Materi ini dirancang untuk siswa Kelas 1 SD pada Tema 1 'Diri Sendiri', sesuai Kurikulum Merdeka. Siswa akan diajak untuk memahami identitas diri, anggota tubuh, panca indra, cara merawat tubuh, serta pentingnya menjaga kebersihan dan kesehatan. Soal-soal HOTS akan melatih kemampuan berpikir kritis, menganalisis situasi, mengevaluasi pilihan, dan menciptakan solusi sederhana dalam konteks kehidupan sehari-hari mereka, mempersiapkan mereka menjadi pembelajar yang mandiri dan peduli.
A. Pilihan Ganda
1. Ani baru masuk sekolah. Dia ingin punya banyak teman. Saat bertemu teman baru, apa cara paling baik yang Ani lakukan untuk berkenalan?
- A. Diam saja dan menunggu diajak bicara
- B. Bersembunyi di belakang ibu
- C. Senyum, menyapa, dan menyebutkan nama
- D. Langsung mengajak bermain tanpa bicara
- E. Menangis karena malu
Lihat Kunci Jawaban
Jawaban: C. Senyum, menyapa, dan menyebutkan nama
Pembahasan: Senyum, menyapa, dan menyebutkan nama adalah cara yang sopan, ramah, dan efektif untuk memulai perkenalan. Ini menunjukkan sikap positif dan keinginan untuk berteman, yang merupakan keterampilan sosial dasar untuk membangun hubungan baik (C5 – Mengevaluasi tindakan sosial yang efektif).
2. Jonas suka sekali bermain di luar rumah. Setelah bermain, tangannya kotor penuh tanah. Mengapa Jonas harus segera mencuci tangannya dengan sabun dan air bersih?
- A. Agar tangannya harum dan terlihat putih
- B. Agar bisa bermain lagi tanpa dimarahi ibu
- C. Agar tidak ada kuman yang masuk ke tubuhnya dan membuatnya sakit
- D. Agar tangannya tidak lengket
- E. Agar mainannya tidak ikut kotor
Lihat Kunci Jawaban
Jawaban: C. Agar tidak ada kuman yang masuk ke tubuhnya dan membuatnya sakit
Pembahasan: Mencuci tangan dengan sabun dan air bersih adalah tindakan penting untuk menghilangkan kuman penyebab penyakit yang menempel di tangan setelah beraktivitas. Ini mencegah kuman masuk ke tubuh dan menjaga kesehatan (C4 – Menganalisis sebab-akibat dari kebersihan diri).
3. Ayah mengajak Budi berolahraga pagi setiap hari Minggu. Mengapa kegiatan berolahraga pagi sangat baik untuk kesehatan tubuh Budi?
- A. Membuat Budi cepat lelah dan mengantuk
- B. Membuat tubuh Budi kuat, bugar, dan tidak mudah sakit
- C. Membuat Budi cepat lapar dan ingin makan banyak
- D. Membuat Budi bisa tidur lebih lama di siang hari
- E. Membuat Budi terlihat lebih tinggi
Lihat Kunci Jawaban
Jawaban: B. Membuat tubuh Budi kuat, bugar, dan tidak mudah sakit
Pembahasan: Olahraga secara teratur, terutama di pagi hari dengan udara segar, membantu meningkatkan kekuatan otot, menjaga kesehatan jantung, dan membuat tubuh lebih bugar. Ini merupakan dasar dari gaya hidup sehat dan mencegah penyakit (C4 – Menganalisis manfaat aktivitas fisik).
4. Lani memiliki rambut yang panjang dan indah. Apa yang harus Lani lakukan secara rutin agar rambutnya tetap bersih, sehat, dan tidak banyak kutu?
- A. Menyisir rambut setiap hari saja
- B. Membiarkan rambutnya selalu terurai
- C. Mencuci rambut dengan sampo secara teratur
- D. Mengikat rambutnya terus-menerus tanpa dicuci
- E. Mewarnai rambut agar terlihat berbeda
Lihat Kunci Jawaban
Jawaban: C. Mencuci rambut dengan sampo secara teratur
Pembahasan: Mencuci rambut dengan sampo secara teratur adalah cara paling efektif untuk membersihkan kotoran, minyak, dan mencegah kutu serta masalah kulit kepala lainnya. Ini penting untuk menjaga kebersihan dan kesehatan rambut (C5 – Mengevaluasi praktik perawatan diri yang tepat).
5. Di rumah, Edo punya aturan harus merapikan mainan setelah selesai bermain. Apa manfaat utama jika Edo selalu mematuhi aturan ini?
- A. Mainannya jadi lebih banyak
- B. Edo bisa bermain lebih lama
- C. Kamar jadi rapi, bersih, dan mudah mencari mainan
- D. Tidak perlu belajar lagi
- E. Edo bisa tidur lebih cepat
Lihat Kunci Jawaban
Jawaban: C. Kamar jadi rapi, bersih, dan mudah mencari mainan
Pembahasan: Mematuhi aturan merapikan mainan tidak hanya membuat kamar terlihat rapi dan bersih, tetapi juga memudahkan Edo menemukan mainannya lagi. Ini mengajarkan tanggung jawab dan dampak positif dari keteraturan (C4 – Menganalisis dampak positif dari kepatuhan terhadap aturan).
6. Siti melihat temannya, Dayu, sedang kesulitan membawa buku-buku yang banyak dan hampir terjatuh. Apa tindakan yang paling baik dilakukan Siti untuk membantu Dayu?
- A. Menertawakan Dayu yang kesusahan
- B. Pura-pura tidak melihat dan pergi
- C. Segera menghampiri dan membantu membawakan sebagian buku Dayu
- D. Menyuruh Dayu membawa sendiri karena itu tugasnya
- E. Melaporkan kepada guru tanpa berusaha membantu
Lihat Kunci Jawaban
Jawaban: C. Segera menghampiri dan membantu membawakan sebagian buku Dayu
Pembahasan: Membantu teman yang kesulitan adalah bentuk kepedulian, empati, dan kerjasama. Ini menunjukkan sikap positif dalam berinteraksi sosial dan meringankan beban orang lain (C5 – Mengevaluasi tindakan sosial yang berempati).
7. Setiap pagi, sebelum berangkat sekolah, Beni selalu sarapan. Mengapa sarapan pagi sangat penting untuk Beni sebelum belajar di sekolah?
- A. Agar perutnya kenyang sampai siang dan tidak perlu makan lagi
- B. Agar punya energi yang cukup untuk belajar dan bermain
- C. Agar bisa tidur di kelas tanpa merasa lapar
- D. Agar bisa membawa bekal lebih banyak
- E. Agar tidak perlu minum air putih
Lihat Kunci Jawaban
Jawaban: B. Agar punya energi yang cukup untuk belajar dan bermain
Pembahasan: Sarapan memberikan asupan energi dan nutrisi yang dibutuhkan tubuh dan otak untuk fokus belajar, berkonsentrasi, beraktivitas, dan bermain sepanjang hari. Tanpa sarapan, anak bisa lemas dan sulit belajar (C4 – Menganalisis kebutuhan dasar tubuh).
8. Udin suka sekali makan permen dan lupa menyikat gigi sebelum tidur. Apa yang mungkin terjadi pada gigi Udin jika dia terus-menerus lupa menyikat gigi?
- A. Giginya akan bersih dan putih
- B. Giginya akan semakin kuat dan banyak
- C. Giginya bisa berlubang, sakit, dan menjadi kuning
- D. Giginya akan bersinar dan indah
- E. Giginya akan tumbuh lebih cepat
Lihat Kunci Jawaban
Jawaban: C. Giginya bisa berlubang, sakit, dan menjadi kuning
Pembahasan: Sisa makanan, terutama gula dari permen, yang tidak dibersihkan dengan menyikat gigi akan memicu bakteri merusak email gigi, menyebabkan gigi berlubang, sakit, dan warnanya berubah. Ini mengajarkan konsekuensi dari kebersihan gigi yang buruk (C4 – Menganalisis konsekuensi dari kebiasaan buruk).
9. Lani memiliki banyak teman di sekolah. Dia selalu tersenyum dan menyapa teman-temannya. Mengapa sikap Lani ini sangat baik untuk menjalin pertemanan?
- A. Membuat Lani terlihat sombong dan ingin dipuji
- B. Membuat teman-temannya takut kepada Lani
- C. Membuat teman-temannya senang, merasa dihargai, dan ingin berteman dengan Lani
- D. Membuat Lani cepat lelah karena terlalu banyak bicara
- E. Membuat Lani sering dimarahi guru
Lihat Kunci Jawaban
Jawaban: C. Membuat teman-temannya senang, merasa dihargai, dan ingin berteman dengan Lani
Pembahasan: Sikap ramah, tersenyum, dan menyapa menunjukkan keramahan dan keterbukaan. Hal ini membuat orang lain merasa nyaman, dihargai, dan ingin berinteraksi, sehingga membangun hubungan pertemanan yang positif (C4 – Menganalisis dampak perilaku sosial positif).
10. Saat bermain di taman, Edo melihat ada sampah kertas berserakan di dekat bangku. Apa yang sebaiknya Edo lakukan untuk menjaga kebersihan taman?
- A. Membiarkan sampah itu karena bukan miliknya
- B. Melempar sampah ke semak-semak agar tidak terlihat
- C. Mengambil sampah itu dan membuangnya ke tempat sampah terdekat
- D. Menginjak sampah itu agar tidak mengganggu
- E. Menangis melihat taman yang kotor
Lihat Kunci Jawaban
Jawaban: C. Mengambil sampah itu dan membuangnya ke tempat sampah terdekat
Pembahasan: Tindakan ini menunjukkan kesadaran akan pentingnya menjaga kebersihan lingkungan bersama dan tanggung jawab individu. Membuang sampah pada tempatnya adalah langkah sederhana namun berdampak besar pada kebersihan dan kesehatan lingkungan (C5 – Mengevaluasi tindakan menjaga lingkungan).
11. Keluarga Doni selalu makan malam bersama di meja makan. Apa manfaat dari kebiasaan makan bersama keluarga ini?
- A. Agar makanan cepat habis dan tidak bersisa
- B. Agar bisa berebut makanan yang paling enak
- C. Mempererat hubungan keluarga, berbagi cerita, dan saling peduli
- D. Agar tidak perlu cuci piring setelah makan
- E. Agar bisa bermain sambil makan
Lihat Kunci Jawaban
Jawaban: C. Mempererat hubungan keluarga, berbagi cerita, dan saling peduli
Pembahasan: Makan bersama adalah momen penting bagi keluarga untuk berkumpul, berkomunikasi, dan memperkuat ikatan emosional. Ini membantu anggota keluarga merasa lebih dekat dan saling mendukung (C4 – Menganalisis manfaat interaksi keluarga).
12. Setiap pagi, sebelum mandi, Rina selalu merapikan tempat tidurnya. Jika Rina tidak merapikan tempat tidurnya, apa yang mungkin terjadi?
- A. Kamarnya akan terlihat lebih bagus dan unik
- B. Kamarnya akan berantakan, sulit mencari barang, dan tidak nyaman
- C. Rina bisa bermain lebih cepat
- D. Rina akan dimarahi teman-temannya
- E. Rina akan tidur lebih nyenyak di malam hari
Lihat Kunci Jawaban
Jawaban: B. Kamarnya akan berantakan, sulit mencari barang, dan tidak nyaman
Pembahasan: Merapikan tempat tidur adalah bagian dari menjaga kebersihan dan keteraturan kamar. Jika tidak dilakukan, kamar akan terlihat kotor, tidak teratur, dan menyulitkan aktivitas lain serta menciptakan suasana yang tidak nyaman (C4 – Menganalisis konsekuensi dari kebiasaan buruk).
13. Saat jam istirahat, Budi dan teman-temannya bermain kejar-kejaran di lapangan sekolah. Mengapa bermain di lapangan saat istirahat itu baik untuk tubuh mereka?
- A. Membuat mereka cepat lelah dan mengantuk
- B. Melatih otot tubuh, membuat badan sehat, dan menambah semangat
- C. Membuat mereka sulit belajar setelahnya
- D. Membuat mereka cepat lapar dan harus jajan
- E. Membuat mereka kotor dan harus segera mandi
Lihat Kunci Jawaban
Jawaban: B. Melatih otot tubuh, membuat badan sehat, dan menambah semangat
Pembahasan: Aktivitas fisik seperti bermain kejar-kejaran saat istirahat membantu melatih motorik kasar, memperkuat otot, dan menjaga kebugaran tubuh. Ini penting untuk pertumbuhan dan perkembangan anak serta membuat mereka lebih bersemangat (C4 – Menganalisis manfaat aktivitas fisik).
14. Doni melihat temannya, Edo, sedang menangis karena terjatuh saat berlari. Apa yang sebaiknya Doni lakukan untuk menunjukkan rasa peduli kepada Edo?
- A. Ikut menangis bersama Edo
- B. Menertawakan Edo karena ceroboh
- C. Menghampiri, bertanya mengapa Edo menangis, dan mencoba menolongnya
- D. Pura-pura tidak tahu dan melanjutkan bermain
- E. Meninggalkan Edo sendirian sampai gurunya datang
Lihat Kunci Jawaban
Jawaban: C. Menghampiri, bertanya mengapa Edo menangis, dan mencoba menolongnya
Pembahasan: Menghampiri dan menunjukkan perhatian adalah cara menunjukkan empati dan kepedulian kepada teman yang sedang sedih atau terluka. Ini adalah keterampilan sosial penting untuk membangun hubungan yang baik (C5 – Mengevaluasi tindakan empati).
15. Ibu selalu mengingatkan Dita untuk makan sayur dan buah setiap hari. Apa manfaat utama makan sayur dan buah bagi tubuh Dita?
- A. Membuat Dita tidak suka makanan lain
- B. Membuat Dita cepat kenyang dan gemuk
- C. Menjaga tubuh Dita agar tetap sehat, kuat, dan tidak mudah sakit
- D. Membuat Dita cepat tinggi
- E. Membuat Dita jadi pintar menggambar
Lihat Kunci Jawaban
Jawaban: C. Menjaga tubuh Dita agar tetap sehat, kuat, dan tidak mudah sakit
Pembahasan: Sayur dan buah kaya akan vitamin, mineral, dan serat yang penting untuk menjaga daya tahan tubuh, mencegah berbagai penyakit, dan memastikan tubuh berfungsi dengan baik. Ini adalah kunci untuk kesehatan yang optimal (C4 – Menganalisis manfaat nutrisi).
16. Saat berbaris di depan kelas, Beni selalu berdiri paling depan dan tidak mau mengalah kepada teman-temannya. Apa dampak dari sikap Beni yang selalu ingin di depan ini?
- A. Teman-temannya akan senang dan memuji Beni
- B. Teman-temannya mungkin merasa kesal, tidak adil, atau tidak suka berteman dengan Beni
- C. Beni akan menjadi pemimpin barisan
- D. Beni akan lebih cepat masuk kelas
- E. Beni akan lebih pintar dari teman-temannya
Lihat Kunci Jawaban
Jawaban: B. Teman-temannya mungkin merasa kesal, tidak adil, atau tidak suka berteman dengan Beni
Pembahasan: Sikap egois atau tidak mau mengalah dapat menimbulkan perasaan tidak senang atau tidak adil pada orang lain. Hal ini dapat merusak hubungan pertemanan dan menciptakan suasana yang tidak nyaman dalam kelompok (C4 – Menganalisis dampak perilaku pada orang lain).
17. Di pagi hari, udara terasa segar dan matahari bersinar cerah. Kegiatan apa yang paling tepat dilakukan di pagi hari untuk menjaga kesehatan tubuh?
- A. Tidur lagi di kamar yang gelap
- B. Bermain gadget di dalam rumah
- C. Berolahraga atau bermain di halaman rumah
- D. Makan permen dan minum es yang banyak
- E. Menonton TV seharian penuh
Lihat Kunci Jawaban
Jawaban: C. Berolahraga atau bermain di halaman rumah
Pembahasan: Pagi hari dengan udara segar dan sinar matahari adalah waktu yang ideal untuk berolahraga atau melakukan aktivitas fisik di luar ruangan. Ini dapat meningkatkan kebugaran, memperkuat tubuh, dan memberikan energi positif untuk memulai hari (C5 – Mengevaluasi pilihan aktivitas sehat).
18. Setelah makan, piring dan gelas kotor berserakan di meja makan. Apa yang seharusnya dilakukan setelah selesai makan untuk menjaga kebersihan rumah?
- A. Membiarkannya sampai besok pagi
- B. Membuang piring dan gelas kotor ke tempat sampah
- C. Mencuci piring dan gelas kotor hingga bersih
- D. Menumpuknya di dapur tanpa dicuci
- E. Menggunakan piring yang sama untuk makan berikutnya
Lihat Kunci Jawaban
Jawaban: C. Mencuci piring dan gelas kotor hingga bersih
Pembahasan: Mencuci peralatan makan setelah digunakan adalah langkah penting dalam menjaga kebersihan rumah, mencegah perkembangbiakan kuman, dan menciptakan lingkungan yang sehat dan nyaman (C5 – Mengevaluasi tindakan kebersihan rumah tangga).
19. Dayu memiliki kebiasaan membaca buku cerita sebelum tidur. Apa manfaat dari kebiasaan membaca buku cerita sebelum tidur bagi Dayu?
- A. Membuat Dayu cepat mengantuk dan langsung tidur
- B. Melatih kemampuan membaca, menambah kosakata, dan memperkaya imajinasi
- C. Membuat Dayu bisa bermain lebih lama
- D. Membuat Dayu cepat lapar di malam hari
- E. Membuat Dayu jadi pintar menggambar
Lihat Kunci Jawaban
Jawaban: B. Melatih kemampuan membaca, menambah kosakata, dan memperkaya imajinasi
Pembahasan: Membaca buku secara rutin, bahkan sebelum tidur, membantu melatih kemampuan literasi, memperkaya kosakata, dan mengembangkan imajinasi. Ini adalah dasar penting untuk perkembangan kognitif dan kecintaan pada belajar (C4 – Menganalisis manfaat kebiasaan positif).
20. Edo ingin memperkenalkan dirinya kepada teman barunya, Siti. Jika Edo ingin Siti mengingat namanya, hal penting apa yang harus ia lakukan saat memperkenalkan diri?
- A. Berbicara sangat cepat dan tidak jelas
- B. Berbicara terlalu pelan sehingga Siti tidak mendengar
- C. Menyebutkan namanya dengan jelas, ramah, dan tersenyum
- D. Menunjukkan mainannya saja tanpa menyebutkan nama
- E. Tidak perlu menyebutkan nama, biarkan Siti menebak
Lihat Kunci Jawaban
Jawaban: C. Menyebutkan namanya dengan jelas, ramah, dan tersenyum
Pembahasan: Berbicara dengan jelas, ramah, dan menunjukkan sikap positif (tersenyum) akan membantu orang lain memahami dan mengingat informasi yang disampaikan, dalam hal ini nama Edo. Ini adalah strategi komunikasi dasar yang efektif untuk perkenalan (C5 – Mengevaluasi strategi komunikasi yang efektif).
B. Isian Singkat
1. Kamu melihat temanmu sedang kesulitan mengikat tali sepatu. Apa yang akan kamu lakukan untuk membantunya?
Jawaban: Saya akan mendekatinya, bertanya apakah dia butuh bantuan, lalu membantunya mengikat tali sepatu atau menunjukkan cara mengikatnya dengan sabar.
2. Sebutkan 3 cara yang kamu lakukan setiap hari untuk menjaga tubuhmu tetap bersih dan sehat!
Jawaban: Mandi dua kali sehari, menyikat gigi dua kali sehari, dan mencuci tangan sebelum makan serta setelah dari toilet. (Bisa juga: makan makanan sehat, olahraga, tidur cukup).
3. Mengapa kita tidak boleh membuang sampah sembarangan di lingkungan sekolah atau di mana pun?
Jawaban: Agar lingkungan tetap bersih, indah, tidak bau, tidak menjadi sarang penyakit, dan nyaman untuk semua orang.
4. Jika kamu ingin punya banyak teman baru, sikap baik apa yang harus kamu tunjukkan? Sebutkan 2 sikap!
Jawaban: Tersenyum dan menyapa, ramah, suka menolong, tidak egois, berbagi. (Pilih 2 yang relevan).
5. Apa yang kamu rasakan jika ada teman yang mengejek namamu? Mengapa kamu merasa seperti itu?
Jawaban: Saya akan merasa sedih atau marah. Karena nama adalah identitas diri yang penting, pemberian orang tua, dan tidak boleh diejek atau dipermainkan oleh siapa pun.
C. Uraian
1. Bayangkan kamu adalah seorang guru di kelas 1. Bagaimana caramu menjelaskan kepada siswa tentang pentingnya menjaga kebersihan tangan agar tidak mudah sakit? Buatlah penjelasan yang mudah dimengerti anak kelas 1!
Contoh Jawaban: Saya akan bercerita tentang kuman-kuman kecil yang tidak terlihat mata tapi bisa membuat kita sakit. Saya akan menunjukkan gambar kuman, lalu mengajak siswa mempraktikkan cara mencuci tangan yang benar dengan sabun dan air mengalir sambil bernyanyi atau bermain peran agar lebih mudah diingat dan menyenangkan. Saya juga akan membuat poster sederhana tentang 'Ayo Cuci Tangan!' dan menempelnya di kelas sebagai pengingat.
2. Edo ingin menyusun jadwal kegiatan sehari-hari agar lebih teratur, mulai dari bangun tidur sampai tidur lagi. Buatlah contoh jadwal kegiatan sederhana untuk Edo yang mencakup kegiatan belajar, bermain, dan istirahat! (Sebutkan minimal 5 kegiatan penting dengan jamnya)
Contoh Jawaban: Contoh Jadwal Kegiatan Edo: 1. 06.00: Bangun tidur, merapikan tempat tidur 2. 06.30: Mandi dan sarapan 3. 07.00: Berangkat sekolah 4. 13.00: Pulang sekolah, makan siang, istirahat/tidur siang 5. 16.00: Bermain di rumah atau halaman 6. 18.00: Mandi sore dan membantu orang tua 7. 19.00: Makan malam bersama keluarga 8. 20.00: Belajar sebentar atau membaca buku cerita 9. 21.00: Tidur
3. Menurutmu, mengapa setiap orang memiliki ciri fisik yang berbeda-beda (misalnya ada yang rambut keriting, ada yang lurus; ada yang tinggi, ada yang pendek)? Apa hikmah dari perbedaan ini dan bagaimana seharusnya kita bersikap?
Contoh Jawaban: Setiap orang diciptakan berbeda agar kita bisa saling mengenali, melengkapi, dan membuat dunia ini jadi lebih berwarna. Hikmahnya adalah perbedaan itu indah dan membuat setiap orang istimewa dan unik. Kita seharusnya menghargai setiap perbedaan, tidak mengejek, dan tetap berteman baik dengan siapa pun tanpa memandang perbedaan fisik.
4. Jika kamu menemukan temanmu sedang bertengkar karena berebut mainan, apa yang akan kamu lakukan untuk membantu mereka agar bisa berdamai dan bermain bersama lagi? Jelaskan langkah-langkahmu!
Contoh Jawaban: Saya akan mendekati mereka dengan tenang dan mencoba menenangkan mereka agar tidak bertengkar lagi. Saya akan bertanya apa yang terjadi dan mencari tahu siapa yang memiliki mainan itu duluan atau mencari solusi agar mereka bisa bermain mainan itu secara bergantian. Saya akan mengingatkan mereka bahwa bertengkar itu tidak baik dan lebih menyenangkan jika bermain bersama dan berbagi.
5. Kamu dan temanmu akan membuat sebuah poster tentang 'Cara Merawat Tubuh'. Tuliskan 3 pesan penting yang akan kamu masukkan ke dalam poster tersebut agar teman-teman lain mudah memahaminya dan mau melakukannya!
Contoh Jawaban: Tiga pesan penting untuk poster 'Cara Merawat Tubuh': 1. 'Mandi Dua Kali Sehari, Tubuh Bersih Kuman Pergi!' (Disertai gambar anak mandi ceria) 2. 'Sikat Gigi Pagi dan Malam, Gigi Sehat Senyum Manis!' (Disertai gambar sikat gigi dan pasta gigi) 3. 'Cuci Tangan Pakai Sabun, Sebelum Makan Sesudah Main!' (Disertai gambar tangan dicuci dengan sabun)
D. Mencocokkan
Set 1. Pasangkan anggota panca indra dengan fungsinya yang tepat!
| Mata | => | Untuk melihat |
| Telinga | => | Untuk mendengar |
| Hidung | => | Untuk mencium bau |
| Lidah | => | Untuk mengecap rasa |
| Kulit | => | Untuk merasa (meraba) |
Set 2. Cocokkan kebiasaan baik berikut dengan manfaat yang sesuai!
| Mencuci tangan sebelum makan | => | Agar tidak ada kuman masuk ke tubuh |
| Merapikan tempat tidur setelah bangun | => | Agar kamar rapi dan nyaman |
| Berolahraga setiap pagi | => | Agar tubuh sehat dan kuat |
| Berbicara sopan kepada guru | => | Menunjukkan sikap hormat |
| Membantu teman yang kesulitan | => | Menunjukkan sikap peduli dan sayang |