Contoh Soal Menyusun Kalimat Bahasa Indonesia Lengkap dengan Jawaban

Posted on

Contoh Soal Menyusun Kalimat Bahasa Indonesia Lengkap dengan Jawaban

Menguasai cara menyusun kalimat yang baik dan benar adalah fondasi penting dalam berbahasa Indonesia, baik lisan maupun tulisan. Kemampuan ini tidak hanya membantu kita berkomunikasi secara efektif, tetapi juga meningkatkan pemahaman kita terhadap tata bahasa. Artikel ini menyajikan berbagai contoh soal menyusun kalimat, mulai dari pilihan ganda hingga esai, yang dirancang untuk menguji dan melatih pemahaman Anda tentang struktur kalimat, penggunaan kata yang tepat, serta koherensi antarbagian kalimat. Dari menyusun ulang kata acak hingga membentuk paragraf yang padu, setiap soal akan membantu Anda mengasah keterampilan berbahasa. Pelajari penjelasan dan kunci jawabannya untuk memperkuat pemahaman Anda dalam menyusun kalimat Bahasa Indonesia yang gramatikal dan komunikatif. Mari tingkatkan kemampuan berbahasa Anda bersama kami!


1. Susunlah kata-kata berikut menjadi kalimat yang benar: ‘kemarin – membeli – di pasar – ibu – sayuran’

  • a. A. Kemarin ibu membeli sayuran di pasar.
  • b. B. Ibu membeli sayuran di pasar kemarin.
  • c. C. Di pasar ibu membeli sayuran kemarin.
  • d. D. Sayuran ibu membeli di pasar kemarin.
Kunci Jawaban:
Penjelasan: undefined

2. Pilihlah susunan kalimat yang paling tepat dan efektif:

  • a. A. Untuk siswa-siswa kelas enam diharapkan segera berkumpul di aula.
  • b. B. Siswa-siswa kelas enam diharapkan segera berkumpul di aula.
  • c. C. Diharapkan untuk siswa-siswa kelas enam segera berkumpul di aula.
  • d. D. Segera berkumpul di aula siswa-siswa kelas enam diharapkan.
Kunci Jawaban:
Penjelasan: undefined

3. Susunlah kalimat yang benar dari frasa berikut: ‘sedang membaca – di perpustakaan – buku cerita – adik’

  • a. A. Adik sedang membaca buku cerita di perpustakaan.
  • b. B. Di perpustakaan adik sedang membaca buku cerita.
  • c. C. Buku cerita adik sedang membaca di perpustakaan.
  • d. D. Sedang membaca adik buku cerita di perpustakaan.
Kunci Jawaban:
Penjelasan: undefined

4. Manakah kalimat yang menggunakan pola SPOK (Subjek-Predikat-Objek-Keterangan) dengan benar?

  • a. A. Setiap pagi, Pak Budi menyiram tanaman di halaman.
  • b. B. Tanaman di halaman disiram oleh Pak Budi setiap pagi.
  • c. C. Menyiram tanaman Pak Budi setiap pagi di halaman.
  • d. D. Di halaman Pak Budi menyiram tanaman setiap pagi.
Kunci Jawaban:
Penjelasan: undefined

5. Susunlah kata-kata acak ini menjadi kalimat yang bermakna: ‘rumah – membersihkan – setiap hari – saya’

  • a. A. Setiap hari saya membersihkan rumah.
  • b. B. Membersihkan rumah saya setiap hari.
  • c. C. Rumah saya membersihkan setiap hari.
  • d. D. Saya setiap hari membersihkan rumah.
Kunci Jawaban:
Penjelasan: undefined

6. Pilih kalimat yang strukturnya paling efektif:

  • a. A. Walaupun sudah malam, tetapi dia masih tetap belajar.
  • b. B. Walaupun sudah malam, dia masih tetap belajar.
  • c. C. Dia masih tetap belajar, walaupun sudah malam.
  • d. D. Sudah malam, dia masih tetap belajar walaupun.
Kunci Jawaban:
Penjelasan: undefined

7. Susunlah kalimat dari kata-kata: ‘ayah – koran – membaca – di teras – pagi ini’

  • a. A. Pagi ini ayah membaca koran di teras.
  • b. B. Ayah membaca koran di teras pagi ini.
  • c. C. Di teras ayah membaca koran pagi ini.
  • d. D. Koran ayah membaca di teras pagi ini.
Kunci Jawaban:
Penjelasan: undefined

8. Manakah kalimat pasif yang tersusun dengan benar?

  • a. A. Bola itu ditendang oleh Rio.
  • b. B. Rio menendang bola itu.
  • c. C. Ditendang bola itu oleh Rio.
  • d. D. Oleh Rio bola itu ditendang.
Kunci Jawaban:
Penjelasan: undefined

9. Pilih susunan kalimat yang paling logis:

  • a. A. Karena hujan deras, banjir melanda kota.
  • b. B. Banjir melanda kota karena hujan deras.
  • c. C. Melanda kota banjir karena hujan deras.
  • d. D. Hujan deras karena banjir melanda kota.
Kunci Jawaban:
Penjelasan: undefined

10. Susunlah kalimat yang tepat dari: ‘berenang – di kolam – setiap sore – kami’

  • a. A. Kami berenang di kolam setiap sore.
  • b. B. Setiap sore kami berenang di kolam.
  • c. C. Di kolam kami berenang setiap sore.
  • d. D. Berenang kami di kolam setiap sore.
Kunci Jawaban:
Penjelasan: undefined

11. Manakah kalimat dengan penggunaan konjungsi yang tepat?

  • a. A. Dia tidak datang karena sakit dan dia juga lelah.
  • b. B. Dia tidak datang karena sakit, dan dia juga lelah.
  • c. C. Dia tidak datang karena sakit, dia juga lelah.
  • d. D. Dia tidak datang karena sakit, sebab dia juga lelah.
Kunci Jawaban:
Penjelasan: undefined

12. Susunlah kalimat dari: ‘mengunjungi – nenek – di desa – liburan – kami’

  • a. A. Liburan kami mengunjungi nenek di desa.
  • b. B. Kami mengunjungi nenek di desa liburan.
  • c. C. Kami mengunjungi nenek di desa saat liburan.
  • d. D. Di desa kami mengunjungi nenek liburan.
Kunci Jawaban:
Penjelasan: undefined

13. Pilihlah kalimat yang tidak rancu:

  • a. A. Rumah Pak RT yang baru dicat itu sangat besar.
  • b. B. Rumah Pak RT yang baru itu dicat sangat besar.
  • c. C. Dicat rumah Pak RT yang baru itu sangat besar.
  • d. D. Sangat besar rumah Pak RT yang baru dicat itu.
Kunci Jawaban:
Penjelasan: undefined

14. Susunlah kata-kata berikut menjadi kalimat tanya yang benar: ‘kamu – kapan – akan – ke Jakarta – pergi’

  • a. A. Kapan kamu akan pergi ke Jakarta?
  • b. B. Kamu akan pergi ke Jakarta kapan?
  • c. C. Ke Jakarta kamu akan pergi kapan?
  • d. D. Pergi ke Jakarta kapan kamu akan?
Kunci Jawaban:
Penjelasan: undefined

15. Manakah kalimat yang memiliki subjek yang jelas?

  • a. A. Diperlukan kerja keras untuk mencapai tujuan.
  • b. B. Untuk mencapai tujuan, diperlukan kerja keras.
  • c. C. Kerja keras diperlukan untuk mencapai tujuan.
  • d. D. Mencapai tujuan diperlukan kerja keras.
Kunci Jawaban:
Penjelasan: undefined

16. Pilih kalimat yang memiliki kesejajaran bentuk (paralelisme) yang tepat:

  • a. A. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan minat baca dan menulis.
  • b. B. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan minat baca dan penulisan.
  • c. C. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan minat membaca dan menulis.
  • d. D. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan minat membaca dan penulisan.
Kunci Jawaban:
Penjelasan: undefined

17. Susunlah kalimat dari: ‘menonton – televisi – setiap malam – keluarga saya’

  • a. A. Keluarga saya menonton televisi setiap malam.
  • b. B. Setiap malam keluarga saya menonton televisi.
  • c. C. Menonton televisi keluarga saya setiap malam.
  • d. D. Televisi keluarga saya menonton setiap malam.
Kunci Jawaban:
Penjelasan: undefined

18. Manakah kalimat yang tidak mengandung pleonasme (pemborosan kata)?

  • a. A. Dia mundur ke belakang.
  • b. B. Dia maju ke depan.
  • c. C. Dia naik ke atas.
  • d. D. Dia pergi ke pasar.
Kunci Jawaban:
Penjelasan: undefined

19. Pilih kalimat yang menggunakan kata penghubung dengan benar:

  • a. A. Meskipun dia kaya, tetapi dia tetap rendah hati.
  • b. B. Meskipun dia kaya, dia tetap rendah hati.
  • c. C. Dia kaya, tetapi dia tetap rendah hati.
  • d. D. Dia kaya, meskipun dia tetap rendah hati.
Kunci Jawaban:
Penjelasan: undefined

20. Susunlah kalimat yang benar dari: ‘sampah – membuang – jangan – sembarangan’

  • a. A. Jangan membuang sampah sembarangan.
  • b. B. Membuang sampah jangan sembarangan.
  • c. C. Sampah jangan membuang sembarangan.
  • d. D. Sembarangan jangan membuang sampah.
Kunci Jawaban:
Penjelasan: undefined

21. Susunlah sebuah kalimat aktif dan sebuah kalimat pasif dari kata dasar ‘tulis’ dan objek ‘surat’.

Kunci Jawaban: Kalimat aktif: Saya menulis surat. Kalimat pasif: Surat itu ditulis oleh saya.

22. Perbaiki kalimat ini agar menjadi efektif: ‘Bagi para siswa yang sudah selesai mengerjakan soal, harap segera mengumpulkan pekerjaannya.’

Kunci Jawaban: Siswa yang sudah selesai mengerjakan soal, harap segera mengumpulkan pekerjaannya.

23. Buatlah satu kalimat dengan pola Keterangan-Subjek-Predikat-Objek menggunakan kata ‘kemarin’, ‘ibu’, ‘memasak’, ‘nasi goreng’.

Kunci Jawaban: Kemarin, ibu memasak nasi goreng.

24. Susunlah kalimat perintah yang sopan menggunakan kata ‘tolong’ dan ‘buka pintu’.

Kunci Jawaban: Tolong, buka pintu itu.

25. Gabungkan dua kalimat ini menjadi satu kalimat majemuk setara dengan konjungsi yang tepat: ‘Dia rajin belajar. Dia mendapatkan nilai bagus.’

Kunci Jawaban: Dia rajin belajar dan dia mendapatkan nilai bagus.

26. Jelaskan perbedaan antara kalimat efektif dan kalimat tidak efektif. Berikan masing-masing satu contoh kalimat untuk memperjelas penjelasan Anda.

Kunci Jawaban: Kalimat efektif adalah kalimat yang mampu menyampaikan pesan atau gagasan secara tepat, singkat, jelas, dan mudah dipahami oleh pembaca atau pendengar. Ciri-cirinya antara lain tidak bertele-tele, tidak ambigu, dan menggunakan kata-kata yang tepat. Contoh kalimat efektif: ‘Semua siswa harus mengikuti upacara bendera.’ Kalimat tidak efektif adalah kebalikannya, yaitu kalimat yang tidak mampu menyampaikan pesan dengan baik, seringkali karena bertele-tele, ambigu, atau salah tata bahasa. Contoh kalimat tidak efektif: ‘Bagi seluruh siswa-siswi diharapkan agar dapat mengikuti upacara bendera.’ (Pemborosan kata ‘bagi’, ‘seluruh’, ‘siswa-siswi’, ‘diharapkan agar dapat’).

27. Buatlah sebuah paragraf singkat (minimal 3 kalimat) tentang ‘Pentingnya Menjaga Kebersihan Lingkungan’ dengan memperhatikan susunan kalimat SPOK yang benar dan penggunaan konjungsi yang tepat.

Kunci Jawaban: Menjaga kebersihan lingkungan sangatlah penting bagi kesehatan kita. Lingkungan yang bersih akan menciptakan suasana nyaman dan bebas penyakit. Oleh karena itu, kita harus selalu membuang sampah pada tempatnya. Dengan demikian, kita turut berkontribusi menjaga kelestarian bumi ini.

28. Identifikasi kesalahan dalam kalimat berikut dan perbaiki menjadi kalimat yang benar dan efektif: ‘Meskipun sudah belajar dengan giat, tetapi dia tetap tidak lulus ujian.’ Jelaskan mengapa perbaikan yang Anda lakukan itu benar.

Kunci Jawaban: Kesalahan terdapat pada penggunaan konjungsi ‘Meskipun’ yang diikuti oleh ‘tetapi’. Kedua konjungsi ini memiliki makna yang sama (pertentangan) sehingga penggunaannya secara bersamaan merupakan pemborosan kata (pleonasme) dan membuat kalimat menjadi tidak efektif. Perbaikan: ‘Meskipun sudah belajar dengan giat, dia tetap tidak lulus ujian.’ atau ‘Dia sudah belajar dengan giat, tetapi dia tetap tidak lulus ujian.’ Perbaikan ini menghilangkan salah satu konjungsi yang berlebihan, sehingga kalimat menjadi lebih ringkas dan efektif.

29. Jelaskan tiga prinsip dasar dalam menyusun kalimat yang baik dan berikan contoh singkat untuk setiap prinsip tersebut.

Kunci Jawaban: Tiga prinsip dasar dalam menyusun kalimat yang baik adalah: 1. Keseimbangan (Paralelisme): Penggunaan bentuk kata atau struktur gramatikal yang sama untuk gagasan yang setara. Contoh: ‘Adik suka membaca, menulis, dan melukis.’ (Bukan ‘Adik suka membaca, menulis, dan melukisan’). 2. Kehematan Kata: Menghindari penggunaan kata-kata yang tidak perlu atau berlebihan tanpa mengurangi makna. Contoh: ‘Hujan turun sangat deras.’ (Bukan ‘Hujan turun dengan sangat deras sekali’). 3. Ketepatan Pilihan Kata (Diksi): Menggunakan kata-kata yang sesuai dengan konteks dan makna yang ingin disampaikan. Contoh: ‘Dia berjalan cepat menuju sekolah.’ (Bukan ‘Dia berlari cepat menuju sekolah’ jika maksudnya hanya ‘cepat’ bukan ‘lari’).

30. Buatlah dua kalimat majemuk bertingkat dengan klausa anak kalimat sebagai keterangan waktu dan klausa anak kalimat sebagai keterangan tujuan. Garis bawahi anak kalimatnya.

Kunci Jawaban: 1. Keterangan waktu: Ibu memasak makan malam
ketika ayah pulang kerja.
2. Keterangan tujuan: Kami belajar dengan giat
agar mendapat nilai yang baik.

31. Jodohkan bagian kalimat di kolom kiri dengan bagian kalimat di kolom kanan agar menjadi kalimat yang padu.

Cocokkan pernyataan berikut:

  • Anak-anak bermain — (…)
  • Guru menjelaskan — (…)
  • Hujan turun — (…)
  • Mereka berjanji — (…)
Kunci Jawaban:

  • Anak-anak bermain = di taman dengan riang.
  • Guru menjelaskan = pelajaran matematika dengan sabar.
  • Hujan turun = sepanjang malam tanpa henti.
  • Mereka berjanji = akan datang tepat waktu.

32. Jodohkan subjek kalimat di kolom kiri dengan predikat yang sesuai di kolom kanan.

Cocokkan pernyataan berikut:

  • Petani — (…)
  • Dokter — (…)
  • Pelukis — (…)
  • Penyanyi — (…)
  • Burung-burung — (…)
Kunci Jawaban:

  • Petani = menanam padi di sawah.
  • Dokter = memeriksa pasien dengan teliti.
  • Pelukis = menciptakan karya seni yang indah.
  • Penyanyi = membawakan lagu dengan merdu.
  • Burung-burung = berkicau di pagi hari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *