
Menguasai grammar bahasa Inggris adalah kunci untuk berkomunikasi secara efektif, baik dalam tulisan maupun lisan. Seringkali, tata bahasa menjadi tantangan utama bagi banyak pelajar. Oleh karena itu, latihan soal grammar bahasa Inggris secara rutin sangat penting untuk memperkuat pemahaman dan meningkatkan akurasi. Bank soal ini dirancang khusus untuk membantu Anda mengidentifikasi area yang perlu ditingkatkan, menguji pemahaman Anda tentang berbagai aturan tata bahasa, dan membangun kepercayaan diri. Dengan 32 soal yang mencakup pilihan ganda, isian singkat, uraian, dan mencocokkan, Anda akan mendapatkan pengalaman belajar yang komprehensif. Setiap pertanyaan dilengkapi dengan jawaban dan penjelasan detail, memastikan Anda tidak hanya tahu jawaban yang benar tetapi juga memahami alasannya. Persiapkan diri Anda untuk menghadapi ujian atau sekadar meningkatkan kemampuan bahasa Inggris Anda dengan latihan soal grammar ini!
Contoh Soal soal grammar bahasa inggris
1. Choose the correct sentence: ‘She has gone to the store yesterday.’
- A. A. She has gone to the store yesterday.
- B. B. She went to the store yesterday.
- C. C. She go to the store yesterday.
- D. D. She going to the store yesterday.
Penjelasan: Kalimat ini menggunakan ‘yesterday’ yang menunjukkan waktu lampau spesifik, sehingga seharusnya menggunakan Simple Past Tense, bukan Present Perfect Tense. Pilihan B menggunakan ‘went’ (Simple Past Tense) yang tepat.
2. If I _____ a bird, I _____ fly to you.
- A. A. am, will
- B. B. was, would
- C. C. were, would
- D. D. am, would
Penjelasan: Ini adalah Conditional Type 2 (unreal present/future), yang menggunakan Simple Past Tense di klausa ‘if’ dan ‘would + base form’ di klausa hasil. Untuk ‘to be’ dalam Conditional Type 2, kita menggunakan ‘were’ untuk semua subjek.
3. The book _____ on the table belongs to my sister.
- A. A. who is
- B. B. which is
- C. C. whom is
- D. D. where is
Penjelasan: Untuk melengkapi kalimat ini dengan benar, kita membutuhkan verb yang sesuai dengan subjek ‘The book’. ‘Which is’ (Relative Pronoun + be) adalah cara yang tepat untuk menghubungkan klausa relatif yang mendeskripsikan buku.
4. Neither John _____ Mary was at the party.
- A. A. nor
- B. B. or
- C. C. and
- D. D. but
Penjelasan: ‘Neither’ selalu berpasangan dengan ‘nor’ untuk menunjukkan negasi dari dua pilihan. Konstruksi ini disebut correlative conjunction.
5. I look forward to _____ you again soon.
- A. A. see
- B. B. saw
- C. C. seeing
- D. D. seen
Penjelasan: Frasa ‘look forward to’ diikuti oleh gerund (verb-ing), bukan infinitive (to + base form) atau base form.
6. She _____ her homework when her mother called.
- A. A. did
- B. B. was doing
- C. C. has done
- D. D. is doing
Penjelasan: Ketika ada dua kejadian di masa lampau, kejadian yang sedang berlangsung (durasi) menggunakan Past Continuous Tense (‘was doing’), sementara kejadian yang menyela menggunakan Simple Past Tense (‘called’).
7. My brother is good _____ playing chess.
- A. A. at
- B. B. in
- C. C. on
- D. D. for
Penjelasan: Frasa ‘good at’ digunakan untuk menyatakan kemampuan atau keahlian dalam melakukan sesuatu.
8. The news _____ shocking.
- A. A. is
- B. B. are
- C. C. were
- D. D. be
Penjelasan: ‘News’ meskipun berakhiran ‘s’, dianggap sebagai kata benda tak terhitung (uncountable noun) dan selalu menggunakan kata kerja tunggal (singular verb).
9. He has been working here _____ five years.
- A. A. since
- B. B. for
- C. C. in
- D. D. on
Penjelasan: ‘For’ digunakan untuk menunjukkan durasi waktu (periode), sedangkan ‘since’ digunakan untuk menunjukkan titik awal waktu. ‘Five years’ adalah durasi.
10. If you heat water to 100°C, it _____.
- A. A. boils
- B. B. will boil
- C. C. boiled
- D. D. would boil
Penjelasan: Ini adalah Conditional Type 0 (zero conditional) yang digunakan untuk fakta ilmiah atau kebenaran umum. Kedua klausa menggunakan Simple Present Tense.
11. The car _____ by a famous designer.
- A. A. designed
- B. B. was designed
- C. C. designs
- D. D. designing
Penjelasan: Kalimat ini dalam bentuk Passive Voice (Subjek + to be + Past Participle) karena mobil ‘dirancang’, bukan ‘merancang’. Bentuk past participle dari ‘design’ adalah ‘designed’.
12. She asked me _____ I was doing.
- A. A. what was I doing
- B. B. what am I doing
- C. C. what I was doing
- D. D. what I am doing
Penjelasan: Ini adalah Reported Speech (Indirect Question). Ketika melaporkan pertanyaan ‘What are you doing?’, urutan kata menjadi subjek-verb dan ‘what’ bertindak sebagai penghubung.
13. I would rather _____ at home tonight.
- A. A. stay
- B. B. to stay
- C. C. stayed
- D. D. staying
Penjelasan: ‘Would rather’ diikuti oleh kata kerja bentuk dasar (base form) tanpa ‘to’ ketika merujuk pada preferensi saat ini atau di masa depan.
14. The movie was _____ boring that I fell asleep.
- A. A. such
- B. B. so
- C. C. too
- D. D. very
Penjelasan: ‘So… that’ digunakan untuk menunjukkan sebab-akibat dengan adjective atau adverb. ‘Such a/an… that’ digunakan dengan noun phrase.
15. Everyone _____ to bring their own lunch.
- A. A. has
- B. B. have
- C. C. are having
- D. D. had
Penjelasan: Kata ganti tak tentu seperti ‘everyone’, ‘everybody’, ‘someone’, ‘somebody’, ‘no one’, ‘nobody’, ‘anyone’, ‘anybody’ selalu diikuti oleh kata kerja tunggal (singular verb).
16. She is _____ intelligent girl I have ever met.
- A. A. more
- B. B. most
- C. C. the most
- D. D. a most
Penjelasan: Ini adalah bentuk superlative adjective. ‘Most intelligent’ digunakan untuk membandingkan lebih dari dua hal, dan harus diawali dengan artikel ‘the’.
17. I promise I _____ you tomorrow.
- A. A. will call
- B. B. call
- C. C. called
- D. D. am calling
Penjelasan: Untuk janji atau keputusan spontan, kita menggunakan Simple Future Tense dengan ‘will’ + base form.
18. He succeeded _____ hard work and determination.
- A. A. in
- B. B. through
- C. C. with
- D. D. by
Penjelasan: Preposisi ‘through’ digunakan untuk menunjukkan cara atau alat yang digunakan untuk mencapai sesuatu.
19. The children are excited _____ their trip to the zoo.
- A. A. about
- B. B. for
- C. C. with
- D. D. on
Penjelasan: Frasa ‘excited about’ digunakan untuk menyatakan kegembiraan mengenai suatu hal atau kejadian.
20. Could you please tell me _____ the post office is?
- A. A. where is the post office
- B. B. where the post office is it
- C. C. where the post office is
- D. D. is where the post office
Penjelasan: Ini adalah indirect question. Setelah frasa pembuka seperti ‘Could you tell me’, urutan kata menjadi subjek-verb, bukan verb-subjek seperti dalam pertanyaan langsung.
21. Lengkapilah kalimat berikut dengan bentuk kata kerja yang benar: ‘She (study) English for five years.’
Penjelasan: Kalimat ini menunjukkan tindakan yang dimulai di masa lalu dan masih berlanjut hingga sekarang, dengan durasi waktu ‘for five years’. Ini adalah ciri khas Present Perfect Continuous Tense.
22. Ubahlah kalimat berikut menjadi Passive Voice: ‘The students cleaned the classroom.’
Penjelasan: Dalam Passive Voice, objek kalimat aktif (‘the classroom’) menjadi subjek, dan kata kerja diubah menjadi ‘to be’ + Past Participle. Karena kalimat aktif dalam Simple Past Tense, ‘to be’ yang digunakan adalah ‘was’.
23. Isilah bagian yang kosong dengan preposisi yang tepat: ‘I’m afraid _____ heights.’
Penjelasan: Frasa ‘afraid of’ digunakan untuk menyatakan rasa takut terhadap sesuatu.
24. Gabungkan dua kalimat ini menggunakan Relative Pronoun yang tepat: ‘This is the man. He helped me.’
Penjelasan: ‘Who’ adalah relative pronoun yang tepat untuk merujuk pada orang (the man) sebagai subjek dari klausa relatif.
25. Koreksi kesalahan grammar dalam kalimat berikut: ‘He don’t like coffee.’
Penjelasan: Untuk subjek orang ketiga tunggal (He, She, It) dalam Simple Present Tense negatif, kita menggunakan ‘doesn’t’ (does not), bukan ‘don’t’.
26. Jelaskan perbedaan antara ‘affect’ dan ‘effect’ dalam penggunaan grammar bahasa Inggris, berikan contoh kalimat untuk masing-masing.
Penjelasan: Affect umumnya digunakan sebagai kata kerja, sedangkan effect umumnya sebagai kata benda. Memahami fungsi masing-masing kata ini penting untuk penggunaan yang benar.
27. Buatlah dua kalimat, satu menggunakan Conditional Type 1 dan satu menggunakan Conditional Type 3, lalu jelaskan perbedaan maknanya.
Conditional Type 3: ‘If it had rained yesterday, we would have stayed home.’ (Seandainya hujan kemarin, kami pasti sudah tinggal di rumah.) Makna: Kondisi yang tidak terjadi di masa lampau dan konsekuensi yang tidak terealisasi.
Penjelasan: Conditional Type 1 membahas kemungkinan di masa depan, sedangkan Conditional Type 3 membahas situasi hipotetis di masa lalu yang tidak terjadi, dengan penyesalan atau spekulasi tentang hasil yang berbeda.
28. Jelaskan kapan kita menggunakan ‘much’ dan kapan menggunakan ‘many’, berikan contoh.
Penjelasan: Perbedaan utama terletak pada jenis kata benda yang mendampinginya: terhitung atau tak terhitung.
29. Tuliskan tiga aturan dasar penggunaan artikel ‘a’, ‘an’, dan ‘the’ dalam bahasa Inggris, sertakan satu contoh untuk setiap aturan.
2. ‘An’ digunakan sebelum kata benda tunggal yang diawali dengan bunyi vokal. Contoh: ‘an apple’, ‘an hour’ (karena ‘h’ tidak berbunyi).
3. ‘The’ digunakan untuk merujuk pada sesuatu yang spesifik atau sudah diketahui oleh pembicara dan pendengar. Contoh: ‘Please pass me the book on the table.’
Penjelasan: Aturan artikel menentukan kapan suatu kata benda dianggap umum atau spesifik, serta bunyi awal kata benda tersebut.
30. Jelaskan konsep ‘Subject-Verb Agreement’ dalam bahasa Inggris dan berikan dua contoh kalimat yang benar dan salah.
Contoh benar: ‘The cat sleeps.’ (Subjek tunggal, kata kerja tunggal). ‘The cats sleep.’ (Subjek jamak, kata kerja jamak).
Contoh salah: ‘The cat sleep.’ (Subjek tunggal, kata kerja jamak). ‘The cats sleeps.’ (Subjek jamak, kata kerja tunggal).
Penjelasan: Kesesuaian ini adalah fondasi penting untuk membentuk kalimat yang gramatikal dan mudah dipahami.
31. Cocokkan tense dengan contoh kalimat yang tepat.
Pasangkan pernyataan berikut:
- Present Simple … ( … ) … She always drinks coffee.
- Present Continuous … ( … ) … They are watching a movie now.
- Past Simple … ( … ) … I visited Paris last year.
- Present Perfect … ( … ) … He has lived here for ten years.
Penjelasan: Setiap tense memiliki struktur dan fungsi waktunya sendiri yang khas.
32. Cocokkan jenis kata dengan fungsinya.
Pasangkan pernyataan berikut:
- Noun … ( … ) … Word that names a person, place, thing, or idea.
- Verb … ( … ) … Word that describes an action, state, or occurrence.
- Adjective … ( … ) … Word that describes or modifies a noun or pronoun.
- Adverb … ( … ) … Word that modifies a verb, an adjective, or another adverb.
Penjelasan: Memahami jenis kata dan fungsinya adalah dasar tata bahasa.