Latihan Soal Biologi SMP Kelas 9 Lengkap: Pilihan Ganda, Isian, Uraian, dan Mencocokkan!

Posted on
Thumbnail

Persiapkan diri Anda menghadapi ujian biologi SMP kelas 9 dengan kumpulan soal terlengkap ini! Materi biologi kelas 9 mencakup berbagai topik penting seperti sistem reproduksi manusia, pewarisan sifat, bioteknologi, hingga ekologi dan pencemaran lingkungan. Memahami konsep-konsep ini sangat krusial untuk fondasi ilmu pengetahuan alam yang lebih lanjut. Kumpulan soal ini dirancang untuk menguji pemahaman Anda secara menyeluruh, mulai dari soal pilihan ganda yang melatih daya ingat dan analisis cepat, isian singkat untuk menguji detail, soal uraian untuk mengasah kemampuan menjelaskan, hingga soal mencocokkan untuk menghubungkan konsep. Latihan rutin dengan berbagai tipe soal ini akan membantu Anda mengidentifikasi area yang perlu diperkuat, meningkatkan kepercayaan diri, dan mempersiapkan Anda meraih nilai terbaik di ujian. Jangan lewatkan kesempatan untuk menguasai biologi kelas 9 sekarang juga!

Contoh Soal dan Pembahasan

A. Pilihan Ganda

  1. Proses pembentukan sel sperma pada laki-laki disebut…
    • Oogenesis
    • Ovulasi
    • Spermatogenesis
    • Menstruasi
    • Fertilisasi

    Jawaban: Spermatogenesis

    Pembahasan: Spermatogenesis adalah proses pembentukan spermatozoa (sel sperma) di dalam testis laki-laki.


  2. Organ reproduksi wanita yang berfungsi sebagai tempat terjadinya fertilisasi adalah…
    • Ovarium
    • Uterus
    • Vagina
    • Tuba fallopi (oviduk)
    • Serviks

    Jawaban: Tuba fallopi (oviduk)

    Pembahasan: Fertilisasi, yaitu peleburan sel sperma dan sel telur, umumnya terjadi di tuba fallopi.


  3. Penyakit menular seksual yang disebabkan oleh bakteri Treponema pallidum adalah…
    • Herpes Genitalis
    • AIDS
    • Sifilis
    • Gonore
    • Kencing Nanah

    Jawaban: Sifilis

    Pembahasan: Sifilis adalah PMS yang disebabkan oleh bakteri Treponema pallidum, sedangkan gonore disebabkan oleh Neisseria gonorrhoeae.


  4. Bagian sel yang membawa informasi genetik dan terdapat di dalam inti sel adalah…
    • Mitokondria
    • Ribosom
    • Kromosom
    • Vakuola
    • Sitoplasma

    Jawaban: Kromosom

    Pembahasan: Kromosom adalah struktur padat yang terdiri dari DNA dan protein, berfungsi membawa informasi genetik (gen) dan terdapat di dalam inti sel.


  5. Jika individu bergenotipe Mm disilangkan dengan sesamanya (Mm), berapa rasio fenotipe keturunan yang bersifat dominan heterozigot?
    • 1/4
    • 1/2
    • 3/4
    • 1
    • 0

    Jawaban: 1/2

    Pembahasan: Persilangan Mm x Mm menghasilkan genotipe MM : Mm : mm dengan rasio 1:2:1. Keturunan dominan heterozigot adalah Mm, yang rasionya adalah 2/4 atau 1/2.


  6. Prinsip dasar bioteknologi konvensional adalah…
    • Rekayasa genetika
    • Kloning
    • Pemanfaatan mikroorganisme secara langsung
    • Kultur jaringan
    • Transplantasi organ

    Jawaban: Pemanfaatan mikroorganisme secara langsung

    Pembahasan: Bioteknologi konvensional memanfaatkan mikroorganisme (seperti bakteri, jamur) secara langsung untuk menghasilkan produk tertentu, contohnya dalam pembuatan tempe atau yoghurt.


  7. Contoh produk bioteknologi modern adalah…
    • Tempe
    • Yoghurt
    • Antibiotik
    • Kecap
    • Tapai

    Jawaban: Antibiotik

    Pembahasan: Antibiotik, khususnya yang diproduksi secara massal melalui fermentasi terkontrol atau rekayasa genetika, termasuk produk bioteknologi modern. Sementara tempe, yoghurt, kecap, dan tapai adalah produk bioteknologi konvensional.


  8. Peran dekomposer dalam suatu ekosistem adalah…
    • Memproduksi makanan sendiri
    • Mengonsumsi organisme lain
    • Menguraikan sisa organisme mati
    • Menjadi sumber makanan bagi produsen
    • Melakukan fotosintesis

    Jawaban: Menguraikan sisa organisme mati

    Pembahasan: Dekomposer (pengurai) seperti bakteri dan jamur, berperan menguraikan sisa-sisa organisme mati menjadi zat anorganik yang dapat dimanfaatkan kembali oleh produsen.


  9. Berikut ini adalah komponen biotik dalam ekosistem, KECUALI…
    • Tumbuhan
    • Hewan
    • Bakteri
    • Air
    • Jamur

    Jawaban: Air

    Pembahasan: Air adalah komponen abiotik (tidak hidup) dalam ekosistem, sedangkan tumbuhan, hewan, bakteri, dan jamur adalah komponen biotik (hidup).


  10. Jika dalam suatu ekosistem terjadi peningkatan populasi ular, maka populasi yang kemungkinan akan menurun adalah…
    • Elang
    • Tikus
    • Rumput
    • Katak
    • Harimau

    Jawaban: Tikus

    Pembahasan: Ular merupakan predator bagi tikus. Peningkatan populasi ular akan menyebabkan penurunan populasi tikus karena predasi yang meningkat.


  11. Peristiwa fotosintesis pada tumbuhan menghasilkan…
    • Karbon dioksida dan air
    • Oksigen dan glukosa
    • Uap air dan glukosa
    • Nitrogen dan oksigen
    • Amilum dan air

    Jawaban: Oksigen dan glukosa

    Pembahasan: Fotosintesis adalah proses di mana tumbuhan mengubah karbon dioksida dan air menjadi glukosa (makanan) dan oksigen dengan bantuan cahaya matahari.


  12. Contoh daur biogeokimia yang paling banyak berperan dalam pembentukan protein adalah daur…
    • Karbon
    • Oksigen
    • Sulfur
    • Nitrogen
    • Fosfor

    Jawaban: Nitrogen

    Pembahasan: Nitrogen adalah komponen kunci asam amino yang membentuk protein. Daur nitrogen memastikan ketersediaan nitrogen di ekosistem.


  13. Pencemaran air oleh limbah domestik dapat menyebabkan…
    • Peningkatan kadar oksigen terlarut
    • Penurunan suhu air
    • Eutrofikasi
    • Peningkatan populasi ikan
    • Air menjadi jernih

    Jawaban: Eutrofikasi

    Pembahasan: Limbah domestik yang kaya nutrisi (fosfat dan nitrat) dapat menyebabkan eutrofikasi, yaitu pertumbuhan alga yang berlebihan, yang kemudian menguras oksigen saat mati dan terurai.


  14. Tahap-tahap perkembangan embrio setelah fertilisasi secara berurutan adalah…
    • Morula – Blastula – Gastrula
    • Gastrula – Morula – Blastula
    • Blastula – Gastrula – Morula
    • Morula – Gastrula – Blastula
    • Zigot – Blastula – Morula

    Jawaban: Morula – Blastula – Gastrula

    Pembahasan: Setelah zigot terbentuk, terjadi pembelahan sel berulang membentuk morula, kemudian blastula, dan akhirnya gastrula dengan pembentukan tiga lapisan embrionik.


  15. Jika seorang pria bergolongan darah A heterozigot menikah dengan wanita bergolongan darah B heterozigot, kemungkinan anak mereka bergolongan darah O adalah…
    • 0%
    • 25%
    • 50%
    • 75%
    • 100%

    Jawaban: 25%

    Pembahasan: Pria A heterozigot (Iᴬi) dan wanita B heterozigot (Iᴮi). Persilangan: (Iᴬi x Iᴮi) menghasilkan IᴬIᴮ, Iᴬi, Iᴮi, ii. Golongan darah O memiliki genotipe ii, dengan probabilitas 1/4 atau 25%.


  16. Proses pembentukan sel telur (ovum) pada wanita disebut…
    • Spermatogenesis
    • Ovulasi
    • Oogenesis
    • Menstruasi
    • Fertilisasi

    Jawaban: Oogenesis

    Pembahasan: Oogenesis adalah proses pembentukan dan perkembangan sel telur (ovum) di dalam ovarium wanita.


  17. Varietas tanaman unggul yang tahan hama dapat diciptakan melalui teknik…
    • Hidroponik
    • Aeroponik
    • Kultur jaringan
    • Rekayasa genetika
    • Fermentasi

    Jawaban: Rekayasa genetika

    Pembahasan: Rekayasa genetika memungkinkan transfer gen tertentu (misalnya gen ketahanan hama) dari satu organisme ke organisme lain untuk menciptakan varietas unggul.


  18. Perhatikan rantai makanan berikut: Rumput → Belalang → Katak → Ular → Elang. Organisme yang berperan sebagai konsumen tingkat III adalah…
    • Rumput
    • Belalang
    • Katak
    • Ular
    • Elang

    Jawaban: Ular

    Pembahasan: Rumput (produsen), Belalang (konsumen I), Katak (konsumen II), Ular (konsumen III), Elang (konsumen IV).


  19. Dampak utama dari efek rumah kaca yang berlebihan adalah…
    • Penipisan lapisan ozon
    • Peningkatan keanekaragaman hayati
    • Pemanasan global
    • Penurunan kadar CO₂ di atmosfer
    • Hujan asam

    Jawaban: Pemanasan global

    Pembahasan: Efek rumah kaca yang berlebihan akibat peningkatan gas rumah kaca memerangkap panas lebih banyak di atmosfer, menyebabkan peningkatan suhu rata-rata bumi atau pemanasan global.


  20. Mikroorganisme yang digunakan dalam pembuatan tempe adalah…
    • Lactobacillus bulgaricus
    • Acetobacter xylinum
    • Saccharomyces cerevisiae
    • Rhizopus oryzae
    • Penicillium chrysogenum

    Jawaban: Rhizopus oryzae

    Pembahasan: Jamur Rhizopus oryzae atau Rhizopus oligosporus adalah mikroorganisme utama yang digunakan dalam proses fermentasi kedelai menjadi tempe.


B. Isian Singkat

  1. Sel yang dihasilkan dari fertilisasi sel sperma dan sel telur disebut __________.
    Jawaban: Zigot

  2. Proses pelepasan sel telur dari ovarium disebut __________.
    Jawaban: Ovulasi

  3. Unit dasar pewarisan sifat yang terdapat dalam kromosom adalah __________.
    Jawaban: Gen

  4. Tanaman yang memiliki tiga pasang kromosom homolog dalam setiap selnya disebut __________.
    Jawaban: Triploid

  5. Interaksi antara makhluk hidup dengan lingkungannya membentuk suatu __________.
    Jawaban: Ekosistem

C. Uraian

  1. Jelaskan secara singkat proses spermatogenesis dan oogenesis!
    Jawaban/Pembahasan:
    Spermatogenesis adalah proses pembentukan sel sperma di testis, dimulai dari spermatogonium yang membelah secara mitosis, lalu meiosis menjadi spermatosit primer, sekunder, dan akhirnya spermatid yang berdiferensiasi menjadi spermatozoa fungsional. Oogenesis adalah proses pembentukan sel telur di ovarium, dimulai dari oogonium yang membelah mitosis, lalu meiosis menjadi oosit primer, sekunder, dan ootid yang berkembang menjadi ovum fungsional, dengan pembentukan badan polar.

  2. Sebutkan dan jelaskan 3 contoh bioteknologi konvensional beserta mikroorganisme yang berperan!
    Jawaban/Pembahasan:
    a. Tempe: Dibuat dari kedelai yang difermentasi oleh jamur Rhizopus oryzae/oligosporus. Jamur ini menghasilkan enzim yang mengubah protein kompleks menjadi asam amino sederhana, meningkatkan nilai gizi. b. Yoghurt: Dibuat dari susu yang difermentasi oleh bakteri Lactobacillus bulgaricus dan Streptococcus thermophilus. Bakteri mengubah laktosa menjadi asam laktat, membuat susu menggumpal dan berasa asam. c. Kecap: Dibuat dari kedelai dan gandum yang difermentasi oleh jamur Aspergillus oryzae untuk membentuk koji, lalu difermentasi lagi dengan bakteri asam laktat dan ragi untuk menghasilkan rasa khas.

  3. Bagaimana peran DNA dalam pewarisan sifat?
    Jawaban/Pembahasan:
    DNA (Deoxyribonucleic Acid) adalah materi genetik utama yang membawa instruksi untuk pembentukan dan fungsi semua sel hidup. DNA tersusun atas untaian nukleotida yang membentuk gen-gen. Gen-gen ini menentukan sifat-sifat yang diwariskan dari orang tua ke keturunannya, seperti warna mata, jenis rambut, golongan darah, dll. Melalui proses replikasi dan ekspresi gen (transkripsi dan translasi), informasi genetik ini diteruskan dan diekspresikan sebagai karakteristik individu.

  4. Apa yang dimaksud dengan pencemaran lingkungan? Sebutkan tiga jenis pencemaran lingkungan beserta contoh dampaknya!
    Jawaban/Pembahasan:
    Pencemaran lingkungan adalah masuknya atau dimasukkannya makhluk hidup, zat, energi, atau komponen lain ke dalam lingkungan oleh kegiatan manusia, sehingga kualitas lingkungan turun sampai ke tingkat tertentu yang menyebabkan lingkungan tidak dapat berfungsi sesuai peruntukannya. Tiga jenis pencemaran: a. Pencemaran Air: Masuknya limbah industri/domestik ke perairan. Dampak: Eutrofikasi (pertumbuhan alga berlebih), kematian organisme air, air tidak layak konsumsi. b. Pencemaran Udara: Pelepasan gas buang kendaraan, industri. Dampak: Hujan asam, pemanasan global, gangguan pernapasan, penipisan ozon. c. Pencemaran Tanah: Penumpukan sampah plastik, limbah B3. Dampak: Kesuburan tanah menurun, tanah tidak layak untuk pertanian, organisme tanah mati, air tanah tercemar.

  5. Jelaskan konsep piramida makanan dan berikan contohnya dalam suatu ekosistem!
    Jawaban/Pembahasan:
    Piramida makanan adalah representasi grafis yang menunjukkan hubungan trofik (makanan) antar organisme dalam suatu ekosistem, menggambarkan aliran energi dan biomassa dari tingkat trofik bawah ke tingkat trofik atas. Bagian dasar piramida selalu ditempati oleh produsen (organisme autotrof), diikuti oleh konsumen primer (herbivora), konsumen sekunder (karnivora yang makan herbivora), dan seterusnya. Jumlah energi dan biomassa biasanya berkurang di setiap tingkat trofik ke atas. Contoh: Tingkat 1 (Produsen): Rumput, pohon; Tingkat 2 (Konsumen Primer): Kelinci, belalang (makan rumput); Tingkat 3 (Konsumen Sekunder): Ular (makan kelinci/belalang); Tingkat 4 (Konsumen Tersier): Elang (makan ular).

D. Mencocokkan

  1. Cocokkanlah istilah-istilah di bawah ini dengan definisinya yang tepat!
    • Testis — Tempat pembentukan sel sperma
    • Ovarium — Tempat pembentukan sel telur
    • Zigot — Sel hasil fertilisasi
    • Gen — Unit dasar pewarisan sifat
    • Rekayasa Genetika — Proses mengubah susunan genetik organisme

  2. Cocokkanlah produk bioteknologi berikut dengan jenisnya!
    • Tempe — Bioteknologi Konvensional
    • Insulin rekombinan — Bioteknologi Modern
    • Vaksin — Bioteknologi Modern
    • Kecap — Bioteknologi Konvensional
    • Kultur Jaringan — Bioteknologi Modern

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *