
Selamat datang di bank soal Bahasa Inggris Kelas 8 terlengkap yang dirancang khusus untuk membantu siswa-siswi SMP menguasai materi pelajaran. Mempelajari Bahasa Inggris di kelas 8 merupakan fondasi penting untuk jenjang pendidikan selanjutnya. Latihan soal secara rutin adalah kunci untuk meningkatkan pemahaman tata bahasa (grammar), memperkaya kosakata (vocabulary), serta melatih kemampuan membaca (reading) dan menulis (writing). Kumpulan soal ini mencakup berbagai topik sesuai kurikulum, mulai dari tenses, modals, expressions of asking and giving opinion, descriptive text, hingga recount text. Dengan beragam jenis soal seperti pilihan ganda, isian singkat, uraian, dan mencocokkan, Anda akan mendapatkan pengalaman belajar yang komprehensif. Setiap soal dilengkapi dengan kunci jawaban dan pembahasan mendalam, memungkinkan Anda untuk memahami konsep dengan lebih baik dan mengidentifikasi area yang perlu ditingkatkan. Persiapkan diri Anda menghadapi ujian harian, ulangan tengah semester, maupun ujian akhir semester dengan percaya diri dan raih nilai terbaik!
Contoh Soal soal bahasa inggris kelas 8
1. Hi, John. How are you? I’m fine, thanks. And you? I’m fine too. I have to go now. See you later. …
- A. A. Good morning
- B. B. Bye
- C. C. Hello
- D. D. What’s up
Penjelasan: “Bye” adalah ungkapan perpisahan yang tepat ketika seseorang akan pergi.
2. What do you think about our new English teacher? I think she is very kind and teaches well. The underlined sentence expresses…
- A. A. Asking for information
- B. B. Giving an opinion
- C. C. Expressing agreement
- D. D. Apologizing
Penjelasan: Kalimat “I think she is very kind and teaches well” adalah cara untuk mengungkapkan pendapat (giving an opinion).
3. We should study harder for the upcoming exam. That’s a good idea! The second speaker expresses…
- A. A. Disagreement
- B. B. Agreement
- C. C. Asking for opinion
- D. D. Giving a suggestion
Penjelasan: “That’s a good idea!” adalah ungkapan persetujuan (agreement).
4. My mother usually … breakfast at 6 AM.
- A. A. cook
- B. B. cooks
- C. C. cooking
- D. D. cooked
Penjelasan: Untuk subjek tunggal (My mother) dalam Simple Present Tense, kata kerja ditambahkan -s/-es.
5. Look! The birds … in the sky.
- A. A. fly
- B. B. flies
- C. C. are flying
- D. D. is flying
Penjelasan: “Look!” menunjukkan kejadian sedang berlangsung, sehingga menggunakan Present Continuous Tense (are + V-ing).
6. They … to Bali last holiday.
- A. A. go
- B. B. goes
- C. C. going
- D. D. went
Penjelasan: “Last holiday” menunjukkan Simple Past Tense, sehingga menggunakan bentuk kata kerja kedua (went).
7. My cat has soft fur and green eyes. She loves to play with a ball of yarn. What does the text describe?
- A. A. A dog
- B. B. A bird
- C. C. A cat
- D. D. A fish
Penjelasan: Teks tersebut secara jelas menyebutkan “My cat” dan ciri-ciri kucing.
8. Last Sunday, I visited my grandparents. We had lunch together and told stories. What kind of text is this?
- A. A. Descriptive
- B. B. Narrative
- C. C. Recount
- D. D. Procedure
Penjelasan: Teks ini menceritakan pengalaman di masa lalu, yang merupakan ciri Recount Text.
9. A fish … swim, but it … fly.
- A. A. can/can
- B. B. can/can’t
- C. C. can’t/can
- D. D. can’t/can’t
Penjelasan: Ikan bisa berenang (can swim) tetapi tidak bisa terbang (can’t fly).
10. You look tired. You … take a rest.
- A. A. should
- B. B. shouldn’t
- C. C. can
- D. D. must
Penjelasan: “Should” digunakan untuk memberikan saran.
11. My brother is very …. He always helps others.
- A. A. lazy
- B. B. kind
- C. C. rude
- D. D. selfish
Penjelasan: Seseorang yang suka membantu orang lain disebut “kind” (baik hati).
12. She … goes to the library because she loves reading.
- A. A. never
- B. B. rarely
- C. C. often
- D. D. seldom
Penjelasan: Jika dia suka membaca, dia pasti “sering” (often) pergi ke perpustakaan.
13. A car is … than a bicycle.
- A. A. fast
- B. B. faster
- C. C. fastest
- D. D. as fast
Penjelasan: Untuk perbandingan dua benda, kita menggunakan comparative adjective (faster).
14. Mount Everest is … mountain in the world.
- A. A. high
- B. B. higher
- C. C. the highest
- D. D. as high as
Penjelasan: Untuk menyatakan yang paling di antara banyak, kita menggunakan superlative adjective (the highest).
15. The book is … the table.
- A. A. in
- B. B. on
- C. C. under
- D. D. at
Penjelasan: “On” digunakan untuk menunjukkan sesuatu yang berada di permukaan.
16. My birthday is … May 15th.
- A. A. in
- B. B. on
- C. C. at
- D. D. for
Penjelasan: “On” digunakan untuk tanggal tertentu.
17. I want to eat ice cream … I am on a diet.
- A. A. and
- B. B. but
- C. C. so
- D. D. or
Penjelasan: “But” digunakan untuk menunjukkan kontras antara dua klausa.
18. If you want to pass the exam, … !
- A. A. don’t study
- B. B. study hard
- C. C. playing
- D. D. slept
Penjelasan: “Study hard” adalah perintah atau saran yang tepat untuk lulus ujian.
19. I can’t reach the top shelf. Could you please … me?
- A. A. help
- B. B. helping
- C. C. helped
- D. D. helps
Penjelasan: Setelah “Could you please”, digunakan kata kerja bentuk dasar (bare infinitive).
20. Thank you for your help! …
- A. A. I’m sorry
- B. B. You’re welcome
- C. C. Never mind
- D. D. Excuse me
Penjelasan: “You’re welcome” adalah respons yang sopan terhadap ucapan terima kasih.
21. This is my brother. … name is Rio.
Penjelasan: “His” adalah kata ganti kepemilikan untuk subjek laki-laki tunggal.
22. … is your favorite color? My favorite color is blue.
Penjelasan: “What” digunakan untuk menanyakan informasi tentang sesuatu.
23. My father usually … (read) newspaper in the morning.
Penjelasan: Subjek tunggal “My father” memerlukan penambahan -s pada kata kerja dalam Simple Present Tense.
24. The word “beautiful” is similar in meaning to “…”
Penjelasan: “Pretty” adalah sinonim umum dari “beautiful”.
25. I usually wake up … six o’clock in the morning.
Penjelasan: “At” digunakan untuk menunjukkan waktu yang spesifik.
26. Describe your favorite animal in 3-5 sentences. Include its appearance, habits, and why you like it.
Penjelasan: Jawaban harus berupa deskripsi singkat tentang hewan kesukaan, mencakup ciri fisik, kebiasaan, dan alasan menyukainya.
27. Tell about your last holiday experience in 3-5 sentences. What did you do? Where did you go? How did you feel?
Penjelasan: Jawaban harus menceritakan pengalaman liburan masa lalu, mencakup aktivitas, lokasi, dan perasaan, menggunakan Simple Past Tense.
28. Do you agree that learning English is important? Give two reasons to support your opinion.
Penjelasan: Jawaban harus menyatakan setuju/tidak setuju dan memberikan minimal dua alasan yang relevan mengapa belajar Bahasa Inggris itu penting.
29. Your friend looks sad because he failed his English test. What suggestions would you give him?
Penjelasan: Jawaban harus berupa saran yang membangun untuk teman yang gagal ujian, seperti belajar lebih giat, mencari bantuan, atau berlatih lebih banyak.
30. Write two sentences, one giving a command (perintah) and one giving a prohibition (larangan), related to classroom rules.
Penjelasan: Jawaban harus berupa satu kalimat perintah (dimulai dengan kata kerja bentuk dasar) dan satu kalimat larangan (dimulai dengan “Do not” atau “Don’t” + kata kerja bentuk dasar).
31. Cocokkan kata-kata berikut dengan definisi yang tepat.
Pasangkan pernyataan berikut:
- Diligent … ( … ) … Working hard and careful
- Polite … ( … ) … Having good manners
- Afraid … ( … ) … Feeling fear
- Generous … ( … ) … Willing to give money, help, or time freely
Penjelasan: Pasangkan setiap kata sifat dengan definisi yang sesuai.
32. Cocokkan bagian kalimat di kolom kiri dengan bagian yang tepat di kolom kanan untuk membentuk kalimat yang benar.
Pasangkan pernyataan berikut:
- If you want to be healthy, … ( … ) … you should eat nutritious food.
- She is happy … ( … ) … because she won the competition.
- They went to the zoo … ( … ) … to see the wild animals.
- Although it was raining, … ( … ) … we still went out.
Penjelasan: Pasangkan klausa utama dengan klausa subordinat atau pelengkap yang logis dan gramatikal.