
Menjelang Ujian Akhir Semester (UAS) genap, persiapan adalah kunci utama bagi siswa SMK kelas 10 jurusan Otomotif. Mata pelajaran Dasar-Dasar Otomotif menjadi fondasi penting yang harus dikuasai untuk jenjang berikutnya. Untuk membantu Anda menghadapi UAS dengan percaya diri, kami telah menyusun kumpulan contoh soal UAS Dasar-Dasar Otomotif kelas 10 SMK semester 2 yang komprehensif. Soal-soal ini mencakup berbagai materi esensial, mulai dari komponen mesin, sistem kelistrikan dasar, sistem kemudi, rem, hingga keselamatan kerja di bengkel. Dengan berlatih menggunakan soal pilihan ganda, isian singkat, esai, dan menjodohkan ini, Anda dapat mengukur pemahaman, mengidentifikasi area yang perlu diperkuat, serta membiasakan diri dengan format ujian. Dapatkan panduan belajar terbaik untuk meraih nilai optimal di UAS Anda!
Soal Pilihan Ganda
- Komponen mesin yang berfungsi mengubah gerak naik turun piston menjadi gerak putar adalah…
a. Busi
b. Klep
c. Poros engkol (crankshaft)
d. Poros nok (camshaft) - Sistem yang berfungsi untuk menjaga suhu kerja mesin agar tetap optimal adalah…
a. Sistem pelumasan
b. Sistem pendingin
c. Sistem bahan bakar
d. Sistem pengapian - Pada mesin 4-tak, langkah usaha terjadi ketika…
a. Piston bergerak dari TMA ke TMB, katup masuk dan buang tertutup
b. Piston bergerak dari TMB ke TMA, katup buang terbuka
c. Piston bergerak dari TMA ke TMB, katup masuk terbuka
d. Piston bergerak dari TMB ke TMA, katup masuk dan buang tertutup - Fungsi utama dari karburator atau injektor pada sistem bahan bakar adalah…
a. Membuang gas sisa pembakaran
b. Melumasi komponen mesin
c. Mencampur udara dan bahan bakar dengan perbandingan yang tepat
d. Mendinginkan mesin - Alat ukur yang digunakan untuk mengukur celah katup atau celah busi adalah…
a. Mikrometer
b. Dial indicator
c. Feeler gauge
d. Multimeter - Jenis rem yang menggunakan kampas dan piringan yang berputar disebut rem…
a. Tromol
b. Cakram
c. Parkir
d. Tangan - Komponen pada sistem kemudi yang berfungsi sebagai penghubung antara roda kemudi dengan roda depan adalah…
a. Master silinder
b. Kaliper
c. Tie rod
d. Shock absorber - Fungsi utama dari baterai (aki) pada kendaraan adalah…
a. Menghasilkan tenaga gerak
b. Menyimpan energi listrik
c. Mengubah arus AC menjadi DC
d. Mendinginkan mesin - Ketika mesin hidup, komponen yang berfungsi mengisi ulang energi listrik pada baterai adalah…
a. Motor starter
b. Busi
c. Alternator
d. Koil - Sistem kelistrikan yang berfungsi untuk mempermudah pengendara melihat dan terlihat di malam hari adalah…
a. Sistem starter
b. Sistem pengisian
c. Sistem penerangan
d. Sistem pengapian - Yang bukan termasuk Alat Pelindung Diri (APD) yang wajib digunakan di bengkel otomotif adalah…
a. Helm proyek
b. Sarung tangan
c. Sepatu safety
d. Kacamata pelindung - Fungsi oli pada mesin adalah…
a. Sebagai pendingin utama
b. Pelumasan, pendinginan, perapat, pembersih
c. Hanya sebagai pelumas
d. Sebagai bahan bakar tambahan - Langkah pertama dalam siklus kerja mesin 4-tak adalah…
a. Langkah buang
b. Langkah hisap
c. Langkah kompresi
d. Langkah usaha - Apa fungsi dari ban pada kendaraan?
a. Sebagai suspensi utama
b. Menopang berat kendaraan, meredam getaran, dan meneruskan tenaga putar mesin ke jalan
c. Hanya sebagai peredam getaran
d. Hanya sebagai penopang berat kendaraan - Sistem suspensi berfungsi untuk…
a. Mengendalikan arah kendaraan
b. Meredam getaran dan kejutan dari permukaan jalan
c. Menghentikan laju kendaraan
d. Mengisi daya baterai - Komponen pada sistem rem hidrolik yang berfungsi mengubah tekanan mekanis dari pedal rem menjadi tekanan hidrolik adalah…
a. Kaliper rem
b. Silinder roda
c. Master silinder rem
d. Booster rem - Peralatan tangan yang digunakan untuk membuka atau mengencangkan baut/mur dengan ukuran tertentu adalah…
a. Obeng
b. Tang
c. Kunci pas/ring
d. Palu - Salah satu penyebab mesin overheat adalah…
a. Kipas pendingin bekerja terus-menerus
b. Level oli mesin terlalu tinggi
c. Kekurangan cairan pendingin (radiator coolant)
d. Busi kotor - Pada sistem pelumasan, filter oli berfungsi untuk…
a. Mendinginkan oli
b. Menyaring kotoran dalam oli
c. Meningkatkan tekanan oli
d. Memisahkan oli dari air - Yang termasuk dalam pemeriksaan rutin pada ban adalah, kecuali…
a. Tekanan angin
b. Kondisi tapak ban
c. Ketebalan kampas rem
d. Keausan tidak rata
Soal Isian Singkat
- Sebutkan 3 komponen utama mesin 4-tak!
- Jelaskan fungsi sistem pendingin pada kendaraan!
- Apa perbedaan mendasar antara rem cakram dan rem tromol dari segi konstruksi?
- Sebutkan 3 jenis APD (Alat Pelindung Diri) yang wajib digunakan saat bekerja di bengkel otomotif!
- Mengapa penting untuk melakukan balancing pada roda kendaraan?
Soal Esai/Uraian
- Jelaskan secara singkat proses kerja mesin 4-tak mulai dari langkah hisap, kompresi, usaha, hingga buang!
- Uraikan fungsi dan komponen utama sistem pengisian pada kendaraan!
- Bagaimana prinsip kerja sistem kemudi jenis rack and pinion dalam mengubah putaran kemudi menjadi gerakan roda?
- Jelaskan langkah-langkah pemeriksaan visual ban mobil secara umum yang perlu dilakukan secara berkala!
- Mengapa keselamatan kerja sangat penting di lingkungan bengkel otomotif? Berikan contoh risiko kecelakaan jika prosedur keselamatan diabaikan.
Soal Menjodohkan
Jodohkan pernyataan di kolom kiri dengan jawaban yang tepat di kolom kanan.
- Kolom Kiri:
1. Busi
2. Piston
3. Klep
4. Poros Engkol
Kolom Kanan:
A. Mengatur masuknya campuran udara-bahan bakar
B. Mengubah gerak naik-turun menjadi putaran
C. Memercikkan api untuk pembakaran
D. Menerima tekanan pembakaran - Kolom Kiri:
1. Feeler Gauge
2. Multimeter
3. Vernier Caliper
4. Torsi Meter
Kolom Kanan:
A. Mengukur diameter luar/dalam
B. Mengukur kekencangan baut
C. Mengukur celah busi/katup
D. Mengukur tegangan listrik
Kunci Jawaban
Pilihan Ganda
- c
- b
- a
- c
- c
- b
- c
- b
- c
- c
- a
- b
- b
- b
- b
- c
- c
- c
- b
- c
Isian Singkat
- Piston, Poros Engkol (Crankshaft), Poros Nok (Camshaft), Busi, Katup (Klep). (Sebutkan 3 dari ini atau lainnya yang relevan)
- Sistem pendingin berfungsi untuk menjaga suhu kerja mesin agar tetap optimal, mencegah overheat, dan memastikan efisiensi pembakaran yang baik.
