Kumpulan Soal Bahasa Inggris SMA Lengkap: Latihan Mandiri & Kunci Jawaban Terbaik

Posted on

Kumpulan Soal Bahasa Inggris SMA Lengkap: Latihan Mandiri & Kunci Jawaban Terbaik

Selamat datang di bank soal Bahasa Inggris SMA terlengkap yang dirancang khusus untuk membantu siswa-siswi sekolah menengah atas menguasai materi Bahasa Inggris dengan lebih baik. Kumpulan soal ini mencakup berbagai topik penting seperti tata bahasa (grammar), kosakata (vocabulary), pemahaman bacaan (reading comprehension), serta ekspresi sehari-hari yang relevan dengan kurikulum SMA. Dengan berlatih menggunakan soal-soal ini, Anda akan terbiasa dengan berbagai jenis pertanyaan yang mungkin muncul dalam ujian harian, ujian semester, maupun Ujian Nasional. Setiap soal dilengkapi dengan kunci jawaban dan penjelasan singkat untuk memastikan Anda tidak hanya mengetahui jawaban yang benar, tetapi juga memahami alasan di baliknya. Tingkatkan kemampuan Bahasa Inggris Anda, raih nilai terbaik, dan persiapkan diri Anda untuk tantangan akademik maupun masa depan dengan percaya diri. Latihan rutin adalah kunci keberhasilan, dan bank soal ini adalah mitra belajar terbaik Anda.


Contoh Soal kumpulan soal bahasa inggris sma

1. My sister usually ____ (go) to school by bus. Today, she ____ (walk) because her bus broke down.

  • A. goes – walks
  • B. go – walk
  • C. is going – is walking
  • D. went – walked
  • E. has gone – has walked
Kunci Jawaban: goes – is walking

Penjelasan: Gunakan Present Simple ‘goes’ untuk kebiasaan. Gunakan Present Continuous ‘is walking’ untuk aksi yang sedang berlangsung atau terjadi pada waktu spesifik hari ini.

2. You ____ submit your assignment before Friday, or you will lose points.

  • A. may
  • B. can
  • C. should
  • D. must
  • E. would
Kunci Jawaban: must

Penjelasan: Kata ‘must’ digunakan untuk menunjukkan kewajiban atau keharusan yang kuat.

3. If it ____ (rain) tomorrow, we ____ (stay) at home.

  • A. rains – will stay
  • B. rain – stay
  • C. will rain – stay
  • D. rained – would stay
  • E. is raining – are staying
Kunci Jawaban: rains – will stay

Penjelasan: Conditional Type 1 menggunakan ‘If + Simple Present’ di klausa pertama dan ‘will + Verb 1’ di klausa kedua untuk kemungkinan di masa depan.

4. The new bridge ____ (build) next year.

  • A. will be built
  • B. is built
  • C. was built
  • D. has been built
  • E. is being built
Kunci Jawaban: will be built

Penjelasan: Kalimat ini dalam bentuk pasif masa depan (Future Passive) karena subjek ‘the new bridge’ adalah penerima aksi.

5. She said, ‘I am going to the library now.’ In reported speech, this becomes: She said that ____.

  • A. she is going to the library then
  • B. she was going to the library then
  • C. I was going to the library now
  • D. she is going to the library now
  • E. I am going to the library then
Kunci Jawaban: she was going to the library then

Penjelasan: Dalam reported speech, tense mundur satu langkah (Present Continuous menjadi Past Continuous), dan keterangan waktu ‘now’ berubah menjadi ‘then’.

6. That’s the student ____ won the scholarship.

  • A. who
  • B. whom
  • C. whose
  • D. which
  • E. where
Kunci Jawaban: who

Penjelasan: ‘Who’ digunakan sebagai kata ganti relatif untuk orang yang berfungsi sebagai subjek klausa relatif.

7. He studied hard, ____ he still failed the exam.

  • A. and
  • B. but
  • C. so
  • D. or
  • E. for
Kunci Jawaban: but

Penjelasan: ‘But’ digunakan untuk menghubungkan dua ide yang bertentangan atau kontras.

8. The meeting will be held ____ 9 AM ____ Monday.

  • A. at – on
  • B. on – at
  • C. in – on
  • D. at – in
  • E. on – in
Kunci Jawaban: at – on

Penjelasan: Gunakan ‘at’ untuk waktu spesifik dan ‘on’ untuk hari.

9. What is the synonym of ‘ancient’?

  • A. modern
  • B. new
  • C. old
  • D. recent
  • E. future
Kunci Jawaban: old

Penjelasan: ‘Ancient’ berarti sangat tua, jadi sinonim yang paling tepat adalah ‘old’.

10. What is the main purpose of the announcement? (Assume a school announcement about a sports competition)

  • A. To invite students to a party
  • B. To inform about a school trip
  • C. To announce a sports competition
  • D. To remind students about homework
  • E. To recruit new club members
Kunci Jawaban: To announce a sports competition

Penjelasan: Tujuan utama pengumuman harus disimpulkan dari informasi inti yang disajikan dalam teks pengumuman yang diberikan.

11. A: I’m so bored. B: ____ we watch a movie?

  • A. How about
  • B. Let’s
  • C. Why don’t
  • D. Shall
  • E. What if
Kunci Jawaban: Why don’t

Penjelasan: ‘Why don’t we…’ adalah ungkapan umum untuk memberikan saran atau ajakan.

12. It rained heavily, ____ the roads were flooded.

  • A. because
  • B. due to
  • C. as a result
  • D. although
  • E. despite
Kunci Jawaban: as a result

Penjelasan: ‘As a result’ digunakan untuk menunjukkan konsekuensi atau akibat dari suatu kejadian.

13. Mount Everest is ____ mountain in the world.

  • A. the highest
  • B. higher
  • C. high
  • D. as high as
  • E. the most high
Kunci Jawaban: the highest

Penjelasan: Untuk perbandingan superlatif (paling), kita menggunakan ‘the’ + adjective bentuk superlatif (-est atau most).

14. She enjoys ____ (read) novels in her free time.

  • A. to read
  • B. reading
  • C. read
  • D. reads
  • E. is reading
Kunci Jawaban: reading

Penjelasan: Kata kerja ‘enjoy’ diikuti oleh gerund (kata kerja + -ing).

15. You are a student, ____?

  • A. aren’t you
  • B. are you
  • C. don’t you
  • D. do you
  • E. isn’t it
Kunci Jawaban: aren’t you

Penjelasan: Untuk question tag, jika kalimat positif, tag-nya negatif, dan sebaliknya. Gunakan auxiliary verb yang sama dengan subjek.

16. Which of the following is NOT true about Borobudur Temple, according to the text? (Assume a descriptive text about Borobudur)

  • A. It is a Buddhist temple.
  • B. It is located in Central Java.
  • C. It was built in the 9th century.
  • D. It is a UNESCO World Heritage Site.
  • E. It is located in East Java.
Kunci Jawaban: It is located in East Java.

Penjelasan: Untuk menjawab, pembaca harus menemukan informasi spesifik dalam teks deskriptif dan mengidentifikasi pernyataan yang bertentangan dengan fakta di dalamnya (Borobudur terletak di Jawa Tengah).

17. A: I can’t open this jar. B: ____ I help you?

  • A. May
  • B. Should
  • C. Would
  • D. Can
  • E. Will
Kunci Jawaban: Can

Penjelasan: ‘Can I help you?’ adalah ungkapan umum untuk menawarkan bantuan.

18. The doctor advised him to ____ smoking for his health.

  • A. take up
  • B. give up
  • C. put off
  • D. look for
  • E. carry on
Kunci Jawaban: give up

Penjelasan: ‘Give up’ berarti berhenti melakukan sesuatu, yang sesuai dengan konteks berhenti merokok.

19. If you ____ (study) harder, you ____ (pass) the exam. (Referring to a past event)

  • A. had studied – would have passed
  • B. studied – would pass
  • C. study – will pass
  • D. had studied – would pass
  • E. study – would have passed
Kunci Jawaban: had studied – would have passed

Penjelasan: Conditional Type 3 digunakan untuk situasi hipotetis di masa lalu yang tidak terjadi, dengan struktur ‘If + Past Perfect’ dan ‘would have + V₃’.

20. What is the moral value of the story? (Assume a short narrative text about honesty)

  • A. Never trust strangers.
  • B. Always be kind to animals.
  • C. Honesty is always the best policy.
  • D. Money can buy happiness.
  • E. It’s okay to make mistakes.
Kunci Jawaban: Honesty is always the best policy.

Penjelasan: Nilai moral adalah pelajaran atau pesan yang dapat dipetik dari cerita naratif yang disajikan.

21. Change the sentence into Past Simple: ‘She writes a letter every day.’

Kunci Jawaban: She wrote a letter yesterday.

Penjelasan: Kata kerja ‘writes’ (Present Simple) diubah menjadi ‘wrote’ (Past Simple), dan ‘every day’ bisa diganti dengan ‘yesterday’ atau keterangan waktu lampau lainnya.

22. Please ____ the lights when you leave the room to save energy.

Kunci Jawaban: turn off

Penjelasan: ‘Turn off’ adalah frasa kata kerja yang berarti mematikan.

23. Rewrite the sentence in passive voice: ‘The students cleaned the classroom.’

Kunci Jawaban: The classroom was cleaned by the students.

Penjelasan: Objek kalimat aktif (‘the classroom’) menjadi subjek kalimat pasif, dan kata kerja diubah menjadi ‘to be’ + V₃ (Past Simple menjadi ‘was cleaned’).

24. Where did the students go for their trip? (Assume a short text about a school trip to a science museum)

Kunci Jawaban: To a science museum.

Penjelasan: Jawaban langsung dapat ditemukan dengan membaca detail lokasi dalam teks singkat yang diberikan.

25. Complete the sentence with the correct form of the verb in parentheses: ‘He is interested in ____ (learn) new languages.’

Kunci Jawaban: learning

Penjelasan: Frasa ‘interested in’ diikuti oleh gerund (kata kerja + -ing).

26. Describe your favorite place in your city/town in about 3-4 sentences. Mention why you like it.

Kunci Jawaban: Contoh: Taman kota adalah tempat favorit saya. Di sana, saya bisa melihat banyak pohon rindang dan bunga-bunga indah. Udaranya segar dan saya suka duduk di bangku sambil membaca buku. Tempat ini sangat menenangkan dan cocok untuk melepas penat setelah seharian belajar.

Penjelasan: Jawaban harus berupa deskripsi singkat yang jelas tentang tempat favorit dan alasannya.

27. Explain the difference between ‘much’ and ‘many’, and give one example for each.

Kunci Jawaban: ‘Much’ digunakan untuk kata benda yang tidak dapat dihitung (uncountable nouns), seperti ‘water’, ‘information’, ‘money’. Contoh: ‘I don’t have much money.’ Sedangkan ‘many’ digunakan untuk kata benda yang dapat dihitung (countable nouns), seperti ‘books’, ‘students’, ‘cars’. Contoh: ‘There are many students in the class.’

Penjelasan: Penjelasan harus mencakup penggunaan ‘much’ dan ‘many’ beserta contoh yang relevan.

28. Change the following direct speech into reported speech: ‘The teacher asked, “Did you finish your homework yesterday?”‘

Kunci Jawaban: The teacher asked if I had finished my homework the day before.

Penjelasan: Karena ini adalah pertanyaan Yes/No, gunakan ‘if’ atau ‘whether’. Tense mundur dari Past Simple menjadi Past Perfect, dan ‘yesterday’ berubah menjadi ‘the day before’.

29. Your friend invited you to his birthday party next Saturday. Write a short reply (2-3 sentences) accepting the invitation and expressing your excitement.

Kunci Jawaban: Contoh: Tentu saja! Aku akan datang ke pesta ulang tahunmu Sabtu depan. Aku sangat senang dan tidak sabar untuk merayakannya bersamamu!

Penjelasan: Jawaban harus berupa balasan yang menerima undangan dan menunjukkan antusiasme.

30. Summarize the main idea of the following text in 2-3 sentences: (Assume a short factual text about the benefits of reading, e.g., ‘Reading improves vocabulary, critical thinking, and reduces stress.’)

Kunci Jawaban: Contoh: Membaca memiliki banyak manfaat penting bagi perkembangan diri. Selain meningkatkan pengetahuan dan kosakata, membaca juga dapat melatih fokus dan kemampuan berpikir kritis. Oleh karena itu, membaca secara rutin sangat dianjurkan untuk pertumbuhan intelektual.

Penjelasan: Ringkasan harus mengidentifikasi dan menyajikan gagasan utama dari teks yang diberikan dalam 2-3 kalimat.

31. Match the words on the left with their correct synonyms on the right.

Pasangkan pernyataan berikut:

  • Happy … ( … ) … Joyful
  • Big … ( … ) … Large
  • Fast … ( … ) … Quick
  • Beautiful … ( … ) … Pretty
Kunci Jawaban: Happy-Joyful, Big-Large, Fast-Quick, Beautiful-Pretty

Penjelasan: Mencocokkan kata dengan sinonimnya.

32. Match the first half of the sentences on the left with their correct endings on the right to form grammatically correct sentences.

Pasangkan pernyataan berikut:

  • If I had known, … ( … ) … I would have come earlier.
  • She is a student … ( … ) … who studies very hard.
  • Despite the rain, … ( … ) … we went for a walk.
  • He can speak … ( … ) … three languages fluently.
Kunci Jawaban: If I had known-I would have come earlier, She is a student-who studies very hard, Despite the rain-we went for a walk, He can speak-three languages fluently.

Penjelasan: Mencocokkan bagian awal kalimat dengan bagian akhir yang tepat secara tata bahasa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *