
Memahami procedure text adalah salah satu kompetensi penting dalam pembelajaran Bahasa Inggris, terutama di tingkat SMP dan SMA. Teks prosedur mengajarkan kita cara melakukan atau membuat sesuatu melalui serangkaian langkah yang teratur dan mudah diikuti. Kemampuan untuk mengidentifikasi struktur, fitur kebahasaan, dan tujuan dari sebuah teks prosedur tidak hanya krusial untuk keberhasilan akademik, tetapi juga sangat relevan dalam kehidupan sehari-hari, mulai dari mengikuti resep masakan, menggunakan perangkat elektronik, hingga merakit perabot. Bank soal ini dirancang khusus untuk membantu Anda menguasai materi procedure text secara komprehensif. Dengan total 32 pertanyaan yang bervariasi—20 pilihan ganda, 5 isian singkat, 5 uraian, dan 2 mencocokkan—Anda akan diajak untuk mengidentifikasi struktur teks, menganalisis fitur kebahasaan seperti kata kerja imperatif dan konjungsi urutan, serta memahami tujuan komunikatifnya. Latihan intensif ini akan memperkuat pemahaman Anda, meningkatkan keterampilan membaca dan menulis teks prosedur, dan secara signifikan meningkatkan kesiapan Anda menghadapi berbagai jenis ujian Bahasa Inggris.
Contoh Soal soal bahasa inggris procedure text
1. Berdasarkan teks prosedur ‘How to Make a Cup of Coffee’, apa tujuan dari teks tersebut? (Teks: Ingredients: 1 sachet instant coffee, 2 teaspoons sugar, hot water, a cup, a spoon. Steps: 1. Prepare a cup and a spoon. 2. Put one sachet of instant coffee into the cup. 3. Add 2 teaspoons of sugar. 4. Pour hot water into the cup. 5. Stir well until the sugar dissolves. 6. Your cup of coffee is ready to serve.)
- A. A. Untuk mendeskripsikan kopi.
- B. B. Untuk menjelaskan cara membuat secangkir kopi.
- C. C. Untuk membujuk orang minum kopi.
- D. D. Untuk melaporkan tentang bahan-bahan kopi.
- E. E. Untuk menghibur pembaca dengan cerita kopi.
Penjelasan: Tujuan utama teks prosedur adalah menjelaskan bagaimana melakukan atau membuat sesuatu, dalam hal ini ‘how to make a cup of coffee’.
2. Berdasarkan teks prosedur ‘How to Make a Cup of Coffee’, manakah dari berikut ini yang BUKAN merupakan bahan yang disebutkan?
- A. A. Kopi instan
- B. B. Gula
- C. C. Air dingin
- D. D. Air panas
- E. E. Cangkir
Penjelasan: Bahan yang disebutkan adalah ‘hot water’ (air panas), bukan ‘cold water’ (air dingin).
3. Berdasarkan teks prosedur ‘How to Make a Cup of Coffee’, apa langkah pertama setelah menyiapkan cangkir dan sendok?
- A. A. Tambahkan gula.
- B. B. Tuang air panas.
- C. C. Masukkan kopi instan ke dalam cangkir.
- D. D. Aduk rata.
- E. E. Sajikan kopi.
Penjelasan: Langkah kedua yang disebutkan adalah ‘Put one sachet of instant coffee into the cup’.
4. Berdasarkan teks prosedur ‘How to Use a Blender’, sebelum mencolokkan blender, apa yang harus Anda lakukan? (Teks: Materials: Blender, ingredients to blend (e.g., fruits, vegetables), water/milk. Steps: 1. Make sure the blender is clean and assembled correctly. 2. Place the ingredients into the blender jar. 3. Add some liquid (water or milk) if needed. 4. Secure the lid tightly. 5. Plug the blender into an electrical outlet. 6. Select the desired speed or function. 7. Press the ‘on’ button to start blending. 8. Blend until smooth. 9. Press the ‘off’ button and unplug the blender. 10. Carefully remove the lid and pour out the contents.)
- A. A. Blender bahan-bahan.
- B. B. Kencangkan tutupnya dengan erat.
- C. C. Tuang isinya.
- D. D. Pilih kecepatan.
- E. E. Tekan tombol ‘on’.
Penjelasan: Langkah ‘Secure the lid tightly’ (langkah 4) dilakukan sebelum ‘Plug the blender into an electrical outlet’ (langkah 5).
5. Berdasarkan teks prosedur ‘How to Use a Blender’, kata ‘secure’ pada langkah 4 paling dekat artinya dengan…
- A. A. melonggarkan
- B. B. mengencangkan
- C. C. membuka
- D. D. melepas
- E. E. membersihkan
Penjelasan: ‘Secure’ berarti mengamankan atau mengencangkan, yang sinonim dengan ‘fasten’.
6. Manakah dari berikut ini yang biasanya BUKAN merupakan ciri khas teks prosedur?
- A. A. Menggunakan kata kerja imperatif.
- B. B. Menggunakan kata kerja tindakan.
- C. C. Menggunakan konjungsi temporal.
- D. D. Menggunakan bentuk past tense.
- E. E. Menggunakan langkah-langkah yang terperinci.
Penjelasan: Teks prosedur umumnya menggunakan present tense, bukan past tense.
7. Apa tujuan utama dari teks prosedur?
- A. A. Untuk menghibur pembaca.
- B. B. Untuk mendeskripsikan suatu hal tertentu.
- C. C. Untuk menjelaskan cara melakukan atau membuat sesuatu.
- D. D. Untuk membujuk pembaca melakukan sesuatu.
- E. E. Untuk melaporkan suatu kejadian.
Penjelasan: Tujuan utama teks prosedur adalah memberikan instruksi atau langkah-langkah untuk melakukan atau membuat sesuatu.
8. Manakah dari kata-kata berikut yang merupakan contoh kata kerja imperatif yang sering ditemukan dalam teks prosedur?
- A. A. Cooked
- B. B. Cooking
- C. C. Cook
- D. D. Cooks
- E. E. To cook
Penjelasan: ‘Cook’ adalah bentuk dasar kata kerja yang digunakan sebagai perintah (imperative verb).
9. ‘First, next, then, after that, finally’ adalah contoh dari…
- A. A. Kata benda
- B. B. Kata sifat
- C. C. Kata keterangan cara
- D. D. Konjungsi temporal
- E. E. Preposisi
Penjelasan: Kata-kata tersebut menunjukkan urutan waktu dalam sebuah prosedur.
10. Bagian mana dari teks prosedur yang biasanya menyatakan tujuan atau sasaran dari prosedur tersebut?
- A. A. Steps
- B. B. Materials
- C. C. Goal/Aim
- D. D. Conclusion
- E. E. Recommendation
Penjelasan: Bagian ‘Goal’ atau ‘Aim’ menjelaskan tujuan dari prosedur tersebut.
11. Susunlah kalimat-kalimat berikut menjadi teks prosedur yang baik:
1. Stir the mixture well.
2. Pour some milk into a glass.
3. Add two tablespoons of chocolate powder.
4. Serve it cold.
Urutan yang benar adalah…
- A. A. 2-3-1-4
- B. B. 2-1-3-4
- C. C. 3-2-1-4
- D. D. 2-4-1-3
- E. E. 3-1-2-4
Penjelasan: Urutan yang logis untuk membuat minuman adalah menuang susu (2), menambahkan bubuk (3), mengaduk (1), lalu menyajikan (4).
12. Jika sebuah teks prosedur menjelaskan cara mengoperasikan mesin cuci, jenis teks prosedur apakah itu?
- A. A. Resep
- B. B. Manual
- C. C. Eksperimen
- D. D. Cerita
- E. E. Laporan
Penjelasan: Teks yang menjelaskan cara mengoperasikan alat atau mesin disebut manual.
13. Rincian seperti apa yang biasanya tercantum di bawah ‘Materials’ atau ‘Ingredients’?
- A. A. Langkah-langkah yang harus diikuti.
- B. B. Tujuan teks.
- C. C. Alat dan zat yang dibutuhkan.
- D. D. Peringatan dan tindakan pencegahan.
- E. E. Hasil dari prosedur.
Penjelasan: Bagian ‘Materials’ atau ‘Ingredients’ berisi daftar alat dan bahan yang dibutuhkan.
14. Manakah dari kalimat berikut yang menggunakan kata kerja imperatif dengan benar untuk sebuah prosedur?
- A. A. She boils the water.
- B. B. Boiling the water.
- C. C. Boil the water!
- D. D. The water is boiled.
- E. E. To boil water.
Penjelasan: ‘Boil the water!’ adalah bentuk perintah (imperative verb) yang tepat.
15. Apa fungsi kata keterangan cara (misalnya, carefully, slowly, tightly) dalam teks prosedur?
- A. A. Untuk mendeskripsikan bahan-bahan.
- B. B. Untuk menyatakan tujuan.
- C. C. Untuk menjelaskan bagaimana suatu tindakan harus dilakukan.
- D. D. Untuk mencantumkan langkah-langkah secara berurutan.
- E. E. Untuk memberikan kesimpulan.
Penjelasan: Kata keterangan cara menjelaskan bagaimana suatu tindakan harus dilakukan.
16. Teks: ‘How to make a simple sandwich: First, take two slices of bread. Next, spread butter on one side of each slice. Then, place a slice of cheese between the bread. Finally, cut the sandwich diagonally and serve.’
Apa yang harus Anda lakukan setelah mengoleskan mentega?
- A. A. Potong sandwich.
- B. B. Ambil dua potong roti.
- C. C. Letakkan selembar keju.
- D. D. Sajikan sandwich.
- E. E. Makan sandwich.
Penjelasan: Setelah mengoleskan mentega (‘Next, spread butter…’), langkah selanjutnya adalah ‘Then, place a slice of cheese…’.
17. Dari teks ‘How to make a simple sandwich’, apa bahan utamanya?
- A. A. Mentega
- B. B. Keju
- C. C. Roti
- D. D. Pisau
- E. E. Piring
Penjelasan: Roti adalah bahan utama untuk membuat sandwich.
18. Jika sebuah teks memiliki judul ‘How to Tie Your Shoelaces’, jenis teks apakah itu?
- A. A. Naratif
- B. B. Recount
- C. C. Deskriptif
- D. D. Prosedur
- E. E. Eksplanasi
Penjelasan: Judul yang diawali dengan ‘How to…’ secara jelas menunjukkan teks prosedur.
19. Manakah dari berikut ini yang BUKAN merupakan fitur linguistik khas dari teks prosedur?
- A. A. Penggunaan simple present tense.
- B. B. Penggunaan kata kerja tindakan.
- C. C. Penggunaan istilah teknis.
- D. D. Penggunaan passive voice.
- E. E. Penggunaan kata urutan temporal.
Penjelasan: Teks prosedur umumnya menggunakan active voice dengan imperative verbs, bukan passive voice.
20. Penghubung paling umum apa yang digunakan untuk menunjukkan urutan langkah-langkah?
- A. A. Because
- B. B. Although
- C. C. First, then, next
- D. D. However
- E. E. Therefore
Penjelasan: ‘First, then, next’ adalah konjungsi urutan yang paling umum dalam teks prosedur.
21. Sebutkan salah satu kata kerja imperatif yang sering digunakan dalam teks prosedur!
Penjelasan: Kata kerja imperatif adalah kata kerja perintah yang digunakan untuk memberikan instruksi.
22. Apa tujuan utama dari teks prosedur?
Penjelasan: Ini adalah definisi inti dan tujuan komunikatif dari teks prosedur.
23. Bagian teks prosedur yang berisi daftar alat dan bahan disebut apa?
Penjelasan: Bagian ini merinci semua perlengkapan dan substansi yang dibutuhkan untuk prosedur tersebut.
24. Jika sebuah teks menjelaskan ‘How to Make a Fruit Salad’, apa bagian pertama yang biasanya disebutkan setelah judul?
Penjelasan: Setelah judul, struktur teks prosedur biasanya diikuti dengan daftar bahan atau alat yang diperlukan.
25. Lengkapi kalimat rumpang ini agar menjadi langkah prosedur yang benar: “_______ the mixture well until smooth.”
Penjelasan: ‘Stir’ (aduk) adalah kata kerja imperatif yang tepat untuk melengkapi kalimat tersebut karena merujuk pada tindakan mengaduk campuran.
26. Jelaskan struktur umum dari sebuah teks prosedur dan berikan contoh singkat untuk setiap bagiannya!
1. **Goal/Aim (Tujuan)**: Menyatakan apa yang ingin dicapai atau dibuat. Contoh: “How to Make Fried Rice.”
2. **Materials/Ingredients (Bahan/Alat)**: Daftar bahan atau alat yang dibutuhkan. Contoh: “Ingredients: 1 plate of rice, 1 egg, some oil, etc. Tools: frying pan, spatula.”
3. **Steps (Langkah-langkah)**: Serangkaian instruksi atau tindakan yang harus dilakukan secara berurutan. Contoh: “First, heat the oil. Next, crack the egg. Then, add the rice. Finally, stir well and serve.”
Penjelasan: Penjelasan ini mencakup ketiga elemen utama teks prosedur beserta contoh singkat untuk memperjelas pemahaman setiap bagian.
27. Sebutkan dan jelaskan tiga ciri kebahasaan (linguistic features) yang sering ditemukan dalam teks prosedur!
1. **Penggunaan Kata Kerja Imperatif (Imperative Verbs)**: Kata kerja perintah yang langsung menyuruh pembaca melakukan sesuatu. Contoh: *Cut, Mix, Pour, Add.*
2. **Penggunaan Konjungsi Urutan (Temporal Conjunctions)**: Kata penghubung yang menunjukkan urutan waktu. Contoh: *First, Next, Then, After that, Finally.*
3. **Penggunaan Kata Keterangan (Adverbs)**: Kata yang menjelaskan cara suatu tindakan dilakukan atau tempat/waktu. Contoh: *Carefully, Slowly, Tightly.*
Penjelasan: Jawaban ini mengidentifikasi dan menjelaskan fitur kebahasaan kunci teks prosedur yang membantu pembaca memahami instruksi dengan jelas.
28. Buatlah sebuah teks prosedur singkat (minimal 3 langkah) tentang ‘How to Charge Your Smartphone’!
1. First, find your smartphone charger and an electrical outlet.
2. Next, plug the charger into the electrical outlet.
3. Then, connect the charging cable to your smartphone’s charging port.
4. Wait until your phone is fully charged.
5. Finally, unplug the charger from both the phone and the outlet.
Penjelasan: Jawaban ini adalah contoh teks prosedur yang sederhana, logis, dan relevan dengan kehidupan sehari-hari, mencakup tujuan dan langkah-langkah berurutan.
29. Mengapa urutan langkah-langkah dalam teks prosedur sangat penting untuk diikuti?
1. **Mencapai Tujuan**: Mengikuti urutan yang benar memastikan bahwa tujuan (misalnya, membuat masakan berhasil atau mengoperasikan alat dengan benar) dapat tercapai.
2. **Menghindari Kesalahan/Kegagalan**: Langkah yang salah atau urutan yang terbalik dapat menyebabkan kegagalan, kerusakan, atau hasil yang tidak diinginkan.
3. **Efisiensi dan Keamanan**: Urutan yang benar seringkali dirancang untuk efisiensi dan keamanan. Melewatkan langkah tertentu atau melakukannya di luar urutan dapat menimbulkan bahaya atau membuang waktu.
Penjelasan: Menjelaskan alasan di balik pentingnya urutan langkah dalam prosedur, menekankan keberhasilan, pencegahan kesalahan, serta efisiensi dan keamanan.
30. Identifikasi tujuan, bahan/alat, dan tiga langkah pertama dari teks prosedur berikut:
“**How to Make a Glass of Iced Tea**
Ingredients: 1 tea bag, 2 teaspoons sugar, hot water, ice cubes, a glass, a spoon.
Steps:
1. Put the tea bag into a glass.
2. Add 2 teaspoons of sugar.
3. Pour hot water into the glass.
4. Stir well until the sugar dissolves.
5. Add some ice cubes.
6. Your iced tea is ready to serve.”
* **Bahan/Alat**: 1 tea bag, 2 teaspoons sugar, hot water, ice cubes, a glass, a spoon.
* **Tiga Langkah Pertama**:
1. Put the tea bag into a glass.
2. Add 2 teaspoons of sugar.
3. Pour hot water into the glass.
Penjelasan: Jawaban ini mengidentifikasi elemen-elemen kunci dari teks prosedur yang diberikan, yaitu tujuan, bahan/alat, dan langkah-langkah awal.
31. Cocokkan istilah-istilah di kolom kiri dengan definisi yang tepat di kolom kanan.
Pasangkan pernyataan berikut:
- Goal … ( … ) … Tujuan utama dari prosedur.
- Steps … ( … ) … Serangkaian instruksi berurutan.
- Imperative Verb … ( … ) … Kata kerja perintah.
- Materials … ( … ) … Alat dan bahan yang dibutuhkan.
Penjelasan: Memasangkan istilah dengan definisinya adalah cara yang baik untuk menguji pemahaman konsep dasar teks prosedur.
32. Cocokkan tindakan di kolom kiri dengan kata kerja imperatif yang paling sesuai di kolom kanan.
Pasangkan pernyataan berikut:
- Mengaduk adonan … ( … ) … Stir
- Menuangkan air … ( … ) … Pour
- Memotong sayuran … ( … ) … Cut
- Memasukkan bahan … ( … ) … Add / Put
Penjelasan: Menguji pemahaman tentang penggunaan kata kerja imperatif yang tepat dalam konteks tindakan prosedural.