
Keterampilan mendengarkan (listening) merupakan salah satu aspek krusial dalam penguasaan Bahasa Inggris, terutama bagi siswa SMA. Kemampuan untuk memahami percakapan, pengumuman, atau monolog dalam Bahasa Inggris sangat penting tidak hanya untuk keberhasilan akademis, tetapi juga dalam komunikasi sehari-hari dan persiapan masa depan. Bank soal listening Bahasa Inggris SMA ini dirancang khusus untuk membantu Anda mengasah kemampuan tersebut secara efektif. Dengan beragam jenis soal, mulai dari pilihan ganda, isian singkat, uraian, hingga mencocokkan, Anda akan dihadapkan pada berbagai skenario audio yang menantang dan relevan dengan kurikulum SMA. Latihan rutin dengan soal-soal ini akan secara signifikan meningkatkan pemahaman Anda terhadap aksen, intonasi, kosakata, dan struktur kalimat yang digunakan dalam Bahasa Inggris lisan. Manfaatkan kesempatan ini untuk memperkuat fondasi listening Anda. Persiapkan diri Anda menghadapi ujian dengan lebih percaya diri dan tingkatkan skor listening Anda secara signifikan melalui praktik yang terarah dan komprehensif.
Contoh Soal soal listening bahasa inggris sma
1. Anda akan mendengar percakapan antara dua teman tentang rencana liburan musim panas mereka. Pertanyaan: Ke mana mereka berencana pergi untuk liburan?
- A. A. ke pegunungan
- B. B. ke pantai
- C. C. ke kota besar
- D. D. ke desa
- E. E. ke luar negeri
Penjelasan: Dalam percakapan, salah satu teman dengan jelas menyebutkan ‘beach’ dan aktivitas seperti berenang dan berjemur.
2. Dengarkan pengumuman di stasiun kereta api. Pertanyaan: Jam berapa kereta menuju Surabaya akan berangkat?
- A. A. 08:00 pagi
- B. B. 09:15 pagi
- C. C. 10:30 pagi
- D. D. 11:00 pagi
- E. E. 12:00 siang
Penjelasan: Pengumuman menyatakan ‘The train to Surabaya will depart at 10:30 AM from Platform 5’.
3. Anda akan mendengar sebuah monolog tentang pentingnya sarapan. Pertanyaan: Menurut pembicara, apa manfaat utama sarapan bagi siswa?
- A. A. Membuat mereka merasa kenyang lebih lama
- B. B. Meningkatkan konsentrasi di sekolah
- C. C. Memberi energi untuk berolahraga
- D. D. Membantu menjaga berat badan
- E. E. Meningkatkan suasana hati
Penjelasan: Pembicara menekankan bahwa sarapan menyediakan energi untuk otak, yang membantu siswa fokus dan belajar lebih baik.
4. Dengarkan percakapan antara seorang pelanggan dan pelayan di restoran. Pertanyaan: Apa yang dipesan pelanggan?
- A. A. Nasi goreng dan es teh
- B. B. Mie ayam dan jus jeruk
- C. C. Steak dan air mineral
- D. D. Pizza dan soda
- E. E. Salad dan kopi
Penjelasan: Pelanggan berkata, ‘I’d like to order a fried rice and an iced tea, please’.
5. Anda akan mendengar sebuah iklan radio. Pertanyaan: Produk apa yang diiklankan?
- A. A. Sabun mandi
- B. B. Deterjen pakaian
- C. C. Pasta gigi
- D. D. Sampo
- E. E. Pelembab kulit
Penjelasan: Iklan tersebut menyebutkan ‘fresh breath’ dan ‘strong teeth’, yang merupakan fitur produk pasta gigi.
6. Dengarkan percakapan tentang hobi baru seseorang. Pertanyaan: Hobi baru apa yang sedang ditekuni pembicara?
- A. A. Membaca buku
- B. B. Berkebun
- C. C. Melukis
- D. D. Memasak
- E. E. Bermain musik
Penjelasan: Pembicara menyebutkan ‘planting flowers’ dan ‘growing vegetables’ sebagai aktivitasnya.
7. Anda akan mendengar sebuah berita singkat tentang kondisi cuaca. Pertanyaan: Bagaimana perkiraan cuaca untuk besok?
- A. A. Cerah
- B. B. Hujan lebat
- C. C. Berawan
- D. D. Badai
- E. E. Bersalju
Penjelasan: Penyiar berita menyatakan ‘Tomorrow’s forecast predicts clear skies and warm temperatures’.
8. Dengarkan instruksi untuk membuat sesuatu. Pertanyaan: Bahan apa yang TIDAK disebutkan dalam instruksi?
- A. A. Gula
- B. B. Tepung
- C. C. Telur
- D. D. Garam
- E. E. Susu
Penjelasan: Instruksi menyebutkan gula, tepung, telur, dan susu, tetapi tidak ada garam.
9. Anda akan mendengar percakapan telepon. Pertanyaan: Mengapa penelepon menghubungi?
- A. A. Untuk membatalkan janji
- B. B. Untuk mengubah jadwal pertemuan
- C. C. Untuk mengkonfirmasi reservasi
- D. D. Untuk menanyakan informasi produk
- E. E. Untuk mengeluh tentang layanan
Penjelasan: Penelepon berkata, ‘I need to reschedule my appointment for next week’.
10. Dengarkan sebuah deskripsi tentang tempat wisata. Pertanyaan: Tempat wisata apa yang sedang dideskripsikan?
- A. A. Candi Borobudur
- B. B. Pantai Kuta
- C. C. Taman Nasional Komodo
- D. D. Danau Toba
- E. E. Gunung Bromo
Penjelasan: Deskripsi menyebutkan ‘largest Buddhist temple’, ‘ancient structure’, dan ‘historical site in Central Java’.
11. Anda akan mendengar sebuah diskusi tentang dampak media sosial. Pertanyaan: Apa dampak negatif media sosial yang paling disoroti pembicara?
- A. A. Menyebabkan kecanduan
- B. B. Menyebarkan berita palsu
- C. C. Mengurangi interaksi tatap muka
- D. D. Mengancam privasi
- E. E. Mempengaruhi kesehatan mental
Penjelasan: Pembicara berulang kali menyebutkan bahwa orang-orang cenderung ‘less face-to-face interaction’ karena media sosial.
12. Dengarkan sebuah pesan suara. Pertanyaan: Siapa yang meninggalkan pesan tersebut?
- A. A. Ibu guru
- B. B. Teman sekolah
- C. C. Anggota keluarga
- D. D. Dokter
- E. E. Atasan di tempat kerja
Penjelasan: Pesan tersebut menggunakan bahasa informal dan menyebutkan ‘PR Matematika’ serta ‘pertemuan kelompok belajar’.
13. Anda akan mendengar sebuah pengumuman di bandara. Pertanyaan: Penerbangan mana yang ditunda?
- A. A. Penerbangan ke Jakarta
- B. B. Penerbangan ke Singapura
- C. C. Penerbangan ke Kuala Lumpur
- D. D. Penerbangan ke Bangkok
- E. E. Penerbangan ke Sydney
Penjelasan: Pengumuman dengan jelas menyatakan ‘Flight GA 201 to Jakarta has been delayed due to technical issues’.
14. Dengarkan percakapan tentang film baru. Pertanyaan: Apa genre film yang sedang mereka bicarakan?
- A. A. Horor
- B. B. Komedi
- C. C. Petualangan
- D. D. Fiksi Ilmiah
- E. E. Romantis
Penjelasan: Mereka menyebutkan ‘space travel’, ‘aliens’, dan ‘futuristic technology’, yang merupakan ciri khas fiksi ilmiah.
15. Anda akan mendengar sebuah wawancara singkat dengan seorang atlet. Pertanyaan: Apa olahraga yang ditekuni atlet tersebut?
- A. A. Sepak bola
- B. B. Bola basket
- C. C. Bulu tangkis
- D. D. Renang
- E. E. Lari maraton
Penjelasan: Atlet tersebut berbicara tentang ‘swimming laps’, ‘diving’, dan ‘medals in the pool’.
16. Dengarkan sebuah presentasi tentang perubahan iklim. Pertanyaan: Apa salah satu penyebab utama perubahan iklim yang disebutkan?
- A. A. Gempa bumi
- B. B. Letusan gunung berapi
- C. C. Deforestasi
- D. D. Tsunami
- E. E. Banjir bandang
Penjelasan: Pembicara menekankan ‘deforestation’ sebagai faktor signifikan yang berkontribusi pada emisi karbon.
17. Anda akan mendengar percakapan antara guru dan siswa. Pertanyaan: Apa alasan siswa terlambat datang ke sekolah?
- A. A. Bangun kesiangan
- B. B. Terjebak macet
- C. C. Ban sepeda kempes
- D. D. Sakit perut
- E. E. Membantu orang tua
Penjelasan: Siswa menjelaskan, ‘I was stuck in a traffic jam on the way here’.
18. Dengarkan sebuah resep makanan. Pertanyaan: Berapa banyak telur yang dibutuhkan?
- A. A. 1
- B. B. 2
- C. C. 3
- D. D. 4
- E. E. 5
Penjelasan: Resep dengan jelas menyebutkan ‘add two eggs’ dalam langkah-langkahnya.
19. Anda akan mendengar sebuah pengumuman di supermarket. Pertanyaan: Ada diskon untuk produk apa hari ini?
- A. A. Buah-buahan
- B. B. Sayuran
- C. C. Daging
- D. D. Roti
- E. E. Minuman
Penjelasan: Pengumuman menyatakan ‘special discount on all fresh fruits today’.
20. Dengarkan percakapan tentang rencana belajar kelompok. Pertanyaan: Kapan mereka akan belajar kelompok?
- A. A. Senin sore
- B. B. Selasa malam
- C. C. Rabu pagi
- D. D. Kamis siang
- E. E. Jumat sore
Penjelasan: Salah satu teman mengusulkan ‘How about Friday afternoon?’ dan yang lain setuju.
21. Anda akan mendengar sebuah pengumuman di sekolah. Isi bagian yang kosong: ‘Pertemuan OSIS akan diadakan di [………] pada hari Rabu.’
Penjelasan: Pengumuman tersebut menyatakan ‘The OSIS meeting will be held in the hall on Wednesday’.
22. Dengarkan percakapan singkat tentang cuaca. Isi bagian yang kosong: ‘Besok, suhu diperkirakan mencapai [………] derajat Celcius.’
Penjelasan: Pembicara menyebutkan ‘The temperature tomorrow is expected to reach 30 degrees Celsius’.
23. Anda akan mendengar sebuah pesan suara dari seorang teman. Isi bagian yang kosong: ‘Jangan lupa membawa buku [………] untuk pelajaran besok.’
Penjelasan: Teman Anda mengingatkan, ‘Don’t forget to bring your history book for tomorrow’s class’.
24. Dengarkan sebuah wawancara tentang karir. Isi bagian yang kosong: ‘Pekerjaan impian pembicara adalah menjadi seorang [………].’
Penjelasan: Pembicara menyatakan, ‘My dream job has always been to become an architect’.
25. Anda akan mendengar sebuah berita singkat tentang acara amal. Isi bagian yang kosong: ‘Dana yang terkumpul akan disumbangkan untuk membantu korban [………].’
Penjelasan: Berita tersebut menjelaskan bahwa ‘The funds raised will be donated to help flood victims’.
26. Dengarkan sebuah monolog tentang manfaat membaca buku. Jelaskan setidaknya tiga manfaat utama yang disebutkan pembicara.
Penjelasan: Jawaban harus mencakup minimal tiga dari poin-poin yang disampaikan pembicara dalam monolog tentang manfaat membaca.
27. Anda akan mendengar percakapan antara dua orang tentang masalah lingkungan di kota mereka. Identifikasi masalah utama yang mereka diskusikan dan usulkan dua solusi yang mungkin.
Penjelasan: Jawaban harus mengidentifikasi masalah polusi udara dan limbah plastik, serta menawarkan solusi yang relevan dan logis.
28. Dengarkan sebuah presentasi tentang pentingnya tidur yang cukup. Mengapa tidur yang cukup dianggap penting untuk kesehatan fisik dan mental remaja?
Penjelasan: Presentasi akan menjelaskan hubungan antara kualitas tidur dengan fungsi fisik (pemulihan, imun, pertumbuhan) dan mental (konsentrasi, mood, stres).
29. Anda akan mendengar sebuah cerita pendek. Ringkaslah inti cerita tersebut dalam tiga hingga empat kalimat.
Penjelasan: Ringkasan harus mencakup karakter utama, konflik, tindakan karakter, dan resolusi atau pelajaran moral dari cerita.
30. Dengarkan sebuah wawancara dengan seorang wirausahawan muda. Apa motivasi utama yang mendorongnya untuk memulai bisnisnya sendiri?
Penjelasan: Wawancara akan menyoroti aspek ‘dampak sosial’, ‘inovasi’, dan ‘kebebasan’ sebagai motivasi utama.
31. Dengarkan percakapan tentang aktivitas akhir pekan. Cocokkan nama orang dengan aktivitas yang mereka lakukan.
Pasangkan pernyataan berikut:
- Rudi … ( … ) … Memancing
- Sinta … ( … ) … Mengunjungi museum
- Budi … ( … ) … Bermain sepak bola
Penjelasan: Setiap nama orang dalam percakapan akan dikaitkan dengan aktivitas spesifik yang mereka sebutkan.
32. Anda akan mendengar pengumuman tentang jadwal acara sekolah. Cocokkan acara dengan waktu pelaksanaannya.
Pasangkan pernyataan berikut:
- Lomba Pidato Bahasa Inggris … ( … ) … 09:00
- Pertunjukan Seni … ( … ) … 13:00
- Penutupan Acara … ( … ) … 16:00
Penjelasan: Pengumuman akan secara eksplisit menyebutkan jadwal untuk setiap acara yang disebutkan.