- Rem cakram menggunakan piringan (disc) yang dijepit oleh kampas rem, sedangkan rem tromol menggunakan mangkuk (drum) di mana kampas rem menekan keluar ke dinding mangkuk.
- Helm safety, Kacamata pelindung, Sarung tangan, Sepatu safety, Masker. (Sebutkan 3 dari ini)
- Balancing roda penting untuk mencegah getaran pada kemudi dan bodi kendaraan, mengurangi keausan ban yang tidak merata, serta meningkatkan kenyamanan dan keselamatan berkendara.
Esai/Uraian
- Langkah Hisap: Piston bergerak dari TMA ke TMB, katup hisap terbuka, campuran udara-bahan bakar (bensin) atau udara saja (diesel) masuk ke silinder. Langkah Kompresi: Piston bergerak dari TMB ke TMA, katup hisap dan buang tertutup, campuran dikompresi. Langkah Usaha: Busi memercikkan api (bensin) atau solar disemprotkan (diesel), terjadi pembakaran yang mendorong piston dari TMA ke TMB. Langkah Buang: Piston bergerak dari TMB ke TMA, katup buang terbuka, gas sisa pembakaran didorong keluar silinder.
- Sistem pengisian berfungsi untuk menghasilkan energi listrik untuk mengisi ulang baterai dan menyuplai kebutuhan listrik kendaraan saat mesin hidup. Komponen utamanya meliputi: Alternator (Generator): Mengubah energi mekanik menjadi energi listrik AC. Regulator/Rectifier: Mengubah arus AC dari alternator menjadi DC dan mengatur tegangan output agar stabil. Baterai (Aki): Menyimpan energi listrik dan menyuplai listrik saat mesin mati atau kebutuhan listrik melebihi output alternator.
- Pada sistem kemudi rack and pinion, putaran roda kemudi akan memutar poros kemudi yang terhubung ke pinion (gigi kecil). Pinion ini akan menggerakkan batang gigi (rack) secara horizontal. Gerakan horizontal rack kemudian diteruskan melalui tie rod ke knuckle roda, sehingga roda depan berbelok sesuai arah putaran kemudi. Sistem ini dikenal karena responsif dan sederhana.
- Pemeriksaan visual ban mobil secara umum meliputi: Tekanan Angin: Periksa menggunakan tire gauge dan sesuaikan dengan rekomendasi pabrikan. Kondisi Tapak Ban: Periksa kedalaman alur ban (menggunakan TWI/Tread Wear Indicator) untuk memastikan tidak terlalu aus. Keausan Tidak Rata: Periksa apakah ada pola keausan yang tidak normal (misalnya, hanya di bagian tepi) yang bisa mengindikasikan masalah pada suspensi atau alignment. Kerusakan Fisik: Cari adanya retakan, benjolan, tusukan, atau benda asing yang menancap pada ban.
- Keselamatan kerja sangat penting di bengkel otomotif karena lingkungan kerja yang berinteraksi dengan mesin berat, alat tajam, bahan kimia berbahaya, dan listrik bertegangan tinggi memiliki risiko kecelakaan yang tinggi. Jika prosedur keselamatan diabaikan, risiko yang bisa terjadi antara lain: Cedera Fisik: Terjepit, terpotong, terbakar, tersengat listrik, terpeleset. Keracunan: Akibat menghirup asap knalpot, uap bahan kimia. Kerusakan Peralatan: Akibat penggunaan alat yang tidak tepat atau ceroboh. Oleh karena itu, penggunaan APD, pemahaman prosedur kerja, dan kehati-hatian sangat krusial untuk mencegah insiden.
Menjodohkan
- 1-C, 2-D, 3-A, 4-B
- 1-C, 2-D, 3-A, 4-B