Contoh Soal HOTS IPA Kelas 6 SD Kurikulum Merdeka: Mengasah Nalar Sains Anak!

Posted on

Rangkuman Materi

Rangkuman materi Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) untuk siswa kelas 6 SD mencakup berbagai konsep penting yang mendasari pemahaman dunia sekitar. Materi ini berfokus pada sistem tata surya, energi dan perubahannya, listrik dan magnet, perkembangbiakan makhluk hidup (tumbuhan dan hewan), serta pentingnya pelestarian lingkungan. Siswa diajak untuk memahami bagaimana bumi bergerak dalam tata surya, siklus energi dalam kehidupan sehari-hari, cara kerja listrik dan magnet, proses reproduksi pada berbagai organisme, dan dampak aktivitas manusia terhadap ekosistem. Pembelajaran ini tidak hanya menghafal fakta, tetapi juga mendorong siswa untuk berpikir kritis, menganalisis hubungan sebab-akibat, mengevaluasi informasi, dan menciptakan solusi untuk masalah lingkungan, sesuai dengan pendekatan HOTS (Higher Order Thinking Skills) dan Kurikulum Merdeka.

Soal Pilihan Ganda (HOTS)

1. Jika Rina ingin membuat model yang menunjukkan bagaimana fase-fase Bulan terjadi, bahan-bahan apa yang paling tepat ia gunakan untuk merepresentasikan posisi Matahari, Bumi, dan Bulan agar dapat menjelaskan perubahan fase Bulan secara akurat?

(Konteks: Setiap malam, Rina mengamati Bulan. Terkadang Bulan terlihat bulat penuh, kadang hanya separuh, dan di lain waktu seperti sabit. Fenomena ini menarik perhatiannya.)

  • A. Bola lampu (Matahari), bola tenis (Bumi), kelereng (Bulan) yang digerakkan melingkar mengelilingi bola tenis.
  • B. Senter (Matahari), bola basket (Bumi), bola pingpong (Bulan) yang digerakkan melingkar mengelilingi bola basket.
  • C. Lilin (Matahari), bola sepak (Bumi), bola bekel (Bulan) yang digerakkan lurus di depan bola sepak.
  • D. Obor (Matahari), balon (Bumi), batu kerikil (Bulan) yang digerakkan acak di sekitar balon.
  • E. Lampu sorot (Matahari), patung Bumi, patung Bulan yang diam pada posisinya masing-masing.

2. Sebagai seorang ilmuwan muda, bagaimana Anda akan menganalisis dampak jangka panjang dari kebiasaan ini terhadap ekosistem air dan kesehatan masyarakat di desa tersebut?

(Konteks: Di sebuah desa, banyak warga membuang sampah plastik ke sungai. Akibatnya, sungai menjadi kotor, bau, dan sering terjadi banjir saat musim hujan.)

  • A. Sampah plastik akan membuat ikan-ikan di sungai lebih cepat besar karena banyak makanan.
  • B. Kualitas air sungai akan meningkat karena sampah plastik dapat menyaring kotoran lain.
  • C. Ekosistem air akan rusak karena hewan air menelan mikroplastik dan tersumbatnya aliran air menyebabkan banjir serta penyakit.
  • D. Sampah plastik akan terurai dengan cepat menjadi pupuk alami yang menyuburkan tanaman di tepi sungai.
  • E. Masyarakat akan lebih rajin membersihkan sungai karena terbiasa melihat sampah plastik.

3. Jika Andi hanya memiliki satu baterai baru dan ingin senter tersebut menyala kembali, bagaimana ia harus mengatur baterai-baterai tersebut (satu baterai baru dan satu baterai penuh yang lama) agar senter dapat berfungsi secara optimal? Analisis pilihan rangkaian yang paling efektif.

(Konteks: Andi memiliki sebuah senter yang menggunakan dua buah baterai. Suatu hari senter tersebut mati. Setelah diperiksa, ternyata salah satu baterainya sudah habis, sedangkan yang lain masih penuh.)

  • A. Membuang baterai yang lama dan hanya menggunakan baterai baru sendirian.
  • B. Memasang baterai baru secara seri dengan baterai lama yang masih penuh.
  • C. Memasang baterai baru secara paralel dengan baterai lama yang masih penuh.
  • D. Menggunakan baterai baru dan baterai lama yang habis secara seri.
  • E. Mencampur baterai baru dengan baterai lama yang habis secara paralel.

4. Sebagai seorang perencana energi, evaluasi solusi paling efisien dan berkelanjutan untuk mengatasi masalah penurunan produksi listrik panel surya saat musim hujan di daerah tersebut.

(Konteks: Sebuah rumah di daerah pegunungan memanfaatkan panel surya untuk memenuhi sebagian kebutuhan listriknya. Namun, saat musim hujan tiba, produksi listrik dari panel surya menurun drastis.)

  • A. Menambah jumlah panel surya secara drastis untuk mengkompensasi penurunan produksi.
  • B. Memasang generator diesel sebagai sumber listrik utama saat musim hujan.
  • C. Mengintegrasikan panel surya dengan sistem penyimpanan energi baterai yang lebih besar dan terhubung ke jaringan listrik PLN sebagai cadangan.
  • D. Membangun kincir angin kecil di samping rumah untuk menghasilkan listrik tambahan.
  • E. Mengurangi penggunaan listrik secara signifikan selama musim hujan.

5. Bagaimana Anda akan menganalisis hubungan antara populasi lebah yang sedikit dengan rendahnya hasil buah pada tanaman tersebut, dan langkah apa yang paling efektif untuk mengatasi masalah ini secara alami?

(Konteks: Di sebuah kebun, petani mengamati bahwa beberapa tanamannya tidak menghasilkan buah meskipun bunganya banyak. Setelah diteliti, ternyata populasi lebah di sekitar kebun sangat sedikit.)

  • A. Lebah memakan buah sehingga jika sedikit, buah seharusnya lebih banyak. Solusinya adalah membasmi hama lain.
  • B. Lebah membantu penyerbukan bunga. Jika populasi lebah sedikit, penyerbukan kurang optimal. Solusinya adalah menanam bunga-bunga yang menarik lebah di sekitar kebun.
  • C. Lebah hanya mengumpulkan madu, tidak berpengaruh pada buah. Solusinya adalah memberi pupuk lebih banyak.
  • D. Lebah membawa penyakit pada tanaman. Jika sedikit, tanaman seharusnya lebih sehat. Solusinya adalah menyemprot pestisida.
  • E. Lebah berkompetisi dengan tanaman untuk nutrisi. Solusinya adalah memindahkan lebah ke tempat lain.

6. Berdasarkan pemahaman Anda tentang pergerakan benda langit, jelaskan mengapa gerhana matahari merupakan fenomena yang relatif jarang terjadi, meskipun Bulan dan Bumi terus bergerak?

(Konteks: Siswa kelas 6 sedang mempelajari tentang gerhana matahari. Mereka bingung mengapa gerhana matahari tidak terjadi setiap bulan, padahal Bulan selalu mengelilingi Bumi dan Bumi mengelilingi Matahari.)

  • A. Karena Bulan terlalu kecil untuk menutupi Matahari sepenuhnya setiap saat.
  • B. Karena orbit Bulan mengelilingi Bumi tidak sejajar sempurna dengan orbit Bumi mengelilingi Matahari.
  • C. Karena Matahari sering berpindah posisi sehingga sulit untuk tertutup Bulan.
  • D. Karena Bumi bergerak sangat cepat sehingga selalu menghindari bayangan Bulan.
  • E. Karena gerhana matahari hanya terjadi saat musim panas.

7. Analisis faktor-faktor lingkungan yang paling mungkin menyebabkan perbedaan kondisi sungai antara desa Budi dan desa sebelah, serta prediksi dampak jangka panjangnya terhadap ekosistem dan masyarakat di desa sebelah?

(Konteks: Budi dan teman-temannya sedang bermain di sungai yang airnya jernih. Mereka melihat banyak ikan kecil dan beberapa jenis tumbuhan air. Namun, di desa sebelah, sungai terlihat keruh dan tidak ada tanda-tanda kehidupan.)

  • A. Sungai di desa Budi lebih dalam, sementara sungai di desa sebelah lebih dangkal, sehingga mempengaruhi kehidupan.
  • B. Sungai di desa Budi memiliki banyak bebatuan, sedangkan di desa sebelah tidak, sehingga mempengaruhi kejernihan air.
  • C. Desa Budi menerapkan pengelolaan limbah yang baik dan tidak membuang sampah ke sungai, sementara desa sebelah mungkin membuang limbah rumah tangga atau industri tanpa pengolahan, menyebabkan pencemaran dan kerusakan ekosistem.
  • D. Ikan di desa Budi lebih suka air jernih, sedangkan ikan di desa sebelah suka air keruh.
  • E. Ada perbedaan jenis tanah di kedua desa yang membuat sungai di desa Budi lebih jernih secara alami.

8. Evaluasi potensi dampak positif dan negatif pembangunan PLTB tersebut terhadap lingkungan dan masyarakat sekitar.

(Konteks: Sebuah perusahaan listrik berencana membangun pembangkit listrik tenaga angin (PLTB) di daerah pesisir pantai. Masyarakat sekitar khawatir dengan dampak pembangunan tersebut.)

  • A. Positif: Peningkatan polusi udara dan suara. Negatif: Pasokan listrik stabil.
  • B. Positif: Sumber energi bersih dan terbarukan, menciptakan lapangan kerja. Negatif: Gangguan visual, potensi dampak pada burung migran, kebisingan.
  • C. Positif: Menarik wisatawan. Negatif: Mengurangi lahan pertanian.
  • D. Positif: Peningkatan suhu lokal. Negatif: Biaya operasional tinggi.
  • E. Positif: Mempercepat pertumbuhan ekonomi. Negatif: Memerlukan banyak air.

9. Berdasarkan situasi tersebut, analisis mengapa lampu di dapur bisa menyala terang sementara kompor listrik tidak berfungsi, dan apa implikasi dari jenis rangkaian listrik yang digunakan di rumah Ibu Ani?

(Konteks: Pada suatu pagi, Ibu Ani ingin memasak air menggunakan kompor listrik. Ia menyadari bahwa kompor listriknya tidak berfungsi, padahal lampu di dapur menyala terang. Setelah diperiksa, ternyata sakelar kompor listriknya rusak.)

  • A. Kompor listrik dan lampu dapur terhubung secara seri, sehingga jika satu rusak, yang lain juga mati.
  • B. Kompor listrik dan lampu dapur terhubung secara paralel, sehingga kerusakan pada satu alat tidak mempengaruhi alat lain.
  • C. Kompor listrik menggunakan arus DC, sedangkan lampu dapur menggunakan arus AC.
  • D. Lampu dapur memiliki daya yang lebih kecil sehingga tetap bisa menyala meski ada kerusakan pada kompor.
  • E. Kompor listrik membutuhkan tegangan yang berbeda dari lampu dapur.

10. Jika petani tersebut ingin menghasilkan pohon mangga baru yang persis sama dengan pohon induknya yang berbuah sangat manis dan tahan penyakit, serta ingin pohon tersebut cepat berbuah, teknik perkembangbiakan vegetatif manakah yang paling tepat ia pilih dan mengapa?

(Konteks: Seorang petani ingin meningkatkan hasil panen mangga di kebunnya. Ia mendengar tentang teknik cangkok dan okulasi yang dapat mempercepat masa berbuah dan mempertahankan sifat unggul tanaman.)

  • A. Mencangkok, karena menghasilkan tanaman baru yang sama persis dengan induknya dan cepat berbuah.
  • B. Menanam biji, karena menghasilkan tanaman yang kuat dan berakar tunggang.
  • C. Okulasi, karena menggabungkan sifat dua tanaman berbeda menjadi satu.
  • D. Stek batang, karena mudah dilakukan dan tidak memerlukan perawatan khusus.
  • E. Kultur jaringan, karena menghasilkan banyak tanaman dalam waktu singkat.

11. Jika Anda adalah kepala dinas kebersihan kota, program inovatif apa yang akan Anda rancang untuk menjaga kebersihan dan kelestarian taman kota tersebut secara berkelanjutan, melibatkan partisipasi masyarakat?

(Konteks: Setiap hari Minggu pagi, keluarga Siti berolahraga di taman kota. Mereka melihat banyak pohon, bunga, dan mendengar kicauan burung. Namun, mereka juga melihat beberapa sampah plastik berserakan dan ada genangan air yang kotor.)

  • A. Melarang masyarakat berkunjung ke taman agar tidak ada sampah lagi.
  • B. Mempekerjakan lebih banyak petugas kebersihan tanpa melibatkan masyarakat.
  • C. Mengadakan kampanye ‘Taman Bersih, Hatiku Senang’ setiap bulan dengan kegiatan bersih-bersih bersama, menyediakan tempat sampah terpilah, dan edukasi tentang daur ulang.
  • D. Memasang papan peringatan ‘Dilarang Buang Sampah’ di setiap sudut taman.
  • E. Membiarkan masyarakat membersihkan sendiri tanpa arahan dan fasilitas.

12. Evaluasi tindakan Edo tersebut berdasarkan prinsip perpindahan panas dan efektivitasnya dalam mendinginkan kamar. Manakah pernyataan yang paling tepat?

(Konteks: Saat cuaca sangat panas, Edo merasa gerah dan ingin mendinginkan kamarnya. Ia membuka jendela lebar-lebar dan menyalakan kipas angin menghadap keluar jendela.)

  • A. Tindakan Edo sangat efektif karena kipas angin akan menarik udara panas keluar dan menggantinya dengan udara dingin dari luar.
  • B. Tindakan Edo tidak efektif karena kipas angin hanya menggerakkan udara panas di dalam kamar dan tidak mengeluarkan panas dari ruangan.
  • C. Tindakan Edo efektif karena membuka jendela akan membiarkan udara panas keluar secara konveksi, dan kipas angin akan mempercepat proses tersebut.
  • D. Tindakan Edo tidak efektif, justru akan membuat kamar lebih panas karena kipas angin meniup udara panas dari dalam keluar, tetapi juga menarik udara panas dari luar masuk.
  • E. Tindakan Edo hanya akan efektif jika ia menyalakan AC secara bersamaan.

13. Analisis pernyataan berikut: ‘Meskipun mobil listrik tidak mengeluarkan emisi gas buang langsung, namun penggunaannya tetap memiliki jejak karbon.’ Apakah pernyataan ini benar atau salah? Berikan alasannya.

(Konteks: Sebuah mobil listrik dapat menempuh jarak 300 km dengan sekali pengisian daya baterai penuh. Mobil ini menggunakan energi listrik yang dihasilkan dari pembangkit listrik tenaga batu bara.)

  • A. Benar, karena proses pembuatan mobil listrik menghasilkan banyak limbah.
  • B. Salah, karena mobil listrik sama sekali tidak menggunakan bahan bakar fosil.
  • C. Benar, karena energi listrik yang digunakan mobil tersebut berasal dari pembangkit listrik tenaga batu bara yang menghasilkan emisi gas rumah kaca.
  • D. Salah, karena mobil listrik hanya menggunakan energi terbarukan.
  • E. Benar, tetapi hanya jika mobil tersebut digunakan di daerah perkotaan.

14. Mengapa listrik di rumah tersebut bisa padam saat banyak peralatan elektronik dinyalakan bersamaan? Jelaskan fenomena ini dan bagaimana solusinya.

(Konteks: Di sebuah rumah, terdapat beberapa peralatan elektronik yang sering digunakan secara bersamaan, seperti televisi, kulkas, dan penanak nasi. Suatu hari, saat semua alat itu dinyalakan, tiba-tiba listrik di rumah padam (MCB turun).)

  • A. Terjadi korsleting pada salah satu peralatan elektronik sehingga MCB turun.
  • B. Daya listrik yang digunakan melebihi kapasitas daya maksimum instalasi listrik rumah, sehingga MCB berfungsi sebagai pengaman.
  • C. Kabel listrik di rumah terlalu panjang sehingga tidak kuat menahan beban.
  • D. Tegangan listrik dari PLN tiba-tiba menurun drastis.
  • E. Salah satu peralatan elektronik mengalami kerusakan dan menyebabkan konslet.

15. Jika anak tersebut mencoba mendekatkan magnet batang ke setiap benda, prediksi benda mana saja yang akan ditarik magnet dan benda mana yang tidak, serta jelaskan mengapa demikian.

(Konteks: Seorang anak menemukan sebuah magnet batang dan beberapa benda di sekitarnya: paku, klip kertas, sendok plastik, koin tembaga, dan cincin emas.)

  • A. Paku dan klip kertas akan ditarik karena terbuat dari bahan feromagnetik; sendok plastik, koin tembaga, dan cincin emas tidak ditarik karena bukan feromagnetik.
  • B. Semua benda akan ditarik magnet karena magnet memiliki daya tarik yang kuat.
  • C. Hanya koin tembaga dan cincin emas yang ditarik karena terbuat dari logam mulia.
  • D. Tidak ada benda yang ditarik karena magnet batang terlalu lemah.
  • E. Semua benda tidak akan ditarik karena magnet hanya menarik benda-benda besar.

16. Evaluasi kemungkinan keberhasilan peternak tersebut dalam menetaskan telur ayam ras yang dibeli dari toko. Apakah telur tersebut akan menetas menjadi anak ayam? Jelaskan alasannya.

(Konteks: Di sebuah peternakan ayam, peternak ingin meningkatkan jumlah ayam dengan cepat. Ia mempertimbangkan untuk menggunakan telur ayam ras yang dibeli dari toko dan mengeraminya.)

  • A. Pasti menetas, karena semua telur ayam dapat menetas.
  • B. Tidak akan menetas, karena telur ayam ras dari toko biasanya tidak dibuahi (infertil).
  • C. Akan menetas, tetapi anak ayamnya akan lemah dan sakit-sakitan.
  • D. Akan menetas jika dierami oleh induk ayam asli, bukan mesin penetas.
  • E. Kemungkinan menetas sangat kecil karena sudah terlalu lama disimpan di toko.

17. Analisis keunggulan dan tantangan utama dalam pengembangan serta penggunaan biofuel sebagai energi alternatif di Indonesia.

(Konteks: Pemerintah sedang gencar mengampanyekan penggunaan energi alternatif untuk mengurangi ketergantungan pada bahan bakar fosil. Salah satu energi alternatif yang sedang dikembangkan adalah biofuel.)

  • A. Keunggulan: Sumber daya melimpah (tumbuhan), ramah lingkungan. Tantangan: Membutuhkan lahan pertanian yang luas, berpotensi mengganggu ketahanan pangan.
  • B. Keunggulan: Sangat murah dan mudah diproduksi. Tantangan: Sulit disimpan.
  • C. Keunggulan: Tidak menghasilkan emisi gas buang sama sekali. Tantangan: Teknologi sangat mahal.
  • D. Keunggulan: Dapat digunakan di semua jenis mesin tanpa modifikasi. Tantangan: Sumber daya terbatas.
  • E. Keunggulan: Tidak memerlukan lahan khusus. Tantangan: Proses produksi rumit.

18. Bagaimana Anda menjelaskan fenomena warna kemerahan pada Bulan saat gerhana bulan total, dan apa hubungannya dengan atmosfer Bumi?

(Konteks: Pada malam hari, saat terjadi gerhana bulan total, warna Bulan seringkali terlihat kemerahan atau oranye gelap.)

  • A. Bulan memancarkan cahaya merahnya sendiri saat gerhana.
  • B. Warna merah berasal dari pantulan cahaya Matahari yang melewati atmosfer Bumi yang berdebu.
  • C. Atmosfer Bumi membiaskan dan menyebarkan cahaya Matahari berwarna biru, sehingga hanya cahaya merah yang dapat mencapai Bulan dan dipantulkan kembali ke Bumi.
  • D. Ini adalah ilusi optik yang disebabkan oleh kegelapan malam.
  • E. Warna merah disebabkan oleh polusi cahaya dari kota-kota di Bumi.

19. Sebagai seorang ahli lingkungan, rancanglah tiga strategi inovatif yang dapat diterapkan pemerintah kota untuk mengurangi pencemaran udara akibat kendaraan bermotor secara signifikan.

(Konteks: Di sebuah kota, penggunaan kendaraan bermotor semakin meningkat pesat. Kualitas udara di kota tersebut semakin memburuk, ditandai dengan kabut asap dan peningkatan kasus penyakit pernapasan.)

  • A. Meningkatkan pajak kendaraan bermotor, membangun lebih banyak jalan tol, dan melarang penggunaan sepeda.
  • B. Mengembangkan transportasi umum massal yang nyaman dan terjangkau, mendorong penggunaan kendaraan listrik, serta memperluas area hijau kota.
  • C. Membatasi jumlah kendaraan yang boleh beroperasi setiap hari, membangun pabrik filter udara raksasa, dan mewajibkan semua warga memiliki masker.
  • D. Menggalakkan penggunaan mobil pribadi, mengurangi jumlah halte bus, dan menebang pohon di pinggir jalan.
  • E. Mengurangi produksi kendaraan bermotor, menaikkan harga bensin secara drastis, dan melarang warga bepergian.

20. Evaluasi kebiasaan ibu tersebut dan berikan saran paling efektif untuk menghemat listrik, dengan mempertimbangkan dampak jangka panjang terhadap lingkungan dan biaya rumah tangga.

(Konteks: Seorang ibu rumah tangga ingin menghemat listrik di rumahnya. Ia sering meninggalkan lampu menyala di siang hari dan membiarkan televisi menyala meskipun tidak ada yang menonton.)

  • A. Membiarkan lampu menyala di siang hari tidak berpengaruh banyak karena sumbernya dari PLN.
  • B. Mengganti semua lampu dengan lampu LED, mematikan lampu dan televisi jika tidak digunakan, serta memanfaatkan cahaya matahari di siang hari.
  • C. Hanya menyalakan televisi saat ada acara favorit dan membiarkan lampu tetap menyala.
  • D. Memasang banyak stiker hemat energi di seluruh rumah tanpa mengubah kebiasaan.
  • E. Mematikan listrik seluruh rumah saat tidak ada orang di rumah.

Soal Isian, Uraian, dan Mencocokkan

Isian Singkat 1: Bagaimana Anda akan menganalisis potensi pemanfaatan kotoran sapi tersebut untuk menghasilkan energi alternatif di peternakan, dan jelaskan prinsip kerjanya secara singkat?

Isian Singkat 2: Evaluasi kelebihan dan kekurangan masing-masing jenis rangkaian (seri dan paralel) jika Rudi ingin kedua lampu menyala terang dan jika salah satu lampu mati, lampu lain tetap bisa menyala. Rangkaian mana yang paling tepat untuk keinginan Rudi dan mengapa?

Isian Singkat 3: Rancanglah satu kebijakan atau program edukasi yang paling efektif untuk mengubah perilaku masyarakat dalam mengelola limbah rumah tangga agar sungai tetap bersih dan sehat.

Isian Singkat 4: Analisis mengapa tanaman di tempat gelap tumbuh lebih tinggi dan pucat, serta bagaimana hal ini berhubungan dengan proses fotosintesis dan hormon tumbuhan.

Isian Singkat 5: Evaluasi dua dampak utama dari rotasi Bumi terhadap fenomena alam yang kita alami sehari-hari, dan berikan contoh konkretnya.

Uraian 6: Sebagai seorang pegiat lingkungan, rancanglah sebuah solusi komprehensif yang melibatkan teknologi dan pemberdayaan masyarakat untuk mengurangi penggunaan kayu bakar dan sekaligus melestarikan hutan mangrove di daerah tersebut. Jelaskan langkah-langkah implementasi dan perkiraan dampak positifnya.

Uraian 7: Evaluasi bagaimana siklus air alami dapat terganggu oleh aktivitas manusia, dan usulkan tiga strategi mitigasi (pencegahan/penanganan) yang dapat dilakukan di tingkat komunitas untuk menyeimbangkan ketersediaan air di musim kemarau dan mengelola kelebihan air di musim hujan.

Uraian 8: Rancanglah sebuah proyek inovatif dalam program ‘Sekolah Hijau’ yang berfokus pada pengelolaan sampah dan hemat energi, melibatkan seluruh warga sekolah (siswa, guru, staf). Jelaskan tujuan, langkah-langkah pelaksanaan, dan indikator keberhasilannya.

Uraian 9: Analisis tiga faktor utama yang menjadikan Bumi layak huni dibandingkan dengan planet lain di tata surya, dan bagaimana perubahan kecil pada faktor-faktor tersebut dapat berdampak besar pada keberlangsungan hidup di Bumi.

Uraian 10: Berdasarkan informasi tersebut, evaluasi risiko kepunahan yang dihadapi oleh spesies tumbuhan baru ini dan serangga penyerbuknya. Kemudian, usulkan strategi konservasi yang paling efektif untuk menjaga kelangsungan hidup kedua spesies tersebut.

Mencocokkan 11: Pasangkan fenomena alam di kolom kiri dengan penyebab utamanya di kolom kanan.

Mencocokkan 12: Cocokkan jenis energi alternatif di kolom kiri dengan sumber daya utamanya di kolom kanan.

Kunci Jawaban

1. (Pilihan Ganda)B. Senter (Matahari), bola basket (Bumi), bola pingpong (Bulan) yang digerakkan melingkar mengelilingi bola basket. (Penjelasan: Ukuran yang proporsional dan sumber cahaya yang tunggal serta pergerakan melingkar Bulan mengelilingi Bumi akan secara efektif menunjukkan bagaimana bagian Bulan yang diterangi Matahari terlihat berbeda dari Bumi seiring waktu, menciptakan fase-fase Bulan.)
2. (Pilihan Ganda)C. Ekosistem air akan rusak karena hewan air menelan mikroplastik dan tersumbatnya aliran air menyebabkan banjir serta penyakit. (Penjelasan: Pembuangan sampah plastik ke sungai menyebabkan pencemaran, merusak habitat akuatik, mencemari rantai makanan melalui mikroplastik, serta menyumbat aliran air yang memicu banjir dan penyebaran penyakit.)
3. (Pilihan Ganda)B. Memasang baterai baru secara seri dengan baterai lama yang masih penuh. (Penjelasan: Dalam rangkaian seri, dua baterai dengan tegangan yang sama akan menghasilkan tegangan total yang lebih besar (jumlah tegangan masing-masing baterai), sehingga senter dapat menyala dengan terang. Menggunakan baterai habis atau mencampur baterai penuh/kosong secara paralel akan membuat baterai penuh cepat habis atau tidak berfungsi optimal.)
4. (Pilihan Ganda)C. Mengintegrasikan panel surya dengan sistem penyimpanan energi baterai yang lebih besar dan terhubung ke jaringan listrik PLN sebagai cadangan. (Penjelasan: Solusi ini paling efisien dan berkelanjutan karena baterai dapat menyimpan kelebihan energi saat matahari bersinar dan mengeluarkannya saat mendung, sementara koneksi ke PLN menjamin pasokan listrik yang stabil sebagai cadangan saat baterai tidak mencukupi.)
5. (Pilihan Ganda)B. Lebah membantu penyerbukan bunga. Jika populasi lebah sedikit, penyerbukan kurang optimal. Solusinya adalah menanam bunga-bunga yang menarik lebah di sekitar kebun. (Penjelasan: Lebah adalah penyerbuk penting. Populasi lebah yang rendah mengurangi keberhasilan penyerbukan, yang berdampak pada pembentukan buah. Menanam tanaman menarik lebah membantu meningkatkan populasi mereka dan penyerbukan alami.)
6. (Pilihan Ganda)B. Karena orbit Bulan mengelilingi Bumi tidak sejajar sempurna dengan orbit Bumi mengelilingi Matahari. (Penjelasan: Bidang orbit Bulan mengelilingi Bumi memiliki kemiringan sekitar 5 derajat terhadap bidang orbit Bumi mengelilingi Matahari (ekliptika). Oleh karena itu, Matahari, Bulan, dan Bumi tidak selalu berada pada satu garis lurus yang sempurna setiap kali Bulan baru.)
7. (Pilihan Ganda)C. Desa Budi menerapkan pengelolaan limbah yang baik dan tidak membuang sampah ke sungai, sementara desa sebelah mungkin membuang limbah rumah tangga atau industri tanpa pengolahan, menyebabkan pencemaran dan kerusakan ekosistem. (Penjelasan: Perbedaan kualitas air dan kehidupan di sungai sangat dipengaruhi oleh aktivitas manusia, terutama pembuangan limbah. Pencemaran akan merusak ekosistem dan berdampak negatif pada kesehatan masyarakat jangka panjang.)
8. (Pilihan Ganda)B. Positif: Sumber energi bersih dan terbarukan, menciptakan lapangan kerja. Negatif: Gangguan visual, potensi dampak pada burung migran, kebisingan. (Penjelasan: PLTB menghasilkan energi bersih dan terbarukan, serta menciptakan pekerjaan. Namun, turbin angin dapat mengganggu pemandangan, berpotensi menabrak burung, dan menghasilkan kebisingan.)
9. (Pilihan Ganda)B. Kompor listrik dan lampu dapur terhubung secara paralel, sehingga kerusakan pada satu alat tidak mempengaruhi alat lain. (Penjelasan: Rangkaian paralel memungkinkan setiap komponen listrik (lampu, kompor) mendapatkan tegangan yang sama dan beroperasi secara independen. Kerusakan pada satu komponen (kompor) tidak akan mengganggu aliran listrik ke komponen lain (lampu).)
10. (Pilihan Ganda)A. Mencangkok, karena menghasilkan tanaman baru yang sama persis dengan induknya dan cepat berbuah. (Penjelasan: Mencangkok adalah metode vegetatif yang menghasilkan tanaman baru yang identik secara genetik dengan induknya, sehingga sifat unggul (buah manis, tahan penyakit) akan dipertahankan. Selain itu, tanaman cangkok cenderung lebih cepat berbuah dibandingkan dari biji.)
11. (Pilihan Ganda)C. Mengadakan kampanye ‘Taman Bersih, Hatiku Senang’ setiap bulan dengan kegiatan bersih-bersih bersama, menyediakan tempat sampah terpilah, dan edukasi tentang daur ulang. (Penjelasan: Program ini melibatkan partisipasi aktif masyarakat, memberikan edukasi, dan menyediakan fasilitas pendukung (tempat sampah terpilah), yang merupakan pendekatan paling efektif dan berkelanjutan untuk menjaga kebersihan dan kelestarian lingkungan.)
12. (Pilihan Ganda)D. Tindakan Edo tidak efektif, justru akan membuat kamar lebih panas karena kipas angin meniup udara panas dari dalam keluar, tetapi juga menarik udara panas dari luar masuk. (Penjelasan: Jika udara di luar lebih panas dari di dalam, menyalakan kipas angin menghadap keluar jendela akan menciptakan tekanan negatif yang menarik lebih banyak udara panas dari luar masuk ke dalam kamar, sehingga tidak efektif mendinginkan. Kipas angin hanya menggerakkan udara, bukan mendinginkannya.)
13. (Pilihan Ganda)C. Benar, karena energi listrik yang digunakan mobil tersebut berasal dari pembangkit listrik tenaga batu bara yang menghasilkan emisi gas rumah kaca. (Penjelasan: Jejak karbon mobil listrik tidak hanya dihitung dari emisi langsung, tetapi juga dari sumber energi yang mengisi baterainya. Jika listrik berasal dari pembangkit berbahan bakar fosil seperti batu bara, maka ada emisi tidak langsung yang berkontribusi pada jejak karbon.)
14. (Pilihan Ganda)B. Daya listrik yang digunakan melebihi kapasitas daya maksimum instalasi listrik rumah, sehingga MCB berfungsi sebagai pengaman. (Penjelasan: MCB (Miniature Circuit Breaker) akan ‘trip’ atau turun jika total daya yang ditarik oleh semua peralatan listrik melebihi batas daya yang terpasang di rumah, untuk mencegah kerusakan instalasi atau bahaya kebakaran. Solusinya adalah mengurangi penggunaan alat secara bersamaan atau menaikkan daya listrik ke PLN.)
15. (Pilihan Ganda)A. Paku dan klip kertas akan ditarik karena terbuat dari bahan feromagnetik; sendok plastik, koin tembaga, dan cincin emas tidak ditarik karena bukan feromagnetik. (Penjelasan: Magnet hanya menarik benda-benda yang terbuat dari bahan feromagnetik seperti besi, nikel, dan kobalt (contohnya paku dan klip kertas). Plastik, tembaga, dan emas bukan bahan feromagnetik sehingga tidak ditarik magnet.)
16. (Pilihan Ganda)B. Tidak akan menetas, karena telur ayam ras dari toko biasanya tidak dibuahi (infertil). (Penjelasan: Telur ayam ras yang dijual di toko-toko umumnya berasal dari ayam betina yang tidak dikawinkan dengan ayam jantan, sehingga telur tersebut tidak dibuahi dan tidak memiliki embrio yang dapat berkembang menjadi anak ayam. Telur tersebut hanya diperuntukkan sebagai konsumsi.)
17. (Pilihan Ganda)A. Keunggulan: Sumber daya melimpah (tumbuhan), ramah lingkungan. Tantangan: Membutuhkan lahan pertanian yang luas, berpotensi mengganggu ketahanan pangan. (Penjelasan: Biofuel dapat dibuat dari biomassa seperti kelapa sawit atau jarak, yang melimpah di Indonesia dan relatif ramah lingkungan. Namun, produksinya membutuhkan lahan luas yang bisa bersaing dengan lahan pangan, serta berpotensi menyebabkan deforestasi.)
18. (Pilihan Ganda)C. Atmosfer Bumi membiaskan dan menyebarkan cahaya Matahari berwarna biru, sehingga hanya cahaya merah yang dapat mencapai Bulan dan dipantulkan kembali ke Bumi. (Penjelasan: Saat gerhana bulan total, Bulan masuk ke umbra Bumi. Namun, sedikit cahaya Matahari masih bisa mencapai Bulan setelah melewati atmosfer Bumi. Atmosfer Bumi menyaring sebagian besar cahaya biru (fenomena Rayleigh scattering), sehingga cahaya merah dan oranye yang ‘tersisa’ dibiaskan dan mencapai Bulan, lalu dipantulkan kembali ke Bumi.)
19. (Pilihan Ganda)B. Mengembangkan transportasi umum massal yang nyaman dan terjangkau, mendorong penggunaan kendaraan listrik, serta memperluas area hijau kota. (Penjelasan: Strategi ini inovatif dan komprehensif. Transportasi umum mengurangi jumlah kendaraan pribadi, kendaraan listrik minim emisi, dan area hijau berfungsi sebagai ‘paru-paru’ kota yang menyerap polutan.)
20. (Pilihan Ganda)B. Mengganti semua lampu dengan lampu LED, mematikan lampu dan televisi jika tidak digunakan, serta memanfaatkan cahaya matahari di siang hari. (Penjelasan: Mengganti lampu ke LED mengurangi konsumsi daya, mematikan alat yang tidak digunakan adalah langkah dasar penghematan, dan memanfaatkan cahaya alami mengurangi kebutuhan listrik di siang hari. Ini berdampak positif pada lingkungan (mengurangi emisi dari pembangkit listrik) dan mengurangi biaya bulanan.)
21. (Isian Singkat)Kotoran sapi dapat diolah menjadi biogas melalui proses fermentasi anaerobik (tanpa oksigen) oleh bakteri. Bakteri akan mengurai bahan organik dalam kotoran sapi dan menghasilkan gas metana (CH4) yang dapat digunakan sebagai bahan bakar untuk memasak atau menghasilkan listrik.
22. (Isian Singkat)Rudi sebaiknya memilih rangkaian paralel. Kelebihan rangkaian paralel adalah jika satu lampu mati, lampu lain tetap menyala (karena arus listrik memiliki jalur lain), dan lampu akan menyala lebih terang (karena setiap lampu mendapat tegangan penuh). Kekurangan rangkaian seri adalah jika satu lampu mati, semua lampu akan mati, dan lampu cenderung menyala lebih redup. Oleh karena itu, rangkaian paralel paling tepat untuk keinginan Rudi.
23. (Isian Singkat)Program edukasi ‘Sungai Bersih, Hidup Sehat’ yang fokus pada sosialisasi dampak limbah bagi kesehatan dan lingkungan, disertai penyediaan fasilitas pengelolaan sampah terpilah (organik dan anorganik) di setiap RT/RW, dan program bank sampah. Selain itu, pemerintah dapat memberikan insentif bagi warga yang aktif berpartisipasi dalam program kebersihan sungai.
24. (Isian Singkat)Tanaman di tempat gelap mengalami etiolasi, yaitu pertumbuhan memanjang yang cepat untuk mencari sumber cahaya. Namun, batangnya pucat karena kekurangan klorofil (zat hijau daun) yang tidak dapat terbentuk tanpa cahaya matahari. Tanpa klorofil, fotosintesis tidak dapat berlangsung optimal, sehingga tanaman kekurangan nutrisi dan batangnya menjadi kurus serta lemah. Hormon auksin juga berperan dalam pertumbuhan cepat di tempat gelap.
25. (Isian Singkat)Dua dampak utama rotasi Bumi adalah: 1) Terjadinya siang dan malam: Bagian Bumi yang menghadap Matahari mengalami siang, dan bagian yang membelakangi Matahari mengalami malam. 2) Gerak semu harian Matahari: Matahari terlihat terbit dari timur dan terbenam di barat karena Bumi berputar pada porosnya, bukan Matahari yang bergerak mengelilingi Bumi.
26. (Uraian)Solusi komprehensif: 1. Edukasi dan Sosialisasi: Mengadakan lokakarya dan penyuluhan kepada masyarakat tentang pentingnya hutan mangrove, dampak deforestasi, dan alternatif energi. 2. Penyediaan Kompor Efisien/Energi Alternatif: Memperkenalkan dan memfasilitasi masyarakat untuk beralih ke kompor biomassa efisien (misalnya briket dari limbah pertanian) atau kompor gas (dengan subsidi jika memungkinkan). 3. Penanaman Kembali Mangrove: Mengorganisir program penanaman kembali mangrove secara partisipatif, melibatkan masyarakat lokal, dengan pelatihan pembibitan dan perawatan. 4. Pemberdayaan Ekonomi: Mengembangkan produk olahan dari hasil hutan mangrove yang berkelanjutan (misalnya sirup atau kerajinan tangan) sebagai sumber penghasilan alternatif, sehingga masyarakat memiliki insentif untuk menjaga hutan. Dampak Positif: Mengurangi deforestasi mangrove, meningkatkan keanekaragaman hayati pesisir, melindungi pantai dari abrasi, mengurangi emisi gas rumah kaca, dan meningkatkan kesejahteraan ekonomi masyarakat lokal.
27. (Uraian)Siklus air alami dapat terganggu oleh aktivitas manusia seperti deforestasi (mengurangi penyerapan air tanah), urbanisasi (meningkatkan permukaan kedap air, mempercepat aliran permukaan), dan pencemaran air. Tiga strategi mitigasi di tingkat komunitas: 1) Pembuatan Sumur Resapan dan Biopori: Untuk meningkatkan penyerapan air ke dalam tanah saat hujan, mengisi kembali cadangan air tanah, dan mengurangi genangan. 2) Gerakan Menanam Pohon: Terutama di daerah hulu sungai atau area tangkapan air, untuk meningkatkan kapasitas tanah menahan air dan mengurangi erosi. 3) Pemanenan Air Hujan (Rainwater Harvesting): Mengumpulkan air hujan dari atap rumah untuk digunakan kembali (misalnya untuk menyiram tanaman atau mencuci), mengurangi beban saluran air saat hujan lebat dan menyediakan cadangan air saat kemarau.
28. (Uraian)Proyek Inovatif: ‘Eco-Warrior Sekolahku’. Tujuan: Mengurangi volume sampah sekolah hingga 50%, meningkatkan kesadaran hemat energi, dan menciptakan lingkungan sekolah yang lebih hijau. Langkah-langkah Pelaksanaan: 1) Pembentukan Tim Eco-Warrior: Siswa perwakilan dari setiap kelas, guru pembimbing, dan staf kebersihan. 2) Pemilahan Sampah: Menyediakan tempat sampah terpilah (organik, anorganik, B3) di setiap kelas dan area umum. Sampah organik dijadikan kompos, anorganik disetor ke bank sampah/daur ulang. 3) Kampanye Hemat Energi: Pemasangan stiker ‘Hemat Energi’, pelatihan cara mematikan listrik/AC saat tidak digunakan, dan monitoring penggunaan listrik di kelas. 4) Kebun Sekolah: Membuat kebun vertikal/hidroponik di area sekolah menggunakan kompos dari sampah organik. 5) Edukasi Berkelanjutan: Mengadakan lomba daur ulang, mading lingkungan, dan presentasi tentang isu lingkungan. Indikator Keberhasilan: Penurunan volume sampah yang berakhir di TPA, peningkatan jumlah sampah yang didaur ulang/dikompos, penurunan tagihan listrik bulanan sekolah, peningkatan partisipasi siswa dalam kegiatan lingkungan, dan terbentuknya budaya hemat energi dan peduli lingkungan di sekolah.
29. (Uraian)Tiga faktor utama yang menjadikan Bumi layak huni: 1) Keberadaan Air dalam Bentuk Cair: Bumi berada dalam zona layak huni (habitable zone) di mana suhu memungkinkan air tetap cair. Air esensial untuk semua bentuk kehidupan. Perubahan suhu ekstrem (terlalu panas/dingin) akan mengubah wujud air dan menghentikan proses biologis. 2) Atmosfer yang Tepat: Atmosfer Bumi mengandung gas-gas penting (oksigen, nitrogen) untuk pernapasan dan melindungi dari radiasi ultraviolet berbahaya. Perubahan komposisi atmosfer (misalnya peningkatan CO2 drastis) dapat menyebabkan efek rumah kaca berlebihan dan perubahan iklim ekstrem. 3) Medan Magnet Bumi: Melindungi Bumi dari angin Matahari yang berbahaya, mencegah atmosfer terkikis ke luar angkasa. Hilangnya medan magnet akan membuat Bumi rentan terhadap radiasi dan kehilangan atmosfer, seperti yang mungkin terjadi pada Mars. Perubahan kecil pada faktor-faktor ini, seperti peningkatan suhu global, penipisan lapisan ozon, atau melemahnya medan magnet, dapat mengancam keseimbangan ekosistem dan keberlangsungan kehidupan di Bumi.
30. (Uraian)Risiko kepunahan sangat tinggi untuk kedua spesies. Tumbuhan ini memiliki ketergantungan penyerbukan yang sangat spesifik (mutualisme obligat) dengan satu jenis serangga langka. Jika populasi serangga tersebut menurun atau punah karena hilangnya habitat, penggunaan pestisida, atau perubahan iklim, maka tumbuhan juga tidak akan dapat bereproduksi dan akan punah. Sebaliknya, jika tumbuhan punah, serangga juga akan kehilangan sumber makanannya. Strategi konservasi yang paling efektif: 1) Perlindungan Habitat: Menetapkan area hutan tempat kedua spesies ditemukan sebagai kawasan konservasi yang dilindungi dari deforestasi dan aktivitas manusia lainnya. 2) Pembiakan Buatan (Captive Breeding): Mengumpulkan individu serangga langka dan benih/stek tumbuhan untuk dibiakkan di penangkaran atau kebun botani. 3) Penelitian Ekologi: Melakukan penelitian mendalam tentang siklus hidup, kebutuhan habitat, dan interaksi kedua spesies untuk memahami cara terbaik melindunginya. 4) Edukasi Masyarakat: Meningkatkan kesadaran masyarakat lokal tentang pentingnya kedua spesies dan ekosistem hutan hujan tropis.
31. (Mencocokkan)Lihat pasangan yang benar di atas.
32. (Mencocokkan)Lihat pasangan yang benar di atas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *