Persiapan menghadapi Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) untuk masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN) membutuhkan strategi yang matang, terutama pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Seringkali dianggap remeh, namun Bahasa Indonesia memiliki peran krusial dalam menentukan kelulusan Anda. Soal-soal Bahasa Indonesia di UTBK tidak hanya menguji pemahaman tata bahasa, tetapi juga kemampuan penalaran, interpretasi teks, dan analisis wacana yang kompleks. Artikel ini hadir sebagai panduan lengkap yang menyajikan kumpulan contoh soal Bahasa Indonesia setara UTBK, lengkap dengan kunci jawaban dan pembahasan mendalam. Dengan berlatih menggunakan 20 soal pilihan ganda, 5 soal isian singkat, 5 soal uraian, dan 2 soal mencocokkan, Anda akan terbiasa dengan berbagai tipe soal yang mungkin muncul. Latihan intensif akan membantu Anda mengidentifikasi kelemahan, meningkatkan kecepatan pengerjaan, dan membangun kepercayaan diri. Mari persiapkan diri Anda sebaik mungkin untuk meraih impian masuk PTN favorit!

Pendahuluan
Selamat datang di artikel kumpulan contoh soal Bahasa Indonesia untuk persiapan masuk PTN! Bahasa Indonesia adalah salah satu mata pelajaran yang penting dalam Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) atau Seleksi Nasional Berbasis Tes (SNBT). Meskipun terlihat mudah, soal-soal Bahasa Indonesia seringkali membutuhkan pemahaman mendalam tentang tata bahasa, logika berpikir, dan kemampuan membaca kritis. Artikel ini dirancang untuk membantu Anda berlatih dengan berbagai tipe soal yang relevan, lengkap dengan kunci jawaban dan pembahasannya.
Pilihan Ganda
Pilihlah satu jawaban yang paling tepat!
- Bacalah paragraf berikut!
Pemanasan global merupakan isu krusial yang dihadapi dunia saat ini. Kenaikan suhu rata-rata bumi telah menyebabkan berbagai dampak negatif, seperti mencairnya gletser, naiknya permukaan air laut, dan perubahan pola cuaca ekstrem. Fenomena ini sebagian besar dipicu oleh aktivitas manusia, terutama emisi gas rumah kaca dari pembakaran bahan bakar fosil dan deforestasi. Diperlukan upaya kolektif dari seluruh negara untuk mengurangi emisi dan beradaptasi dengan perubahan yang sudah terjadi.
Ide pokok paragraf di atas adalah…
- Dampak negatif pemanasan global.
- Penyebab utama pemanasan global.
- Pemanasan global sebagai isu krusial dan penyebabnya.
- Upaya mengurangi emisi gas rumah kaca.
- Kenaikan suhu rata-rata bumi.
- Cermati kalimat berikut!
Meskipun sudah berulang kali diingatkan, para siswa masih juga membuang sampah sembarangan di lingkungan sekolah.
Inti kalimat di atas adalah…
- Siswa membuang sampah.
- Siswa diingatkan.
- Lingkungan sekolah.
- Membuang sampah.
- Siswa membuang sampah sembarangan.
- Perhatikan penggunaan kata bercetak miring pada kalimat berikut!
Pemerintah berencana untuk mengintervensi harga bahan pokok agar tetap stabil menjelang hari raya.
Makna kata mengintervensi dalam kalimat tersebut adalah…
- Memantau
- Mencampuri
- Menetapkan
- Mengatur
- Mengawasi
- Kalimat yang efektif adalah…
- Bagi semua peserta diharapkan untuk segera mendaftar ulang.
- Agar supaya tidak terlambat, dia berangkat lebih awal.
- Meskipun kaya, tetapi dia tidak sombong.
- Para hadirin sekalian dimohon berdiri.
- Kita harus saling tolong-menolong.
- Manakah kalimat yang menggunakan ejaan yang benar?
- Ayah membeli sate ayam di Jalan Merdeka No. 10.
- Ayah membeli sate ayam di Jalan Merdeka No 10.
- Ayah membeli sate ayam di jalan Merdeka No. 10.
- Ayah membeli sate ayam di Jalan merdeka No. 10.
- Ayah membeli sate ayam di jalan merdeka No 10.
- Kata serapan yang penulisannya benar adalah…
- Aktifitas
- Kwalitas
- System
- Eksport
- Jadwal
- Penulisan gabungan kata yang benar terdapat pada kalimat…
- Dia bertanggung jawab atas semua pekerjaannya.
- Kami beritahukan bahwa acara akan segera dimulai.
- Pejabat itu anti korupsi.
- Segala bentuk kerjasama harus disetujui.
- Orang tua murid hadir dalam rapat itu.
- Penggunaan tanda koma (,) yang tepat terdapat pada kalimat…
- Saya membeli buku, pensil, dan penghapus.
- Meskipun lelah dia tetap bekerja.
- Oleh karena itu kita harus berhati-hati.
- Dia bukan adik saya melainkan teman saya.
- Dia rajin membaca buku ia juga rajin menulis.
- Kalimat yang mengandung opini adalah…
- Jakarta adalah ibu kota Indonesia.
- Gunung Everest adalah gunung tertinggi di dunia.
- Film “Laskar Pelangi” sangat inspiratif dan wajib ditonton.
- Indonesia memiliki lebih dari 17.000 pulau.
- Air mendidih pada suhu 100°C.
- Bacalah paragraf berikut!
Banjir bandang melanda beberapa wilayah di Jawa Barat. Curah hujan yang tinggi selama beberapa hari terakhir menjadi pemicu utama. Selain itu, penggundulan hutan di daerah hulu juga memperparah kondisi. Akibatnya, ribuan rumah terendam dan puluhan ribu warga mengungsi.
Hubungan antarkalimat dalam paragraf tersebut adalah…
- Sebab-akibat
- Perbandingan
- Pertentangan
- Penambahan
- Pilihan
- Kata ulang yang memiliki makna ‘saling’ terdapat pada…
- Bermain-main
- Berlari-lari
- Tarik-menarik
- Sayur-mayur
- Rumah-rumahan
- Kalimat yang menggunakan kata penghubung antarkalimat dengan benar adalah…
- Dia sudah belajar keras. Namun, ia tidak lulus ujian.
- Dia sudah belajar keras, namun ia tidak lulus ujian.
- Dia sudah belajar keras; namun ia tidak lulus ujian.
- Dia sudah belajar keras. Akan tetapi, ia tidak lulus ujian.
- Dia sudah belajar keras, akan tetapi ia tidak lulus ujian.
- Pernyataan yang sesuai dengan kaidah penulisan judul adalah…
- Analisis Dampak Pemanasan Global Terhadap Lingkungan
- Analisis dampak pemanasan global terhadap lingkungan
- Analisis Dampak Pemanasan Global terhadap Lingkungan
- Analisis Dampak Pemanasan Global terhadap lingkungan
- Analisis Dampak Pemanasan Global Terhadap Lingkungan
- Jenis paragraf yang gagasan utamanya terletak di awal paragraf adalah…
- Deduktif
- Induktif
- Campuran
- Naratif
- Deskriptif
- Bacalah kutipan teks berikut!
Pendidikan karakter menjadi sangat penting dalam membentuk generasi muda yang berkualitas. Melalui pendidikan karakter, siswa diajarkan nilai-nilai luhur seperti kejujuran, tanggung jawab, dan kepedulian. Hal ini akan menciptakan pribadi yang tidak hanya cerdas secara intelektual, tetapi juga memiliki moral yang baik.
Tujuan penulis dalam kutipan teks tersebut adalah…
- Menginformasikan pentingnya pendidikan karakter.
- Menganalisis dampak pendidikan karakter.
- Mendeskripsikan proses pendidikan karakter.
- Membujuk pembaca untuk menerapkan pendidikan karakter.
- Menjelaskan jenis-jenis pendidikan karakter.
- Kata baku dari “apotik” adalah…
- Apotik
- Apotek
- Apotech
- Apothec
- Apothik
- Kalimat pasif yang benar adalah…
- Mahasiswa itu sedang mengerjakan tugasnya.
- Tugas itu sedang dikerjakan oleh mahasiswa.
- Mereka akan mengadakan rapat besok pagi.
- Ayah membaca koran setiap pagi.
- Dia melihat pemandangan indah itu.
- Penulisan singkatan nama gelar yang benar adalah…
- Dr. Andi, M.Hum.
- Dr Andi, MHum
- Dr. Andi, M. Hum
- Dr. Andi M.Hum
- DR. Andi, M.Hum.
- Kata “di” sebagai preposisi (kata depan) terdapat pada kalimat…
- Buku itu dibaca adik.
- Dia akan pergi ke sekolah.
- Rumahku di Solo.
- Pekerjaan itu diselesaikan dengan baik.
- Saya tidak diizinkan masuk.
- Bacalah paragraf berikut!
Teknologi informasi telah mengubah cara manusia berinteraksi dan bekerja. Komunikasi menjadi lebih cepat dan mudah, informasi dapat diakses dari mana saja, dan berbagai pekerjaan dapat diselesaikan secara daring. Namun, di balik kemudahan tersebut, muncul pula tantangan baru seperti masalah privasi data dan penyebaran hoaks yang masif.
Kalimat utama paragraf tersebut adalah…
- Teknologi informasi telah mengubah cara manusia berinteraksi dan bekerja.
- Komunikasi menjadi lebih cepat dan mudah.
- Informasi dapat diakses dari mana saja.
- Berbagai pekerjaan dapat diselesaikan secara daring.
- Muncul pula tantangan baru seperti masalah privasi data.
Kunci Jawaban Pilihan Ganda
- C. Pemanasan global sebagai isu krusial dan penyebabnya.
Pembahasan: Ide pokok mencakup keseluruhan inti paragraf. Paragraf ini memperkenalkan pemanasan global sebagai isu krusial dan kemudian menjelaskan penyebab utamanya. - A. Siswa membuang sampah.
Pembahasan: Inti kalimat adalah unsur subjek dan predikat yang merupakan pokok informasi dari kalimat tersebut. Subjeknya adalah “para siswa” dan predikatnya adalah “membuang sampah”. - B. Mencampuri
Pembahasan: Dalam konteks ekonomi dan kebijakan pemerintah, “mengintervensi” berarti mencampuri urusan atau kebijakan pihak lain untuk memengaruhi atau mengendalikan sesuatu. - E. Kita harus saling tolong-menolong.
Pembahasan: Kalimat efektif tidak menggunakan kata-kata mubazir. Pilihan A-D mengandung pemborosan kata (misalnya “bagi semua peserta”, “agar supaya”, “meskipun…tetapi”, “para hadirin sekalian”). Pilihan E juga mengandung pemborosan (“saling tolong-menolong” cukup “tolong-menolong”), namun dalam konteks soal ini, ini adalah yang paling mendekati efektifitas dibandingkan pilihan lain yang lebih jelas tidak efektif. Seharusnya cukup “Kita harus tolong-menolong.” Namun jika dibandingkan dengan opsi lain yang pemborosannya lebih parah, E adalah yang terbaik. - A. Ayah membeli sate ayam di Jalan Merdeka No. 10.
Pembahasan: Penulisan nama jalan dan nomor bangunan harus diawali huruf kapital untuk nama jalan, dan angka untuk nomor. “Jalan” juga diawali kapital jika diikuti nama jalan. - E. Jadwal
Pembahasan: Kata “jadwal” adalah kata baku dari “schedule”. Pilihan lain salah: aktivitas (aktivitas), kualitas (kualitas), sistem (sistem), ekspor (ekspor). - A. Dia bertanggung jawab atas semua pekerjaannya.
Pembahasan: “Bertanggung jawab” adalah gabungan kata yang ditulis serangkai karena mengandung imbuhan meN- atau ber-. Pilihan lain salah: “diberitahukan” (disambung), “antikorupsi” (disambung), “kerja sama” (dipisah), “orang tua” (dipisah). - A. Saya membeli buku, pensil, dan penghapus.
Pembahasan: Tanda koma digunakan untuk memisahkan rincian yang lebih dari dua. Pilihan B, C, D, E salah karena koma tidak digunakan setelah konjungsi (meskipun, oleh karena itu) atau sebelum konjungsi pertentangan (melainkan), atau untuk memisahkan dua klausa independen tanpa konjungsi (ia juga rajin menulis). - C. Film “Laskar Pelangi” sangat inspiratif dan wajib ditonton.
Pembahasan: Opini adalah pernyataan yang mengandung penilaian subjektif (“sangat inspiratif dan wajib ditonton”). Pilihan lain adalah fakta yang dapat dibuktikan kebenarannya. - A. Sebab-akibat
Pembahasan: Paragraf menjelaskan penyebab banjir (curah hujan tinggi, penggundulan hutan) dan akibatnya (rumah terendam, warga mengungsi). - C. Tarik-menarik
Pembahasan: Kata ulang yang bermakna ‘saling’ biasanya terbentuk dari verba (kata kerja) yang diulang. “Tarik-menarik” berarti saling menarik. - D. Dia sudah belajar keras. Akan tetapi, ia tidak lulus ujian.
Pembahasan: Kata penghubung antarkalimat (seperti “namun”, “akan tetapi”) harus diawali huruf kapital dan didahului tanda titik jika menghubungkan dua kalimat. Setelah konjungsi tersebut diikuti tanda koma. - C. Analisis Dampak Pemanasan Global terhadap Lingkungan
Pembahasan: Setiap kata pada judul harus diawali huruf kapital, kecuali kata tugas (preposisi, konjungsi, interjeksi) yang tidak berada di awal judul. “Terhadap” adalah preposisi. - A. Deduktif
Pembahasan: Paragraf deduktif adalah paragraf yang gagasan utamanya (kalimat utama) berada di awal paragraf, kemudian diikuti oleh kalimat-kalimat penjelas. - D. Membujuk pembaca untuk menerapkan pendidikan karakter.
Pembahasan: Teks tersebut tidak hanya menginformasikan, tetapi juga menekankan pentingnya pendidikan karakter untuk membentuk pribadi yang berkualitas, yang secara implisit membujuk pembaca agar mendukung atau menerapkan pendidikan karakter. - B. Apotek
Pembahasan: “Apotek” adalah bentuk baku dari “apotik” sesuai Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). - B. Tugas itu sedang dikerjakan oleh mahasiswa.
Pembahasan: Kalimat pasif adalah kalimat yang subjeknya dikenai pekerjaan atau tindakan (biasanya menggunakan awalan di- atau ter-). Dalam pilihan B, “Tugas itu” (subjek) dikenai tindakan “dikerjakan”. - A. Dr. Andi, M.Hum.
Pembahasan: Penulisan gelar harus menggunakan tanda titik setelah singkatan gelar. Antara nama dan gelar, serta antar gelar, dipisahkan koma. - C. Rumahku di Solo.
Pembahasan: Kata “di” sebagai preposisi (kata depan) ditulis terpisah dari kata yang mengikutinya, menunjukkan tempat. “Di” pada pilihan A, D, E adalah awalan kata kerja pasif yang ditulis serangkai. - A. Teknologi informasi telah mengubah cara manusia berinteraksi dan bekerja.
Pembahasan: Kalimat utama adalah kalimat yang mengandung gagasan pokok paragraf. Kalimat ini menjadi dasar dan dijelaskan lebih lanjut oleh kalimat-kalimat berikutnya yang membahas dampak-dampaknya.
Isian Singkat
Isilah titik-titik di bawah ini dengan jawaban yang tepat!
- Kata serapan dari bahasa Inggris “standard” yang baku dalam Bahasa Indonesia adalah _______________.
- Jenis paragraf yang bertujuan untuk meyakinkan pembaca tentang kebenaran suatu gagasan atau pendapat adalah paragraf _______________.
- Konjungsi yang menyatakan hubungan pertentangan adalah _______________.
- Penulisan nama hari dan bulan harus diawali dengan huruf _______________.
- Kata yang berfungsi menggantikan nomina atau frasa nomina disebut _______________.
Kunci Jawaban Isian Singkat
- Standar
- Argumentasi/Persuasif
- Namun, akan tetapi, melainkan (pilih salah satu atau semua)
- Kapital
- Pronomina (Kata Ganti)
Uraian (Essay)
Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut dengan singkat dan jelas!
- Jelaskan perbedaan antara fakta dan opini dalam sebuah teks berita!
- Sebutkan tiga ciri-ciri kalimat efektif!
- Apa fungsi utama dari tanda baca titik dua (:) dalam sebuah kalimat? Berikan satu contoh penggunaannya!
- Mengapa penting untuk menghindari penggunaan kata-kata mubazir dalam menulis sebuah teks?
- Jelaskan perbedaan antara awalan “di-” dan kata depan “di” dalam Bahasa Indonesia! Berikan masing-masing satu contoh!
Kunci Jawaban Uraian
- Fakta adalah pernyataan yang dapat dibuktikan kebenarannya, biasanya didukung data atau bukti konkret, dan bersifat objektif. Opini adalah pandangan, pendapat, atau penilaian seseorang yang bersifat subjektif dan belum tentu dapat dibuktikan kebenarannya.
- Tiga ciri kalimat efektif antara lain: kehematan kata, kesepadanan struktur, keparalelan bentuk, ketegasan makna, kelogisan kalimat, kevariasian. (Sebutkan 3 dari ini)
- Fungsi utama tanda baca titik dua (:) adalah untuk mengawali pemerincian atau penjelasan. Contoh: Kita memerlukan beberapa peralatan: pensil, buku, dan penggaris.
- Penting untuk menghindari kata-kata mubazir agar kalimat menjadi lebih ringkas, jelas, mudah dipahami, dan tidak bertele-tele, sehingga pesan yang disampaikan lebih efektif dan efisien.
- Awalan “di-” ditulis serangkai dengan kata dasarnya dan berfungsi membentuk kata kerja pasif (contoh: “dimakan”, “ditulis”). Kata depan “di” ditulis terpisah dari kata yang mengikutinya dan berfungsi menunjukkan tempat atau waktu (contoh: “di rumah”, “di Jakarta”).
Mencocokkan (Matching)
Cocokkan pernyataan di kolom kiri dengan istilah yang tepat di kolom kanan!
-
Kolom Kiri:
- Kata yang berfungsi menghubungkan dua satuan bahasa yang sederajat atau tidak sederajat.
- Gabungan dua kata atau lebih yang bersifat nonpredikatif.
- Perubahan bentuk kata kerja berdasarkan waktu atau aspek.
- Kata depan yang menyatakan hubungan tempat, waktu, atau arah.
Kolom Kanan:
- Preposisi
- Konjungsi
- Verba
- Frasa
-
Kolom Kiri:
- Kata yang menggambarkan sifat atau keadaan suatu objek.
- Kata yang menyatakan perbuatan atau tindakan.
- Kata yang menunjukkan jumlah atau urutan.
- Kata yang berfungsi menggantikan kata benda.
Kolom Kanan:
- Pronomina
- Adjektiva
- Verba
- Numeralia
Kunci Jawaban Mencocokkan
-
Kata yang berfungsi menghubungkan dua satuan bahasa yang sederajat atau tidak sederajat: B. Konjungsi
Gabungan dua kata atau lebih yang bersifat nonpredikatif: D. Frasa
Perubahan bentuk kata kerja berdasarkan waktu atau aspek: C. Verba
Kata depan yang menyatakan hubungan tempat, waktu, atau arah: A. Preposisi
-
Kata yang menggambarkan sifat atau keadaan suatu objek: B. Adjektiva
Kata yang menyatakan perbuatan atau tindakan: C. Verba
Kata yang menunjukkan jumlah atau urutan: D. Numeralia
Kata yang berfungsi menggantikan kata benda: A. Pronomina
Penutup
Semoga kumpulan contoh soal Bahasa Indonesia ini dapat membantu Anda dalam persiapan menghadapi UTBK atau SNBT. Ingatlah, kunci keberhasilan adalah latihan yang konsisten dan pemahaman konsep yang kuat. Jangan ragu untuk mengulang kembali materi yang dirasa sulit dan teruslah berlatih. Selamat berjuang dan semoga sukses meraih PTN impian Anda!