contoh soal hots sd kelas 3 bahasa indonesia

Posted on

Materi ini dirancang untuk membantu siswa kelas 3 SD mengembangkan kemampuan berpikir tingkat tinggi (HOTS) dalam pelajaran Bahasa Indonesia sesuai Kurikulum Merdeka. Siswa akan diajak menganalisis teks sederhana, mengevaluasi informasi, dan mengkreasi ide melalui berbagai jenis soal kontekstual yang relevan dengan kehidupan sehari-hari.


A. Pilihan Ganda

1. Pagi ini, Lani melihat banyak sampah berserakan di taman dekat rumahnya. Padahal, kemarin sore taman itu terlihat bersih. Lani berpikir, 'Pasti ada yang membuang sampah sembarangan setelah hujan tadi malam.' Apa tindakan yang paling tepat dilakukan Lani selanjutnya untuk mengatasi masalah ini? A. Membiarkan sampah itu karena bukan Lani yang membuang. B. Mengajak teman-temannya untuk membersihkan taman bersama. C. Melaporkan kepada orang tuanya agar orang tua Lani yang membersihkan. D. Menulis surat protes kepada Pak RT agar segera membersihkan. E. Memfoto sampah itu lalu mengunggahnya ke media sosial.

  • Membiarkan sampah itu karena bukan Lani yang membuang.
  • Mengajak teman-temannya untuk membersihkan taman bersama.
  • Melaporkan kepada orang tuanya agar orang tua Lani yang membersihkan.
  • Menulis surat protes kepada Pak RT agar segera membersihkan.
  • Memfoto sampah itu lalu mengunggahnya ke media sosial.
Lihat Kunci Jawaban

Jawaban: Mengajak teman-temannya untuk membersihkan taman bersama.

Pembahasan: Soal ini melatih kemampuan menganalisis masalah dan mengevaluasi solusi (C4, C5). Pilihan B menunjukkan inisiatif, kerja sama, dan tindakan nyata yang paling efektif dan sesuai untuk anak kelas 3 dalam mengatasi masalah kebersihan lingkungan di sekitarnya. Pilihan lain kurang tepat karena pasif, mengandalkan orang lain sepenuhnya, atau belum sesuai untuk tindakan anak SD.

2. Di sekolah, Jonas menemukan dompet terjatuh di koridor. Dompet itu berisi beberapa uang kertas dan sebuah kartu nama dengan tulisan 'Bapak Budi, Guru Kelas 5'. Jonas teringat pesan ibunya untuk selalu jujur. Apa yang sebaiknya Jonas lakukan? A. Mengambil uangnya dan membuang dompetnya. B. Menyerahkan dompet itu kepada guru piket atau kepala sekolah. C. Menyimpan dompet itu di laci mejanya sampai pemiliknya mencari. D. Mencari Bapak Budi sendiri dan langsung menyerahkan dompetnya. E. Memberikan dompet itu kepada teman dekatnya untuk disimpan.

  • Mengambil uangnya dan membuang dompetnya.
  • Menyerahkan dompet itu kepada guru piket atau kepala sekolah.
  • Menyimpan dompet itu di laci mejanya sampai pemiliknya mencari.
  • Mencari Bapak Budi sendiri dan langsung menyerahkan dompetnya.
  • Memberikan dompet itu kepada teman dekatnya untuk disimpan.
Lihat Kunci Jawaban

Jawaban: Menyerahkan dompet itu kepada guru piket atau kepala sekolah.

Pembahasan: Soal ini menguji kemampuan mengevaluasi tindakan yang paling bertanggung jawab dan aman (C5). Menyerahkan kepada guru piket atau kepala sekolah adalah pilihan terbaik karena mereka adalah pihak berwenang yang dapat memastikan dompet kembali ke pemiliknya dengan aman dan transparan, serta mengajarkan kejujuran dan prosedur yang benar.

3. Rina ingin membuat cerita bergambar tentang petualangan seekor kelinci yang tersesat di hutan. Ia ingin ceritanya memiliki pesan moral tentang pentingnya membantu sesama. Bagian mana yang paling penting untuk Rina masukkan agar pesan moralnya tersampaikan dengan baik? A. Menjelaskan jenis-jenis pohon yang ada di hutan. B. Menggambarkan kelinci yang sangat lucu dan menggemaskan. C. Menunjukkan bagaimana kelinci dibantu oleh hewan lain untuk menemukan jalan pulang. D. Membuat kelinci menemukan peta harta karun di tengah hutan. E. Menceritakan makanan kesukaan kelinci selama di hutan.

  • Menjelaskan jenis-jenis pohon yang ada di hutan.
  • Menggambarkan kelinci yang sangat lucu dan menggemaskan.
  • Menunjukkan bagaimana kelinci dibantu oleh hewan lain untuk menemukan jalan pulang.
  • Membuat kelinci menemukan peta harta karun di tengah hutan.
  • Menceritakan makanan kesukaan kelinci selama di hutan.
Lihat Kunci Jawaban

Jawaban: Menunjukkan bagaimana kelinci dibantu oleh hewan lain untuk menemukan jalan pulang.

Pembahasan: Soal ini menguji kemampuan menganalisis struktur cerita dan mengidentifikasi elemen kunci untuk menyampaikan pesan moral (C4). Agar pesan 'pentingnya membantu sesama' tersampaikan, Rina harus menunjukkan tindakan saling membantu antar tokoh. Pilihan C secara langsung menggambarkan hal tersebut.

4. Keluarga Edo berencana piknik ke pantai. Ibu berpesan agar Edo membawa topi, kacamata hitam, dan memakai tabir surya. Mengapa Ibu memberikan pesan seperti itu? A. Agar Edo terlihat gaya saat di pantai. B. Supaya Edo tidak tersesat di keramaian pantai. C. Untuk melindungi Edo dari sengatan matahari yang panas. D. Karena di pantai banyak barang yang bisa hilang. E. Agar Edo bisa tidur nyenyak di bawah pohon kelapa.

  • Agar Edo terlihat gaya saat di pantai.
  • Supaya Edo tidak tersesat di keramaian pantai.
  • Untuk melindungi Edo dari sengatan matahari yang panas.
  • Karena di pantai banyak barang yang bisa hilang.
  • Agar Edo bisa tidur nyenyak di bawah pohon kelapa.
Lihat Kunci Jawaban

Jawaban: Untuk melindungi Edo dari sengatan matahari yang panas.

Pembahasan: Soal ini melatih kemampuan menganalisis hubungan sebab-akibat (C4). Pesan Ibu terkait topi, kacamata, dan tabir surya adalah tindakan pencegahan untuk melindungi diri dari paparan sinar matahari langsung, yang merupakan karakteristik utama lingkungan pantai.

5. Anita sedang membaca buku cerita 'Si Kancil dan Buaya'. Ia sangat tidak suka dengan sifat buaya yang licik dan suka menipu. Menurut Anita, apa yang bisa buaya lakukan agar menjadi tokoh yang lebih baik di cerita itu? A. Buaya seharusnya lebih pandai bersembunyi agar tidak ketahuan. B. Buaya harusnya meminta maaf kepada kancil dan berjanji tidak akan menipu lagi. C. Buaya harusnya mencari teman baru yang juga suka menipu. D. Buaya harusnya belajar berenang lebih cepat dari kancil. E. Buaya harusnya makan lebih banyak ikan agar tidak lapar.

  • Buaya seharusnya lebih pandai bersembunyi agar tidak ketahuan.
  • Buaya harusnya meminta maaf kepada kancil dan berjanji tidak akan menipu lagi.
  • Buaya harusnya mencari teman baru yang juga suka menipu.
  • Buaya harusnya belajar berenang lebih cepat dari kancil.
  • Buaya harusnya makan lebih banyak ikan agar tidak lapar.
Lihat Kunci Jawaban

Jawaban: Buaya harusnya meminta maaf kepada kancil dan berjanji tidak akan menipu lagi.

Pembahasan: Soal ini melatih kemampuan mengevaluasi karakter dan mengkreasi solusi untuk perbaikan karakter (C5, C6). Untuk menjadi tokoh yang 'lebih baik' dari sifat licik, buaya perlu menunjukkan penyesalan dan keinginan untuk berubah, yang paling baik ditunjukkan dengan meminta maaf dan berjanji tidak mengulangi perbuatannya.

6. Setiap hari Minggu, keluarga Budi selalu membersihkan rumah bersama. Budi bertugas menyapu, kakaknya mengelap meja, dan ibu memasak. Ayah membantu mencuci mobil. Setelah selesai, mereka makan siang bersama. Apa yang akan terjadi jika Budi tidak mau menyapu pada hari Minggu itu? A. Rumah akan tetap bersih seperti biasa. B. Kakak Budi akan membersihkan rumah sendirian. C. Pekerjaan membersihkan rumah akan menjadi lebih lama atau kurang bersih. D. Ibu akan marah dan tidak mau memasak. E. Ayah akan meminta Budi untuk mencuci mobil.

  • Rumah akan tetap bersih seperti biasa.
  • Kakak Budi akan membersihkan rumah sendirian.
  • Pekerjaan membersihkan rumah akan menjadi lebih lama atau kurang bersih.
  • Ibu akan marah dan tidak mau memasak.
  • Ayah akan meminta Budi untuk mencuci mobil.
Lihat Kunci Jawaban

Jawaban: Pekerjaan membersihkan rumah akan menjadi lebih lama atau kurang bersih.

Pembahasan: Soal ini menguji kemampuan menganalisis dampak dari suatu tindakan (C4). Jika Budi tidak melakukan tugasnya, beban pekerjaan akan berpindah atau tidak selesai, sehingga proses membersihkan rumah menjadi terganggu atau hasilnya tidak optimal. Ini menekankan pentingnya tanggung jawab.

7. Bayu ingin membuat poster ajakan untuk menghemat air di rumah. Kalimat mana yang paling tepat untuk menarik perhatian dan mengajak teman-temannya? A. Air adalah sumber kehidupan. B. Jangan buang-buang air! C. Hemat air, bumi tersenyum, kita semua senang! D. Matikan keran setelah selesai memakai air. E. Air bersih semakin sedikit.

  • Air adalah sumber kehidupan.
  • Jangan buang-buang air!
  • Hemat air, bumi tersenyum, kita semua senang!
  • Matikan keran setelah selesai memakai air.
  • Air bersih semakin sedikit.
Lihat Kunci Jawaban

Jawaban: Hemat air, bumi tersenyum, kita semua senang!

Pembahasan: Soal ini menguji kemampuan mengkreasi kalimat persuasif yang efektif (C6). Pilihan C tidak hanya memberikan instruksi, tetapi juga menyertakan dampak positif yang luas ('bumi tersenyum, kita semua senang'), sehingga lebih menarik dan memotivasi untuk anak-anak.

8. Di kelas, guru meminta siswa untuk menceritakan pengalaman liburan. Dimas bercerita dengan sangat semangat tentang petualangannya di kebun binatang, tetapi ia berbicara terlalu cepat sehingga teman-temannya sulit memahami. Apa saran terbaik yang bisa diberikan teman Dimas agar ceritanya lebih mudah dipahami? A. Dimas, coba ceritakan lagi besok saja. B. Dimas, coba bicaranya lebih pelan dan jelas, ya! C. Dimas, ceritamu terlalu membosankan. D. Dimas, mengapa kamu tidak menggambar saja? E. Dimas, lain kali jangan bercerita lagi.

  • Dimas, coba ceritakan lagi besok saja.
  • Dimas, coba bicaranya lebih pelan dan jelas, ya!
  • Dimas, ceritamu terlalu membosankan.
  • Dimas, mengapa kamu tidak menggambar saja?
  • Dimas, lain kali jangan bercerita lagi.
Lihat Kunci Jawaban

Jawaban: Dimas, coba bicaranya lebih pelan dan jelas, ya!

Pembahasan: Soal ini melatih kemampuan mengevaluasi masalah komunikasi dan memberikan umpan balik konstruktif (C5). Pilihan B secara langsung mengatasi masalah kecepatan bicara dan kejelasan, memberikan saran yang spesifik dan membantu agar komunikasi menjadi lebih efektif.

9. Saat hujan deras, jalanan di depan rumah Sinta sering banjir. Air selokan meluap karena banyak sampah. Sinta sering melihat tetangganya membuang sampah ke selokan. Menurutmu, apa yang menjadi penyebab utama banjir di depan rumah Sinta? A. Hujan yang turun terlalu deras. B. Selokan yang terlalu kecil. C. Banyaknya sampah yang dibuang ke selokan. D. Letak rumah Sinta yang rendah. E. Kurangnya pohon di sekitar rumah.

  • Hujan yang turun terlalu deras.
  • Selokan yang terlalu kecil.
  • Banyaknya sampah yang dibuang ke selokan.
  • Letak rumah Sinta yang rendah.
  • Kurangnya pohon di sekitar rumah.
Lihat Kunci Jawaban

Jawaban: Banyaknya sampah yang dibuang ke selokan.

Pembahasan: Soal ini melatih kemampuan menganalisis sebab-akibat dari suatu masalah lingkungan (C4). Meskipun hujan deras bisa menjadi pemicu, informasi 'air selokan meluap karena banyak sampah' dan 'tetangga membuang sampah ke selokan' secara jelas menunjukkan bahwa penyebab utama adalah kebiasaan membuang sampah sembarangan.

10. Pak Roni adalah seorang petani. Setiap pagi, ia pergi ke sawah untuk menanam padi. Ia juga merawat tanamannya dengan baik, memberinya pupuk, dan melindunginya dari hama. Pak Roni berharap panennya berhasil dan bisa menjual hasil panennya untuk kebutuhan keluarga. Dari cerita ini, sifat apa yang paling menonjol dari Pak Roni? A. Malas dan tidak peduli. B. Rajin dan bertanggung jawab. C. Penakut dan pemalu. D. Cepat marah dan tidak sabar. E. Pelupa dan ceroboh.

  • Malas dan tidak peduli.
  • Rajin dan bertanggung jawab.
  • Penakut dan pemalu.
  • Cepat marah dan tidak sabar.
  • Pelupa dan ceroboh.
Lihat Kunci Jawaban

Jawaban: Rajin dan bertanggung jawab.

Pembahasan: Soal ini melatih kemampuan menganalisis perilaku dan menyimpulkan sifat tokoh (C4). Tindakan Pak Roni 'setiap pagi pergi ke sawah', 'menanam padi', 'merawat tanaman dengan baik', 'memberi pupuk', dan 'melindungi dari hama' semuanya menunjukkan sifat rajin dan bertanggung jawab terhadap pekerjaannya.

11. Dani melihat adiknya menangis karena balonnya pecah. Dani memiliki satu balon lagi yang masih utuh. Apa yang sebaiknya Dani lakukan untuk membuat adiknya berhenti menangis dan merasa lebih baik? A. Menertawakan adiknya karena ceroboh. B. Menyuruh adiknya diam dan tidak cengeng. C. Memberikan balonnya yang masih utuh kepada adiknya. D. Pergi bermain sendiri dan meninggalkan adiknya. E. Memarahi adiknya karena bermain balon terlalu kasar.

  • Menertawakan adiknya karena ceroboh.
  • Menyuruh adiknya diam dan tidak cengeng.
  • Memberikan balonnya yang masih utuh kepada adiknya.
  • Pergi bermain sendiri dan meninggalkan adiknya.
  • Memarahi adiknya karena bermain balon terlalu kasar.
Lihat Kunci Jawaban

Jawaban: Memberikan balonnya yang masih utuh kepada adiknya.

Pembahasan: Soal ini menguji kemampuan mengevaluasi tindakan empati dan solusi masalah sederhana (C5). Memberikan balonnya yang utuh menunjukkan rasa peduli, berbagi, dan keinginan untuk menghibur, yang merupakan tindakan paling efektif untuk membuat adiknya merasa lebih baik.

12. Di kelas Bahasa Indonesia, guru meminta siswa untuk menulis kalimat ajakan. Rina menulis: 'Ayo, kita jaga kebersihan lingkungan sekolah!' Edo menulis: 'Buanglah sampah pada tempatnya.' Sinta menulis: 'Lingkungan bersih, hati senang.' Dari ketiga kalimat tersebut, kalimat siapa yang paling tepat sebagai kalimat ajakan? A. Kalimat Rina. B. Kalimat Edo. C. Kalimat Sinta. D. Kalimat Rina dan Edo. E. Semua kalimat benar.

  • Kalimat Rina.
  • Kalimat Edo.
  • Kalimat Sinta.
  • Kalimat Rina dan Edo.
  • Semua kalimat benar.
Lihat Kunci Jawaban

Jawaban: Kalimat Rina dan Edo.

Pembahasan: Soal ini menguji kemampuan menganalisis dan membandingkan struktur kalimat ajakan (C4). Kalimat ajakan umumnya menggunakan kata 'ayo' atau 'mari', atau kalimat perintah yang bersifat ajakan. Kalimat Rina ('Ayo, kita jaga…') dan Edo ('Buanglah sampah…') keduanya merupakan contoh kalimat ajakan yang efektif. Kalimat Sinta adalah kalimat pernyataan positif, bukan ajakan.

13. Ketika sedang bermain di lapangan, Arya melihat seorang anak terjatuh dan lututnya berdarah. Anak itu terlihat kesakitan. Apa yang seharusnya Arya lakukan terlebih dahulu? A. Berteriak meminta bantuan orang dewasa. B. Menertawakan anak itu karena ceroboh. C. Membantu anak itu berdiri dan membersihkan lukanya dengan air kotor. D. Meninggalkan anak itu dan melanjutkan bermain. E. Meminta teman-temannya untuk tidak menolong.

  • Berteriak meminta bantuan orang dewasa.
  • Menertawakan anak itu karena ceroboh.
  • Membantu anak itu berdiri dan membersihkan lukanya dengan air kotor.
  • Meninggalkan anak itu dan melanjutkan bermain.
  • Meminta teman-temannya untuk tidak menolong.
Lihat Kunci Jawaban

Jawaban: Berteriak meminta bantuan orang dewasa.

Pembahasan: Soal ini melatih kemampuan mengevaluasi prioritas tindakan dalam situasi darurat sederhana (C5). Dalam kasus luka berdarah, prioritas utama adalah mencari bantuan orang dewasa yang lebih kompeten untuk menangani luka, bukan menanganinya sendiri dengan cara yang salah (misalnya, air kotor) atau pasif.

14. Ayah akan bercerita tentang 'Si Kancil dan Buaya' sebelum tidur. Cerita ini biasanya tentang kancil yang cerdik dan buaya yang sering tertipu. Jika kamu adalah Ayah, bagaimana kamu akan mengakhiri cerita tersebut agar anak-anak mendapatkan pelajaran tentang kejujuran? A. Kancil berhasil menipu buaya lagi dan tertawa senang. B. Buaya marah dan berjanji akan membalas dendam kepada kancil. C. Kancil dan Buaya akhirnya berteman setelah kancil meminta maaf dan buaya tidak lagi licik. D. Kancil pergi jauh dari hutan agar tidak bertemu buaya lagi. E. Buaya makan banyak ikan dan tidak peduli dengan kancil.

  • Kancil berhasil menipu buaya lagi dan tertawa senang.
  • Buaya marah dan berjanji akan membalas dendam kepada kancil.
  • Kancil dan Buaya akhirnya berteman setelah kancil meminta maaf dan buaya tidak lagi licik.
  • Kancil pergi jauh dari hutan agar tidak bertemu buaya lagi.
  • Buaya makan banyak ikan dan tidak peduli dengan kancil.
Lihat Kunci Jawaban

Jawaban: Kancil dan Buaya akhirnya berteman setelah kancil meminta maaf dan buaya tidak lagi licik.

Pembahasan: Soal ini menguji kemampuan mengkreasi akhir cerita yang sesuai dengan pesan moral yang diinginkan (C6). Untuk mengajarkan kejujuran, akhir cerita harus menunjukkan adanya perubahan positif pada tokoh yang sebelumnya tidak jujur (buaya tidak lagi licik) dan tokoh yang cerdik (kancil meminta maaf atas tipuannya), serta terjalinnya persahabatan sebagai hasil dari perubahan tersebut.

15. Saat pelajaran olahraga, Andi merasa sangat haus. Ia melihat botol minum temannya, Budi, yang tergeletak di meja. Budi sedang bermain di lapangan. Apa yang sebaiknya Andi lakukan? A. Langsung meminum air dari botol Budi tanpa izin. B. Menunggu Budi selesai bermain dan meminta izin untuk minum. C. Mengambil botol Budi dan menyimpannya agar Budi tidak bisa minum. D. Mengisi botol Budi dengan air kotor sebagai lelucon. E. Pura-pura tidak melihat botol itu dan menahan haus.

  • Langsung meminum air dari botol Budi tanpa izin.
  • Menunggu Budi selesai bermain dan meminta izin untuk minum.
  • Mengambil botol Budi dan menyimpannya agar Budi tidak bisa minum.
  • Mengisi botol Budi dengan air kotor sebagai lelucon.
  • Pura-pura tidak melihat botol itu dan menahan haus.
Lihat Kunci Jawaban

Jawaban: Menunggu Budi selesai bermain dan meminta izin untuk minum.

Pembahasan: Soal ini melatih kemampuan mengevaluasi tindakan yang menghargai hak milik orang lain dan sopan santun (C5). Meminta izin adalah tindakan yang paling tepat dan menunjukkan rasa hormat terhadap barang milik orang lain.

16. Perhatikan kalimat-kalimat berikut: 1. Pagi hari, matahari bersinar cerah. 2. Lani dan teman-temannya bermain di taman. 3. Mereka tertawa riang gembira. 4. Tiba-tiba, Lani melihat seekor kupu-kupu yang indah. 5. Kupu-kupu itu hinggap di bunga mawar merah. Jika kamu ingin menambahkan kalimat tentang pentingnya menjaga keindahan alam, di mana letak kalimat yang paling tepat? A. Sebelum kalimat 1. B. Setelah kalimat 2. C. Setelah kalimat 3. D. Setelah kalimat 5. E. Di tengah-tengah kalimat 4.

  • Sebelum kalimat 1.
  • Setelah kalimat 2.
  • Setelah kalimat 3.
  • Setelah kalimat 5.
  • Di tengah-tengah kalimat 4.
Lihat Kunci Jawaban

Jawaban: Setelah kalimat 5.

Pembahasan: Soal ini menguji kemampuan menganalisis struktur narasi dan menempatkan ide tambahan secara logis (C4). Setelah menggambarkan keindahan kupu-kupu di bunga mawar, adalah momen yang paling tepat untuk menyisipkan pesan tentang menjaga keindahan alam, karena keindahan tersebut baru saja disaksikan dan dijelaskan.

17. Sore hari, Ibu meminta Dika menyiram tanaman di halaman. Dika melihat ada banyak semut berbaris di dekat pot bunga. Dika berpikir, 'Kasihan semut-semut ini, nanti basah kalau kusiram.' Apa yang sebaiknya Dika lakukan agar tanaman tetap tersiram dan semut tidak terganggu? A. Menyiram tanaman dengan sangat cepat agar semut tidak sempat lari. B. Tidak menyiram tanaman sama sekali karena kasihan semutnya. C. Menyiram tanaman dengan hati-hati, menghindari bagian yang banyak semutnya. D. Memindahkan semua semut ke tempat lain sebelum menyiram. E. Meminta Ibu untuk menyiram tanaman saja.

  • Menyiram tanaman dengan sangat cepat agar semut tidak sempat lari.
  • Tidak menyiram tanaman sama sekali karena kasihan semutnya.
  • Menyiram tanaman dengan hati-hati, menghindari bagian yang banyak semutnya.
  • Memindahkan semua semut ke tempat lain sebelum menyiram.
  • Meminta Ibu untuk menyiram tanaman saja.
Lihat Kunci Jawaban

Jawaban: Menyiram tanaman dengan hati-hati, menghindari bagian yang banyak semutnya.

Pembahasan: Soal ini melatih kemampuan mengevaluasi solusi yang mempertimbangkan berbagai aspek (C5), yaitu menyelesaikan tugas dan menunjukkan empati terhadap makhluk lain. Pilihan C adalah solusi yang paling praktis dan efektif untuk mencapai kedua tujuan tersebut.

18. Sekolah akan mengadakan lomba kebersihan antar kelas. Kelas Toni adalah kelas yang paling kotor. Banyak sampah berserakan dan meja kursi tidak tertata rapi. Toni ingin kelasnya menang lomba. Apa ide Toni yang paling baik untuk memastikan kelasnya menjadi bersih dan rapi? A. Menyuruh teman-temannya membersihkan kelas sendirian. B. Meminta bantuan guru untuk membersihkan kelas. C. Membuat jadwal piket harian dan mengajak semua teman bekerja sama membersihkan kelas. D. Mengunci pintu kelas agar tidak ada yang bisa masuk dan mengotori lagi. E. Membeli banyak pewangi ruangan agar kelas terlihat bersih.

  • Menyuruh teman-temannya membersihkan kelas sendirian.
  • Meminta bantuan guru untuk membersihkan kelas.
  • Membuat jadwal piket harian dan mengajak semua teman bekerja sama membersihkan kelas.
  • Mengunci pintu kelas agar tidak ada yang bisa masuk dan mengotori lagi.
  • Membeli banyak pewangi ruangan agar kelas terlihat bersih.
Lihat Kunci Jawaban

Jawaban: Membuat jadwal piket harian dan mengajak semua teman bekerja sama membersihkan kelas.

Pembahasan: Soal ini menguji kemampuan mengkreasi rencana tindakan dan menganalisis efektivitasnya (C6, C4). Membuat jadwal piket dan bekerja sama adalah solusi jangka panjang yang melibatkan partisipasi semua anggota kelas, mengajarkan tanggung jawab, dan paling efektif untuk menjaga kebersihan secara berkelanjutan.

19. Kakek Ali sering lupa di mana ia meletakkan kacamata. Ia sering mencarinya di seluruh rumah. Kamu sayang kepada Kakek Ali dan ingin membantunya. Apa yang bisa kamu lakukan agar Kakek Ali tidak sering lupa meletakkan kacamatanya lagi? A. Menyembunyikan kacamata Kakek agar tidak hilang. B. Membelikan kacamata baru setiap kali Kakek lupa. C. Membuatkan kotak khusus dan menempel tulisan 'Tempat Kacamata Kakek' di meja samping tempat tidur Kakek. D. Menyuruh Kakek untuk tidak memakai kacamata lagi. E. Selalu mencari kacamata Kakek setiap kali hilang.

  • Menyembunyikan kacamata Kakek agar tidak hilang.
  • Membelikan kacamata baru setiap kali Kakek lupa.
  • Membuatkan kotak khusus dan menempel tulisan 'Tempat Kacamata Kakek' di meja samping tempat tidur Kakek.
  • Menyuruh Kakek untuk tidak memakai kacamata lagi.
  • Selalu mencari kacamata Kakek setiap kali hilang.
Lihat Kunci Jawaban

Jawaban: Membuatkan kotak khusus dan menempel tulisan ‘Tempat Kacamata Kakek’ di meja samping tempat tidur Kakek.

Pembahasan: Soal ini melatih kemampuan mengkreasi solusi inovatif untuk masalah sehari-hari dan mengevaluasi efektivitasnya (C6, C5). Membuat tempat khusus dan memberikan penanda visual membantu Kakek membentuk kebiasaan baru dan mengurangi kemungkinan lupa, yang merupakan solusi jangka panjang dan mandiri.

20. Di perpustakaan sekolah, ada aturan 'Dilarang berisik'. Suatu hari, Bunga dan teman-temannya sedang membaca buku. Tiba-tiba, ada sekelompok anak lain masuk dan berbicara sangat keras. Apa yang sebaiknya Bunga lakukan untuk mengingatkan mereka agar tidak berisik? A. Ikut berteriak lebih keras dari mereka. B. Diam saja dan membiarkan mereka berisik. C. Menghampiri mereka dan berbicara dengan lembut, 'Teman-teman, ini perpustakaan, kita harus tenang, ya.' D. Melaporkan kepada guru perpustakaan agar mereka dihukum. E. Pergi meninggalkan perpustakaan karena tidak nyaman.

  • Ikut berteriak lebih keras dari mereka.
  • Diam saja dan membiarkan mereka berisik.
  • Menghampiri mereka dan berbicara dengan lembut, 'Teman-teman, ini perpustakaan, kita harus tenang, ya.'
  • Melaporkan kepada guru perpustakaan agar mereka dihukum.
  • Pergi meninggalkan perpustakaan karena tidak nyaman.
Lihat Kunci Jawaban

Jawaban: Menghampiri mereka dan berbicara dengan lembut, ‘Teman-teman, ini perpustakaan, kita harus tenang, ya.’

Pembahasan: Soal ini menguji kemampuan mengevaluasi cara berkomunikasi yang efektif dan sopan dalam menegakkan aturan (C5). Pilihan C menunjukkan inisiatif, keberanian, dan cara berkomunikasi yang baik (lembut tapi tegas) untuk mengingatkan teman-teman tanpa menimbulkan konflik atau melaporkan langsung ke guru sebagai pilihan pertama.

B. Isian Singkat

1. Andi ingin membuat layang-layang. Ia memiliki kertas, bambu kecil, dan tali. Namun, ia tidak tahu bagaimana cara merangkai semuanya. Menurutmu, apa langkah pertama yang harus Andi lakukan agar bisa membuat layang-layang itu?

Jawaban: Langkah pertama yang harus Andi lakukan adalah mencari tahu atau mencari petunjuk cara membuat layang-layang, misalnya dengan bertanya kepada orang yang tahu, mencari buku panduan, atau melihat video tutorial.

2. Jika kamu menemukan sebuah buku cerita di jalan yang tidak ada namanya dan tidak ada petunjuk pemiliknya, apa yang akan kamu lakukan agar buku itu bisa kembali kepada pemiliknya?

Jawaban: Saya akan membawa buku itu ke tempat yang aman (misalnya ke sekolah atau ke pos satpam terdekat) dan memberitahu orang dewasa (guru atau satpam) agar mereka bisa mengumumkan penemuan buku tersebut atau menyimpannya jika ada yang mencari.

3. Sebutkan dua perbedaan antara cerita fiksi (misalnya dongeng) dan cerita nonfiksi (misalnya berita di koran anak-anak)!

Jawaban: Dua perbedaan utamanya adalah: 1) Cerita fiksi bersifat khayalan atau tidak nyata, sedangkan cerita nonfiksi berdasarkan fakta atau kejadian nyata. 2) Cerita fiksi bertujuan menghibur dan menyampaikan pesan moral secara tersirat, sedangkan cerita nonfiksi bertujuan memberikan informasi yang benar.

4. Mengapa penting bagi kita untuk mendengarkan dengan baik saat teman sedang berbicara atau bercerita?

Jawaban: Penting untuk mendengarkan dengan baik agar kita dapat memahami apa yang teman sampaikan, menunjukkan rasa hormat kepada teman, dan bisa memberikan tanggapan yang tepat atau membantu jika diperlukan. Ini juga membuat teman merasa dihargai.

5. Jika kamu diminta untuk mendeskripsikan buah apel kepada temanmu yang belum pernah melihat apel, kata-kata apa saja yang akan kamu gunakan agar temanmu bisa membayangkannya?

Jawaban: Saya akan menggunakan kata-kata seperti: 'bulat', 'merah atau hijau', 'kulitnya halus', 'rasanya manis sedikit asam', 'dagingnya renyah', 'ada biji di dalamnya', dan 'baunya segar'.

C. Uraian

1. Bayangkan kamu adalah ketua kelas. Di kelasmu, ada teman yang sering lupa membawa alat tulis dan mengganggu teman lain. Apa yang akan kamu lakukan untuk membantu temanmu itu agar tidak lupa lagi dan tidak mengganggu teman lain? Jelaskan rencanamu!

Contoh Jawaban: Sebagai ketua kelas, saya akan melakukan beberapa hal. Pertama, saya akan mendekati teman itu secara pribadi dan bertanya mengapa ia sering lupa. Mungkin ia butuh pengingat. Kedua, saya akan berdiskusi dengan guru untuk mencari solusi bersama. Ketiga, saya akan membuat 'Daftar Periksa Alat Tulis' yang bisa ditempel di meja atau buku PR agar ia selalu ingat. Keempat, saya akan mengajak teman-teman lain untuk mengingatkan dan membantu teman ini dengan baik, bukan mengejek. Untuk masalah mengganggu, saya akan berbicara kepadanya bahwa mengganggu teman itu tidak baik dan bisa membuat teman lain tidak fokus belajar, serta menyarankan kegiatan lain jika ia merasa bosan.

2. Ada sebuah taman kota yang dulunya indah, tetapi sekarang banyak sampah berserakan dan tanamannya layu. Jika kamu memiliki kekuatan untuk mengubah taman itu, ide-ide apa yang akan kamu lakukan untuk membuat taman itu kembali indah dan bermanfaat bagi banyak orang? Jelaskan tiga ide utamamu!

Contoh Jawaban: Jika saya punya kekuatan, tiga ide utama saya adalah: 1. **Mengadakan Gerakan Bersih-Bersih Besar:** Saya akan mengajak semua warga, anak-anak dan dewasa, untuk membersihkan taman bersama-sama, memungut sampah, dan menanam bunga-bunga baru. Ini akan menumbuhkan rasa memiliki. 2. **Membuat Aturan dan Papan Peringatan:** Saya akan memasang papan besar dengan tulisan 'Buanglah Sampah pada Tempatnya' dan gambar-gambar menarik tentang pentingnya menjaga kebersihan. Mungkin juga ada kotak saran agar warga bisa ikut menjaga. 3. **Menambah Fasilitas Edukatif dan Rekreasi:** Saya akan membuat area bermain anak yang aman, menanam lebih banyak pohon rindang, dan mungkin menambahkan papan informasi tentang jenis-jenis tanaman atau hewan kecil yang ada di taman. Ini agar taman tidak hanya indah tapi juga tempat belajar dan bermain yang menyenangkan.

3. Kamu membaca cerita tentang seorang anak yang sangat malas dan tidak suka belajar. Akhirnya, anak itu kesulitan saat ujian. Jika kamu bisa memberikan nasihat kepada anak itu agar ia berubah, nasihat apa yang akan kamu berikan? Jelaskan mengapa nasihatmu penting!

Contoh Jawaban: Nasihat yang akan saya berikan adalah: 'Teman, jangan malas belajar! Belajar itu memang kadang sulit, tapi kalau kita rajin dan mau berusaha, pasti akan jadi mudah. Coba saja luangkan waktu sedikit setiap hari untuk membaca buku atau mengerjakan latihan. Kalau ada yang tidak mengerti, jangan malu bertanya pada guru atau teman. Belajar itu seperti menabung, sedikit demi sedikit lama-lama menjadi bukit ilmu. Kalau kamu rajin belajar sekarang, nanti saat ujian pasti bisa menjawab semua soal dengan mudah dan nilaimu bagus. Nilai bagus itu membuat orang tua bangga dan kamu sendiri juga senang karena jadi anak pintar!'

4. Di desa tempat tinggalmu, banyak anak-anak yang hanya bermain gadget dan jarang bermain di luar rumah. Kamu khawatir mereka jadi kurang bergerak dan tidak mengenal lingkungan sekitar. Buatlah sebuah ajakan atau rencana kegiatan yang bisa kamu lakukan untuk mengajak teman-temanmu bermain permainan tradisional di luar rumah!

Contoh Jawaban: Rencanaku adalah membuat 'Pesta Permainan Tradisional' setiap hari Sabtu sore di lapangan desa. Saya akan membuat poster kecil yang menarik dengan gambar anak-anak bermain egrang, congklak, atau petak umpet. Di poster itu saya akan menulis ajakan: 'Ayo, Teman-teman! Tinggalkan gadgetmu sebentar! Mari kita seru-seruan bermain permainan tradisional yang asyik di lapangan setiap Sabtu sore! Kita bisa bermain petak umpet, gobak sodor, egrang, dan masih banyak lagi! Dijamin seru dan sehat!' Saya juga akan menyiapkan beberapa permainan sederhana dan mengajak beberapa teman dekat untuk membantu menjelaskan cara bermainnya.

5. Jika kamu diminta untuk menulis sebuah puisi pendek tentang persahabatan, kata-kata apa saja yang akan kamu gunakan untuk menggambarkan perasaanmu terhadap sahabatmu? Tuliskan puisi pendek itu!

Contoh Jawaban: Kata-kata yang akan saya gunakan: 'setia', 'bersama', 'tertawa', 'berbagi', 'senang', 'sulit', 'selalu ada', 'peluk', 'hati', 'indah'. Puisi: Sahabatku, kau selalu ada, Dalam suka, dalam duka. Tertawa riang, berbagi cerita, Hati ini jadi bahagia. Jika ku sedih, kau peluk erat, Memberi semangat, tak pernah penat. Persahabatan kita sungguh indah, Takkan lekang oleh waktu, takkan punah.

D. Mencocokkan

Set 1. Pasangkanlah sikap yang baik dengan alasan mengapa sikap tersebut penting dilakukan!

Berbicara dengan sopan=>Agar orang lain merasa dihargai dan tidak tersinggung
Membuang sampah pada tempatnya=>Agar lingkungan bersih dan tidak banjir
Membantu teman yang kesulitan=>Agar teman merasa terbantu dan persahabatan semakin erat
Mendengarkan saat guru menjelaskan=>Agar memahami pelajaran dan menjadi pintar
Berbagi makanan dengan teman=>Agar semua bisa merasakan dan belajar berbagi

Set 2. Pasangkanlah masalah dengan solusi yang paling tepat untuk mengatasinya!

Buku hilang di kelas=>Mengumumkan di grup kelas atau bertanya kepada teman dan guru
Tanaman di rumah layu=>Menyiramnya secara teratur dan memberi pupuk
Teman menangis karena terjatuh=>Menghibur dan membantu membersihkan luka dengan bantuan orang dewasa
Tidak mengerti pelajaran=>Bertanya kepada guru atau teman yang lebih paham
Lingkungan sekolah kotor=>Mengajak teman-teman piket bersama dan membuang sampah pada tempatnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *