Asah Otak Cerdas! Bank Soal HOTS SD Kelas 3 Kurikulum Merdeka: Kontekstual & Menantang

Posted on

Rangkuman Materi

Bank soal ini dirancang khusus untuk siswa SD Kelas 3 sesuai Kurikulum Merdeka, fokus pada pengembangan High Order Thinking Skills (HOTS). Materi mencakup integrasi Bahasa Indonesia, Matematika, PPKn, IPA, dan IPS yang disajikan dalam konteks kehidupan sehari-hari anak-anak. Soal-soal ini bertujuan untuk melatih kemampuan analisis (C4), evaluasi (C5), dan kreasi (C6) siswa, jauh melampaui hafalan. Dengan beragam jenis pertanyaan seperti pilihan ganda, isian singkat, uraian, dan mencocokkan, siswa diajak untuk berpikir kritis, memecahkan masalah, dan mengaplikasikan pengetahuan mereka dalam situasi nyata, mempersiapkan mereka menjadi pembelajar yang mandiri dan inovatif.

Soal Pilihan Ganda (HOTS)

1. Jika kamu adalah Siti, tindakan apa yang paling bijak dan efektif untuk membantu mengatasi masalah banjir di lingkunganmu secara jangka panjang, selain membantu membersihkan rumah Pak Budi?

(Konteks: Di lingkungan tempat tinggal Siti, banyak warga membuang sampah sembarangan ke sungai. Akibatnya, saat hujan deras, sungai meluap dan menyebabkan banjir di beberapa rumah. Siti melihat tetangganya, Pak Budi, yang rumahnya kebanjiran, tampak sedih.)

  • A. Memarahi warga yang membuang sampah ke sungai.
  • B. Melaporkan semua warga ke ketua RT agar dihukum.
  • C. Mengajak teman-teman membuat poster ajakan tidak membuang sampah ke sungai dan membersihkan lingkungan secara rutin, lalu mengusulkan program bank sampah ke RT.
  • D. Membiarkan saja karena itu bukan tanggung jawabmu.
  • E. Hanya membersihkan sampah di depan rumahmu sendiri.

2. Bagaimana Edo seharusnya membagikan pensil warna yang masih layak pakai agar setiap temannya mendapatkan jumlah yang sama dan tidak ada yang tersisa?

(Konteks: Edo memiliki 3 kotak pensil, dan setiap kotak berisi 12 pensil warna. Ia ingin membagikan pensil-pensil tersebut kepada 4 temannya secara merata. Namun, ia menyadari 6 pensil warnanya sudah tumpul dan tidak bisa digunakan.)

  • A. Menghitung total pensil, lalu langsung membaginya dengan 4.
  • B. Menghitung total pensil, mengurangi yang tumpul, lalu membagi sisanya dengan 4.
  • C. Membuang semua pensil yang tumpul, lalu memberikan sisanya kepada teman yang paling dekat dengannya.
  • D. Memberikan masing-masing 10 pensil kepada setiap teman.
  • E. Menyimpan pensil yang tumpul dan hanya membagikan 12 pensil kepada teman-temannya.

3. Sebagai teman, tindakan apa yang paling tepat untuk Lani lakukan agar Beni bisa belajar dengan nyaman dan sehat, sekaligus menjaga perasaan Beni?

(Konteks: Lani melihat teman sekelasnya, Beni, sering datang ke sekolah dengan wajah lesu dan kadang tidak membawa bekal. Suatu hari, Beni terlihat sangat pucat dan tidak fokus saat belajar.)

  • A. Memberi tahu semua teman di kelas tentang kondisi Beni.
  • B. Langsung memberikan bekalnya kepada Beni setiap hari tanpa bertanya.
  • C. Diam-diam memberitahu guru kelas tentang kondisi Beni dan menawarkan untuk berbagi bekal sesekali jika Beni mau.
  • D. Menjauhi Beni karena takut tertular penyakit.
  • E. Mengajak Beni untuk tidak makan bekal dan jajan di kantin saja.

4. Jika kamu diberi kesempatan untuk membuat satu peraturan baru yang paling efektif untuk mengatasi masalah ini, peraturan seperti apa yang akan kamu usulkan dan mengapa?

(Konteks: Di sekolahmu, ada aturan bahwa setiap siswa harus menjaga kebersihan lingkungan sekolah. Namun, kamu sering melihat beberapa teman membuang bungkus makanan di bawah meja atau di taman.)

  • A. Memberikan hukuman berat bagi siapa saja yang ketahuan membuang sampah sembarangan agar jera.
  • B. Mewajibkan setiap siswa membawa tempat sampah kecil pribadi ke sekolah.
  • C. Membuat sistem ‘poin kebersihan’ di mana setiap kelas yang bersih mendapatkan poin dan kelas yang paling banyak sampahnya mendapatkan tugas tambahan membersihkan lingkungan sekolah.
  • D. Meminta guru untuk selalu mengawasi setiap siswa agar tidak membuang sampah.
  • E. Mengabaikan saja karena itu tugas petugas kebersihan.

5. Jika waktu perjalanan pulang sama dengan waktu pergi, pukul berapa keluarga Dayu akan tiba kembali di rumah?

(Konteks: Pada hari Minggu, keluarga Dayu berencana pergi ke kebun binatang. Mereka berangkat pukul 08.15 pagi. Perjalanan menuju kebun binatang memakan waktu 1 jam 35 menit. Mereka menghabiskan waktu 3 jam 45 menit di kebun binatang, lalu pulang.)

  • A. Pukul 14.35
  • B. Pukul 15.00
  • C. Pukul 15.15
  • D. Pukul 15.35
  • E. Pukul 16.00

6. Berdasarkan pengamatan Udin, apa kesimpulan paling tepat tentang faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan pohon mangga hingga berbuah?

(Konteks: Di kelas Udin, ada sebuah pohon mangga kecil di halaman. Setiap pagi, Udin melihat pohon itu disiram oleh Pak Kebun. Beberapa bulan kemudian, pohon itu tumbuh besar dan berbuah lebat.)

  • A. Hanya air yang penting untuk pertumbuhan pohon.
  • B. Pohon bisa tumbuh tanpa disiram, asalkan ada sinar matahari.
  • C. Air, sinar matahari, dan waktu yang cukup adalah faktor penting agar pohon tumbuh dan berbuah.
  • D. Pohon mangga hanya tumbuh jika ditanam di sekolah.
  • E. Pohon akan berbuah secara otomatis tanpa perawatan.

7. Jika Budi ingin ceritanya menjadi lebih baik dan mudah dipahami, langkah perbaikan apa yang paling utama harus ia lakukan?

(Konteks: Saat pelajaran Bahasa Indonesia, guru meminta siswa untuk menulis cerita pendek tentang pengalaman liburan. Budi menulis cerita yang sangat menarik, namun ia lupa menggunakan tanda baca yang benar dan banyak kata-kata yang salah ejaannya.)

  • A. Menulis ulang seluruh ceritanya dengan tema yang berbeda.
  • B. Meminta teman untuk mengganti semua kata-kata yang salah.
  • C. Membaca ulang ceritanya dengan teliti, memperbaiki tanda baca dan ejaan yang salah, lalu meminta guru atau teman untuk memeriksanya.
  • D. Hanya fokus pada penambahan gambar agar cerita terlihat bagus.
  • E. Membiarkan saja karena yang penting ceritanya sudah selesai.

8. Jika Ibu membayar dengan uang Rp 100.000, berapa uang kembalian yang seharusnya diterima Ibu?

(Konteks: Di pasar tradisional, harga 1 kg beras adalah Rp 12.500. Ibu membeli 3 kg beras dan 2 kg gula. Harga 1 kg gula adalah Rp 14.000.)

  • A. Rp 37.500
  • B. Rp 28.000
  • C. Rp 34.500
  • D. Rp 65.500
  • E. Rp 72.000

9. Sebagai anggota tim kampanye ‘Hemat Energi’, ide kreatif apa yang bisa kamu usulkan agar teman-teman selalu ingat untuk menghemat energi?

(Konteks: Sekolahmu mengadakan kampanye ‘Hemat Energi’. Salah satu saran yang diberikan adalah mematikan lampu dan kipas angin jika tidak digunakan. Namun, beberapa temanmu sering lupa melakukannya.)

  • A. Membuat poster besar ‘Hemat Energi’ dan menempelkannya di setiap kelas.
  • B. Memberikan hukuman bagi yang lupa mematikan lampu dan kipas angin.
  • C. Memasang stiker kecil bergambar mata ‘Awas, Energi’ di dekat sakelar lampu dan kipas angin, serta mengadakan ‘Duta Hemat Energi’ dari setiap kelas.
  • D. Meminta guru untuk selalu mengingatkan setiap hari.
  • E. Mengabaikan saja karena tidak semua orang peduli.

10. Bagaimana kamu akan menjelaskan kepada Rina bahwa pendapatnya kurang tepat, dengan memberikan contoh yang relevan untuk anak seusiamu?

(Konteks: Dalam sebuah diskusi kelas tentang hak dan kewajiban di rumah, Rina berpendapat bahwa anak hanya punya hak untuk bermain, sementara kewajiban adalah tugas orang tua. Teman-temannya tidak setuju.)

  • A. Mengatakan bahwa Rina salah dan semua anak punya kewajiban.
  • B. Menjelaskan bahwa hak dan kewajiban harus seimbang, misalnya hak Rina bermain setelah kewajibannya merapikan mainan atau membantu membereskan meja makan.
  • C. Membiarkan Rina dengan pendapatnya karena setiap orang berhak berpendapat.
  • D. Meminta guru untuk menjelaskan kepada Rina.
  • E. Mengajak Rina untuk bermain saja dan melupakan diskusi tersebut.

11. Berapa total biaya yang harus dikeluarkan Pak Tani untuk membuat pagar kebunnya?

(Konteks: Pak Tani memiliki kebun sayur berbentuk persegi panjang dengan panjang 15 meter dan lebar 8 meter. Ia ingin membuat pagar di sekeliling kebunnya. Setiap meter pagar membutuhkan biaya Rp 10.000.)

  • A. Rp 120.000
  • B. Rp 230.000
  • C. Rp 460.000
  • D. Rp 300.000
  • E. Rp 150.000

12. Sebagai siswa yang peduli, apa yang bisa kamu lakukan untuk membantu menjaga koleksi buku perpustakaan agar tetap awet dan bisa dinikmati banyak siswa?

(Konteks: Di perpustakaan sekolah, kamu melihat beberapa buku cerita anak yang halamannya robek dan sampulnya lepas. Petugas perpustakaan tampak kewalahan sendirian memperbaikinya.)

  • A. Mengabaikan saja karena itu bukan tugasmu.
  • B. Melaporkan kepada kepala sekolah agar petugas perpustakaan dipecat.
  • C. Mengajak beberapa teman untuk menawarkan bantuan kepada petugas perpustakaan untuk menambal buku yang robek atau menyampul buku yang lepas.
  • D. Meminta petugas perpustakaan untuk membeli buku baru saja.
  • E. Memarahi teman-teman yang merusak buku.

13. Berdasarkan pemahamanmu tentang perubahan wujud, bagaimana kamu akan menjelaskan proses yang terjadi jika uap air yang mendidih didinginkan kembali?

(Konteks: Saat belajar tentang perubahan wujud benda, guru menunjukkan es batu yang mencair di suhu ruangan dan air yang mendidih menjadi uap. Kemudian guru bertanya, ‘Apa yang akan terjadi jika air yang mendidih itu didinginkan kembali?’)

  • A. Uap air akan langsung menghilang.
  • B. Uap air akan berubah menjadi es batu.
  • C. Uap air akan mengembun dan kembali menjadi air.
  • D. Uap air akan menjadi gas yang berbeda.
  • E. Uap air akan tetap menjadi uap air.

14. Berapa banyak kue yang akan diterima oleh setiap teman Dina?

(Konteks: Dina memiliki 5 kotak kue. Setiap kotak berisi 6 kue. Dia ingin membagikan kue-kue tersebut kepada 3 temannya, sehingga setiap teman mendapat jumlah kue yang sama.)

  • A. 8 kue
  • B. 9 kue
  • C. 10 kue
  • D. 12 kue
  • E. 15 kue

15. Sebagai pemimpin muda di desa tersebut, strategi jangka panjang apa yang paling tepat untuk membantu warga mengatasi masalah kekeringan dan meningkatkan kesejahteraan mereka?

(Konteks: Di sebuah desa, mata pencarian utama warganya adalah bertani padi. Namun, setiap musim kemarau, sawah mereka kekeringan dan gagal panen. Banyak warga mulai kesulitan memenuhi kebutuhan sehari-hari.)

  • A. Meminta bantuan pemerintah untuk mengirimkan beras setiap musim kemarau.
  • B. Mengajak warga untuk menanam tanaman yang tidak membutuhkan banyak air, seperti singkong atau ubi, dan membangun sistem irigasi sederhana dari sumber air terdekat.
  • C. Membiarkan warga mencari pekerjaan lain di kota.
  • D. Hanya berdoa agar hujan segera turun.
  • E. Menjual semua sawah dan pindah ke desa lain.

16. Berdasarkan pengamatanmu, apa kesimpulan yang dapat kamu tarik tentang cara makhluk hidup mendapatkan makanan?

(Konteks: Saat piknik di taman, kamu melihat banyak semut membawa remah-remah makanan ke sarangnya. Kamu juga melihat seekor kupu-kupu hinggap di bunga dan seekor burung memakan cacing.)

  • A. Semua makhluk hidup hanya makan tumbuhan.
  • B. Semua makhluk hidup makan daging.
  • C. Makhluk hidup memiliki cara yang berbeda-beda untuk mendapatkan makanan, ada yang mencari sendiri, ada yang memakan tumbuhan, dan ada yang memakan hewan lain.
  • D. Makhluk hidup tidak perlu mencari makan.
  • E. Hanya manusia yang perlu makan.

17. Berapa jumlah pensil yang akan diterima oleh setiap anak?

(Konteks: Ayah membeli 4 kotak pensil, setiap kotak berisi 10 pensil. Kemudian, ia membeli lagi 2 kotak pensil dengan isi yang sama. Pensil-pensil tersebut akan dibagikan kepada 6 anaknya secara merata.)

  • A. 8 pensil
  • B. 9 pensil
  • C. 10 pensil
  • D. 12 pensil
  • E. 15 pensil

18. Jika kamu adalah siswa yang harus memilih, siapa yang akan kamu pilih sebagai ketua kelas dan mengapa? Jelaskan keputusanmu berdasarkan kriteria yang paling penting untuk seorang ketua kelas.

(Konteks: Di sekolahmu akan diadakan pemilihan ketua kelas. Ada dua calon, yaitu Andi dan Budi. Andi dikenal pintar dalam pelajaran tetapi kurang pandai berbicara di depan umum. Budi dikenal ramah dan mudah bergaul, namun nilai pelajarannya biasa saja.)

  • A. Andi, karena ketua kelas harus pintar agar bisa membantu teman-teman belajar.
  • B. Budi, karena ketua kelas harus ramah dan bisa diajak kerja sama dengan semua teman.
  • C. Andi, karena kemampuan berbicara di depan umum tidak terlalu penting untuk ketua kelas.
  • D. Budi, karena nilai pelajaran tidak penting asalkan bisa memimpin.
  • E. Tidak memilih keduanya karena tidak ada yang sempurna.

19. Berapa banyak kantong kecil yang dibutuhkan Sinta untuk sisa apelnya?

(Konteks: Sinta memiliki 4 keranjang apel, setiap keranjang berisi 9 apel. Ia memberikan 12 apel kepada tetangganya. Sisa apel tersebut akan dimasukkan ke dalam kantong-kantong kecil, di mana setiap kantong berisi 4 apel.)

  • A. 4 kantong
  • B. 5 kantong
  • C. 6 kantong
  • D. 7 kantong
  • E. 8 kantong

20. Sebagai siswa yang peduli terhadap keselamatan teman-teman, ide apa yang paling tepat untuk kamu usulkan agar permainan bola di lapangan menjadi lebih tertib dan aman?

(Konteks: Saat jam istirahat, kamu melihat beberapa temanmu berebut bola di lapangan, sehingga ada yang hampir terjatuh. Situasi ini sering terjadi setiap kali mereka bermain.)

  • A. Melarang semua teman bermain bola di lapangan.
  • B. Meminta guru olahraga untuk selalu mengawasi setiap saat.
  • C. Mengusulkan kepada teman-teman untuk membuat aturan main yang disepakati bersama, seperti bermain bergantian atau membagi tim secara adil, dan menunjuk satu orang sebagai wasit sementara.
  • D. Hanya bermain dengan kelompok temanmu sendiri.
  • E. Membiarkan mereka berebut karena itu bagian dari permainan.

Soal Isian, Uraian, dan Mencocokkan

Isian Singkat 1: Apa manfaat paling penting jika Ibu memisahkan sampah sisa makanan (organik) dari sampah lainnya, dan bagaimana cara kamu meyakinkan Ibu untuk melakukannya?

Isian Singkat 2: Jika kamu diminta untuk menjelaskan siklus sederhana manfaat sapi bagi kehidupan manusia, bagaimana kamu akan merangkainya dalam tiga poin utama?

Isian Singkat 3: Berikan satu contoh situasi konkret di rumah atau sekolah di mana musyawarah sangat penting dilakukan, dan sebutkan dua manfaat yang didapat dari musyawarah tersebut!

Isian Singkat 4: Berapa total uang yang harus kamu siapkan untuk membeli sisa penghapus agar setiap temanmu bisa mendapatkan 1 pensil warna dan 1 penghapus?

Isian Singkat 5: Sebagai siswa yang bertanggung jawab, rancanglah dua langkah sederhana yang bisa kamu dan teman-teman lakukan untuk mengembalikan kebersihan kolam ikan dan memastikan ikan-ikan sehat kembali!

Uraian 6: Jika kamu adalah ketua kelompok dalam proyek ini, rancanglah sebuah rencana kerja yang terstruktur mulai dari pengumpulan bahan hingga pot bunga siap digunakan, dengan mempertimbangkan aspek kerja sama dan keberlanjutan. Jelaskan langkah-langkahmu secara rinci!

Uraian 7: Rancanglah sebuah metode pengajaran atau bimbingan yang kreatif dan menyenangkan untuk membantu temanmu itu agar ia bisa memahami perkalian dengan lebih mudah dan cepat, tanpa membuatnya merasa malu atau tertekan. Jelaskan mengapa metode yang kamu pilih itu efektif!

Uraian 8: Menurutmu, mengapa sikap jujur dan bertanggung jawab sangat penting dalam kehidupan sehari-hari? Berikan dua alasan kuat dan contoh nyata bagaimana sikap tersebut bisa membawa dampak positif bagi dirimu dan orang lain.

Uraian 9: Rancanglah sebuah rencana langkah demi langkah untuk mengubah halaman belakang rumahmu menjadi taman kecil yang indah dan bersih, dengan tetap mempertimbangkan kelestarian lingkungan dan memanfaatkan barang bekas. Sertakan perkiraan waktu yang dibutuhkan untuk setiap langkahnya!

Uraian 10: Pilih satu jenis pekerjaan yang menurutmu paling penting di antara yang disebutkan, atau jenis pekerjaan lain yang kamu tahu. Jelaskan mengapa pekerjaan itu sangat penting dan bagaimana dampaknya jika pekerjaan tersebut tidak ada di masyarakat!

Mencocokkan 11: Pasangkanlah masalah yang terjadi dengan solusi paling tepat yang dapat kamu lakukan sebagai siswa Kelas 3.

Mencocokkan 12: Pasangkanlah kegiatan sehari-hari dengan hak atau kewajiban yang berkaitan dengan kegiatan tersebut.

Kunci Jawaban

1. (Pilihan Ganda)C. Mengajak teman-teman membuat poster ajakan tidak membuang sampah ke sungai dan membersihkan lingkungan secara rutin, lalu mengusulkan program bank sampah ke RT. (C5 – Evaluasi solusi terbaik dan berkelanjutan)
2. (Pilihan Ganda)B. Menghitung total pensil, mengurangi yang tumpul, lalu membagi sisanya dengan 4. (C4 – Menganalisis langkah perhitungan yang benar)
3. (Pilihan Ganda)C. Diam-diam memberitahu guru kelas tentang kondisi Beni dan menawarkan untuk berbagi bekal sesekali jika Beni mau. (C5 – Mengevaluasi tindakan yang empatik dan efektif)
4. (Pilihan Ganda)C. Membuat sistem ‘poin kebersihan’ di mana setiap kelas yang bersih mendapatkan poin dan kelas yang paling banyak sampahnya mendapatkan tugas tambahan membersihkan lingkungan sekolah. (C6 – Menciptakan sistem yang mendorong tanggung jawab kolektif)
5. (Pilihan Ganda)D. Pukul 15.35 (C4 – Menganalisis dan menghitung durasi waktu secara berurutan)
6. (Pilihan Ganda)C. Air, sinar matahari, dan waktu yang cukup adalah faktor penting agar pohon tumbuh dan berbuah. (C4 – Menganalisis faktor-faktor pertumbuhan makhluk hidup)
7. (Pilihan Ganda)C. Membaca ulang ceritanya dengan teliti, memperbaiki tanda baca dan ejaan yang salah, lalu meminta guru atau teman untuk memeriksanya. (C5 – Mengevaluasi langkah perbaikan penulisan yang efektif)
8. (Pilihan Ganda)C. Rp 34.500 (Perhitungan: (3 x 12.500) + (2 x 14.000) = 37.500 + 28.000 = 65.500. Kembalian: 100.000 – 65.500 = 34.500). (C4 – Menganalisis dan menghitung total belanja serta kembalian)
9. (Pilihan Ganda)C. Memasang stiker kecil bergambar mata ‘Awas, Energi’ di dekat sakelar lampu dan kipas angin, serta mengadakan ‘Duta Hemat Energi’ dari setiap kelas. (C6 – Menciptakan solusi inovatif dan melibatkan siswa)
10. (Pilihan Ganda)B. Menjelaskan bahwa hak dan kewajiban harus seimbang, misalnya hak Rina bermain setelah kewajibannya merapikan mainan atau membantu membereskan meja makan. (C5 – Mengevaluasi dan menjelaskan konsep hak dan kewajiban dengan contoh)
11. (Pilihan Ganda)C. Rp 460.000 (Keliling = 2 x (15 + 8) = 2 x 23 = 46 meter. Biaya = 46 x 10.000 = 460.000). (C4 – Menganalisis dan menghitung keliling serta biaya)
12. (Pilihan Ganda)C. Mengajak beberapa teman untuk menawarkan bantuan kepada petugas perpustakaan untuk menambal buku yang robek atau menyampul buku yang lepas. (C5 – Mengevaluasi tindakan kolaboratif dan bertanggung jawab)
13. (Pilihan Ganda)C. Uap air akan mengembun dan kembali menjadi air. (C4 – Menganalisis proses perubahan wujud benda)
14. (Pilihan Ganda)C. 10 kue (Total kue: 5 kotak x 6 kue/kotak = 30 kue. Dibagi kepada 3 teman: 30 kue / 3 teman = 10 kue/teman). (C4 – Menganalisis dan menghitung pembagian)
15. (Pilihan Ganda)B. Mengajak warga untuk menanam tanaman yang tidak membutuhkan banyak air, seperti singkong atau ubi, dan membangun sistem irigasi sederhana dari sumber air terdekat. (C6 – Menciptakan strategi adaptasi dan pengembangan ekonomi)
16. (Pilihan Ganda)C. Makhluk hidup memiliki cara yang berbeda-beda untuk mendapatkan makanan, ada yang mencari sendiri, ada yang memakan tumbuhan, dan ada yang memakan hewan lain. (C4 – Menganalisis pola makan makhluk hidup)
17. (Pilihan Ganda)C. 10 pensil (Total pensil: (4 x 10) + (2 x 10) = 40 + 20 = 60 pensil. Dibagi kepada 6 anak: 60 / 6 = 10 pensil/anak). (C4 – Menganalisis dan menghitung pembagian)
18. (Pilihan Ganda)B. Budi, karena ketua kelas harus ramah dan bisa diajak kerja sama dengan semua teman. (Penjelasan yang lebih komprehensif akan menekankan pentingnya kepemimpinan sosial dan kemampuan bekerja sama untuk ketua kelas SD, bukan hanya kepintaran akademik). (C5 – Mengevaluasi kriteria kepemimpinan dan membuat keputusan)
19. (Pilihan Ganda)C. 6 kantong (Total apel: 4 x 9 = 36 apel. Sisa apel: 36 – 12 = 24 apel. Jumlah kantong: 24 / 4 = 6 kantong). (C4 – Menganalisis dan menghitung secara berurutan)
20. (Pilihan Ganda)C. Mengusulkan kepada teman-teman untuk membuat aturan main yang disepakati bersama, seperti bermain bergantian atau membagi tim secara adil, dan menunjuk satu orang sebagai wasit sementara. (C6 – Menciptakan solusi untuk menjaga ketertiban dan keamanan)
21. (Isian Singkat)Manfaat paling penting adalah sampah organik bisa diolah menjadi kompos yang bermanfaat untuk menyuburkan tanaman, mengurangi volume sampah di TPA, dan menjaga lingkungan. Untuk meyakinkan Ibu, saya akan menjelaskan manfaatnya, menawarkan bantuan untuk membuat lubang kompos kecil di halaman, dan menunjukkan contoh hasil kompos dari sekolah.
22. (Isian Singkat)1. Sapi memakan rumput, lalu menghasilkan susu yang bergizi untuk manusia. 2. Sapi juga menghasilkan daging yang bisa dimakan. 3. Kotoran sapi bisa diolah menjadi pupuk kompos untuk menyuburkan tanaman atau biogas sebagai sumber energi alternatif.
23. (Isian Singkat)Contoh situasi: Memilih tujuan liburan keluarga atau menentukan tema dekorasi kelas untuk lomba. Dua manfaat: 1. Menghindari pertengkaran karena semua anggota merasa dihargai pendapatnya. 2. Keputusan yang diambil akan lebih baik dan disepakati bersama, sehingga semua merasa bertanggung jawab untuk melaksanakannya.
24. (Isian Singkat)Total pensil: 3 kotak x 15 pensil/kotak = 45 pensil. Dibagikan ke 5 teman, jadi setiap teman mendapat 45/5 = 9 pensil. Kamu butuh 5 penghapus, tapi baru punya 2, jadi kurang 3 penghapus. Biaya: 3 penghapus x Rp 2.000/penghapus = Rp 6.000.
25. (Isian Singkat)1. Mengajak beberapa teman untuk membersihkan sampah daun kering dan kotoran lain dari permukaan kolam menggunakan jaring. 2. Mengganti sebagian air kolam secara perlahan dengan air bersih, serta memastikan tidak ada sisa makanan ikan yang berlebihan.
26. (Uraian)Rencana kerja proyek pot bunga daur ulang: 1. Pembentukan Tim: Membagi kelas menjadi tim kecil (misal: Tim Pengumpul Botol, Tim Pemotong, Tim Penghias, Tim Penanam). 2. Pengumpulan Bahan: Membuat jadwal pengumpulan botol plastik bekas dari rumah masing-masing dan lingkungan sekitar sekolah. Kita juga akan mengumpulkan tanah dan bibit tanaman kecil. 3. Desain dan Ukuran: Berdiskusi menentukan desain pot dan ukuran botol yang akan digunakan, agar seragam dan menarik. 4. Proses Pembuatan: Tim Pemotong akan memotong botol sesuai desain, Tim Penghias akan mewarnai atau menghias pot, dan Tim Penanam akan mengisi pot dengan tanah dan menanam bibit. 5. Pameran dan Penjualan (opsional): Setelah jadi, pot akan dipamerkan saat ‘Hari Bumi’. Jika memungkinkan, bisa dijual untuk dana kegiatan lingkungan sekolah. 6. Keberlanjutan: Mengedukasi teman-teman lain tentang pentingnya daur ulang dan cara merawat tanaman di pot tersebut. Dengan ini, semua anggota kelompok memiliki peran dan proyek ini bisa menjadi contoh nyata upaya menjaga lingkungan.
27. (Uraian)Saya akan merancang metode ‘Belajar Perkalian dengan Permainan Kartu’. Caranya: 1. Membuat Kartu Perkalian: Menulis soal perkalian sederhana (misal: 3×4) di satu sisi kartu dan jawabannya di sisi lain. 2. Permainan ‘Tebak Cepat’: Mengajak teman bermain tebak cepat dengan kartu-kartu tersebut. Jika jawabannya benar, ia mendapat poin. Jika salah, saya akan menjelaskan cara menghitungnya dengan bantuan benda konkret (misal: kelereng atau stik es krim) atau membuat cerita pendek yang melibatkan angka tersebut. 3. Permainan ‘Perkalian Berantai’: Kita akan bergiliran menyebutkan hasil perkalian dari angka yang berurutan (misal: saya bilang 2×1=2, dia bilang 2×2=4, dst). 4. Pujian dan Motivasi: Setiap kali teman berhasil menjawab, saya akan memberinya pujian dan semangat. Metode ini efektif karena: a) Menggunakan media visual (kartu) dan konkret (benda) yang mudah dipahami anak SD. b) Berbentuk permainan sehingga menyenangkan dan tidak terasa seperti belajar yang berat. c) Memberikan kesempatan untuk berlatih berulang tanpa tekanan, serta membangun kepercayaan diri teman.
28. (Uraian)Sikap jujur dan bertanggung jawab sangat penting karena: 1. Membangun Kepercayaan: Ketika kita jujur, orang lain akan percaya kepada kita. Contohnya, jika saya selalu jujur melaporkan nilai ujian, guru akan percaya pada hasil belajar saya. Jika saya bertanggung jawab menyelesaikan tugas, teman-teman akan percaya saat saya diberi amanah. 2. Menciptakan Ketertiban dan Kebaikan: Sikap bertanggung jawab membuat kita melaksanakan tugas dan kewajiban dengan baik, sehingga segala sesuatu berjalan lancar. Contohnya, bertanggung jawab menjaga kebersihan kelas membuat lingkungan belajar nyaman. Jujur dalam perkataan menghindari salah paham dan pertengkaran. Dampak positifnya, saya akan merasa tenang dan bangga, dan orang lain juga akan merasa aman dan nyaman berinteraksi dengan saya.
29. (Uraian)Rencana membuat taman kecil: 1. Pembersihan Area (1 hari): Mengumpulkan semua sampah plastik dan memisahkannya (botol, kantong plastik). Mencabut tanaman liar yang tidak diinginkan. 2. Penyiapan Lahan (1 hari): Meratakan tanah, membuang batu-batu besar, dan menambahkan sedikit pupuk kompos dari sampah organik dapur jika ada. 3. Perencanaan Desain (setengah hari): Menggambar sketsa sederhana letak pot, jalur kecil, dan jenis tanaman. 4. Pembuatan Pot Daur Ulang (1 hari): Memotong botol plastik bekas menjadi pot-pot kecil atau menggunakan ban bekas yang dicat. 5. Penanaman (1 hari): Menanam bunga-bunga kecil atau tanaman obat di pot-pot daur ulang. Jika ada sisa tanaman liar yang bagus, bisa dipindahkan ke pot. 6. Dekorasi (setengah hari): Menambahkan hiasan dari batu-batu kecil atau membuat patung mini dari botol plastik yang sudah dicat. 7. Perawatan Rutin (setiap hari): Menyiram tanaman, membersihkan daun kering, dan memastikan tidak ada sampah baru. Rencana ini memanfaatkan barang bekas dan melibatkan proses kreatif, serta mengajarkan pentingnya menjaga lingkungan.
30. (Uraian)Menurut saya, pekerjaan ‘Guru’ adalah yang paling penting. Alasannya: Guru mendidik anak-anak menjadi pintar, berakhlak baik, dan memiliki keterampilan. Guru tidak hanya mengajar mata pelajaran, tetapi juga membentuk karakter dan moral siswa. Dampaknya jika tidak ada guru: Anak-anak tidak akan mendapatkan pendidikan yang layak, tidak bisa membaca dan menulis, tidak memiliki pengetahuan untuk bekerja di masa depan, dan tidak tahu tentang nilai-nilai kebaikan. Masyarakat akan menjadi kurang maju, banyak orang tidak tahu hak dan kewajibannya, dan sulit untuk membangun negara yang lebih baik. Oleh karena itu, guru adalah fondasi utama kemajuan suatu bangsa.
31. (Mencocokkan)Lihat pasangan yang benar di atas.
32. (Mencocokkan)Lihat pasangan yang benar di atas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *