contoh soal hots sd kelas 2 bahasa indonesia

Posted on

Materi dan soal HOTS Bahasa Indonesia untuk siswa Kelas 2 SD ini dirancang sesuai Kurikulum Merdeka. Fokusnya adalah mengembangkan kemampuan berpikir tingkat tinggi (Higher Order Thinking Skills) seperti menganalisis, mengevaluasi, dan mengkreasi melalui konteks kehidupan sehari-hari. Siswa akan diajak memahami teks sederhana, mengidentifikasi gagasan pokok, menyimpulkan informasi, hingga menciptakan kalimat dan cerita pendek secara mandiri, melampaui sekadar hafalan.


A. Pilihan Ganda

1. Sore itu, Rina dan Adi bermain di taman. Rina melihat seekor kucing kecil yang sedang kelaparan. Kucing itu mengeong lemah. Rina merasa kasihan. Ia pulang sebentar, mengambil sedikit makanan kucing, lalu kembali ke taman untuk memberikannya. Jika kamu adalah Rina, mengapa kamu merasa perlu memberi makan kucing itu?

  • A. Karena kucing itu lucu sekali.
  • B. Karena kucing itu mengeong terus.
  • C. Karena Rina ingin bermain dengan kucing.
  • D. Karena Rina merasa kasihan melihat kucing kelaparan.
  • E. Karena Rina suka bau makanan kucing.
  • answer
Lihat Kunci Jawaban

Jawaban: D. Karena Rina merasa kasihan melihat kucing kelaparan.

Pembahasan: Soal ini melatih kemampuan menganalisis (C4) perasaan dan motivasi tokoh. Pilihan D adalah yang paling tepat karena langsung menjelaskan alasan Rina bertindak berdasarkan empati, bukan sekadar ketertarikan visual atau suara. Siswa diajak memahami sebab-akibat dari sebuah tindakan moral.

2. Ayah meminta Toni membantu menyiram bunga di kebun. Namun, Toni malah asyik bermain bola. Ayah lalu datang dan berkata, 'Toni, bunga-bunga itu butuh air agar tidak layu. Kalau kamu tidak menyiramnya sekarang, nanti mereka bisa kering.' Apa maksud Ayah Toni mengatakan hal tersebut?

  • A. Ayah Toni ingin Toni segera bermain bola.
  • B. Ayah Toni ingin Toni mengerti pentingnya tanggung jawab.
  • C. Ayah Toni ingin Toni marah.
  • D. Ayah Toni ingin bunga-bunga layu.
  • E. Ayah Toni ingin Toni berhenti menyiram bunga.
  • answer
Lihat Kunci Jawaban

Jawaban: B. Ayah Toni ingin Toni mengerti pentingnya tanggung jawab.

Pembahasan: Soal ini menguji kemampuan menganalisis (C4) maksud tersirat dari sebuah kalimat dalam konteks percakapan. Kalimat Ayah bukan sekadar perintah, tetapi juga memberikan alasan dan konsekuensi, yang bertujuan mendidik Toni tentang tanggung jawabnya.

3. Kakak membuat kue bolu yang sangat lezat. Ibu memuji kue Kakak. Adik ingin membantu Kakak membuat kue, tetapi Adik masih kecil dan belum boleh menggunakan oven. Jika Adik tetap ingin membantu, apa yang paling cocok Adik lakukan?

  • A. Adik membantu mengaduk adonan kue.
  • B. Adik menyalakan oven sendiri.
  • C. Adik mencicipi kue yang sudah jadi saja.
  • D. Adik bermain di kamar saja.
  • E. Adik menyuruh Kakak membuat kue lebih banyak.
  • answer
Lihat Kunci Jawaban

Jawaban: A. Adik membantu mengaduk adonan kue.

Pembahasan: Soal ini melatih kemampuan mengevaluasi (C5) solusi yang paling sesuai dan aman dalam suatu situasi. Pilihan A adalah tindakan yang memungkinkan Adik berpartisipasi tanpa membahayakan diri atau merusak proses pembuatan kue, sesuai dengan batasan usianya.

4. Di kelas, Bu Guru meminta setiap siswa menceritakan pengalaman liburan mereka. Edo bercerita tentang liburannya ke pantai. Ia menyebutkan bermain pasir, berenang, dan melihat banyak perahu. Jika kamu adalah teman Edo, pertanyaan apa yang paling tepat untuk kamu tanyakan agar Edo bercerita lebih banyak?

  • A. 'Apakah kamu suka pantai?'
  • B. 'Berapa banyak perahu yang kamu lihat?'
  • C. 'Bagaimana perasaanmu saat bermain di pantai, Edo?'
  • D. 'Apakah kamu membawa bekal?'
  • E. 'Apakah kamu sudah mengerjakan PR?'
  • answer
Lihat Kunci Jawaban

Jawaban: C. ‘Bagaimana perasaanmu saat bermain di pantai, Edo?’

Pembahasan: Soal ini mengasah kemampuan mengkreasi (C6) pertanyaan yang efektif untuk menggali informasi lebih dalam dan mendorong narasi. Pertanyaan yang menanyakan perasaan akan membuka peluang bagi Edo untuk menceritakan detail emosional dan pengalaman yang lebih kaya, bukan sekadar fakta.

5. Lani ingin membuat kartu ucapan terima kasih untuk ibunya. Lani ingin kartu itu terlihat indah dan spesial. Ia berpikir untuk menggambar bunga-bunga dan menuliskan puisi pendek. Apa yang menunjukkan bahwa Lani berpikir secara kreatif?

  • A. Lani hanya menulis 'Terima Kasih Ibu'.
  • B. Lani menyuruh temannya yang membuat kartu.
  • C. Lani menggabungkan gambar dan tulisan untuk membuat kartu unik.
  • D. Lani membeli kartu ucapan yang sudah jadi.
  • E. Lani membuat kartu yang sama persis dengan contoh di buku.
  • answer
Lihat Kunci Jawaban

Jawaban: C. Lani menggabungkan gambar dan tulisan untuk membuat kartu unik.

Pembahasan: Soal ini menguji kemampuan menganalisis (C4) tindakan yang menunjukkan kreativitas. Menggabungkan dua elemen berbeda (gambar dan tulisan) untuk menciptakan sesuatu yang baru dan personal menunjukkan pemikiran kreatif, bukan sekadar meniru atau melakukan hal yang paling mudah.

6. Setiap pagi, sebelum berangkat sekolah, Sinta selalu membantu Ibu merapikan tempat tidur. Suatu hari, Sinta terburu-buru dan lupa merapikan tempat tidurnya. Ibu tidak marah, tetapi Sinta merasa tidak enak hati. Pelajaran penting apa yang bisa Sinta ambil dari kejadian ini?

  • A. Tidak apa-apa lupa merapikan tempat tidur kadang-kadang.
  • B. Ibu tidak akan marah walau Sinta tidak membantu.
  • C. Sinta harus selalu bertanggung jawab pada tugasnya, meskipun terburu-buru.
  • D. Sinta harus meminta Ibu merapikan tempat tidurnya.
  • E. Sinta tidak perlu membantu Ibu lagi.
  • answer
Lihat Kunci Jawaban

Jawaban: C. Sinta harus selalu bertanggung jawab pada tugasnya, meskipun terburu-buru.

Pembahasan: Soal ini melatih kemampuan mengevaluasi (C5) sebuah situasi untuk menarik kesimpulan atau pelajaran moral. Meskipun Ibu tidak marah, perasaan tidak enak hati Sinta menunjukkan kesadaran akan tanggung jawab, sehingga pilihan C adalah pelajaran yang paling tepat.

7. Di perpustakaan sekolah, ada banyak buku cerita yang menarik. Ada buku tentang hewan, dongeng kerajaan, dan petualangan luar angkasa. Jika kamu ingin membaca buku yang bisa membuatmu berani dan suka berpetualang, jenis buku apa yang paling cocok kamu pilih?

  • A. Buku tentang cara merawat hewan peliharaan.
  • B. Buku dongeng tentang putri raja.
  • C. Buku cerita petualangan luar angkasa.
  • D. Buku resep masakan sederhana.
  • E. Buku pelajaran matematika.
  • answer
Lihat Kunci Jawaban

Jawaban: C. Buku cerita petualangan luar angkasa.

Pembahasan: Soal ini menguji kemampuan menganalisis (C4) untuk memilih opsi yang paling sesuai dengan kriteria yang diberikan. Kriteria 'berani dan suka berpetualang' paling cocok dengan genre buku petualangan, seperti petualangan luar angkasa.

8. Pak Budi adalah seorang petani. Setiap hari, ia merawat tanamannya dengan baik. Ia menyiram, memberi pupuk, dan membersihkan gulma. Berkat kerja kerasnya, panen Pak Budi selalu melimpah. Apa yang akan terjadi jika Pak Budi malas merawat tanamannya?

  • A. Tanamannya akan tumbuh lebih subur.
  • B. Panennya akan semakin banyak.
  • C. Tanamannya bisa layu dan mati, sehingga panennya sedikit atau tidak ada.
  • D. Pak Budi akan menjadi kaya raya.
  • E. Tanamannya akan dirawat oleh orang lain.
  • answer
Lihat Kunci Jawaban

Jawaban: C. Tanamannya bisa layu dan mati, sehingga panennya sedikit atau tidak ada.

Pembahasan: Soal ini melatih kemampuan menganalisis (C4) sebab-akibat. Siswa harus memahami hubungan antara usaha (merawat tanaman) dan hasilnya (panen melimpah), serta memprediksi konsekuensi jika usaha tersebut tidak dilakukan.

9. Tomi ingin mengajak teman-temannya bermain di rumahnya sepulang sekolah. Ia ingin teman-temannya tahu kalau mereka boleh datang. Kalimat ajakan yang paling sopan dan jelas untuk Tomi katakan adalah…

  • A. 'Pulang sekolah, ke rumahku sekarang!'
  • B. 'Ayo, main ke rumahku setelah pulang sekolah ya!'
  • C. 'Kamu harus ke rumahku nanti.'
  • D. 'Aku mau main di rumahku.'
  • E. 'Ke rumahku atau tidak sama sekali.'
  • answer
Lihat Kunci Jawaban

Jawaban: B. ‘Ayo, main ke rumahku setelah pulang sekolah ya!’

Pembahasan: Soal ini menguji kemampuan mengkreasi (C6) kalimat yang efektif dan sesuai dengan konteks sosial (ajakan sopan). Pilihan B menggunakan kata ajakan 'Ayo' dan memberikan informasi waktu yang jelas, menunjukkan kesantunan.

10. Di kelas, ada peraturan tidak boleh membuang sampah sembarangan. Suatu hari, Budi melihat selembar kertas terjatuh dari meja temannya, dan temannya pergi begitu saja. Apa yang sebaiknya Budi lakukan untuk menjaga kebersihan kelas dan mematuhi peraturan?

  • A. Membiarkan kertas itu di lantai.
  • B. Meniup kertas itu agar terbang jauh.
  • C. Mengambil kertas itu dan membuangnya ke tempat sampah.
  • D. Menyembunyikan kertas itu di bawah meja.
  • E. Menyuruh Bu Guru untuk membersihkannya.
  • answer
Lihat Kunci Jawaban

Jawaban: C. Mengambil kertas itu dan membuangnya ke tempat sampah.

Pembahasan: Soal ini melatih kemampuan mengevaluasi (C5) tindakan yang paling bertanggung jawab dan sesuai dengan peraturan. Pilihan C adalah solusi proaktif yang menunjukkan inisiatif dan kepedulian terhadap lingkungan kelas.

11. Pagi ini, cuaca sangat cerah. Matahari bersinar terang. Burung-burung berkicau riang. Andin ingin pergi ke taman. Ia memakai topi dan membawa botol minum. Mengapa Andin memakai topi dan membawa botol minum?

  • A. Karena Andin ingin terlihat keren.
  • B. Karena Andin akan berenang.
  • C. Karena Andin tidak suka matahari.
  • D. Untuk melindungi diri dari panas matahari dan agar tidak haus saat di taman.
  • E. Karena Andin ingin bermain hujan.
  • answer
Lihat Kunci Jawaban

Jawaban: D. Untuk melindungi diri dari panas matahari dan agar tidak haus saat di taman.

Pembahasan: Soal ini menguji kemampuan menganalisis (C4) sebab-akibat dan membuat inferensi dari informasi yang diberikan. Cuaca cerah dan matahari terang adalah petunjuk mengapa topi dan botol minum dibutuhkan.

12. Bu Guru meminta siswa membuat kalimat tentang 'persahabatan'. Ani menulis, 'Aku dan Siti selalu bermain bersama.' Budi menulis, 'Teman adalah orang yang baik.' Rani menulis, 'Persahabatan membuat kita senang.' Kalimat siapa yang paling menggambarkan makna persahabatan secara mendalam?

  • A. Kalimat Ani, karena menyebutkan teman bermain.
  • B. Kalimat Budi, karena menyebutkan teman yang baik.
  • C. Kalimat Rani, karena menjelaskan dampak positif persahabatan.
  • D. Tidak ada yang benar.
  • E. Semua kalimat sama baiknya.
  • answer
Lihat Kunci Jawaban

Jawaban: C. Kalimat Rani, karena menjelaskan dampak positif persahabatan.

Pembahasan: Soal ini melatih kemampuan mengevaluasi (C5) kualitas sebuah kalimat berdasarkan kedalaman makna. Kalimat Rani tidak hanya mendeskripsikan ciri-ciri persahabatan, tetapi juga menjelaskan esensinya (membuat senang), yang lebih mendalam.

13. Dani melihat adiknya menangis karena terjatuh saat bermain sepeda. Adiknya terlihat sangat kesakitan. Dani ingin menghibur adiknya. Tindakan apa yang paling tepat Dani lakukan?

  • A. Ikut menangis bersama adiknya.
  • B. Menertawakan adiknya.
  • C. Memarahi adiknya karena terjatuh.
  • D. Membantu adiknya berdiri, membersihkan luka, dan memeluknya.
  • E. Meninggalkan adiknya sendirian.
  • answer
Lihat Kunci Jawaban

Jawaban: D. Membantu adiknya berdiri, membersihkan luka, dan memeluknya.

Pembahasan: Soal ini menguji kemampuan mengevaluasi (C5) solusi terbaik dalam situasi darurat dan menunjukkan empati. Pilihan D adalah tindakan yang paling komprehensif dan suportif.

14. Di kebun binatang, ada banyak hewan. Ada gajah besar, jerapah leher panjang, dan monyet yang lincah. Jika kamu ingin menceritakan tentang hewan yang paling tinggi di kebun binatang, kalimat mana yang paling tepat kamu gunakan?

  • A. 'Aku suka gajah.'
  • B. 'Monyet itu lucu sekali.'
  • C. 'Jerapah memiliki leher yang sangat panjang, sehingga ia hewan paling tinggi.'
  • D. 'Kebun binatang itu ramai.'
  • E. 'Ada banyak hewan di sana.'
  • answer
Lihat Kunci Jawaban

Jawaban: C. ‘Jerapah memiliki leher yang sangat panjang, sehingga ia hewan paling tinggi.’

Pembahasan: Soal ini melatih kemampuan mengkreasi (C6) kalimat deskriptif yang akurat dan sesuai dengan kriteria yang diminta ('hewan paling tinggi'). Pilihan C tidak hanya menyebutkan jerapah, tetapi juga memberikan alasan mengapa ia disebut paling tinggi.

15. Bu Siti sedang membaca buku cerita di depan kelas. Suaranya pelan sekali, sehingga beberapa siswa di belakang tidak bisa mendengar dengan jelas. Jika kamu adalah siswa yang duduk di belakang, bagaimana cara paling sopan untuk meminta Bu Siti mengeraskan suaranya?

  • A. Berteriak, 'Bu, suaranya tidak kedengaran!'
  • B. Diam saja dan tidak mendengarkan.
  • C. Mengangkat tangan dan berkata, 'Maaf, Bu. Bisakah Ibu sedikit mengeraskan suara?'
  • D. Mengajak teman di samping untuk mengobrol.
  • E. Pindah tempat duduk tanpa izin.
  • answer
Lihat Kunci Jawaban

Jawaban: C. Mengangkat tangan dan berkata, ‘Maaf, Bu. Bisakah Ibu sedikit mengeraskan suara?’

Pembahasan: Soal ini menguji kemampuan mengevaluasi (C5) cara berkomunikasi yang efektif dan sopan dalam situasi sosial di kelas. Pilihan C menunjukkan etika yang baik dan tujuan yang jelas.

16. Di sekolah, Jonas menemukan sebuah pensil warna yang indah di lantai. Ia tahu pensil itu bukan miliknya. Jonas berpikir, 'Pasti ada teman yang kehilangan pensil ini.' Apa yang sebaiknya Jonas lakukan dengan pensil warna yang ditemukannya?

  • A. Menyimpan pensil itu untuk dirinya sendiri.
  • B. Membuang pensil itu ke tempat sampah.
  • C. Menyerahkan pensil itu kepada Bu Guru atau petugas sekolah.
  • D. Memberikan pensil itu kepada teman terdekatnya.
  • E. Menggambar dengan pensil itu sampai habis.
  • answer
Lihat Kunci Jawaban

Jawaban: C. Menyerahkan pensil itu kepada Bu Guru atau petugas sekolah.

Pembahasan: Soal ini melatih kemampuan mengevaluasi (C5) tindakan yang jujur dan bertanggung jawab. Menyerahkan barang temuan kepada pihak berwenang di sekolah adalah cara terbaik untuk memastikan barang tersebut kembali kepada pemiliknya.

17. Rani dan Budi sedang mengerjakan tugas kelompok. Rani selalu memberikan ide-ide baru, sedangkan Budi sangat teliti dalam menulis. Mereka berdua bekerja sama dengan baik. Apa yang membuat kerja kelompok mereka berhasil?

  • A. Rani bekerja sendiri.
  • B. Budi tidak mau mendengarkan ide Rani.
  • C. Mereka saling melengkapi dan bekerja sama dengan baik.
  • D. Mereka berdua sama-sama tidak punya ide.
  • E. Hanya satu orang yang bekerja.
  • answer
Lihat Kunci Jawaban

Jawaban: C. Mereka saling melengkapi dan bekerja sama dengan baik.

Pembahasan: Soal ini menguji kemampuan menganalisis (C4) faktor keberhasilan dalam kerja sama. Pilihan C menjelaskan bagaimana perbedaan kemampuan (memberi ide vs. teliti) justru menjadi kekuatan saat disatukan.

18. Setiap pagi, sebelum belajar, Bu Guru selalu mengajak siswa untuk berdoa. Tujuannya agar pelajaran hari itu berjalan lancar dan siswa bisa memahami materi dengan baik. Mengapa berdoa sebelum belajar itu penting?

  • A. Agar Bu Guru senang.
  • B. Agar cepat pulang sekolah.
  • C. Agar kita siap menerima ilmu dan mendapatkan keberkahan.
  • D. Agar tidak ada yang mengantuk.
  • E. Agar bisa bermain lebih cepat.
  • answer
Lihat Kunci Jawaban

Jawaban: C. Agar kita siap menerima ilmu dan mendapatkan keberkahan.

Pembahasan: Soal ini melatih kemampuan menganalisis (C4) tujuan dan manfaat dari sebuah kegiatan rutin. Berdoa sebelum belajar memiliki makna spiritual dan persiapan mental yang positif.

19. Adik suka sekali menggambar. Ia menggambar pemandangan gunung, sawah, dan rumah. Jika Adik ingin membuat cerita pendek dari gambarnya itu, kalimat pembuka cerita yang paling menarik adalah…

  • A. 'Ada gunung dan sawah.'
  • B. 'Ini gambarku.'
  • C. 'Di sebuah desa yang indah, tinggallah seorang anak bernama Bima yang suka petualangan.'
  • D. 'Aku suka menggambar.'
  • E. 'Lihat, ini rumahku.'
  • answer
Lihat Kunci Jawaban

Jawaban: C. ‘Di sebuah desa yang indah, tinggallah seorang anak bernama Bima yang suka petualangan.’

Pembahasan: Soal ini menguji kemampuan mengkreasi (C6) kalimat pembuka cerita yang imajinatif dan menarik berdasarkan stimulus visual. Pilihan C tidak hanya mendeskripsikan, tetapi juga memperkenalkan tokoh dan potensi alur cerita.

20. Liburan sekolah akan segera tiba. Keluarga Rio berencana pergi ke kebun binatang. Rio sangat senang. Ia ingin melihat singa dan gajah. Sebelum berangkat, Ibu mengingatkan Rio untuk tidak berlarian dan selalu menjaga kebersihan. Mengapa Ibu memberi peringatan seperti itu?

  • A. Ibu tidak ingin Rio senang.
  • B. Ibu ingin Rio cepat lelah.
  • C. Agar Rio tetap aman dan lingkungan kebun binatang tetap bersih.
  • D. Agar Rio tidak boleh melihat singa.
  • E. Agar Rio hanya diam saja.
  • answer
Lihat Kunci Jawaban

Jawaban: C. Agar Rio tetap aman dan lingkungan kebun binatang tetap bersih.

Pembahasan: Soal ini melatih kemampuan menganalisis (C4) alasan di balik sebuah instruksi atau peringatan. Peringatan Ibu bertujuan untuk menjaga keselamatan dan kenyamanan Rio serta orang lain di tempat umum.

B. Isian Singkat

1. Lina melihat temannya kesulitan membawa banyak buku. Lina kemudian menawarkan bantuan. Mengapa tindakan Lina bisa membuat temannya merasa senang dan terbantu?

Jawaban: Karena Lina menunjukkan kepedulian dan membantu meringankan beban temannya, sehingga temannya merasa dihargai dan tidak sendirian.

2. Kiki ingin membuat jus buah. Ia punya buah apel, pisang, dan jeruk. Jika Kiki ingin jusnya terasa manis dan sedikit asam, buah apa yang paling cocok ia campurkan?

Jawaban: Kiki bisa mencampurkan apel (manis) dan jeruk (asam) untuk mendapatkan rasa yang diinginkan, atau pisang (manis) dan jeruk (asam).

3. Di taman, ada tanda 'Dilarang Menginjak Rumput'. Edo melihat beberapa anak menginjak rumput. Apa yang sebaiknya Edo lakukan agar anak-anak itu tidak merusak rumput?

Jawaban: Edo bisa mengingatkan mereka dengan sopan tentang tanda larangan itu, atau melaporkannya kepada orang dewasa di sekitar taman.

4. Sinta membaca sebuah cerita tentang kelinci yang rajin menabung. Akhirnya, kelinci itu bisa membeli wortel kesukaannya. Apa pesan penting yang bisa kamu ambil dari cerita kelinci tersebut?

Jawaban: Pesan pentingnya adalah kita harus rajin menabung agar bisa membeli atau mencapai sesuatu yang kita inginkan.

5. Bu Guru meminta siswa untuk menuliskan 3 kata benda yang ada di dalam kelas. Sebutkan 3 kata benda yang paling umum kamu lihat di kelas!

Jawaban: Meja, kursi, papan tulis (jawaban bisa bervariasi seperti buku, pensil, tas, dll).

C. Uraian

1. Pada hari Minggu, keluarga Bima pergi piknik ke danau. Mereka membawa bekal makanan dan tikar. Bima sangat senang melihat pemandangan danau yang indah. Ia juga bermain air bersama adiknya. Setelah selesai piknik, Ibu meminta Bima dan adiknya membantu membereskan sampah. Menurut pendapatmu, mengapa penting bagi Bima dan adiknya untuk membantu membersihkan sampah setelah piknik? Jelaskan alasanmu!

Contoh Jawaban: Penting bagi Bima dan adiknya untuk membantu membersihkan sampah setelah piknik karena beberapa alasan. Pertama, agar danau tetap bersih dan indah sehingga orang lain juga bisa menikmati keindahannya. Kedua, menjaga kebersihan lingkungan adalah tanggung jawab kita bersama. Jika sampah dibiarkan berserakan, danau bisa kotor, bau, dan merusak pemandangan, bahkan bisa membahayakan hewan di sana. Ini juga mengajarkan mereka untuk bertanggung jawab dan peduli terhadap lingkungan.

2. Rani ingin menulis surat untuk neneknya yang tinggal jauh. Ia ingin menceritakan pengalaman serunya saat liburan sekolah. Tuliskan tiga kalimat yang akan Rani gunakan untuk memulai suratnya agar Neneknya senang membaca!

Contoh Jawaban: Nenek yang Rani sayangi, semoga Nenek sehat selalu ya. Rani punya banyak cerita seru tentang liburan sekolah kemarin. Rani tidak sabar ingin menceritakannya kepada Nenek!

3. Jika kamu adalah kepala sekolah, dan melihat banyak siswa yang membuang sampah sembarangan di halaman sekolah. Apa yang akan kamu lakukan untuk mengatasi masalah ini? Sebutkan tiga tindakan yang akan kamu ambil!

Contoh Jawaban: Jika saya kepala sekolah, saya akan melakukan ini: 1. Mengajak semua siswa berkumpul dan menjelaskan pentingnya menjaga kebersihan sekolah serta dampak buruk sampah. 2. Membuat jadwal piket kebersihan halaman sekolah setiap hari dan memberikan hadiah kecil untuk kelas yang paling bersih. 3. Menambah jumlah tempat sampah yang menarik dan mudah dijangkau di berbagai sudut sekolah.

4. Suatu hari, Edo melihat seekor burung kecil jatuh dari sarangnya. Burung itu tampak kesakitan dan tidak bisa terbang. Edo merasa sangat sedih. Menurutmu, apa yang sebaiknya Edo lakukan untuk membantu burung kecil itu? Jelaskan langkah-langkahnya!

Contoh Jawaban: Edo sebaiknya membantu burung itu dengan hati-hati. Langkah-langkahnya adalah: 1. Dengan lembut mengangkat burung itu dan meletakkannya di tempat yang aman dari kucing atau hewan lain. 2. Mencoba mencari sarangnya di pohon terdekat dan mengembalikan burung itu ke sarangnya jika memungkinkan. 3. Jika tidak bisa menemukan sarangnya, Edo bisa meminta bantuan orang dewasa (misalnya orang tua atau guru) untuk merawat burung itu atau membawanya ke tempat penampungan hewan.

5. Bayangkan kamu adalah seorang penulis cerita anak. Buatlah sebuah judul cerita yang menarik dan dua kalimat pembuka untuk cerita tentang 'seekor kura-kura yang sangat lambat tapi punya hati baik'!

Contoh Jawaban: Judul: 'Kura-kura Lambat Berhati Emas'. Kalimat Pembuka: 'Di tepi hutan yang rimbun, hiduplah seekor kura-kura bernama Kurio. Meskipun Kurio selalu berjalan paling lambat, ia punya hati yang sangat baik dan selalu siap membantu teman-temannya.'

D. Mencocokkan

Set 1. Pasangkanlah tindakan di sebelah kiri dengan akibat yang paling mungkin terjadi di sebelah kanan!

Membuang sampah di sungai=>Sungai menjadi kotor dan banjir
Rajin belajar setiap hari=>Mendapatkan nilai yang bagus
Membantu teman yang kesusahan=>Membuat teman merasa senang dan dihargai
Makan terlalu banyak permen=>Gigi bisa sakit atau berlubang
Menyiram tanaman setiap sore=>Tanaman tumbuh subur dan berbunga

Set 2. Cocokkanlah kalimat ajakan di sebelah kiri dengan situasi yang paling sesuai di sebelah kanan!

Mari kita jaga kebersihan kelas!=>Saat melihat kelas kotor dan ingin mengajak teman membersihkan
Ayo, bermain sepeda di taman!=>Mengajak teman untuk berolahraga di luar rumah
Tolong, bantu aku mengangkat buku ini!=>Saat kamu butuh bantuan mengangkat barang berat
Sebaiknya kita membaca buku ini bersama.=>Saat ingin belajar atau mencari informasi dengan teman
Jangan lupa sikat gigi sebelum tidur ya!=>Mengingatkan adik untuk menjaga kebersihan gigi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *