contoh soal hots sd kelas 1 dengan pembahasan

Posted on

Materi dan soal HOTS (Higher Order Thinking Skills) ini dirancang khusus untuk siswa Kelas 1 SD sesuai Kurikulum Merdeka. Soal-soal ini bertujuan untuk melatih kemampuan berpikir kritis, analitis, evaluatif, dan kreatif siswa melalui konteks kehidupan sehari-hari, bukan sekadar menghafal. Topik yang dibahas mencakup numerasi, literasi, dan pemahaman sosial dasar yang sesuai dengan tahapan perkembangan kognitif anak usia 6-7 tahun.


A. Pilihan Ganda

1. Di halaman sekolah ada 5 bunga mawar merah dan 3 bunga melati putih. Jika kamu diminta untuk membuat buket bunga yang paling banyak memiliki warna merah, bunga apa yang akan kamu pilih lebih banyak? Mengapa?

  • A. Bunga mawar, karena jumlahnya lebih banyak.
  • B. Bunga melati, karena warnanya putih.
  • C. Bunga mawar, karena warnanya merah.
  • D. Bunga melati, karena baunya harum.
  • E. Keduanya sama banyak, karena sama-sama bunga.
  • answer
Lihat Kunci Jawaban

Jawaban: A. Bunga mawar, karena jumlahnya lebih banyak.

Pembahasan: Soal ini melatih kemampuan menganalisis (C4) informasi yang diberikan (jumlah dan warna bunga) serta mengevaluasi (C5) pilihan untuk mencapai tujuan tertentu (buket paling banyak warna merah). Siswa harus membandingkan jumlah bunga mawar dan melati, lalu memilih mawar karena jumlahnya lebih banyak dan sesuai kriteria warna merah.

2. Ani melihat Ibu sedang menyiapkan makan siang. Ibu mengambil 2 buah tomat dan 3 buah wortel dari kulkas. Jika Ibu ingin membuat sup yang sayurannya lebih banyak dari buahnya, apakah yang Ibu lakukan sudah benar? Jelaskan mengapa!

  • A. Sudah benar, karena tomat dan wortel adalah sayuran.
  • B. Sudah benar, karena jumlah tomat dan wortel lebih banyak dari buah.
  • C. Belum benar, karena tomat sebenarnya buah.
  • D. Belum benar, karena wortel bukan sayuran.
  • E. Sudah benar, karena Ibu suka tomat dan wortel.
  • answer
Lihat Kunci Jawaban

Jawaban: B. Sudah benar, karena jumlah tomat dan wortel lebih banyak dari buah.

Pembahasan: Soal ini menguji kemampuan menganalisis (C4) informasi tentang kategori (buah/sayur) dan jumlah. Meskipun secara botani tomat adalah buah, dalam konteks kuliner sehari-hari sering dianggap sayuran. Namun, poin utamanya adalah siswa harus membandingkan jumlah 'sayuran' (tomat + wortel = 2+3=5) dengan 'buah' (tidak ada buah lain yang diambil). Pilihan B paling tepat karena fokus pada kuantitas untuk memenuhi kriteria 'sayuran lebih banyak dari buah' dalam konteks yang diberikan.

3. Di taman bermain, ada 4 anak laki-laki dan 2 anak perempuan yang sedang bermain ayunan. Jika ada 2 ayunan yang kosong, dan semua anak ingin bermain ayunan, apa yang harus mereka lakukan agar semua bisa bermain tanpa menunggu terlalu lama?

  • A. Anak laki-laki bermain dulu, lalu anak perempuan.
  • B. Anak perempuan bermain dulu, lalu anak laki-laki.
  • C. Bergantian, 2 anak bermain di setiap ayunan.
  • D. Beberapa anak harus pulang ke rumah.
  • E. Hanya 2 anak saja yang boleh bermain ayunan.
  • answer
Lihat Kunci Jawaban

Jawaban: C. Bergantian, 2 anak bermain di setiap ayunan.

Pembahasan: Soal ini melatih kemampuan memecahkan masalah (C4) dan mengevaluasi (C5) solusi. Siswa harus memahami bahwa ada 6 anak dan hanya 2 ayunan yang kosong. Solusi terbaik adalah dengan bergantian, yang menunjukkan pemahaman tentang berbagi dan manajemen waktu sederhana dalam kelompok.

4. Kamu melihat temanmu tersandung dan jatuh saat berlari di lapangan. Kakinya sedikit terluka. Apa hal pertama yang sebaiknya kamu lakukan untuk membantunya?

  • A. Menertawakannya.
  • B. Membiarkannya sendiri.
  • C. Memanggil guru atau orang dewasa.
  • D. Menyuruhnya untuk bangun sendiri.
  • E. Ikut jatuh bersamanya.
  • answer
Lihat Kunci Jawaban

Jawaban: C. Memanggil guru atau orang dewasa.

Pembahasan: Soal ini menguji kemampuan mengevaluasi (C5) tindakan yang tepat dalam situasi darurat sederhana dan menunjukkan empati. Memanggil orang dewasa adalah tindakan paling bertanggung jawab dan aman untuk membantu teman yang terluka di usia ini.

5. Di kebun sekolah, ada pohon mangga dan pohon jambu. Pohon mangga berbuah lebat, sedangkan pohon jambu baru mulai berbunga. Jika kamu ingin memetik buah untuk dimakan sekarang, pohon mana yang akan kamu datangi? Mengapa?

  • A. Pohon jambu, karena bunganya indah.
  • B. Pohon mangga, karena buahnya sudah siap dipetik.
  • C. Keduanya, untuk melihat bunga dan buah.
  • D. Tidak memetik keduanya, takut dimarahi.
  • E. Pohon jambu, karena buahnya lebih kecil.
  • answer
Lihat Kunci Jawaban

Jawaban: B. Pohon mangga, karena buahnya sudah siap dipetik.

Pembahasan: Soal ini melatih kemampuan menganalisis (C4) informasi tentang kondisi pohon dan mengevaluasi (C5) pilihan berdasarkan tujuan (ingin makan buah sekarang). Siswa harus memahami bahwa buah yang sudah lebat berarti siap dipetik, berbeda dengan pohon yang baru berbunga.

6. Kamu mempunyai 4 pensil warna dan temanmu mempunyai 2 pensil warna. Jika kalian ingin menggambar bersama dan setiap orang membutuhkan jumlah pensil warna yang sama, apa yang bisa kalian lakukan agar adil?

  • A. Kamu memberikan 1 pensil warna kepada temanmu.
  • B. Temanmu tidak usah ikut menggambar.
  • C. Kamu menyimpan semua pensil warnamu.
  • D. Kalian membeli pensil warna baru.
  • E. Kalian memakai pensil warna sesuai yang kalian punya.
  • answer
Lihat Kunci Jawaban

Jawaban: A. Kamu memberikan 1 pensil warna kepada temanmu.

Pembahasan: Soal ini menguji kemampuan memecahkan masalah (C4) dan berpikir adil (C5). Siswa harus menganalisis jumlah pensil warna masing-masing dan menemukan cara untuk membagi rata (4+2=6, dibagi 2 orang menjadi 3 pensil warna per orang). Memberikan 1 pensil warna adalah solusi paling sederhana.

7. Pada hari Minggu, keluarga Budi ingin pergi piknik. Ibu menyiapkan tikar, bekal makanan, dan bola. Apa kira-kira kegiatan utama yang akan mereka lakukan di tempat piknik berdasarkan barang yang dibawa Ibu?

  • A. Bermain air di sungai.
  • B. Membaca buku di perpustakaan.
  • C. Makan bersama dan bermain bola.
  • D. Berbelanja di pasar.
  • E. Tidur siang di rumah.
  • answer
Lihat Kunci Jawaban

Jawaban: C. Makan bersama dan bermain bola.

Pembahasan: Soal ini melatih kemampuan menganalisis (C4) petunjuk dari benda-benda yang dibawa dan menyimpulkan (C4) aktivitas yang mungkin dilakukan. Tikar dan bekal mengindikasikan makan bersama, sedangkan bola mengindikasikan bermain.

8. Di kelas, ada 3 botol minum berwarna biru dan 2 botol minum berwarna kuning. Guru meminta siswa yang memiliki botol minum berwarna biru untuk meletakkannya di meja paling depan. Berapa banyak botol minum yang akan ada di meja paling depan?

  • A. 2 botol.
  • B. 3 botol.
  • C. 5 botol.
  • D. 1 botol.
  • E. Tidak ada botol.
  • answer
Lihat Kunci Jawaban

Jawaban: B. 3 botol.

Pembahasan: Soal ini menguji kemampuan menganalisis (C4) informasi spesifik dari instruksi. Siswa harus mampu menyaring informasi yang relevan (hanya botol biru) dan mengabaikan informasi yang tidak relevan (botol kuning) untuk menjawab pertanyaan.

9. Jika kamu melihat sebuah buku cerita bergambar yang sampulnya berwarna-warni dan judulnya menarik, apa yang mungkin akan kamu lakukan selanjutnya?

  • A. Melemparkan buku itu.
  • B. Membaca buku itu.
  • C. Merobek sampulnya.
  • D. Mewarnai sampulnya lagi.
  • E. Menyembunyikan buku itu.
  • answer
Lihat Kunci Jawaban

Jawaban: B. Membaca buku itu.

Pembahasan: Soal ini melatih kemampuan mengevaluasi (C5) dan merespons secara logis terhadap stimulus. Sampul berwarna-warni dan judul menarik adalah daya tarik yang seharusnya mendorong seseorang untuk membaca buku tersebut, menunjukkan pemahaman fungsi buku.

10. Pagi ini, matahari bersinar sangat terang dan kamu merasa haus. Minuman apa yang paling cocok untuk kamu minum agar badanmu segar kembali?

  • A. Teh hangat.
  • B. Kopi panas.
  • C. Air es atau air putih dingin.
  • D. Susu hangat.
  • E. Sup panas.
  • answer
Lihat Kunci Jawaban

Jawaban: C. Air es atau air putih dingin.

Pembahasan: Soal ini menguji kemampuan menganalisis (C4) situasi (panas, haus) dan mengevaluasi (C5) pilihan minuman yang paling sesuai untuk menyegarkan diri, menunjukkan pemahaman dasar tentang kebutuhan tubuh.

11. Di rak buku, ada 6 buku cerita dan 3 buku pelajaran. Jika kamu hanya boleh meminjam 1 buku dan kamu ingin membaca cerita yang seru, buku jenis apa yang akan kamu pilih?

  • A. Buku pelajaran, agar pintar.
  • B. Buku cerita, karena ingin membaca cerita seru.
  • C. Buku cerita, karena jumlahnya lebih banyak.
  • D. Buku pelajaran, karena lebih tebal.
  • E. Tidak meminjam buku apa pun.
  • answer
Lihat Kunci Jawaban

Jawaban: B. Buku cerita, karena ingin membaca cerita seru.

Pembahasan: Soal ini melatih kemampuan menganalisis (C4) tujuan (ingin membaca cerita seru) dan mengevaluasi (C5) pilihan yang tersedia untuk mencapai tujuan tersebut. Siswa harus memahami perbedaan fungsi buku cerita dan buku pelajaran.

12. Ayah membawa pulang 7 buah jeruk. Kakak memakan 2 buah jeruk. Berapa sisa jeruk yang ada di rumah sekarang? Bagaimana kamu menghitungnya?

  • A. 9 jeruk, karena ditambah.
  • B. 5 jeruk, karena dikurangi.
  • C. 7 jeruk, karena tidak ada yang dimakan.
  • D. 2 jeruk, karena kakak memakan 2.
  • E. 10 jeruk, karena ayah membeli lagi.
  • answer
Lihat Kunci Jawaban

Jawaban: B. 5 jeruk, karena dikurangi.

Pembahasan: Soal ini menguji kemampuan menganalisis (C4) perubahan jumlah benda dan menerapkan operasi matematika dasar (pengurangan) untuk memecahkan masalah sederhana. Siswa harus memahami konsep 'sisa' berarti dikurangi.

13. Kamu sedang bermain di taman. Tiba-tiba awan menjadi gelap dan mulai turun gerimis. Apa yang sebaiknya kamu lakukan agar tidak kehujanan dan sakit?

  • A. Terus bermain.
  • B. Berlari pulang ke rumah atau mencari tempat berteduh.
  • C. Berteriak meminta hujan berhenti.
  • D. Menunggu sampai hujannya deras sekali.
  • E. Tidur di taman.
  • answer
Lihat Kunci Jawaban

Jawaban: B. Berlari pulang ke rumah atau mencari tempat berteduh.

Pembahasan: Soal ini melatih kemampuan menganalisis (C4) situasi (gerimis, potensi sakit) dan mengevaluasi (C5) tindakan pencegahan yang paling efektif untuk melindungi diri, menunjukkan pemahaman tentang keselamatan diri.

14. Jika kamu punya 5 kelereng dan ingin membaginya rata kepada 2 temanmu, apakah kamu bisa membaginya dengan adil tanpa ada sisa? Mengapa?

  • A. Bisa, karena 5 kelereng bisa dibagi 2.
  • B. Tidak bisa, karena 5 kelereng tidak bisa dibagi rata 2 tanpa sisa.
  • C. Bisa, setiap teman dapat 3 kelereng.
  • D. Tidak bisa, karena kelerengnya terlalu sedikit.
  • E. Bisa, setiap teman dapat 2 kelereng.
  • answer
Lihat Kunci Jawaban

Jawaban: B. Tidak bisa, karena 5 kelereng tidak bisa dibagi rata 2 tanpa sisa.

Pembahasan: Soal ini menguji kemampuan menganalisis (C4) konsep pembagian rata dan memahami (C4) bilangan ganjil/genap dalam konteks pembagian sederhana. Siswa harus menyadari bahwa 5 tidak bisa dibagi 2 secara sempurna tanpa sisa.

15. Pagi hari kamu bangun tidur, melihat jam menunjukkan pukul 06.00. Setelah itu kamu mandi dan sarapan. Apa kegiatan selanjutnya yang paling mungkin kamu lakukan?

  • A. Pergi tidur lagi.
  • B. Bermain game.
  • C. Bersiap-siap pergi ke sekolah.
  • D. Makan malam.
  • E. Menonton TV seharian.
  • answer
Lihat Kunci Jawaban

Jawaban: C. Bersiap-siap pergi ke sekolah.

Pembahasan: Soal ini melatih kemampuan menganalisis (C4) urutan kegiatan harian dan mengevaluasi (C5) kebiasaan yang sesuai dengan waktu (pukul 06.00 pagi) dan rutinitas sekolah.

16. Jika kamu diminta untuk menggambar rumah impianmu, apa saja bagian penting yang harus ada agar rumah itu bisa ditinggali dengan nyaman?

  • A. Hanya atap dan dinding saja.
  • B. Atap, dinding, pintu, jendela, dan lantai.
  • C. Hanya pintu saja.
  • D. Hanya jendela saja.
  • E. Tidak perlu ada apa-apa, cukup tanah kosong.
  • answer
Lihat Kunci Jawaban

Jawaban: B. Atap, dinding, pintu, jendela, dan lantai.

Pembahasan: Soal ini menguji kemampuan menganalisis (C4) komponen dasar sebuah rumah dan mengkreasi (C6) gambaran rumah yang fungsional. Siswa harus memahami elemen-elemen penting yang membuat sebuah rumah layak huni.

17. Kamu melihat temanmu membuang sampah sembarangan di halaman sekolah. Apa yang sebaiknya kamu katakan kepadanya?

  • A. Ikut membuang sampah sembarangan.
  • B. Diam saja dan tidak peduli.
  • C. 'Jangan buang sampah sembarangan, buanglah di tempat sampah!'
  • D. Menertawakannya.
  • E. Menyuruhnya membersihkan semua sampah di sekolah.
  • answer
Lihat Kunci Jawaban

Jawaban: C. ‘Jangan buang sampah sembarangan, buanglah di tempat sampah!’

Pembahasan: Soal ini melatih kemampuan mengevaluasi (C5) tindakan yang benar dan berani menyampaikan kebenaran dengan cara yang baik, menunjukkan pemahaman tentang kebersihan lingkungan dan etika sosial.

18. Di kelasmu, ada 8 kursi. Jika ada 6 siswa yang datang, berapa kursi yang tersisa dan tidak diduduki?

  • A. 14 kursi.
  • B. 2 kursi.
  • C. 6 kursi.
  • D. 8 kursi.
  • E. 0 kursi.
  • answer
Lihat Kunci Jawaban

Jawaban: B. 2 kursi.

Pembahasan: Soal ini menguji kemampuan menganalisis (C4) informasi tentang jumlah benda dan melakukan operasi pengurangan sederhana (8 – 6 = 2) untuk menemukan sisa.

19. Kamu melihat Ibu sedang menjemur pakaian di luar rumah. Tiba-tiba, langit menjadi mendung dan angin bertiup kencang. Apa yang sebaiknya kamu lakukan untuk membantu Ibu?

  • A. Masuk ke rumah dan bermain.
  • B. Membiarkan pakaian tetap dijemur.
  • C. Membantu Ibu mengangkat pakaian.
  • D. Menyiram tanaman.
  • E. Menonton TV.
  • answer
Lihat Kunci Jawaban

Jawaban: C. Membantu Ibu mengangkat pakaian.

Pembahasan: Soal ini melatih kemampuan menganalisis (C4) situasi (cuaca buruk) dan mengevaluasi (C5) tindakan yang tepat untuk membantu orang tua, menunjukkan inisiatif dan kepedulian.

20. Jika kamu punya 3 kue dan ingin membaginya kepada 3 temanmu agar masing-masing mendapatkan bagian yang sama, berapa kue yang didapatkan setiap teman?

  • A. 1 kue.
  • B. 2 kue.
  • C. 3 kue.
  • D. Setengah kue.
  • E. Tidak ada kue.
  • answer
Lihat Kunci Jawaban

Jawaban: A. 1 kue.

Pembahasan: Soal ini menguji kemampuan menganalisis (C4) konsep pembagian rata secara sederhana. Siswa harus memahami bahwa 3 kue dibagi untuk 3 teman berarti setiap teman mendapatkan 1 bagian.

B. Isian Singkat

1. Di dalam tas sekolahmu ada 2 buku dan 3 pensil. Jika kamu mengeluarkan 1 buku, berapa total benda yang masih ada di dalam tasmu sekarang? Jelaskan cara kamu menghitungnya!

Jawaban: Ada 4 benda. Awalnya ada 2 buku dan 3 pensil (2+3=5 benda). Setelah mengeluarkan 1 buku, berarti 5 dikurangi 1 menjadi 4 benda.

2. Sebutkan 3 hal yang bisa kamu lakukan di sekolah agar lingkungan tetap bersih dan rapi!

Jawaban: Membuang sampah pada tempatnya, merapikan meja dan kursi setelah belajar, tidak mencoret-coret dinding atau meja.

3. Jika ada 2 apel dan 3 jeruk di meja. Kamu hanya boleh mengambil buah yang berwarna merah. Buah apa yang akan kamu ambil dan berapa jumlahnya?

Jawaban: Saya akan mengambil apel, jumlahnya 2 buah.

4. Kamu melihat seorang adik kelasmu sedang menangis karena kehilangan mainannya. Apa yang akan kamu lakukan untuk menolongnya?

Jawaban: Saya akan mencoba bertanya mengapa ia menangis dan membantu mencarikan mainannya, atau memanggil guru jika tidak bisa menemukan.

5. Mengapa kita harus mengucapkan 'tolong' saat meminta bantuan dan 'terima kasih' setelah dibantu?

Jawaban: Agar kita menjadi anak yang sopan, menghargai orang lain, dan menunjukkan rasa syukur atas bantuan yang diberikan.

C. Uraian

1. Bayangkan kamu adalah seorang penjual buah. Kamu punya 4 buah pisang dan 5 buah mangga. Seorang pembeli ingin membeli semua buah yang jumlahnya paling sedikit. Buah apa yang akan kamu berikan? Mengapa? Lalu, berapa sisa buahmu setelah pembeli itu pergi?

Contoh Jawaban: Saya akan memberikan pisang kepada pembeli, karena jumlah pisang (4) lebih sedikit dari mangga (5). Setelah pembeli itu pergi, sisa buah saya adalah 5 buah mangga.

2. Jika kamu bisa membuat peraturan baru untuk kelasmu agar semua teman menjadi lebih rukun, peraturan apa yang akan kamu buat? Jelaskan mengapa peraturan itu penting!

Contoh Jawaban: Saya akan membuat peraturan 'Semua teman harus berbagi mainan saat istirahat'. Peraturan ini penting agar tidak ada teman yang berebut mainan dan semua bisa bermain bersama dengan senang hati, sehingga tidak ada yang merasa sedih.

3. Kamu punya 3 pensil warna merah dan 2 pensil warna biru. Jika kamu ingin menggambar langit dan awan, warna pensil mana yang akan kamu gunakan lebih banyak? Mengapa?

Contoh Jawaban: Saya akan menggunakan pensil warna biru lebih banyak untuk menggambar langit dan awan, karena langit dan awan biasanya berwarna biru atau putih. Warna merah tidak cocok untuk langit dan awan.

4. Ceritakan sebuah kegiatan yang bisa kamu lakukan bersama keluargamu di rumah pada hari libur, yang membuat semua anggota keluarga senang dan sehat!

Contoh Jawaban: Pada hari libur, saya dan keluarga bisa bermain sepeda bersama di taman dekat rumah. Ini membuat kami senang karena bisa berkumpul dan sehat karena bergerak dan menghirup udara segar. Setelah itu, kami bisa makan bekal bersama.

5. Jika kamu menemukan sebuah dompet berisi uang dan kartu nama di jalan saat pulang sekolah, apa yang akan kamu lakukan? Jelaskan langkah-langkahmu!

Contoh Jawaban: Langkah-langkah yang akan saya lakukan adalah: 1. Mengambil dompet itu dengan hati-hati. 2. Segera menyerahkannya kepada guru di sekolah atau orang dewasa yang saya kenal dan percaya, seperti orang tua. 3. Menceritakan di mana saya menemukan dompet itu. Saya tidak akan mengambil uangnya karena itu bukan milik saya.

D. Mencocokkan

Set 1. Cocokkan benda-benda berikut dengan tempat yang tepat untuk membuangnya!

Kulit pisang=>Tempat sampah organik
Botol plastik bekas=>Tempat sampah anorganik
Sisa makanan=>Tempat sampah organik
Kertas bekas=>Tempat sampah anorganik
Daun kering=>Tempat sampah organik

Set 2. Cocokkan kegiatan berikut dengan waktu yang paling tepat untuk melakukannya!

Pergi ke sekolah=>Pagi hari
Makan siang=>Siang hari
Tidur malam=>Malam hari
Bermain di taman=>Sore hari
Sarapan=>Pagi hari

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *