Tentu, berikut adalah 30 contoh soal UAS PKN Kelas 6 SD Semester 2 beserta kunci jawabannya.
# Contoh Soal UAS PKN Kelas 6 SD Semester 2
## Pilihan Ganda
1. Hak warga negara untuk mendapatkan pendidikan diatur dalam UUD 1945 Pasal …
a. 27 ayat 1
b. 28
c. 31 ayat 1
d. 34
Jawaban: c
2. Salah satu kewajiban setiap warga negara adalah …
a. Mendapatkan pekerjaan
b. Memilih dalam pemilu
c. Menggunakan fasilitas umum
d. Menaati peraturan dan hukum yang berlaku
Jawaban: d
3. Demokrasi Pancasila adalah sistem pemerintahan yang mengutamakan …
a. Kebebasan individu sepenuhnya
b. Kekuasaan penuh presiden
c. Musyawarah mufakat untuk mencapai tujuan bersama
d. Kepentingan golongan tertentu
Jawaban: c
4. Kegiatan bermusyawarah untuk mencapai mufakat merupakan perwujudan sila Pancasila yang ke …
a. Satu
b. Dua
c. Tiga
d. Empat
Jawaban: d
5. Slogan “Bhinneka Tunggal Ika” memiliki makna …
a. Bersatu kita teguh, bercerai kita runtuh
b. Berbeda-beda tetapi tetap satu jua
c. Satu untuk semua, semua untuk satu
d. Berani karena benar
Jawaban: b
6. Sikap rela berkorban demi bangsa dan negara disebut juga sebagai …
a. Nasionalisme
b. Patriotisme
c. Liberalisme
d. Chauvinisme
Jawaban: b
7. Menjaga kebersihan lingkungan sekolah adalah contoh perilaku siswa dalam upaya …
a. Mencari perhatian
b. Mengisi waktu luang
c. Menjaga fasilitas umum dan lingkungan
d. Membangun citra diri
Jawaban: c
8. Peran Indonesia dalam menciptakan perdamaian dunia diwujudkan melalui keikutsertaan dalam organisasi …
a. NATO
b. PBB
c. Uni Eropa
d. WTO
Jawaban: b
9. Organisasi di kawasan Asia Tenggara yang anggotanya terdiri dari Indonesia, Malaysia, Filipina, Singapura, dan Thailand pada awal pembentukannya adalah …
a. APEC
b. ASEAN
c. OPEC
d. NAFTA
Jawaban: b
10. Salah satu contoh dampak positif globalisasi di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi adalah …
a. Meningkatnya konsumerisme
b. Kemudahan akses informasi
c. Lunturnya nilai-nilai luhur
d. Membanjirnya produk asing
Jawaban: b
11. Sikap bangga menjadi bangsa Indonesia dapat ditunjukkan dengan cara …
a. Menggunakan produk buatan luar negeri
b. Mempelajari budaya asing saja
c. Menggunakan dan melestarikan produk dalam negeri
d. Berwisata ke luar negeri saja
Jawaban: c
12. Tujuan utama didirikannya ASEAN adalah untuk …
a. Membentuk negara adidaya baru
b. Menjalin kerja sama di bidang ekonomi, sosial, dan budaya antarnegara anggotanya
c. Menguasai perdagangan dunia
d. Menyebarkan ideologi tertentu
Jawaban: b
13. Ancaman terhadap keutuhan NKRI dapat datang dari dalam maupun luar negeri. Salah satu contoh ancaman dari dalam negeri adalah …
a. Agresi militer negara lain
b. Penyelundupan narkoba
c. Perpecahan antarkelompok masyarakat
d. Serangan siber dari luar
Jawaban: c
14. Menghormati perbedaan suku, agama, ras, dan antargolongan merupakan cerminan dari pengamalan sila Pancasila yang ke …
a. Satu
b. Dua
c. Tiga
d. Lima
Jawaban: c
15. Bentuk partisipasi aktif siswa dalam kegiatan demokrasi di sekolah adalah …
a. Mengikuti pemilihan ketua kelas
b. Menyontek saat ulangan
c. Membolos sekolah
d. Melakukan unjuk rasa
Jawaban: a
16. Salah satu upaya untuk menghadapi dampak negatif globalisasi adalah dengan …
a. Menutup diri dari pengaruh luar
b. Mengikuti semua tren asing
c. Memperkuat identitas nasional dan nilai-nilai Pancasila
d. Membatasi penggunaan teknologi
Jawaban: c
17. Lembaga negara yang bertugas menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat adalah …
a. MPR
b. DPR
c. POLRI
d. MA
Jawaban: c
18. Hak warga negara untuk berpendapat di muka umum harus dilakukan dengan …
a. Bebas tanpa batas
b. Bertanggung jawab dan sesuai aturan
c. Mengganggu ketertiban umum
d. Mengikuti kepentingan pribadi
Jawaban: b
19. Jika terjadi perselisihan pendapat dalam musyawarah, sikap yang tepat adalah …
a. Memaksakan kehendak pribadi
b. Menarik diri dari musyawarah
c. Menghargai perbedaan dan mencari jalan tengah
d. Mengadu kepada guru
Jawaban: c
20. Berikut adalah negara anggota ASEAN, kecuali …
a. Indonesia
b. Vietnam
c. Jepang
d. Thailand
Jawaban: c
## Isian Singkat
1. Hak warga negara untuk memeluk agama dan beribadah menurut kepercayaannya dijamin oleh UUD 1945 pasal …
Jawaban: 29 ayat 2
2. Semboyan bangsa Indonesia yang berarti “berbeda-beda tetapi tetap satu jua” adalah …
Jawaban: Bhinneka Tunggal Ika
3. Organisasi internasional yang beranggotakan sebagian besar negara di dunia dan bertujuan menjaga perdamaian serta keamanan internasional adalah …
Jawaban: PBB (Perserikatan Bangsa-Bangsa)
4. Salah satu contoh kegiatan yang mencerminkan sikap persatuan dan kesatuan di lingkungan sekolah adalah …
Jawaban: Kerja bakti membersihkan lingkungan sekolah (atau gotong royong, piket bersama, dll.)
5. Terjadinya pertukaran budaya, barang, dan informasi antarnegara secara cepat dan luas disebut …
Jawaban: Globalisasi
## Uraian
1. Jelaskan mengapa menjaga persatuan dan kesatuan bangsa itu sangat penting bagi Indonesia.
Jawaban: Menjaga persatuan dan kesatuan bangsa sangat penting karena Indonesia adalah negara yang sangat beragam suku, agama, ras, dan budaya. Dengan persatuan dan kesatuan, kita dapat hidup rukun, saling menghargai, dan bekerja sama untuk mencapai tujuan bersama. Tanpa persatuan, bangsa Indonesia akan mudah terpecah belah, mengalami konflik, dan sulit untuk maju.
2. Bagaimana cara menerapkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari sebagai seorang siswa? Berikan dua contoh.
Jawaban:
Menerapkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari sebagai siswa dapat dilakukan dengan:
1. Sila Ketuhanan Yang Maha Esa: Berdoa sebelum dan sesudah belajar, menghormati teman yang berbeda agama.
2. Sila Kemanusiaan yang Adil dan Beradab: Menolong teman yang kesulitan, bersikap sopan santun kepada guru dan orang tua.
3. Sila Persatuan Indonesia: Bermain bersama tanpa membeda-bedakan suku atau ras, ikut serta dalam kerja bakti sekolah.
4. Sila Kerakyatan yang Dipimpin oleh Hikmat Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan/Perwakilan: Mengikuti pemilihan ketua kelas, menerima hasil musyawarah dengan lapang dada.
5. Sila Keadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia: Berbagi bekal dengan teman, tidak memaksakan kehendak kepada teman.
(Siswa dapat menyebutkan dua contoh dari poin-poin di atas atau contoh lain yang relevan).
3. Sebutkan dan jelaskan 3 hak dasar warga negara Indonesia menurut UUD 1945.
Jawaban:
Tiga hak dasar warga negara Indonesia menurut UUD 1945 antara lain:
1. Hak untuk Hidup: Setiap warga negara berhak untuk mempertahankan hidup dan kehidupannya (Pasal 28A).
2. Hak Berpendapat: Setiap warga negara berhak untuk mengeluarkan pikiran dengan lisan dan tulisan serta sebagainya yang ditetapkan dengan undang-undang (Pasal 28E ayat 3).
3. Hak Mendapatkan Pendidikan: Setiap warga negara berhak mendapatkan pendidikan (Pasal 31 ayat 1).
(Siswa juga bisa menyebutkan hak lain seperti Hak Memeluk Agama, Hak Pekerjaan dan Penghidupan Layak, dll.)
4. Jelaskan apa yang dimaksud dengan globalisasi dan sebutkan 2 contoh pengaruhnya terhadap budaya lokal di Indonesia.
Jawaban:
Globalisasi adalah proses menyatunya masyarakat dunia secara menyeluruh dalam berbagai bidang kehidupan tanpa terhalang batas-batas negara, sehingga terjadi pertukaran informasi, budaya, barang, dan jasa secara cepat dan luas.
Dua contoh pengaruhnya terhadap budaya lokal di Indonesia:
1. Pakaian: Pakaian tradisional mulai jarang digunakan sehari-hari dan digantikan oleh gaya berpakaian modern dari Barat.
2. Bahasa: Penggunaan bahasa daerah mulai berkurang di kalangan anak muda dan lebih banyak menggunakan bahasa Indonesia atau bahasa asing (Inggris).
3. Makanan: Makanan cepat saji dari luar negeri menjadi lebih populer dibandingkan makanan tradisional.
4. Musik/Hiburan: Musik dan film dari luar negeri lebih diminati dibandingkan musik atau pertunjukan tradisional.
(Siswa dapat menyebutkan dua contoh dari poin-poin di atas atau contoh lain yang relevan).
5. Sebagai siswa kelas 6 SD, bagaimana peranmu dalam mendukung cita-cita bangsa Indonesia untuk menjadi negara yang maju, adil, dan makmur? Berikan 3 contoh konkret.
Jawaban:
Peran saya sebagai siswa kelas 6 SD dalam mendukung cita-cita bangsa Indonesia adalah:
1. Belajar dengan sungguh-sungguh: Dengan rajin belajar, saya akan memiliki ilmu pengetahuan dan keterampilan yang dibutuhkan untuk membangun bangsa di masa depan.
2. Menjaga kebersihan lingkungan: Dengan tidak membuang sampah sembarangan dan ikut kerja bakti, saya turut menciptakan lingkungan yang sehat dan nyaman bagi semua.
3. Menghargai perbedaan dan menjaga kerukunan: Dengan berteman dengan siapa saja tanpa membedakan suku, agama, atau daerah asal, saya membantu menjaga persatuan dan kesatuan bangsa.
4. Mencintai produk dalam negeri: Dengan menggunakan produk lokal, saya ikut mendukung perekonomian negara.
(Siswa dapat menyebutkan tiga contoh dari poin-poin di atas atau contoh lain yang relevan).