Menguasai konsep bilangan bulat adalah fondasi penting dalam matematika SMP, terutama bagi siswa kelas 7. Seringkali, materi ini menjadi tantangan karena melibatkan angka positif, negatif, dan nol beserta operasi hitungnya yang beragam. Artikel ini hadir sebagai solusi dengan menyajikan kumpulan contoh soal matematika kelas 7 SMP bilangan bulat yang komprehensif. Kami telah merancang soal-soal ini secara sistematis, mulai dari tingkat dasar hingga menengah, untuk memastikan setiap aspek pemahaman Anda terhadap bilangan bulat tercakup.
Anda akan menemukan berbagai jenis soal, mulai dari operasi penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian bilangan bulat, hingga soal cerita yang menguji kemampuan aplikasi konsep dalam kehidupan sehari-hari. Setiap contoh soal dilengkapi dengan pembahasan lengkap dan langkah-langkah penyelesaian yang mudah dipahami, sehingga Anda tidak hanya mengetahui jawaban, tetapi juga memahami logikanya. Tujuan utama dari latihan soal ini adalah untuk membantu siswa kelas 7 SMP memperkuat pemahaman mereka tentang sifat-sifat bilangan bulat, perbandingannya, serta penerapannya pada garis bilangan. Dengan berlatih secara rutin menggunakan soal-soal ini, diharapkan siswa dapat meningkatkan kepercayaan diri, mempersiapkan diri menghadapi ulangan harian atau ujian semester, dan pada akhirnya meraih nilai terbaik dalam pelajaran matematika.
Tentu, berikut adalah 30 contoh soal matematika kelas 7 SMP tentang bilangan bulat, lengkap dengan kunci jawabannya dan format yang diminta.
—
# Contoh Soal Matematika Kelas 7 SMP: Bilangan Bulat
## Soal Pilihan Ganda (20 Soal)
1. Himpunan bilangan bulat yang benar adalah…
a. {…, -3, -2, -1, 0, 1, 2, 3, …}
b. {0, 1, 2, 3, …}
c. {1, 2, 3, …}
d. {…, -3, -2, -1}
Jawaban: a
2. Bilangan berikut yang nilainya paling kecil adalah…
a. -10
b. -5
c. 0
d. 2
Jawaban: a
3. Urutan bilangan bulat dari yang terbesar ke terkecil untuk 5, -2, 0, 8, -6 adalah…
a. -6, -2, 0, 5, 8
b. 8, 5, 0, -2, -6
c. 0, -2, 5, -6, 8
d. 8, 5, 0, -6, -2
Jawaban: b
4. Hasil dari -7 + 12 adalah…
a. -19
b. -5
c. 5
d. 19
Jawaban: c
5. Suhu udara di puncak gunung pada malam hari adalah -5°C. Pada siang hari, suhu naik 12°C. Suhu udara di puncak gunung pada siang hari adalah…
a. 7°C
b. -7°C
c. 17°C
d. -17°C
Jawaban: a
6. Hasil dari 8 – (-3) adalah…
a. 5
b. -5
c. 11
d. -11
Jawaban: c
7. Jika a = -4 dan b = 7, maka nilai dari a – b adalah…
a. 3
b. -3
c. 11
d. -11
Jawaban: d
8. Hasil dari -6 × 4 adalah…
a. -24
b. 24
c. 10
d. -10
Jawaban: a
9. Jika -27 dibagi dengan -3, hasilnya adalah…
a. -9
b. 9
c. -24
d. 24
Jawaban: b
10. Operasi hitung yang sesuai dengan sifat komutatif pada penjumlahan adalah…
a. a × (b + c) = (a × b) + (a × c)
b. a + (b + c) = (a + b) + c
c. a + b = b + a
d. a × b = b × a
Jawasan: c
11. Hasil dari 5 + (-8) – (-3) adalah…
a. -6
b. 0
c. 10
d. -10
Jawaban: b
12. Dalam suatu perlombaan, regu A mendapatkan nilai 15, regu B mendapatkan nilai -8, dan regu C mendapatkan nilai 12. Urutan regu dari nilai tertinggi adalah…
a. A, B, C
b. C, A, B
c. A, C, B
d. B, C, A
Jawaban: c
13. Tanda yang tepat untuk mengisi titik-titik pada -9 … -15 adalah…
a. >
b. <
c. =
d. ≥
Jawaban: a
14. Hasil dari -12 + (3 × 5) adalah…
a. -45
b. -27
c. 3
d. 27
Jawaban: c
15. Sebuah kapal selam berada pada kedalaman 120 meter di bawah permukaan laut. Kapal selam itu naik 45 meter. Posisi kapal selam sekarang adalah…
a. 75 meter di atas permukaan laut
b. 75 meter di bawah permukaan laut
c. 165 meter di atas permukaan laut
d. 165 meter di bawah permukaan laut
Jawaban: b
16. Pernyataan yang benar tentang bilangan bulat adalah…
a. Semakin besar angka negatifnya, semakin besar nilainya.
b. Nol adalah bilangan bulat positif.
c. Bilangan negatif terletak di sebelah kanan nol pada garis bilangan.
d. Bilangan positif lebih besar dari bilangan negatif.
Jawaban: d
17. Jika p = -10, q = 2, dan r = -5, maka nilai dari p – q × r adalah…
a. 0
b. 20
c. -20
d. -30
Jawaban: a
18. Ani memiliki 30 permen. Ia memakan 7 permen, lalu membeli lagi 15 permen. Jumlah permen Ani sekarang adalah…
a. 22
b. 23
c. 38
d. 52
Jawaban: c
19. Sifat asosiatif ditunjukkan oleh operasi…
a. a + b = b + a
b. a × (b × c) = (a × b) × c
c. a × (b + c) = (a × b) + (a × c)
d. a + 0 = a
Jawaban: b
20. Hasil dari (-2) × 3 + 10 : (-2) adalah…
a. -11
b. -1
c. 1
d. 11
Jawaban: a
—
## Soal Isian Singkat (5 Soal)
1. Lambang bilangan bulat yang menyatakan “lima belas derajat di bawah nol” adalah …
Jawaban: -15
2. Bilangan bulat antara -3 dan 2 adalah …
Jawaban: -2, -1, 0, 1
3. Hasil dari 15 + (-7) adalah …
Jawaban: 8
4. Jika suhu awal suatu ruangan adalah 20°C, kemudian turun 25°C, maka suhu ruangan sekarang adalah … °C.
Jawaban: -5
5. Hasil dari (-9) × (-4) adalah …
Jawaban: 36
—
## Soal Uraian (5 Soal)
1. Jelaskan perbedaan antara bilangan bulat positif, bilangan bulat negatif, dan nol. Berikan contoh masing-masing!
Jawaban:
Bilangan bulat positif adalah bilangan bulat yang nilainya lebih besar dari nol, contohnya 1, 2, 3, …
Bilangan bulat negatif adalah bilangan bulat yang nilainya lebih kecil dari nol, contohnya -1, -2, -3, …
Nol adalah bilangan bulat yang bukan positif maupun negatif. Nol berada di antara bilangan positif dan negatif pada garis bilangan.
2. Seekor lumba-lumba melompat hingga ketinggian 3 meter di atas permukaan air laut. Kemudian, lumba-lumba tersebut menyelam hingga kedalaman 8 meter di bawah permukaan air laut. Berapakah selisih posisi tertinggi dan terdalam lumba-lumba tersebut?
Jawaban:
Posisi tertinggi = +3 meter
Posisi terdalam = -8 meter
Selisih posisi = Posisi tertinggi – Posisi terdalam
Selisih posisi = 3 – (-8)
Selisih posisi = 3 + 8 = 11 meter.
Jadi, selisih posisi tertinggi dan terdalam lumba-lumba adalah 11 meter.
3. Hitunglah hasil dari operasi hitung campuran berikut: 25 – (-10) × 3 + 40 : (-5).
Jawaban:
Menggunakan urutan operasi (PEMDAS/BODMAS): Perkalian/Pembagian dulu, baru Penjumlahan/Pengurangan.
25 – (-10) × 3 + 40 : (-5)
= 25 – (-30) + (-8)
= 25 + 30 – 8
= 55 – 8
= 47
Jadi, hasilnya adalah 47.
4. Dalam sebuah tes matematika, aturan penilaiannya adalah: jawaban benar mendapat skor 4, jawaban salah mendapat skor -2, dan tidak dijawab mendapat skor -1. Dari 50 soal, seorang siswa menjawab 40 soal dengan benar, 5 soal salah, dan sisanya tidak dijawab. Hitunglah total skor siswa tersebut.
Jawaban:
Jumlah soal benar = 40
Jumlah soal salah = 5
Jumlah soal tidak dijawab = 50 – 40 – 5 = 5
Skor dari jawaban benar = 40 × 4 = 160
Skor dari jawaban salah = 5 × (-2) = -10
Skor dari soal tidak dijawab = 5 × (-1) = -5
Total skor siswa = 160 + (-10) + (-5)
Total skor siswa = 160 – 10 – 5
Total skor siswa = 150 – 5
Total skor siswa = 145
Jadi, total skor siswa tersebut adalah 145.
5. Jelaskan sifat distributif pada operasi perkalian terhadap penjumlahan bilangan bulat, dan berikan satu contoh penerapannya!
Jawaban:
Sifat distributif pada operasi perkalian terhadap penjumlahan menyatakan bahwa hasil perkalian suatu bilangan dengan jumlah dua bilangan lainnya adalah sama dengan jumlah hasil perkalian bilangan tersebut dengan masing-masing bilangan. Secara matematis ditulis: a × (b + c) = (a × b) + (a × c).
Contoh:
Misalkan a = 3, b = 4, c = 5
Maka, 3 × (4 + 5) = 3 × 9 = 27
Dan, (3 × 4) + (3 × 5) = 12 + 15 = 27
Karena 27 = 27, maka sifat distributif berlaku.
