
Memahami recount text adalah salah satu kunci untuk menguasai Bahasa Inggris, terutama dalam konteks menceritakan pengalaman atau peristiwa masa lalu. Recount text berfokus pada urutan kejadian, memberikan pembaca gambaran jelas tentang apa yang terjadi, kapan, di mana, dan siapa saja yang terlibat. Teks jenis ini sering muncul dalam ujian sekolah dan tes kemahiran berbahasa. Untuk membantu Anda menguasai materi ini, kami telah menyusun bank soal Bahasa Inggris recount text yang komprehensif, dilengkapi dengan kunci jawaban dan pembahasan detail. Latihan ini dirancang untuk menguji pemahaman Anda mulai dari definisi, struktur generik (orientasi, urutan peristiwa, re-orientasi), hingga ciri kebahasaan seperti penggunaan past tense dan konjungsi waktu. Dengan mengerjakan soal-soal ini, Anda akan lebih siap menghadapi berbagai jenis pertanyaan recount text dan meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris Anda secara keseluruhan. Mari mulai berlatih dan raih nilai terbaik!
Contoh Soal soal bahasa inggris recount text dan jawabannya
1. Apa tujuan utama dari sebuah recount text?
- A. A. Untuk membujuk pembaca.
- B. B. Untuk menghibur pembaca dengan cerita fiksi.
- C. C. Untuk mendeskripsikan seseorang atau sesuatu.
- D. D. Untuk menceritakan kembali peristiwa masa lalu secara kronologis.
- E. E. Untuk menjelaskan cara kerja sesuatu.
Penjelasan: Tujuan utama recount text adalah menceritakan kembali peristiwa atau pengalaman yang terjadi di masa lalu secara berurutan.
2. Manakah dari berikut ini yang BUKAN merupakan bagian dari struktur generik recount text?
- A. A. Orientation
- B. B. Events
- C. C. Re-orientation
- D. D. Resolution
- E. E. Semua di atas adalah bagian.
Penjelasan: Resolution adalah bagian dari narrative text, bukan recount text. Struktur recount text adalah Orientation, Events, dan Re-orientation.
3. Tense apa yang dominan digunakan dalam recount text?
- A. A. Present Simple
- B. B. Present Continuous
- C. C. Past Simple
- D. D. Future Simple
- E. E. Present Perfect
Penjelasan: Recount text menceritakan kejadian di masa lalu, sehingga menggunakan Past Simple Tense.
4. Informasi apa yang biasanya disertakan dalam bagian orientation dari sebuah recount text?
- A. A. Pelajaran moral dari cerita.
- B. B. Ringkasan peristiwa.
- C. C. Siapa, apa, di mana, dan kapan peristiwa itu terjadi.
- D. D. Klimaks cerita.
- E. E. Perasaan penulis tentang masa depan.
Penjelasan: Orientation berfungsi memperkenalkan latar belakang cerita, yaitu siapa (who), apa (what), di mana (where), dan kapan (when) peristiwa itu terjadi.
5. Apa fungsi dari bagian re-orientation?
- A. A. Untuk memperkenalkan karakter utama.
- B. B. Untuk menyediakan urutan peristiwa.
- C. C. Untuk menyimpulkan cerita dengan komentar atau perasaan pribadi.
- D. D. Untuk menyajikan masalah yang perlu dipecahkan.
- E. E. Untuk memberikan deskripsi rinci tentang suatu tempat.
Penjelasan: Re-orientation adalah penutup atau kesimpulan yang berisi komentar pribadi penulis atau perasaan terhadap peristiwa yang diceritakan.
6. Sebuah entri buku harian yang merinci aktivitas sehari-hari seseorang adalah contoh jenis recount text apa?
- A. A. Factual Recount
- B. B. Personal Recount
- C. C. Historical Recount
- D. D. Biographical Recount
- E. E. Imaginative Recount
Penjelasan: Diary entry menceritakan pengalaman pribadi penulis, sehingga termasuk personal recount.
7. Kata apa yang paling tepat menggambarkan urutan peristiwa dalam recount text?
- A. A. Acak
- B. B. Kronologis
- C. C. Abstrak
- D. D. Bersamaan
- E. E. Tidak teratur
Penjelasan: Recount text menyajikan peristiwa secara berurutan waktu (chronological order).
8. Bacalah teks berikut untuk pertanyaan nomor 8-10:
“Last holiday, my family and I went to the beach. We packed our bags and drove for about two hours. When we arrived, the sun was shining brightly, and the waves were calm. My brother and I immediately ran to the water to swim. My parents relaxed on the sand, reading books. Later, we built a big sandcastle together. In the afternoon, we had a delicious picnic lunch. Before sunset, we packed up and drove home, feeling tired but happy.”
Apa ide utama dari teks tersebut?
- A. A. Keluarga membangun istana pasir.
- B. B. Keluarga makan siang piknik.
- C. C. Keluarga pergi ke pantai untuk berlibur.
- D. D. Keluarga berkendara selama dua jam.
- E. E. Keluarga merasa lelah tapi bahagia.
Penjelasan: Teks ini secara keseluruhan menceritakan tentang liburan keluarga ke pantai.
9. Berdasarkan teks di atas, kapan keluarga itu pergi ke pantai?
- A. A. Akhir pekan lalu.
- B. B. Bulan lalu.
- C. C. Tahun lalu.
- D. D. Liburan lalu.
- E. E. Pagi ini.
Penjelasan: Kalimat pertama menyebutkan “Last holiday, my family and I went to the beach.”
10. Berdasarkan teks di atas, apa yang pertama kali dilakukan penulis dan saudaranya setibanya di pantai?
- A. A. Membangun istana pasir.
- B. B. Makan siang piknik.
- C. C. Berlari ke air untuk berenang.
- D. D. Bersantai di pasir.
- E. E. Mengemasi tas mereka.
Penjelasan: Teks mengatakan, “My brother and I immediately ran to the water to swim.”
11. “I ________ (go) to the cinema last night.” Bentuk kata kerja yang benar untuk mengisi titik-titik adalah…
- A. A. go
- B. B. goes
- C. C. gone
- D. D. went
- E. E. going
Penjelasan: Karena ada keterangan waktu “last night” (masa lalu), maka digunakan bentuk Past Simple dari “go”, yaitu “went”.
12. Manakah dari kata-kata berikut yang biasa digunakan sebagai konjungsi waktu dalam recount text?
- A. A. However
- B. B. Therefore
- C. C. After that
- D. D. Although
- E. E. In addition
Penjelasan: “After that” adalah konjungsi waktu yang sering digunakan untuk menunjukkan urutan peristiwa dalam recount text.
13. “My family and I spent our weekend at our grandmother’s house in the village.” Kalimat ini kemungkinan besar termasuk dalam bagian mana dari recount text?
- A. A. Events
- B. B. Re-orientation
- C. C. Orientation
- D. D. Conclusion
- E. E. Resolution
Penjelasan: Kalimat ini memperkenalkan siapa, apa, di mana, dan kapan kejadian berlangsung, yang merupakan ciri dari Orientation.
14. Bacalah teks berikut untuk pertanyaan nomor 14-16:
“Two years ago, I visited Borobudur Temple with my schoolmates. We left Yogyakarta early in the morning by bus. The journey was long, but we enjoyed singing songs together. Upon arrival, we were amazed by the magnificent structure of the temple. Our guide explained its history and significance. We took many photos and climbed to the top to see the beautiful scenery. It was an unforgettable trip.”
Apa topik utama dari teks tersebut?
- A. A. Perjalanan bus ke Yogyakarta.
- B. B. Sejarah Candi Borobudur.
- C. C. Kunjungan ke Candi Borobudur.
- D. D. Teman sekolah bernyanyi bersama.
- E. E. Penjelasan pemandu.
Penjelasan: Teks ini menceritakan pengalaman kunjungan penulis dan teman sekolahnya ke Candi Borobudur.
15. Berdasarkan teks di atas, bagaimana penulis dan teman sekolahnya bepergian ke Candi Borobudur?
- A. A. Dengan mobil.
- B. B. Dengan kereta api.
- C. C. Dengan pesawat.
- D. D. Dengan bus.
- E. E. Dengan sepeda.
Penjelasan: Teks menyebutkan, “We left Yogyakarta early in the morning by bus.”
16. Berdasarkan teks di atas, apa yang mereka lakukan setelah tiba di Candi Borobudur?
- A. A. Mereka langsung pulang.
- B. B. Mereka kagum dengan struktur candi.
- C. C. Mereka bernyanyi bersama.
- D. D. Mereka menjelaskan sejarahnya.
- E. E. Mereka memanjat ke puncak tanpa pemandu.
Penjelasan: Setelah tiba, “we were amazed by the magnificent structure of the temple.”
17. Manakah dari berikut ini yang merupakan contoh kata kerja aksi (action verb) yang umum ditemukan dalam recount text?
- A. A. Was
- B. B. Felt
- C. C. Went
- D. D. Seemed
- E. E. Were
Penjelasan: “Went” adalah kata kerja aksi (action verb) yang menunjukkan tindakan, sedangkan lainnya adalah linking verbs atau to be.
18. “It was a truly memorable experience that I will cherish forever.” Kalimat ini kemungkinan besar merupakan bagian dari…
- A. A. Orientation
- B. B. Events
- C. C. Re-orientation
- D. D. Problem
- E. E. Solution
Penjelasan: Kalimat ini mengungkapkan perasaan atau komentar pribadi penulis tentang peristiwa, yang merupakan ciri Re-orientation.
19. Kata keterangan waktu (adverb of time) manakah yang biasanya ditemukan di awal kalimat dalam bagian ‘Events’?
- A. A. Suddenly
- B. B. Frequently
- C. C. Then
- D. D. Always
- E. E. Rarely
Penjelasan: “Then” adalah adverb of time yang sering digunakan untuk menunjukkan urutan kejadian.
20. Jika seseorang menceritakan kisah tentang hari pertamanya di sekolah baru, apa fungsi sosial dari ceritanya?
- A. A. Untuk menghibur penonton.
- B. B. Untuk menginformasikan tentang peraturan sekolah.
- C. C. Untuk mendeskripsikan bangunan sekolah baru.
- D. D. Untuk menceritakan kembali pengalaman pribadi.
- E. E. Untuk membujuk orang lain bergabung dengan sekolah.
Penjelasan: Menceritakan hari pertama di sekolah baru adalah bentuk berbagi pengalaman pribadi, yang merupakan fungsi sosial dari recount text.
21. Apa nama bagian dari recount text yang memperkenalkan siapa, apa, kapan, dan di mana peristiwa itu terjadi?
Penjelasan: Orientation adalah bagian pembuka yang memberikan informasi dasar tentang peristiwa.
22. Sebutkan salah satu ciri kebahasaan utama yang digunakan dalam recount text.
Penjelasan: Recount text menceritakan kejadian di masa lalu, sehingga selalu menggunakan Past Tense.
23. Jika Anda menceritakan kembali biografi seorang tokoh, jenis recount text apakah itu?
Penjelasan: Biographical recount adalah teks yang menceritakan kembali riwayat hidup seseorang.
24. Lengkapi kalimat ini dengan bentuk Past Simple yang benar: “My brother _______ (break) his leg last week.”
Penjelasan: Bentuk Past Simple dari kata kerja “break” adalah “broke”.
25. Selain “first”, “then”, dan “after that”, sebutkan satu lagi konjungsi waktu yang sering digunakan dalam recount text.
Penjelasan: Konjungsi waktu seperti “finally” membantu menunjukkan urutan kronologis peristiwa.
26. Jelaskan secara singkat apa yang dimaksud dengan recount text dan apa fungsi sosialnya!
Penjelasan: Jawaban ini mencakup definisi dan fungsi sosial recount text.
27. Sebutkan dan jelaskan tiga bagian struktur generik dari recount text!
Penjelasan: Menjelaskan setiap bagian struktur generik dengan detail.
28. Mengapa penggunaan Past Tense sangat penting dalam recount text? Berikan contoh kalimatnya!
Penjelasan: Menjelaskan alasan penggunaan Past Tense dan memberikan contoh yang relevan.
29. Bayangkan Anda baru saja pulang dari liburan yang menyenangkan. Tuliskan sebuah paragraf singkat (3-5 kalimat) yang bisa menjadi bagian ‘Events’ dari recount text Anda!
Penjelasan: Menuliskan paragraf ‘Events’ yang berisi urutan kejadian dengan menggunakan Past Tense dan konjungsi waktu.
30. Apa perbedaan utama antara “Personal Recount” dan “Factual Recount”? Berikan masing-masing satu contoh!
Penjelasan: Menjelaskan perbedaan dan memberikan contoh yang jelas untuk kedua jenis recount.
31. Cocokkan istilah di kolom kiri dengan definisi yang tepat di kolom kanan!
Pasangkan pernyataan berikut:
- 1. Orientation … ( … ) … D. Pengenalan latar belakang cerita (siapa, apa, kapan, di mana).
- 2. Events … ( … ) … A. Rangkaian peristiwa yang diceritakan secara kronologis.
- 3. Re-orientation … ( … ) … B. Komentar pribadi penulis di akhir cerita.
- 4. Past Tense … ( … ) … C. Bentuk kata kerja untuk kejadian di masa lalu.
Penjelasan: Memasangkan setiap istilah dengan definisi yang sesuai berdasarkan struktur dan ciri kebahasaan recount text.
32. Cocokkan jenis recount text dengan contoh yang paling sesuai!
Pasangkan pernyataan berikut:
- 1. Personal Recount … ( … ) … B. Cerita pengalaman liburan ke Bali.
- 2. Factual Recount … ( … ) … A. Laporan kecelakaan lalu lintas.
- 3. Biographical Recount … ( … ) … C. Kisah hidup pahlawan nasional.
- 4. Historical Recount … ( … ) … D. Deskripsi peristiwa Proklamasi Kemerdekaan.
Penjelasan: Memasangkan jenis recount text dengan contoh yang paling relevan.