Selamat datang di sumber belajar terbaik untuk membantu putra-putri Anda menguasai konsep dasar pecahan! Artikel ini menyajikan berbagai contoh soal matematika kelas 2 SD pecahan sederhana yang dirancang khusus untuk anak-anak usia sekolah dasar. Kami memahami bahwa pengenalan pecahan bisa menjadi tantangan, oleh karena itu, soal-soal di sini dikemas dengan pendekatan visual dan kontekstual yang mudah dipahami. Tema pembelajaran berfokus pada pengenalan pecahan seperti setengah (1/2), sepertiga (1/3), dan seperempat (1/4) melalui objek-objek familiar seperti pizza, kue, buah, atau bentuk bangun datar.
Setiap contoh soal matematika kelas 2 SD pecahan sederhana dirancang untuk membangun pemahaman konsep dari dasar. Anak-anak akan diajak untuk mengidentifikasi bagian dari keseluruhan, membandingkan pecahan sederhana, serta menyelesaikan masalah kontekstual yang melibatkan pembagian benda menjadi beberapa bagian sama besar. Tujuan utama dari kumpulan latihan soal ini adalah untuk memperkuat fondasi matematika siswa dalam topik pecahan, meningkatkan kepercayaan diri mereka dalam memecahkan soal, serta memberikan panduan praktis bagi orang tua dan guru dalam mendampingi proses belajar. Dengan latihan yang konsisten menggunakan soal-soal ini, diharapkan siswa kelas 2 SD dapat menguasai materi pecahan sederhana dengan lebih baik dan siap untuk materi matematika yang lebih kompleks di kemudian hari. Mari belajar pecahan dengan cara yang menyenangkan dan efektif!
Berikut adalah 30 contoh soal matematika tentang pecahan sederhana untuk kelas 2 SD, terdiri dari 20 soal pilihan ganda, 5 soal isian singkat, dan 5 soal uraian.
—
## Soal Pilihan Ganda
1. Gambar mana yang menunjukkan bagian 1/2 yang diarsir?
a. Sebuah lingkaran dibagi menjadi 2 bagian, tetapi ukurannya tidak sama besar, satu bagian diarsir.
b. Sebuah lingkaran dibagi menjadi 2 bagian yang sama besar, satu bagian diarsir.
c. Sebuah lingkaran dibagi menjadi 4 bagian yang sama besar, satu bagian diarsir.
d. Sebuah lingkaran penuh tanpa arsiran.
Jawaban: b
2. Sebuah kue dibagi menjadi 4 bagian sama besar. Setiap bagian disebut…
a. Satu setengah
b. Satu per tiga
c. Satu per empat
d. Dua per empat
Jawaban: c
3. Pecahan “satu per dua” ditulis dengan angka adalah…
a. 1/3
b. 1/2
c. 1/4
d. 2/1
Jawaban: b
4. Jika kamu memotong sebuah apel menjadi dua bagian yang sama besar, setiap bagian adalah…
a. Seperempat
b. Setengah
c. Satu utuh
d. Dua bagian
Jawaban: b
5. Gambar sebuah persegi panjang dibagi menjadi 4 bagian sama besar. Ada 1 bagian yang diarsir. Pecahan yang menyatakan bagian diarsir adalah…
a. 1/2
b. 1/3
c. 1/4
d. 2/4
Jawaban: c
6. Ayah membelah semangka menjadi 2 bagian yang sama besar. Pecahan yang tepat untuk satu bagian semangka tersebut adalah…
a. 1/4
b. 1/3
c. 1/2
d. 2/2
Jawaban: c
7. Mana gambar yang menunjukkan 1/4 dari sebuah lingkaran?
a. Lingkaran dibagi 2 sama besar, 1 diarsir.
b. Lingkaran dibagi 3 sama besar, 1 diarsir.
c. Lingkaran dibagi 4 sama besar, 1 diarsir.
d. Lingkaran dibagi 4 tidak sama besar, 1 diarsir.
Jawaban: c
8. Sebuah pizza dipotong menjadi 4 bagian. Kakak memakan 1 bagian. Berapa bagian pizza yang dimakan Kakak dalam bentuk pecahan?
a. 1/2
b. 1/3
c. 1/4
d. 2/4
Jawaban: c
9. Pecahan “satu per empat” bisa juga disebut…
a. Setengah
b. Sepertiga
c. Seperempat
d. Satu utuh
Jawaban: c
10. Ada 4 buah permen. Jika kamu mengambil 1/2 dari permen itu, berapa permen yang kamu ambil?
a. 1 permen
b. 2 permen
c. 3 permen
d. 4 permen
Jawaban: b
11. Mana pernyataan yang benar tentang 1/2?
a. Membagi benda menjadi tiga bagian yang sama.
b. Membagi benda menjadi dua bagian yang sama.
c. Mengambil satu bagian dari empat bagian yang sama.
d. Mengambil dua bagian dari satu benda utuh.
Jawaban: b
12. Pecahan 1/2 memiliki angka 1 di atas dan angka 2 di bawah. Angka 2 di bawah menunjukkan…
a. Jumlah bagian yang diambil
b. Jumlah seluruh bagian yang sama
c. Jumlah benda keseluruhan
d. Jumlah yang tersisa
Jawaban: b
13. Mana pecahan yang memiliki arti sama dengan ‘separuh’?
a. 1/4
b. 1/3
c. 1/2
d. 2/1
Jawaban: c
14. Jika sebuah roti dipotong menjadi 4 bagian yang tidak sama besar, apakah setiap bagian bisa disebut 1/4?
a. Ya, karena ada 4 bagian.
b. Tidak, karena ukurannya tidak sama.
c. Ya, karena hanya 1 bagian yang diambil.
d. Tidak, karena rotinya tidak bulat.
Jawaban: b
15. Kamu memiliki 2 buah jeruk. Jika kamu memberikan setengahnya kepada temanmu, berapa jeruk yang kamu berikan?
a. 0 jeruk
b. 1 jeruk
c. 2 jeruk
d. 3 jeruk
Jawaban: b
16. Simbol pecahan untuk “satu dari empat” adalah…
a. 1/2
b. 1/3
c. 1/4
d. 4/1
Jawaban: c
17. Gambar sebuah persegi yang diarsir 1 bagian dari 4 bagian yang sama. Pecahan yang tepat untuk bagian yang tidak diarsir adalah…
a. 1/4
b. 2/4
c. 3/4
d. 4/4
Jawaban: c
18. Sebuah kain dipotong menjadi 2 bagian yang tidak sama besar. Kita tidak bisa mengatakan setiap bagian adalah 1/2 karena…
a. Kainnya terlalu besar.
b. Potongannya tidak rapi.
c. Ukuran bagiannya tidak sama.
d. Kainnya hanya ada satu.
Jawaban: c
19. Ada 8 buah pensil. Kakak mengambil 1/4 dari pensil tersebut. Berapa pensil yang diambil Kakak?
a. 1 pensil
b. 2 pensil
c. 3 pensil
d. 4 pensil
Jawaban: b
20. Jika kamu memiliki 4 buah biskuit, dan kamu memakan 1/2 dari biskuit itu, berapa biskuit yang tersisa?
a. 1 biskuit
b. 2 biskuit
c. 3 biskuit
d. 4 biskuit
Jawaban: b
—
## Soal Isian Singkat
21. Pecahan 1/2 dibaca “satu per __________”.
Jawaban: dua
22. Untuk mendapatkan pecahan 1/4, sebuah benda harus dibagi menjadi __________ bagian yang sama besar.
Jawakan: empat
23. Jika sebuah kue dibagi menjadi 2 bagian sama besar, setiap bagian adalah __________ bagian dari kue utuh.
Jawaban: setengah (atau 1/2)
24. Angka di atas garis pecahan disebut pembilang, dan angka di bawah garis pecahan disebut __________.
Jawaban: penyebut
25. Jika ada 3 apel dan kamu mengambil 1/3 dari apel tersebut, maka kamu mengambil __________ apel.
Jawaban: satu
—
## Soal Uraian
26. Jelaskan apa yang dimaksud dengan pecahan 1/2 menggunakan contoh benda di sekitarmu!
Jawaban: Pecahan 1/2 berarti membagi suatu benda menjadi dua bagian yang sama besar, lalu mengambil satu bagian dari dua bagian tersebut. Contoh: Jika kita membelah apel menjadi dua bagian yang sama besar, maka setiap bagian adalah 1/2 dari apel utuh.
27. Gambarlah sebuah lingkaran, lalu arsir 1/4 bagian dari lingkaran tersebut.
Jawaban: (Gambarlah sebuah lingkaran, lalu bagi menjadi empat bagian yang sama besar menggunakan dua garis yang berpotongan di tengah, kemudian arsir satu bagiannya.)
28. Rina memiliki 4 buah jeruk. Dia ingin memberikan 1/4 dari jeruknya kepada adiknya. Berapa banyak jeruk yang akan diterima adik Rina? Tuliskan langkah-langkahmu.
Jawaban:
1. Jumlah jeruk Rina adalah 4 buah.
2. Rina ingin memberikan 1/4 dari jeruknya.
3. Untuk mencari 1/4 dari 4, kita bagi 4 dengan 4, hasilnya adalah 1.
4. Jadi, adik Rina akan menerima 1 buah jeruk.
29. Mengapa penting bagi bagian-bagian pecahan itu harus sama besar? Jelaskan.
Jawaban: Penting karena jika bagian-bagian pecahan tidak sama besar, maka nilai pecahan tersebut tidak bisa dihitung dengan benar. Pecahan selalu merujuk pada pembagian benda menjadi bagian-bagian yang ‘sama besar’ untuk menentukan nilainya secara adil.
30. Ali mempunyai sebatang cokelat. Ia membagi cokelat tersebut menjadi 2 bagian untuk dirinya dan temannya, tetapi ia membagi tidak sama besar (satu besar sekali, satu kecil sekali). Apakah setiap bagian bisa disebut 1/2? Mengapa?
Jawaban: Tidak, setiap bagian tidak bisa disebut 1/2. Karena untuk bisa disebut 1/2, kedua bagian harus memiliki ukuran yang sama besar. Ali membagi cokelatnya tidak sama besar, sehingga pembagiannya tidak menunjukkan pecahan 1/2.