
Selamat datang di bank soal Bahasa Inggris SMA terlengkap yang dirancang khusus untuk membantu siswa-siswi sekolah menengah atas menguasai materi Bahasa Inggris dengan lebih baik. Kumpulan soal ini mencakup berbagai topik penting seperti tata bahasa (grammar), kosakata (vocabulary), pemahaman bacaan (reading comprehension), serta ekspresi sehari-hari yang relevan dengan kurikulum SMA. Dengan berlatih menggunakan soal-soal ini, Anda akan terbiasa dengan berbagai jenis pertanyaan yang mungkin muncul dalam ujian harian, ujian semester, maupun Ujian Nasional. Setiap soal dilengkapi dengan kunci jawaban dan penjelasan singkat untuk memastikan Anda tidak hanya mengetahui jawaban yang benar, tetapi juga memahami alasan di baliknya. Tingkatkan kemampuan Bahasa Inggris Anda, raih nilai terbaik, dan persiapkan diri Anda untuk tantangan akademik maupun masa depan dengan percaya diri. Latihan rutin adalah kunci keberhasilan, dan bank soal ini adalah mitra belajar terbaik Anda.
Contoh Soal kumpulan soal bahasa inggris sma
1. My sister usually ____ (go) to school by bus. Today, she ____ (walk) because her bus broke down.
- A. goes – walks
- B. go – walk
- C. is going – is walking
- D. went – walked
- E. has gone – has walked
Penjelasan: Gunakan Present Simple ‘goes’ untuk kebiasaan. Gunakan Present Continuous ‘is walking’ untuk aksi yang sedang berlangsung atau terjadi pada waktu spesifik hari ini.
2. You ____ submit your assignment before Friday, or you will lose points.
- A. may
- B. can
- C. should
- D. must
- E. would
Penjelasan: Kata ‘must’ digunakan untuk menunjukkan kewajiban atau keharusan yang kuat.
3. If it ____ (rain) tomorrow, we ____ (stay) at home.
- A. rains – will stay
- B. rain – stay
- C. will rain – stay
- D. rained – would stay
- E. is raining – are staying
Penjelasan: Conditional Type 1 menggunakan ‘If + Simple Present’ di klausa pertama dan ‘will + Verb 1’ di klausa kedua untuk kemungkinan di masa depan.
4. The new bridge ____ (build) next year.
- A. will be built
- B. is built
- C. was built
- D. has been built
- E. is being built
Penjelasan: Kalimat ini dalam bentuk pasif masa depan (Future Passive) karena subjek ‘the new bridge’ adalah penerima aksi.
5. She said, ‘I am going to the library now.’ In reported speech, this becomes: She said that ____.
- A. she is going to the library then
- B. she was going to the library then
- C. I was going to the library now
- D. she is going to the library now
- E. I am going to the library then
Penjelasan: Dalam reported speech, tense mundur satu langkah (Present Continuous menjadi Past Continuous), dan keterangan waktu ‘now’ berubah menjadi ‘then’.
6. That’s the student ____ won the scholarship.
- A. who
- B. whom
- C. whose
- D. which
- E. where
Penjelasan: ‘Who’ digunakan sebagai kata ganti relatif untuk orang yang berfungsi sebagai subjek klausa relatif.
7. He studied hard, ____ he still failed the exam.
- A. and
- B. but
- C. so
- D. or
- E. for
Penjelasan: ‘But’ digunakan untuk menghubungkan dua ide yang bertentangan atau kontras.
8. The meeting will be held ____ 9 AM ____ Monday.
- A. at – on
- B. on – at
- C. in – on
- D. at – in
- E. on – in
Penjelasan: Gunakan ‘at’ untuk waktu spesifik dan ‘on’ untuk hari.
9. What is the synonym of ‘ancient’?
- A. modern
- B. new
- C. old
- D. recent
- E. future
Penjelasan: ‘Ancient’ berarti sangat tua, jadi sinonim yang paling tepat adalah ‘old’.
10. What is the main purpose of the announcement? (Assume a school announcement about a sports competition)
- A. To invite students to a party
- B. To inform about a school trip
- C. To announce a sports competition
- D. To remind students about homework
- E. To recruit new club members
Penjelasan: Tujuan utama pengumuman harus disimpulkan dari informasi inti yang disajikan dalam teks pengumuman yang diberikan.
11. A: I’m so bored. B: ____ we watch a movie?
- A. How about
- B. Let’s
- C. Why don’t
- D. Shall
- E. What if
Penjelasan: ‘Why don’t we…’ adalah ungkapan umum untuk memberikan saran atau ajakan.
12. It rained heavily, ____ the roads were flooded.
- A. because
- B. due to
- C. as a result
- D. although
- E. despite
Penjelasan: ‘As a result’ digunakan untuk menunjukkan konsekuensi atau akibat dari suatu kejadian.
13. Mount Everest is ____ mountain in the world.
- A. the highest
- B. higher
- C. high
- D. as high as
- E. the most high
Penjelasan: Untuk perbandingan superlatif (paling), kita menggunakan ‘the’ + adjective bentuk superlatif (-est atau most).
14. She enjoys ____ (read) novels in her free time.
- A. to read
- B. reading
- C. read
- D. reads
- E. is reading
Penjelasan: Kata kerja ‘enjoy’ diikuti oleh gerund (kata kerja + -ing).
15. You are a student, ____?
- A. aren’t you
- B. are you
- C. don’t you
- D. do you
- E. isn’t it
Penjelasan: Untuk question tag, jika kalimat positif, tag-nya negatif, dan sebaliknya. Gunakan auxiliary verb yang sama dengan subjek.
16. Which of the following is NOT true about Borobudur Temple, according to the text? (Assume a descriptive text about Borobudur)
- A. It is a Buddhist temple.
- B. It is located in Central Java.
- C. It was built in the 9th century.
- D. It is a UNESCO World Heritage Site.
- E. It is located in East Java.
Penjelasan: Untuk menjawab, pembaca harus menemukan informasi spesifik dalam teks deskriptif dan mengidentifikasi pernyataan yang bertentangan dengan fakta di dalamnya (Borobudur terletak di Jawa Tengah).
17. A: I can’t open this jar. B: ____ I help you?
- A. May
- B. Should
- C. Would
- D. Can
- E. Will
Penjelasan: ‘Can I help you?’ adalah ungkapan umum untuk menawarkan bantuan.
18. The doctor advised him to ____ smoking for his health.
- A. take up
- B. give up
- C. put off
- D. look for
- E. carry on
Penjelasan: ‘Give up’ berarti berhenti melakukan sesuatu, yang sesuai dengan konteks berhenti merokok.
19. If you ____ (study) harder, you ____ (pass) the exam. (Referring to a past event)
- A. had studied – would have passed
- B. studied – would pass
- C. study – will pass
- D. had studied – would pass
- E. study – would have passed
Penjelasan: Conditional Type 3 digunakan untuk situasi hipotetis di masa lalu yang tidak terjadi, dengan struktur ‘If + Past Perfect’ dan ‘would have + V₃’.
20. What is the moral value of the story? (Assume a short narrative text about honesty)
- A. Never trust strangers.
- B. Always be kind to animals.
- C. Honesty is always the best policy.
- D. Money can buy happiness.
- E. It’s okay to make mistakes.
Penjelasan: Nilai moral adalah pelajaran atau pesan yang dapat dipetik dari cerita naratif yang disajikan.
21. Change the sentence into Past Simple: ‘She writes a letter every day.’
Penjelasan: Kata kerja ‘writes’ (Present Simple) diubah menjadi ‘wrote’ (Past Simple), dan ‘every day’ bisa diganti dengan ‘yesterday’ atau keterangan waktu lampau lainnya.
22. Please ____ the lights when you leave the room to save energy.
Penjelasan: ‘Turn off’ adalah frasa kata kerja yang berarti mematikan.
23. Rewrite the sentence in passive voice: ‘The students cleaned the classroom.’
Penjelasan: Objek kalimat aktif (‘the classroom’) menjadi subjek kalimat pasif, dan kata kerja diubah menjadi ‘to be’ + V₃ (Past Simple menjadi ‘was cleaned’).
24. Where did the students go for their trip? (Assume a short text about a school trip to a science museum)
Penjelasan: Jawaban langsung dapat ditemukan dengan membaca detail lokasi dalam teks singkat yang diberikan.
25. Complete the sentence with the correct form of the verb in parentheses: ‘He is interested in ____ (learn) new languages.’
Penjelasan: Frasa ‘interested in’ diikuti oleh gerund (kata kerja + -ing).
26. Describe your favorite place in your city/town in about 3-4 sentences. Mention why you like it.
Penjelasan: Jawaban harus berupa deskripsi singkat yang jelas tentang tempat favorit dan alasannya.
27. Explain the difference between ‘much’ and ‘many’, and give one example for each.
Penjelasan: Penjelasan harus mencakup penggunaan ‘much’ dan ‘many’ beserta contoh yang relevan.
28. Change the following direct speech into reported speech: ‘The teacher asked, “Did you finish your homework yesterday?”‘
Penjelasan: Karena ini adalah pertanyaan Yes/No, gunakan ‘if’ atau ‘whether’. Tense mundur dari Past Simple menjadi Past Perfect, dan ‘yesterday’ berubah menjadi ‘the day before’.
29. Your friend invited you to his birthday party next Saturday. Write a short reply (2-3 sentences) accepting the invitation and expressing your excitement.
Penjelasan: Jawaban harus berupa balasan yang menerima undangan dan menunjukkan antusiasme.
30. Summarize the main idea of the following text in 2-3 sentences: (Assume a short factual text about the benefits of reading, e.g., ‘Reading improves vocabulary, critical thinking, and reduces stress.’)
Penjelasan: Ringkasan harus mengidentifikasi dan menyajikan gagasan utama dari teks yang diberikan dalam 2-3 kalimat.
31. Match the words on the left with their correct synonyms on the right.
Pasangkan pernyataan berikut:
- Happy … ( … ) … Joyful
- Big … ( … ) … Large
- Fast … ( … ) … Quick
- Beautiful … ( … ) … Pretty
Penjelasan: Mencocokkan kata dengan sinonimnya.
32. Match the first half of the sentences on the left with their correct endings on the right to form grammatically correct sentences.
Pasangkan pernyataan berikut:
- If I had known, … ( … ) … I would have come earlier.
- She is a student … ( … ) … who studies very hard.
- Despite the rain, … ( … ) … we went for a walk.
- He can speak … ( … ) … three languages fluently.
Penjelasan: Mencocokkan bagian awal kalimat dengan bagian akhir yang tepat secara tata bahasa.
