Bank Soal IELTS Bahasa Inggris Terlengkap: Persiapan Optimal Menuju Skor Tinggi

Posted on

Bank Soal IELTS Bahasa Inggris Terlengkap: Persiapan Optimal Menuju Skor Tinggi

Mempersiapkan diri untuk ujian IELTS adalah langkah krusial bagi siapa pun yang berencana untuk belajar, bekerja, atau bermigrasi ke negara berbahasa Inggris. Ujian ini menguji kemampuan berbahasa Inggris Anda dalam empat aspek utama: Listening, Reading, Writing, dan Speaking. Untuk mencapai skor yang Anda impikan, latihan yang konsisten dan terarah sangatlah penting. Bank soal IELTS Bahasa Inggris ini dirancang khusus untuk membantu Anda mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan Anda, serta membiasakan diri dengan format dan jenis pertanyaan yang akan Anda hadapi. Dengan beragam soal pilihan ganda, isian singkat, uraian, dan mencocokkan, Anda akan mendapatkan pengalaman belajar yang komprehensif. Mulai dari tata bahasa, kosakata, hingga pemahaman teks dan kemampuan menulis esai, setiap soal telah disusun untuk memaksimalkan persiapan Anda. Manfaatkan kesempatan ini untuk meningkatkan kepercayaan diri dan strategi Anda sebelum menghadapi ujian IELTS yang sesungguhnya.


Contoh Soal soal bahasa inggris ielts

1. By the time I arrived at the station, the train _______.

  • A. had already left
  • B. has already left
  • C. already left
  • D. was already leaving
Kunci Jawaban: had already left

Penjelasan: Menggunakan ‘past perfect’ (had + V3) untuk menyatakan tindakan yang selesai sebelum tindakan lain di masa lampau.

2. Choose the word that is closest in meaning to ‘ubiquitous’.

  • A. rare
  • B. common
  • C. unique
  • D. scarce
Kunci Jawaban: common

Penjelasan: ‘Ubiquitous’ berarti ada di mana-mana atau sangat umum.

3. If I _______ enough money, I _______ a new car.

  • A. had / would buy
  • B. have / will buy
  • C. had / will buy
  • D. have / would buy
Kunci Jawaban: had / would buy

Penjelasan: Ini adalah conditional type 2, digunakan untuk situasi hipotetis di masa kini atau mendatang. Struktur: If + Past Simple, would + V1.

4. The company decided to _______ the project due to budget constraints.

  • A. commence
  • B. terminate
  • C. initiate
  • D. sustain
Kunci Jawaban: terminate

Penjelasan: Untuk menghentikan atau membatalkan proyek karena keterbatasan anggaran, kata yang tepat adalah ‘terminate’.

5. _______ sun rises in _______ east.

  • A. The / the
  • B. A / the
  • C. The / a
  • D. A / a
Kunci Jawaban: The / the

Penjelasan: Menggunakan ‘the’ untuk benda unik seperti matahari dan arah mata angin.

6. Despite the advanced technology, predicting earthquakes remains an _______ task.

  • A. effortless
  • B. insignificant
  • C. unpredictable
  • D. arduous
Kunci Jawaban: arduous

Penjelasan: ‘Arduous’ berarti sulit dan melelahkan, cocok untuk tugas yang menantang seperti memprediksi gempa bumi.

7. The woman _______ car was stolen reported it to the police.

  • A. who
  • B. whom
  • C. whose
  • D. which
Kunci Jawaban: whose

Penjelasan: ‘Whose’ digunakan untuk menunjukkan kepemilikan.

8. Choose the word that is opposite in meaning to ‘benevolent’.

  • A. kind
  • B. generous
  • C. malevolent
  • D. compassionate
Kunci Jawaban: malevolent

Penjelasan: ‘Benevolent’ berarti baik hati, sedangkan ‘malevolent’ berarti jahat atau berniat buruk.

9. She is very good _______ playing the piano.

  • A. at
  • B. on
  • C. in
  • D. with
Kunci Jawaban: at

Penjelasan: Frasa yang benar adalah ‘good at’ untuk menunjukkan kemampuan dalam melakukan sesuatu.

10. _______ the heavy rain, the football match was not cancelled.

  • A. Despite
  • B. Although
  • C. Because of
  • D. Due to
Kunci Jawaban: Despite

Penjelasan: ‘Despite’ diikuti oleh noun phrase (the heavy rain), sedangkan ‘although’ diikuti oleh klausa.

11. I need to _______ my passport before my trip next month.

  • A. renew
  • B. do up
  • C. run out
  • D. look into
Kunci Jawaban: renew

Penjelasan: ‘Renew’ berarti memperbarui. ‘Do up’ (memperbaiki/mendekorasi), ‘run out’ (kehabisan), ‘look into’ (menyelidiki) tidak sesuai konteks.

12. The report _______ by the committee last week.

  • A. was approved
  • B. approved
  • C. is approved
  • D. has approved
Kunci Jawaban: was approved

Penjelasan: Kalimat ini dalam bentuk pasif (‘report’ adalah objek yang menerima tindakan) dan terjadi di masa lampau (‘last week’), sehingga menggunakan ‘was approved’.

13. The government has implemented stringent measures to _______ the spread of the virus.

  • A. facilitate
  • B. mitigate
  • C. exacerbate
  • D. promote
Kunci Jawaban: mitigate

Penjelasan: ‘Mitigate’ berarti mengurangi dampak atau keparahan sesuatu. Kata ini sering digunakan dalam konteks akademis.

14. You _______ smoke in public places; it’s against the law.

  • A. mustn’t
  • B. don’t have to
  • C. shouldn’t
  • D. can’t
Kunci Jawaban: mustn’t

Penjelasan: ‘Mustn’t’ menunjukkan larangan atau kewajiban untuk tidak melakukan sesuatu yang diatur oleh hukum atau aturan.

15. A recent study suggests that spending time in nature can significantly reduce stress levels and improve overall well-being. This is attributed to various factors, including exposure to natural light, physical activity, and a reduction in exposure to urban stressors. Which of the following best summarizes the main idea?

  • A. Urban stressors are harmful to health.
  • B. Nature offers several health benefits.
  • C. Physical activity is crucial for well-being.
  • D. Natural light exposure reduces stress.
Kunci Jawaban: Nature offers several health benefits.

Penjelasan: Kalimat ini paling baik merangkum ide utama paragraf yang membahas manfaat alam secara umum, bukan hanya satu faktor spesifik.

16. There isn’t _______ milk left in the fridge.

  • A. many
  • B. much
  • C. a few
  • D. several
Kunci Jawaban: much

Penjelasan: ‘Much’ digunakan untuk kata benda yang tidak dapat dihitung (uncountable nouns) seperti ‘milk’ dalam kalimat negatif.

17. The company is trying to _______ a new market.

  • A. break into
  • B. break up
  • C. break down
  • D. break off
Kunci Jawaban: break into

Penjelasan: ‘Break into a market’ adalah kolokasi yang berarti berhasil memasuki pasar baru.

18. I look forward to _______ you soon.

  • A. see
  • B. seeing
  • C. saw
  • D. seen
Kunci Jawaban: seeing

Penjelasan: Frasa ‘look forward to’ selalu diikuti oleh gerund (verb-ing).

19. Which word is more formal for ‘get better’?

  • A. improve
  • B. recover
  • C. ameliorate
  • D. enhance
Kunci Jawaban: ameliorate

Penjelasan: ‘Ameliorate’ adalah sinonim yang lebih formal dan akademis untuk ‘improve’ atau ‘make better’, sering digunakan dalam konteks IELTS.

20. Which sentence has a similar meaning to: ‘Despite his illness, he managed to finish the race’?

  • A. He finished the race because he was ill.
  • B. Although he was ill, he finished the race.
  • C. He was ill, so he couldn’t finish the race.
  • D. He finished the race and then became ill.
Kunci Jawaban: Although he was ill, he finished the race.

Penjelasan: Kedua kalimat menggunakan konjungsi atau preposisi yang menunjukkan kontras (‘despite’ dan ‘although’) dan menyampaikan makna yang sama.

21. She said, ‘I am going to the library tomorrow.’ (Change to reported speech) She said that she was going to the library _______.

Kunci Jawaban: the next day

Penjelasan: Dalam reported speech, ‘tomorrow’ berubah menjadi ‘the next day’ atau ‘the following day’.

22. The lack of proper facilities can _______ the development of children. (Use the correct form of ‘hinder’)

Kunci Jawaban: hinder

Penjelasan: Kata kerja ‘hinder’ berarti menghambat. Bentuk dasarnya sudah tepat di sini.

23. The police are trying to _______ the cause of the accident. (Fill in the blank with a phrasal verb meaning ‘investigate’)

Kunci Jawaban: look into

Penjelasan: ‘Look into’ adalah phrasal verb yang berarti menyelidiki.

24. It is _______ to assume that all problems have simple solutions. (Use an adjective meaning ‘unwise’ or ‘unreasonable’)

Kunci Jawaban: unwise

Penjelasan: Kata sifat yang tepat untuk menggambarkan asumsi yang tidak bijaksana adalah ‘unwise’ atau ‘unreasonable’.

25. _______ had I left the house than it started to rain. (Complete the sentence using an inversion structure)

Kunci Jawaban: Hardly

Penjelasan: Struktur inversi seperti ‘Hardly/Scarcely…than’ atau ‘No sooner…than’ digunakan untuk menunjukkan bahwa satu peristiwa terjadi segera setelah yang lain.

26. Bayangkan Anda diminta untuk mendeskripsikan sebuah grafik garis yang menunjukkan tren populasi penduduk kota A dan kota B selama 50 tahun terakhir. Jelaskan poin-poin penting apa saja yang akan Anda soroti dalam pendahuluan dan paragraf utama Anda.

Kunci Jawaban: Pendahuluan: Memperkenalkan topik grafik (tren populasi kota A & B, periode waktu) dan memberikan gambaran umum tentang tren utama (misalnya, kota A meningkat sementara kota B menurun). Paragraf utama: Mendeskripsikan tren kota A secara detail (titik awal, puncak, lembah, perubahan signifikan), kemudian mendeskripsikan tren kota B dengan cara yang sama, bisa juga membandingkan keduanya pada titik-titik tertentu.

Penjelasan: Jawaban harus mencakup identifikasi tujuan grafik, gambaran umum, dan detail spesifik yang relevan untuk deskripsi data.

27. Beberapa orang berpendapat bahwa pemerintah harus memprioritaskan investasi dalam energi terbarukan daripada bahan bakar fosil. Sejauh mana Anda setuju atau tidak setuju dengan pernyataan ini? Berikan alasan dan contoh yang relevan untuk mendukung pandangan Anda.

Kunci Jawaban: Jawaban harus menyajikan argumen yang jelas, baik setuju, tidak setuju, atau pandangan seimbang. Argumen yang mendukung investasi energi terbarukan dapat mencakup masalah lingkungan, keberlanjutan, dan inovasi teknologi. Argumen yang menentang atau menyeimbangkan dapat mencakup biaya awal yang tinggi, ketergantungan pada teknologi yang belum matang, atau transisi yang sulit bagi ekonomi yang bergantung pada bahan bakar fosil. Contoh spesifik dari negara atau proyek dapat memperkuat argumen.

Penjelasan: Pertanyaan ini menguji kemampuan memberikan opini yang didukung argumen dan contoh, khas Writing Task 2.

28. Deskripsikan pengalaman Anda mengunjungi tempat bersejarah yang menarik. Anda harus menjelaskan kapan dan di mana Anda mengunjunginya, siapa yang bersama Anda, apa yang membuat tempat itu menarik, dan bagaimana perasaan Anda setelah kunjungan tersebut. (Berikan poin-poin utama yang akan Anda bahas).

Kunci Jawaban: Poin-poin utama: Kapan/Di mana (misal: Candi Borobudur, tahun lalu saat liburan), Siapa (misal: bersama keluarga/teman), Apa yang menarik (misal: arsitektur kuno, relief cerita, nilai sejarah, pemandangan), Perasaan setelah kunjungan (misal: kagum, berpengetahuan, bangga akan warisan budaya).

Penjelasan: Pertanyaan ini menguji kemampuan menyusun narasi dan memberikan detail yang relevan, mirip dengan Speaking Part 2.

29. Identifikasi dan jelaskan jenis kesalahan tata bahasa yang paling umum dilakukan oleh penutur Bahasa Indonesia saat menulis esai IELTS dalam Bahasa Inggris.

Kunci Jawaban: Kesalahan umum meliputi: penggunaan tenses yang tidak konsisten (terutama past simple vs present perfect), kesalahan dalam penggunaan artikel (a/an/the), subject-verb agreement (misal: ‘The students is’), penggunaan preposisi yang salah, dan struktur kalimat yang terlalu literal dari Bahasa Indonesia (misal: ‘I agree with that opinion very much’). Juga, penggunaan kosakata yang tidak tepat atau terlalu informal.

Penjelasan: Menuntut pemahaman tentang tantangan spesifik penutur Bahasa Indonesia dalam Bahasa Inggris.

30. Jelaskan perbedaan makna dan penggunaan antara ‘affect’ dan ‘effect’. Berikan contoh kalimat untuk masing-masing.

Kunci Jawaban: ‘Affect’ (kata kerja) berarti memengaruhi atau menimbulkan dampak. Contoh: ‘The new policy will affect all employees.’ ‘Effect’ (kata benda) berarti dampak atau hasil. Contoh: ‘The new policy had a positive effect on employee morale.’ Kadang ‘effect’ juga bisa jadi kata kerja yang berarti ‘menyebabkan terjadinya’, tapi itu lebih jarang.

Penjelasan: Memahami perbedaan antara kata-kata yang sering tertukar adalah penting untuk akurasi dalam Writing dan Speaking.

31. Cocokkan kata-kata berikut dengan definisi yang paling sesuai.

Pasangkan pernyataan berikut:

  • Pervasive … ( … ) … Menyebar luas atau ada di mana-mana
  • Conducive … ( … ) … Mendukung atau mempromosikan sesuatu
  • Detrimental … ( … ) … Berbahaya atau merugikan
  • Inherent … ( … ) … Melekat atau merupakan bagian yang tak terpisahkan
Kunci Jawaban: Pervasive – Menyebar luas atau ada di mana-mana; Conducive – Mendukung atau mempromosikan sesuatu; Detrimental – Berbahaya atau merugikan; Inherent – Melekat atau merupakan bagian yang tak terpisahkan

Penjelasan: Memahami kosakata tingkat lanjut sangat penting untuk IELTS.

32. Cocokkan phrasal verb dengan makna yang benar.

Pasangkan pernyataan berikut:

  • Put off … ( … ) … Menunda
  • Bring up … ( … ) … Mengajukan topik atau membesarkan anak
  • Call off … ( … ) … Membatalkan
  • Take on … ( … ) … Menerima tanggung jawab atau mempekerjakan
Kunci Jawaban: Put off – Menunda; Bring up – Mengajukan topik atau membesarkan anak; Call off – Membatalkan; Take on – Menerima tanggung jawab atau mempekerjakan

Penjelasan: Phrasal verbs adalah bagian penting dari kosakata Bahasa Inggris yang sering diuji.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *