Bank Soal TOEFL Bahasa Inggris Lengkap: Latihan dan Pembahasan Mendalam

Posted on

Bank Soal TOEFL Bahasa Inggris Lengkap: Latihan dan Pembahasan Mendalam

Apakah Anda sedang mempersiapkan diri untuk menghadapi ujian TOEFL? Ujian TOEFL (Test of English as a Foreign Language) adalah standar global untuk mengukur kemampuan berbahasa Inggris non-penutur asli, sangat penting untuk studi di luar negeri, beasiswa, atau bahkan karier profesional. Untuk mencapai skor yang Anda impikan, latihan yang konsisten dan terarah adalah kunci utama. Kumpulan soal TOEFL Bahasa Inggris ini dirancang khusus untuk membantu Anda mengasah setiap bagian ujian: Listening Comprehension, Structure and Written Expression, serta Reading Comprehension. Dengan beragam jenis soal mulai dari pilihan ganda hingga uraian, Anda akan mendapatkan gambaran menyeluruh tentang format dan tingkat kesulitan soal TOEFL yang sebenarnya. Setiap soal dilengkapi dengan kunci jawaban dan penjelasan mendetail, memungkinkan Anda memahami konsep di balik setiap jawaban yang benar dan mengidentifikasi area yang perlu ditingkatkan. Persiapkan diri Anda secara optimal, tingkatkan kepercayaan diri, dan raih skor TOEFL terbaik Anda dengan bank soal komprehensif ini!


Contoh Soal soal bahasa inggris toefl

1. The more expensive the car, _____ the insurance premium.

  • A. A. highest
  • B. B. high
  • C. C. the higher
  • D. D. higher
  • E. E. the highest
Kunci Jawaban: C

Penjelasan: Pola ‘the + comparative, the + comparative’ digunakan untuk menunjukkan hubungan sebab-akibat yang paralel. ‘The higher’ adalah bentuk komparatif yang tepat.

2. Although _____ of the two candidates is qualified, only one can be elected.

  • A. A. either
  • B. B. both
  • C. C. neither
  • D. D. any
  • E. E. some
Kunci Jawaban: A

Penjelasan: ‘Either’ digunakan ketika merujuk pada salah satu dari dua pilihan. Pilihan lainnya tidak sesuai dengan konteks ‘of the two candidates’.

3. Bacaan berikut:

The Amazon River is the second longest river in the world, surpassed only by the Nile. It runs about 6,400 kilometers (4,000 miles) from its source in the Andes Mountains in Peru across South America to the Atlantic Ocean. Its drainage basin is the largest in the world, covering about 7,050,000 square kilometers (2,720,000 square miles), or about 35 percent of the South American continent. The Amazon carries more water than any other river, accounting for about one-fifth of the total water discharged by rivers worldwide.

Pertanyaan: What is the main topic of the passage?

  • A. A. The Amazon River’s characteristics
  • B. B. The location of the Andes Mountains
  • C. C. The length of the Nile River
  • D. D. The water discharge of rivers worldwide
  • E. E. The geography of South America
Kunci Jawaban: A

Penjelasan: Paragraf ini secara keseluruhan memberikan informasi deskriptif tentang Sungai Amazon, termasuk panjang, lokasi, dan karakteristiknya yang unik.

4. Bacaan berikut:

Mount Everest is the Earth’s highest mountain above sea level, located in the Mahalangur Himal sub-range of the Himalayas. The international border between China and Nepal runs across its summit point. The current official elevation of 8,848.86 meters (29,031.7 feet), recognized by China and Nepal, was established in 2020. Mount Everest attracts many climbers, some of them highly experienced mountaineers. There are two main climbing routes, one approaching the summit from the southeast in Nepal (known as the standard route) and the other from the north in Tibet.

Pertanyaan: Which of the following statements is NOT true according to the passage?

  • A. A. Mount Everest is the highest mountain on Earth.
  • B. B. Its elevation was officially updated in 2020.
  • C. C. The summit of Mount Everest is entirely in Nepal.
  • D. D. There are two primary routes for climbing Everest.
  • E. E. Many climbers are attracted to Mount Everest.
Kunci Jawaban: C

Penjelasan: Passage menyatakan ‘The international border between China and Nepal runs across its summit point’, yang berarti puncaknya berada di perbatasan, bukan sepenuhnya di Nepal.

5. Narasi:

Seorang pria dan wanita sedang berbicara.
Pria: “I can’t believe it’s already November. Christmas will be here before we know it.”
Wanita: “I know! I still haven’t started my holiday shopping. I’m always a last-minute shopper.”
Pria: “Me too. Maybe we should make a list this year to stay organized.”
Wanita: “That’s a great idea!”

Pertanyaan: What are the speakers discussing?

  • A. A. Holiday shopping plans
  • B. B. The upcoming New Year
  • C. C. Their favorite month
  • D. D. A shopping list for groceries
  • E. E. Traveling during the holidays
Kunci Jawaban: A

Penjelasan: Percakapan mereka secara jelas berpusat pada persiapan untuk belanja liburan dan kedatangan Natal.

6. Narasi:

Seorang dosen sedang berbicara di depan kelas.
Dosen: “Good morning, class. Today we’ll be discussing the impact of social media on modern communication. Please open your textbooks to Chapter 7.”

Pertanyaan: What is the main purpose of the lecturer’s statement?

  • A. A. To assign homework
  • B. B. To cancel the class
  • C. C. To discuss personal opinions
  • D. D. To introduce the day’s lesson
  • E. E. To ask a question
Kunci Jawaban: D

Penjelasan: Dosen tersebut mengumumkan topik pelajaran hari itu dan memberikan instruksi kepada siswa untuk membuka buku teks mereka.

7. Before the invention of the printing press, books _____ by hand.

  • A. A. were copying
  • B. B. copied
  • C. C. had copied
  • D. D. were copied
  • E. E. are copied
Kunci Jawaban: D

Penjelasan: Kalimat ini membutuhkan bentuk pasif (passive voice) karena buku adalah objek yang ditulis. ‘Were copied’ adalah bentuk pasif past tense yang benar, sesuai dengan ‘Before the invention of the printing press’.

8. The committee has met and _____ its decision.

  • A. A. announce
  • B. B. has announced
  • C. C. announced
  • D. D. announcing
  • E. E. will announce
Kunci Jawaban: B

Penjelasan: ‘Has announced’ adalah bentuk present perfect yang tepat karena komite (sebagai satu kesatuan) telah menyelesaikan tindakan pengumuman dan hasilnya relevan hingga sekarang.

9. Bacaan berikut:

Coral reefs are underwater ecosystems characterized by reef-building corals. Reefs are formed of colonies of coral polyps held together by calcium carbonate. Most coral reefs are built from stony corals, which in turn consist of polyps that cluster in groups. Coral reefs are home to 25% of all marine species. They are threatened by climate change, ocean acidification, destructive fishing practices, and pollution.

Pertanyaan: What is the primary threat to coral reefs mentioned in the passage?

  • A. A. Climate change and ocean acidification
  • B. B. Overpopulation of marine species
  • C. C. The natural growth of polyps
  • D. D. Calcium carbonate depletion
  • E. E. Underwater volcanic activity
Kunci Jawaban: A

Penjelasan: Paragraf menyebutkan beberapa ancaman, dan ‘climate change’ serta ‘ocean acidification’ adalah dua ancaman utama yang berkaitan dengan perubahan lingkungan global.

10. Bacaan berikut:

Photosynthesis is the process used by plants, algae, and certain bacteria to turn sunlight into chemical energy. This energy is then used to fuel the organism’s activities. During photosynthesis, light energy converts water and carbon dioxide into sugars and oxygen. The sugars are stored as energy, and oxygen is released as a waste product. Without photosynthesis, life as we know it would not exist on Earth.

Pertanyaan: What is the primary output of photosynthesis that is released as a waste product?

  • A. A. Sugars
  • B. B. Water
  • C. C. Carbon dioxide
  • D. D. Oxygen
  • E. E. Chemical energy
Kunci Jawaban: D

Penjelasan: Kalimat ‘oxygen is released as a waste product’ secara langsung menjawab pertanyaan ini.

11. Narasi:

Seorang teman bertanya kepada temannya.
Teman 1: “Are you going to the concert tonight?”
Teman 2: “I wish I could, but I have to study for my final exam tomorrow.”

Pertanyaan: Why can’t Teman 2 go to the concert?

  • A. A. He doesn’t like concerts.
  • B. B. He has to study for an exam.
  • C. C. He has other plans.
  • D. D. He is not feeling well.
  • E. E. He doesn’t have a ticket.
Kunci Jawaban: B

Penjelasan: Teman 2 secara eksplisit menyatakan bahwa dia harus belajar untuk ujian akhir besok, yang menghalanginya untuk pergi ke konser.

12. The professor made the students _____ a research paper.

  • A. A. to write
  • B. B. write
  • C. C. writing
  • D. D. written
  • E. E. wrote
Kunci Jawaban: B

Penjelasan: Dengan kata kerja ‘make’ (dalam arti ‘memaksa’ atau ‘meminta’), kata kerja berikutnya harus dalam bentuk dasar (bare infinitive) tanpa ‘to’.

13. Neither the students nor the teacher _____ ready for the sudden test.

  • A. A. was
  • B. B. were
  • C. C. are
  • D. D. have been
  • E. E. be
Kunci Jawaban: A

Penjelasan: Dalam konstruksi ‘neither… nor…’, kata kerja harus setuju dengan subjek yang paling dekat. Dalam hal ini, ‘the teacher’ adalah tunggal, sehingga kata kerja ‘was’ (tunggal) adalah yang benar.

14. Bacaan berikut:

Global warming refers to the long-term warming of the planet’s climate system observed since the pre-industrial period (between 1850 and 1900) due to human activities, primarily fossil fuel burning, which increases heat-trapping greenhouse gas levels in Earth’s atmosphere. The term is frequently used interchangeably with the term climate change, though the latter refers to both human- and naturally produced warming and the effects it has on our planet.

Pertanyaan: According to the passage, what is the primary cause of global warming?

  • A. A. Natural climate cycles
  • B. B. Volcanic eruptions
  • C. C. Fossil fuel burning
  • D. D. Changes in solar radiation
  • E. E. Ocean currents
Kunci Jawaban: C

Penjelasan: Paragraf secara eksplisit menyatakan ‘primarily fossil fuel burning, which increases heat-trapping greenhouse gas levels’.

15. Bacaan berikut:

Bees are flying insects known for their role in pollination and for producing honey and beeswax. They are a monophyletic lineage within the superfamily Apoidea, currently considered a clade, Anthophila. There are over 16,000 known species of bees in seven recognized biological families. They are found on every continent except Antarctica. Bees live in colonies and have a complex social structure, with a queen, drones, and worker bees.

Pertanyaan: Which continent are bees NOT found on?

  • A. A. Asia
  • B. B. Antarctica
  • C. C. Europe
  • D. D. Africa
  • E. E. Australia
Kunci Jawaban: B

Penjelasan: Kalimat ‘They are found on every continent except Antarctica’ secara langsung menjawab pertanyaan ini.

16. Narasi:

Seorang wanita dan seorang pria sedang berbicara di telepon.
Wanita: “Hi, John. I’m calling to confirm our meeting for tomorrow at 10 AM.”
Pria: “Oh, I completely forgot about that! I have another appointment at that time. Could we reschedule for later in the day?”

Pertanyaan: What is John’s problem regarding the meeting?

  • A. A. He doesn’t want to meet.
  • B. B. He is sick.
  • C. C. He is out of town.
  • D. D. He forgot the topic of the meeting.
  • E. E. He has a scheduling conflict.
Kunci Jawaban: E

Penjelasan: John memiliki janji lain pada waktu yang sama, yang membuatnya tidak bisa menghadiri pertemuan yang sudah dijadwalkan.

17. Hardly _____ arrived at the station when the train departed.

  • A. A. I had
  • B. B. had I
  • C. C. I have
  • D. D. have I
  • E. E. I did
Kunci Jawaban: B

Penjelasan: Pola inversi ‘Hardly had + subject + past participle’ digunakan ketika ‘hardly’ memulai kalimat, diikuti oleh klausa waktu dengan ‘when’.

18. Bacaan berikut:

The internet has revolutionized the way we access information, communicate, and conduct business. It has made the world a smaller place, connecting people across vast distances and providing instant access to a wealth of knowledge. However, it also presents challenges, such as information overload, privacy concerns, and the spread of misinformation. Navigating the digital landscape effectively requires critical thinking and media literacy skills.

Pertanyaan: What is one of the challenges presented by the internet according to the passage?

  • A. A. Making the world a smaller place
  • B. B. Connecting people across distances
  • C. C. Providing instant access to knowledge
  • D. D. The spread of misinformation
  • E. E. Revolutionizing communication
Kunci Jawaban: D

Penjelasan: Paragraf secara eksplisit menyebutkan ‘information overload, privacy concerns, and the spread of misinformation’ sebagai tantangan.

19. Narasi:

Seorang siswa sedang berbicara dengan guru.
Siswa: “Excuse me, Mrs. Davis. I’m having trouble understanding the last assignment. Could you explain it again?”
Guru: “Of course, Sarah. Come see me after class, and I’ll go over it with you.”

Pertanyaan: What will Sarah most likely do next?

  • A. A. Wait until after class to speak with the teacher.
  • B. B. Ask another student for help.
  • C. C. Turn in the assignment immediately.
  • D. D. Go home and try to figure it out.
  • E. E. Ask the teacher to explain it during class.
Kunci Jawaban: A

Penjelasan: Guru meminta Sarah untuk menemuinya setelah kelas untuk penjelasan lebih lanjut, jadi Sarah kemungkinan besar akan menunggu hingga kelas selesai.

20. If I _____ you, I would take that job offer.

  • A. A. were
  • B. B. was
  • C. C. am
  • D. D. had been
  • E. E. would be
Kunci Jawaban: A

Penjelasan: Dalam kalimat pengandaian tipe 2 (conditional type 2) untuk situasi yang tidak nyata atau hipotetis, ‘were’ digunakan untuk semua subjek, termasuk ‘I’, setelah ‘if’.

21. Lengkapilah kalimat berikut dengan bentuk kata kerja yang benar: If I had known about the party, I (would come) _____.

Kunci Jawaban: would have come

Penjelasan: Ini adalah conditional type 3, yang menunjukkan situasi di masa lalu yang tidak terjadi. Struktur yang benar adalah ‘If + S + had + V₃, S + would have + V₃’.

22. Kata apa yang berarti ‘sangat penting atau krusial’ dan sering digunakan dalam konteks ilmiah?

Kunci Jawaban: Crucial / Essential / Vital

Penjelasan: ‘Crucial’, ‘Essential’, atau ‘Vital’ adalah kata-kata yang umum digunakan untuk menyatakan sesuatu yang sangat penting atau krusial, terutama dalam konteks yang lebih formal atau ilmiah.

23. Ubah kalimat aktif berikut menjadi pasif: ‘Someone stole my car last night.’

Kunci Jawaban: My car was stolen last night.

Penjelasan: Untuk mengubah ke bentuk pasif, objek kalimat aktif (‘my car’) menjadi subjek, dan kata kerja (‘stole’) diubah menjadi bentuk pasif past tense (‘was stolen’). Subjek asli (‘someone’) bisa dihilangkan.

24. Lengkapilah kalimat berikut dengan preposisi yang tepat: She is very good _____ playing the piano.

Kunci Jawaban: at

Penjelasan: Frasa ‘good at’ digunakan untuk menunjukkan keahlian atau kemampuan dalam melakukan sesuatu.

25. Apa bentuk noun dari kata kerja ‘to decide’?

Kunci Jawaban: Decision

Penjelasan: Bentuk noun dari kata kerja ‘to decide’ adalah ‘decision’, yang berarti keputusan.

26. Jelaskan perbedaan antara ‘few’ dan ‘a few’ serta ‘little’ dan ‘a little’ dalam penggunaan bahasa Inggris dan berikan contoh kalimat untuk masing-masing.

Kunci Jawaban: Few dan little memiliki makna negatif (tidak banyak/hampir tidak ada), sedangkan a few dan a little memiliki makna positif (sedikit/beberapa). Few dan a few digunakan untuk countable nouns, sedangkan little dan a little untuk uncountable nouns. Contoh: ‘Few students passed the difficult exam.’ (Hampir tidak ada siswa yang lulus ujian sulit itu.) ‘A few students asked for extra help.’ (Beberapa siswa meminta bantuan tambahan.) ‘She has little patience for excuses.’ (Dia memiliki sedikit kesabaran untuk alasan.) ‘I have a little money left for coffee.’ (Saya punya sedikit uang tersisa untuk kopi.)

Penjelasan: Perbedaan utama terletak pada apakah kata tersebut menunjukkan jumlah yang cukup (positif) atau hampir tidak ada (negatif), dan apakah kata benda yang mengikutinya dapat dihitung (countable) atau tidak dapat dihitung (uncountable).

27. Tuliskan sebuah paragraf singkat (3-5 kalimat) tentang pentingnya belajar bahasa Inggris untuk masa depan karier, menggunakan setidaknya dua kata sambung (conjunction) yang berbeda.

Kunci Jawaban: Belajar bahasa Inggris sangat penting untuk masa depan karier karena bahasa ini adalah bahasa komunikasi global. Dengan menguasai bahasa Inggris, peluang untuk mendapatkan pekerjaan di perusahaan multinasional atau posisi yang lebih baik akan terbuka lebar. Selain itu, Anda juga dapat mengakses sumber daya dan informasi yang lebih luas, sehingga kemampuan profesional Anda akan terus berkembang. Oleh karena itu, investasi waktu dalam belajar bahasa Inggris adalah langkah cerdas untuk kemajuan karier.

Penjelasan: Jawaban harus mencakup poin-poin tentang pentingnya bahasa Inggris untuk karier, menggunakan konjungsi seperti ‘karena’, ‘selain itu’, ‘sehingga’, atau ‘oleh karena itu’, dan ditulis dalam 3-5 kalimat.

28. Identifikasi dan perbaiki kesalahan tata bahasa dalam kalimat berikut: ‘Despite of the heavy rain, they decided to go for a walk.’ Jelaskan mengapa itu salah.

Kunci Jawaban: Kesalahan terletak pada ‘Despite of’. Preposisi yang benar adalah ‘Despite’ atau ‘In spite of’. Perbaikan: ‘Despite the heavy rain, they decided to go for a walk.’ atau ‘In spite of the heavy rain, they decided to go for a walk.’

Penjelasan: ‘Despite’ dan ‘in spite of’ memiliki arti yang sama, tetapi ‘despite’ tidak diikuti oleh ‘of’. ‘In spite’ selalu diikuti oleh ‘of’. Mencampur keduanya adalah kesalahan umum.

29. Jelaskan apa yang dimaksud dengan ‘idiom’ dalam bahasa Inggris dan berikan dua contoh idiom beserta artinya.

Kunci Jawaban: Idiom adalah frasa atau ekspresi yang memiliki makna kiasan yang tidak dapat dipahami secara harfiah dari makna kata-kata individualnya. Contoh:
1. ‘Break a leg!’ = Semoga berhasil! (Bukan berarti benar-benar mematahkan kaki)
2. ‘It’s raining cats and dogs.’ = Hujan sangat deras. (Bukan berarti kucing dan anjing jatuh dari langit)

Penjelasan: Jawaban harus mendefinisikan idiom sebagai ekspresi non-harfiah dan memberikan contoh yang jelas dengan artinya.

30. Bayangkan Anda diminta untuk menulis email formal untuk melamar beasiswa. Sebutkan tiga hal penting yang harus Anda perhatikan dalam penulisan email tersebut.

Kunci Jawaban: Tiga hal penting yang harus diperhatikan:
1. **Subjek Email yang Jelas dan Informatif:** Harus mencantumkan tujuan email (misalnya, ‘Aplikasi Beasiswa [Nama Beasiswa] – [Nama Anda]’).
2. **Penggunaan Bahasa Formal dan Profesional:** Hindari singkatan, bahasa gaul, dan pastikan tata bahasa serta ejaan benar. Gunakan sapaan dan penutup yang formal.
3. **Lampiran yang Relevan dan Terorganisir:** Pastikan semua dokumen yang diminta (CV, transkrip, surat rekomendasi, dll.) dilampirkan dengan nama file yang jelas dan sesuai instruksi.

Penjelasan: Menulis email formal memerlukan perhatian pada detail seperti subjek, formalitas bahasa, dan pengelolaan lampiran untuk memastikan pesan tersampaikan dengan efektif dan profesional.

31. Cocokkan kata-kata berikut dengan sinonimnya.

Pasangkan pernyataan berikut:

  • 1. Diligent … ( … ) … A. Plentiful
  • 2. Abundant … ( … ) … B. Kind
  • 3. Benevolent … ( … ) … C. Industrious
  • 4. Precise … ( … ) … D. Clear
  • 5. Vivid … ( … ) … E. Accurate
Kunci Jawaban: 1-C, 2-A, 3-B, 4-E, 5-D

Penjelasan: Pencocokan yang benar adalah: ‘Diligent’ (rajin) dengan ‘Industrious’ (rajin), ‘Abundant’ (berlimpah) dengan ‘Plentiful’ (berlimpah), ‘Benevolent’ (murah hati) dengan ‘Kind’ (baik hati), ‘Precise’ (tepat) dengan ‘Accurate’ (akurat), dan ‘Vivid’ (jelas/hidup) dengan ‘Clear’ (jelas).

32. Cocokkan kata-kata berikut dengan antonimnya.

Pasangkan pernyataan berikut:

  • 1. Ancient … ( … ) … A. Contract
  • 2. Expand … ( … ) … B. Pessimistic
  • 3. Fragile … ( … ) … C. Modern
  • 4. Optimistic … ( … ) … D. Deep
  • 5. Shallow … ( … ) … E. Durable
Kunci Jawaban: 1-C, 2-A, 3-E, 4-B, 5-D

Penjelasan: Pencocokan yang benar adalah: ‘Ancient’ (kuno) dengan ‘Modern’ (modern), ‘Expand’ (memperluas) dengan ‘Contract’ (mengerut), ‘Fragile’ (rapuh) dengan ‘Durable’ (tahan lama), ‘Optimistic’ (optimis) dengan ‘Pessimistic’ (pesimis), dan ‘Shallow’ (dangkal) dengan ‘Deep’ (dalam).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *