaban

Jawaban: C. Membatalkan rencana ke kebun binatang, membantu Ayah merawat Ibu, dan bermain di rumah dengan tenang.

Pembahasan: Pilihan C menunjukkan empati, tanggung jawab keluarga, dan kemampuan untuk mengorbankan keinginan pribadi demi kebaikan bersama (Sila ke-2 dan ke-5). Budi menganalisis situasi darurat keluarga, mengevaluasi prioritas, dan menciptakan solusi yang menunjukkan kepedulian.

17. Saat pelajaran olahraga, ada seorang teman yang kesulitan melakukan gerakan senam. Teman-teman lain menertawakannya. Bagaimana sikap yang seharusnya ditunjukkan oleh siswa yang melihat kejadian tersebut?

  • A. Ikut menertawakan agar tidak dianggap tidak asyik.
  • B. Diam saja dan tidak peduli.
  • C. Menegur teman-teman yang menertawakan dan membantu teman yang kesulitan.
  • D. Melaporkan teman yang kesulitan kepada guru agar dihukum.
  • E. Pura-pura tidak melihat.
Lihat Kunci Jawaban

Jawaban: C. Menegur teman-teman yang menertawakan dan membantu teman yang kesulitan.

Pembahasan: Pilihan C menunjukkan keberanian untuk membela kebenaran, empati, dan semangat tolong-menolong (Sila ke-2). Siswa diajak menganalisis situasi ketidakadilan, mengevaluasi pilihan tindakan, dan menciptakan lingkungan yang lebih positif dan mendukung.

18. Di sekolah, ada program menabung. Setiap siswa dianjurkan untuk menabung sebagian uang jajan mereka. Mengapa menabung adalah perilaku yang baik dan sesuai dengan nilai Pancasila?

  • A. Agar bisa membeli mainan mahal setiap hari.
  • B. Melatih hidup hemat, mandiri, dan merencanakan masa depan, sesuai dengan nilai keadilan sosial.
  • C. Agar uang jajan cepat habis.
  • D. Karena disuruh oleh guru.
  • E. Agar bisa pamer punya banyak uang.
Lihat Kunci Jawaban

Jawaban: B. Melatih hidup hemat, mandiri, dan merencanakan masa depan, sesuai dengan nilai keadilan sosial.

Pembahasan: Pilihan B menjelaskan manfaat menabung yang lebih luas dan kaitannya dengan nilai-nilai Pancasila, khususnya keadilan sosial (Sila ke-5) yang mencakup kemakmuran bersama dan perencanaan yang bijak. Ini melatih siswa menganalisis hubungan antara tindakan sederhana dengan nilai-nilai luhur.

19. Saat bermain di taman, ada anak yang merusak tanaman bunga. Teman-teman lain melihatnya tetapi takut menegur. Apa yang harus dilakukan agar tanaman di taman tetap terjaga keindahannya?

  • A. Membiarkan saja karena bukan tanaman miliknya.
  • B. Ikut merusak tanaman agar tidak sendirian.
  • C. Menegur anak tersebut dengan sopan dan mengingatkan untuk menjaga lingkungan bersama.
  • D. Melaporkan kepada orang tua anak yang merusak.
  • E. Memasang papan peringatan 'Dilarang Merusak Tanaman'.
Lihat Kunci Jawaban

Jawaban: C. Menegur anak tersebut dengan sopan dan mengingatkan untuk menjaga lingkungan bersama.

Pembahasan: Pilihan C menunjukkan sikap berani menegakkan kebenaran, kepedulian terhadap lingkungan, dan tanggung jawab sosial (Sila ke-2 dan ke-5). Siswa diajak menganalisis masalah vandalisme, mengevaluasi cara menegur yang efektif, dan menciptakan solusi langsung.

20. Di kelas, guru membentuk kelompok belajar. Setiap anggota kelompok harus aktif memberikan ide. Ada satu teman yang selalu diam dan tidak mau berbicara. Bagaimana cara yang paling baik untuk mengajak teman itu berpartisipasi?

  • A. Membiarkannya saja karena ia memang pendiam.
  • B. Memarahinya agar mau bicara.
  • C. Memberi tugas khusus yang mudah dan memintanya untuk berbagi ide secara bergantian atau bertanya langsung dengan ramah.
  • D. Mengeluarkannya dari kelompok.
  • E. Mengeluh kepada guru tentang teman tersebut.
Lihat Kunci Jawaban

Jawaban: C. Memberi tugas khusus yang mudah dan memintanya untuk berbagi ide secara bergantian atau bertanya langsung dengan ramah.

Pembahasan: Pilihan C menunjukkan empati, inklusivitas, dan strategi komunikasi yang efektif (Sila ke-2). Siswa diajak menganalisis penyebab teman tidak berpartisipasi, mengevaluasi berbagai pendekatan, dan menciptakan cara untuk mendorong partisipasi aktif semua anggota kelompok.

B. Isian Singkat

1. Jelaskan mengapa menjaga kebersihan kelas merupakan tanggung jawab seluruh siswa, bukan hanya petugas kebersihan!

Jawaban: Menjaga kebersihan kelas adalah tanggung jawab seluruh siswa karena kelas adalah tempat belajar kita bersama. Jika kelas bersih, kita semua akan nyaman belajar, terhindar dari penyakit, dan merasa betah di sekolah. Ini juga melatih kita untuk peduli lingkungan dan bekerja sama.

2. Bagaimana sikapmu jika ada teman yang mengejek teman lain karena warna kulitnya berbeda? Apa alasannya?

Jawaban: Sikap saya adalah menegur teman yang mengejek dengan sopan dan mengingatkannya bahwa semua orang sama di mata Tuhan dan kita harus saling menghargai perbedaan. Mengejek orang lain karena fisik itu tidak baik dan melanggar nilai kemanusiaan yang adil dan beradab (Sila ke-2).

3. Mengapa kita harus mengikuti aturan yang ada di sekolah? Berikan dua alasan penting!

Jawaban: Kita harus mengikuti aturan di sekolah agar tercipta ketertiban dan kedisiplinan, sehingga proses belajar mengajar berjalan lancar. Kedua, dengan mengikuti aturan, kita belajar bertanggung jawab dan menghargai hak orang lain, yang merupakan dasar dari kehidupan bermasyarakat yang harmonis.

4. Sebutkan satu contoh perilaku di rumah yang mencerminkan sila 'Persatuan Indonesia' dan jelaskan mengapa!

Jawaban: Contoh perilaku adalah saling membantu pekerjaan rumah tangga antara anggota keluarga, misalnya adik membantu kakak merapikan mainan. Ini mencerminkan 'Persatuan Indonesia' karena menunjukkan kebersamaan, kekompakan, dan gotong royong dalam keluarga untuk mencapai tujuan bersama, yaitu rumah yang rapi dan nyaman.

5. Jika kamu melihat ada teman yang kesulitan memahami pelajaran, apa yang bisa kamu lakukan untuk membantunya tanpa mengganggu proses belajar orang lain?

Jawaban: Saya bisa menawarkan bantuan untuk menjelaskan kembali bagian yang sulit setelah pelajaran selesai atau saat jam istirahat. Saya juga bisa mengajaknya untuk belajar bersama di rumah atau di perpustakaan sekolah. Ini adalah bentuk kepedulian sosial dan semangat kebersamaan.

C. Uraian

1. Bayangkan di lingkungan tempat tinggalmu akan diadakan acara peringatan Hari Kemerdekaan. Pak RT meminta setiap anak untuk ikut berpartisipasi dalam persiapan. Jelaskan tiga cara yang bisa kamu lakukan untuk berkontribusi dalam acara tersebut, sertakan alasan mengapa setiap kontribusimu itu penting bagi kesuksesan acara!

Contoh Jawaban: 1. **Membantu dekorasi lingkungan:** Saya bisa membantu membuat hiasan seperti bendera kecil, lampion, atau umbul-umbul bersama teman-teman. Ini penting untuk menciptakan suasana meriah dan menunjukkan semangat kebersamaan dalam menyambut Hari Kemerdekaan.2. **Ikut serta dalam lomba:** Saya bisa mendaftar dan berlatih untuk mengikuti lomba yang diadakan, misalnya lomba makan kerupuk atau balap karung. Partisipasi ini penting untuk menambah semangat kompetisi yang sehat, menghibur warga, dan menunjukkan bahwa anak-anak juga aktif dalam perayaan.3. **Menjaga kebersihan area acara:** Saya bisa membantu memungut sampah atau merapikan kursi setelah acara selesai. Ini penting agar lingkungan tetap bersih dan nyaman, serta menunjukkan tanggung jawab kita sebagai warga yang baik untuk menjaga fasilitas umum.

2. Di kelasmu, ada peraturan bahwa setiap siswa harus bergantian menggunakan fasilitas umum seperti komputer di perpustakaan atau alat olahraga. Namun, ada temanmu yang selalu ingin menggunakan duluan dan tidak mau mengalah. Bagaimana kamu akan mengatasi masalah ini agar temanmu mau memahami pentingnya antre dan berbagi, serta menjaga keadilan di kelas?

Contoh Jawaban: Saya akan mendekati teman tersebut dengan tenang dan berbicara baik-baik. Saya akan mengingatkannya bahwa ada peraturan untuk bergantian agar semua teman mendapatkan kesempatan yang sama. Saya bisa menjelaskan bahwa antre itu penting agar tidak ada yang merasa dirugikan dan semua bisa menggunakan fasilitas dengan nyaman. Jika ia masih sulit mengerti, saya mungkin akan meminta bantuan guru untuk menjelaskan ulang pentingnya berbagi dan antre, agar ia memahami bahwa ini demi kebaikan bersama dan sesuai dengan nilai keadilan sosial (Sila ke-5).

3. Kamu melihat di berita televisi ada sebuah daerah yang terkena bencana banjir. Banyak warga kehilangan rumah dan kesulitan mendapatkan makanan. Sebagai siswa kelas 3, apa yang bisa kamu lakukan bersama teman-temanmu di sekolah untuk membantu mereka? Jelaskan langkah-langkah konkretnya!

Contoh Jawaban: Bersama teman-teman di sekolah, kami bisa berdiskusi dengan guru untuk mengadakan penggalangan dana atau pengumpulan barang. Langkah-langkahnya:1. **Mengadakan kotak amal:** Kami bisa membuat kotak amal kecil di kelas dan mengajak teman-teman menyumbangkan sedikit uang jajan mereka secara sukarela.2. **Mengumpulkan barang layak pakai:** Kami bisa mengajak teman-teman membawa pakaian, buku, atau mainan yang masih layak pakai untuk disumbangkan.3. **Membuat kartu semangat:** Kami bisa membuat kartu ucapan berisi pesan semangat untuk korban banjir.Semua hasil ini kemudian bisa kami serahkan kepada guru untuk disalurkan melalui lembaga yang terpercaya. Ini menunjukkan kepedulian sosial dan semangat kemanusiaan (Sila ke-2).

4. Jelaskan mengapa keberagaman suku, agama, dan budaya di Indonesia merupakan kekayaan yang harus kita jaga, bukan alasan untuk bertengkar. Berikan contoh bagaimana kamu menjaga keberagaman itu di sekolah!

Contoh Jawaban: Keberagaman suku, agama, dan budaya adalah kekayaan bangsa Indonesia karena membuat negara kita unik dan indah. Jika semua sama, pasti membosankan. Perbedaan ini mengajarkan kita untuk saling menghargai, toleransi, dan belajar banyak hal baru dari teman yang berbeda. Ini adalah cerminan dari Bhinneka Tunggal Ika dan nilai Persatuan Indonesia (Sila ke-3).Di sekolah, saya menjaga keberagaman dengan cara:1. **Bermain dengan semua teman:** Tidak membeda-bedakan teman berdasarkan suku atau agama mereka.2. **Mendengarkan cerita teman:** Jika ada teman yang bercerita tentang adat atau tradisi daerahnya, saya akan mendengarkan dengan antusias dan bertanya jika penasaran.3. **Menghargai perbedaan pendapat:** Jika ada diskusi, saya akan menghargai pendapat teman meskipun berbeda dengan pendapat saya.

5. Pemerintah membuat aturan lalu lintas untuk menjaga keselamatan pengguna jalan. Namun, kadang ada pengendara motor yang tidak memakai helm atau menerobos lampu merah. Mengapa menaati aturan lalu lintas itu penting bagi kita semua, termasuk anak-anak yang hanya sebagai penumpang atau pejalan kaki?

Contoh Jawaban: Menaati aturan lalu lintas sangat penting bagi kita semua, termasuk anak-anak, karena:1. **Menjaga keselamatan:** Aturan dibuat untuk melindungi kita dari kecelakaan. Jika ada yang melanggar, bisa membahayakan diri sendiri dan orang lain. Misalnya, memakai helm itu untuk melindungi kepala.2. **Menciptakan ketertiban:** Dengan menaati aturan, jalanan menjadi tertib dan tidak macet, sehingga perjalanan menjadi nyaman.3. **Mencerminkan tanggung jawab:** Menaati aturan adalah bentuk tanggung jawab kita sebagai warga negara yang baik. Ini juga mengajarkan kita tentang keadilan sosial (Sila ke-5), di mana semua orang berhak atas keselamatan di jalan. Meskipun anak-anak hanya penumpang atau pejalan kaki, kita bisa mengingatkan orang dewasa untuk menaati aturan atau memberi contoh dengan menyeberang di zebra cross.

D. Mencocokkan

Set 1. Pasangkanlah sikap atau perilaku di sebelah kiri dengan nilai Pancasila yang paling sesuai di sebelah kanan!

Menolong teman yang terjatuh saat bermain.=>Kemanusiaan yang Adil dan Beradab
Berdoa sebelum dan sesudah belajar.=>Ketuhanan Yang Maha Esa
Bermain bersama teman dari berbagai daerah tanpa membeda-bedakan.=>Persatuan Indonesia
Melakukan musyawarah untuk menentukan ketua kelas.=>Kerakyatan yang Dipimpin oleh Hikmat Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan/Perwakilan
Membagi tugas piket kelas secara adil kepada semua anggota.=>Keadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia

Set 2. Pasangkanlah permasalahan di sekolah atau lingkungan dengan solusi yang paling tepat berdasarkan nilai-nilai PPKn!

Ada teman yang membuang sampah sembarangan di kelas.=>Mengingatkan teman dengan sopan dan mengajaknya membuang sampah pada tempatnya.
Beberapa tanaman di taman sekolah layu karena tidak disiram.=>Mengajak teman-teman membuat jadwal piket menyiram tanaman secara bergantian.
Ada teman yang kesulitan memahami pelajaran matematika.=>Menawarkan bantuan untuk menjelaskan kembali materi setelah jam pelajaran selesai.
Saat bermain, ada teman yang ingin menang sendiri dan tidak mau berbagi mainan.=>Mengajak teman untuk berdiskusi tentang pentingnya berbagi dan bermain bersama secara adil.
Lingkungan sekitar rumah kotor karena banyak sampah berserakan.=>Mengajak keluarga dan tetangga untuk kerja bakti membersihkan lingkungan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *