Selamat datang para siswa dan guru SMA! Artikel ini adalah panduan komprehensif untuk menghadapi mata pelajaran Bahasa Indonesia dalam Kurikulum Merdeka. Kurikulum Merdeka menekankan pada pengembangan kompetensi abad ke-21, termasuk kemampuan berpikir kritis, kreatif, dan kolaboratif, yang sangat relevan dalam pembelajaran Bahasa Indonesia. Memahami struktur teks, menganalisis isi, hingga menghasilkan karya tulis yang efektif adalah beberapa tujuan utama. Latihan soal secara rutin adalah kunci untuk menguasai materi dan meraih nilai terbaik. Artikel ini menyajikan berbagai contoh soal Bahasa Indonesia SMA Kurikulum Merdeka yang mencakup berbagai jenis teks dan materi, mulai dari teks laporan, eksposisi, persuasi, hingga karya sastra. Kami menyediakan 20 soal pilihan ganda, 5 soal isian singkat, 5 soal uraian, dan 2 soal mencocokkan, lengkap dengan kunci jawaban dan pembahasan mendalam untuk soal pilihan ganda. Dengan berlatih soal-soal ini, Anda akan lebih siap menghadapi ujian, meningkatkan pemahaman konsep, dan mengasah kemampuan berbahasa Indonesia secara menyeluruh. Mari kita mulai belajar dan raih prestasi terbaik!

Selamat datang para siswa dan guru SMA! Artikel ini adalah panduan komprehensif untuk menghadapi mata pelajaran Bahasa Indonesia dalam Kurikulum Merdeka. Kurikulum Merdeka menekankan pada pengembangan kompetensi abad ke-21, termasuk kemampuan berpikir kritis, kreatif, dan kolaboratif, yang sangat relevan dalam pembelajaran Bahasa Indonesia. Memahami struktur teks, menganalisis isi, hingga menghasilkan karya tulis yang efektif adalah beberapa tujuan utama. Latihan soal secara rutin adalah kunci untuk menguasai materi dan meraih nilai terbaik. Artikel ini menyajikan berbagai contoh soal Bahasa Indonesia SMA Kurikulum Merdeka yang mencakup berbagai jenis teks dan materi, mulai dari teks laporan, eksposisi, persuasi, hingga karya sastra. Kami menyediakan 20 soal pilihan ganda, 5 soal isian singkat, 5 soal uraian, dan 2 soal mencocokkan, lengkap dengan kunci jawaban dan pembahasan mendalam untuk soal pilihan ganda. Dengan berlatih soal-soal ini, Anda akan lebih siap menghadapi ujian, meningkatkan pemahaman konsep, dan mengasah kemampuan berbahasa Indonesia secara menyeluruh. Mari kita mulai belajar dan raih prestasi terbaik!
Contoh Soal Pilihan Ganda
- "Harimau Sumatera (Panthera tigris sumatrae) adalah subspesies harimau yang hanya ditemukan di Pulau Sumatera, Indonesia. Harimau ini termasuk satwa langka yang terancam punah. Ciri khasnya adalah warna bulu jingga dengan garis-garis hitam yang rapat. Harimau Sumatera memiliki kemampuan berenang yang baik dan sering ditemukan di hutan hujan tropis."Pernyataan yang sesuai dengan isi teks di atas adalah…
A. Harimau Sumatera dapat ditemukan di berbagai pulau di Indonesia.
B. Harimau Sumatera memiliki bulu dengan warna hitam polos.
C. Harimau Sumatera merupakan satwa yang terancam punah.
D. Harimau Sumatera tidak bisa berenang. - Bagian teks laporan hasil observasi yang berisi penjelasan detail mengenai objek yang diamati adalah…
A. Pernyataan Umum (Definisi Umum)
B. Deskripsi Bagian
C. Deskripsi Manfaat
D. Kesimpulan - "Pendidikan karakter sangat penting untuk membentuk generasi muda yang tidak hanya cerdas secara intelektual, tetapi juga memiliki moral dan etika yang baik. Tanpa pendidikan karakter, kemajuan teknologi dan ilmu pengetahuan bisa disalahgunakan. Oleh karena itu, integrasi pendidikan karakter dalam kurikulum sekolah adalah suatu keharusan."Gagasan utama paragraf di atas adalah…
A. Pentingnya kemajuan teknologi dan ilmu pengetahuan.
B. Pendidikan karakter membentuk generasi muda yang cerdas.
C. Pendidikan karakter harus diintegrasikan dalam kurikulum.
D. Penggunaan teknologi dapat disalahgunakan. - Salah satu ciri kebahasaan teks eksposisi adalah penggunaan kata-kata teknis atau istilah yang berkaitan dengan topik. Istilah yang tepat untuk topik "lingkungan hidup" adalah…
A. Demokrasi
B. Konservasi
C. Inflasi
D. Monopoli - "Mari kita jaga kebersihan lingkungan sekitar kita! Buanglah sampah pada tempatnya, pisahkan sampah organik dan anorganik, serta lakukan daur ulang. Lingkungan yang bersih adalah cerminan dari masyarakat yang sehat dan bertanggung jawab. Aksi kecil kita hari ini akan menentukan kualitas hidup di masa depan."Tujuan utama teks persuasi di atas adalah…
A. Memberikan informasi tentang jenis-jenis sampah.
B. Mengajak pembaca untuk menjaga kebersihan lingkungan.
C. Mendeskripsikan manfaat lingkungan yang bersih.
D. Menjelaskan proses daur ulang sampah. - Dalam teks persuasi, bagian yang berisi ajakan atau bujukan kepada pembaca disebut…
A. Pengenalan Isu
B. Rangkaian Argumen
C. Pernyataan Ajakan
D. Penegasan Kembali - Berikut ini yang BUKAN merupakan ciri kebahasaan teks diskusi adalah…
A. Penggunaan konjungsi perbandingan (misalnya: sedangkan, tetapi).
B. Penggunaan kata modalitas (misalnya: harus, mungkin).
C. Penggunaan kata kerja imperatif (perintah).
D. Penggunaan kata ganti orang ketiga jamak (misalnya: mereka, para ahli). - "Beberapa pihak berpendapat bahwa penggunaan gawai pada anak usia dini dapat menghambat perkembangan sosial mereka karena cenderung menarik diri dari interaksi langsung. Namun, tidak sedikit pula yang meyakini bahwa gawai, jika digunakan secara bijak, dapat menjadi sarana edukasi yang efektif dan melatih keterampilan digital sejak dini."Permasalahan yang dibahas dalam kutipan teks diskusi tersebut adalah…
A. Dampak positif dan negatif penggunaan gawai pada anak usia dini.
B. Pentingnya pengawasan orang tua dalam penggunaan gawai.
C. Perbandingan antara gawai dan buku sebagai media edukasi.
D. Cara melatih keterampilan digital pada anak. - "Raden Ajeng Kartini lahir di Jepara, Jawa Tengah, pada 21 April 1879. Ia dikenal sebagai pelopor kebangkitan perempuan pribumi. Meski berasal dari keluarga bangsawan, Kartini memiliki kepedulian tinggi terhadap pendidikan dan kesetaraan hak. Surat-suratnya yang kemudian dibukukan dengan judul ‘Habis Gelap Terbitlah Terang’ menjadi inspirasi perjuangan kaum perempuan."Informasi yang dapat disimpulkan dari kutipan biografi di atas adalah…
A. Kartini hanya fokus pada pendidikan formal.
B. Kartini adalah bangsawan yang tidak peduli pendidikan.
C. Kartini berjuang untuk kesetaraan hak perempuan melalui pendidikan.
D. Buku ‘Habis Gelap Terbitlah Terang’ ditulis oleh teman Kartini. - Bagian resensi yang berisi identitas buku (judul, penulis, penerbit, tahun terbit, tebal halaman) disebut…
A. Orientasi
B. Sinopsis
C. Evaluasi
D. Rekomendasi - "Hujan bulan Juni Tak ada yang lebih tabah Dari hujan bulan Juni Dirahasiakannya rintik rindunya Kepada pohon berbunga itu"(Sapardi Djoko Damono)Majas yang dominan digunakan dalam kutipan puisi di atas adalah…
A. Metafora
B. Personifikasi
C. Hiperbola
D. Litotes - Unsur intrinsik cerpen yang berkaitan dengan tempat, waktu, dan suasana terjadinya peristiwa adalah…
A. Tema
B. Tokoh
C. Latar
D. Amanat - "Di sebuah desa terpencil, hiduplah seorang gadis bernama Lintang. Sejak kecil, ia bercita-cita menjadi seorang dokter, meski kemiskinan selalu membayangi. Setiap malam, di bawah temaram lampu minyak, Lintang belajar dengan giat, berharap suatu hari mimpinya akan terwujud."Kutipan di atas merupakan bagian dari struktur novel yang disebut…
A. Pengenalan Situasi Cerita
B. Pengungkapan Peristiwa
C. Menuju Konflik
D. Puncak Konflik - Kalimat berikut yang merupakan kalimat efektif adalah…
A. Bagi semua siswa-siswi diharapkan untuk segera masuk ke kelas.
B. Walaupun hujan deras, tetapi mereka tetap berangkat sekolah.
C. Karena sering berlatih, dia menjadi sangat pandai sekali.
D. Para hadirin dimohon berdiri. - Konjungsi yang tepat untuk menyatakan hubungan kausalitas (sebab-akibat) adalah…
A. Meskipun
B. Kemudian
C. Oleh karena itu
D. Atau - Pemilihan kata yang tepat dan sesuai dengan konteks penggunaan disebut…
A. Sintaksis
B. Morfologi
C. Diksi
D. Semantik - Pihak yang bertugas menyampaikan mosi, argumen pendukung, dan sanggahan dalam debat adalah…
A. Moderator
B. Tim Afirmasi
C. Tim Oposisi
D. Notulen - Bagian proposal yang berisi tujuan kegiatan, manfaat, dan target yang ingin dicapai adalah…
A. Latar Belakang
B. Tujuan Kegiatan
C. Anggaran Dana
D. Jadwal Kegiatan - Berikut ini yang BUKAN merupakan ciri-ciri karya ilmiah adalah…
A. Objektif
B. Sistematis
C. Subjektif
D. Logis - "Hemat energi, hemat biaya, bumi lestari."Slogan di atas bertujuan untuk…
A. Menginformasikan cara menghemat energi.
B. Mengajak masyarakat untuk hemat energi.
C. Menjelaskan hubungan energi dan biaya.
D. Mendeskripsikan kondisi bumi.
Kunci Jawaban dan Pembahasan Pilihan Ganda
- C. Harimau Sumatera merupakan satwa yang terancam punah.
Pembahasan: Pernyataan ini secara eksplisit disebutkan dalam kalimat kedua teks: "Harimau ini termasuk satwa langka yang terancam punah." - B. Deskripsi Bagian
Pembahasan: Deskripsi bagian menjelaskan detail dari objek yang diamati, seperti ciri fisik, habitat, perilaku, dan lain-lain. - C. Pendidikan karakter harus diintegrasikan dalam kurikulum.
Pembahasan: Meskipun semua opsi relevan, kalimat terakhir "Oleh karena itu, integrasi pendidikan karakter dalam kurikulum sekolah adalah suatu keharusan" merupakan penegasan gagasan utama atau tesis dari teks eksposisi tersebut. - B. Konservasi
Pembahasan: "Konservasi" adalah istilah teknis yang berkaitan dengan upaya pelestarian lingkungan hidup. - B. Mengajak pembaca untuk menjaga kebersihan lingkungan.
Pembahasan: Teks persuasi memiliki tujuan utama untuk membujuk atau mengajak pembaca melakukan sesuatu, yang dalam hal ini adalah menjaga kebersihan. - C. Pernyataan Ajakan
Pembahasan: Pernyataan ajakan adalah inti dari teks persuasi, yang biasanya ditandai dengan kata-kata seperti "mari", "ayo", "hendaknya". - C. Penggunaan kata kerja imperatif (perintah).
Pembahasan: Kata kerja imperatif lebih sering ditemukan dalam teks prosedur atau persuasi, bukan diskusi yang bersifat argumentatif dan analitis. - A. Dampak positif dan negatif penggunaan gawai pada anak usia dini.
Pembahasan: Teks tersebut menyajikan dua sudut pandang (pro dan kontra) mengenai penggunaan gawai pada anak, yang menunjukkan pembahasan dampak positif dan negatifnya. - C. Kartini berjuang untuk kesetaraan hak perempuan melalui pendidikan.
Pembahasan: Kutipan tersebut menyebutkan kepedulian Kartini terhadap pendidikan dan kesetaraan hak, serta bagaimana surat-suratnya menjadi inspirasi perjuangan. - A. Orientasi
Pembahasan: Bagian orientasi atau identitas buku adalah bagian awal resensi yang memperkenalkan data-data penting tentang buku. - B. Personifikasi
Pembahasan: Majas personifikasi memberikan sifat atau perilaku manusia kepada benda mati atau hal yang bukan manusia, seperti "hujan bulan Juni… dirahasiakannya rintik rindunya". - C. Latar
Pembahasan: Latar meliputi tempat, waktu, dan suasana dalam sebuah cerita. - A. Pengenalan Situasi Cerita
Pembahasan: Kutipan tersebut memperkenalkan tokoh, latar, dan sedikit gambaran awal tentang situasi yang dialami tokoh, yang merupakan bagian awal dari struktur novel. - D. Para hadirin dimohon berdiri.
Pembahasan: Opsi A, B, dan C mengandung pemborosan kata atau ketidaktepatan struktur. "Bagi semua siswa-siswi" (pemborosan), "Walaupun hujan deras, tetapi" (konjungsi ganda), "sangat pandai sekali" (pemborosan). - C. Oleh karena itu
Pembahasan: Konjungsi "oleh karena itu" secara jelas menunjukkan hubungan sebab-akibat. - C. Diksi
Pembahasan: Diksi adalah pilihan kata yang tepat untuk menyampaikan gagasan. - B. Tim Afirmasi
Pembahasan: Tim afirmasi adalah tim yang mendukung mosi dan menyampaikan argumen-argumen yang menguatkan mosi. - B. Tujuan Kegiatan
Pembahasan: Bagian ini secara spesifik menjelaskan apa yang ingin dicapai dari kegiatan yang diajukan dalam proposal. - C. Subjektif
Pembahasan: Karya ilmiah harus bersifat objektif, artinya berdasarkan fakta dan data, bukan pandangan pribadi penulis. - B. Mengajak masyarakat untuk hemat energi.
Pembahasan: Slogan ini mengandung ajakan implisit untuk melakukan tindakan hemat energi demi masa depan bumi.
Contoh Soal Isian Singkat
- Teks yang berisi pendapat pro dan kontra terhadap suatu isu disebut teks __________.
- Bagian awal dalam struktur resensi yang berisi gambaran umum buku adalah __________.
- Majas yang membandingkan dua hal yang berbeda secara langsung tanpa menggunakan kata penghubung (seperti, bagai) disebut majas __________.
- Kata "namun" dan "tetapi" termasuk jenis konjungsi __________.
- Dalam sebuah debat, pernyataan yang menjadi pokok permasalahan yang diperdebatkan disebut __________.
Kunci Jawaban Isian Singkat
- diskusi
- identitas buku/orientasi
- metafora
- pertentangan
- mosi
Contoh Soal Uraian (Essay)
- Jelaskan perbedaan mendasar antara teks eksposisi dan teks persuasi!
- Sebutkan tiga fungsi utama resensi buku bagi pembaca!
- Bagaimana cara mengidentifikasi gagasan utama dalam sebuah paragraf? Jelaskan!
- Tuliskan sebuah kalimat yang mengandung majas personifikasi!
- Apa saja yang harus diperhatikan dalam menyusun argumen yang kuat dalam sebuah debat?
Kunci Jawaban Uraian
- Perbedaan mendasar antara teks eksposisi dan teks persuasi:
- Teks eksposisi bertujuan untuk menjelaskan atau memaparkan informasi/pengetahuan secara objektif agar pembaca memahami suatu topik. Fokusnya pada informasi dan fakta.
- Teks persuasi bertujuan untuk memengaruhi atau membujuk pembaca agar setuju dengan pendapat penulis atau melakukan tindakan tertentu. Fokusnya pada ajakan dan bujukan.
- Tiga fungsi utama resensi buku bagi pembaca:
- Memberikan gambaran umum dan penilaian terhadap buku.
- Membantu pembaca dalam memilih buku yang sesuai dengan minat dan kebutuhan mereka.
- Menjadi pertimbangan bagi pembaca apakah akan membaca buku tersebut atau tidak.
- Cara mengidentifikasi gagasan utama dalam sebuah paragraf:
- Membaca seluruh paragraf dengan cermat.
- Mencari kalimat utama (biasanya di awal, tengah, atau akhir paragraf).
- Kalimat utama seringkali didukung oleh kalimat-kalimat penjelas.
- Gagasan utama adalah inti atau pokok bahasan dari kalimat utama tersebut.
- Contoh kalimat yang mengandung majas personifikasi:
- Angin berbisik mesra di telingaku.
- Matahari tersenyum ramah menyinari bumi.
- Ombak berkejaran memecah karang.
- Hal-hal yang harus diperhatikan dalam menyusun argumen yang kuat dalam sebuah debat:
- Relevansi: Argumen harus berkaitan langsung dengan mosi.
- Data dan Fakta: Didukung oleh bukti, data, statistik, atau pendapat ahli yang valid.
- Logika: Disusun secara logis dan runtut, mudah dipahami.
- Klaritas: Disampaikan dengan jelas dan tidak ambigu.
- Sanggahan (jika ada): Antisipasi argumen lawan dan siapkan sanggahan yang efektif.
Contoh Soal Mencocokkan
Soal 1: Pasangkan jenis teks berikut dengan ciri-ciri utamanya!
Daftar A (Jenis Teks)
A. Teks Laporan Hasil Observasi
B. Teks Eksposisi
C. Teks Persuasi
D. Teks Diskusi
Daftar B (Ciri-ciri Utama)
1. Bertujuan memengaruhi pembaca untuk melakukan sesuatu.
2. Menyajikan informasi berdasarkan hasil pengamatan secara objektif.
3. Mengulas suatu isu dari dua sudut pandang (pro dan kontra).
4. Menjelaskan suatu informasi atau pengetahuan secara lugas.
Soal 2: Pasangkan unsur kebahasaan berikut dengan fungsinya!
Daftar C (Unsur Kebahasaan)
A. Konjungsi Kausalitas
B. Kata Teknis
C. Kata Rujukan
D. Kata Modalitas
Daftar D (Fungsi)
1. Menyatakan kemungkinan atau kepastian.
2. Menghubungkan dua kalimat atau klausa yang menyatakan sebab-akibat.
3. Mengacu pada kata atau frasa yang telah disebutkan sebelumnya.
4. Istilah khusus yang berkaitan dengan bidang ilmu tertentu.
Kunci Jawaban Mencocokkan
Soal 1:
- A. Teks Laporan Hasil Observasi -> 2. Menyajikan informasi berdasarkan hasil pengamatan secara objektif.
- B. Teks Eksposisi -> 4. Menjelaskan suatu informasi atau pengetahuan secara lugas.
- C. Teks Persuasi -> 1. Bertujuan memengaruhi pembaca untuk melakukan sesuatu.
- D. Teks Diskusi -> 3. Mengulas suatu isu dari dua sudut pandang (pro dan kontra).
Soal 2:
- A. Konjungsi Kausalitas -> 2. Menghubungkan dua kalimat atau klausa yang menyatakan sebab-akibat.
- B. Kata Teknis -> 4. Istilah khusus yang berkaitan dengan bidang ilmu tertentu.
- C. Kata Rujukan -> 3. Mengacu pada kata atau frasa yang telah disebutkan sebelumnya.
- D. Kata Modalitas -> 1. Menyatakan kemungkinan atau kepastian.