
Selamat datang di bank soal Bahasa Inggris recount text terlengkap! Memahami recount text adalah keterampilan penting dalam belajar Bahasa Inggris, terutama untuk siswa SMP dan SMA. Recount text adalah jenis teks yang menceritakan kembali peristiwa atau pengalaman di masa lalu secara kronologis. Tujuan utamanya adalah untuk memberikan informasi atau menghibur pembaca. Struktur umum recount text meliputi orientation (pengenalan), events (rangkaian peristiwa), dan re-orientation (kesimpulan/komentar pribadi). Dengan menguasai recount text, Anda akan lebih mudah memahami berbagai jenis bacaan dan juga lebih percaya diri dalam menulis pengalaman pribadi. Soal-soal latihan ini dirancang untuk menguji pemahaman Anda tentang struktur, ciri kebahasaan, tujuan, dan detail spesifik dari recount text. Melalui latihan ini, Anda dapat mengidentifikasi area yang perlu ditingkatkan dan mempersiapkan diri dengan lebih baik untuk ujian. Mari kita mulai asah kemampuanmu!
Contoh Soal soal bahasa inggris recount text
1. Apa tujuan utama penulis menulis teks recount tentang liburan?
- A. Untuk menghibur pembaca dengan cerita fiksi.
- B. Untuk menceritakan kembali pengalaman liburan penulis di Bali.
- C. Untuk memberikan informasi tentang tempat wisata di Bali.
- D. Untuk meyakinkan pembaca agar berlibur ke Bali.
- E. Untuk mendeskripsikan keindahan Bali secara umum.
Penjelasan: Tujuan utama recount text adalah menceritakan kembali peristiwa atau pengalaman yang telah terjadi di masa lalu.
2. Bagian ‘Last summer, my family and I went to Bali for a holiday. It was our first time visiting the island, and we were all very excited.’ termasuk dalam struktur recount text apa?
- A. Events
- B. Re-orientation
- C. Orientation
- D. Complication
- E. Resolution
Penjelasan: Orientation adalah bagian awal yang memperkenalkan siapa, apa, kapan, dan di mana peristiwa itu terjadi.
3. Manakah dari kata berikut yang merupakan kata kerja bentuk lampau (past tense verb)?
- A. Goes
- B. Buying
- C. Bought
- D. Will buy
- E. Buy
Penjelasan: Kata ‘bought’ adalah bentuk lampau (V2) dari kata kerja ‘buy’.
4. Jika sebuah recount text menceritakan perjalanan ke museum, bagian yang menjelaskan aktivitas di dalam museum (melihat koleksi, menonton film) termasuk dalam struktur apa?
- A. Orientation
- B. Re-orientation
- C. Events
- D. Complication
- E. Resolution
Penjelasan: Events adalah bagian yang menceritakan rangkaian peristiwa secara kronologis.
5. Kata ‘fascinated’ dalam konteks recount text sering berarti…
- A. bosan
- B. tertarik
- C. bingung
- D. takut
- E. marah
Penjelasan: ‘Fascinated’ berarti sangat tertarik atau terpukau oleh sesuatu.
6. Kapan perjalanan sekolah ke Museum Nasional berlangsung jika teks diawali dengan ‘Last month, our class went on a field trip to the National Museum.’?
- A. Minggu lalu
- B. Bulan lalu
- C. Tahun lalu
- D. Dua hari yang lalu
- E. Kemarin
Penjelasan: Informasi ini terdapat pada kalimat pembuka: ‘Last month’ berarti bulan lalu.
7. Dalam sebuah recount text, apa yang dilakukan siswa setelah menjelajahi aula utama museum jika teks menyebutkan ‘After exploring the main halls, we had lunch at the museum’s cafeteria.’?
- A. Membeli kartu pos
- B. Menonton film dokumenter
- C. Makan siang di kafetaria
- D. Bertanya kepada pemandu
- E. Melihat pameran kerangka dinosaurus
Penjelasan: Urutan peristiwa disebutkan sebagai ‘After exploring the main halls, we had lunch at the museum’s cafeteria’.
8. Kata kerja bentuk lampau yang tidak ditemukan dalam teks recount yang menceritakan peristiwa masa lalu adalah…
- A. Went
- B. Gathered
- C. Arrived
- D. Divided
- E. Learns
Penjelasan: ‘Learns’ adalah bentuk present tense. Bentuk lampaunya adalah ‘learned’.
9. Bagian mana dari teks recount yang merupakan ‘re-orientation’?
- A. Last month, our class went on a field trip to the National Museum.
- B. When we arrived at the museum, our teacher divided us into small groups.
- C. We saw ancient tools, traditional costumes, and historical documents.
- D. It was a very educational and enjoyable day.
- E. After exploring the main halls, we had lunch at the museum’s cafeteria.
Penjelasan: Re-orientation adalah bagian penutup yang berisi komentar pribadi atau kesan penulis tentang peristiwa yang diceritakan.
10. Pilih kalimat yang merupakan contoh penggunaan ‘time conjunction’ yang tepat dalam recount text.
- A. She is happy because she won the prize.
- B. Although it was raining, we continued our journey.
- C. First, I woke up, then I brushed my teeth.
- D. He studies hard so that he can pass the exam.
- E. I don’t know whether he will come or not.
Penjelasan: ‘First’ dan ‘then’ adalah konjungsi waktu yang sering digunakan untuk menunjukkan urutan peristiwa dalam recount text.
11. Manakah dari berikut ini yang BUKAN merupakan ciri kebahasaan recount text?
- A. Menggunakan past tense.
- B. Menggunakan action verbs.
- C. Menggunakan chronological order.
- D. Menggunakan banyak kata sifat deskriptif.
- E. Menggunakan future tense.
Penjelasan: Recount text menceritakan peristiwa masa lalu, sehingga dominan menggunakan past tense, bukan future tense.
12. Jika Anda ingin menceritakan pengalaman pribadi tentang kecelakaan kecil yang Anda alami, jenis recount text apa yang paling sesuai?
- A. Factual Recount
- B. Personal Recount
- C. Imaginative Recount
- D. Historical Recount
- E. Biographical Recount
Penjelasan: Personal recount menceritakan pengalaman pribadi penulis.
13. Kalimat ‘My family and I visited the zoo last Sunday.’ termasuk dalam bagian struktur recount text?
- A. Events
- B. Re-orientation
- C. Orientation
- D. Complication
- E. Resolution
Penjelasan: Kalimat ini memperkenalkan siapa, apa, kapan, dan di mana, yang merupakan ciri khas orientation.
14. Kata yang tepat untuk melengkapi kalimat: ‘After school, I ______ home and immediately changed my clothes.’ adalah…
- A. go
- B. goes
- C. went
- D. going
- E. gone
Penjelasan: Kalimat ini menceritakan peristiwa di masa lalu, sehingga membutuhkan kata kerja bentuk lampau (past tense).
15. Apa fungsi utama dari ‘re-orientation’ dalam recount text?
- A. Memperkenalkan karakter utama.
- B. Menceritakan urutan peristiwa.
- C. Memberikan kesimpulan atau komentar pribadi penulis.
- D. Menyajikan masalah yang dihadapi.
- E. Menjelaskan latar belakang cerita.
Penjelasan: Re-orientation adalah bagian akhir yang berisi penutup atau komentar personal penulis.
16. Manakah dari kalimat berikut yang menggunakan ‘adverb of time’ dengan benar dalam konteks recount text?
- A. She is always happy.
- B. He rarely visits his grandparents.
- C. Yesterday, I met my old friend.
- D. They will arrive soon.
- E. We usually eat dinner at 7 PM.
Penjelasan: ‘Yesterday’ adalah adverb of time yang menunjukkan waktu lampau, cocok untuk recount text.
17. Sebuah teks yang menceritakan kembali biografi seseorang termasuk jenis recount text apa?
- A. Personal Recount
- B. Factual Recount
- C. Imaginative Recount
- D. Biographical Recount
- E. Historical Recount
Penjelasan: Biographical recount adalah jenis recount yang menceritakan biografi seseorang.
18. Pilih kalimat yang TIDAK menggunakan past tense.
- A. They played football yesterday.
- B. She wrote a letter to her mother.
- C. We visited our grandparents last week.
- D. He always reads books.
- E. I watched a movie last night.
Penjelasan: Kalimat ini menggunakan simple present tense (‘reads’) dan adverb of frequency (‘always’), menunjukkan kebiasaan, bukan peristiwa masa lalu.
19. Apa arti dari ‘chronological order’ dalam recount text?
- A. Urutan acak
- B. Urutan berdasarkan kepentingan
- C. Urutan waktu kejadian
- D. Urutan dari yang paling tidak penting
- E. Urutan berdasarkan abjad
Penjelasan: Recount text menceritakan peristiwa sesuai urutan waktu terjadinya.
20. Yang manakah dari konjungsi berikut yang paling sering digunakan untuk menunjukkan urutan peristiwa dalam recount text?
- A. Because
- B. Although
- C. If
- D. Then
- E. However
Penjelasan: ‘Then’ adalah konjungsi waktu yang umum digunakan untuk menghubungkan peristiwa-peristiwa secara berurutan dalam recount text.
21. Recount text adalah jenis teks yang menceritakan kembali peristiwa atau pengalaman di masa ______.
Penjelasan: Recount text berfokus pada kejadian yang sudah terjadi.
22. Bagian awal dari recount text yang memperkenalkan siapa, apa, kapan, dan di mana peristiwa itu terjadi disebut ______.
Penjelasan: Orientation adalah pengenalan dalam recount text.
23. Kata kerja bentuk lampau dari ‘eat’ adalah ______.
Penjelasan: ‘Ate’ adalah bentuk V2 dari ‘eat’.
24. Untuk menghubungkan urutan peristiwa, recount text sering menggunakan konjungsi seperti ‘first’, ‘then’, ‘after that’, dan ______.
Penjelasan: ‘Finally’ adalah konjungsi waktu yang sering digunakan untuk menutup rangkaian peristiwa.
25. Jika sebuah recount text bertujuan untuk memberikan informasi faktual tentang suatu kejadian, jenis recount tersebut adalah ______ recount.
Penjelasan: Factual recount menceritakan peristiwa berdasarkan fakta.
26. Sebutkan dan jelaskan tiga struktur umum dari recount text!
Penjelasan: Penjelasan mengenai struktur recount text.
27. Apa perbedaan utama antara recount text dan narrative text?
Penjelasan: Perbedaan mendasar antara kedua jenis teks.
28. Baca teks berikut: ‘Last Saturday, I went to the zoo with my younger sister. We saw many animals like lions, tigers, and elephants. My sister was very happy when she fed the giraffes. We also watched a bird show. It was a tiring but fun day.’ Sebutkan minimal tiga ciri kebahasaan recount text yang ada dalam teks di atas!
Penjelasan: Mengidentifikasi ciri kebahasaan dari contoh teks.
29. Tuliskan sebuah paragraf singkat (minimal 3 kalimat) recount text tentang pengalaman Anda saat liburan sekolah!
Penjelasan: Contoh recount text singkat tentang pengalaman liburan.
30. Mengapa penggunaan past tense sangat penting dalam recount text?
Penjelasan: Pentingnya past tense dalam recount text.
31. Cocokkan bagian struktur recount text dengan penjelasannya!
Pasangkan pernyataan berikut:
- Orientation … ( … ) … Bagian pembuka yang memperkenalkan peserta, waktu, dan tempat.
- Events … ( … ) … Rangkaian peristiwa yang diceritakan secara berurutan.
- Re-orientation … ( … ) … Komentar pribadi atau kesimpulan penulis di akhir cerita.
Penjelasan: Mencocokkan struktur recount text dengan definisi yang benar.
32. Cocokkan kata kerja bentuk dasar dengan bentuk past tense-nya!
Pasangkan pernyataan berikut:
- Go … ( … ) … Went
- See … ( … ) … Saw
- Write … ( … ) … Wrote
- Eat … ( … ) … Ate
Penjelasan: Mencocokkan kata kerja bentuk dasar dengan bentuk lampaunya.