
Menghadapi Ujian Akhir Semester (UAS) Bahasa Indonesia di kelas 11 SMA semester 2 memerlukan persiapan yang matang. Mata pelajaran Bahasa Indonesia tidak hanya menguji pemahaman tata bahasa, tetapi juga kemampuan analisis teks, penulisan, serta apresiasi sastra. Artikel ini menyajikan kumpulan contoh soal UAS Bahasa Indonesia kelas 11 semester 2 yang komprehensif, dirancang untuk membantu siswa menguji dan memperdalam pemahaman mereka terhadap materi pelajaran. Dengan berlatih menggunakan soal-soal pilihan ganda, isian singkat, esai, dan menjodohkan ini, diharapkan siswa dapat mengidentifikasi area yang perlu ditingkatkan, membiasakan diri dengan format soal, dan membangun rasa percaya diri sebelum ujian sesungguhnya. Materi yang diujikan mencakup teks ceramah, editorial, resensi, proposal, dan drama, memastikan cakupan yang luas dan relevan dengan kurikulum. Persiapkan diri Anda sebaik mungkin dan raih nilai terbaik!
Latihan Soal Contoh Soal UAS Bahasa Indonesia Kelas 11 SMA Semester 2
1. Pernyataan yang tepat mengenai tujuan teks ceramah adalah untuk…
- A. Menyampaikan informasi, persuasi, atau hiburan kepada khalayak.
- B. Menjelaskan langkah-langkah membuat sesuatu.
- C. Mengajak pembaca membeli produk tertentu.
- D. Menceritakan pengalaman pribadi penulis.
- E. Menguraikan hasil penelitian secara objektif.
2. Bagian teks ceramah yang berisi pengenalan isu, masalah, atau pandangan umum pembicara disebut…
- A. Penutup
- B. Pembukaan
- C. Isi
- D. Rangkuman
- E. Kesimpulan
3. Salah satu ciri kebahasaan teks editorial adalah penggunaan konjungsi yang menyatakan hubungan sebab-akibat, seperti…
- A. Kemudian
- B. Lalu
- C. Oleh karena itu
- D. Meskipun
- E. Serta
4. Teks editorial biasanya ditemukan di…
- A. Surat kabar atau majalah
- B. Buku pelajaran
- C. Jurnal ilmiah
- D. Laporan keuangan
- E. Brosur promosi
5. Berikut yang bukan merupakan unsur dalam resensi buku adalah…
- A. Identitas buku
- B. Sinopsis
- C. Kelebihan dan kekurangan buku
- D. Daftar harga buku
- E. Rekomendasi
6. Fungsi utama resensi adalah…
- A. Mengiklankan buku agar laku di pasaran.
- B. Memberikan gambaran dan penilaian terhadap suatu karya.
- C. Menceritakan ulang isi buku secara lengkap.
- D. Mencari kesalahan penulisan dalam buku.
- E. Menjadi media promosi penulis buku.
7. Bagian proposal yang berisi latar belakang, rumusan masalah, tujuan, dan manfaat kegiatan adalah…
- A. Pendahuluan
- B. Isi Proposal
- C. Anggaran Dana
- D. Penutup
- E. Jadwal Kegiatan
8. Proposal yang diajukan untuk mendapatkan persetujuan atau bantuan dana dalam sebuah kegiatan disebut…
- A. Proposal Penelitian
- B. Proposal Bisnis
- C. Proposal Kegiatan
- D. Proposal Proyek
- E. Proposal Kerjasama
9. Salah satu ciri kebahasaan karya ilmiah adalah penggunaan bahasa yang…
- A. Subjektif dan emotif
- B. Santai dan informal
- C. Puitis dan figuratif
- D. Lugas dan baku
- E. Ambigu dan kiasan
10. Bagian karya ilmiah yang berisi kesimpulan dari seluruh pembahasan dan saran untuk penelitian selanjutnya adalah…
- A. Pendahuluan
- B. Kajian Pustaka
- C. Metode Penelitian
- D. Pembahasan
- E. Penutup
11. Unsur drama yang meliputi tempat, waktu, dan suasana terjadinya peristiwa dalam drama disebut…
- A. Tokoh
- B. Latar
- C. Alur
- D. Tema
- E. Amanat
12. Dialog dalam drama memiliki fungsi sebagai…
- A. Mengembangkan alur dan karakter tokoh.
- B. Memberikan narasi kepada penonton.
- C. Menjelaskan latar belakang cerita secara langsung.
- D. Mengganti peran narator.
- E. Menampilkan monolog tokoh utama.
13. Kalimat berikut yang mengandung majas personifikasi adalah…
- A. Wajahnya cantik bagai bidadari.
- B. Dia setinggi tiang listrik.
- C. Angin berbisik mesra di telingaku.
- D. Perpustakaan adalah gudang ilmu.
- E. Jangan sampai hutangmu menumpuk seperti gunung.
14. Kata seru atau interjeksi biasanya digunakan dalam drama untuk menyatakan…
- A. Hubungan sebab-akibat.
- B. Urutan waktu.
- C. Perbandingan.
- D. Perasaan atau emosi.
- E. Penambahan informasi.
15. Pernyataan yang berisi penilaian atau pandangan pribadi terhadap suatu masalah, biasanya terdapat dalam teks editorial, disebut…
- A. Fakta
- B. Opini
- C. Argumentasi
- D. Rekomendasi
- E. Data
16. Penulisan daftar pustaka yang benar berdasarkan gaya APA (American Psychological Association) adalah…
- A. Nama belakang, Nama depan. (Tahun). Judul buku. Kota: Penerbit.
- B. Judul buku. Nama depan Nama belakang. (Tahun). Kota: Penerbit.
- C. (Tahun). Nama belakang, Nama depan. Judul buku. Kota: Penerbit.
- D. Penerbit. (Tahun). Judul buku. Nama belakang, Nama depan. Kota.
- E. Nama depan Nama belakang. Judul buku. (Tahun). Kota: Penerbit.
17. Dalam sebuah proposal, bagian yang menjelaskan secara rinci tentang bagaimana kegiatan akan dilaksanakan, termasuk waktu dan tempat, adalah…
- A. Latar Belakang
- B. Tujuan Kegiatan
- C. Anggaran Dana
- D. Pelaksanaan Kegiatan
- E. Penutup
18. Kalimat yang bersifat ajakan atau bujukan untuk melakukan sesuatu disebut kalimat…
- A. Deklaratif
- B. Interogatif
- C. Persuasif
- D. Imperatif
- E. Eksklamatoris
19. Berikut ini adalah karakteristik dari teks editorial, kecuali…
- A. Berisi opini redaksi.
- B. Mengandung kritik atau pujian.
- C. Memiliki isu aktual.
- D. Bersifat argumentatif.
- E. Bersifat subjektif personal dan tidak berlandaskan fakta.
20. Konjungsi yang tepat untuk menghubungkan dua kalimat yang menyatakan pertentangan adalah…
- A. Dan
- B. Namun
- C. Sehingga
- D. Oleh karena itu
- E. Apabila
21. Jelaskan perbedaan mendasar antara fakta dan opini dalam teks editorial!
22. Sebutkan tiga unsur penting yang harus ada dalam sebuah resensi buku!
23. Apa fungsi latar dalam sebuah pementasan drama?
24. Sebutkan tiga jenis konjungsi yang sering digunakan dalam teks ceramah persuasif!
25. Jelaskan sistematika penulisan proposal kegiatan secara umum!
26. Analisis struktur teks editorial dan jelaskan fungsi masing-masing bagiannya!
27. Bagaimana cara mengidentifikasi kelebihan dan kekurangan sebuah karya (buku/film) saat membuat resensi yang objektif?
28. Tuliskan sebuah paragraf singkat berisi argumen persuasif untuk mengajak siswa lebih rajin membaca buku, lengkap dengan kalimat ajakan dan alasan pendukung.
29. Jelaskan pentingnya penulisan karya ilmiah bagi perkembangan ilmu pengetahuan. Sebutkan setidaknya tiga manfaatnya!
30. Interpretasikan amanat yang mungkin terkandung dalam sebuah drama yang mengangkat tema persahabatan di tengah konflik!
31. Jodohkanlah unsur-unsur drama berikut dengan pengertian yang tepat!
Cocokkan data berikut:
- 1. Tema — Gagasan pokok yang mendasari sebuah cerita.
- 2. Tokoh — Individu yang mengalami peristiwa dalam cerita.
- 3. Latar — Tempat, waktu, dan suasana terjadinya peristiwa.
- 4. Alur — Rangkaian peristiwa yang membentuk jalannya cerita.
- 5. Amanat — Pesan moral yang ingin disampaikan penulis.
32. Jodohkanlah jenis teks berikut dengan ciri khas kebahasaannya!
Cocokkan data berikut:
- 1. Teks Ceramah — Menggunakan kalimat persuasif dan kata sapaan.
- 2. Teks Editorial — Banyak menggunakan konjungsi kausalitas dan verba mental.
- 3. Resensi Buku — Menggunakan konjungsi penerang dan kalimat evaluatif.
- 4. Proposal Kegiatan — Menggunakan bahasa lugas, baku, dan kalimat imperatif.
- 5. Karya Ilmiah — Menggunakan bahasa baku, objektif, dan istilah teknis.
Kunci Jawaban dan Pembahasan
No. 1 (Multiple Choice)
A
No. 2 (Multiple Choice)
B
No. 3 (Multiple Choice)
C
No. 4 (Multiple Choice)
A
No. 5 (Multiple Choice)
D
No. 6 (Multiple Choice)
B
No. 7 (Multiple Choice)
A
No. 8 (Multiple Choice)
C
No. 9 (Multiple Choice)
D
No. 10 (Multiple Choice)
E
No. 11 (Multiple Choice)
B
No. 12 (Multiple Choice)
A
No. 13 (Multiple Choice)
C
No. 14 (Multiple Choice)
D
No. 15 (Multiple Choice)
B
No. 16 (Multiple Choice)
A
No. 17 (Multiple Choice)
D
No. 18 (Multiple Choice)
C
No. 19 (Multiple Choice)
E
No. 20 (Multiple Choice)
B
No. 21 (Short Answer)
Fakta adalah kenyataan atau peristiwa yang benar-benar terjadi dan dapat dibuktikan kebenarannya, seringkali berupa data atau informasi objektif. Opini adalah pandangan, gagasan, atau pendapat pribadi penulis terhadap suatu isu atau fakta, yang bersifat subjektif dan belum tentu benar.
No. 22 (Short Answer)
Tiga unsur penting dalam resensi buku adalah: (1) Identitas buku (judul, penulis, penerbit, tahun terbit, jumlah halaman), (2) Sinopsis atau ringkasan isi buku, dan (3) Penilaian terhadap buku (kelebihan, kekurangan, dan rekomendasi).
No. 23 (Short Answer)
Fungsi latar dalam pementasan drama adalah untuk memberikan gambaran mengenai tempat, waktu, dan suasana terjadinya peristiwa. Latar membantu membangun imajinasi penonton, mendukung mood cerita, dan memberikan konteks bagi tindakan serta dialog para tokoh.
No. 24 (Short Answer)
Tiga jenis konjungsi yang sering digunakan dalam teks ceramah persuasif antara lain: (1) Konjungsi kausalitas (sebab-akibat) seperti ‘karena’, ‘sebab’, ‘oleh karena itu’. (2) Konjungsi temporal (waktu) seperti ‘kemudian’, ‘setelah itu’. (3) Konjungsi tujuan seperti ‘agar’, ‘supaya’, ‘untuk’.
No. 25 (Short Answer)
Sistematika penulisan proposal kegiatan secara umum meliputi: (1) Latar Belakang, (2) Tujuan Kegiatan, (3) Tema Kegiatan, (4) Peserta, (5) Waktu dan Tempat Pelaksanaan, (6) Susunan Acara, (7) Susunan Panitia, (8) Anggaran Dana, dan (9) Penutup.
No. 26 (Essay)
Struktur teks editorial umumnya terdiri dari tiga bagian utama: (1) Pernyataan Pendapat (Tesis): Bagian ini berisi sudut pandang redaksi terhadap suatu isu aktual. Fungsinya adalah untuk memperkenalkan masalah dan posisi redaksi secara umum. (2) Argumentasi: Bagian ini berisi alasan-alasan atau bukti-bukti yang digunakan untuk mendukung pernyataan pendapat. Fungsinya adalah untuk meyakinkan pembaca tentang kebenaran pandangan redaksi dengan menyajikan fakta, data, atau argumen logis. (3) Penegasan Ulang Pendapat (Rekomendasi/Saran): Bagian ini berisi penegasan kembali pandangan redaksi, dilengkapi dengan saran atau rekomendasi solusi terhadap masalah yang dibahas. Fungsinya adalah untuk menguatkan kembali posisi redaksi dan memberikan arahan atau ajakan kepada pembaca.
No. 27 (Essay)
Untuk mengidentifikasi kelebihan dan kekurangan sebuah karya secara objektif, resensator perlu melakukan beberapa hal: (1) Membaca/menonton karya secara menyeluruh dan cermat. (2) Membandingkan karya dengan karya sejenis atau standar kualitas genre tersebut. (3) Menggunakan kriteria penilaian yang jelas dan logis, misalnya dari segi plot, karakter, gaya bahasa, pesan moral, orisinalitas, atau teknis produksi (untuk film). (4) Menghindari bias pribadi dan emosi. (5) Menyertakan bukti atau contoh konkret dari karya untuk mendukung setiap poin kelebihan atau kekurangan yang disebutkan. (6) Menilai dari berbagai perspektif, misalnya dari segi kepuasan pembaca/penonton, nilai edukasi, atau nilai artistik.
No. 28 (Essay)
Mari kita tingkatkan minat baca kita! Membaca buku bukan hanya sekadar mengisi waktu luang, melainkan investasi berharga untuk masa depan. Dengan membaca, kita dapat membuka jendela dunia, memperkaya wawasan, meningkatkan daya analisis, serta mengembangkan kemampuan berpikir kritis. Buku adalah sumber ilmu tak terbatas yang siap mengantarkan kita pada pemahaman baru tentang berbagai hal, dari sejarah hingga sains, dari fiksi hingga filosofi. Oleh karena itu, mari sisihkan waktu setiap hari untuk membaca, karena setiap halaman yang kita buka akan membawa kita selangkah lebih maju menuju pribadi yang cerdas dan berpengetahuan luas.
No. 29 (Essay)
Penulisan karya ilmiah sangat penting bagi perkembangan ilmu pengetahuan karena menjadi medium utama untuk mendokumentasikan, menyebarluaskan, dan mengembangkan temuan-temuan baru. Tiga manfaat utamanya adalah: (1) Mendokumentasikan dan Menyebarluaskan Pengetahuan: Karya ilmiah memastikan bahwa hasil penelitian dan penemuan dapat tercatat secara sistematis dan diakses oleh komunitas ilmiah global, sehingga pengetahuan tidak hilang dan dapat terus dibangun. (2) Mendorong Diskusi dan Kritik Ilmiah: Dengan adanya karya ilmiah, peneliti lain dapat menguji, mengkritisi, atau mengembangkan penelitian sebelumnya, yang memicu dialog ilmiah dan perbaikan teori atau metode. (3) Memecahkan Masalah dan Inovasi: Karya ilmiah seringkali berawal dari masalah nyata yang membutuhkan solusi. Hasil penelitian yang dipublikasikan dapat menjadi dasar untuk inovasi teknologi, kebijakan publik, atau praktik baru yang bermanfaat bagi masyarakat luas.
No. 30 (Essay)
Dalam drama bertema persahabatan di tengah konflik, amanat yang mungkin terkandung sangatlah mendalam. Drama tersebut kemungkinan ingin menyampaikan bahwa persahabatan sejati memiliki kekuatan untuk bertahan dan bahkan menyatukan di tengah perbedaan atau pertentangan. Amanatnya bisa berupa pentingnya komunikasi, saling pengertian, dan kemampuan untuk memaafkan. Konflik seringkali menjadi ujian bagi ikatan persahabatan, dan drama ini mungkin menekankan bahwa dengan kesabaran, empati, dan komitmen, persahabatan dapat menjadi jembatan perdamaian. Selain itu, drama tersebut bisa juga mengandung amanat bahwa nilai-nilai kemanusiaan dan kebersamaan harus lebih diutamakan daripada ego atau kepentingan pribadi yang memicu konflik.
No. 31 (Matching)
1. Tema adalah gagasan pokok yang mendasari sebuah cerita. 2. Tokoh adalah individu yang mengalami peristiwa dalam cerita. 3. Latar adalah tempat, waktu, dan suasana terjadinya peristiwa. 4. Alur adalah rangkaian peristiwa yang membentuk jalannya cerita. 5. Amanat adalah pesan moral yang ingin disampaikan penulis.
No. 32 (Matching)
1. Teks Ceramah cenderung menggunakan kalimat persuasif dan kata sapaan. 2. Teks Editorial banyak menggunakan konjungsi kausalitas dan verba mental. 3. Resensi Buku menggunakan konjungsi penerang dan kalimat evaluatif. 4. Proposal Kegiatan menggunakan bahasa lugas, baku, dan kalimat imperatif. 5. Karya Ilmiah menggunakan bahasa baku, objektif, dan istilah teknis.