Kumpulan Contoh Soal Bahasa Indonesia Kelas 6 SD Kurikulum Merdeka Lengkap dengan Kunci Jawaban dan Pembahasan

Posted on

Selamat datang para siswa, guru, dan orang tua! Artikel ini adalah sumber terlengkap untuk latihan soal Bahasa Indonesia Kelas 6 SD Kurikulum Merdeka. Memahami Bahasa Indonesia bukan hanya tentang nilai, tetapi juga tentang kemampuan berkomunikasi secara efektif, berpikir kritis, dan mengapresiasi kekayaan budaya. Kurikulum Merdeka menekankan pada pembelajaran yang bermakna dan kontekstual, sehingga latihan soal yang relevan sangat penting untuk mengukur pemahaman. Kami telah menyiapkan 32 soal pilihan ganda, isian singkat, uraian, dan mencocokkan yang dirancang sesuai capaian pembelajaran Kurikulum Merdeka. Setiap soal dilengkapi dengan kunci jawaban dan pembahasan singkat (khusus pilihan ganda) untuk membantu siswa memahami konsep-konsep dasar hingga lanjutan. Dengan berlatih secara rutin, siswa dapat meningkatkan kemampuan membaca, menulis, berbicara, dan mendengarkan, serta mempersiapkan diri menghadapi berbagai penilaian dengan percaya diri. Mari kita mulai petualangan belajar Bahasa Indonesia yang menyenangkan!


Kumpulan Contoh Soal Bahasa Indonesia Kelas 6 SD Kurikulum Merdeka Lengkap dengan Kunci Jawaban dan Pembahasan

Selamat datang para siswa, guru, dan orang tua! Artikel ini adalah sumber terlengkap untuk latihan soal Bahasa Indonesia Kelas 6 SD Kurikulum Merdeka. Memahami Bahasa Indonesia bukan hanya tentang nilai, tetapi juga tentang kemampuan berkomunikasi secara efektif, berpikir kritis, dan mengapresiasi kekayaan budaya. Kurikulum Merdeka menekankan pada pembelajaran yang bermakna dan kontekstual, sehingga latihan soal yang relevan sangat penting untuk mengukur pemahaman. Kami telah menyiapkan 32 soal pilihan ganda, isian singkat, uraian, dan mencocokkan yang dirancang sesuai capaian pembelajaran Kurikulum Merdeka. Setiap soal dilengkapi dengan kunci jawaban dan pembahasan singkat (khusus pilihan ganda) untuk membantu siswa memahami konsep-konsep dasar hingga lanjutan. Dengan berlatih secara rutin, siswa dapat meningkatkan kemampuan membaca, menulis, berbicara, dan mendengarkan, serta mempersiapkan diri menghadapi berbagai penilaian dengan percaya diri. Mari kita mulai petualangan belajar Bahasa Indonesia yang menyenangkan!

1. Soal Pilihan Ganda (20 Soal)

  1. Bacalah paragraf berikut!

    Hutan Amazon dikenal sebagai paru-paru dunia karena menghasilkan sebagian besar oksigen yang kita hirup. Hutan ini adalah rumah bagi jutaan spesies tumbuhan dan hewan, beberapa di antaranya belum teridentifikasi. Namun, deforestasi dan perubahan iklim mengancam keberlangsungan ekosistem yang vital ini.

    Ide pokok paragraf di atas adalah…

    1. Kekayaan spesies di Hutan Amazon.
    2. Ancaman terhadap Hutan Amazon.
    3. Hutan Amazon sebagai paru-paru dunia dan ancamannya.
    4. Pentingnya oksigen bagi kehidupan.

    Jawaban: C. Ide pokok mencakup gagasan utama yang ingin disampaikan penulis secara keseluruhan. Paragraf ini membahas peran Amazon dan ancaman yang dihadapinya.

  2. Kalimat yang menggunakan kata tidak baku adalah…

    1. Ibu membeli sayur-mayur di pasar tradisional.
    2. Adik sedang membaca buku sejarah.
    3. Kami belajar dengan seksama di perpustakaan.
    4. Dia seringkali tidak perduli dengan nasihat orang tua.

    Jawaban: D. Kata baku untuk “perduli” adalah “peduli”.

  3. Sinonim dari kata “berhasil” adalah…

    1. Gagal
    2. Sukses
    3. Mulai
    4. Berjuang

    Jawaban: B. Sinonim adalah persamaan kata. “Berhasil” memiliki makna yang sama dengan “sukses”.

  4. Perhatikan kalimat berikut!

    “Anak-anak __________ bermain di taman.”

    Kata kerja yang tepat untuk melengkapi kalimat di atas adalah…

    1. Sedang
    2. Gembira
    3. Berlari
    4. Cantik

    Jawaban: C. “Berlari” adalah kata kerja yang menunjukkan aktivitas yang dilakukan anak-anak di taman. “Sedang” adalah kata keterangan, “gembira” dan “cantik” adalah kata sifat.

  5. Bagian surat pribadi yang berisi salam pembuka adalah…

    1. Tempat dan tanggal surat
    2. Alamat penerima
    3. Isi surat
    4. Salam sayang, atau Salam hangat,

    Jawaban: D. Salam pembuka seperti “Salam sayang,” atau “Salam hangat,” digunakan untuk mengawali isi surat pribadi.

  6. Bacalah puisi berikut!

    Mentari pagi bersinar cerah,
    Hangatkan bumi dengan sinarnya.
    Burung berkicau riang gembira,
    Menyambut hari penuh harapan.

    Tema puisi di atas adalah…

    1. Kesedihan
    2. Alam pagi
    3. Perpisahan
    4. Cita-cita

    Jawaban: B. Puisi ini menggambarkan suasana dan keindahan alam di pagi hari.

  7. Kalimat yang merupakan fakta adalah…

    1. Menurutku, film itu sangat membosankan.
    2. Indonesia memiliki ribuan pulau.
    3. Mungkin besok akan turun hujan.
    4. Sebaiknya kita pergi sekarang.

    Jawaban: B. Fakta adalah pernyataan yang dapat dibuktikan kebenarannya. Indonesia memang memiliki ribuan pulau.

  8. Antonim dari kata “datang” adalah…

    1. Hadir
    2. Pergi
    3. Tiba
    4. Pulang

    Jawaban: B. Antonim adalah lawan kata. Lawan kata dari “datang” adalah “pergi”.

  9. Tanda baca koma (,) digunakan untuk…

    1. Mengakhiri kalimat.
    2. Memisahkan unsur-unsur dalam suatu pemerincian.
    3. Menyatakan pertanyaan.
    4. Menunjukkan seruan.

    Jawaban: B. Tanda koma digunakan untuk memisahkan daftar atau pemerincian, misalnya “Saya membeli buku, pensil, dan penghapus.”

  10. Jenis teks yang bertujuan untuk memberikan informasi atau menjelaskan sesuatu disebut teks…

    1. Narasi
    2. Deskripsi
    3. Eksposisi
    4. Persuasi

    Jawaban: C. Teks eksposisi bertujuan untuk menjelaskan atau memaparkan informasi secara objektif.

  11. Pernyataan berikut yang merupakan kalimat ajakan adalah…

    1. Apakah kamu sudah makan?
    2. Mari kita jaga kebersihan lingkungan!
    3. Tolong ambilkan buku itu.
    4. Hati-hati di jalan!

    Jawaban: B. Kalimat ajakan biasanya ditandai dengan kata “mari”, “ayo”, atau “yuk”.

  12. Kata dasar dari “memperjuangkan” adalah…

    1. Perjuang
    2. Juangkan
    3. Perjuangan
    4. Juara

    Jawaban: A. Kata dasar dari “memperjuangkan” adalah “perjuang” setelah menghilangkan imbuhan meN- dan -kan.

  13. Bacalah kutipan cerita berikut!

    Kancil berlari sekencang-kencangnya. Ia sangat ketakutan setelah mencuri timun Pak Tani. Sesampainya di sungai, ia melihat buaya-buaya sedang berjemur. Kancil pun memutar otak mencari cara agar bisa menyeberang tanpa dimakan buaya.

    Tokoh utama dalam kutipan cerita di atas adalah…

    1. Pak Tani
    2. Buaya
    3. Kancil
    4. Sungai

    Jawaban: C. Tokoh utama adalah karakter yang menjadi pusat cerita dan paling banyak diceritakan. Dalam kutipan ini, Kancil adalah fokus utama.

  14. Bagian cerita yang berisi puncak masalah atau konflik disebut…

    1. Orientasi
    2. Komplikasi
    3. Resolusi
    4. Koda

    Jawaban: B. Komplikasi adalah bagian cerita yang berisi munculnya masalah atau konflik yang mencapai puncaknya.

  15. Kalimat yang efektif adalah…

    1. Banyak para siswa-siswa sedang belajar di perpustakaan.
    2. Para siswa sedang belajar di perpustakaan.
    3. Siswa-siswa sedang belajar di perpustakaan.
    4. Banyak siswa sedang belajar di perpustakaan.

    Jawaban: B. Kalimat efektif menghindari pemborosan kata. Penggunaan “banyak” dan “para” bersamaan dengan “siswa-siswa” adalah pemborosan. “Para siswa” sudah menunjukkan jamak.

  16. Jenis paragraf yang kalimat utamanya berada di awal paragraf disebut paragraf…

    1. Induktif
    2. Deduktif
    3. Campuran
    4. Narasi

    Jawaban: B. Paragraf deduktif adalah paragraf yang kalimat utamanya berada di awal paragraf, kemudian diikuti oleh kalimat-kalimat penjelas.

  17. Bacalah pengumuman berikut!

    PENGUMUMAN
    Diberitahukan kepada seluruh siswa kelas VI, kegiatan kerja bakti membersihkan lingkungan sekolah akan dilaksanakan pada hari Sabtu, 15 April 2023, pukul 08.00 WIB. Dimohon kehadirannya tepat waktu dan membawa alat kebersihan masing-masing.

    Tujuan pengumuman di atas adalah…

    1. Mengajak siswa berlibur.
    2. Memberitahukan jadwal kerja bakti.
    3. Meminta sumbangan dari siswa.
    4. Mengadakan rapat orang tua.

    Jawaban: B. Pengumuman tersebut secara jelas memberitahukan tentang jadwal pelaksanaan kerja bakti.

  18. Penggunaan tanda baca titik dua (:) yang tepat terdapat pada kalimat…

    1. Ibu membeli sayuran: wortel, buncis, dan kentang.
    2. Dia bertanya: “Kapan kamu pulang?”
    3. Acara itu dimulai pukul 07:00 pagi.
    4. Buku itu berjudul: “Petualangan Si Kancil”.

    Jawaban: A. Tanda titik dua digunakan untuk mengawali pemerincian atau penjelasan yang diawali dengan frasa yang memerlukan perincian.

  19. Makna kata “deforestasi” dalam konteks lingkungan adalah…

    1. Penghijauan hutan.
    2. Penebangan hutan secara liar.
    3. Pelestarian hutan.
    4. Pembakaran hutan untuk pertanian.

    Jawaban: B. Deforestasi mengacu pada penggundulan atau penebangan hutan secara besar-besaran, seringkali secara liar.

  20. Unsur intrinsik cerita yang membahas latar waktu dan tempat kejadian disebut…

    1. Tokoh
    2. Alur
    3. Latar
    4. Amanat

    Jawaban: C. Latar adalah unsur intrinsik yang meliputi waktu, tempat, dan suasana dalam cerita.

2. Soal Isian Singkat (5 Soal)

  1. Sebutkan tiga jenis kata yang termasuk dalam kata kerja!

    Jawaban: Makan, minum, tidur (atau contoh kata kerja lainnya seperti berlari, menulis, membaca, dll.)

  2. Kalimat “Meskipun lelah, ia tetap belajar dengan giat.” menggunakan konjungsi __________.

    Jawaban: konsesif

  3. Bagian surat resmi yang berisi maksud atau tujuan pengiriman surat disebut __________.

    Jawaban: perihal

  4. Peribahasa “Air susu dibalas dengan air tuba” memiliki makna __________.

    Jawaban: Kebaikan dibalas dengan kejahatan.

  5. Bentuk kata dasar dari “penulisan” adalah __________.

    Jawaban: tulis

3. Soal Uraian (Essay) (5 Soal)

  1. Jelaskan perbedaan antara teks narasi dan teks deskripsi!

    Jawaban: Teks narasi adalah jenis teks yang menceritakan suatu peristiwa atau kejadian secara berurutan dari waktu ke waktu, biasanya memiliki tokoh, alur, dan latar. Contohnya cerpen, novel, atau fabel. Sedangkan teks deskripsi adalah jenis teks yang menggambarkan suatu objek, tempat, atau peristiwa secara rinci sehingga pembaca seolah-olah dapat melihat, mendengar, atau merasakan apa yang dideskripsikan. Contohnya deskripsi pemandangan atau deskripsi seseorang.

  2. Bagaimana cara membuat ringkasan dari sebuah teks yang panjang?

    Jawaban: Cara membuat ringkasan dari teks panjang adalah sebagai berikut: Pertama, baca teks asli secara keseluruhan untuk memahami ide pokok dan inti cerita/informasi. Kedua, catat poin-poin penting atau gagasan utama dari setiap paragraf. Ketiga, susun kembali poin-poin penting tersebut menjadi sebuah tulisan baru dengan menggunakan bahasamu sendiri, tanpa mengubah makna asli dari teks. Pastikan ringkasan lebih pendek dari teks asli dan hanya memuat informasi esensial.

  3. Tuliskan 3 (tiga) contoh kalimat persuasif yang berkaitan dengan menjaga kebersihan lingkungan!

    Jawaban:
    1. Mari kita buang sampah pada tempatnya demi lingkungan yang bersih dan sehat!
    2. Ayo bersama-sama membersihkan selokan agar terhindar dari banjir dan penyakit!
    3. Jaga kebersihan lingkungan kita, karena kebersihan adalah sebagian dari iman dan kunci kesehatan kita bersama.

  4. Apa fungsi tanda baca titik dua (:) dalam sebuah kalimat? Berikan satu contoh penggunaannya!

    Jawaban: Fungsi tanda baca titik dua (:) adalah untuk mengawali pemerincian atau penjelasan yang mengikutinya. Tanda titik dua juga dapat digunakan sesudah kata atau ungkapan yang memerlukan pemerian. Contoh: Ibu membeli beberapa buah-buahan: apel, jeruk, dan pisang.

  5. Mengapa penting untuk menggunakan kata baku dalam penulisan karya ilmiah atau surat resmi?

    Jawaban: Penting untuk menggunakan kata baku dalam penulisan karya ilmiah atau surat resmi karena kata baku menjamin keseragaman dan kejelasan makna. Penggunaan kata baku menunjukkan profesionalisme, keformalan, dan kredibilitas penulis. Selain itu, kata baku mudah dipahami oleh semua kalangan pembaca karena sesuai dengan kaidah bahasa Indonesia yang benar, sehingga menghindari kesalahpahaman dalam komunikasi resmi atau ilmiah.

4. Soal Mencocokkan (Matching) (2 Soal)

  1. Cocokkanlah antara kata dengan makna yang sesuai!

    Kolom A (Kata):
    1. Inovasi
    2. Adaptasi
    3. Eksplorasi
    4. Konservasi

    Kolom B (Makna):
    a. Penyesuaian diri dengan lingkungan atau kondisi baru.
    b. Upaya pelestarian atau perlindungan.
    c. Penemuan baru yang berbeda dari yang sudah ada atau yang sudah dikenal.
    d. Penjelajahan lapangan dengan tujuan memperoleh pengetahuan lebih banyak.

    Jawaban: 1-c, 2-a, 3-d, 4-b

  2. Cocokkanlah antara jenis teks dengan karakteristik utamanya!

    Kolom A (Jenis Teks):
    1. Teks Persuasi
    2. Teks Eksposisi
    3. Teks Narasi
    4. Teks Deskripsi

    Kolom B (Karakteristik):
    a. Menggambarkan suatu objek atau peristiwa secara rinci.
    b. Menceritakan suatu peristiwa secara kronologis.
    c. Memaparkan atau menjelaskan informasi secara objektif.
    d. Memengaruhi pembaca untuk melakukan sesuatu.

    Jawaban: 1-d, 2-c, 3-b, 4-a

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *