
Mencari contoh soal UAS Produktif TKR Kelas 11 SMK Semester 1 untuk persiapan ujian akhir? Anda berada di tempat yang tepat! Artikel ini menyajikan kumpulan soal pilihan ganda, isian singkat, esai, dan menjodohkan yang dirancang khusus untuk menguji pemahaman Anda tentang materi Teknik Kendaraan Ringan di semester pertama. Dari komponen mesin utama seperti crankshaft dan camshaft, prinsip kerja mesin 4-tak, sistem pelumasan, sistem pendingin, hingga dasar-dasar chassis dan power train seperti kopling, transmisi, dan sistem rem, setiap soal telah disusun untuk membantu siswa TKR kelas 11 mengidentifikasi area yang perlu diperkuat. Latihan soal ini mencakup berbagai aspek esensial yang diajarkan di kelas. Gunakan latihan soal ini sebagai panduan belajar yang efektif, evaluasi diri, dan tingkatkan kepercayaan diri Anda menghadapi UAS. Persiapkan diri Anda sebaik mungkin dan raih nilai terbaik di ujian produktif TKR!
Soal Pilihan Ganda
- Komponen mesin yang berfungsi mengubah gerakan naik turun piston menjadi gerakan putar adalah…
A. Camshaft
B. Connecting Rod
C. Crankshaft
D. Valve
E. Piston - Pada mesin 4-tak, langkah usaha terjadi ketika…
A. Piston bergerak dari TMA ke TMB, katup isap dan buang tertutup
B. Piston bergerak dari TMB ke TMA, katup isap terbuka
C. Piston bergerak dari TMA ke TMB, katup isap terbuka
D. Piston bergerak dari TMB ke TMA, katup buang terbuka
E. Piston bergerak dari TMA ke TMB, katup buang terbuka - Sistem yang berfungsi menjaga suhu kerja mesin agar tetap optimal adalah sistem…
A. Pelumasan
B. Bahan Bakar
C. Pengapian
D. Pendingin
E. Pembuangan - Fungsi utama oli mesin adalah sebagai berikut, kecuali…
A. Melumasi komponen bergerak
B. Mendinginkan mesin
C. Membersihkan kotoran
D. Mencegah korosi
E. Mempercepat pembakaran - Bagian dari sistem pendingin yang berfungsi mendinginkan air pendingin dengan bantuan aliran udara adalah…
A. Water Pump
B. Thermostat
C. Radiator
D. Reservoir Tank
E. Fan Belt - Komponen yang berfungsi sebagai penghubung antara putaran poros engkol (crankshaft) dengan putaran poros nok (camshaft) adalah…
A. Timing Belt/Chain
B. Fan Belt
C. V-Belt
D. Drive Shaft
E. Propeller Shaft - Jika mesin mengalami overheating, salah satu penyebab utamanya adalah…
A. Kipas radiator berputar terlalu cepat
B. Volume oli mesin berlebihan
C. Thermostat macet dalam posisi terbuka
D. Volume air pendingin kurang
E. Busi kotor - Alat ukur yang digunakan untuk mengukur celah busi adalah…
A. Dial Gauge
B. Feeler Gauge
C. Micrometer
D. Vernier Caliper
E. Multimeter - Komponen pada sistem kopling yang berfungsi menekan plat kopling ke flywheel adalah…
A. Plat Kopling (Clutch Disc)
B. Dekrup (Pressure Plate)
C. Release Bearing
D. Flywheel
E. Master Silinder Kopling - Fungsi utama transmisi pada kendaraan adalah…
A. Mengubah arah gerak kendaraan
B. Menyesuaikan perbandingan putaran mesin dan roda
C. Mengerem laju kendaraan
D. Menstabilkan kendaraan saat berbelok
E. Mengurangi getaran mesin - Pada sistem kemudi, komponen yang berfungsi mengubah gerakan putar dari steering wheel menjadi gerakan maju-mundur pada steering shaft adalah…
A. Tie Rod
B. Ball Joint
C. Steering Gear Box
D. Steering Linkage
E. Steering Column - Sistem pengereman yang menggunakan cairan hidrolik untuk menekan kampas rem adalah…
A. Rem Mekanik
B. Rem Hidrolik
C. Rem Angin
D. Rem Elektrik
E. Rem Tangan - Komponen pada sistem suspensi yang berfungsi meredam kejutan dan getaran akibat kondisi jalan adalah…
A. Per (Spring)
B. Stabilizer Bar
C. Shock Absorber (Peredam Kejut)
D. Bushing
E. Control Arm - Urutan kerja mesin 4-tak yang benar adalah…
A. Isap – Buang – Kompresi – Usaha
B. Isap – Kompresi – Usaha – Buang
C. Kompresi – Isap – Usaha – Buang
D. Usaha – Kompresi – Isap – Buang
E. Buang – Isap – Kompresi – Usaha - Salah satu fungsi dari flywheel (roda gila) adalah…
A. Menghubungkan putaran mesin ke transmisi
B. Menyimpan energi putar mesin agar putaran lebih halus
C. Menjadi tempat dudukan busi
D. Mendinginkan mesin
E. Mengatur waktu pengapian - Apa fungsi dari sistem pelumasan pada mesin?
A. Menyalurkan bahan bakar ke ruang bakar
B. Mengatur suhu mesin agar tetap stabil
C. Mengurangi gesekan antar komponen bergerak
D. Menghasilkan tenaga pembakaran
E. Mendinginkan gas buang - Komponen yang berfungsi membuka dan menutup saluran masuk (intake) dan saluran buang (exhaust) pada ruang bakar adalah…
A. Piston
B. Crankshaft
C. Camshaft
D. Valve (Katup)
E. Spark Plug (Busi) - Jika pedal rem terasa keras dan daya pengereman berkurang, masalah mungkin terjadi pada…
A. Kampas rem aus
B. Minyak rem berkurang
C. Booster rem tidak berfungsi
D. Master silinder rem bocor
E. Rem parkir macet - Pada sistem pengapian konvensional, komponen yang berfungsi menaikkan tegangan baterai menjadi tegangan tinggi untuk busi adalah…
A. Distributor
B. Koil Pengapian (Ignition Coil)
C. Busi
D. Platina
E. Kondensor - Fungsi utama dari differential (gardan) pada kendaraan RWD adalah…
A. Mengubah arah putaran dari transmisi
B. Meneruskan putaran ke roda depan
C. Memungkinkan perbedaan putaran roda kiri dan kanan saat berbelok
D. Mengurangi getaran saat berkendara
E. Menambah torsi mesin
Soal Isian Singkat
- Sebutkan 3 fungsi utama dari sistem pelumasan pada mesin!
- Apa kepanjangan dari TKR dalam konteks jurusan SMK?
- Sebutkan minimal 3 komponen utama pada sistem pendingin mesin!
- Apa perbedaan fungsi antara timing belt dan fan belt?
- Sebutkan 2 jenis rem yang umum digunakan pada kendaraan ringan!
Soal Esai/Uraian
- Jelaskan secara singkat bagaimana prinsip kerja mesin 4-tak, mulai dari langkah isap hingga langkah buang!
- Mengapa sistem pendingin sangat penting bagi kinerja mesin? Apa yang akan terjadi jika mesin mengalami overheating?
- Jelaskan fungsi dan komponen utama pada sistem kopling manual!
- Bagaimana cara kerja sistem rem hidrolik dalam menghentikan laju kendaraan?
- Sebutkan dan jelaskan secara singkat fungsi dari minimal 3 komponen utama pada sistem suspensi!
Soal Menjodohkan
Jodohkanlah pernyataan di kolom kiri dengan jawaban yang tepat di kolom kanan!
- Kolom Kiri:
- a. Crankshaft
- b. Camshaft
- c. Piston
- d. Radiator
- e. Busi
- Kolom Kanan:
- 1. Mengubah gerakan naik turun menjadi putaran
- 2. Membuka dan menutup katup
- 3. Meneruskan tekanan gas hasil pembakaran
- 4. Mendinginkan air pendingin
- 5. Memercikkan bunga api
Jodohkanlah pernyataan di kolom kiri dengan jawaban yang tepat di kolom kanan!
- Kolom Kiri:
- a. Transmisi
- b. Differential
- c. Shock Absorber
- d. Master Silinder Rem
- e. Booster Rem
- Kolom Kanan:
- 1. Meredam kejutan jalan
- 2. Menyesuaikan perbandingan putaran
- 3. Memungkinkan perbedaan putaran roda saat berbelok
- 4. Mengubah gaya injak pedal menjadi tekanan hidrolik
- 5. Meringankan injakan pedal rem
Answer Key
Pilihan Ganda
- C
- A
- D
- E
- C
- A
- D
- B
- B
- B
- C
- B
- C
- B
- B
- C
- D
- C
- B
- C
Isian Singkat
- Melumasi, mendinginkan, membersihkan, mencegah karat/korosi, sebagai perapat (pilih 3).
- Teknik Kendaraan Ringan.
- Radiator, Water Pump, Thermostat, Selang Radiator, Reservoir Tank (pilih minimal 3).
- Timing belt/chain berfungsi menghubungkan putaran crankshaft ke camshaft untuk mengatur waktu buka/tutup katup. Fan belt berfungsi memutar komponen seperti alternator, water pump, dan kompresor AC.
- Rem Cakram (Disc Brake) dan Rem Tromol (Drum Brake).
Esai/Uraian
Langkah Isap: Piston bergerak dari TMA ke TMB, katup isap terbuka, campuran udara dan bahan bakar (atau udara saja pada diesel) masuk ke silinder.
Langkah Kompresi: Piston bergerak dari TMB ke TMA, kedua katup (isap dan buang) tertutup, campuran udara dan bahan bakar dikompresi.
Langkah Usaha: Busi memercikkan bunga api (pada bensin) atau bahan bakar diinjeksikan dan terbakar (pada diesel), menghasilkan ledakan yang mendorong piston dari TMA ke TMB.
Langkah Buang: Piston bergerak dari TMB ke TMA, katup buang terbuka, gas sisa pembakaran didorong keluar melalui saluran buang.
Sistem pendingin penting untuk menjaga suhu kerja mesin agar tetap pada rentang optimal (sekitar 90-100°C). Jika mesin mengalami overheating (panas berlebih), dapat menyebabkan kerusakan serius seperti: oli mesin kehilangan daya lumas, piston memuai dan macet (seize), kepala silinder melengkung, paking kepala silinder bocor, bahkan kerusakan permanen pada komponen mesin.
Sistem kopling manual berfungsi untuk memutuskan dan menghubungkan putaran mesin ke transmisi secara halus, sehingga memungkinkan perpindahan gigi dan kendaraan dapat berhenti tanpa mematikan mesin. Komponen utamanya meliputi:
- Plat Kopling (Clutch Disc): Menghubungkan atau memutuskan putaran antara flywheel dan pressure plate.
- Dekrup (Pressure Plate Assembly): Menekan plat kopling ke flywheel.
- Flywheel (Roda Gila): Dudukan kopling, menyimpan energi putar mesin.
- Release Bearing (Bantalan Pembebas): Mendorong diafragma spring pada dekrup saat pedal kopling diinjak.
- Release Fork (Garpu Pembebas): Meneruskan gerakan dari pedal kopling ke release bearing.
Ketika pedal rem diinjak, gaya injakan diteruskan ke Master Silinder Rem. Master silinder mengubah gaya mekanis ini menjadi tekanan hidrolik pada minyak rem. Tekanan hidrolik ini kemudian disalurkan melalui selang rem ke kaliper rem (pada rem cakram) atau silinder roda (pada rem tromol). Pada kaliper/silinder roda, tekanan hidrolik mendorong piston yang kemudian menekan kampas rem ke piringan (disc) atau tromol, menghasilkan gesekan yang memperlambat dan menghentikan putaran roda.
- Per (Spring/Pegas): Berfungsi menyerap energi benturan dari jalan, menahan beban kendaraan, dan menjaga ketinggian kendaraan.
- Shock Absorber (Peredam Kejut): Berfungsi meredam osilasi (ayunan) yang dihasilkan oleh pegas agar kendaraan tidak terus-menerus berayun setelah melewati guncangan, sehingga meningkatkan kenyamanan dan stabilitas.
- Control Arm (Lengan Ayun): Menghubungkan roda ke rangka kendaraan, memungkinkan roda bergerak naik turun sambil menjaga posisinya.
- Stabilizer Bar: Mengurangi kemiringan bodi kendaraan saat berbelok (body roll).
Menjodohkan 1
- a – 1
- b – 2
- c – 3
- d – 4
- e – 5
Menjodohkan 2
- a – 2
- b – 3
- c – 1
- d – 4
- e – 5