Bank Soal Bahasa Inggris untuk Mahasiswa: Latihan Lengkap & Kunci Jawaban

Posted on

Bank Soal Bahasa Inggris untuk Mahasiswa: Latihan Lengkap & Kunci Jawaban

Meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris adalah kunci sukses bagi mahasiswa di era globalisasi ini. Baik untuk keperluan akademis seperti membaca jurnal internasional, menulis esai, maupun persiapan karier di masa depan, penguasaan bahasa Inggris sangatlah vital. Bank soal bahasa Inggris ini dirancang khusus untuk mahasiswa, mencakup berbagai aspek penting mulai dari tata bahasa (grammar), kosakata (vocabulary), hingga pemahaman bacaan (reading comprehension). Dengan berlatih soal-soal ini, mahasiswa dapat menguji pemahaman mereka, mengidentifikasi area yang perlu ditingkatkan, dan membangun kepercayaan diri dalam menggunakan bahasa Inggris. Setiap soal dilengkapi dengan kunci jawaban dan penjelasan singkat untuk membantu proses belajar. Manfaatkan latihan ini sebagai persiapan menghadapi ujian, presentasi, atau sekadar mengasah kemampuan berbahasa Inggris Anda secara menyeluruh.


Contoh Soal soal bahasa inggris untuk mahasiswa

1. Choose the most appropriate word to complete the sentence: ‘She is very good _____ playing the piano.’

  • A. A. in
  • B. B. at
  • C. C. on
  • D. D. with
Kunci Jawaban: B

Penjelasan: ‘Good at’ adalah frasa yang umum digunakan untuk menyatakan keahlian atau kemampuan dalam melakukan sesuatu.

2. Which sentence uses the correct passive voice?

  • A. A. They built the house last year.
  • B. B. The house built by them last year.
  • C. C. The house was built by them last year.
  • D. D. The house is built by them last year.
Kunci Jawaban: C

Penjelasan: Struktur passive voice adalah ‘be + past participle’. Pilihan C menggunakan ‘was built’ yang benar untuk lampau.

3. If I had known you were coming, I _____ a cake.

  • A. A. would bake
  • B. B. would have baked
  • C. C. will bake
  • D. D. baked
Kunci Jawaban: B

Penjelasan: Ini adalah conditional type 3, yang digunakan untuk situasi hipotesis di masa lalu. Strukturnya ‘If + Past Perfect, Subject + would have + Past Participle’.

4. What is the synonym of ‘ubiquitous’?

  • A. A. Pervasive
  • B. B. Rare
  • C. C. Scarce
  • D. D. Unique
Kunci Jawaban: A

Penjelasan: ‘Ubiquitous’ berarti ada di mana-mana atau sangat umum. ‘Pervasive’ memiliki arti yang serupa.

5. The professor advised the students _____ their research carefully.

  • A. A. preparing
  • B. B. prepares
  • C. C. prepared
  • D. D. to prepare
Kunci Jawaban: D

Penjelasan: Kata kerja ‘advise’ diikuti oleh objek dan kemudian ‘to + infinitive’.

6. Which of the following sentences is grammatically incorrect?

  • A. A. I wish I had more time.
  • B. B. We are looking forward to hear from you.
  • C. C. Despite the rain, we went for a walk.
  • D. D. She has been studying English for five years.
Kunci Jawaban: B

Penjelasan: Setelah ‘look forward to’, kata kerja harus dalam bentuk gerund (-ing). Seharusnya ‘looking forward to hearing’.

7. He denied _____ the money.

  • A. A. stealing
  • B. B. to steal
  • C. C. stole
  • D. D. steal
Kunci Jawaban: A

Penjelasan: Kata kerja ‘deny’ umumnya diikuti oleh gerund (-ing).

8. The company’s profits _____ significantly last quarter.

  • A. A. raised
  • B. B. risen
  • C. C. rose
  • D. D. raise
Kunci Jawaban: C

Penjelasan: ‘Rose’ adalah bentuk lampau dari ‘rise’ (naik), yang cocok untuk konteks peningkatan keuntungan di masa lalu. ‘Raised’ adalah kata kerja transitif (membutuhkan objek).

9. Despite _____ hard, he failed the exam.

  • A. A. studying
  • B. B. he studied
  • C. C. to study
  • D. D. study
Kunci Jawaban: A

Penjelasan: Preposisi ‘despite’ diikuti oleh kata benda (noun) atau gerund (-ing).

10. She asked me where _____.

  • A. A. did I live
  • B. B. I lived
  • C. C. do I live
  • D. D. I live
Kunci Jawaban: B

Penjelasan: Dalam kalimat tidak langsung (reported speech), urutan kata adalah subjek + kata kerja, bukan kata kerja + subjek seperti dalam pertanyaan langsung.

11. The new policy will _____ into effect next month.

  • A. A. get
  • B. B. take
  • C. C. go
  • D. D. come
Kunci Jawaban: D

Penjelasan: Frasa ‘come into effect’ berarti mulai berlaku atau efektif.

12. What does the idiom ‘break a leg’ mean?

  • A. A. Good luck
  • B. B. Injure yourself
  • C. C. Run away
  • D. D. Be careful
Kunci Jawaban: A

Penjelasan: ‘Break a leg’ adalah idiom yang berarti ‘semoga berhasil’ atau ‘good luck’, terutama sebelum pertunjukan atau penampilan.

13. If I were a bird, I _____ fly.

  • A. A. will
  • B. B. can
  • C. C. would
  • D. D. could have
Kunci Jawaban: C

Penjelasan: Ini adalah conditional type 2, yang digunakan untuk situasi hipotetis atau tidak nyata di masa sekarang/mendatang. Strukturnya ‘If + Simple Past, Subject + would + base verb’.

14. The book, _____ was written by a famous author, is very popular.

  • A. A. who
  • B. B. which
  • C. C. whom
  • D. D. whose
Kunci Jawaban: B

Penjelasan: Untuk merujuk pada benda (buku), kata ganti relatif ‘which’ digunakan.

15. I prefer tea _____ coffee.

  • A. A. than
  • B. B. to
  • C. C. over
  • D. D. from
Kunci Jawaban: B

Penjelasan: Frasa ‘prefer X to Y’ digunakan untuk menyatakan preferensi.

16. He has been working here _____ 2010.

  • A. A. since
  • B. B. for
  • C. C. from
  • D. D. by
Kunci Jawaban: A

Penjelasan: ‘Since’ digunakan untuk menunjukkan titik awal waktu, sedangkan ‘for’ untuk durasi waktu.

17. The committee _____ decided to postpone the meeting.

  • A. A. have
  • B. B. has
  • C. C. are
  • D. D. were
Kunci Jawaban: B

Penjelasan: Ketika ‘committee’ dianggap sebagai satu kesatuan yang bertindak bersama, digunakan kata kerja tunggal. Jika anggota-anggota komite bertindak secara individu, bisa jamak.

18. Which sentence contains a modal verb indicating obligation?

  • A. A. She can speak three languages.
  • B. B. You might want to try this.
  • C. C. Students must submit their assignments on time.
  • D. D. He should apologize for his mistake.
Kunci Jawaban: C

Penjelasan: ‘Must’ adalah modal verb yang paling kuat menunjukkan kewajiban atau keharusan.

19. What is the antonym of ‘benevolent’?

  • A. A. Kind
  • B. B. Generous
  • C. C. Charitable
  • D. D. Malevolent
Kunci Jawaban: D

Penjelasan: ‘Benevolent’ berarti baik hati atau murah hati. ‘Malevolent’ berarti jahat atau dengki, merupakan antonim yang tepat.

20. I wish I _____ taller.

  • A. A. were
  • B. B. am
  • C. C. had been
  • D. D. will be
Kunci Jawaban: A

Penjelasan: Untuk menyatakan harapan tentang situasi saat ini yang tidak nyata, kita menggunakan ‘wish’ diikuti oleh past simple (bentuk lampau) atau past continuous. Untuk ‘be’, sering digunakan ‘were’ untuk semua subjek.

21. Complete the sentence: ‘She is accustomed to _____ (wake) up early.’

Kunci Jawaban: waking

Penjelasan: Frasa ‘accustomed to’ diikuti oleh gerund (-ing) karena ‘to’ di sini berfungsi sebagai preposisi, bukan bagian dari infinitive.

22. Transform the sentence into reported speech: ‘He said, ‘I will finish the report tomorrow.”

Kunci Jawaban: He said that he would finish the report the next day.

Penjelasan: Dalam reported speech, ‘will’ berubah menjadi ‘would’ dan ‘tomorrow’ menjadi ‘the next day’ atau ‘the following day’.

23. What is the correct phrasal verb meaning ‘to tolerate’?

Kunci Jawaban: put up with

Penjelasan: ‘Put up with’ adalah phrasal verb yang berarti mentolerir atau menanggung sesuatu yang tidak menyenangkan.

24. Fill in the blank with the correct preposition: ‘The success of the project depends _____ teamwork.’

Kunci Jawaban: on

Penjelasan: Kata kerja ‘depend’ selalu diikuti oleh preposisi ‘on’ atau ‘upon’.

25. What is the past participle of the verb ‘forecast’?

Kunci Jawaban: forecast

Penjelasan: Kata kerja ‘forecast’ adalah irregular verb yang bentuk past simple dan past participle-nya sama dengan bentuk dasar.

26. Jelaskan pentingnya kemampuan ‘critical thinking’ dalam konteks membaca teks berbahasa Inggris akademik.

Kunci Jawaban: Kemampuan critical thinking sangat penting dalam membaca teks berbahasa Inggris akademik karena memungkinkan mahasiswa untuk tidak hanya memahami isi teks secara harfiah, tetapi juga menganalisis, mengevaluasi, dan menginterpretasi informasi secara mendalam. Ini termasuk mengidentifikasi argumen utama, mendeteksi bias penulis, membedakan fakta dari opini, menilai validitas bukti, dan menghubungkan informasi dengan pengetahuan yang sudah ada. Dengan critical thinking, mahasiswa dapat mengembangkan pemahaman yang lebih komprehensif, membentuk opini sendiri yang berdasar, dan menggunakan informasi secara efektif dalam penelitian atau diskusi.

Penjelasan: Jawaban harus mencakup aspek analisis, evaluasi, dan interpretasi informasi, serta bagaimana hal tersebut mendukung pemahaman mendalam dan penggunaan informasi secara efektif dalam konteks akademik.

27. Sebutkan dan jelaskan tiga tips efektif untuk meningkatkan kosakata bahasa Inggris bagi mahasiswa.

Kunci Jawaban: Tiga tips efektif untuk meningkatkan kosakata bahasa Inggris bagi mahasiswa adalah:
1. Membaca secara ekstensif: Membaca buku, artikel, jurnal, atau berita berbahasa Inggris secara rutin membantu menemukan kata-kata baru dalam konteks alaminya. Catat kata yang tidak dikenal dan cari artinya.
2. Menggunakan kartu flash (flashcards) atau aplikasi kosakata: Membuat flashcards fisik atau digital (misalnya Anki, Quizlet) dengan kata baru, artinya, contoh kalimat, dan sinonim/antonim dapat membantu menghafal dan mengulang secara efisien.
3. Berlatih menulis dan berbicara: Aktif menggunakan kosakata baru dalam esai, presentasi, atau percakapan sehari-hari akan memperkuat memori dan pemahaman tentang cara penggunaan kata tersebut dengan benar.

Penjelasan: Jawaban harus menyebutkan dan menjelaskan setidaknya tiga metode yang relevan dan efektif untuk meningkatkan kosakata, seperti membaca, menggunakan flashcards/aplikasi, dan praktik aktif (menulis/berbicara).

28. Bagaimana penggunaan ‘present perfect tense’ berbeda dengan ‘past simple tense’ dalam bahasa Inggris? Berikan contoh masing-masing.

Kunci Jawaban: Present perfect tense digunakan untuk tindakan yang dimulai di masa lalu dan berlanjut hingga sekarang, atau tindakan di masa lalu yang memiliki relevansi atau efek pada masa sekarang, tanpa menyebutkan waktu spesifik. Contoh: ‘I have lived in Jakarta for five years.’ (Masih tinggal di Jakarta).
Past simple tense digunakan untuk tindakan yang dimulai dan berakhir di masa lalu pada waktu yang spesifik. Contoh: ‘I lived in Surabaya in 2010.’ (Tidak lagi tinggal di Surabaya, dan tahunnya spesifik).

Penjelasan: Jawaban harus menjelaskan perbedaan utama antara kedua tenses (aksi yang berlanjut/relevan vs. aksi yang selesai pada waktu spesifik) dan memberikan contoh yang jelas untuk masing-masing.

29. Jelaskan konsep ‘cohesion’ dan ‘coherence’ dalam penulisan esai berbahasa Inggris dan mengapa keduanya penting.

Kunci Jawaban: Cohesion (kohesi) merujuk pada bagaimana bagian-bagian teks terhubung secara tata bahasa dan leksikal (misalnya melalui penggunaan kata hubung, pronoun, atau repetisi sinonim). Ini tentang ‘glue’ yang menyatukan kalimat dan paragraf. Coherence (koherensi) merujuk pada bagaimana ide-ide dalam teks terhubung secara logis dan bermakna, membuat teks mudah dipahami dan mengikuti alur pemikiran yang jelas. Ini tentang ‘sense’ atau makna keseluruhan. Keduanya penting karena cohesion membuat tulisan mengalir lancar, sementara coherence memastikan pesan utama tersampaikan secara logis dan efektif kepada pembaca.

Penjelasan: Jawaban harus mendefinisikan ‘cohesion’ (keterikatan tata bahasa/leksikal) dan ‘coherence’ (keterikatan logis/makna), serta menjelaskan pentingnya keduanya untuk tulisan yang baik.

30. Mengapa penguasaan ‘phrasal verbs’ seringkali menjadi tantangan bagi pembelajar bahasa Inggris, dan bagaimana cara mengatasinya?

Kunci Jawaban: Penguasaan phrasal verbs sering menjadi tantangan karena maknanya tidak selalu dapat ditebak dari arti kata-kata individualnya (misalnya ‘look up’ tidak berarti melihat ke atas, tapi mencari informasi). Selain itu, ada banyak phrasal verbs dengan makna yang berbeda tergantung konteks atau partikel yang digunakan. Cara mengatasinya adalah dengan:
1. Mempelajari phrasal verbs dalam konteks kalimat, bukan hanya daftarnya.
2. Mengelompokkan phrasal verbs berdasarkan kata kerja utamanya (misalnya semua phrasal verbs dengan ‘get’).
3. Sering berlatih menggunakannya dalam menulis dan berbicara.
4. Membaca secara luas untuk melihat penggunaannya secara alami.

Penjelasan: Jawaban harus menjelaskan mengapa phrasal verbs sulit (makna idiomatik, banyaknya variasi) dan menawarkan strategi belajar yang efektif.

31. Match the idiom on the left with its meaning on the right.

Pasangkan pernyataan berikut:

  • 1. Bite the bullet … ( … ) … A. Merasa sangat sakit atau tidak enak badan.
  • 2. Under the weather … ( … ) … B. Sangat mudah.
  • 3. A piece of cake … ( … ) … C. Menghadapi situasi sulit dengan berani.
Kunci Jawaban: 1-C, 2-A, 3-B

Penjelasan: Pencocokan idiom dengan maknanya yang benar.

32. Match the word on the left with its closest synonym on the right.

Pasangkan pernyataan berikut:

  • 1. Elucidate … ( … ) … A. Mengurangi
  • 2. Diminish … ( … ) … B. Mendalam
  • 3. Profound … ( … ) … C. Menjelaskan
Kunci Jawaban: 1-C, 2-A, 3-B

Penjelasan: Pencocokan kata dengan sinonimnya yang paling dekat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *