Materi dan soal HOTS IPA untuk siswa kelas 2 SD ini dirancang sesuai Kurikulum Merdeka, bertujuan mengembangkan kemampuan berpikir kritis, analitis, dan kreatif. Fokus utama adalah pada pemahaman konsep dasar IPA melalui konteks kehidupan sehari-hari, seperti bagian tubuh makhluk hidup, perubahan wujud benda sederhana, dan interaksi dengan lingkungan. Soal-soal ini mendorong siswa untuk menganalisis situasi, mengevaluasi pilihan, dan bahkan menciptakan solusi sederhana, jauh melampaui sekadar mengingat fakta.
A. Pilihan Ganda
1. Dini melihat seekor kupu-kupu hinggap di bunga. Kupu-kupu itu memiliki sayap yang indah untuk terbang dan belalai panjang untuk menghisap nektar. Jika kupu-kupu tidak memiliki sayap, apa yang paling mungkin terjadi pada hidupnya?
- A. Kupu-kupu akan kesulitan menemukan makanan.
- B. Kupu-kupu akan lebih mudah ditangkap predator.
- C. Kupu-kupu tidak bisa berpindah dari satu bunga ke bunga lain.
- D. Kupu-kupu akan tetap bisa mencari makan dengan belalainya.
- E. Kupu-kupu akan berubah menjadi ulat lagi.
Lihat Kunci Jawaban
Jawaban: C. Kupu-kupu tidak bisa berpindah dari satu bunga ke bunga lain.
Pembahasan: Soal ini meminta siswa menganalisis fungsi bagian tubuh (sayap) dan mengevaluasi dampaknya jika fungsi tersebut hilang. Tanpa sayap, kupu-kupu kehilangan kemampuan utama untuk bergerak antar bunga, yang esensial untuk mencari makan dan berkembang biak. Pilihan C paling tepat menunjukkan konsekuensi langsung dari kehilangan fungsi sayap.
2. Budi dan teman-temannya sedang bermain di taman. Mereka melihat seekor semut membawa remah roti yang lebih besar dari tubuhnya. Menurutmu, mengapa semut bisa mengangkat beban yang lebih berat dari tubuhnya?
- A. Karena semut memiliki otot yang sangat besar.
- B. Karena semut bekerja sama dengan semut lain.
- C. Karena tubuh semut sangat ringan sehingga relatif kuat.
- D. Karena semut menggunakan alat bantu untuk mengangkat.
- E. Karena remah roti itu sebenarnya sangat ringan.
Lihat Kunci Jawaban
Jawaban: C. Karena tubuh semut sangat ringan sehingga relatif kuat.
Pembahasan: Soal ini mendorong siswa untuk menganalisis fenomena alam yang tampak luar biasa (semut mengangkat beban berat). Penjelasan ilmiahnya berkaitan dengan rasio kekuatan terhadap massa tubuh yang menguntungkan pada serangga kecil. Pilihan C adalah yang paling akurat secara ilmiah dan memerlukan penalaran lebih dari sekadar pengamatan langsung.
3. Ayah menanam bibit cabai di halaman. Setiap pagi dan sore, Ayah menyiramnya dan memastikan cabai terkena sinar matahari. Mengapa Ayah harus melakukan hal tersebut agar cabainya tumbuh subur?
- A. Agar cabai tidak kedinginan dan tidak haus.
- B. Karena air dan matahari membuat cabai cepat berbuah.
- C. Karena air dan sinar matahari adalah kebutuhan dasar tumbuhan untuk membuat makanan.
- D. Agar cabai terlihat segar dan indah dipandang.
- E. Karena Ayah suka menyiram dan melihat matahari.
Lihat Kunci Jawaban
Jawaban: C. Karena air dan sinar matahari adalah kebutuhan dasar tumbuhan untuk membuat makanan.
Pembahasan: Soal ini meminta siswa menganalisis kebutuhan dasar tumbuhan dan hubungannya dengan proses fotosintesis secara sederhana. Siswa perlu memahami 'mengapa' tindakan Ayah penting, bukan hanya 'apa' yang Ayah lakukan. Pilihan C menjelaskan alasan biologis di balik tindakan tersebut.
4. Lina melihat ibunya menjemur pakaian basah di bawah sinar matahari. Beberapa jam kemudian, pakaian tersebut kering. Proses apa yang terjadi pada air di pakaian sehingga bisa kering?
- A. Air menguap menjadi uap air.
- B. Air menyerap ke dalam kain.
- C. Air membeku karena panas matahari.
- D. Air berubah menjadi padat.
- E. Air menetes kembali ke tanah.
Lihat Kunci Jawaban
Jawaban: A. Air menguap menjadi uap air.
Pembahasan: Soal ini meminta siswa menganalisis perubahan wujud benda (air) dalam konteks sehari-hari (menjemur pakaian). Mereka harus mengidentifikasi proses yang benar (penguapan) dan dampaknya. Pilihan A adalah penjelasan ilmiah yang tepat.
5. Saat cuaca panas, Edo membuat es batu dari air minum. Ia mengisi air ke cetakan, lalu memasukkannya ke dalam kulkas bagian freezer. Mengapa air tersebut bisa berubah menjadi es batu?
- A. Karena air menyerap dingin dari kulkas.
- B. Karena suhu yang sangat dingin membuat air membeku.
- C. Karena cetakan es batu mengubah air.
- D. Karena air di dalam kulkas kehilangan rasa.
- E. Karena air sudah lama berada di dalam kulkas.
Lihat Kunci Jawaban
Jawaban: B. Karena suhu yang sangat dingin membuat air membeku.
Pembahasan: Siswa diminta menganalisis perubahan wujud benda (air menjadi es) dan penyebabnya. Fokusnya adalah pada konsep suhu sebagai faktor kunci dalam pembekuan. Pilihan B menjelaskan mekanisme perubahan wujud secara benar.
6. Keluarga Siti selesai makan dan menyisakan banyak sampah plastik. Ibu meminta Siti untuk membuang sampah tersebut ke tempat sampah khusus. Mengapa penting untuk membuang sampah plastik pada tempatnya?
- A. Agar rumah terlihat bersih dan rapi.
- B. Agar sampah plastik tidak mencemari lingkungan dan sulit terurai.
- C. Agar petugas kebersihan mudah mengangkutnya.
- D. Agar sampah plastik bisa dijadikan mainan.
- E. Agar jumlah sampah di tempat sampah umum berkurang.
Lihat Kunci Jawaban
Jawaban: B. Agar sampah plastik tidak mencemari lingkungan dan sulit terurai.
Pembahasan: Soal ini mengajak siswa menganalisis dampak lingkungan dari sampah plastik. Siswa perlu memahami konsekuensi jangka panjang dari tindakan membuang sampah sembarangan. Pilihan B menjelaskan alasan utama dan dampak ekologisnya.
7. Andi melihat kakeknya menggunakan senter saat listrik padam. Senter tersebut menyala terang. Sumber energi apa yang membuat senter menyala?
- A. Energi cahaya dari lampu rumah.
- B. Energi gerak dari tangan kakek.
- C. Energi listrik dari baterai.
- D. Energi panas dari senter.
- E. Energi suara dari senter.
Lihat Kunci Jawaban
Jawaban: C. Energi listrik dari baterai.
Pembahasan: Siswa diminta menganalisis sumber energi pada benda sederhana di kehidupan sehari-hari. Mereka harus mengidentifikasi bahwa baterai adalah sumber energi listrik yang menggerakkan senter. Pilihan C adalah jawaban yang tepat.
8. Sore hari, Rina dan adiknya bermain layang-layang. Layang-layang mereka bisa terbang tinggi. Energi apa yang membantu layang-layang Rina terbang?
- A. Energi dari tangan Rina.
- B. Energi cahaya matahari.
- C. Energi angin.
- D. Energi panas dari tanah.
- E. Energi suara dari layang-layang.
Lihat Kunci Jawaban
Jawaban: C. Energi angin.
Pembahasan: Siswa harus menganalisis fenomena terbangnya layang-layang dan mengidentifikasi sumber energi alami yang memungkinkannya. Pilihan C menunjukkan pemahaman tentang energi angin sebagai penggerak.
9. Pak Toni memotong batang singkong lalu menanamnya di tanah. Setelah beberapa minggu, batang singkong itu tumbuh tunas dan akar baru. Mengapa batang singkong bisa tumbuh lagi padahal tidak ditanam dari biji?
- A. Karena batang singkong mengandung banyak air.
- B. Karena batang singkong memiliki kemampuan untuk bereproduksi secara vegetatif.
- C. Karena Pak Toni menyiramnya dengan pupuk ajaib.
- D. Karena batang singkong masih hidup dan memiliki cadangan makanan.
- E. Karena tanahnya sangat subur.
Lihat Kunci Jawaban
Jawaban: B. Karena batang singkong memiliki kemampuan untuk bereproduksi secara vegetatif.
Pembahasan: Soal ini mendorong siswa untuk menganalisis cara perkembangbiakan tumbuhan yang berbeda dari biji, yaitu secara vegetatif. Ini memperkenalkan konsep yang lebih kompleks dibandingkan hanya menanam dari biji. Pilihan B adalah penjelasan ilmiah yang paling tepat untuk fenomena ini.
10. Di dapur, Ibu meletakkan segelas air panas. Setelah beberapa waktu, air panas tersebut menjadi hangat, lalu dingin. Mengapa air panas bisa menjadi dingin?
- A. Karena air panas menguap semua.
- B. Karena panas dari air berpindah ke udara sekitarnya.
- C. Karena ada es batu yang tidak terlihat di dalam gelas.
- D. Karena gelasnya menyerap panas.
- E. Karena air panas sudah lama tidak diminum.
Lihat Kunci Jawaban
Jawaban: B. Karena panas dari air berpindah ke udara sekitarnya.
Pembahasan: Siswa diminta menganalisis konsep perpindahan panas secara sederhana. Mereka harus memahami bahwa panas tidak hilang, melainkan berpindah ke lingkungan sekitar. Pilihan B menjelaskan fenomena ini dengan benar.
11. Jika kamu melihat ada botol plastik bekas yang tergeletak di jalan, tindakan apa yang paling tepat kamu lakukan untuk menjaga lingkungan?
- A. Membiarkannya karena bukan milikmu.
- B. Menendangnya agar jauh dari pandangan.
- C. Mengambilnya dan membuangnya ke tempat sampah organik.
- D. Mengambilnya dan membuangnya ke tempat sampah daur ulang atau sampah non-organik.
- E. Menggunakannya untuk bermain bola.
Lihat Kunci Jawaban
Jawaban: D. Mengambilnya dan membuangnya ke tempat sampah daur ulang atau sampah non-organik.
Pembahasan: Soal ini menguji kemampuan siswa dalam mengevaluasi tindakan yang bertanggung jawab terhadap lingkungan. Siswa harus memilih tindakan yang tidak hanya membersihkan, tetapi juga mempertimbangkan jenis sampah untuk daur ulang. Pilihan D adalah tindakan paling tepat untuk menjaga lingkungan.
12. Seekor kucing memiliki kumis panjang. Menurutmu, apa fungsi kumis pada kucing?
- A. Untuk hiasan agar terlihat lucu.
- B. Untuk menangkap mangsa.
- C. Untuk membantu kucing merasakan arah dan jarak di tempat gelap.
- D. Untuk mengusir musuh.
- E. Untuk membersihkan wajahnya.
Lihat Kunci Jawaban
Jawaban: C. Untuk membantu kucing merasakan arah dan jarak di tempat gelap.
Pembahasan: Siswa diminta untuk menganalisis fungsi bagian tubuh hewan yang spesifik (kumis kucing). Ini memerlukan pemikiran lebih dalam daripada hanya mengenali bagian tubuh. Pilihan C menjelaskan fungsi sensorik kumis secara akurat.
13. Bayu melihat ibunya menyalakan kompor gas untuk memasak. Api dari kompor berwarna biru. Mengapa api kompor gas bisa berwarna biru?
- A. Karena gasnya sudah dicampur pewarna biru.
- B. Karena pembakaran gasnya sempurna.
- C. Karena kompornya baru dibeli.
- D. Karena apinya dingin.
- E. Karena gasnya hampir habis.
Lihat Kunci Jawaban
Jawaban: B. Karena pembakaran gasnya sempurna.
Pembahasan: Soal ini mendorong siswa untuk menganalisis fenomena api dan hubungannya dengan pembakaran. Memahami bahwa api biru menunjukkan pembakaran sempurna adalah konsep awal tentang reaksi kimia. Pilihan B adalah penjelasan yang tepat.
14. Jika kamu ingin membuat tanaman di pot tumbuh lebih cepat dan subur, selain disiram setiap hari, apa lagi yang penting untuk kamu perhatikan?
- A. Memberi nama pada tanaman itu.
- B. Menaruhnya di tempat yang sangat gelap.
- C. Memastikan tanaman mendapatkan cukup sinar matahari.
- D. Sering-sering memindahkan potnya.
- E. Menambahkan banyak air sampai tergenang.
Lihat Kunci Jawaban
Jawaban: C. Memastikan tanaman mendapatkan cukup sinar matahari.
Pembahasan: Siswa diminta mengevaluasi faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan tanaman. Selain air, sinar matahari adalah kebutuhan esensial. Pilihan C menunjukkan pemahaman tentang kebutuhan dasar tumbuhan.
15. Pada siang hari yang terik, mengapa kita merasa lebih nyaman berada di bawah pohon rindang dibandingkan di lapangan terbuka?
- A. Karena di bawah pohon banyak semut.
- B. Karena pohon mengeluarkan angin dingin.
- C. Karena daun-daun pohon menutupi dan menghalangi sinar matahari langsung.
- D. Karena di bawah pohon ada tanah yang basah.
- E. Karena pohon membuat suara yang menenangkan.
Lihat Kunci Jawaban
Jawaban: C. Karena daun-daun pohon menutupi dan menghalangi sinar matahari langsung.
Pembahasan: Soal ini meminta siswa menganalisis efek naungan dari pohon. Mereka harus memahami bagaimana daun-daun pohon berfungsi sebagai pelindung dari panas matahari langsung. Pilihan C adalah penjelasan yang paling logis dan ilmiah.
16. Jika kamu memiliki sebuah mainan mobil-mobilan yang bisa bergerak, energi apa yang paling mungkin menggerakkan mobil-mobilan tersebut?
- A. Energi panas dari matahari.
- B. Energi angin.
- C. Energi listrik dari baterai.
- D. Energi cahaya.
- E. Energi suara.
Lihat Kunci Jawaban
Jawaban: C. Energi listrik dari baterai.
Pembahasan: Siswa diminta menganalisis sumber energi untuk mainan sederhana. Mereka perlu mengidentifikasi baterai sebagai sumber energi listrik yang umum digunakan pada mainan bergerak. Pilihan C adalah jawaban yang tepat.
17. Ketika kamu meniup balon, balon akan mengembang. Benda apa yang mengisi dan membuat balon mengembang?
- A. Air.
- B. Pasir.
- C. Udara.
- D. Kain.
- E. Busa.
Lihat Kunci Jawaban
Jawaban: C. Udara.
Pembahasan: Siswa diminta menganalisis sifat benda gas (udara) dan kemampuannya mengisi ruang. Mereka harus memahami bahwa yang kita tiupkan ke balon adalah udara. Pilihan C adalah jawaban yang benar.
18. Ibu memotong buah apel menjadi beberapa bagian. Setelah beberapa saat, bagian apel yang terbuka berubah warna menjadi kecoklatan. Mengapa ini bisa terjadi?
- A. Karena apel terlalu lama diiris.
- B. Karena apel bereaksi dengan udara.
- C. Karena apel terkena sinar matahari.
- D. Karena apel sudah tidak segar lagi.
- E. Karena pisau yang digunakan kotor.
Lihat Kunci Jawaban
Jawaban: B. Karena apel bereaksi dengan udara.
Pembahasan: Soal ini mengajak siswa menganalisis perubahan pada buah yang dipotong. Ini adalah pengenalan sederhana tentang reaksi oksidasi. Pilihan B menjelaskan alasan ilmiah di balik perubahan warna.
19. Seekor ikan bernapas menggunakan insang di dalam air. Jika ikan dikeluarkan dari air terlalu lama, apa yang akan terjadi pada ikan tersebut?
- A. Ikan akan bisa terbang.
- B. Ikan akan berubah menjadi katak.
- C. Ikan akan kesulitan bernapas dan mati.
- D. Ikan akan tumbuh kaki dan berjalan di darat.
- E. Ikan akan mencari air sendiri.
Lihat Kunci Jawaban
Jawaban: C. Ikan akan kesulitan bernapas dan mati.
Pembahasan: Soal ini menguji pemahaman siswa tentang adaptasi makhluk hidup dan kebutuhan dasarnya. Mereka harus menganalisis konsekuensi jika ikan tidak berada di lingkungannya yang sesuai untuk bernapas. Pilihan C adalah konsekuensi logis dan ilmiah.
20. Jika kamu ingin membersihkan rumah agar tidak ada debu dan kuman, alat kebersihan apa yang paling tepat untuk digunakan?
- A. Sapu dan pengki.
- B. Pel dan cairan pembersih lantai.
- C. Kemoceng.
- D. Sikat gigi.
- E. Ember kosong.
Lihat Kunci Jawaban
Jawaban: B. Pel dan cairan pembersih lantai.
Pembahasan: Soal ini meminta siswa mengevaluasi efektivitas alat kebersihan untuk tujuan spesifik (membersihkan debu dan kuman). Pel dan cairan pembersih lantai lebih efektif untuk membunuh kuman dan mengangkat debu membandel dibandingkan sapu atau kemoceng saja. Pilihan B adalah yang paling tepat.
B. Isian Singkat
1. Sebutkan 3 benda di sekitarmu yang membutuhkan listrik agar bisa berfungsi!
Jawaban: Televisi, lampu, kipas angin (jawaban bisa bervariasi, contoh lain: kulkas, setrika, radio).
2. Mengapa kita harus mencuci tangan dengan sabun sebelum makan?
Jawaban: Agar kuman dan kotoran di tangan mati atau hilang sehingga tidak masuk ke dalam tubuh saat makan dan membuat kita sakit.
3. Sebutkan 3 cara sederhana yang bisa kamu lakukan untuk menghemat air di rumah!
Jawaban: 1. Matikan keran saat tidak digunakan. 2. Mandi secukupnya, jangan terlalu lama. 3. Gunakan air bekas cucian beras untuk menyiram tanaman. (Jawaban bisa bervariasi).
4. Apa yang terjadi pada daun kering jika kita biarkan di tanah dalam waktu yang lama?
Jawaban: Daun kering akan membusuk dan hancur menjadi tanah (kompos) karena diurai oleh makhluk hidup kecil seperti bakteri dan jamur.
5. Jika kamu melihat seekor burung sedang membuat sarang di pohon, menurutmu apa tujuan burung membuat sarang?
Jawaban: Tujuan burung membuat sarang adalah untuk bertelur, mengerami telurnya, dan membesarkan anak-anaknya agar aman dari predator dan cuaca buruk.
C. Uraian
1. Bayangkan kamu adalah seorang ilmuwan cilik yang bertugas menjaga kebersihan lingkungan sekolah. Rancanglah 3 aturan sederhana yang harus dipatuhi semua siswa agar lingkungan sekolah tetap bersih dan sehat, serta jelaskan mengapa aturan itu penting!
Contoh Jawaban: Model Jawaban (Poin-poin):1. **Aturan 1: Buang sampah pada tempatnya sesuai jenisnya (organik/non-organik).** Pentingnya: Agar sampah tidak berserakan, lingkungan tidak kotor, dan sampah bisa didaur ulang atau diolah dengan benar sehingga tidak mencemari tanah dan air.2. **Aturan 2: Siram toilet setelah selesai digunakan.** Pentingnya: Agar toilet tetap bersih, tidak bau, dan tidak menjadi sarang kuman yang bisa menyebabkan penyakit.3. **Aturan 3: Rapikan meja dan kursi setelah pelajaran selesai.** Pentingnya: Agar kelas terlihat rapi, mudah dibersihkan, dan tidak ada barang yang tertinggal atau hilang. (Siswa dapat memberikan aturan lain yang relevan, misalnya hemat air, tidak mencoret dinding, dll., dengan penjelasan yang logis).
2. Dania melihat ibunya menggunakan blender untuk membuat jus buah. Menurutmu, bagaimana blender bekerja untuk menghancurkan buah? Jelaskan perubahan energi apa saja yang terjadi pada blender dari awal hingga buah menjadi jus!
Contoh Jawaban: Model Jawaban (Poin-poin):Blender bekerja dengan memutar pisau tajam di dalamnya dengan sangat cepat. Putaran pisau ini akan memotong dan menghancurkan buah menjadi bagian-bagian kecil hingga halus menjadi jus.Perubahan energi yang terjadi adalah:1. **Energi listrik** (dari stop kontak) masuk ke blender.2. **Energi listrik** ini diubah menjadi **energi gerak** (memutar pisau blender).3. Saat pisau berputar, ada juga sedikit **energi bunyi** (suara blender) dan **energi panas** (mesin blender menjadi hangat setelah dipakai).
3. Di rumahmu ada banyak benda, seperti meja kayu, air minum di botol, dan udara di dalam balon. Jelaskan perbedaan ketiga benda tersebut berdasarkan bentuk dan tempatnya!
Contoh Jawaban: Model Jawaban (Poin-poin):1. **Meja kayu (benda padat):** Bentuknya tetap dan tidak berubah meskipun dipindahkan. Tempatnya juga tetap, tidak mengikuti bentuk wadah.2. **Air minum di botol (benda cair):** Bentuknya berubah mengikuti bentuk botol atau wadahnya. Tempatnya juga akan mengisi wadah yang ditempatinya.3. **Udara di dalam balon (benda gas):** Bentuknya tidak tetap, akan mengisi seluruh ruang balon. Tempatnya juga tidak tetap, akan menyebar jika balon pecah dan mengisi ruang lain.
4. Jika kamu melihat ada seekor anak kucing yang sendirian dan kelaparan di jalan, tindakan apa yang akan kamu lakukan untuk menolongnya? Jelaskan mengapa kamu memilih tindakan tersebut!
Contoh Jawaban: Model Jawaban (Poin-poin):Saya akan mencari makanan kecil yang aman untuk kucing, seperti ikan atau sedikit nasi dengan lauk, lalu memberikannya kepada anak kucing itu. Atau, saya akan mencoba meminta bantuan orang dewasa di sekitar, seperti orang tua atau tetangga, untuk mencarikan makanan atau tempat berlindung bagi kucing itu.Alasan memilih tindakan ini adalah: Anak kucing butuh makan untuk bertahan hidup, dan sebagai makhluk hidup kita harus saling menolong. Meminta bantuan orang dewasa penting karena saya mungkin tidak tahu cara terbaik merawat kucing atau tidak punya persediaan makanan yang cocok.
5. Pohon mangga di halaman rumahmu tumbuh sangat tinggi dan berbuah lebat. Bagaimana pohon mangga bisa mendapatkan makanan untuk tumbuh sebesar itu dan menghasilkan banyak buah?
Contoh Jawaban: Model Jawaban (Poin-poin):Pohon mangga mendapatkan makanan dengan cara membuat makanannya sendiri melalui proses yang disebut fotosintesis. Untuk melakukan fotosintesis, pohon mangga membutuhkan:1. **Sinar matahari:** Sebagai energi utama.2. **Air:** Diserap dari tanah oleh akar.3. **Karbon dioksida:** Diambil dari udara oleh daun.Dengan bantuan klorofil (zat hijau daun), pohon mangga mengubah bahan-bahan ini menjadi gula (makanan) dan oksigen. Makanan ini digunakan untuk tumbuh besar, menghasilkan daun, bunga, dan buah.
D. Mencocokkan
Set 1. Cocokkan bagian tubuh hewan dengan fungsinya yang benar!
| Sayap burung | => | Untuk terbang |
| Kaki katak | => | Untuk melompat |
| Insang ikan | => | Untuk bernapas di air |
| Belalai gajah | => | Untuk mengambil makanan dan minum |
| Mata | => | Untuk melihat |
Set 2. Cocokkan benda dengan perubahan wujud yang paling sesuai!
| Air yang direbus | => | Menguap |
| Es batu yang diletakkan di luar | => | Mencair |
| Air yang dimasukkan freezer | => | Membeku |
| Uap air yang menempel di tutup panci | => | Mengembun |
| Kapur barus di lemari | => | Menyublim |