Kumpulan Contoh Soal Bahasa Indonesia SMK Beserta Jawabannya Lengkap

Posted on

Apakah Anda seorang siswa SMK yang sedang mempersiapkan diri menghadapi ujian Bahasa Indonesia? Atau mungkin Anda seorang guru yang mencari referensi soal berkualitas? Artikel ini adalah sumber yang tepat untuk Anda! Kami menyajikan kumpulan lengkap contoh soal Bahasa Indonesia khusus untuk jenjang SMK, yang dirancang untuk menguji pemahaman Anda tentang berbagai materi, mulai dari tata bahasa, penulisan efektif, membaca pemahaman, hingga analisis teks. Latihan soal secara rutin merupakan kunci utama untuk meraih nilai terbaik. Dengan berlatih menggunakan soal-soal ini, Anda tidak hanya akan mengukur sejauh mana pemahaman Anda, tetapi juga membiasakan diri dengan berbagai format soal yang mungkin muncul dalam ujian. Setiap soal dilengkapi dengan kunci jawaban dan pembahasan singkat, khususnya untuk soal pilihan ganda, sehingga Anda bisa memahami alasan di balik setiap jawaban yang benar. Persiapkan diri Anda dengan maksimal, tingkatkan kemampuan berbahasa Indonesia Anda, dan raih kesuksesan di setiap ujian. Mari kita mulai latih kemampuan Anda sekarang juga!


Kumpulan Contoh Soal Bahasa Indonesia SMK Beserta Jawabannya Lengkap

Apakah Anda seorang siswa SMK yang sedang mempersiapkan diri menghadapi ujian Bahasa Indonesia? Atau mungkin Anda seorang guru yang mencari referensi soal berkualitas? Artikel ini adalah sumber yang tepat untuk Anda! Kami menyajikan kumpulan lengkap contoh soal Bahasa Indonesia khusus untuk jenjang SMK, yang dirancang untuk menguji pemahaman Anda tentang berbagai materi, mulai dari tata bahasa, penulisan efektif, membaca pemahaman, hingga analisis teks. Latihan soal secara rutin merupakan kunci utama untuk meraih nilai terbaik. Dengan berlatih menggunakan soal-soal ini, Anda tidak hanya akan mengukur sejauh mana pemahaman Anda, tetapi juga membiasakan diri dengan berbagai format soal yang mungkin muncul dalam ujian. Setiap soal dilengkapi dengan kunci jawaban dan pembahasan singkat, khususnya untuk soal pilihan ganda, sehingga Anda bisa memahami alasan di balik setiap jawaban yang benar. Persiapkan diri Anda dengan maksimal, tingkatkan kemampuan berbahasa Indonesia Anda, dan raih kesuksesan di setiap ujian. Mari kita mulai latih kemampuan Anda sekarang juga!

Pilihan Ganda

  1. Soal: Perhatikan kalimat berikut! “Bagi siswa-siswi yang belum mengumpulkan tugas Bahasa Indonesia harap segera mengumpulkannya.” Perbaikan kalimat tersebut agar menjadi kalimat efektif adalah…
    • A. Siswa-siswi yang belum mengumpulkan tugas Bahasa Indonesia harap segera mengumpulkannya.
    • B. Bagi siswa yang belum mengumpulkan tugas Bahasa Indonesia harap segera mengumpulkannya.
    • C. Siswa yang belum mengumpulkan tugas Bahasa Indonesia harap segera mengumpulkannya.
    • D. Bagi siswa-siswi yang belum mengumpulkan tugas Bahasa Indonesia segera mengumpulkannya.
    • E. Siswa-siswi yang belum mengumpulkan tugas Bahasa Indonesia segera mengumpulkannya.
  2. Soal: Penulisan kata serapan yang benar terdapat pada kalimat…
    • A. Analisa data ini sangat penting.
    • B. Jadwal itu telah diresmikan oleh direktur.
    • C. Sistem informasi ini sangat kompleks.
    • D. Ia memprioritaskan tugas yang mendesak.
    • E. Kualitas produk ini sudah standar.
  3. Soal: Kalimat yang menggunakan tanda koma (,) secara tepat adalah…
    • A. Saya membeli buku, pensil, dan pulpen.
    • B. Oleh karena itu, kita harus belajar giat.
    • C. Dia sangat pandai, tetapi malas.
    • D. Ibu berkata, “Belajarlah yang rajin!”
    • E. Semua jawaban benar.
  4. Soal: Tujuan utama teks eksposisi adalah…
    • A. Menceritakan suatu peristiwa.
    • B. Menggambarkan suatu objek secara detail.
    • C. Memaparkan atau menjelaskan informasi.
    • D. Memengaruhi pembaca untuk melakukan sesuatu.
    • E. Menyampaikan argumen untuk meyakinkan pembaca.
  5. Soal: Bagian surat lamaran pekerjaan yang berisi informasi kualifikasi pelamar adalah…
    • A. Salam pembuka.
    • B. Pembuka surat.
    • C. Isi surat.
    • D. Penutup surat.
    • E. Salam penutup.
  6. Soal: “Senyumnya manis sekali seperti gula.” Majas yang digunakan dalam kalimat tersebut adalah…
    • A. Metafora
    • B. Personifikasi
    • C. Simile
    • D. Hiperbola
    • E. Litotes
  7. Soal: Bacalah paragraf berikut! “Pendidikan adalah investasi masa depan. Dengan pendidikan yang baik, seseorang akan memiliki peluang lebih besar untuk meraih kesuksesan. Oleh karena itu, penting bagi setiap individu untuk terus belajar dan mengembangkan diri.” Gagasan utama paragraf tersebut adalah…
    • A. Pentingnya investasi masa depan.
    • B. Peluang kesuksesan melalui pendidikan.
    • C. Pendidikan sebagai investasi masa depan.
    • D. Cara mengembangkan diri.
    • E. Kewajiban setiap individu untuk belajar.
  8. Soal: Kata “konsisten” memiliki makna…
    • A. Tetap atau tidak berubah-ubah.
    • B. Berbeda-beda.
    • C. Mudah berubah.
    • D. Tidak stabil.
    • E. Sesuai dengan harapan.
  9. Soal: Perhatikan penulisan daftar pustaka berikut:
    • (1) Harimurti, Kridalaksana. 2008. Kamus Linguistik. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
    • (2) Kridalaksana, Harimurti. 2008. Kamus Linguistik. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
    • (3) Kridalaksana, Harimurti. Kamus Linguistik. 2008. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
    • (4) Kamus Linguistik. Kridalaksana, Harimurti. 2008. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
    • (5) Gramedia Pustaka Utama. Kridalaksana, Harimurti. 2008. Kamus Linguistik. Jakarta.

    Penulisan daftar pustaka yang benar adalah nomor…

    • A. (1)
    • B. (2)
    • C. (3)
    • D. (4)
    • E. (5)
  10. Soal: Kalimat persuasif yang tepat untuk iklan layanan masyarakat adalah…
    • A. Buanglah sampah pada tempatnya!
    • B. Sampah adalah masalah kita bersama.
    • C. Mari jaga kebersihan lingkungan demi masa depan yang lebih baik!
    • D. Jangan membuang sampah sembarangan.
    • E. Lingkungan bersih, hidup sehat.
  11. Soal: Bagian penutup surat dinas yang tepat adalah…
    • A. Demikian surat ini saya sampaikan, atas perhatian Bapak/Ibu, saya ucapkan terima kasih.
    • B. Atas perhatiannya, diucapkan terima kasih.
    • C. Demikianlah surat ini saya buat, harap maklum.
    • D. Sekian dan terima kasih.
    • E. Hormat kami,
  12. Soal: Teks yang berisi langkah-langkah atau tahapan dalam melakukan sesuatu disebut teks…
    • A. Narasi
    • B. Deskripsi
    • C. Eksposisi
    • D. Prosedur
    • E. Argumentasi
  13. Soal: Berikut ini adalah ciri-ciri teks narasi, kecuali…
    • A. Adanya tokoh dan latar.
    • B. Adanya urutan waktu (kronologis).
    • C. Adanya konflik atau masalah.
    • D. Memaparkan fakta-fakta objektif.
    • E. Memiliki alur cerita.
  14. Soal: Ungkapan “buah tangan” memiliki makna…
    • A. Hasil karya.
    • B. Oleh-oleh.
    • C. Tangan yang berbuah.
    • D. Hadiah.
    • E. Buah yang dipegang tangan.
  15. Soal: Penulisan bilangan pada kalimat berikut yang benar adalah…
    • A. Ada 25 siswa yang mengikuti lomba.
    • B. Ada dua puluh lima siswa yang mengikuti lomba.
    • C. Ada dua puluh lima siswa-siswa yang mengikuti lomba.
    • D. Ada dua puluh lima orang siswa yang mengikuti lomba.
    • E. Ada 25 orang siswa yang mengikuti lomba.
  16. Soal: Kalimat yang menggunakan kata penghubung intrakalimat yang tepat adalah…
    • A. Dia rajin belajar, namun nilainya tetap kurang.
    • B. Dia rajin belajar, tetapi nilainya tetap kurang.
    • C. Dia rajin belajar, akan tetapi nilainya tetap kurang.
    • D. Dia rajin belajar. Akan tetapi nilainya tetap kurang.
    • E. Dia rajin belajar. Namun, nilainya tetap kurang.
  17. Soal: Perhatikan penulisan judul karya ilmiah berikut: “Pengaruh Media Sosial Terhadap Perilaku Remaja di Era Digital”. Penulisan yang benar adalah…
    • A. Pengaruh Media Sosial Terhadap Perilaku Remaja di Era Digital
    • B. Pengaruh Media Sosial terhadap Perilaku Remaja di Era Digital
    • C. Pengaruh Media Sosial Terhadap Perilaku Remaja Di Era Digital
    • D. Pengaruh Media Sosial terhadap Perilaku Remaja Di Era Digital
    • E. Pengaruh Media Sosial Terhadap Perilaku Remaja di Era digital
  18. Soal: Pernyataan yang tidak sesuai dengan kaidah penulisan laporan adalah…
    • A. Menggunakan bahasa baku dan lugas.
    • B. Disajikan secara objektif dan faktual.
    • C. Mengandung opini pribadi penulis.
    • D. Sistematis dan mudah dipahami.
    • E. Dilengkapi data atau bukti pendukung.
  19. Soal: “Meskipun hujan deras, pertandingan tetap dilanjutkan.” Kalimat tersebut merupakan contoh kalimat…
    • A. Majemuk setara.
    • B. Majemuk bertingkat.
    • C. Tunggal.
    • D. Pasif.
    • E. Aktif.
  20. Soal: Kata “implementasi” memiliki sinonim…
    • A. Rencana.
    • B. Pelaksanaan.
    • C. Ide.
    • D. Gagasan.
    • E. Konsep.

Kunci Jawaban Pilihan Ganda

  1. C. Siswa yang belum mengumpulkan tugas Bahasa Indonesia harap segera mengumpulkannya. (Penjelasan: Menghilangkan kata “bagi” dan menghilangkan pengulangan “siswa-siswi” menjadi “siswa” untuk menghindari kemubaziran kata serta membuat kalimat lebih efektif.)
  2. D. Ia memprioritaskan tugas yang mendesak. (Penjelasan: Kata serapan yang benar adalah “memprioritaskan” dari prioritas. Pilihan lain memiliki penulisan kata serapan yang keliru seperti “analisa” seharusnya “analisis”, “system” seharusnya “sistem”, dan “standard” seharusnya “standar”.)
  3. E. Semua jawaban benar. (Penjelasan: Semua kalimat A, B, C, D menggunakan tanda koma sesuai kaidah PUEBI untuk memisahkan rincian, konjungsi antarkalimat, konjungsi intrakalimat, dan petikan langsung.)
  4. C. Memaparkan atau menjelaskan informasi. (Penjelasan: Teks eksposisi bertujuan untuk memaparkan atau menjelaskan informasi agar pengetahuan pembaca bertambah secara objektif.)
  5. C. Isi surat. (Penjelasan: Dalam isi surat lamaran pekerjaan, pelamar mencantumkan kualifikasi, pengalaman, dan kemampuan yang relevan dengan posisi yang dilamar.)
  6. C. Simile. (Penjelasan: Simile adalah majas perbandingan yang menggunakan kata penghubung “seperti”, “bagai”, “laksana”.)
  7. C. Pendidikan sebagai investasi masa depan. (Penjelasan: Kalimat pertama merupakan kalimat utama yang mengandung gagasan pokok paragraf, dan kalimat-kalimat berikutnya adalah penjelas.)
  8. A. Tetap atau tidak berubah-ubah. (Penjelasan: Konsisten berarti tetap, tidak berubah-ubah, atau selaras.)
  9. B. (2) Kridalaksana, Harimurti. 2008. Kamus Linguistik. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama. (Penjelasan: Urutan daftar pustaka yang benar adalah: Nama penulis (dibalik jika lebih dari satu kata), Tahun terbit. Judul buku (dicetak miring). Kota terbit: Penerbit.)
  10. C. Mari jaga kebersihan lingkungan demi masa depan yang lebih baik! (Penjelasan: Kalimat persuasif mengajak dan mengandung bujukan atau ajakan yang kuat, seringkali dengan kata “mari” atau “ayo”.)
  11. A. Demikian surat ini saya sampaikan, atas perhatian Bapak/Ibu, saya ucapkan terima kasih. (Penjelasan: Kalimat penutup surat dinas harus formal, lugas, dan baku. Pilihan A adalah yang paling tepat dan sopan.)
  12. D. Prosedur. (Penjelasan: Teks prosedur adalah teks yang menjelaskan langkah-langkah melakukan sesuatu secara berurutan.)
  13. D. Memaparkan fakta-fakta objektif. (Penjelasan: Memaparkan fakta-fakta objektif adalah ciri teks eksposisi atau laporan, bukan narasi yang fokus pada cerita dan alur.)
  14. B. Oleh-oleh. (Penjelasan: Buah tangan adalah idiom yang berarti oleh-oleh atau cenderamata.)
  15. B. Ada dua puluh lima siswa yang mengikuti lomba. (Penjelasan: Bilangan di bawah seratus jika dapat dinyatakan dengan satu atau dua kata ditulis dengan huruf, kecuali jika digunakan secara berurutan dalam rincian atau dalam konteks angka teknis.)
  16. B. Dia rajin belajar, tetapi nilainya tetap kurang. (Penjelasan: “tetapi” adalah konjungsi intrakalimat yang tepat untuk menghubungkan dua klausa dalam satu kalimat. “Namun” dan “akan tetapi” adalah konjungsi antarkalimat.)
  17. B. Pengaruh Media Sosial terhadap Perilaku Remaja di Era Digital. (Penjelasan: Setiap kata awal judul harus diawali huruf kapital, kecuali kata tugas seperti “terhadap”, “di”, “ke”, “dari”, “untuk”, “pada”, “dengan”, “yang”, “dan”, “atau”, “serta”.)
  18. C. Mengandung opini pribadi penulis. (Penjelasan: Laporan harus bersifat objektif, faktual, dan berdasarkan data, tidak mengandung opini pribadi penulis.)
  19. B. Majemuk bertingkat. (Penjelasan: Kalimat majemuk bertingkat memiliki anak kalimat dan induk kalimat, dihubungkan oleh konjungsi subordinatif seperti “meskipun”, “walaupun”, “agar”, “jika”, dll.)
  20. B. Pelaksanaan. (Penjelasan: Implementasi berarti pelaksanaan atau penerapan.)

Isian Singkat

  1. Soal: Kalimat yang memiliki pola S-P-O-K disebut kalimat…
  2. Soal: Akronim dari Ejaan Bahasa Indonesia yang Disempurnakan (EYD) yang kini berlaku adalah…
  3. Soal: Bagian surat yang mencantumkan nama dan tanda tangan pengirim surat dinas adalah…
  4. Soal: Majas yang membandingkan benda mati seolah-olah hidup disebut…
  5. Soal: Kata baku dari “apotik” adalah…

Kunci Jawaban Isian Singkat

  1. Lengkap
  2. PUEBI (Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia)
  3. Nama dan tanda tangan pengirim (atau salam penutup dan nama terang)
  4. Personifikasi
  5. Apotek

Uraian (Essay)

  1. Soal: Jelaskan perbedaan antara surat dinas dan surat pribadi!
  2. Soal: Buatlah satu paragraf deskripsi tentang “sebuah meja belajar”! (Minimal 3 kalimat)
  3. Soal: Sebutkan dan jelaskan tiga fungsi tanda baca titik dua (:)!
  4. Soal: Identifikasikan gagasan utama dari teks berikut! “Pemanasan global merupakan isu krusial yang dihadapi dunia saat ini. Kenaikan suhu bumi akibat efek rumah kaca telah menyebabkan berbagai dampak negatif, seperti mencairnya es di kutub, naiknya permukaan air laut, dan perubahan iklim ekstrem. Jika tidak segera diatasi, dampak ini akan semakin parah dan mengancam kehidupan di bumi.”
  5. Soal: Tuliskan bagian pembuka surat lamaran pekerjaan yang efektif, jika Anda melamar sebagai “Staf Administrasi” berdasarkan informasi lowongan di koran “Kompas” tanggal 10 Oktober 2023!

Kunci Jawaban Uraian

  1. Perbedaan Surat Dinas dan Surat Pribadi: Surat dinas bersifat resmi, menggunakan bahasa baku, struktur formal (kop surat, nomor surat, lampiran, perihal), ditujukan untuk keperluan resmi atau instansi, dan memiliki kekuatan hukum. Surat pribadi bersifat tidak resmi, menggunakan bahasa bebas (sesuai kedekatan), tidak ada struktur baku, ditujukan untuk perseorangan atau keluarga, dan tidak memiliki kekuatan hukum.
  2. Contoh Paragraf Deskripsi: Meja belajar saya terbuat dari kayu jati berwarna cokelat tua yang kokoh. Permukaannya halus dan cukup luas untuk menampung laptop, buku-buku, serta beberapa alat tulis. Di bawahnya terdapat dua laci kecil yang sering saya gunakan untuk menyimpan alat tulis dan dokumen penting.
  3. Tiga Fungsi Tanda Baca Titik Dua (:):
    • a. Digunakan pada akhir suatu pernyataan lengkap yang diikuti rincian atau penjelasan. Contoh: “Kita memerlukan perabot rumah tangga: kursi, meja, dan lemari.”
    • b. Digunakan sesudah kata atau ungkapan yang memerlukan pemerian. Contoh: “Ketua: Ahmad.”
    • c. Digunakan dalam teks drama sesudah kata yang menunjukkan pelaku dalam percakapan. Contoh: “Ibu: (dengan nada khawatir) Mengapa kamu pulang terlambat?”
  4. Gagasan Utama: Gagasan utamanya adalah “Pemanasan global merupakan isu krusial yang dihadapi dunia saat ini dan memiliki dampak negatif yang serius jika tidak segera diatasi.” (Atau secara lebih singkat: “Pemanasan global adalah isu krusial dengan dampak serius.”)
  5. Contoh Pembuka Surat Lamaran Pekerjaan: “Dengan hormat, Berdasarkan informasi lowongan pekerjaan yang dimuat di harian Kompas pada tanggal 10 Oktober 2023, perihal kebutuhan Staf Administrasi di perusahaan Bapak/Ibu, dengan ini saya yang bertanda tangan di bawah ini:”

Mencocokkan (Matching)

  1. Soal: Cocokkan istilah di kolom A dengan definisi yang tepat di kolom B!
    Kolom A:
    • 1. Opini
    • 2. Fakta
    • 3. Resensi

    Kolom B:

    • a. Penilaian terhadap suatu karya (buku, film, dll.)
    • b. Pendapat atau pandangan pribadi
    • c. Keadaan atau peristiwa yang benar-benar terjadi
  2. Soal: Cocokkan jenis teks di kolom A dengan ciri-ciri utamanya di kolom B!
    Kolom A:
    • 1. Teks Deskripsi
    • 2. Teks Prosedur
    • 3. Teks Narasi

    Kolom B:

    • a. Menggambarkan objek secara detail seolah pembaca melihat/merasakan.
    • b. Berisi langkah-langkah atau tahapan melakukan sesuatu secara berurutan.
    • c. Menceritakan suatu peristiwa dengan alur, tokoh, dan latar waktu.

Kunci Jawaban Mencocokkan

  1. Jawaban:
    • 1. Opini – b. Pendapat atau pandangan pribadi
    • 2. Fakta – c. Keadaan atau peristiwa yang benar-benar terjadi
    • 3. Resensi – a. Penilaian terhadap suatu karya (buku, film, dll.)
  2. Jawaban:
    • 1. Teks Deskripsi – a. Menggambarkan objek secara detail seolah pembaca melihat/merasakan.
    • 2. Teks Prosedur – b. Berisi langkah-langkah atau tahapan melakukan sesuatu secara berurutan.
    • 3. Teks Narasi – c. Menceritakan suatu peristiwa dengan alur, tokoh, dan latar waktu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *