Kumpulan Contoh Soal Bahasa Indonesia Kelas 7 SMP Kurikulum Merdeka Dilengkapi Kunci Jawaban dan Pembahasan

Posted on

Selamat datang para siswa dan guru SMP kelas 7! Artikel ini hadir sebagai panduan lengkap untuk membantu Anda menguasai mata pelajaran Bahasa Indonesia sesuai Kurikulum Merdeka. Dengan pendekatan pembelajaran yang lebih kontekstual dan mendalam, Bahasa Indonesia kini tidak hanya tentang tata bahasa, tetapi juga kemampuan berpikir kritis, memahami berbagai jenis teks, serta berekspresi secara efektif. Latihan soal menjadi kunci utama untuk mengukur pemahaman dan kesiapan Anda menghadapi berbagai penilaian. Dalam artikel ini, kami menyajikan 32 contoh soal Bahasa Indonesia kelas 7 SMP Kurikulum Merdeka yang bervariasi, meliputi pilihan ganda, isian singkat, uraian, dan mencocokkan. Setiap soal dirancang untuk menguji pemahaman Anda terhadap materi esensial seperti teks deskripsi, teks prosedur, puisi rakyat, hingga unsur kebahasaan. Jangan khawatir, setiap bagian soal dilengkapi dengan kunci jawaban dan pembahasan mendalam (khusus pilihan ganda) untuk memastikan Anda tidak hanya tahu jawaban yang benar, tetapi juga memahami alasannya. Manfaatkan kesempatan ini untuk mengasah kemampuan berbahasa Indonesia Anda dan meraih prestasi terbaik di sekolah!


Kumpulan Contoh Soal Bahasa Indonesia Kelas 7 SMP Kurikulum Merdeka Dilengkapi Kunci Jawaban dan Pembahasan

Selamat datang para siswa dan guru SMP kelas 7! Artikel ini hadir sebagai panduan lengkap untuk membantu Anda menguasai mata pelajaran Bahasa Indonesia sesuai Kurikulum Merdeka. Dengan pendekatan pembelajaran yang lebih kontekstual dan mendalam, Bahasa Indonesia kini tidak hanya tentang tata bahasa, tetapi juga kemampuan berpikir kritis, memahami berbagai jenis teks, serta berekspresi secara efektif. Latihan soal menjadi kunci utama untuk mengukur pemahaman dan kesiapan Anda menghadapi berbagai penilaian. Dalam artikel ini, kami menyajikan 32 contoh soal Bahasa Indonesia kelas 7 SMP Kurikulum Merdeka yang bervariasi, meliputi pilihan ganda, isian singkat, uraian, dan mencocokkan. Setiap soal dirancang untuk menguji pemahaman Anda terhadap materi esensial seperti teks deskripsi, teks prosedur, puisi rakyat, hingga unsur kebahasaan. Jangan khawatir, setiap bagian soal dilengkapi dengan kunci jawaban dan pembahasan mendalam (khusus pilihan ganda) untuk memastikan Anda tidak hanya tahu jawaban yang benar, tetapi juga memahami alasannya. Manfaatkan kesempatan ini untuk mengasah kemampuan berbahasa Indonesia Anda dan meraih prestasi terbaik di sekolah!

I. Pilihan Ganda

  1. "Pantai Parangtritis adalah salah satu objek wisata terkenal di Yogyakarta. Pemandangan matahari terbenam di pantai ini sangat memukau. Pasir putihnya lembut, ombaknya besar menggulung, dan di kejauhan terlihat bukit-bukit hijau yang asri."Kalimat yang menunjukkan ciri-ciri teks deskripsi adalah…
    A. Memberikan langkah-langkah melakukan sesuatu.
    B. Menggambarkan objek secara rinci seolah pembaca melihat, mendengar, atau merasakan sendiri.
    C. Menceritakan urutan peristiwa dari awal hingga akhir.
    D. Memaparkan hasil pengamatan secara sistematis.
  2. "Cara Membuat Nasi Goreng Sederhana:
    1. Siapkan bahan-bahan: nasi, telur, bawang merah, bawang putih, cabai, minyak, kecap, garam.
    2. Haluskan bawang merah, bawang putih, dan cabai.
    3. Panaskan sedikit minyak, masukkan bumbu halus, tumis hingga harum.
    4. Masukkan telur, orak-arik hingga matang.
    5. Masukkan nasi, aduk rata. Tambahkan kecap dan garam secukupnya.
    6. Aduk hingga semua bumbu tercampur rata dan nasi matang. Sajikan."Tujuan utama teks prosedur di atas adalah…
    A. Mengajak pembaca untuk makan nasi goreng.
    B. Memberikan informasi tentang bahan-bahan nasi goreng.
    C. Menjelaskan cara membuat nasi goreng secara berurutan.
    D. Menginspirasi pembaca untuk menjadi koki.
  3. "Pergi ke pasar membeli buah,
    Jangan lupa membeli duku.
    Jika ingin hidup berfaedah,
    Rajinlah belajar setiap waktu."Amanat yang terkandung dalam pantun tersebut adalah…
    A. Pentingnya berbelanja di pasar.
    B. Anjuran untuk rajin belajar.
    C. Manfaat buah duku bagi kesehatan.
    D. Ajakan untuk hidup berfaedah.
  4. "Dengarlah hai sahabatku semua,
    Nasihat ini janganlah lupa,
    Rajinlah belajar selagi muda,
    Agar kelak hidup bahagia."Ciri-ciri syair yang paling tepat berdasarkan kutipan di atas adalah…
    A. Bersajak a-b-a-b.
    B. Terdiri dari empat baris, dua sampiran dan dua isi.
    C. Semua baris merupakan isi.
    D. Baris pertama dan kedua adalah sampiran.
  5. Perhatikan kalimat berikut: "Adik membeli buku baru di toko buku."Kata yang dicetak tebal pada kalimat di atas termasuk jenis kata…
    A. Kata kerja
    B. Kata sifat
    C. Kata benda
    D. Kata keterangan
  6. Kalimat yang mengandung kata kerja adalah…
    A. Meja itu sangat bersih.
    B. Dia seorang siswa pandai.
    C. Kakak sedang membaca buku.
    D. Pemandangan di sana indah sekali.
  7. "Dia sangat rajin belajar, ______ ia selalu mendapat nilai terbaik."Konjungsi yang tepat untuk mengisi titik-titik tersebut adalah…
    A. tetapi
    B. meskipun
    C. sehingga
    D. atau
  8. Ciri utama teks fabel adalah…
    A. Menjelaskan langkah-langkah melakukan sesuatu.
    B. Tokoh utamanya adalah hewan yang berperilaku seperti manusia.
    C. Menggambarkan suatu objek secara rinci.
    D. Menyajikan informasi berdasarkan fakta.
  9. Kalimat berikut yang merupakan kalimat efektif adalah…
    A. Demi untuk anak-anaknya, Pak Budi bekerja keras.
    B. Para siswa-siswa sedang belajar di kelas.
    C. Ibu membeli sayur-sayuran di pasar.
    D. Rapat itu dihadiri oleh beberapa anggota.
  10. "Angin berbisik mesra di telingaku."Majas yang digunakan dalam kalimat tersebut adalah…
    A. Metafora
    B. Hiperbola
    C. Personifikasi
    D. Simile
  11. Tujuan utama teks laporan hasil observasi adalah…
    A. Mengajak pembaca untuk melakukan sesuatu.
    B. Menyampaikan informasi faktual secara objektif.
    C. Menggambarkan suatu benda atau tempat.
    D. Menceritakan pengalaman pribadi penulis.
  12. "Pohon mangga memiliki banyak manfaat. Buahnya kaya vitamin C dan serat. Daunnya bisa digunakan sebagai obat herbal. Batangnya kuat dan sering dimanfaatkan sebagai bahan bangunan."Gagasan pokok paragraf di atas adalah…
    A. Manfaat daun mangga.
    B. Manfaat pohon mangga.
    C. Buah mangga kaya vitamin.
    D. Batang mangga sebagai bahan bangunan.
  13. Kalimat yang termasuk kalimat perintah adalah…
    A. Apakah kamu sudah makan?
    B. Tolong ambilkan buku itu!
    C. Alangkah indahnya pemandangan ini.
    D. Saya akan pergi ke sekolah.
  14. Kata berikut yang termasuk kata sifat adalah…
    A. Berlari
    B. Meja
    C. Cantik
    D. Dengan
  15. "Air susu dibalas air tuba."Makna peribahasa tersebut adalah…
    A. Kebaikan dibalas dengan kebaikan.
    B. Kebaikan dibalas dengan kejahatan.
    C. Kejahatan dibalas dengan kebaikan.
    D. Kejahatan dibalas dengan kejahatan.
  16. "Barang siapa tiada memegang agama,
    Sekali-kali tiada boleh dibilang nama."Ciri gurindam yang paling menonjol dari kutipan di atas adalah…
    A. Setiap baris terdiri dari 8-12 suku kata.
    B. Berisi nasihat atau ajaran moral.
    C. Bersajak a-b-a-b.
    D. Terdiri dari empat baris.
  17. Unsur intrinsik yang berkaitan dengan urutan kejadian dalam cerita adalah…
    A. Tokoh
    B. Latar
    C. Alur
    D. Amanat
  18. Kalimat yang merupakan kalimat langsung adalah…
    A. Ibu berkata bahwa dia akan pergi ke pasar.
    B. "Jangan lupa belajar!" kata Ayah kepadaku.
    C. Guru menasihati kami agar rajin membaca.
    D. Dia bertanya apakah aku sudah mengerjakan PR.
  19. Istilah "literasi" paling tepat diartikan sebagai…
    A. Kemampuan menulis cerita fiksi.
    B. Kemampuan membaca dan menulis.
    C. Kemampuan berbicara di depan umum.
    D. Kemampuan memahami puisi.
  20. Penggunaan tanda baca koma (,) yang tepat terdapat pada kalimat…
    A. Saya suka apel, jeruk dan pisang.
    B. Dia anak yang rajin, dan pintar.
    C. Oleh karena itu, kita harus berhati-hati.
    D. Kakak bertanya "Di mana bukuku?"

Kunci Jawaban Pilihan Ganda dan Pembahasan

  1. B. Menggambarkan objek secara rinci seolah pembaca melihat, mendengar, atau merasakan sendiri.
    Pembahasan: Teks deskripsi bertujuan untuk melukiskan atau menggambarkan suatu objek (tempat, benda, orang) sejelas-jelasnya sehingga pembaca seolah-olah dapat melihat, mendengar, atau merasakan objek tersebut.
  2. C. Menjelaskan cara membuat nasi goreng secara berurutan.
    Pembahasan: Teks prosedur adalah teks yang berisi langkah-langkah atau tahapan untuk melakukan atau membuat sesuatu secara sistematis.
  3. B. Anjuran untuk rajin belajar.
    Pembahasan: Amanat adalah pesan moral atau nasihat yang ingin disampaikan penulis kepada pembaca. Baris isi pantun "Jika ingin hidup berfaedah, Rajinlah belajar setiap waktu" jelas mengandung anjuran untuk rajin belajar.
  4. C. Semua baris merupakan isi.
    Pembahasan: Ciri khas syair adalah semua barisnya merupakan isi dan biasanya berisi nasihat atau cerita. Berbeda dengan pantun yang memiliki sampiran dan isi.
  5. C. Kata benda
    Pembahasan: Kata "buku" merujuk pada suatu benda atau objek.
  6. C. Kakak sedang membaca buku.
    Pembahasan: Kata "membaca" menunjukkan suatu tindakan atau pekerjaan, sehingga termasuk kata kerja.
  7. C. sehingga
    Pembahasan: Konjungsi "sehingga" menunjukkan hubungan sebab-akibat. Karena rajin belajar (sebab), maka ia selalu mendapat nilai terbaik (akibat).
  8. B. Tokoh utamanya adalah hewan yang berperilaku seperti manusia.
    Pembahasan: Fabel adalah cerita pendek yang tokoh-tokohnya adalah hewan yang diceritakan dapat berbicara dan bertingkah laku seperti manusia, biasanya mengandung pesan moral.
  9. D. Rapat itu dihadiri oleh beberapa anggota.
    Pembahasan: Kalimat efektif adalah kalimat yang singkat, padat, jelas, lengkap, dan dapat menyampaikan informasi secara tepat. Pilihan A, B, C mengandung pemborosan kata ("Demi untuk", "para siswa-siswa", "sayur-sayuran").
  10. C. Personifikasi
    Pembahasan: Majas personifikasi adalah majas yang mengumpamakan benda mati atau bukan manusia seolah-olah memiliki sifat atau kemampuan seperti manusia (misalnya, angin berbisik).
  11. B. Menyampaikan informasi faktual secara objektif.
    Pembahasan: Teks laporan hasil observasi bertujuan untuk memberikan informasi tentang suatu objek atau fenomena berdasarkan fakta hasil pengamatan secara objektif.
  12. B. Manfaat pohon mangga.
    Pembahasan: Gagasan pokok adalah ide utama yang mendasari sebuah paragraf. Seluruh kalimat dalam paragraf tersebut menjelaskan berbagai manfaat dari pohon mangga.
  13. B. Tolong ambilkan buku itu!
    Pembahasan: Kalimat perintah adalah kalimat yang isinya menyuruh atau meminta seseorang untuk melakukan sesuatu, sering ditandai dengan partikel "-lah" atau kata seperti "tolong", "mohon", dan diakhiri tanda seru (!).
  14. C. Cantik
    Pembahasan: Kata sifat adalah kata yang menerangkan sifat, keadaan, atau watak suatu benda, orang, atau binatang. "Cantik" menjelaskan sifat seseorang atau benda.
  15. B. Kebaikan dibalas dengan kejahatan.
    Pembahasan: Peribahasa ini menggambarkan situasi di mana seseorang membalas kebaikan yang diterimanya dengan perbuatan jahat.
  16. B. Berisi nasihat atau ajaran moral.
    Pembahasan: Ciri utama gurindam adalah terdiri dari dua baris, bersajak a-a, dan baris pertama merupakan syarat/sebab, baris kedua merupakan akibat/isi, serta umumnya berisi nasihat atau ajaran moral.
  17. C. Alur
    Pembahasan: Alur adalah rangkaian peristiwa yang disusun secara kronologis atau sebab-akibat sehingga membentuk suatu cerita yang utuh.
  18. B. "Jangan lupa belajar!" kata Ayah kepadaku.
    Pembahasan: Kalimat langsung adalah kalimat yang diucapkan langsung oleh pembicara, ditandai dengan tanda petik dua ("…").
  19. B. Kemampuan membaca dan menulis.
    Pembahasan: Literasi secara umum merujuk pada kemampuan seseorang dalam membaca, menulis, dan memahami informasi.
  20. C. Oleh karena itu, kita harus berhati-hati.
    Pembahasan: Tanda koma digunakan setelah kata penghubung antarkalimat (konjungsi intrakalimat) seperti "oleh karena itu", "jadi", "dengan demikian" jika konjungsi tersebut berada di awal kalimat.

II. Isian Singkat

  1. Teks yang berisi langkah-langkah atau tahapan untuk melakukan sesuatu disebut teks ______.
  2. Pantun yang baris pertama dan kedua merupakan sampiran, sedangkan baris ketiga dan keempat merupakan isi, memiliki rima akhir ______.
  3. Kata kerja yang menunjukkan tindakan yang bisa dilihat secara fisik disebut kata kerja ______.
  4. Sebuah cerita fiksi yang tokoh-tokohnya adalah hewan yang berperilaku seperti manusia disebut ______.
  5. Unsur intrinsik dalam cerita yang menjelaskan waktu, tempat, dan suasana kejadian disebut ______.

Kunci Jawaban Isian Singkat

  1. Prosedur
  2. a-b-a-b
  3. Aksi (atau Transitif)
  4. Fabel
  5. Latar

III. Uraian (Essay)

  1. Jelaskan perbedaan mendasar antara teks deskripsi dan teks laporan hasil observasi!
  2. Sebutkan dan jelaskan dua ciri khas pantun!
  3. Mengapa penting untuk menggunakan konjungsi yang tepat dalam sebuah kalimat atau paragraf? Berikan contohnya!
  4. Bagaimana cara mengidentifikasi gagasan pokok dalam sebuah paragraf?
  5. Buatlah sebuah kalimat efektif yang menggunakan majas personifikasi!

Kunci Jawaban Uraian

    • Teks Deskripsi: Bertujuan menggambarkan suatu objek (tempat, benda, orang) secara subjektif atau objektif seolah-olah pembaca dapat melihat, mendengar, atau merasakan sendiri. Lebih fokus pada detail indrawi dan kesan personal penulis.
    • Teks Laporan Hasil Observasi: Bertujuan menyampaikan informasi faktual secara objektif tentang suatu objek atau fenomena berdasarkan hasil pengamatan sistematis. Lebih fokus pada klasifikasi, definisi, dan fakta umum.
  1. Dua ciri khas pantun:
    • Terdiri dari empat baris dalam satu bait.
    • Bersajak a-b-a-b (rima silang).
    • Dua baris pertama (sampiran) tidak berhubungan langsung dengan isi, berfungsi sebagai pengantar.
    • Dua baris terakhir (isi) menyampaikan pesan atau maksud pantun. (Siswa dapat memilih dua dari ciri-ciri ini)
  2. Pentingnya menggunakan konjungsi yang tepat adalah untuk menghubungkan antarkata, antarklausa, atau antarparagraf sehingga kalimat dan teks menjadi koheren, logis, dan mudah dipahami. Tanpa konjungsi yang tepat, kalimat bisa terasa terputus-putus atau maknanya ambigu.
    Contoh:
    • "Dia rajin belajar, tetapi nilainya kurang memuaskan." (Konjungsi "tetapi" menunjukkan pertentangan).
    • "Hujan turun deras, sehingga jalanan menjadi licin." (Konjungsi "sehingga" menunjukkan sebab-akibat).
  3. Cara mengidentifikasi gagasan pokok dalam sebuah paragraf:
    • Baca seluruh paragraf dengan cermat.
    • Temukan kalimat utama, biasanya terletak di awal, akhir, atau awal dan akhir paragraf.
    • Gagasan pokok seringkali dapat disimpulkan dari kalimat utama tersebut. Kalimat-kalimat lain dalam paragraf berfungsi sebagai penjelas atau pendukung gagasan pokok.
    • Tanyakan pada diri sendiri, "Tentang apa paragraf ini secara keseluruhan?"
  4. Contoh kalimat efektif dengan majas personifikasi:
    • "Daun-daun menari gembira menyambut datangnya hujan."
    • "Ombak berkejaran seolah ingin meraih pantai."
    • "Matahari tersenyum ramah menyinari bumi."

IV. Mencocokkan (Matching)

Soal 1

Cocokkan definisi di Kolom A dengan jenis teks yang tepat di Kolom B.

Kolom A (Definisi) Kolom B (Jenis Teks)
1. Teks yang bertujuan menggambarkan suatu objek secara rinci. a. Teks Prosedur
2. Teks yang berisi langkah-langkah melakukan sesuatu. b. Teks Deskripsi
3. Teks yang berisi laporan hasil pengamatan secara objektif. c. Teks Narasi
4. Teks yang menceritakan urutan peristiwa atau pengalaman. d. Teks Laporan Hasil Observasi
5. Teks yang isinya berupa nasihat atau ajaran moral dalam bentuk bait. e. Puisi Rakyat

Kunci Jawaban Mencocokkan Soal 1

  • 1 – b
  • 2 – a
  • 3 – d
  • 4 – c
  • 5 – e

Soal 2

Cocokkan unsur kebahasaan di Kolom A dengan contoh kata yang tepat di Kolom B.

Kolom A (Unsur Kebahasaan) Kolom B (Contoh Kata)
1. Kata Benda a. Cepat
2. Kata Kerja b. Dan
3. Kata Sifat c. Rumah
4. Konjungsi d. Berlari
5. Kata Keterangan e. Sangat

Kunci Jawaban Mencocokkan Soal 2

  • 1 – c
  • 2 – d
  • 3 – a
  • 4 – b
  • 5 – e

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *