Menjelang Ujian Akhir Semester (UAS) adalah saat krusial bagi siswa kelas 5 SD untuk mengukur pemahaman mereka terhadap materi pelajaran. Untuk membantu proses persiapan yang efektif dan menyenangkan, artikel ini menyajikan kumpulan Contoh Soal UAS Bahasa Indonesia Kelas 5 SD Semester 2 yang komprehensif dan relevan. Soal-soal ini dirancang secara cermat untuk mencakup seluruh aspek pembelajaran Bahasa Indonesia yang telah diajarkan sepanjang semester kedua, mulai dari kemampuan membaca pemahaman teks narasi, deskripsi, dan informasi faktual sederhana, penguasaan tata bahasa seperti penggunaan kata hubung, kata depan, imbuhan, dan jenis kalimat, hingga keterampilan menulis paragraf singkat yang padu dan ekspresif. Tema-tema yang diangkat dalam soal bervariasi, mencakup cerita rakyat, pengalaman pribadi, isu lingkungan, dan kehidupan sosial, selaras dengan kurikulum yang berlaku.
Tujuan utama dari latihan soal ini adalah untuk memberikan gambaran nyata kepada siswa mengenai format dan jenis pertanyaan yang mungkin akan muncul dalam UAS. Dengan berlatih secara teratur, siswa dapat mengidentifikasi area materi mana yang masih memerlukan pemahaman lebih mendalam, melatih kecepatan dan ketelitian dalam menjawab soal, serta meningkatkan kepercayaan diri mereka. Artikel ini bukan hanya sekadar kumpulan soal, melainkan juga alat bantu belajar yang efektif untuk memperkuat konsep, mengurangi kecemasan menjelang ujian, dan pada akhirnya, membantu siswa mencapai hasil maksimal dalam ujian Bahasa Indonesia mereka. Manfaatkan contoh soal ini sebagai jembatan menuju nilai terbaik dan pemahaman Bahasa Indonesia yang lebih mantap!
Berikut adalah 25 contoh soal UAS Bahasa Indonesia untuk Kelas 5 SD Semester 2, lengkap dengan kunci jawabannya.
# Soal Pilihan Ganda
1. Bacalah penggalan teks berita berikut!
“Pada hari Minggu kemarin, warga Desa Sukamaju bergotong royong membersihkan selokan desa. Kegiatan ini dilakukan untuk mencegah banjir saat musim hujan tiba. Kepala Desa menyampaikan terima kasih kepada seluruh warga yang telah berpartisipasi.”
Apa ide pokok dari penggalan teks berita di atas?
a. Desa Sukamaju sering kebanjiran.
b. Warga Desa Sukamaju mengadakan gotong royong membersihkan selokan.
c. Kepala Desa Sukamaju sangat ramah.
d. Musim hujan akan segera tiba.
Jawaban: b
2. Kalimat berikut yang merupakan kalimat efektif adalah…
a. Para siswa-siswa sedang belajar di perpustakaan.
b. Ani pergi ke pasar membeli sayur-sayuran dan buah-buahan.
c. Dinda mengerjakan tugas rumah dengan sangat baik.
d. Walaupun sakit, namun ia tetap masuk sekolah.
Jawaban: c
3. Manakah penulisan kata baku yang benar?
a. Apotek
b. Apotik
c. Apoteq
d. Apoteek
Jawaban: a
4. Perhatikan kalimat berikut!
“Setelah belajar, Didi ________ buku-bukunya ke dalam tas.”
Kata berimbuhan yang tepat untuk mengisi titik-titik di atas adalah…
a. memasukkan
b. masukan
c. memasukan
d. masukkan
Jawaban: a
5. Berikut adalah unsur-unsur yang umumnya ada dalam sebuah formulir, kecuali…
a. Nama lengkap
b. Tanggal lahir
c. Tinggi badan
d. Tanda tangan
Jawaban: c
6. Apa fungsi utama dari tanda titik (.) pada akhir kalimat berita?
a. Menunjukkan kalimat tanya
b. Menunjukkan kalimat perintah
c. Mengakhiri sebuah kalimat pernyataan
d. Menunjukkan jeda dalam kalimat
Jawaban: c
7. Bacalah kutipan cerita fiksi berikut!
“Kancil terkenal dengan kecerdikannya. Suatu hari, ia ingin menyeberangi sungai yang deras. Ia melihat banyak buaya di tepi sungai. Dengan akalnya, ia berteriak, ‘Wahai para buaya, raja ingin tahu berapa jumlah kalian! Berbarislah agar aku bisa menghitungnya!'”
Bagaimana watak tokoh Kancil dalam cerita di atas?
a. Penakut
b. Pemalas
c. Cerdik
d. Sombong
Jawaban: c
8. Kalimat “Wah, indah sekali pemandangan ini!” termasuk jenis kalimat…
a. Berita
b. Perintah
c. Tanya
d. Seru
Jawapan: d
9. Perhatikan petunjuk berikut!
1. Masukkan mie instan ke dalam air mendidih.
2. Tunggu 3 menit hingga mie matang.
3. Tiriskan mie.
4. Campurkan mie dengan bumbu di piring.
5. Sajikan.
Petunjuk di atas menjelaskan tentang…
a. Cara merebus air.
b. Cara membuat mie instan.
c. Cara membuat bumbu.
d. Cara menyajikan piring.
Jawaban: b
10. Kata “sistem” adalah kata baku. Bentuk tidak bakunya adalah…
a. sistim
b. sitem
c. sistym
d. sisitem
Jawaban: a
11. Kalimat yang menggunakan tanda baca koma (,) dengan benar adalah…
a. Ibu membeli sayur, buah, dan beras.
b. Edo anak yang pandai, dan rajin.
c. Dia datang, tetapi, tidak membawa hadiah.
d. Walaupun, sakit, Rina tetap sekolah.
Jawaban: a
12. Tujuan utama membuat ringkasan dari sebuah teks adalah…
a. Menulis ulang teks secara keseluruhan.
b. Mencari informasi baru yang tidak ada di teks.
c. Menyampaikan isi teks secara singkat dan jelas.
d. Mengubah inti cerita dari teks aslinya.
Jawaban: c
13. Bacalah iklan layanan masyarakat berikut!
“AYO! Jaga Kebersihan Lingkungan Kita. Lingkungan Bersih, Hidup Sehat!”
Pesan yang ingin disampaikan oleh iklan di atas adalah…
a. Pentingnya menanam pohon.
b. Ajakan untuk menjaga kebersihan lingkungan.
c. Larangan membuang sampah sembarangan.
d. Manfaat hidup sehat.
Jawaban: b
14. Berikut yang bukan merupakan ciri-ciri teks non-fiksi adalah…
a. Berisi kejadian nyata.
b. Menggunakan bahasa yang lugas.
c. Bersifat imajinatif atau karangan.
d. Menyampaikan informasi atau fakta.
Jawaban: c
15. Apa arti kata “amanat” dalam sebuah cerita?
a. Jalan cerita
b. Pesan moral yang ingin disampaikan penulis
c. Karakter tokoh
d. Latar tempat dan waktu
Jawaban: b
# Soal Isian Singkat
16. Bagian awal sebuah pidato yang berisi salam pembuka dan ucapan terima kasih disebut ________.
Jawaban: pembukaan
17. Teks yang berisi penjelasan tentang suatu kejadian atau peristiwa secara objektif (sesuai fakta) disebut teks ________.
Jawaban: berita
18. Kata dasar dari kata “berolahraga” adalah ________.
Jawaban: olahraga
19. Jika kita menulis surat kepada teman dekat, jenis surat tersebut adalah surat ________.
Jawaban: pribadi
20. Sebutkan dua informasi penting yang biasa ditemukan dalam sebuah daftar riwayat hidup!
Jawaban: Nama lengkap, tempat/tanggal lahir (atau pendidikan terakhir, alamat, pengalaman kerja/organisasi, dll. Sebutkan dua saja)
# Soal Uraian
21. Jelaskan perbedaan antara fakta dan opini! Berikan satu contoh untuk masing-masing.
Jawaban:
Fakta adalah pernyataan yang benar-benar terjadi atau dapat dibuktikan kebenarannya. Contoh: “Indonesia adalah negara kepulauan.”
Opini adalah pendapat atau gagasan pribadi yang belum tentu benar dan bisa berbeda-beda antara satu orang dengan orang lain. Contoh: “Es krim rasa cokelat adalah yang paling enak.”
22. Bacalah paragraf berikut, lalu tentukan amanat yang terkandung di dalamnya!
“Dahulu kala, ada seekor semut yang selalu rajin bekerja mengumpulkan makanan di musim kemarau. Sementara itu, belalang hanya bermalas-malasan dan bernyanyi. Ketika musim hujan tiba, semut memiliki banyak persediaan makanan, sedangkan belalang kelaparan karena tidak memiliki apapun.”
Jawaban: Amanatnya adalah kita harus rajin bekerja dan mempersiapkan diri untuk masa depan, tidak bermalas-malasan agar tidak menyesal di kemudian hari.
23. Tuliskan sebuah kalimat iklan layanan masyarakat yang mengajak orang untuk gemar membaca buku!
Jawaban: “Buku Adalah Jendela Dunia. Ayo Membaca, Raih Ilmu!” (Atau variasi lain seperti “Membaca Buku, Membuka Pikiran. Gemar Membaca, Cerdas Bangsa!”)
24. Perbaiki kalimat berikut agar menjadi kalimat yang efektif dan benar secara tata bahasa:
“Meskipun dia sakit, tapi dia tetap berangkat sekolah.”
Jawaban: “Meskipun dia sakit, dia tetap berangkat sekolah.” atau “Dia sakit, tetapi dia tetap berangkat sekolah.” (Menghilangkan salah satu konjungsi atau menggunakan konjungsi yang tepat).
25. Tuliskan langkah-langkah sederhana cara membuat secangkir teh manis! (Minimal 3 langkah)
Jawaban:
1. Siapkan cangkir, teh celup, gula, dan air panas.
2. Masukkan teh celup dan gula secukupnya ke dalam cangkir.
3. Tuangkan air panas ke dalam cangkir, lalu aduk hingga gula larut.
4. Teh manis siap disajikan.
(Siswa cukup menuliskan 3 langkah yang logis dan runtut)