
Selamat datang di bank soal Bahasa Inggris Kelas 10 terlengkap! Mempelajari Bahasa Inggris di jenjang SMA sangat penting untuk menguasai komunikasi global dan mempersiapkan diri untuk masa depan. Kumpulan soal ini dirancang khusus untuk siswa kelas 10 guna membantu mereka memahami materi pelajaran dengan lebih baik, mulai dari tata bahasa (grammar), kosakata (vocabulary), hingga keterampilan membaca (reading comprehension) dan menulis (writing). Dengan berlatih soal-soal ini, Anda akan familiar dengan berbagai jenis pertanyaan yang mungkin muncul dalam ujian harian, ulangan tengah semester, maupun ujian akhir semester. Setiap soal dilengkapi dengan kunci jawaban dan penjelasan rinci, sehingga Anda bisa belajar dari kesalahan dan memperkuat pemahaman. Jangan lewatkan kesempatan untuk meningkatkan nilai Bahasa Inggris Anda dan menjadi lebih percaya diri dalam menggunakan bahasa internasional ini. Mari mulai berlatih dan raih prestasi terbaik!
Contoh Soal soal bahasa inggris kelas 10
1. If you study hard, you ______ the exam.
Penjelasan: Kalimat ini adalah Conditional Sentence Type 1 yang menggunakan pola ‘If + Simple Present, Simple Future’. Pilihan ‘will pass’ adalah bentuk Simple Future yang benar.
2. The letter ______ by John yesterday.
- A. A. wrote
- B. B. writes
- C. C. was written
- D. D. is written
- E. E. has written
Penjelasan: Kalimat pasif dalam past tense menggunakan pola ‘was/were + Verb 3’. Karena ‘the letter’ tunggal dan kejadiannya ‘yesterday’, ‘was written’ adalah pilihan yang tepat.
3. She said, “I am happy.” In reported speech, it becomes: She said that she ______ happy.
- A. A. is
- B. B. was
- C. C. will be
- D. D. has been
- E. E. had been
Penjelasan: Ketika mengubah kalimat langsung ke tidak langsung (reported speech), tense biasanya mundur satu tingkat. ‘Am’ (present) menjadi ‘was’ (past).
4. A: “I think learning English is very important.” B: “______ I totally agree with you.”
- A. A. I don’t think so.
- B. B. That’s a good point.
- C. C. I couldn’t agree more.
- D. D. I’m not sure.
- E. E. What do you mean?
Penjelasan: ‘I couldn’t agree more’ adalah ekspresi kuat untuk menunjukkan persetujuan penuh atau sangat setuju.
5. My cat has soft fur and a ______ tail.
- A. A. long
- B. B. longly
- C. C. lengthen
- D. D. length
- E. E. longing
Penjelasan: ‘Long’ adalah kata sifat (adjective) yang tepat untuk mendeskripsikan ekor. Pilihan lain adalah adverb, verb, atau noun.
6. What is the moral value of the story “The Ant and the Grasshopper”?
- A. A. Always be kind to others.
- B. B. Hard work pays off.
- C. C. Never trust strangers.
- D. D. Honesty is the best policy.
- E. E. Share your food.
Penjelasan: Cerita Semut dan Belalang mengajarkan pentingnya bekerja keras dan persiapan untuk masa depan, yang direfleksikan dalam pilihan ‘Hard work pays off’.
7. He was tired, ______ he continued to work.
- A. A. so
- B. B. but
- C. C. and
- D. D. or
- E. E. because
Penjelasan: ‘But’ digunakan untuk menunjukkan kontras antara dua klausa: lelah (negatif) tetapi tetap bekerja (positif).
8. What is the synonym of “ancient”?
- A. A. modern
- B. B. old
- C. C. new
- D. D. young
- E. E. futuristic
Penjelasan: ‘Ancient’ berarti kuno atau sangat tua, sinonimnya adalah ‘old’.
9. They ______ to Bali three times.
- A. A. go
- B. B. went
- C. C. have gone
- D. D. are going
- E. E. had gone
Penjelasan: ‘Have gone’ (Present Perfect Tense) digunakan untuk menyatakan pengalaman yang terjadi berulang kali hingga sekarang atau suatu tindakan yang hasilnya masih relevan.
10. ______ is good for your health.
- A. A. To swim
- B. B. Swim
- C. C. Swimming
- D. D. Swam
- E. E. Swims
Penjelasan: Gerund (-ing form) digunakan sebagai subjek kalimat ketika merujuk pada suatu aktivitas.
11. You ______ wear a helmet when riding a motorcycle.
- A. A. might
- B. B. should
- C. C. will
- D. D. may
- E. E. can
Penjelasan: ‘Should’ digunakan untuk memberikan saran atau menyatakan kewajiban yang tidak terlalu kuat, namun penting untuk keselamatan.
12. Read the following passage: ‘The Eiffel Tower is an iron lattice tower on the Champ de Mars in Paris, France. It was constructed from 1887 to 1889 as the entrance to the 1889 World’s Fair. It was initially criticized by some of France’s leading artists and intellectuals for its design, but it has become a global cultural icon of France and one of the most recognizable structures in the world.’ What is the main idea of the first paragraph?
- A. A. The height of the Eiffel Tower.
- B. B. The location of the Eiffel Tower.
- C. C. The history of the Eiffel Tower.
- D. D. The purpose of the Eiffel Tower.
- E. E. The materials used for the Eiffel Tower.
Penjelasan: Paragraf pertama menjelaskan tentang kapan dan mengapa Menara Eiffel dibangun, serta reaksi awal terhadapnya, yang semuanya berkaitan dengan sejarahnya.
13. My sister and ______ went to the cinema.
- A. A. me
- B. B. I
- C. C. mine
- D. D. myself
- E. E. her
Penjelasan: Sebagai subjek kalimat, digunakan ‘I’. ‘Me’ adalah objek.
14. She ______ a delicious cake for my birthday last week.
- A. A. make
- B. B. makes
- C. C. made
- D. D. is making
- E. E. has made
Penjelasan: ‘Last week’ menunjukkan kejadian di masa lampau, sehingga menggunakan Simple Past Tense (verb 2). Bentuk lampau dari ‘make’ adalah ‘made’.
15. The book is ______ the table.
- A. A. in
- B. B. at
- C. C. on
- D. D. under
- E. E. beside
Penjelasan: ‘On’ digunakan untuk menunjukkan sesuatu yang berada di permukaan. Buku berada di atas meja.
16. He ______ goes to the gym, maybe once a month.
- A. A. always
- B. B. often
- C. C. usually
- D. D. rarely
- E. E. frequently
Penjelasan: ‘Rarely’ (jarang) cocok untuk aktivitas yang dilakukan sekitar sekali sebulan, menunjukkan frekuensi yang rendah.
17. This car is ______ than the previous one.
- A. A. fast
- B. B. faster
- C. C. fastest
- D. D. as fast
- E. E. more fast
Penjelasan: Untuk perbandingan dua objek (comparative), digunakan bentuk adjective + -er (jika satu suku kata). ‘Fast’ menjadi ‘faster’.
18. A news report states: ‘A massive earthquake measuring 7.8 on the Richter scale struck the remote region of Patagonia yesterday, causing widespread damage and triggering a tsunami warning along the coast.’ The news primarily answers the question of ‘______’?
- A. A. How
- B. B. Why
- C. C. Who
- D. D. What
- E. E. Where
Penjelasan: Berita tersebut terutama menjelaskan ‘what’ (apa) yang terjadi, yaitu gempa bumi besar yang menyebabkan kerusakan.
19. A: “What do you think about my new dress?” B: “______”
- A. A. I don’t know.
- B. B. It’s beautiful!
- C. C. I’m sorry.
- D. D. Never mind.
- E. E. I don’t care.
Penjelasan: ‘It’s beautiful!’ adalah respons positif yang menunjukkan opini terhadap pertanyaan ‘What do you think about…?’
20. While I ______ dinner, my phone rang.
- A. A. cooked
- B. B. was cooking
- C. C. cook
- D. D. am cooking
- E. E. have cooked
Penjelasan: ‘Was cooking’ (Past Continuous) menunjukkan aksi yang sedang berlangsung di masa lampau ketika aksi lain (phone rang) terjadi dan memotongnya.
21. The capital city of Indonesia is ______ .
Penjelasan: Ini adalah pertanyaan pengetahuan umum tentang geografi Indonesia.
22. Change the sentence into passive voice: “She reads a book.” -> A book ______ by her.
Penjelasan: Kalimat pasif dalam Present Tense menggunakan pola ‘is/am/are + Verb 3’. ‘Read’ (verb 1) menjadi ‘read’ (verb 3) dengan penambahan ‘is’ karena ‘a book’ tunggal.
23. What is the past participle of “eat”?
Penjelasan: Bentuk Verb 3 atau past participle dari kata kerja ‘eat’ adalah ‘eaten’.
24. Complete the sentence with the correct preposition: “I am interested ______ learning new languages.”
Penjelasan: Frasa ‘interested in’ selalu diikuti oleh preposisi ‘in’ untuk menunjukkan ketertarikan pada sesuatu.
25. Write the comparative form of “good”.
Penjelasan: Bentuk komparatif dari adjective ‘good’ adalah ‘better’ (ini adalah adjective ireguler).
26. Explain the difference between “affect” and “effect” and provide an example for each.
Penjelasan: Jawaban menjelaskan perbedaan fungsi kata (verb vs. noun) dan memberikan contoh yang jelas untuk masing-masing penggunaan.
27. Write a short paragraph (3-5 sentences) describing your favorite hobby.
Penjelasan: Jawaban harus berupa paragraf pendek (3-5 kalimat) yang mendeskripsikan hobi favorit, menggunakan tata bahasa yang benar dan koheren.
28. What is the main purpose of a narrative text? Give an example of a narrative text title.
Penjelasan: Menjelaskan fungsi utama teks naratif (menghibur, menceritakan kisah) dan memberikan contoh judul yang relevan.
29. Transform the following direct speech into reported speech: “He said, ‘I will visit my grandmother tomorrow.'”
Penjelasan: Mengubah kalimat langsung ke tidak langsung melibatkan perubahan tense (will menjadi would) dan keterangan waktu (tomorrow menjadi the next day) sesuai aturan reported speech.
30. What are the three degrees of comparison for adjectives? Give an example for each degree using the adjective “big”.
Penjelasan: Menjelaskan konsep tiga derajat perbandingan (positive, comparative, superlative) dan memberikan contoh yang benar untuk adjective ‘big’ pada setiap derajat.
31. Match the words on the left with their correct definitions on the right.
Pasangkan pernyataan berikut:
- Diligent … ( … ) … Working carefully and with a lot of effort.
- Curious … ( … ) … Eager to know or learn something.
- Generous … ( … ) … Showing a readiness to give more of something than is necessary or expected.
- Optimistic … ( … ) … Hopeful and confident about the future.
Penjelasan: Mencocokkan kata sifat dengan definisi yang sesuai untuk menguji pemahaman kosakata.
32. Match the tenses on the left with their example sentences on the right.
Pasangkan pernyataan berikut:
- Simple Present … ( … ) … She usually drinks coffee in the morning.
- Simple Past … ( … ) … They visited their grandparents last week.
- Present Continuous … ( … ) … I am studying English right now.
- Present Perfect … ( … ) … He has finished his homework.
Penjelasan: Mencocokkan nama tense dengan contoh kalimat yang benar untuk menguji pemahaman tata bahasa.