Rangkuman materi ini akan membantu siswa Sekolah Dasar (SD) mengembangkan kemampuan berpikir kritis dan memecahkan masalah yang sering mereka hadapi dalam kehidupan sehari-hari. Kita akan belajar mengamati situasi, menganalisis informasi, membuat keputusan terbaik, dan memahami konsekuensi dari setiap pilihan. Melalui latihan soal-soal ini, siswa diajak untuk tidak hanya menghafal, tetapi juga menggunakan logika dan kreativitas untuk menemukan solusi yang tepat.
A. Pilihan Ganda
1. Pagi ini, Ibu meminta Budi membeli 3 buah apel, 2 buah jeruk, dan 1 sisir pisang di pasar. Sesampainya di pasar, Budi melihat ada diskon untuk buah apel jika membeli 5 buah atau lebih. Budi hanya punya uang pas untuk membeli sesuai daftar Ibu. Jika Budi ingin memanfaatkan diskon, tindakan terbaik apa yang harus ia lakukan?
- A. Membeli 3 apel, 2 jeruk, dan 1 pisang sesuai daftar ibu.
- B. Membeli 5 apel, 2 jeruk, dan 1 pisang dengan meminta uang tambahan pada ibu.
- C. Membeli 5 apel, 2 jeruk, dan 1 pisang dengan mengurangi jumlah pisang.
- D. Membeli 5 apel dan 2 jeruk saja, tidak membeli pisang.
- E. Membeli 3 apel, 2 jeruk, dan tidak membeli pisang karena ingin diskon apel.
Lihat Kunci Jawaban
Jawaban: B. Membeli 5 apel, 2 jeruk, dan 1 pisang dengan meminta uang tambahan pada ibu.
Pembahasan: Soal ini menguji kemampuan menganalisis (C4) situasi dan mengevaluasi (C5) pilihan. Pilihan A tidak memanfaatkan diskon. Pilihan C dan D tidak memenuhi semua kebutuhan Ibu. Pilihan E tidak memenuhi semua kebutuhan Ibu dan tidak bijak. Pilihan B adalah yang terbaik karena memenuhi semua kebutuhan Ibu dan memanfaatkan diskon, meskipun memerlukan koordinasi dengan Ibu, yang menunjukkan pemecahan masalah adaptif.
2. Siti dan teman-temannya sedang bermain di taman. Mereka melihat banyak sampah plastik berserakan di sekitar ayunan. Siti ingin taman kembali bersih agar nyaman digunakan. Apa tindakan paling efektif yang bisa Siti dan teman-temannya lakukan untuk mengatasi masalah ini?
- A. Membiarkan saja karena bukan tugas mereka.
- B. Mengeluh kepada orang dewasa di sekitar taman.
- C. Mengumpulkan sampah plastik dan membuangnya ke tempat sampah terdekat.
- D. Menulis poster larangan membuang sampah dan menempelkannya.
- E. Pulang ke rumah dan tidak bermain di taman lagi.
Lihat Kunci Jawaban
Jawaban: C. Mengumpulkan sampah plastik dan membuangnya ke tempat sampah terdekat.
Pembahasan: Soal ini melatih kemampuan mengevaluasi (C5) solusi. Pilihan A dan E adalah tindakan pasif. Pilihan B bisa dilakukan tetapi tidak langsung menyelesaikan masalah. Pilihan D adalah langkah pencegahan, tetapi tidak mengatasi masalah sampah yang sudah ada. Pilihan C adalah tindakan langsung dan paling efektif untuk membersihkan taman saat itu juga.
3. Andi memiliki 10 kelereng. Ia ingin berbagi dengan 2 temannya, Budi dan Cici, agar setiap anak mendapat jumlah yang sama. Namun, Andi ingin memiliki kelereng paling banyak di antara mereka bertiga. Bagaimana cara Andi membagi kelerengnya agar keinginannya terpenuhi dan teman-temannya tetap senang?
- A. Memberi Budi 3, Cici 3, dan Andi 4 kelereng.
- B. Memberi Budi 4, Cici 3, dan Andi 3 kelereng.
- C. Memberi Budi 2, Cici 2, dan Andi 6 kelereng.
- D. Memberi Budi 3, Cici 4, dan Andi 3 kelereng.
- E. Memberi Budi 5, Cici 5, dan Andi tidak punya kelereng.
Lihat Kunci Jawaban
Jawaban: A. Memberi Budi 3, Cici 3, dan Andi 4 kelereng.
Pembahasan: Soal ini menguji kemampuan menganalisis (C4) dan memecahkan masalah (C6) dengan mempertimbangkan beberapa kriteria. Andi ingin memiliki paling banyak, dan teman-temannya harus senang (mendapat bagian yang sama atau hampir sama). Pilihan A memenuhi kriteria tersebut: Andi (4) > Budi (3), Andi (4) > Cici (3), dan Budi serta Cici mendapatkan jumlah yang sama. Pilihan C terlalu timpang. Pilihan B dan D Andi tidak paling banyak. Pilihan E tidak sesuai keinginan Andi.
4. Setiap hari Senin, Rina mengikuti upacara bendera di sekolah. Setelah upacara, ia langsung masuk kelas untuk pelajaran pertama. Suatu hari, Rina bangun terlambat dan terburu-buru. Ia lupa membawa topi upacara. Apa dampak yang mungkin terjadi jika Rina tetap mengikuti upacara tanpa topi?
- A. Rina akan dimarahi guru karena tidak memakai topi.
- B. Rina akan merasa kepanasan karena terpapar sinar matahari langsung.
- C. Rina akan merasa malu karena berbeda dari teman-temannya.
- D. Rina tidak diperbolehkan mengikuti upacara.
- E. Semua jawaban di atas benar.
Lihat Kunci Jawaban
Jawaban: E. Semua jawaban di atas benar.
Pembahasan: Soal ini melatih kemampuan menganalisis (C4) dan memprediksi konsekuensi (C5) dari suatu tindakan. Tidak memakai topi saat upacara dapat menimbulkan berbagai dampak, baik dari segi aturan (dimarahi guru), kesehatan (kepanasan), maupun sosial (malu). Semua opsi A, B, C, dan D (tergantung aturan sekolah) adalah kemungkinan dampak yang valid.
5. Di rumahmu ada seekor kucing peliharaan. Setiap pagi kamu memberinya makan. Suatu pagi, kamu melihat kucingmu lesu dan tidak mau makan. Kamu juga melihat ada bekas muntahan di lantai. Sebagai pemilik kucing, apa tindakan pertama yang paling tepat kamu lakukan?
- A. Membiarkannya saja, mungkin nanti akan sembuh sendiri.
- B. Memberi makan lebih banyak agar kucingmu mau makan.
- C. Mencari informasi di internet tentang cara mengobati kucing sakit.
- D. Segera memberitahu orang tua agar kucing dibawa ke dokter hewan.
- E. Menawarkan makanan kesukaan kucing agar ia mau makan.
Lihat Kunci Jawaban
Jawaban: D. Segera memberitahu orang tua agar kucing dibawa ke dokter hewan.
Pembahasan: Soal ini menguji kemampuan menganalisis (C4) situasi dan mengevaluasi (C5) tindakan prioritas dalam keadaan darurat. Kucing yang lesu dan muntah menunjukkan gejala sakit serius yang memerlukan penanganan profesional. Pilihan A, B, E menunda penanganan. Pilihan C bisa dilakukan, tetapi tidak secepat dan seefektif membawa ke dokter hewan, apalagi untuk anak SD yang belum memiliki pengetahuan medis yang cukup.
6. Jadwal piket kelasmu adalah setiap hari Rabu. Hari ini hari Selasa, dan kamu melihat banyak sampah di bawah meja temanmu. Kamu tahu besok adalah jadwal piketmu. Apa yang sebaiknya kamu lakukan agar kelas tetap bersih dan nyaman?
- A. Menunggu sampai besok hari Rabu untuk membersihkan sampah tersebut.
- B. Meminta teman yang punya jadwal piket hari ini untuk membersihkannya.
- C. Membersihkan sampah itu sekarang agar kelas langsung bersih.
- D. Mengingatkan teman yang membuang sampah untuk membersihkannya.
- E. Melaporkan kepada guru bahwa ada sampah di kelas.
Lihat Kunci Jawaban
Jawaban: C. Membersihkan sampah itu sekarang agar kelas langsung bersih.
Pembahasan: Soal ini melatih kemampuan mengevaluasi (C5) dan mengambil inisiatif (C6) dalam menjaga kebersihan. Meskipun bukan jadwal piketnya, tindakan proaktif membersihkan sampah segera akan membuat kelas lebih nyaman tanpa menunggu. Pilihan A menunda kebersihan. Pilihan B dan D melibatkan orang lain dan mungkin tidak segera terlaksana. Pilihan E adalah solusi terakhir jika masalah tidak dapat diatasi sendiri.
7. Di sekolahmu akan diadakan lomba mewarnai. Kamu ingin ikut lomba dan mendapatkan hadiah pertama. Kamu tahu temanmu, Dina, sangat pandai mewarnai. Apa strategi terbaik yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan peluangmu memenangkan lomba?
- A. Bersembunyi dari Dina agar dia tidak melihat karyamu.
- B. Meminta Dina untuk mewarnai gambarmu.
- C. Berlatih mewarnai setiap hari dan meminta Dina memberikan masukan.
- D. Mengatakan kepada Dina bahwa kamu pasti akan menang.
- E. Mengajak Dina untuk tidak ikut lomba agar sainganmu berkurang.
Lihat Kunci Jawaban
Jawaban: C. Berlatih mewarnai setiap hari dan meminta Dina memberikan masukan.
Pembahasan: Soal ini menguji kemampuan menganalisis (C4) dan merencanakan (C6) strategi untuk mencapai tujuan. Pilihan A, B, D, E adalah tindakan yang tidak sportif atau tidak efektif untuk meningkatkan kemampuan diri. Pilihan C menunjukkan inisiatif, kerja keras, dan memanfaatkan sumber daya (teman yang ahli) untuk belajar dan berkembang, yang merupakan strategi terbaik.
8. Ayah meminta kamu membantu menyiram tanaman di kebun setiap sore. Hari ini, hujan turun sangat lebat sepanjang sore. Apa yang seharusnya kamu lakukan terkait tugas menyiram tanaman?
- A. Tetap menyiram tanaman seperti biasa agar tidak lupa.
- B. Menunda menyiram tanaman sampai besok pagi.
- C. Tidak menyiram tanaman sama sekali karena sudah hujan.
- D. Menyiram tanaman sedikit saja agar tidak terlalu basah.
- E. Memberi tahu Ayah bahwa tidak perlu menyiram tanaman karena sudah hujan.
Lihat Kunci Jawaban
Jawaban: E. Memberi tahu Ayah bahwa tidak perlu menyiram tanaman karena sudah hujan.
Pembahasan: Soal ini menguji kemampuan menganalisis (C4) situasi dan mengambil keputusan yang tepat (C5) berdasarkan kondisi lingkungan. Menyiram tanaman saat hujan lebat adalah tindakan yang tidak perlu dan bahkan bisa merugikan tanaman (kelebihan air). Mengkomunikasikan situasi kepada Ayah adalah tindakan yang bertanggung jawab dan menunjukkan pemahaman.
9. Kamu dan teman-temanmu sedang berdiskusi untuk menentukan permainan yang akan dimainkan saat istirahat. Ada yang ingin bermain petak umpet, ada yang ingin bermain lompat tali, dan ada yang ingin bermain bola. Agar semua teman merasa senang, apa cara terbaik untuk memilih permainan?
- A. Memutuskan sendiri permainan yang paling kamu suka.
- B. Mengajak teman yang paling dekat denganmu untuk mendukung pilihanmu.
- C. Melakukan voting atau undian untuk menentukan permainan.
- D. Memaksa teman-teman untuk mengikuti pilihan mayoritas.
- E. Bermain sendiri jika pilihanmu tidak terpilih.
Lihat Kunci Jawaban
Jawaban: C. Melakukan voting atau undian untuk menentukan permainan.
Pembahasan: Soal ini melatih kemampuan mengevaluasi (C5) dan menciptakan (C6) solusi untuk masalah sosial. Pilihan A, B, D, E tidak adil atau tidak mempromosikan kebersamaan. Melakukan voting atau undian adalah cara yang adil dan demokratis untuk mengambil keputusan kelompok agar semua merasa suaranya didengar, meskipun pilihannya tidak selalu menang.
10. Di perpustakaan sekolah, kamu melihat seorang adik kelas sedang kesulitan mencari buku cerita yang ingin dia baca. Adik kelas itu tampak bingung dan hampir menangis. Apa yang sebaiknya kamu lakukan untuk membantu adik kelasmu?
- A. Mengabaikannya karena itu bukan urusanmu.
- B. Menertawakan karena dia tidak bisa mencari buku sendiri.
- C. Menanyakan buku apa yang dicari dan membantunya menemukan.
- D. Melaporkan kepada petugas perpustakaan untuk membantunya.
- E. Menyuruhnya untuk mencari buku di bagian lain.
Lihat Kunci Jawaban
Jawaban: C. Menanyakan buku apa yang dicari dan membantunya menemukan.
Pembahasan: Soal ini menguji kemampuan menganalisis (C4) situasi sosial dan menunjukkan empati (C5). Pilihan A dan B tidak menunjukkan sikap tolong-menolong. Pilihan D bisa dilakukan, tetapi membantu langsung adalah tindakan yang lebih cepat dan personal. Pilihan E tidak membantu secara efektif. Pilihan C adalah tindakan paling langsung dan baik untuk membantu adik kelas.
11. Pohon mangga di halaman rumahmu berbuah sangat lebat. Banyak mangga yang jatuh ke tanah dan busuk jika tidak segera diambil. Kamu ingin agar mangga-mangga itu tidak terbuang sia-sia. Apa ide paling kreatif yang bisa kamu lakukan dengan mangga-mangga tersebut?
- A. Membiarkan saja mangga-mangga itu busuk di tanah.
- B. Membuang semua mangga busuk ke tempat sampah.
- C. Mengajak teman-teman untuk makan mangga bersama di rumah.
- D. Membuat jus mangga dan menjualnya kepada tetangga.
- E. Memberikan mangga kepada tetangga yang membutuhkan.
Lihat Kunci Jawaban
Jawaban: D. Membuat jus mangga dan menjualnya kepada tetangga.
Pembahasan: Soal ini menguji kemampuan mengkreasi (C6) solusi dari masalah. Pilihan A dan B tidak memanfaatkan mangga. Pilihan C dan E adalah solusi yang baik, tetapi pilihan D lebih kreatif karena mengubah mangga menjadi produk yang memiliki nilai jual, sekaligus mengajarkan konsep kewirausahaan sederhana dan mengurangi pemborosan.
12. Kamu sedang berjalan pulang sekolah dan melihat seekor anak kucing terjebak di selokan. Air di selokan tidak terlalu dalam, tapi kamu tidak bisa meraihnya. Apa tindakan paling aman dan efektif yang bisa kamu lakukan untuk menyelamatkan anak kucing itu?
- A. Melompat ke selokan dan mencoba mengambil kucing itu.
- B. Meminta tolong kepada orang dewasa yang lewat di jalan.
- C. Meninggalkan kucing itu dan berharap ada orang lain yang menolong.
- D. Mencoba mendorong kucing itu dengan ranting panjang.
- E. Pulang ke rumah dan menceritakan kejadian itu kepada orang tua.
Lihat Kunci Jawaban
Jawaban: B. Meminta tolong kepada orang dewasa yang lewat di jalan.
Pembahasan: Soal ini menguji kemampuan menganalisis (C4) risiko dan mengambil keputusan (C5) yang aman. Melompat ke selokan (A) bisa berbahaya. Meninggalkan (C) tidak bertanggung jawab. Mendorong dengan ranting (D) bisa melukai kucing atau tidak efektif. Pulang (E) menunda pertolongan. Meminta tolong orang dewasa (B) adalah tindakan paling aman dan efektif karena orang dewasa memiliki kekuatan dan kemampuan lebih untuk menolong.
13. Di sekolahmu, ada peraturan untuk selalu membuang sampah pada tempatnya. Kamu melihat temanmu membuang bungkus permen sembarangan di halaman. Apa yang sebaiknya kamu lakukan untuk mengingatkan temanmu tanpa membuatnya tersinggung?
- A. Diam saja karena takut temanmu marah.
- B. Langsung mengambil sampah itu dan membuangnya ke tempat sampah tanpa bicara.
- C. Menegurnya dengan suara keras di depan teman-teman lain.
- D. Mendekatinya, lalu berkata, 'Eh, bungkus permenmu jatuh tuh, yuk buang ke tempat sampah.'
- E. Melaporkan kepada guru bahwa temanmu membuang sampah sembarangan.
Lihat Kunci Jawaban
Jawaban: D. Mendekatinya, lalu berkata, ‘Eh, bungkus permenmu jatuh tuh, yuk buang ke tempat sampah.’
Pembahasan: Soal ini menguji kemampuan mengevaluasi (C5) cara berkomunikasi yang efektif dan berempati. Pilihan A dan B tidak menyelesaikan masalah edukasi. Pilihan C akan membuat teman tersinggung. Pilihan E adalah langkah terakhir. Pilihan D adalah cara paling sopan dan persuasif untuk mengingatkan teman tanpa membuatnya merasa dihakimi.
14. Keluargamu berencana pergi piknik ke pantai. Sebelum berangkat, Ibu meminta kamu membantu menyiapkan bekal. Kamu harus memilih buah-buahan yang mudah dibawa dan tidak mudah busuk di perjalanan. Buah mana yang paling cocok kamu pilih?
- A. Pisang dan anggur.
- B. Mangga dan stroberi.
- C. Apel dan jeruk.
- D. Semangka dan melon.
- E. Durian dan rambutan.
Lihat Kunci Jawaban
Jawaban: C. Apel dan jeruk.
Pembahasan: Soal ini menguji kemampuan menganalisis (C4) sifat benda dan mengevaluasi (C5) pilihan berdasarkan kriteria tertentu (mudah dibawa, tidak mudah busuk). Pisang (A) mudah lembek. Mangga dan stroberi (B) mudah penyok dan busuk. Semangka dan melon (D) terlalu besar dan berat. Durian dan rambutan (E) berbau kuat dan kulitnya merepotkan. Apel dan jeruk (C) adalah pilihan terbaik karena kulitnya kuat, tidak mudah busuk, dan mudah dibawa.
15. Kamu ingin membuat layang-layang sendiri. Bahan-bahan yang kamu punya adalah kertas koran, lidi, lem, dan gunting. Setelah jadi, layang-layangmu tidak bisa terbang tinggi dan terus berputar-putar. Apa masalah paling mungkin yang menyebabkan layang-layangmu tidak bisa terbang dengan baik?
- A. Kertas koran terlalu tipis.
- B. Lem yang digunakan tidak kuat.
- C. Bentuk layang-layang tidak seimbang.
- D. Gunting yang digunakan kurang tajam.
- E. Lidi yang digunakan terlalu banyak.
Lihat Kunci Jawaban
Jawaban: C. Bentuk layang-layang tidak seimbang.
Pembahasan: Soal ini menguji kemampuan menganalisis (C4) sebab-akibat. Jika layang-layang berputar-putar dan tidak terbang tinggi, kemungkinan besar masalahnya adalah ketidakseimbangan bentuk atau berat. Pilihan A, B, D, E kurang relevan dengan masalah 'berputar-putar dan tidak terbang tinggi'.
16. Di kelasmu, ada tugas kelompok untuk membuat mading (majalah dinding) tentang kebersihan lingkungan. Setiap anggota harus berkontribusi. Sebagai ketua kelompok, apa cara terbaik untuk memastikan semua anggota berpartisipasi aktif?
- A. Memberikan semua tugas kepada anggota yang paling pintar.
- B. Membagi tugas secara adil dan sesuai minat masing-masing anggota.
- C. Membiarkan anggota memilih tugas mereka sendiri tanpa arahan.
- D. Mengancam akan melaporkan kepada guru jika ada yang tidak bekerja.
- E. Membuat semua tugas menjadi satu bagian agar cepat selesai.
Lihat Kunci Jawaban
Jawaban: B. Membagi tugas secara adil dan sesuai minat masing-masing anggota.
Pembahasan: Soal ini menguji kemampuan mengkreasi (C6) strategi kepemimpinan dan manajemen kelompok. Pilihan A tidak adil dan tidak melatih semua anggota. Pilihan C bisa menyebabkan kebingungan. Pilihan D adalah ancaman, bukan motivasi. Pilihan E tidak memungkinkan partisipasi aktif. Membagi tugas secara adil dan sesuai minat (B) adalah cara terbaik untuk mendorong partisipasi aktif dan hasil yang optimal.
17. Kamu melihat temanmu, Edo, sedang kesulitan mengerjakan soal matematika. Edo terlihat sangat bingung dan frustrasi. Kamu sudah selesai mengerjakan tugasmu. Apa tindakan paling bijaksana yang bisa kamu lakukan untuk membantu Edo?
- A. Memberitahu Edo semua jawaban soalnya.
- B. Membiarkan Edo mencari tahu sendiri agar mandiri.
- C. Menawarkan bantuan dengan menjelaskan cara mengerjakan soal yang Edo tidak mengerti.
- D. Mengejek Edo karena tidak bisa mengerjakan soal.
- E. Mengajak Edo bermain agar dia tidak stres dengan soalnya.
Lihat Kunci Jawaban
Jawaban: C. Menawarkan bantuan dengan menjelaskan cara mengerjakan soal yang Edo tidak mengerti.
Pembahasan: Soal ini menguji kemampuan menganalisis (C4) dan mengevaluasi (C5) tindakan membantu. Memberikan jawaban (A) tidak membantu Edo belajar. Membiarkan (B) atau mengejek (D) tidak etis. Mengajak bermain (E) menunda masalah. Menjelaskan cara (C) adalah cara paling efektif untuk membantu Edo memahami materi dan meningkatkan kemampuannya.
18. Di sekolahmu, ada program menanam pohon. Setiap siswa diminta membawa satu bibit pohon. Kamu punya bibit mangga dan bibit jambu. Kamu tahu bahwa pohon mangga akan tumbuh sangat besar dan tinggi, sedangkan pohon jambu tidak terlalu besar. Jika kamu ingin menanam pohon yang memberikan banyak buah dan tidak memakan terlalu banyak tempat di area sekolah yang terbatas, bibit mana yang sebaiknya kamu pilih?
- A. Bibit mangga, karena buahnya lebih enak.
- B. Bibit jambu, karena tidak terlalu besar dan tetap menghasilkan buah.
- C. Bibit mangga, karena bisa memberikan keteduhan yang lebih luas.
- D. Bibit jambu, karena lebih mudah perawatannya.
- E. Keduanya sama saja, yang penting menanam pohon.
Lihat Kunci Jawaban
Jawaban: B. Bibit jambu, karena tidak terlalu besar dan tetap menghasilkan buah.
Pembahasan: Soal ini menguji kemampuan menganalisis (C4) informasi dan mengevaluasi (C5) pilihan berdasarkan kriteria ganda (banyak buah, tidak makan tempat). Mangga (A, C) memang enak dan teduh tapi terlalu besar untuk area terbatas. Jambu (B) memenuhi kriteria 'tidak terlalu besar' dan 'menghasilkan buah'. Perawatan (D) tidak disebutkan sebagai kriteria utama. Pilihan E mengabaikan kriteria yang diberikan.
19. Kamu dan keluarga sedang melakukan perjalanan jauh dengan mobil. Di tengah perjalanan, ban mobil kempes. Ayah mencoba mengganti ban, tetapi ternyata ban serepnya juga kempes. Tidak ada bengkel terdekat. Apa tindakan paling logis yang harus Ayahmu lakukan dalam situasi ini?
- A. Memaksakan mobil berjalan dengan ban kempes.
- B. Meninggalkan mobil di pinggir jalan dan mencari bantuan jalan kaki.
- C. Mencoba meminta bantuan kepada pengendara lain yang lewat.
- D. Menunggu sampai ada bengkel yang lewat secara kebetulan.
- E. Menelepon teman atau kerabat untuk meminta dijemput.
Lihat Kunci Jawaban
Jawaban: C. Mencoba meminta bantuan kepada pengendara lain yang lewat.
Pembahasan: Soal ini menguji kemampuan menganalisis (C4) situasi darurat dan mengevaluasi (C5) solusi yang paling efektif dan aman. Memaksakan jalan (A) berbahaya. Meninggalkan mobil (B) tidak aman. Menunggu (D) tidak efisien. Menelepon kerabat (E) mungkin memakan waktu lama. Meminta bantuan pengendara lain (C) adalah respons paling cepat dan logis untuk mencari pertolongan di jalan.
20. Di kelasmu ada teman baru yang berasal dari kota lain. Dia terlihat kesulitan beradaptasi dan sering menyendiri saat istirahat. Apa cara terbaik untuk membantu teman barumu agar merasa nyaman dan memiliki teman?
- A. Membiarkannya sampai dia sendiri yang berani bergabung.
- B. Memintanya untuk bercerita tentang kota asalnya di depan kelas.
- C. Mengajaknya bergabung dalam permainan atau kegiatan kelompok saat istirahat.
- D. Memberi tahu teman-teman lain untuk tidak mendekatinya dulu.
- E. Memberikan hadiah agar dia senang.
Lihat Kunci Jawaban
Jawaban: C. Mengajaknya bergabung dalam permainan atau kegiatan kelompok saat istirahat.
Pembahasan: Soal ini menguji kemampuan menganalisis (C4) kebutuhan sosial dan mengkreasi (C6) solusi inklusif. Membiarkan (A) tidak membantu. Memintanya bercerita (B) bisa membuatnya semakin canggung. Mencegah teman lain mendekat (D) malah mengisolasi. Memberi hadiah (E) tidak menyelesaikan masalah adaptasi sosial. Mengajak bergabung (C) adalah cara paling efektif dan langsung untuk membuatnya merasa diterima dan memiliki teman.
B. Isian Singkat
1. Bayangkan kamu adalah penjaga kebun binatang. Suatu hari, kamu melihat salah satu kandang hewan terbuka sedikit dan hewannya bisa keluar. Apa tindakan prioritasmu dan mengapa?
Jawaban: Tindakan prioritas saya adalah segera menutup kembali kandang tersebut dan memastikan terkunci dengan aman. Alasannya, untuk mencegah hewan kabur yang bisa membahayakan hewan itu sendiri atau pengunjung kebun binatang.
2. Di rumahmu ada tumpukan koran bekas yang tidak terpakai. Daripada dibuang, sebutkan dua ide kreatif yang bisa kamu lakukan dengan koran bekas tersebut dan mengapa ide-ide itu bermanfaat!
Jawaban: Dua ide kreatif: 1) Membuat kerajinan tangan seperti tempat pensil atau bingkai foto. Ini bermanfaat karena mengurangi sampah dan menghasilkan barang baru yang berguna. 2) Menggunakan koran sebagai alas kandang hewan peliharaan atau pembungkus barang pecah belah. Ini bermanfaat karena koran menyerap cairan dan melindungi barang, sekaligus mendaur ulang.
3. Kamu melihat temanmu sedang menyontek saat ulangan. Apa yang sebaiknya kamu lakukan dan mengapa tindakanmu itu penting?
Jawaban: Saya akan mencoba mengingatkan teman saya secara pribadi setelah ulangan selesai, bahwa menyontek itu tidak jujur dan merugikan dirinya sendiri karena tidak belajar. Tindakan ini penting untuk menjunjung tinggi kejujuran dan membantu teman memahami pentingnya belajar mandiri.
4. Jika kamu sedang berjalan di taman kota dan melihat ada air keran yang mengalir terus-menerus padahal tidak ada orang yang menggunakannya, apa yang akan kamu lakukan untuk mengatasi pemborosan air ini?
Jawaban: Saya akan segera menutup keran air tersebut. Jika keran rusak dan tidak bisa ditutup, saya akan mencari orang dewasa di sekitar taman atau petugas kebersihan untuk melaporkan masalah ini agar segera diperbaiki.
5. Di sekolahmu, ada banyak teman yang sering terlambat datang ke kelas setelah istirahat. Akibatnya, pelajaran sering terganggu. Apa satu solusi sederhana yang bisa kamu usulkan untuk mengatasi masalah ini?
Jawaban: Satu solusi sederhana adalah memasang bel peringatan 5 menit sebelum bel masuk kelas berbunyi, agar teman-teman punya waktu untuk kembali ke kelas dan bersiap-siap.
C. Uraian
1. Bayangkan kamu adalah kepala regu piket di kelasmu. Setiap hari Jumat, ada tugas membersihkan halaman sekolah. Namun, beberapa anggota regu piket sering tidak datang atau tidak mau bekerja. Bagaimana kamu akan menyusun strategi agar semua anggota regu piket mau bekerja sama dan halaman sekolah selalu bersih?
Contoh Jawaban: Sebagai kepala regu piket, saya akan melakukan beberapa strategi: 1. **Pembagian Tugas yang Jelas dan Adil:** Saya akan membuat daftar tugas yang spesifik (misalnya, menyapu, membuang sampah, membersihkan selokan) dan membagi rata kepada semua anggota. Setiap orang tahu apa yang harus dikerjakan. 2. **Mengingatkan dan Mengajak Langsung:** Sebelum hari Jumat, saya akan mengingatkan semua anggota tentang jadwal piket. Saat piket, saya akan mengajak mereka dengan ramah dan memberikan contoh dengan bekerja lebih dulu. 3. **Membuat Jadwal Bergilir:** Jika ada yang sering bolos, saya akan mencoba membuat jadwal bergilir agar semua merasa punya tanggung jawab yang sama dan tidak merasa dibebani. 4. **Memberi Apresiasi:** Setelah selesai piket, saya akan mengucapkan terima kasih kepada anggota yang bekerja keras dan mungkin mengusulkan kepada guru untuk memberikan sedikit apresiasi kepada regu piket yang rajin. 5. **Berdiskusi dengan Guru:** Jika masalah tetap berlanjut, saya akan berdiskusi dengan guru wali kelas untuk mencari solusi bersama, mungkin dengan melibatkan guru dalam pengawasan atau memberikan konsekuensi yang mendidik.
2. Rina ingin membuat kue untuk ulang tahun ibunya. Dia punya resep dan semua bahan yang dibutuhkan. Namun, oven di rumahnya rusak. Bagaimana Rina bisa tetap membuat kue ulang tahun yang spesial untuk ibunya tanpa menggunakan oven? Jelaskan langkah-langkah dan bahan pengganti yang mungkin dia butuhkan.
Contoh Jawaban: Rina bisa membuat kue ulang tahun tanpa oven dengan beberapa cara: 1. **Membuat Kue Kukus:** Rina bisa mengubah resep kue panggang menjadi kue kukus. Dia akan membutuhkan panci kukusan. Langkah-langkahnya mirip, hanya saja adonan akan dimasak dengan cara dikukus hingga matang. Hasilnya adalah kue yang lembut dan moist. 2. **Membuat Kue Tanpa Bakar (No-Bake Cake):** Rina bisa membuat kue yang tidak memerlukan proses pemanggangan sama sekali. Contohnya: * **Kue Oreo Tanpa Bakar:** Menggunakan biskuit Oreo yang dihancurkan sebagai dasar, dicampur mentega leleh, lalu diberi lapisan krim keju atau whipped cream, dan didinginkan di kulkas. * **Puding Lapis:** Membuat beberapa lapis puding dengan rasa berbeda, lalu disusun dan didinginkan. * **Cheesecake Dingin:** Menggunakan dasar biskuit, lalu adonan krim keju yang dicampur gelatin atau agar-agar, dan didinginkan. Bahan pengganti yang mungkin dibutuhkan adalah panci kukusan (untuk kue kukus) atau gelatin/agar-agar (untuk kue tanpa bakar yang set), serta bahan-bahan untuk lapisan krim atau topping yang tidak perlu dimasak.
3. Di lingkungan rumahmu, sering terjadi banjir saat hujan deras karena selokan tersumbat sampah. Sebagai warga yang peduli, apa saja langkah konkret yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi masalah ini, dimulai dari hal kecil yang bisa kamu lakukan sendiri hingga mengajak orang lain?
Contoh Jawaban: Sebagai warga yang peduli, langkah konkret yang bisa saya lakukan: 1. **Membersihkan Sampah di Sekitar Rumah Sendiri:** Saya akan memastikan area selokan di depan rumah saya bersih dari sampah dan dedaunan yang bisa menyumbat. 2. **Membuang Sampah pada Tempatnya:** Saya akan selalu membuang sampah rumah tangga pada tempatnya, tidak pernah ke selokan atau sungai. 3. **Mengajak Keluarga:** Saya akan mengajak anggota keluarga untuk ikut serta membersihkan lingkungan sekitar rumah dan selalu membuang sampah pada tempatnya. 4. **Mengajak Teman dan Tetangga (Gotong Royong Kecil):** Saya bisa mengajak beberapa teman atau tetangga terdekat untuk melakukan kegiatan bersih-bersih selokan bersama di lingkungan sekitar. Saya bisa mengusulkan ide ini kepada RT/RW untuk mengadakan kerja bakti rutin. 5. **Membuat Poster atau Spanduk Kecil:** Dengan izin orang tua, saya bisa membuat poster atau spanduk sederhana berisi ajakan 'Jangan Buang Sampah di Selokan' dan menempelkannya di tempat-tempat strategis. 6. **Melaporkan Sampah Besar:** Jika saya melihat ada tumpukan sampah besar atau benda yang menyumbat selokan dan tidak bisa saya bersihkan sendiri, saya akan melaporkannya kepada orang dewasa, ketua RT/RW, atau petugas kebersihan.
4. Kamu adalah seorang 'detektif cilik' yang bertugas memecahkan misteri hilangnya pensil favorit temanmu, Dani. Dani terakhir kali melihat pensilnya di atas meja saat istirahat. Setelah istirahat, pensil itu hilang. Apa saja pertanyaan penting yang akan kamu ajukan dan langkah-langkah penyelidikan yang akan kamu lakukan untuk menemukan pensil Dani?
Contoh Jawaban: Sebagai detektif cilik, saya akan melakukan langkah-langkah penyelidikan dan mengajukan pertanyaan: **Pertanyaan Penting:** 1. **Kapan dan di mana terakhir kali Dani melihat pensilnya?** (Untuk mengetahui waktu dan lokasi hilangnya pensil). 2. **Siapa saja yang berada di dekat meja Dani saat istirahat?** (Mungkin ada yang melihat atau mengambil tidak sengaja). 3. **Apakah Dani ingat membawa pensilnya ke suatu tempat lain setelah itu (misalnya ke kantin, toilet, atau tempat bermain)?** (Untuk memperluas area pencarian). 4. **Apakah ada teman lain yang punya pensil mirip milik Dani?** (Untuk menghindari salah sangka). 5. **Apakah ada yang melihat pensil Dani jatuh ke lantai atau ke bawah meja?** (Mungkin hanya terjatuh). **Langkah-langkah Penyelidikan:** 1. **Periksa Area Sekitar Meja Dani:** Mencari di bawah meja, di laci, atau di sekitar kursi. 2. **Tanyakan Teman-teman yang Berada di Dekat Dani:** Bertanya dengan sopan apakah mereka melihat pensil Dani atau tidak sengaja mengambilnya. 3. **Periksa Tempat-tempat yang Mungkin Dikunjungi Dani:** Jika Dani ingat pernah pergi ke tempat lain, periksa di sana. 4. **Cari Tanda-tanda:** Apakah ada pensil lain yang tergeletak di tempat yang tidak biasa? 5. **Minta Bantuan Guru:** Jika setelah semua langkah tidak ditemukan, saya akan membantu Dani melaporkan kepada guru.
5. Sekolahmu ingin mengadakan acara 'Hari Bebas Plastik' untuk mengurangi sampah plastik. Kamu diminta untuk membuat poster ajakan yang menarik dan mudah dipahami oleh teman-teman SD. Buatlah ide isi poster tersebut (gambar, tulisan utama, dan pesan penting) agar teman-temanmu tergerak untuk ikut serta.
Contoh Jawaban: Ide isi poster 'Hari Bebas Plastik' untuk teman-teman SD: **Gambar Utama:** * Anak-anak SD ceria sedang bermain di lingkungan sekolah yang bersih, tanpa sampah plastik. Di tangan mereka ada botol minum isi ulang dan kotak bekal makanan. * Atau gambar bumi yang tersenyum karena bebas dari sampah plastik, dengan beberapa hewan laut yang juga tersenyum. **Tulisan Utama (Judul Besar):** * 'Sekolah Kita BEBAS PLASTIK! Yuk, Bisa Yuk!' * 'Selamatkan Bumi, Mulai dari Sekolah Kita!' **Pesan Penting (dengan bahasa sederhana dan poin-poin):** * **'Kenapa harus BEBAS PLASTIK?'** * Plastik bikin lingkungan kotor. * Plastik bikin hewan sakit. * Plastik susah hilang dari bumi. * **'Gampang kok caranya!'** * Bawa botol minum sendiri dari rumah. * Bawa kotak bekal makanan, jangan pakai bungkus plastik. * Bawa tas belanja sendiri kalau jajan di kantin. * Buang sampah pada tempatnya (kalau terpaksa pakai plastik). * **'Ayo, jadi pahlawan lingkungan!'** * Sekolah bersih, kita senang! * Bumi sehat, kita bahagia! **Warna:** Cerah dan menarik perhatian anak-anak (misalnya hijau, biru, kuning).
D. Mencocokkan
Set 1. Cocokkan masalah di kolom kiri dengan solusi yang paling tepat di kolom kanan.
| Suara TV terlalu kencang | => | Mengecilkan volume |
| Adik menangis karena lapar | => | Memberi makan adik |
| Buku-buku di meja berantakan | => | Merapikan buku di rak |
| Cuaca panas sekali di siang hari | => | Minum air putih yang banyak |
| Ban sepeda kempes tidak bisa dipakai | => | Memompa ban sepeda |
Set 2. Cocokkan tindakan di kolom kiri dengan dampak yang mungkin terjadi di kolom kanan.
| Membuang sampah pada tempatnya | => | Lingkungan bersih dan sehat |
| Tidak mencuci tangan sebelum makan | => | Mudah sakit perut |
| Rajin belajar setiap hari | => | Mendapat nilai bagus saat ulangan |
| Berbagi mainan dengan teman | => | Punya banyak teman yang menyayangi |
| Menyiram tanaman setiap hari | => | Tanaman tumbuh subur dan berbunga |