contoh soal uas informatika kelas 10 semester 1

Posted on
contoh soal uas informatika kelas 10 semester 1

Mencari contoh soal UAS Informatika Kelas 10 Semester 1 untuk persiapan ujian akhir? Artikel ini adalah panduan lengkap yang Anda butuhkan! Kami menyajikan kumpulan soal pilihan ganda, isian singkat, esai, dan menjodohkan yang dirancang khusus untuk membantu siswa SMA kelas 10 menguasai materi Informatika di semester pertama. Dari pemikiran komputasi, algoritma, sistem komputer, jaringan dasar, hingga etika digital, setiap soal telah disusun untuk menguji pemahaman konsep fundamental. Dengan berlatih menggunakan soal-soal ini, Anda tidak hanya akan mengukur kesiapan, tetapi juga memperdalam pemahaman materi. Siapkan diri Anda untuk meraih nilai terbaik dengan latihan soal komprehensif ini, lengkap dengan kunci jawaban untuk memudahkan evaluasi mandiri. Jangan lewatkan kesempatan untuk menguji kemampuan dan mengidentifikasi area yang perlu ditingkatkan sebelum UAS tiba.

Soal Pilihan Ganda

  1. Proses memecah masalah besar menjadi bagian-bagian yang lebih kecil agar lebih mudah dikelola disebut…
    a. Abstraksi
    b. Dekomposisi
    c. Pengenalan Pola
    d. Algoritma
    e. Generalisasi
  2. Urutan langkah-langkah logis untuk menyelesaikan masalah secara sistematis disebut…
    a. Pseudocode
    b. Flowchart
    c. Algoritma
    d. Program
    e. Variabel
  3. Satuan terkecil informasi dalam komputasi adalah…
    a. Byte
    b. Kilobyte
    c. Bit
    d. Megabyte
    e. Gigabyte
  4. Perangkat keras komputer yang berfungsi sebagai “otak” komputer adalah…
    a. RAM
    b. ROM
    c. CPU
    d. Hard Drive
    e. Monitor
  5. Contoh sistem operasi adalah, kecuali…
    a. Windows
    b. Linux
    c. macOS
    d. Microsoft Word
    e. Android
  6. Jaringan komputer yang mencakup area geografis luas, seperti antar kota atau negara, disebut…
    a. LAN
    b. MAN
    c. WAN
    d. PAN
    e. WLAN
  7. Protokol yang digunakan untuk mengirim email adalah…
    a. HTTP
    b. FTP
    c. SMTP
    d. TCP/IP
    e. DNS
  8. Bahasa pemrograman yang sering digunakan untuk pengembangan website adalah…
    a. C++
    b. Java
    c. Python
    d. HTML
    e. Visual Basic
  9. Berikut ini adalah contoh perangkat lunak aplikasi, kecuali…
    a. Microsoft Excel
    b. Adobe Photoshop
    c. Google Chrome
    d. Kernel Linux
    e. WhatsApp
  10. Tindakan yang paling tepat untuk mencegah virus komputer adalah…
    a. Sering membuka email dari pengirim tidak dikenal
    b. Menginstal antivirus dan memperbarui secara berkala
    c. Mengunduh file dari situs web yang tidak terpercaya
    d. Mematikan firewall
    e. Berbagi flash drive tanpa scan
  11. Representasi data dalam bentuk 0 dan 1 disebut sistem bilangan…
    a. Desimal
    b. Oktal
    c. Heksadesimal
    d. Biner
    e. Ternary
  12. Bagian dari komputer yang berfungsi menyimpan data sementara saat program dijalankan adalah…
    a. ROM
    b. Hard Disk
    c. SSD
    d. RAM
    e. Processor
  13. Perangkat output yang digunakan untuk menampilkan gambar atau teks dari komputer adalah…
    a. Keyboard
    b. Mouse
    c. Scanner
    d. Printer
    e. Monitor
  14. Apa fungsi utama dari firewall dalam jaringan komputer?
    a. Mempercepat koneksi internet
    b. Melindungi jaringan dari akses tidak sah
    c. Meningkatkan kualitas sinyal Wi-Fi
    d. Mengatur alamat IP secara otomatis
    e. Menyimpan data pengguna
  15. Etika digital yang benar saat berkomunikasi online adalah…
    a. Menggunakan huruf kapital semua untuk menunjukkan penekanan
    b. Membagikan informasi pribadi orang lain tanpa izin
    c. Menghormati privasi orang lain
    d. Menyebarkan berita bohong (hoax)
    e. Mengirim spam kepada banyak orang
  16. Tahap dalam pemikiran komputasi di mana kita mengidentifikasi kesamaan atau pola dalam masalah adalah…
    a. Dekomposisi
    b. Abstraksi
    c. Pengenalan Pola
    d. Algoritma
    e. Evaluasi
  17. Perangkat lunak yang memungkinkan pengguna berinteraksi dengan perangkat keras komputer adalah…
    a. Aplikasi
    b. Driver
    c. Sistem Operasi
    d. Utilitas
    e. Firmware
  18. URL adalah singkatan dari…
    a. Universal Resource Locator
    b. Uniform Resource Link
    c. Unified Remote Login
    d. User Request Language
    e. Universal Router Location
  19. Berikut ini adalah contoh kejahatan siber (cybercrime), kecuali…
    a. Phishing
    b. Hacking
    c. Pembajakan perangkat lunak
    d. Membaca berita online
    e. Penipuan online
  20. Apa tujuan utama dari algoritma dalam pemrograman?
    a. Membuat tampilan program menjadi menarik
    b. Menyediakan langkah-langkah logis untuk menyelesaikan masalah
    c. Mempercepat proses kompilasi kode
    d. Mengelola basis data
    e. Mengamankan jaringan komputer

Soal Isian Singkat

  1. Sebutkan empat pilar utama dalam pemikiran komputasi!
  2. Apa perbedaan mendasar antara perangkat keras (hardware) dan perangkat lunak (software)?
  3. Jelaskan fungsi utama dari sistem operasi pada sebuah komputer!
  4. Apa yang dimaksud dengan “Phishing” dalam konteks keamanan siber?
  5. Berikan satu contoh aplikasi yang menggunakan konsep “Internet of Things” (IoT)!

Soal Esai/Uraian

  1. Jelaskan secara rinci empat tahapan dalam pemikiran komputasi (Computational Thinking) dan berikan satu contoh penerapannya dalam kehidupan sehari-hari!
  2. Deskripsikan komponen-komponen utama dari sebuah sistem komputer (input, proses, output, penyimpanan) dan jelaskan fungsi masing-masing!
  3. Mengapa etika digital sangat penting dalam penggunaan internet? Berikan minimal tiga contoh perilaku beretika yang harus diterapkan saat berinteraksi online!
  4. Jelaskan konsep algoritma dan mengapa algoritma sangat penting dalam pemecahan masalah di bidang informatika. Berikan contoh sederhana algoritma untuk menghitung luas persegi panjang!
  5. Bandingkan dan kontraskan antara jaringan LAN (Local Area Network) dan WAN (Wide Area Network). Sebutkan minimal dua perbedaan utama dan dua persamaan keduanya!

Soal Menjodohkan

Jodohkan istilah di kolom A dengan definisi atau fungsi yang paling sesuai di kolom B.

Set 1

  • Kolom A
    1. CPU
    2. RAM
    3. ROM
    4. Sistem Operasi
    5. Algoritma
  • Kolom B
    1. Urutan langkah logis penyelesaian masalah
    2. Perangkat lunak yang mengelola sumber daya komputer
    3. Penyimpanan data sementara yang mudah diakses
    4. Penyimpanan data permanen yang tidak mudah diubah
    5. Unit pemroses pusat, otak komputer

Set 2

  • Kolom A
    1. Biner
    2. Dekomposisi
    3. Firewall
    4. Browser
    5. Internet
  • Kolom B
    1. Sistem bilangan berbasis 2 (0 dan 1)
    2. Jaringan komputer global
    3. Memecah masalah menjadi bagian kecil
    4. Aplikasi untuk menjelajahi web
    5. Melindungi jaringan dari akses tidak sah

Kunci Jawaban

Pilihan Ganda

  1. b
  2. c
  3. c
  4. c
  5. d
  6. c
  7. c
  8. d
  9. d
  10. b
  11. d
  12. d
  13. e
  14. b
  15. c
  16. c
  17. c
  18. a
  19. d
  20. b

Isian Singkat

  1. Dekomposisi, Pengenalan Pola, Abstraksi, Algoritma.
  2. Hardware adalah komponen fisik yang bisa disentuh (misal: CPU, RAM), sedangkan software adalah program atau instruksi yang tidak berwujud fisik (misal: Windows, Microsoft Word).
  3. Mengelola sumber daya perangkat keras dan perangkat lunak, menyediakan antarmuka pengguna, serta menjalankan aplikasi.
  4. Phishing adalah upaya penipuan untuk mendapatkan informasi sensitif (nama pengguna, kata sandi, detail kartu kredit) dengan menyamar sebagai entitas terpercaya dalam komunikasi elektronik.
  5. Contoh: Smart Home (lampu pintar, termostat pintar), Smartwatch, Mobil tanpa pengemudi. (Pilih salah satu)

Esai/Uraian

  1. Empat Tahapan Computational Thinking:
    • Dekomposisi (Decomposition): Memecah masalah kompleks menjadi bagian-bagian yang lebih kecil dan mudah dikelola. Contoh: Merencanakan liburan, dipecah menjadi memilih tujuan, memesan tiket, mencari penginapan, membuat jadwal aktivitas.
    • Pengenalan Pola (Pattern Recognition): Mencari kesamaan, tren, atau pola dalam masalah atau bagian-bagian masalah yang sudah dipecah. Contoh: Saat merencanakan beberapa liburan, menyadari bahwa selalu ada pola dalam proses pemesanan tiket dan penginapan.
    • Abstraksi (Abstraction): Mengidentifikasi informasi penting dan mengabaikan detail yang tidak relevan untuk fokus pada aspek utama masalah. Contoh: Saat memesan tiket pesawat, fokus pada tanggal, tujuan, dan harga, mengabaikan warna pesawat atau nama pilot.
    • Algoritma (Algorithms): Mengembangkan serangkaian langkah-langkah atau aturan yang jelas dan berurutan untuk menyelesaikan masalah. Contoh: Membuat daftar langkah-langkah spesifik untuk memesan tiket pesawat secara online (buka situs, masukkan tujuan, pilih tanggal, pilih penerbangan, bayar).
  2. Komponen Utama Sistem Komputer:
    • Input Device (Perangkat Masukan): Menerima data atau instruksi dari pengguna atau lingkungan. Contoh: Keyboard, Mouse, Scanner, Microphone.
    • Processing Unit (Unit Pemroses): Melakukan operasi aritmatika, logika, dan mengontrol operasi seluruh komponen komputer. Inti dari unit ini adalah CPU (Central Processing Unit).
    • Output Device (Perangkat Keluaran): Menampilkan atau menghasilkan informasi yang telah diproses kepada pengguna. Contoh: Monitor, Printer, Speaker.
    • Storage Device (Perangkat Penyimpanan): Menyimpan data dan program secara permanen atau sementara. Contoh: Hard Disk Drive (HDD), Solid State Drive (SSD), RAM (Random Access Memory), ROM (Read Only Memory), Flash Drive.
  3. Etika digital sangat penting karena internet adalah ruang publik yang luas dan interaksi di dalamnya dapat memiliki dampak nyata pada individu dan masyarakat. Tanpa etika, internet bisa menjadi tempat yang tidak aman, penuh penipuan, perundungan, dan penyebaran informasi palsu.Tiga Contoh Perilaku Beretika:
    • Menghormati Privasi Orang Lain: Tidak membagikan informasi pribadi orang lain tanpa izin, tidak mengintip akun media sosial orang lain.
    • Berkomunikasi dengan Sopan: Menggunakan bahasa yang santun, tidak menyebarkan kebencian, tidak melakukan perundungan siber (cyberbullying).
    • Verifikasi Informasi Sebelum Berbagi: Tidak langsung percaya dan menyebarkan berita atau informasi yang belum tentu kebenarannya (anti-hoax).
    • Menghargai Hak Cipta: Tidak menyalin atau menggunakan karya orang lain tanpa izin atau tanpa mencantumkan sumber.
  4. Algoritma adalah serangkaian instruksi atau langkah-langkah yang terstruktur dan logis untuk menyelesaikan suatu masalah atau mencapai suatu tujuan. Algoritma harus jelas, terbatas, dan menghasilkan output yang benar untuk input yang valid.Algoritma sangat penting dalam informatika karena menjadi dasar dari setiap program komputer. Tanpa algoritma yang benar, program tidak akan bisa menyelesaikan masalah yang dirancang untuknya. Algoritma memungkinkan pemrogram untuk merancang solusi secara sistematis sebelum menerjemahkannya ke dalam bahasa pemrograman.Contoh Algoritma Menghitung Luas Persegi Panjang:
    1. Mulai
    2. Baca nilai panjang (P)
    3. Baca nilai lebar (L)
    4. Hitung Luas = P * L
    5. Tampilkan/Cetak nilai Luas
    6. Selesai
  5. Perbandingan LAN dan WAN:
    • LAN (Local Area Network): Jaringan komputer yang menghubungkan perangkat dalam area geografis yang relatif kecil dan terbatas, seperti satu gedung, kantor, atau rumah. Kecepatan transfer data umumnya tinggi.
    • WAN (Wide Area Network): Jaringan komputer yang mencakup area geografis yang sangat luas, seperti antar kota, negara, atau bahkan benua. WAN menghubungkan beberapa LAN yang terpisah secara geografis. Kecepatan transfer data umumnya lebih rendah dibandingkan LAN.
    Perbedaan Utama:
    • Cakupan Area: LAN (kecil, lokal), WAN (luas, global).
    • Kepemilikan: LAN seringkali dimiliki oleh satu organisasi, WAN seringkali menggunakan infrastruktur publik atau telekomunikasi.
    • Kecepatan: LAN umumnya lebih cepat, WAN umumnya lebih lambat (tergantung teknologi).
    • Biaya Implementasi: LAN relatif lebih murah, WAN lebih mahal.
    Persamaan:
    • Keduanya berfungsi untuk menghubungkan komputer dan perangkat lain agar dapat berbagi sumber daya (data, printer, internet).
    • Keduanya menggunakan protokol jaringan (misalnya TCP/IP) untuk komunikasi.
    • Keduanya memerlukan perangkat keras jaringan seperti router, switch, dan kabel (atau nirkabel).
    • Keduanya bertujuan untuk memfasilitasi komunikasi dan berbagi informasi antar pengguna.

Menjodohkan

Set 1

  1. CPU -> e. Unit pemroses pusat, otak komputer
  2. RAM -> c. Penyimpanan data sementara yang mudah diakses
  3. ROM -> d. Penyimpanan data permanen yang tidak mudah diubah
  4. Sistem Operasi -> b. Perangkat lunak yang mengelola sumber daya komputer
  5. Algoritma -> a. Urutan langkah logis penyelesaian masalah

Set 2

  1. Biner -> a. Sistem bilangan berbasis 2 (0 dan 1)
  2. Dekomposisi -> c. Memecah masalah menjadi bagian kecil
  3. Firewall -> e. Melindungi jaringan dari akses tidak sah
  4. Browser -> d. Aplikasi untuk menjelajahi web
  5. Internet -> b. Jaringan komputer global

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *