Meskipun Ujian Nasional (UN) telah ditiadakan, materi dan format soal UN Bahasa Indonesia SMA masih sangat relevan sebagai acuan belajar. Banyak siswa dan calon mahasiswa mencari contoh soal ini untuk memperkaya pemahaman materi Bahasa Indonesia, mengasah kemampuan analisis, serta mempersiapkan diri menghadapi berbagai ujian penting seperti Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK), Seleksi Nasional Berbasis Tes (SNBT), atau ujian masuk perguruan tinggi lainnya. Latihan soal-soal ini tidak hanya membantu mengidentifikasi area yang perlu diperdalam, tetapi juga melatih kecepatan dan ketepatan dalam menjawab. Artikel ini menyajikan kumpulan contoh soal UN Bahasa Indonesia SMA yang komprehensif, mencakup berbagai jenis soal seperti pilihan ganda, isian singkat, uraian, dan mencocokkan. Setiap soal dilengkapi dengan kunci jawaban dan pembahasan singkat, khususnya untuk soal pilihan ganda, agar Anda dapat memahami logika di balik jawaban yang benar. Dengan berlatih secara teratur menggunakan soal-soal ini, diharapkan Anda dapat meningkatkan penguasaan materi Bahasa Indonesia dan meraih hasil terbaik dalam setiap evaluasi akademik. Persiapkan diri Anda sebaik mungkin dengan modul latihan yang terstruktur dan mudah dipahami ini.

Kumpulan Contoh Soal UN Bahasa Indonesia SMA dan Pembahasan Lengkapnya
Meskipun Ujian Nasional (UN) telah ditiadakan, materi dan format soal UN Bahasa Indonesia SMA masih sangat relevan sebagai acuan belajar. Banyak siswa dan calon mahasiswa mencari contoh soal ini untuk memperkaya pemahaman materi Bahasa Indonesia, mengasah kemampuan analisis, serta mempersiapkan diri menghadapi berbagai ujian penting seperti Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK), Seleksi Nasional Berbasis Tes (SNBT), atau ujian masuk perguruan tinggi lainnya. Latihan soal-soal ini tidak hanya membantu mengidentifikasi area yang perlu diperdalam, tetapi juga melatih kecepatan dan ketepatan dalam menjawab. Artikel ini menyajikan kumpulan contoh soal UN Bahasa Indonesia SMA yang komprehensif, mencakup berbagai jenis soal seperti pilihan ganda, isian singkat, uraian, dan mencocokkan. Setiap soal dilengkapi dengan kunci jawaban dan pembahasan singkat, khususnya untuk soal pilihan ganda, agar Anda dapat memahami logika di balik jawaban yang benar. Dengan berlatih secara teratur menggunakan soal-soal ini, diharapkan Anda dapat meningkatkan penguasaan materi Bahasa Indonesia dan meraih hasil terbaik dalam setiap evaluasi akademik. Persiapkan diri Anda sebaik mungkin dengan modul latihan yang terstruktur dan mudah dipahami ini.
I. Pilihan Ganda (20 Soal)
- Perhatikan paragraf berikut!
Virus Corona (COVID-19) adalah penyakit menular yang disebabkan oleh virus SARS-CoV-2. Sebagian besar orang yang tertular COVID-19 akan mengalami gejala ringan hingga sedang dan akan pulih tanpa penanganan khusus. Namun, beberapa orang akan mengalami sakit parah dan memerlukan bantuan medis. Virus ini dapat menyebar dari mulut atau hidung orang yang terinfeksi dalam bentuk partikel cairan kecil ketika batuk, bersin, berbicara, bernyanyi, atau bernapas.
Ide pokok paragraf di atas adalah…
- Penyebab dan penularan COVID-19.
- Gejala dan penanganan COVID-19.
- COVID-19 adalah penyakit menular.
- Sebagian besar penderita COVID-19 pulih.
- Partikel cairan kecil penyebar virus.
Kunci Jawaban: C
Pembahasan: Ide pokok atau gagasan utama paragraf tersebut terletak pada kalimat pertama yang menjelaskan definisi COVID-19 sebagai penyakit menular. Kalimat-kalimat berikutnya merupakan penjelas. - Bacalah teks berikut!
Pemerintah berencana untuk menerapkan kebijakan “New Normal” di tengah pandemi COVID-19. Kebijakan ini bertujuan untuk menggerakkan kembali roda perekonomian dengan tetap mematuhi protokol kesehatan yang ketat. Protokol kesehatan yang dimaksud meliputi penggunaan masker, jaga jarak fisik, dan rajin mencuci tangan.
Kalimat fakta dalam teks di atas adalah…
- Pemerintah berencana menerapkan kebijakan “New Normal”.
- Kebijakan ini bertujuan menggerakkan roda perekonomian.
- “New Normal” akan berhasil jika protokol kesehatan dipatuhi.
- Penggunaan masker adalah cara paling efektif.
- Semua orang harus mematuhi protokol kesehatan.
Kunci Jawaban: A
Pembahasan: Kalimat fakta adalah pernyataan yang dapat dibuktikan kebenarannya. “Pemerintah berencana menerapkan kebijakan ‘New Normal'” adalah sebuah rencana yang benar-benar ada. Pilihan B, C, D, E lebih condong ke opini atau tujuan. - Bacalah penggalan puisi berikut!
Senja di Pelupuk Mata
Mentari merayap perlahan,
Menyisakan jingga di ufuk barat.
Bayang-bayang memanjang,
Menyapa hening malam.
Majas yang dominan dalam puisi di atas adalah…
- Metafora
- Personifikasi
- Hiperbola
- Litotes
- Ironi
Kunci Jawaban: B
Pembahasan: Majas personifikasi memberikan sifat-sifat manusia kepada benda mati atau makhluk hidup bukan manusia (“Mentari merayap”, “Bayang-bayang menyapa”). - Cermatilah kalimat berikut!
Para koruptor itu akhirnya dijebloskan ke dalam sel tahanan setelah melalui proses persidangan yang panjang.
Makna imbuhan “di-” pada kata “dijebloskan” adalah…
- Melakukan
- Dikenai tindakan
- Menjadi
- Memiliki
- Menyebabkan
Kunci Jawaban: B
Pembahasan: Imbuhan “di-” pada kata kerja pasif menunjukkan bahwa subjek dikenai tindakan atau perbuatan. Dalam konteks ini, koruptor dikenai tindakan “dijebloskan”. - Kalimat yang menggunakan kata tidak baku adalah…
- Ibu membeli sayur-mayur di pasar tradisional.
- Acara itu diselenggarakan di aula sekolah.
- Kita harus bersikap netral dalam setiap permasalahan.
- Semua warga negara wajib mentaati hukum.
- Para atlet berjuang sekuat tenaga untuk meraih medali.
Kunci Jawaban: D
Pembahasan: Kata baku dari “mentaati” adalah “menaati”. Awalan “me-” jika bertemu kata dasar yang diawali huruf ‘t’ (dan beberapa huruf lain) akan luluh (me+taat -> menaati). - Perhatikan kutipan cerpen berikut!
Hujan deras mengguyur kota sejak sore. Dingin menusuk tulang. Aku duduk termenung di balik jendela, menatap butiran air yang menari di kaca. Bayanganmu kembali hadir, memutar kenangan lama yang tak pernah usai.
Latar suasana yang tergambar dalam kutipan cerpen tersebut adalah…
- Gembira
- Haru
- Sedih
- Tegang
- Romantis
Kunci Jawaban: C
Pembahasan: Kata kunci seperti “dingin menusuk tulang”, “duduk termenung”, “bayanganmu kembali hadir, memutar kenangan lama yang tak pernah usai” mengindikasikan suasana kesedihan atau melankolis. - Kalimat berikut yang merupakan kalimat efektif adalah…
- Meskipun kaya raya, tapi ia tetap rendah hati.
- Bagi seluruh peserta diharapkan hadir tepat waktu.
- Dia adalah merupakan salah satu siswa teladan.
- Kita harus saling tolong-menolong sesama teman.
- Para tamu dipersilakan masuk.
Kunci Jawaban: E
Pembahasan: Kalimat efektif adalah kalimat yang singkat, padat, jelas, dan tidak bertele-tele. Pilihan A, B, C, D mengandung pemborosan kata atau ketidaktepatan struktur. - Bacalah paragraf berikut!
Pendidikan karakter sangat penting untuk membentuk generasi muda yang berkualitas. Dengan pendidikan karakter, siswa tidak hanya cerdas secara intelektual, tetapi juga memiliki moral dan etika yang baik. Hal ini akan berdampak positif pada kemajuan bangsa di masa depan.
Pernyataan yang sesuai dengan isi paragraf di atas adalah…
- Generasi muda hanya perlu cerdas secara intelektual.
- Pendidikan karakter tidak terlalu penting.
- Moral dan etika yang baik tidak dibutuhkan.
- Pendidikan karakter membentuk generasi berkualitas.
- Kemajuan bangsa tidak terkait dengan pendidikan karakter.
Kunci Jawaban: D
Pembahasan: Kalimat pertama dan kedua paragraf secara eksplisit menyatakan bahwa pendidikan karakter penting untuk membentuk generasi muda yang berkualitas dan memiliki moral/etika baik. - Ungkapan yang berarti “bekerja keras” adalah…
- Angkat kaki
- Banting tulang
- Buah tangan
- Makan hati
- Tangan kanan
Kunci Jawaban: B
Pembahasan: Ungkapan “banting tulang” secara harfiah berarti bekerja dengan sangat keras untuk mencari nafkah atau mencapai sesuatu. - Bacalah penggalan berita berikut!
Jakarta – Gempa berkekuatan 6,2 skala Richter mengguncang wilayah Maluku Utara pada Sabtu pagi (22/10/2023). Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyatakan gempa tersebut tidak berpotensi tsunami. Pusat gempa berada di laut, 137 km barat laut Halmahera Barat dengan kedalaman 10 km.
Unsur berita “Apa” dalam penggalan berita di atas adalah…
- Gempa berkekuatan 6,2 skala Richter.
- Maluku Utara.
- Sabtu pagi (22/10/2023).
- BMKG.
- Tidak berpotensi tsunami.
Kunci Jawaban: A
Pembahasan: Unsur “Apa” (What) merujuk pada peristiwa yang diberitakan, yaitu “Gempa berkekuatan 6,2 skala Richter”. - Penulisan daftar pustaka yang benar adalah…
- Widodo, Budi. 2020. Bahasa Indonesia untuk SMA. Jakarta: Erlangga.
- Budi Widodo. 2020. Bahasa Indonesia untuk SMA. Jakarta: Erlangga.
- Widodo, Budi. Bahasa Indonesia untuk SMA. 2020. Jakarta: Erlangga.
- Bahasa Indonesia untuk SMA. Widodo, Budi. 2020. Jakarta: Erlangga.
- Erlangga. 2020. Widodo, Budi. Bahasa Indonesia untuk SMA. Jakarta.
Kunci Jawaban: A
Pembahasan: Urutan penulisan daftar pustaka yang umum adalah: Nama pengarang (dibalik), Tahun terbit. Judul buku (dicetak miring). Kota terbit: Penerbit. - Kalimat yang mengandung konjungsi kausalitas adalah…
- Ia belajar giat agar lulus ujian.
- Meskipun hujan deras, ia tetap berangkat.
- Dia tidak masuk sekolah karena sakit.
- Andi suka membaca, sedangkan Budi suka menulis.
- Setelah makan, ia langsung tidur.
Kunci Jawaban: C
Pembahasan: Konjungsi kausalitas (sebab-akibat) ditunjukkan oleh kata “karena”. Pilihan A (tujuan), B (konsesif), D (pertentangan), E (kronologis). - Bacalah kutipan novel berikut!
Sejak kepergian Ayah, Ibu menjadi tulang punggung keluarga. Setiap pagi, sebelum matahari terbit, ia sudah berangkat ke pasar. Tangannya tak pernah berhenti bekerja, demi menghidupi kami, anak-anaknya.
Nilai yang terkandung dalam kutipan novel tersebut adalah nilai…
- Religi
- Sosial
- Moral
- Budaya
- Ekonomi
Kunci Jawaban: C
Pembahasan: Nilai moral berkaitan dengan baik buruknya perbuatan manusia. Kegigihan dan tanggung jawab Ibu untuk menghidupi keluarga menunjukkan nilai moral yang tinggi. - Perhatikan kalimat penutup surat lamaran pekerjaan berikut!
Atas perhatian Bapak/Ibu, saya mengucapkan terima kasih banyak.
Perbaikan kalimat penutup surat lamaran pekerjaan agar menjadi efektif dan santun adalah…
- Atas perhatian Bapak/Ibu, saya haturkan terima kasih.
- Atas perhatian Bapak/Ibu, saya ucapkan terima kasih.
- Demikian, saya ucapkan banyak terima kasih atas perhatiannya.
- Terima kasih banyak atas perhatian Bapak/Ibu.
- Dengan hormat, saya ucapkan terima kasih.
Kunci Jawaban: B
Pembahasan: Frasa “mengucapkan terima kasih banyak” kurang efektif dan cenderung informal. “Saya ucapkan terima kasih” lebih tepat dan santun. - Perhatikan kalimat-kalimat acak berikut!
- Oleh karena itu, penggunaan kantong plastik harus dikurangi.
- Sampah plastik membutuhkan waktu ratusan tahun untuk terurai.
- Hal ini menyebabkan pencemaran lingkungan yang serius.
- Plastik yang menumpuk dapat merusak ekosistem.
Urutan kalimat yang tepat agar menjadi paragraf padu adalah…
- 2-4-3-1
- 2-3-4-1
- 4-2-3-1
- 3-2-4-1
- 1-2-3-4
Kunci Jawaban: A
Pembahasan: Urutan yang logis adalah dimulai dengan masalah (sampah plastik sulit terurai), kemudian dampaknya (merusak ekosistem, menyebabkan pencemaran), dan diakhiri dengan solusi/kesimpulan (pengurangan penggunaan plastik). - Makna kata “inovasi” dalam konteks pengembangan produk adalah…
- Peniruan produk yang sudah ada.
- Peningkatan kualitas produk yang sudah ada.
- Penemuan baru yang berbeda dari yang sudah ada.
- Proses pemasaran produk baru.
- Perubahan harga produk.
Kunci Jawaban: C
Pembahasan: Inovasi adalah penciptaan atau pengembangan sesuatu yang baru dan berbeda dari yang sudah ada, seringkali membawa perbaikan atau solusi. - Perhatikan kalimat berikut!
Para siswa-siswi sedang melaksanakan upacara bendera.
Perbaikan kalimat tersebut agar menjadi efektif adalah…
- Para siswa sedang melaksanakan upacara bendera.
- Siswa-siswi sedang melaksanakan upacara bendera.
- Siswa-siswi sedang melangsungkan upacara bendera.
- Para siswa-siswi melaksanakan upacara bendera.
- Para siswa sedang melangsungkan upacara bendera.
Kunci Jawaban: A
Pembahasan: Kata “para” menunjukkan jamak, begitu pula dengan pengulangan kata “siswa-siswi”. Penggunaan “para siswa-siswi” adalah pemborosan kata. Pilihlah salah satu: “Para siswa” atau “Siswa-siswi”. - Kalimat persuasif yang tepat untuk ajakan menjaga kebersihan adalah…
- Jaga kebersihan lingkungan!
- Lingkungan bersih adalah tanggung jawab kita semua. Mari bersama-sama wujudkan lingkungan yang sehat dan nyaman.
- Buanglah sampah pada tempatnya!
- Kebersihan sebagian dari iman.
- Jika ingin bersih, buanglah sampah.
Kunci Jawaban: B
Pembahasan: Kalimat persuasif bertujuan mengajak atau membujuk. Pilihan B tidak hanya menyuruh tetapi juga memberikan alasan dan ajakan yang lebih halus dan komprehensif. - Bacalah penggalan drama berikut!
AYAH : (Dengan nada tegas) “Pulanglah, Nak! Jangan sampai Ibu khawatir.”
ANAK : (Menunduk) “Tapi, Yah… aku belum selesai.”
AYAH : “Tidak ada tapi-tapian! Ini sudah malam.”
Watak tokoh Ayah dalam penggalan drama tersebut adalah…
- Penyabar
- Pemarah
- Tegas
- Lembut
- Acuh tak acuh
Kunci Jawaban: C
Pembahasan: Kata kunci “(Dengan nada tegas)” dan dialog “Tidak ada tapi-tapian!” menunjukkan bahwa Ayah memiliki watak yang tegas. - Perhatikan kalimat berikut!
Pemerintah berupaya _________ kesejahteraan rakyat melalui berbagai program sosial.
Kata yang tepat untuk melengkapi kalimat rumpang di atas adalah…
- Meningkat
- Meningkatkan
- Peningkatan
- Ditingkatkan
- Terangkat
Kunci Jawaban: B
Pembahasan: Kata kerja transitif “meningkatkan” diperlukan karena ada objek “kesejahteraan rakyat”. “Meningkat” adalah intransitif, “peningkatan” adalah nomina.
II. Isian Singkat (5 Soal)
- Kata baku dari “apotik” adalah _________.
Kunci Jawaban: Apotek
- Majas yang membandingkan dua hal secara langsung tanpa menggunakan kata “seperti” atau “bagai” disebut majas _________.
Kunci Jawaban: Metafora
- Konjungsi yang menyatakan hubungan pertentangan adalah _________. (Sebutkan salah satu)
Kunci Jawaban: Tetapi / Sedangkan / Namun
- Penulisan tanda baca koma (,) yang tepat terdapat pada kalimat: “Saya membeli buku, pensil _______ penghapus.”
Kunci Jawaban: dan
- Unsur intrinsik novel yang berkaitan dengan urutan peristiwa adalah _________.
Kunci Jawaban: Alur / Plot
III. Uraian (Essay) (5 Soal)
- Jelaskan perbedaan antara kalimat efektif dan kalimat tidak efektif, berikan masing-masing satu contoh!
Kunci Jawaban:
Kalimat Efektif: Kalimat yang dapat menyampaikan gagasan, perasaan, atau pemberitahuan secara tepat kepada pembaca atau pendengar. Ciri-cirinya antara lain: kehematan kata, kepaduan, kelogisan, dan kesejajaran.
Contoh Kalimat Efektif: Para siswa sedang belajar di perpustakaan.
Kalimat Tidak Efektif: Kalimat yang tidak mampu menyampaikan pesan secara jelas, seringkali karena pemborosan kata, ambiguitas, atau struktur yang tidak tepat.
Contoh Kalimat Tidak Efektif: Bagi seluruh para siswa-siswi diharapkan untuk dapat hadir tepat waktu. - Sebutkan dan jelaskan tiga fungsi utama dari sebuah resensi buku!
Kunci Jawaban:
Tiga fungsi utama resensi buku adalah:
1. Memberi Informasi Komprehensif: Memberikan gambaran umum mengenai isi buku, penulis, kelebihan, dan kekurangan buku kepada pembaca yang belum membaca buku tersebut.
2. Memberikan Pertimbangan: Memberikan pertimbangan kepada pembaca apakah buku tersebut layak dibaca atau tidak, sesuai dengan minat dan kebutuhan mereka.
3. Membantu Promosi Buku: Secara tidak langsung dapat membantu promosi buku kepada khalayak luas, terutama jika resensi tersebut positif dan menarik. - Bagaimana cara menentukan ide pokok suatu paragraf? Jelaskan langkah-langkahnya!
Kunci Jawaban:
Langkah-langkah menentukan ide pokok suatu paragraf:
1. Baca Keseluruhan Paragraf dengan Seksama: Pahami isi dan konteks paragraf secara menyeluruh.
2. Identifikasi Kalimat Utama: Cari kalimat yang menjadi inti pembahasan, biasanya kalimat utama terletak di awal, akhir, atau awal dan akhir paragraf.
3. Perhatikan Kalimat Penjelas: Kalimat penjelas berfungsi untuk mendukung atau menjelaskan kalimat utama. Jika ada kalimat yang didukung oleh kalimat lain, kemungkinan itu adalah kalimat utama.
4. Simpulkan Isi Paragraf: Setelah menemukan kalimat utama dan memahami kalimat penjelas, rumuskan ide pokok dalam satu kalimat singkat yang mencakup seluruh isi paragraf. - Jelaskan apa yang dimaksud dengan majas personifikasi dan berikan dua contoh kalimatnya!
Kunci Jawaban:
Majas Personifikasi adalah majas yang mengumpamakan benda mati atau makhluk hidup bukan manusia seolah-olah memiliki sifat, perasaan, dan kemampuan seperti manusia.
Contoh Kalimat:
1. Angin malam berbisik pelan di telingaku.
2. Ombak berlarian mengejar pantai. - Apa perbedaan antara puisi lama (misalnya pantun atau syair) dan puisi baru (misalnya puisi bebas)?
Kunci Jawaban:
Puisi Lama (Pantun/Syair):
1. Terikat Aturan: Memiliki aturan yang sangat ketat mengenai jumlah baris, rima, suku kata, dan struktur (misal: pantun dengan a-b-a-b, syair dengan a-a-a-a).
2. Isi dan Bentuk Baku: Seringkali memiliki pola isi yang baku (misal: pantun dengan sampiran dan isi).
3. Anonim: Banyak puisi lama yang tidak diketahui pengarangnya.
Puisi Baru (Puisi Bebas):
1. Tidak Terikat Aturan: Lebih bebas dalam jumlah baris, rima, suku kata, dan struktur.
2. Bentuk Fleksibel: Mengutamakan ekspresi pribadi penyair.
3. Diketahui Pengarang: Umumnya pengarangnya diketahui.
IV. Mencocokkan (Matching) (2 Soal)
Cocokkan istilah di kolom A dengan definisi yang tepat di kolom B.
-
Kolom A:
- Biografi
- Autobiografi
- Fiksi
- Nonfiksi
Kolom B:
- Kisah hidup seseorang yang ditulis oleh orang lain.
- Karangan yang bersifat rekaan atau khayalan.
- Kisah hidup seseorang yang ditulis oleh dirinya sendiri.
- Karangan yang berdasarkan data dan fakta.
Kunci Jawaban:
a. Biografi – i. Kisah hidup seseorang yang ditulis oleh orang lain.
b. Autobiografi – iii. Kisah hidup seseorang yang ditulis oleh dirinya sendiri.
c. Fiksi – ii. Karangan yang bersifat rekaan atau khayalan.
d. Nonfiksi – iv. Karangan yang berdasarkan data dan fakta. -
Kolom A:
- Prolog
- Epilog
- Monolog
- Dialog
Kolom B:
- Percakapan dua orang atau lebih dalam drama.
- Bagian pembuka dalam sebuah drama atau karya sastra.
- Bagian penutup dalam sebuah drama atau karya sastra.
- Percakapan seorang tokoh dengan dirinya sendiri.
Kunci Jawaban:
a. Prolog – ii. Bagian pembuka dalam sebuah drama atau karya sastra.
b. Epilog – iii. Bagian penutup dalam sebuah drama atau karya sastra.
c. Monolog – iv. Percakapan seorang tokoh dengan dirinya sendiri.
d. Dialog – i. Percakapan dua orang atau lebih dalam drama.