Latihan Soal Bahasa Indonesia Kelas 3 SD: Menyusun Paragraf dari Kalimat Acak

Posted on

Siap mengasah kemampuan Bahasa Indonesia si kecil? Ikuti Latihan Soal Bahasa Indonesia Kelas 3 SD: Menyusun Paragraf dari Kalimat Acak kami! Kuis online ini dirancang khusus untuk membantu siswa Kelas 3 SD dalam memahami struktur kalimat dan membentuk paragraf yang padu.

Melalui soal-soal interaktif, anak akan berlatih menyusun kalimat acak menjadi paragraf yang logis dan runtut. Tujuan utamanya adalah meningkatkan pemahaman membaca, kemampuan menulis, serta melatih logika berpikir mereka. Ini adalah cara efektif untuk belajar Bahasa Indonesia SD dengan menyenangkan.

Jangan lewatkan kesempatan emas ini untuk mempersiapkan diri menghadapi pelajaran Bahasa Indonesia selanjutnya. Ayo, buktikan keahlian menyusun paragraf si kecil sekarang juga!

Pertanyaan 1

Perhatikan kalimat-kalimat berikut: (1) Banyak pengunjung datang untuk berenang. (2) Kolam renang itu sangat bersih dan luas. (3) Airnya jernih dan segar. (4) Aku suka sekali bermain di sana. Urutan kalimat yang benar untuk membentuk paragraf deskripsi adalah...

Pertanyaan 2

Jika kalimat utama sebuah paragraf adalah 'Pohon mangga di depan rumahku sangat tinggi.', kalimat penjelas yang paling cocok berikutnya adalah...

Pertanyaan 3

Untuk menyusun kalimat acak menjadi paragraf, hal pertama yang harus kita cari adalah...

Pertanyaan 4

Perhatikan kalimat-kalimat acak berikut: (1) Kemudian, adonan dicetak dan digoreng. (2) Pertama, siapkan bahan-bahan seperti tepung, telur, dan gula. (3) Selanjutnya, campurkan semua bahan hingga menjadi adonan. (4) Akhirnya, donat siap dinikmati. Urutan kalimat yang benar untuk membuat paragraf tentang 'Cara Membuat Donat' adalah...

Pertanyaan 5

Kata penghubung seperti 'kemudian', 'lalu', 'setelah itu', paling cocok digunakan untuk menyusun paragraf dengan urutan...

Pertanyaan 6

Perhatikan kalimat-kalimat acak berikut: (1) Setelah itu, ia menyiram bunga-bunga di taman. (2) Ayah sangat rajin merawat kebun kecil kami. (3) Setiap pagi, Ayah membersihkan rumput liar. (4) Kebun kami menjadi asri dan indah dipandang. Susunan paragraf yang paling tepat adalah...

Pertanyaan 7

Cocokkan bagian paragraf dengan fungsinya yang tepat!

Kalimat Utama
Kalimat Penjelas
Kata 'Kemudian'
Paragraf yang Baik
Menyusun Kalimat Acak

Pertanyaan 8

Jika sebuah paragraf menceritakan tentang 'Cara Membuat Layang-layang', kalimat yang paling tepat untuk mengakhiri paragraf tersebut adalah...

Pertanyaan 9

Jika sebuah paragraf diawali dengan kalimat 'Aku memiliki seekor kelinci peliharaan.', kalimat yang tidak cocok untuk melanjutkan paragraf tersebut adalah...

Pertanyaan 10

Perhatikan kalimat-kalimat acak berikut: (1) Kucingku bernama Kitty. (2) Ia suka bermain dengan bola benang. (3) Kitty memiliki bulu yang halus berwarna putih. (4) Aku sangat menyayangi Kitty. Urutan kalimat yang benar adalah...

Pertanyaan 11

Kalimat yang berfungsi sebagai penjelas dari kalimat utama biasanya berisi...

Pertanyaan 12

Perhatikan kalimat-kalimat berikut: (1) Aku membawa buku-buku pelajaranku. (2) Setiap pagi aku selalu bersemangat pergi ke sekolah. (3) Di sekolah, aku bertemu teman-teman dan belajar bersama. (4) Ibu mengantarku sampai gerbang sekolah. Susunan yang benar agar menjadi paragraf adalah...

Pertanyaan 13

Perhatikan kalimat-kalimat acak berikut: (1) Ibu memasak nasi goreng kesukaanku. (2) Aku membantu Ibu menyiapkan sarapan. (3) Setiap pagi, aku selalu bangun lebih awal. (4) Setelah itu, kami sarapan bersama dengan gembira. Urutan kalimat yang benar agar menjadi paragraf yang padu adalah...

Pertanyaan 14

Apa nama bagian awal sebuah paragraf yang berisi ide pokok atau gambaran umum tentang isi paragraf?

Pertanyaan 15

Tarik dan letakkan kalimat penjelas yang tepat untuk melengkapi kalimat utama yang tersedia!

📌 Cara Menjawab:
  • Desktop: Klik item di kolom kiri, lalu klik pasangannya di kolom kanan. Garis akan terbentuk secara otomatis.
  • Mobile: Tap item di kolom kiri, lalu tap pasangannya di kolom kanan untuk menghubungkan.
  • Untuk menghapus koneksi, klik item yang sudah terhubung.
Pagi hari yang cerah,
Setelah sarapan,
Di sekolah,
Sore hari tiba,
Malam hari menjelang,
aku bersiap-siap pergi ke sekolah.
aku belajar banyak hal baru.
aku bermain di taman bersama teman-teman.
aku bangun tidur dengan semangat.
aku membaca buku cerita sebelum tidur.

Pertanyaan 16

Kata penghubung apa yang bisa digunakan untuk menunjukkan urutan kejadian setelah 'pertama' atau 'mula-mula'?

Pertanyaan 17

Selain urutan waktu, urutan apa lagi yang sering digunakan untuk menyusun paragraf deskripsi atau cerita?

Pertanyaan 18

Kalimat mana yang paling tepat menjadi kalimat utama atau pembuka sebuah paragraf tentang kegiatan di sekolah?

Pertanyaan 19

Apa fungsi utama dari menyusun kalimat acak menjadi paragraf yang baik?

Pertanyaan 20

Manakah kelompok kata berikut yang paling tepat untuk memulai sebuah paragraf yang menceritakan pengalaman liburan?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *