Contoh Soal: Meningkatkan Kualitas Tulisan Bahasa Indonesia

Posted on

Contoh Soal: Meningkatkan Kualitas Tulisan Bahasa Indonesia

Menguasai keterampilan menulis yang efektif adalah kunci dalam berbagai aspek kehidupan, mulai dari akademik hingga profesional. Kemampuan untuk menyusun kalimat yang jelas, logis, dan mudah dipahami sangat penting agar pesan tersampaikan dengan baik. Artikel ini menyajikan kumpulan contoh soal yang dirancang khusus untuk membantu Anda mengidentifikasi dan memperbaiki kesalahan umum dalam penulisan bahasa Indonesia. Dari tata bahasa, ejaan, tanda baca, hingga struktur kalimat dan koherensi paragraf, soal-soal ini akan menguji pemahaman Anda. Latihan rutin dengan soal-soal perbaikan tulisan ini akan mengasah kepekaan Anda terhadap detail, memperkaya pilihan kata, dan pada akhirnya meningkatkan kualitas tulisan Anda secara signifikan. Mari kita mulai latih kemampuan menulis Anda!


1. Pilihlah kalimat yang paling efektif dan benar secara tata bahasa:

  • a. Meskipun dia sakit, tetapi dia tetap masuk sekolah.
  • b. Walaupun dia sakit, dia tetap masuk sekolah.
  • c. Dia sakit, tapi dia tetap masuk sekolah.
  • d. Dia sakit, akan tetapi dia tetap masuk sekolah.
Kunci Jawaban:
Penjelasan: undefined

2. Kesalahan ejaan terdapat pada kalimat:

  • a. Analisis data menunjukkan hasil yang positif.
  • b. Sistim pembayaran yang baru akan segera diterapkan.
  • c. Setiap individu bertanggung jawab atas perbuatannya.
  • d. Organisasi itu mengadakan rapat rutin setiap bulan.
Kunci Jawaban:
Penjelasan: undefined

3. Penggunaan tanda baca koma (,) yang tepat terdapat pada kalimat:

  • a. Dia membeli buku, pensil dan penghapus.
  • b. Ayah membaca koran ibu memasak di dapur.
  • c. Ketika hujan turun, kami berteduh di bawah pohon.
  • d. Para siswa, yang rajin belajar, akan sukses.
Kunci Jawaban:
Penjelasan: undefined

4. Kata serapan yang penulisannya sudah benar adalah:

  • a. Kwalitas
  • b. Atlit
  • c. Jadwal
  • d. Nopember
Kunci Jawaban:
Penjelasan: undefined

5. Kalimat mana yang memiliki struktur Subjek-Predikat-Objek yang jelas?

  • a. Buku itu dibaca oleh Rani.
  • b. Membaca buku Rani.
  • c. Rani membaca buku.
  • d. Dibaca Rani buku itu.
Kunci Jawaban:
Penjelasan: undefined

6. Pilihlah kalimat yang tidak mengandung pemborosan kata:

  • a. Agar supaya dia berhasil, dia harus belajar giat.
  • b. Dia harus belajar giat agar dia berhasil.
  • c. Dia harus belajar giat supaya dia berhasil.
  • d. Demi untuk keberhasilannya, dia harus belajar giat.
Kunci Jawaban:
Penjelasan: undefined

7. Penulisan kata depan ‘di’ yang benar adalah:

  • a. Dimana dia tinggal?
  • b. Dia belajar disekolah.
  • c. Buku itu ada diatas meja.
  • d. Surat itu sudah saya kirimkan di kantor pos.
Kunci Jawaban:
Penjelasan: undefined

8. Kalimat yang menggunakan kata penghubung (konjungsi) yang tepat adalah:

  • a. Dia pintar tetapi malas.
  • b. Dia pintar, namun malas.
  • c. Dia pintar, akan tetapi malas.
  • d. Dia pintar, walaupun malas.
Kunci Jawaban:
Penjelasan: undefined

9. Identifikasi kesalahan pada kalimat: ‘Para hadirin sekalian, dipersilakan untuk duduk.’

  • a. Kesalahan ejaan
  • b. Pemborosan kata
  • c. Kesalahan tanda baca
  • d. Struktur kalimat pasif
Kunci Jawaban:
Penjelasan: undefined

10. Manakah penulisan gelar yang benar?

  • a. Dr. Budi Santoso, S.Pd.
  • b. Dr Budi Santoso, S.Pd
  • c. Dr. Budi Santoso, S.Pd
  • d. Dr Budi Santoso S.Pd.
Kunci Jawaban:
Penjelasan: undefined

11. Kalimat yang menunjukkan koherensi yang baik adalah:

  • a. Dia suka makan nasi goreng. Pagi ini cerah sekali. Adik saya bermain bola.
  • b. Pendidikan sangat penting. Dengan pendidikan, seseorang dapat meraih masa depan yang lebih baik. Oleh karena itu, kita harus rajin belajar.
  • c. Kucing adalah hewan peliharaan. Buku itu tebal. Saya suka membaca.
  • d. Kemarin saya pergi ke pasar. Harga cabai naik. Ayah membeli motor baru.
Kunci Jawaban:
Penjelasan: undefined

12. Pilihlah kalimat yang menggunakan kata baku:

  • a. Apotik itu buka 24 jam.
  • b. Dia sering merubah jadwal.
  • c. Semua orang harus antri.
  • d. Ijazah saya sudah dilegalisir.
Kunci Jawaban:
Penjelasan: undefined

13. Penulisan angka dan lambang bilangan yang benar adalah:

  • a. Ada 25 orang siswa.
  • b. Ada dua puluh lima orang siswa.
  • c. Ada 25 (dua puluh lima) orang siswa.
  • d. Ada dua puluh lima siswa.
Kunci Jawaban:
Penjelasan: undefined

14. Kalimat berikut yang tidak ambigu adalah:

  • a. Saya melihat anak Pak Lurah yang baru pulang dari Jakarta.
  • b. Saya melihat anak Pak Lurah yang baru, pulang dari Jakarta.
  • c. Saya melihat anak Pak Lurah, yang baru pulang dari Jakarta.
  • d. Saya melihat anak Pak Lurah yang baru saja pulang dari Jakarta.
Kunci Jawaban:
Penjelasan: undefined

15. Kata ‘merubah’ seharusnya ditulis menjadi:

  • a. Mengubah
  • b. Perubah
  • c. Dirubah
  • d. Merubahi
Kunci Jawaban:
Penjelasan: undefined

16. Pilihlah kalimat dengan penggunaan tanda titik dua (:) yang tepat:

  • a. Dia membutuhkan: buku, pensil, dan penggaris.
  • b. Acara itu dihadiri oleh: pejabat, tokoh masyarakat, dan warga.
  • c. Peralatan yang diperlukan adalah: buku, pulpen, dan penghapus.
  • d. Ketua berpesan: ‘Kerjakan tugas dengan baik’.
Kunci Jawaban:
Penjelasan: undefined

17. Kesalahan penulisan huruf kapital terdapat pada kalimat:

  • a. Saya tinggal di Jalan Sudirman.
  • b. Bahasa Indonesia adalah bahasa persatuan.
  • c. Pada hari Senin, kami belajar sejarah.
  • d. Presiden Republik Indonesia akan berpidato.
Kunci Jawaban:
Penjelasan: undefined

18. Manakah yang merupakan ciri kalimat efektif?

  • a. Menggunakan kata-kata yang sulit dipahami.
  • b. Struktur kalimat yang panjang dan berbelit-belit.
  • c. Jelas, singkat, dan tidak ambigu.
  • d. Banyak menggunakan kata serapan.
Kunci Jawaban:
Penjelasan: undefined

19. Pilihlah kalimat pasif yang benar:

  • a. Murid-murid sedang mengerjakan tugas.
  • b. Tugas sedang dikerjakan oleh murid-murid.
  • c. Mengerjakan tugas murid-murid.
  • d. Oleh murid-murid dikerjakan tugas.
Kunci Jawaban:
Penjelasan: undefined

20. Penulisan kata ‘sekadar’ yang benar adalah:

  • a. Sekedar
  • b. Sekadar
  • c. Sekedarnya
  • d. Sekadarnya
Kunci Jawaban:
Penjelasan: undefined

21. Walaupun dia sakit, dia tetap masuk sekolah.

Kunci Jawaban: Walaupun dia sakit, dia tetap masuk sekolah.

22. Sistim pembayaran yang baru akan segera diterapkan.

Kunci Jawaban: Sistim pembayaran yang baru akan segera diterapkan.

23. Ketika hujan turun, kami berteduh di bawah pohon.

Kunci Jawaban: Ketika hujan turun, kami berteduh di bawah pohon.

24. Jadwal

Kunci Jawaban: Jadwal

25. Rani membaca buku.

Kunci Jawaban: Rani membaca buku.

26. Dia harus belajar giat agar dia berhasil.

Kunci Jawaban: Dia harus belajar giat agar dia berhasil.

27. Surat itu sudah saya kirimkan di kantor pos.

Kunci Jawaban: Surat itu sudah saya kirimkan di kantor pos.

28. Dia pintar, namun malas.

Kunci Jawaban: Dia pintar, namun malas.

29. Pemborosan kata

Kunci Jawaban: Pemborosan kata

30. Dr. Budi Santoso, S.Pd.

Kunci Jawaban: Dr. Budi Santoso, S.Pd.

31. Pendidikan sangat penting. Dengan pendidikan, seseorang dapat meraih masa depan yang lebih baik. Oleh karena itu, kita harus rajin belajar.

Kunci Jawaban: Pendidikan sangat penting. Dengan pendidikan, seseorang dapat meraih masa depan yang lebih baik. Oleh karena itu, kita harus rajin belajar.

32. Semua orang harus antri.

Kunci Jawaban: Semua orang harus antri.

33. Ada dua puluh lima orang siswa.

Kunci Jawaban: Ada dua puluh lima orang siswa.

34. Saya melihat anak Pak Lurah yang baru saja pulang dari Jakarta.

Kunci Jawaban: Saya melihat anak Pak Lurah yang baru saja pulang dari Jakarta.

35. Mengubah

Kunci Jawaban: Mengubah

36. Ketua berpesan: ‘Kerjakan tugas dengan baik’.

Kunci Jawaban: Ketua berpesan: ‘Kerjakan tugas dengan baik’.

37. Bahasa Indonesia adalah bahasa persatuan.

Kunci Jawaban: Bahasa Indonesia adalah bahasa persatuan.

38. Jelas, singkat, dan tidak ambigu.

Kunci Jawaban: Jelas, singkat, dan tidak ambigu.

39. Tugas sedang dikerjakan oleh murid-murid.

Kunci Jawaban: Tugas sedang dikerjakan oleh murid-murid.

40. Sekadar

Kunci Jawaban: Sekadar

41. Perbaiki kalimat berikut agar menjadi kalimat efektif: ‘Bagi seluruh mahasiswa diharapkan untuk segera mengumpulkan tugas tersebut.’

Kunci Jawaban: Seluruh mahasiswa diharapkan untuk segera mengumpulkan tugas tersebut. ATAU Bagi seluruh mahasiswa, diharapkan segera mengumpulkan tugas tersebut.

42. Apa fungsi utama tanda baca titik koma (;) dalam sebuah kalimat?

Kunci Jawaban: Tanda titik koma (;) digunakan untuk memisahkan bagian-bagian kalimat yang sejenis dan setara, terutama jika bagian-bagian tersebut sudah menggunakan koma. Dapat juga memisahkan induk kalimat dari anak kalimat yang lain jika hubungan maknanya sangat erat.

43. Sebutkan dua contoh kata tidak baku dan padanan kata bakunya.

Kunci Jawaban: Contoh: ‘Aktifitas’ (tidak baku) menjadi ‘Aktivitas’ (baku); ‘Resiko’ (tidak baku) menjadi ‘Risiko’ (baku).

44. Mengapa penting untuk menghindari ambiguitas dalam penulisan?

Kunci Jawaban: Penting untuk menghindari ambiguitas agar pesan yang disampaikan jelas dan tidak menimbulkan salah tafsir atau interpretasi ganda oleh pembaca, sehingga komunikasi menjadi efektif.

45. Identifikasi dan perbaiki kesalahan ejaan pada kalimat: ‘Praktek dokter itu buka dari jam delapan pagi sampai jam lima sore.’

Kunci Jawaban: Kesalahan: ‘Praktek’ seharusnya ‘Praktik’. Perbaikan: ‘Praktik dokter itu buka dari jam delapan pagi sampai jam lima sore.’

46. Jelaskan perbedaan antara kalimat aktif dan kalimat pasif, serta berikan masing-masing satu contoh.

Kunci Jawaban: Kalimat aktif adalah kalimat yang subjeknya melakukan tindakan, biasanya predikatnya berawalan ‘me-‘ atau tanpa imbuhan (untuk kata kerja intransitif). Contoh: ‘Ayah membaca koran.’ Kalimat pasif adalah kalimat yang subjeknya dikenai tindakan, biasanya predikatnya berawalan ‘di-‘ atau ‘ter-‘. Contoh: ‘Koran dibaca oleh Ayah.’

47. Tulis ulang paragraf berikut agar lebih koheren dan mudah dipahami, dengan memperbaiki tata bahasa dan pilihan kata jika perlu:
‘Hujan deras tadi malam. Banjir di beberapa tempat. Banyak warga mengungsi. Pemerintah daerah sudah mendirikan posko bantuan. Bantuan makanan dan pakaian sangat dibutuhkan. Jalanan licin dan banyak pohon tumbang.’

Kunci Jawaban: Hujan deras yang mengguyur tadi malam telah menyebabkan banjir di beberapa tempat. Akibatnya, banyak warga terpaksa mengungsi. Pemerintah daerah dengan cepat tanggap dengan mendirikan posko bantuan. Saat ini, bantuan berupa makanan dan pakaian sangat dibutuhkan oleh para korban. Selain itu, kondisi jalanan juga licin dan banyak pohon tumbang akibat hujan deras tersebut.

48. Mengapa penggunaan tanda baca yang tepat sangat krusial dalam sebuah tulisan? Jelaskan dengan memberikan minimal dua contoh kasus.

Kunci Jawaban: Penggunaan tanda baca yang tepat sangat krusial karena dapat mengubah makna kalimat, mempengaruhi intonasi saat membaca, dan membantu pembaca memahami struktur serta maksud penulis. Contoh kasus: 1. Perbedaan makna: ‘Makan, ibu guru!’ (mengajak ibu guru makan) dengan ‘Makan ibu, guru!’ (menyatakan bahwa ibu memakan guru). 2. Memisahkan gagasan: Tanpa koma, kalimat panjang bisa sulit dipahami. Misalnya, ‘Dia membeli buku pensil dan penghapus’ menjadi ‘Dia membeli buku, pensil, dan penghapus’ yang lebih jelas perinciannya.

49. Jelaskan apa yang dimaksud dengan ‘kalimat efektif’ dan sebutkan minimal tiga ciri-cirinya.

Kunci Jawaban: Kalimat efektif adalah kalimat yang mampu menyampaikan gagasan, pesan, informasi, atau perasaan secara tepat, sehingga tidak menimbulkan salah tafsir bagi pembaca atau pendengar. Ciri-ciri kalimat efektif antara lain: 1. Kejelasan (tidak ambigu), 2. Keringkasan (tidak boros kata), 3. Kesepadanan (memiliki subjek dan predikat yang jelas), 4. Keparalelan (kesamaan bentuk kata/imbuhan), 5. Kelogisan (mudah diterima akal).

50. Bagaimana cara melakukan proses penyuntingan (editing) dan koreksi (proofreading) pada sebuah tulisan secara sistematis?

Kunci Jawaban: Penyuntingan (editing) berfokus pada struktur, isi, gaya, dan koherensi tulisan secara keseluruhan. Langkahnya bisa dimulai dari membaca cepat untuk mendapatkan gambaran umum, lalu membaca lebih detail untuk memeriksa alur gagasan, pengembangan paragraf, pilihan kata, dan kejelasan argumen. Koreksi (proofreading) adalah tahap akhir untuk mencari kesalahan kecil seperti ejaan, tanda baca, tata bahasa, dan format. Caranya bisa dengan membaca mundur per kata, membaca dengan suara keras, atau meminta orang lain untuk membaca. Penting untuk melakukan keduanya secara terpisah dan dengan fokus yang berbeda.

51. Pasangkan istilah dengan definisinya yang tepat:

Cocokkan pernyataan berikut:

  • Koherensi — (…)
  • Ejaan — (…)
  • Diksi — (…)
  • Klausa — (…)
  • Ambiguitas — (…)
Kunci Jawaban:

  • Koherensi = Keterkaitan antar kalimat atau paragraf yang membuat tulisan mengalir logis.
  • Ejaan = Aturan penulisan kata, termasuk penggunaan huruf kapital dan miring.
  • Diksi = Pilihan kata yang tepat dan serasi dalam penggunaan kalimat.
  • Klausa = Satuan gramatikal berupa kelompok kata yang sekurang-kurangnya terdiri atas subjek dan predikat.
  • Ambiguitas = Kondisi kalimat yang memiliki lebih dari satu penafsiran makna.

52. Pasangkan kesalahan umum dalam penulisan dengan contoh perbaikannya:

Cocokkan pernyataan berikut:

  • Pemborosan kata — (…)
  • Kesalahan ejaan — (…)
  • Penggunaan kata depan yang salah — (…)
  • Ketidaktepatan tanda koma — (…)
  • Kalimat rancu — (…)
Kunci Jawaban:

  • Pemborosan kata = Dari: ‘Agar supaya dia sukses’ -> Menjadi: ‘Agar dia sukses’
  • Kesalahan ejaan = Dari: ‘tehnologi’ -> Menjadi: ‘teknologi’
  • Penggunaan kata depan yang salah = Dari: ‘di jual’ -> Menjadi: ‘dijual’
  • Ketidaktepatan tanda koma = Dari: ‘Dia rajin belajar tetapi kurang bergaul’ -> Menjadi: ‘Dia rajin belajar, tetapi kurang bergaul’
  • Kalimat rancu = Dari: ‘Bagi para mahasiswa diharapkan hadir’ -> Menjadi: ‘Para mahasiswa diharapkan hadir’

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *