contoh soal hots sd kelas 1 bahasa indonesia

Posted on

Materi ini dirancang khusus untuk siswa Kelas 1 SD dalam Kurikulum Merdeka, berfokus pada pengembangan kemampuan berpikir tingkat tinggi (HOTS) dalam pelajaran Bahasa Indonesia. Melalui berbagai jenis soal seperti pilihan ganda, isian singkat, uraian, dan mencocokkan, siswa diajak untuk menganalisis, mengevaluasi, dan menciptakan ide-ide baru berdasarkan stimulus kontekstual dari kehidupan sehari-hari. Topik yang dibahas meliputi pengenalan huruf, kata, kalimat sederhana, pemahaman bacaan, serta penerapan nilai budi pekerti dalam interaksi sosial. Tujuannya adalah tidak hanya memahami bahasa, tetapi juga menggunakannya sebagai alat untuk berpikir kritis dan kreatif sejak dini.


A. Pilihan Ganda

1. Lani memiliki seekor kucing bernama Kitty. Kitty suka bermain bola dan tidur di dekat Lani. Suatu hari, Kitty tidak mau makan dan hanya bersembunyi di bawah meja. Lani sangat sedih melihat Kitty. Apa yang mungkin menyebabkan Kitty tidak mau makan dan bersembunyi?

  • A. Kitty sedang marah pada Lani.
  • B. Kitty sedang bermain petak umpet.
  • C. Kitty mungkin merasa tidak enak badan.
  • D. Kitty ingin tidur lebih lama.
  • E. Kitty tidak suka makanannya.
  • F. Kitty ingin bermain di luar rumah.
Lihat Kunci Jawaban

Jawaban: C. Kitty mungkin merasa tidak enak badan.

Pembahasan: Siswa diminta menganalisis situasi (Kitty tidak mau makan dan bersembunyi) dan mengidentifikasi kemungkinan penyebab yang paling logis dari pilihan yang ada, menunjukkan kemampuan inferensi sederhana (C4).

2. Adi melihat temannya, Siti, menangis karena pensilnya patah. Adi memiliki dua pensil. Jika Adi ingin menjadi teman yang baik, apa yang sebaiknya Adi lakukan?

  • A. Menertawakan Siti karena pensilnya patah.
  • B. Membiarkan Siti menangis sendirian.
  • C. Mengambil pensil Siti yang patah.
  • D. Memberikan salah satu pensilnya kepada Siti.
  • E. Menyuruh Siti untuk pulang.
  • F. Mengajak Siti bermain bola.
Lihat Kunci Jawaban

Jawaban: D. Memberikan salah satu pensilnya kepada Siti.

Pembahasan: Siswa diminta mengevaluasi tindakan yang paling tepat berdasarkan nilai kebaikan (menjadi teman yang baik) dalam situasi yang diberikan, menunjukkan kemampuan evaluasi (C5).

3. Gambar di samping menunjukkan seorang anak laki-laki yang sedang menyiram tanaman di kebun. Tanaman terlihat segar dan bunga-bunganya mekar indah. Jika anak itu berhenti menyiram tanamannya setiap hari, apa yang mungkin terjadi pada tanamannya?

  • A. Tanaman akan tumbuh lebih tinggi.
  • B. Tanaman akan layu dan mati.
  • C. Tanaman akan menghasilkan buah banyak.
  • D. Tanaman akan berubah warna.
  • E. Tanaman akan lebih banyak bunganya.
  • F. Tanaman akan menjadi pohon.
Lihat Kunci Jawaban

Jawaban: B. Tanaman akan layu dan mati.

Pembahasan: Siswa diminta untuk menganalisis hubungan sebab-akibat antara menyiram tanaman dan kondisi tanaman, serta memprediksi konsekuensi jika tindakan tersebut dihentikan (C4).

4. Pada hari Minggu, keluarga Budi pergi ke taman. Ibu membawa bekal makanan, Ayah membawa tikar, dan Budi membawa bola. Mereka makan bersama dan bermain. Jika Budi ingin menuliskan kegiatannya di buku harian, kalimat pembuka mana yang paling tepat?

  • A. Hari ini aku tidur.
  • B. Aku suka makan.
  • C. Hari Minggu yang menyenangkan di taman.
  • D. Bola itu bundar.
  • E. Keluarga Budi sangat besar.
  • F. Ayahku suka bekerja.
Lihat Kunci Jawaban

Jawaban: C. Hari Minggu yang menyenangkan di taman.

Pembahasan: Siswa diminta mengevaluasi kalimat pembuka yang paling sesuai untuk menceritakan pengalaman di taman, menunjukkan pemahaman konteks dan kemampuan memilih ekspresi yang tepat (C5).

5. Dina melihat banyak sampah berserakan di halaman sekolah setelah jam istirahat. Dina tidak suka melihat sampah. Apa ide terbaik yang bisa Dina lakukan untuk membuat halaman sekolah bersih kembali?

  • A. Membiarkan sampah begitu saja.
  • B. Menyuruh teman lain untuk membersihkan.
  • C. Mengajak teman-teman membersihkan sampah bersama.
  • D. Menunggu tukang bersih-bersih datang.
  • E. Menyembunyikan sampah di bawah meja.
  • F. Memarahi teman yang membuang sampah.
Lihat Kunci Jawaban

Jawaban: C. Mengajak teman-teman membersihkan sampah bersama.

Pembahasan: Siswa diminta mengevaluasi berbagai solusi untuk masalah kebersihan dan memilih tindakan kolaboratif yang paling efektif dan positif (C5).

6. Caca ingin membuat kartu ucapan selamat ulang tahun untuk ibunya. Ia ingin kartunya berisi gambar bunga dan tulisan 'Selamat Ulang Tahun, Ibu Tercinta'. Bahan apa yang paling penting disiapkan Caca agar kartunya jadi indah?

  • A. Bola dan tali.
  • B. Pensil warna dan kertas.
  • C. Mainan dan buku cerita.
  • D. Sendok dan garpu.
  • E. Sepatu dan kaus kaki.
  • F. Topi dan kacamata.
Lihat Kunci Jawaban

Jawaban: B. Pensil warna dan kertas.

Pembahasan: Siswa harus menganalisis kebutuhan untuk membuat kartu ucapan (gambar dan tulisan) dan memilih alat yang paling sesuai, menunjukkan pemahaman fungsional (C4).

7. Ketika membaca buku cerita tentang kura-kura dan kelinci, kura-kura selalu berjalan lambat tapi tidak pernah menyerah, sedangkan kelinci berlari cepat tapi suka beristirahat. Dari cerita ini, pelajaran apa yang bisa kamu ambil?

  • A. Kita harus selalu berlari cepat.
  • B. Lebih baik beristirahat daripada berjalan.
  • C. Jangan mudah menyerah dan terus berusaha.
  • D. Kura-kura lebih baik dari kelinci.
  • E. Kelinci tidak suka berteman.
  • F. Kura-kura suka berenang.
Lihat Kunci Jawaban

Jawaban: C. Jangan mudah menyerah dan terus berusaha.

Pembahasan: Siswa diminta menganalisis pesan moral atau pelajaran dari cerita sederhana (fabel), menunjukkan kemampuan inferensi dan pemahaman nilai (C4).

8. Jika kamu melihat adikmu ingin mengambil kue di meja tinggi dan dia tidak sampai, apa yang sebaiknya kamu lakukan agar adikmu bisa mengambil kue itu dengan aman?

  • A. Membiarkannya berusaha sendiri.
  • B. Mengambil kue itu dan memakannya sendiri.
  • C. Membantunya mengambil kue itu.
  • D. Menyuruhnya untuk tidak makan kue.
  • E. Menjauhkan kue dari adikmu.
  • F. Menangis bersama adikmu.
Lihat Kunci Jawaban

Jawaban: C. Membantunya mengambil kue itu.

Pembahasan: Siswa diminta mengevaluasi tindakan yang paling aman dan membantu dalam situasi tertentu, menunjukkan kemampuan pemecahan masalah sederhana dan empati (C5).

9. Pagi ini, sebelum berangkat sekolah, Rina membantu Ibu menyiram bunga. Setelah itu, Rina sarapan dan memakai seragam. Kegiatan mana yang dilakukan Rina sebelum sarapan?

  • A. Memakai seragam.
  • B. Menonton televisi.
  • C. Membaca buku.
  • D. Membantu Ibu menyiram bunga.
  • E. Bermain boneka.
  • F. Pergi ke sekolah.
Lihat Kunci Jawaban

Jawaban: D. Membantu Ibu menyiram bunga.

Pembahasan: Siswa diminta menganalisis urutan kejadian dalam cerita pendek dan mengidentifikasi kegiatan yang terjadi lebih dulu (C4).

10. Ani suka sekali buah apel. Ayah membelikan Ani dua buah apel merah dan tiga buah apel hijau. Ani ingin memberikan satu apel kepada adiknya. Apel mana yang sebaiknya Ani berikan jika dia ingin adiknya juga merasa senang dan tidak merasa dibedakan?

  • A. Apel merah yang paling besar.
  • B. Apel hijau yang paling kecil.
  • C. Apel apa saja yang paling dekat dengannya.
  • D. Apel yang sama dengan yang dia makan.
  • E. Apel yang sudah busuk.
  • F. Apel yang paling kotor.
Lihat Kunci Jawaban

Jawaban: D. Apel yang sama dengan yang dia makan.

Pembahasan: Siswa diminta mengevaluasi pilihan tindakan berdasarkan prinsip keadilan dan empati (membuat adik senang dan tidak merasa dibedakan), menunjukkan kemampuan evaluasi sosial (C5).

11. Ayah sedang membaca koran di teras. Tiba-tiba hujan turun dengan deras. Ayah bergegas masuk ke dalam rumah. Apa yang mungkin akan Ayah lakukan setelah masuk rumah?

  • A. Kembali membaca koran di teras.
  • B. Bermain hujan di luar.
  • C. Menutup pintu dan jendela.
  • D. Tidur siang di kamar.
  • E. Pergi ke toko.
  • F. Menyiram tanaman.
Lihat Kunci Jawaban

Jawaban: C. Menutup pintu dan jendela.

Pembahasan: Siswa diminta menganalisis situasi (hujan deras) dan memprediksi tindakan logis selanjutnya untuk melindungi diri dan rumah, menunjukkan inferensi sederhana (C4).

12. Jika kamu ingin mengucapkan terima kasih kepada temanmu yang sudah meminjamkan pensil, kalimat mana yang paling sopan kamu ucapkan?

  • A. 'Pensilmu bagus!'
  • B. 'Terima kasih, ya, sudah meminjamkan pensilmu.'
  • C. 'Aku pinjam lagi besok.'
  • D. 'Kembalikan pensilmu sekarang.'
  • E. 'Tidak perlu berterima kasih.'
  • F. 'Aku tidak suka pensil ini.'
Lihat Kunci Jawaban

Jawaban: B. ‘Terima kasih, ya, sudah meminjamkan pensilmu.’

Pembahasan: Siswa diminta mengevaluasi pilihan kalimat untuk mengungkapkan rasa terima kasih secara sopan, menunjukkan pemahaman etika berbahasa (C5).

13. Budi dan teman-temannya sedang bermain di lapangan. Tiba-tiba salah satu teman Budi terjatuh dan lututnya berdarah. Apa yang seharusnya Budi dan teman-temannya lakukan terlebih dahulu?

  • A. Menertawakan teman yang jatuh.
  • B. Melanjutkan bermain.
  • C. Membantu teman yang jatuh dan memanggil guru.
  • D. Menyuruh teman itu pulang sendiri.
  • E. Membiarkan teman itu menangis.
  • F. Berpura-pura tidak melihat.
Lihat Kunci Jawaban

Jawaban: C. Membantu teman yang jatuh dan memanggil guru.

Pembahasan: Siswa diminta menganalisis situasi darurat sederhana dan mengevaluasi tindakan prioritas yang paling bertanggung jawab dan membantu (C5).

14. Rina memiliki banyak mainan. Ada boneka, mobil-mobilan, dan balok susun. Rina bingung memilih mainan untuk dimainkan bersama adiknya. Jika adiknya masih sangat kecil, mainan mana yang paling aman dan cocok untuk dimainkan bersama?

  • A. Mobil-mobilan kecil dengan banyak bagian.
  • B. Boneka yang besar.
  • C. Balok susun yang besar dan berwarna-warni.
  • D. Mainan yang bisa dilempar.
  • E. Mainan yang tajam.
  • F. Mainan yang sangat kecil.
Lihat Kunci Jawaban

Jawaban: C. Balok susun yang besar dan berwarna-warni.

Pembahasan: Siswa diminta menganalisis karakteristik mainan dan mengevaluasi kesesuaiannya dengan usia adik yang masih kecil (keamanan dan kesesuaian), menunjukkan kemampuan evaluasi praktis (C5).

15. Jika kamu diminta membuat cerita pendek tentang hewan peliharaanmu, apa bagian pertama yang akan kamu ceritakan?

  • A. Mengapa hewan itu lucu.
  • B. Nama dan jenis hewan peliharaanmu.
  • C. Apa makanan kesukaan hewanmu.
  • D. Bagaimana hewanmu bermain.
  • E. Kapan hewanmu tidur.
  • F. Dimana hewanmu tinggal.
Lihat Kunci Jawaban

Jawaban: B. Nama dan jenis hewan peliharaanmu.

Pembahasan: Siswa diminta untuk mengkreasi struktur cerita sederhana dengan mengidentifikasi bagian pembuka yang logis, menunjukkan kemampuan menyusun ide (C6).

16. Ada sebuah gambar rumah dengan atap merah, dinding kuning, dan pintu biru. Di depan rumah ada pohon mangga. Jika kamu ingin menambahkan sesuatu agar rumah itu terlihat lebih indah dan ada tempat bermain, apa yang akan kamu tambahkan?

  • A. Pagar yang tinggi.
  • B. Kolam renang yang besar.
  • C. Ayunan di bawah pohon mangga.
  • D. Jemuran baju.
  • E. Tumpukan sampah.
  • F. Jalan raya di depan rumah.
Lihat Kunci Jawaban

Jawaban: C. Ayunan di bawah pohon mangga.

Pembahasan: Siswa diminta untuk mengkreasi atau menambahkan elemen baru pada gambar berdasarkan kriteria 'lebih indah' dan 'tempat bermain', menunjukkan kemampuan desain sederhana (C6).

17. Pada hari Sabtu, Nina membantu Ibu membersihkan rumah. Nina menyapu lantai, Ibu membersihkan jendela. Setelah rumah bersih, mereka beristirahat sambil minum teh. Manakah pernyataan yang paling tepat menggambarkan perasaan Nina dan Ibu setelah rumah bersih?

  • A. Merasa lelah dan sedih.
  • B. Merasa senang dan lega.
  • C. Merasa marah dan kesal.
  • D. Merasa bosan dan jenuh.
  • E. Merasa lapar dan haus.
  • F. Merasa ingin tidur.
Lihat Kunci Jawaban

Jawaban: B. Merasa senang dan lega.

Pembahasan: Siswa diminta menganalisis emosi yang mungkin dirasakan setelah menyelesaikan pekerjaan rumah tangga dan beristirahat, menunjukkan kemampuan inferensi emosi (C4).

18. Jika kamu ingin membuat poster tentang ajakan 'Mari Menjaga Kebersihan Lingkungan', gambar apa yang paling cocok untuk menarik perhatian teman-temanmu?

  • A. Gambar anak-anak bermain di tempat kotor.
  • B. Gambar bunga yang layu.
  • C. Gambar anak-anak membuang sampah pada tempatnya.
  • D. Gambar tempat sampah yang kosong.
  • E. Gambar rumah yang berantakan.
  • F. Gambar orang dewasa sedang bekerja.
Lihat Kunci Jawaban

Jawaban: C. Gambar anak-anak membuang sampah pada tempatnya.

Pembahasan: Siswa diminta untuk mengkreasi ide visual yang efektif untuk poster ajakan kebersihan, dengan mengevaluasi gambar mana yang paling positif dan persuasif (C6).

19. Setiap pagi, sebelum berangkat sekolah, Edo selalu berpamitan dan mencium tangan kedua orang tuanya. Tindakan Edo ini menunjukkan sikap apa?

  • A. Berani.
  • B. Malas.
  • C. Hormat.
  • D. Sedih.
  • E. Nakal.
  • F. Cepat.
Lihat Kunci Jawaban

Jawaban: C. Hormat.

Pembahasan: Siswa diminta menganalisis tindakan sosial (berpamitan dan mencium tangan) dan mengidentifikasi nilai atau sikap yang terkandung di dalamnya, menunjukkan pemahaman nilai moral (C4).

20. Di perpustakaan sekolah, ada banyak buku cerita yang menarik. Ada buku tentang hewan, tentang pahlawan, dan tentang petualangan. Jika kamu ingin membaca buku yang bisa membuatmu berani dan suka menolong, buku jenis apa yang akan kamu pilih?

  • A. Buku tentang hewan peliharaan.
  • B. Buku tentang pahlawan.
  • C. Buku tentang cara memasak.
  • D. Buku tentang angka-angka.
  • E. Buku tentang tidur.
  • F. Buku tentang tanaman.
Lihat Kunci Jawaban

Jawaban: B. Buku tentang pahlawan.

Pembahasan: Siswa diminta mengevaluasi jenis buku yang sesuai dengan tujuan tertentu (menjadi berani dan suka menolong), menunjukkan kemampuan memilih dan menghubungkan informasi (C5).

B. Isian Singkat

1. Lani dan Budi sedang bermain di taman. Tiba-tiba Lani tersandung dan terjatuh. Budi segera menolong Lani berdiri. Mengapa Budi menolong Lani?

Jawaban: Budi menolong Lani karena Budi adalah teman yang baik dan peduli.

2. Jika kamu melihat temanmu kesulitan membaca sebuah kata, apa yang akan kamu lakukan untuk membantunya?

Jawaban: Saya akan mencoba mengeja kata itu bersama teman saya, atau saya akan memberitahu teman saya cara membaca kata itu dengan sabar.

3. Setiap pagi, bunga di depan rumah terlihat segar. Sore hari, bunga itu terlihat sedikit layu. Mengapa bunga bisa terlihat layu di sore hari?

Jawaban: Bunga bisa terlihat layu karena di siang hari terkena panas matahari terus-menerus dan kekurangan air.

4. Kamu ingin membuat sebuah gambar pelangi. Warna apa saja yang perlu kamu siapkan agar pelangi terlihat indah dan lengkap?

Jawaban: Saya perlu menyiapkan warna merah, jingga, kuning, hijau, biru, nila, dan ungu.

5. Ani ingin bercerita tentang liburannya ke pantai. Dia ingin menceritakan pengalaman paling seru. Apa yang mungkin menjadi pengalaman paling seru saat liburan di pantai?

Jawaban: Pengalaman paling seru di pantai mungkin adalah bermain pasir, berenang di laut, atau melihat ikan-ikan kecil.

C. Uraian

1. Bayangkan kamu sedang berada di sebuah hutan yang indah. Kamu melihat seekor burung kecil jatuh dari sarangnya. Apa yang akan kamu lakukan? Ceritakan dalam 2-3 kalimat singkat.

Contoh Jawaban: Jika saya melihat burung kecil jatuh dari sarangnya, saya akan mencoba mengembalikannya ke sarang dengan hati-hati. Atau, saya akan memanggil orang dewasa (seperti guru atau orang tua) untuk meminta bantuan agar burung itu aman.

2. Kamu dan temanmu sedang bermain bersama. Tiba-tiba temanmu ingin bermain mainanmu, tetapi kamu masih ingin memainkannya. Bagaimana cara kamu menyelesaikan masalah ini agar kalian berdua tetap bisa bermain dengan senang?

Contoh Jawaban: Saya akan menawarkan untuk bermain mainan itu secara bergantian. Atau, saya akan mengajak teman saya bermain mainan lain yang bisa kami mainkan bersama. Saya juga bisa bilang 'Sebentar lagi ya, setelah ini giliranmu'.

3. Jika kamu bisa membuat satu aturan baru di sekolah agar semua teman merasa senang dan nyaman, aturan apa yang akan kamu buat? Jelaskan mengapa kamu memilih aturan itu.

Contoh Jawaban: Saya akan membuat aturan 'Semua teman harus saling membantu dan tidak boleh mengejek'. Saya memilih aturan ini agar tidak ada teman yang sedih atau merasa sendirian, dan semua bisa belajar dengan gembira.

4. Kamu baru saja selesai membaca buku cerita tentang seekor semut yang rajin. Setelah membaca cerita itu, apa pelajaran penting yang bisa kamu terapkan dalam kehidupan sehari-hari? Berikan satu contoh.

Contoh Jawaban: Pelajaran pentingnya adalah kita harus rajin dan tidak boleh malas. Contohnya, saya akan rajin belajar setiap hari dan tidak menunda tugas sekolah seperti semut yang rajin mencari makan.

5. Tuliskan 3 kalimat yang menggambarkan tentang 'sekolah impian' versimu. Apa saja yang ada di sana dan bagaimana perasaanmu saat berada di sekolah itu?

Contoh Jawaban: Sekolah impian saya punya banyak buku cerita dan tempat bermain yang luas. Ada banyak teman yang baik dan guru yang selalu tersenyum. Saya merasa sangat senang dan bersemangat setiap hari untuk belajar di sekolah impian itu.

D. Mencocokkan

Set 1. Cocokkan kata-kata di sebelah kiri dengan gambar atau makna yang paling sesuai di sebelah kanan.

Buku=>Tempat membaca atau belajar
Pensil=>Alat untuk menulis
Meja=>Tempat meletakkan barang saat belajar
Kursi=>Tempat untuk duduk
Tas=>Tempat membawa buku ke sekolah

Set 2. Cocokkan nama-nama hewan di sebelah kiri dengan suara yang biasa mereka keluarkan di sebelah kanan.

Kucing=>Meong-meong
Anjing=>Guk-guk
Ayam=>Petok-petok
Bebek=>Kwek-kwek
Sapi=>Mooo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *