Rangkuman Materi
Rangkuman materi untuk SD Kelas 5 ini mencakup berbagai konsep penting dari mata pelajaran tematik sesuai Kurikulum Merdeka, yang dirancang untuk mengasah kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa. Materi yang dibahas meliputi pemahaman mendalam tentang siklus air dan dampaknya bagi kehidupan, konsep-konsep dasar volume dan debit dalam matematika yang diaplikasikan pada masalah sehari-hari, analisis teks nonfiksi dan fiksi untuk menemukan ide pokok serta pesan moral, hingga pemahaman tentang hak, kewajiban, dan tanggung jawab sebagai warga negara dalam konteks keberagaman sosial budaya. Siswa juga akan diajak untuk mengevaluasi berbagai fenomena alam dan sosial, serta merumuskan solusi kreatif terhadap permasalahan yang disajikan. Tujuan utamanya adalah mempersiapkan siswa agar tidak hanya menghafal, tetapi mampu menganalisis, mengevaluasi, dan menciptakan solusi berdasarkan pemahaman konsep yang kuat.
Soal Pilihan Ganda (HOTS)
1. Jika Anda adalah kepala desa, strategi analisis apa yang paling tepat untuk menentukan lokasi pembangunan waduk agar memberikan manfaat maksimal dan meminimalkan kerugian?
(Konteks: Sebuah desa menghadapi masalah kekeringan parah selama musim kemarau. Sumur-sumur penduduk mengering dan pasokan air bersih sangat terbatas. Warga desa berencana membangun waduk kecil untuk menampung air hujan agar bisa digunakan saat kemarau berikutnya. Namun, ada perdebatan tentang lokasi terbaik untuk waduk tersebut agar dapat melayani seluruh warga secara efektif dan meminimalkan dampak lingkungan.)
- A. Memilih lokasi yang paling dekat dengan sumber mata air pegunungan, tanpa mempertimbangkan topografi.
- B. Melakukan survei geologi dan hidrologi untuk memahami aliran air bawah tanah dan potensi resapan, serta mempertimbangkan aksesibilitas warga.
- C. Mengadakan sayembara desain waduk tanpa melibatkan ahli lingkungan atau masyarakat sekitar.
- D. Membangun waduk di lahan kosong milik desa yang paling luas, meskipun jauh dari pemukiman warga.
- E. Mengandalkan intuisi dan pengalaman pribadi kepala desa dalam menentukan lokasi.
- answer
2. Jika Pak Budi ingin hasil panen rambutan lebih banyak dari mangga, bagaimana ia harus mengubah rencana pembagian lahannya?
(Konteks: Pak Budi memiliki kebun buah seluas 1500 m². Ia ingin menanam pohon mangga, jambu, dan rambutan. Ia berencana menanami 2/5 bagian kebun dengan pohon mangga, 1/3 bagian dengan pohon jambu, dan sisanya dengan pohon rambutan.)
- A. Mengurangi bagian mangga menjadi 1/4 dan menambah bagian rambutan.
- B. Menambah bagian jambu menjadi 1/2 dan mengurangi bagian rambutan.
- C. Membiarkan bagian mangga dan jambu tetap, tetapi mengurangi luas total kebun.
- D. Mengubah bagian mangga menjadi 3/10 dan memastikan sisa untuk rambutan lebih besar dari 3/10.
- E. Menanam rambutan di semua sisa lahan tanpa menghitung ulang bagian mangga dan jambu.
- answer
3. Sebagai seorang anak kelas 5, bagaimana Anda mengevaluasi klaim ‘SuperKids membuat anak cerdas dan berenergi sepanjang hari’ berdasarkan pengetahuan Anda tentang kesehatan?
(Konteks: Sebuah iklan televisi menampilkan anak-anak yang terlihat sangat gembira setelah minum minuman energi ‘SuperKids’. Narasi iklan menyatakan bahwa ‘SuperKids membuat anak cerdas dan berenergi sepanjang hari’.)
- A. Percaya sepenuhnya karena anak-anak di iklan terlihat sangat bahagia.
- B. Menganggapnya benar karena iklan ada di televisi, yang berarti informasinya pasti akurat.
- C. Meragukan klaim tersebut dan mencari informasi kandungan gizi ‘SuperKids’ serta bertanya pada orang tua atau guru tentang minuman energi.
- D. Meminta orang tua untuk segera membelikan ‘SuperKids’ agar bisa menjadi cerdas dan berenergi.
- E. Mengabaikan iklan tersebut karena tidak tertarik dengan minuman energi.
- answer
4. Jika Anda diminta untuk membuat kampanye kesadaran lingkungan yang efektif untuk mengubah perilaku warga, elemen kunci apa yang harus Anda prioritaskan agar kampanye berhasil?
(Konteks: Di sebuah lingkungan perumahan, banyak warga membuang sampah sembarangan ke sungai yang melewati lingkungan mereka. Akibatnya, sungai menjadi kotor, bau, dan sering meluap saat hujan deras.)
- A. Hanya memasang poster larangan membuang sampah tanpa menjelaskan dampaknya.
- B. Mengadakan lomba kebersihan dengan hadiah menarik, tanpa edukasi mendalam.
- C. Mengorganisir pertemuan warga untuk menjelaskan dampak negatif pencemaran sungai, mendiskusikan solusi bersama, dan membentuk tim pengawas kebersihan.
- D. Meminta pemerintah daerah untuk langsung menindak warga yang membuang sampah sembarangan.
- E. Cukup membersihkan sungai secara rutin tanpa melibatkan partisipasi warga.
- answer
5. Bagaimana Anda bisa menyimpulkan bahwa proses penguapan adalah tahap awal yang sangat krusial dalam siklus air, bahkan jika tidak ada sinar matahari langsung?
(Konteks: Siswa kelas 5 sedang belajar tentang siklus air. Mereka diajak mengamati proses penguapan air di kolam, pembentukan awan, hingga turunnya hujan.)
- A. Tanpa penguapan, tidak akan ada air yang naik ke atmosfer untuk membentuk awan.
- B. Penguapan hanya terjadi jika ada sinar matahari yang sangat terik.
- C. Air di kolam tetap akan menguap meskipun tidak ada sinar matahari, karena perbedaan suhu.
- D. Penguapan hanya penting untuk air laut, bukan air di kolam.
- E. Proses penguapan bisa digantikan oleh proses sublimasi.
- answer
6. Jika Ibu ingin memastikan semua belanjaannya bisa dibawa pulang dalam satu tas, apa keputusan terbaik yang harus Ibu ambil terkait barang belanjaannya?
(Konteks: Di pasar tradisional, Ibu membeli 3,5 kg beras, 1,25 kg gula, dan 0,75 kg tepung. Saat membayar, Ibu mendapatkan diskon Rp 5.000 karena total belanjaannya di atas Rp 100.000. Ibu membawa tas belanja yang hanya mampu menampung beban maksimal 6 kg.)
- A. Meminta pedagang untuk mengurangi jumlah beras sebanyak 0,5 kg.
- B. Membeli tas belanja tambahan di pasar.
- C. Meminta pedagang untuk mengurangi jumlah gula dan tepung masing-masing 0,25 kg.
- D. Meminta pedagang mengurangi jumlah beras menjadi 2,5 kg.
- E. Mengabaikan batas maksimal tas dan mencoba membawa semuanya.
- answer
7. Sebagai teman Rio, saran paling efektif apa yang dapat Anda berikan agar Rio bisa mengatasi masalahnya tanpa harus berhenti bermain game sepenuhnya?
(Konteks: Seorang anak bernama Rio sering bermain game online hingga larut malam. Akibatnya, ia sering terlambat bangun, mengantuk di sekolah, dan nilai pelajarannya menurun.)
- A. Meminta Rio untuk berhenti bermain game sama sekali agar nilainya bagus.
- B. Mengajak Rio bermain game lebih awal agar tidak terlambat tidur.
- C. Menyarankan Rio untuk membuat jadwal bermain game yang teratur dan membatasi waktu bermain, serta memastikan cukup tidur.
- D. Melaporkan Rio kepada orang tuanya agar dimarahi.
- E. Membiarkan Rio bermain game sesukanya karena itu haknya.
- answer
8. Jika Anda adalah Bima, tindakan pertama apa yang paling logis dan aman untuk Anda lakukan setelah menemukan peta tersebut?
(Konteks: Dalam sebuah cerita fiksi, tokoh utama bernama Bima menemukan sebuah kotak misterius yang berisi peta kuno. Peta tersebut menunjukkan lokasi harta karun tersembunyi di puncak gunung yang berbahaya.)
- A. Langsung berangkat mencari harta karun sendirian tanpa persiapan.
- B. Membuang peta tersebut karena takut bahaya.
- C. Menunjukkan peta kepada orang dewasa yang bijaksana atau ahli sejarah untuk meminta nasihat dan bantuan dalam memahami peta.
- D. Menggambar ulang peta tersebut agar terlihat lebih modern.
- E. Menyimpan peta tersebut dan melupakan keberadaannya.
- answer
9. Bagaimana Anda dapat menciptakan lingkungan kelas yang harmonis dan menghargai keberagaman, mengingat potensi kesalahpahaman tersebut?
(Konteks: Indonesia memiliki berbagai suku, bahasa, dan budaya. Perbedaan ini seringkali menjadi kebanggaan, namun kadang juga memicu kesalahpahaman atau konflik jika tidak dikelola dengan baik.)
- A. Meminta semua teman untuk berbicara dalam satu bahasa yang sama.
- B. Mengadakan kegiatan presentasi tentang budaya masing-masing teman dan diskusi terbuka tentang perbedaan yang ada.
- C. Hanya bergaul dengan teman yang memiliki latar belakang budaya yang sama.
- D. Menyuruh teman yang berbeda budaya untuk tidak menunjukkan ciri khas budayanya di sekolah.
- E. Mengabaikan perbedaan budaya dan menganggap semua sama saja.
- answer
10. Jika restoran beroperasi pada kapasitas penuh sepanjang hari, bagaimana Anda dapat menghitung perkiraan jumlah pelanggan maksimal yang dapat dilayani restoran dalam sehari?
(Konteks: Sebuah restoran memiliki 12 meja. Setiap meja dapat menampung 4 orang. Restoran tersebut buka dari pukul 10.00 hingga 22.00. Rata-rata waktu makan pelanggan adalah 1 jam.)
- A. (12 meja x 4 orang) / 1 jam
- B. (22 – 10) jam x (12 meja x 4 orang)
- C. (22 – 10) jam / 1 jam x (12 meja x 4 orang)
- D. (12 meja x 4 orang) + (22 – 10) jam
- E. (12 meja x 4 orang) x 1 jam
- answer
11. Sebagai warga yang peduli, langkah pencegahan paling inovatif apa yang dapat Anda usulkan kepada RT untuk mengurangi risiko demam berdarah secara berkelanjutan?
(Konteks: Saat musim hujan, banyak genangan air terbentuk di lingkungan sekitar. Genangan air ini berpotensi menjadi sarang nyamuk Aedes aegypti, penyebab demam berdarah.)
- A. Hanya melakukan fogging (pengasapan) setiap bulan.
- B. Mengadakan kerja bakti membersihkan lingkungan setiap minggu, fokus pada pengurasan bak mandi dan penutupan tempat penampungan air, serta edukasi 3M Plus.
- C. Menyebarkan ikan cupang di setiap genangan air.
- D. Memasang jaring nyamuk di setiap rumah warga.
- E. Menunggu sampai ada kasus demam berdarah baru bertindak.
- answer
12. Bagaimana Anda mengevaluasi kebenaran klaim ‘alami dan sehat’ dari perusahaan tersebut?
(Konteks: Sebuah perusahaan minuman kemasan mengklaim produknya ‘alami dan sehat’ karena menggunakan buah asli. Namun, daftar bahan menunjukkan adanya tambahan gula dan pengawet dalam jumlah tertentu.)
- A. Klaim itu benar karena ada buah aslinya.
- B. Klaim itu tidak sepenuhnya benar karena adanya tambahan gula dan pengawet, yang perlu dipertimbangkan dampaknya bagi kesehatan.
- C. Klaim itu salah, karena produk kemasan tidak mungkin sehat.
- D. Klaim itu hanya untuk menarik pembeli, jadi tidak perlu dipikirkan.
- E. Klaim itu benar, selama jumlah gula dan pengawet tidak terlalu banyak.
- answer
13. Untuk mengisi kolam tersebut, berapa liter air yang dibutuhkan Ayah?
(Konteks: Ayah akan membangun sebuah kolam ikan berbentuk balok dengan panjang 2,5 meter, lebar 1,2 meter, dan tinggi 0,8 meter. Kolam tersebut akan diisi air hingga 3/4 dari tingginya.)
- A. 2400 liter
- B. 1800 liter
- C. 1200 liter
- D. 900 liter
- E. 600 liter
- answer
14. Jika Anda adalah seorang petani yang lahannya terkena dampak pembangunan jalan tol, bagaimana Anda akan mengevaluasi kebijakan pemerintah ini dari sudut pandang pribadi dan lingkungan?
(Konteks: Pemerintah berencana membangun jalan tol baru yang akan melewati beberapa area persawahan produktif milik petani. Pembangunan ini dijanjikan akan mempercepat transportasi dan meningkatkan ekonomi daerah.)
- A. Menerima begitu saja karena itu kebijakan pemerintah.
- B. Menolak sepenuhnya karena kehilangan lahan adalah kerugian besar.
- C. Menganalisis kompensasi yang ditawarkan, membandingkan dampak ekonomi jangka panjang dengan kerugian lahan, serta mempertimbangkan dampak lingkungan dan keberlanjutan pangan.
- D. Hanya fokus pada keuntungan pribadi dari kompensasi.
- E. Mengajak petani lain untuk berdemo tanpa mencari solusi alternatif.
- answer
15. Jika Anda diminta untuk membuat poster ajakan yang paling persuasif berdasarkan artikel tersebut, pesan utama apa yang akan Anda sampaikan untuk mendorong perubahan perilaku masyarakat?
(Konteks: Sebuah artikel berita daring berjudul ‘Sampah Plastik Ancam Kehidupan Laut: Solusi Ada di Tangan Kita’. Artikel tersebut memaparkan data peningkatan sampah plastik di laut dan dampaknya terhadap biota laut.)
- A. ‘Laut Tercemar, Ikan Mati!’
- B. ‘Jangan Buang Sampah!’
- C. ‘Kurangi, Gunakan Kembali, Daur Ulang: Selamatkan Laut, Selamatkan Masa Depan Kita!’
- D. ‘Pemerintah Harus Bertindak!’
- E. ‘Beli Produk Ramah Lingkungan!’
- answer
16. Jika Anda membutuhkan 7 buah baterai, bagaimana Anda akan merencanakan pembelian yang paling hemat?
(Konteks: Sebuah toko elektronik mengadakan promo ‘Beli 2 Gratis 1’ untuk semua jenis baterai. Harga satu baterai adalah Rp 15.000.)
- A. Membeli 7 buah baterai secara terpisah.
- B. Membeli 6 buah baterai dan mendapatkan 3 gratis.
- C. Membeli 4 buah baterai dan mendapatkan 2 gratis, lalu membeli 1 buah lagi.
- D. Membeli 5 buah baterai dan mendapatkan 2 gratis.
- E. Membeli 2 buah baterai dan mendapatkan 1 gratis, lalu membeli 4 buah lagi.
- answer
17. Sebagai perwakilan siswa, usulan paling konstruktif apa yang dapat Anda sampaikan kepada kepala sekolah untuk memperbaiki situasi ini?
(Konteks: Di sekolah Anda, kantin hanya menyediakan makanan kemasan dan minuman manis. Banyak siswa mengeluh kurangnya pilihan makanan sehat.)
- A. Meminta kepala sekolah menutup kantin karena tidak sehat.
- B. Mengajak teman-teman untuk tidak membeli di kantin.
- C. Mengusulkan agar kantin menyediakan lebih banyak buah-buahan, sayuran, dan makanan rumahan, serta mengadakan program edukasi gizi.
- D. Meminta orang tua untuk membawakan bekal setiap hari.
- E. Membuat petisi tanpa menyampaikan solusi konkret.
- answer
18. Jika panitia ingin mengadakan setidaknya dua jenis acara dan tetap berada dalam anggaran, kombinasi acara apa yang dapat mereka pilih?
(Konteks: Sebuah desa ingin mengadakan acara peringatan Hari Kemerdekaan. Mereka memiliki dana sebesar Rp 5.000.000. Ada beberapa ide acara: lomba olahraga (Rp 1.500.000), panggung hiburan (Rp 2.000.000), dan pawai budaya (Rp 2.500.000).)
- A. Lomba olahraga dan pawai budaya.
- B. Panggung hiburan dan pawai budaya.
- C. Lomba olahraga, panggung hiburan, dan pawai budaya.
- D. Lomba olahraga dan panggung hiburan.
- E. Hanya pawai budaya.
- answer
19. Bagaimana Anda dapat menciptakan sebuah poster yang paling efektif untuk mengajak masyarakat menghemat air, dengan mempertimbangkan berbagai alasan mengapa air harus dihemat?
(Konteks: Air adalah sumber daya alam yang sangat penting. Namun, di banyak tempat, air bersih semakin sulit didapatkan karena pencemaran dan pemborosan.)
- A. Poster dengan tulisan ‘Hemat Air!’
- B. Poster dengan gambar keran air menetes dan tulisan ‘Jangan buang air!’
- C. Poster dengan ilustrasi bumi yang kering dan tulisan ‘Hemat Air untuk Masa Depan Bumi dan Kehidupan Kita!’
- D. Poster dengan daftar panjang cara menghemat air.
- E. Poster dengan gambar orang yang sedang mandi.
- answer
20. Jika Anda adalah seorang aktivis lingkungan cilik, tindakan hukum dan sosial apa yang paling tepat untuk Anda usulkan agar pabrik tersebut bertanggung jawab dan menghentikan pencemaran?
(Konteks: Sebuah pabrik tekstil membuang limbah cairnya langsung ke sungai. Akibatnya, ikan-ikan di sungai banyak yang mati dan air sungai tidak bisa digunakan untuk kebutuhan sehari-hari warga.)
- A. Mengirim surat keluhan anonim ke pabrik.
- B. Melakukan demonstrasi di depan pabrik setiap hari.
- C. Mengumpulkan bukti-bukti pencemaran, melaporkannya kepada pihak berwenang (pemerintah daerah/KLHK), dan menggalang dukungan masyarakat untuk menuntut pabrik agar mengolah limbahnya.
- D. Mengajak teman-teman untuk tidak membeli produk dari pabrik tersebut.
- E. Membersihkan sungai secara mandiri tanpa melibatkan pihak lain.
- answer
Soal Isian, Uraian, dan Mencocokkan
Isian Singkat 1: Berdasarkan konteks tersebut, apa dua faktor utama yang harus dipertimbangkan petani sebelum memutuskan untuk beralih ke metode pertanian organik?
Isian Singkat 2: Apakah air di akuarium akan meluap setelah hiasan dimasukkan? Jelaskan alasan Anda.
Isian Singkat 3: Jika Anda adalah Buaya, tindakan alternatif apa yang bisa Anda lakukan agar tidak tertipu Kancil, namun tetap bisa membantu Kancil menyeberang sungai?
Isian Singkat 4: Sebagai moderator diskusi, bagaimana Anda akan menyimpulkan argumen kedua kelompok agar menghasilkan solusi yang paling seimbang dan realistis untuk lingkungan?
Isian Singkat 5: Berdasarkan gambar tersebut, mengapa proses fotosintesis dianggap sangat penting bagi kelangsungan hidup manusia dan hewan?
Uraian 6: Sebagai Ketua OSIS, bagaimana Anda akan merancang strategi komprehensif untuk menyukseskan program ini agar siswa tidak merasa terbebani, namun tetap mencapai tujuan pengurangan sampah plastik di sekolah?
Uraian 7: Jika Anda adalah seorang insinyur muda yang ditugaskan membantu desa tersebut, rancanglah dua solusi energi alternatif yang paling cocok untuk desa tersebut, jelaskan kelebihan dan kekurangannya masing-masing, serta mengapa Anda memilih solusi tersebut.
Uraian 8: Jika Anda adalah Budi, bagaimana Anda akan mengatasi dilema ini dengan mempertimbangkan nilai-nilai kejujuran, persahabatan, dan keadilan? Jelaskan langkah-langkah yang akan Anda ambil dan alasan di baliknya.
Uraian 9: Jika toko roti ingin meningkatkan keuntungan dan mengurangi kerugian dari roti yang tidak terjual, strategi kreatif apa yang dapat Anda usulkan untuk mengelola stok dan penjualan roti?
Uraian 10: Jika Tono ingin sampai 5 menit lebih awal, berapa kecepatan rata-rata Tono dalam meter per detik yang harus dicapai? Jelaskan langkah-langkah perhitungannya.
Mencocokkan 11: Cocokkan konsep-konsep di kolom kiri dengan contoh atau penjelasannya yang paling sesuai di kolom kanan. Tarik garis dari konsep ke penjelasan yang tepat.
Mencocokkan 12: Pasangkan masalah lingkungan di kolom kiri dengan solusi berkelanjutan yang paling efektif di kolom kanan.
Kunci Jawaban
| 1. (Pilihan Ganda) | B. Melakukan survei geologi dan hidrologi untuk memahami aliran air bawah tanah dan potensi resapan, serta mempertimbangkan aksesibilitas warga. (Strategi ini menunjukkan analisis komprehensif (C4) dengan mempertimbangkan faktor ilmiah dan sosial untuk efektivitas jangka panjang). |
| 2. (Pilihan Ganda) | D. Mengubah bagian mangga menjadi 3/10 dan memastikan sisa untuk rambutan lebih besar dari 3/10. (Ini melibatkan analisis (C4) dan evaluasi (C5) perbandingan pecahan serta perubahan strategi untuk mencapai tujuan spesifik). |
| 3. (Pilihan Ganda) | C. Meragukan klaim tersebut dan mencari informasi kandungan gizi ‘SuperKids’ serta bertanya pada orang tua atau guru tentang minuman energi. (Ini menunjukkan kemampuan evaluasi (C5) terhadap informasi yang diterima dan inisiatif untuk mencari kebenaran). |
| 4. (Pilihan Ganda) | C. Mengorganisir pertemuan warga untuk menjelaskan dampak negatif pencemaran sungai, mendiskusikan solusi bersama, dan membentuk tim pengawas kebersihan. (Ini adalah pendekatan komprehensif (C6 – Create) yang melibatkan edukasi, partisipasi, dan pengawasan untuk perubahan perilaku jangka panjang). |
| 5. (Pilihan Ganda) | A. Tanpa penguapan, tidak akan ada air yang naik ke atmosfer untuk membentuk awan. (Menjelaskan hubungan sebab-akibat (C4) dan krusialnya penguapan sebagai fondasi siklus). |
| 6. (Pilihan Ganda) | D. Meminta pedagang mengurangi jumlah beras menjadi 2,5 kg. (Total belanjaan awal 3.5 + 1.25 + 0.75 = 5.5 kg. Jika Ibu mengurangi beras menjadi 2.5 kg, maka totalnya 2.5 + 1.25 + 0.75 = 4.5 kg, yang masih di bawah 6 kg. Ini adalah analisis (C4) dan pengambilan keputusan (C5) yang efektif). |
| 7. (Pilihan Ganda) | C. Menyarankan Rio untuk membuat jadwal bermain game yang teratur dan membatasi waktu bermain, serta memastikan cukup tidur. (Ini adalah solusi yang mempertimbangkan keseimbangan (C6 – Create/Propose) dan realistis, bukan ekstrem). |
| 8. (Pilihan Ganda) | C. Menunjukkan peta kepada orang dewasa yang bijaksana atau ahli sejarah untuk meminta nasihat dan bantuan dalam memahami peta. (Ini menunjukkan kemampuan analisis (C4) situasi dan pengambilan keputusan yang bijaksana (C5) untuk keselamatan dan efektivitas). |
| 9. (Pilihan Ganda) | B. Mengadakan kegiatan presentasi tentang budaya masing-masing teman dan diskusi terbuka tentang perbedaan yang ada. (Ini adalah tindakan kreatif (C6) untuk membangun pemahaman, empati, dan penghargaan terhadap keberagaman). |
| 10. (Pilihan Ganda) | C. (22 – 10) jam / 1 jam x (12 meja x 4 orang). (Ini melibatkan analisis (C4) dan penerapan rumus untuk menghitung kapasitas berdasarkan waktu dan jumlah tempat duduk). |
| 11. (Pilihan Ganda) | B. Mengadakan kerja bakti membersihkan lingkungan setiap minggu, fokus pada pengurasan bak mandi dan penutupan tempat penampungan air, serta edukasi 3M Plus. (Ini adalah solusi komprehensif (C6) yang melibatkan partisipasi masyarakat dan edukasi, lebih berkelanjutan daripada hanya fogging). |
| 12. (Pilihan Ganda) | B. Klaim itu tidak sepenuhnya benar karena adanya tambahan gula dan pengawet, yang perlu dipertimbangkan dampaknya bagi kesehatan. (Ini menunjukkan kemampuan evaluasi (C5) terhadap informasi dan pemahaman kritis tentang label produk). |
| 13. (Pilihan Ganda) | B. 1800 liter. (Volume kolam = 2.5 x 1.2 x 0.8 = 2.4 m³. Ketinggian air = 3/4 x 0.8 = 0.6 m. Volume air = 2.5 x 1.2 x 0.6 = 1.8 m³. 1 m³ = 1000 liter. Jadi, 1.8 m³ = 1800 liter. Ini melibatkan analisis (C4) dan perhitungan volume). |
| 14. (Pilihan Ganda) | C. Menganalisis kompensasi yang ditawarkan, membandingkan dampak ekonomi jangka panjang dengan kerugian lahan, serta mempertimbangkan dampak lingkungan dan keberlanjutan pangan. (Ini menunjukkan kemampuan evaluasi (C5) yang komprehensif dari berbagai sudut pandang). |
| 15. (Pilihan Ganda) | C. ‘Kurangi, Gunakan Kembali, Daur Ulang: Selamatkan Laut, Selamatkan Masa Depan Kita!’. (Ini adalah pesan yang kreatif (C6), persuasif, dan memberikan solusi konkret (3R) yang relevan dengan masalah dan dampaknya). |
| 16. (Pilihan Ganda) | C. Membeli 4 buah baterai dan mendapatkan 2 gratis, lalu membeli 1 buah lagi. (Ini berarti Anda membayar 4 baterai (4 x Rp 15.000 = Rp 60.000) dan mendapatkan 2 gratis, total 6 baterai. Lalu membeli 1 baterai lagi (Rp 15.000). Total biaya Rp 75.000 untuk 7 baterai. Pilihan B (beli 6 gratis 3) menghasilkan 9 baterai dengan harga 6 baterai (Rp 90.000). Ini menunjukkan analisis (C4) dan strategi pembelian (C6) yang paling efisien). |
| 17. (Pilihan Ganda) | C. Mengusulkan agar kantin menyediakan lebih banyak buah-buahan, sayuran, dan makanan rumahan, serta mengadakan program edukasi gizi. (Ini adalah solusi kreatif (C6) yang komprehensif, melibatkan perubahan menu dan edukasi, lebih konstruktif daripada penolakan saja). |
| 18. (Pilihan Ganda) | D. Lomba olahraga dan panggung hiburan. (Lomba olahraga Rp 1.500.000 + Panggung hiburan Rp 2.000.000 = Rp 3.500.000, yang masih dalam anggaran Rp 5.000.000. Pilihan lainnya melebihi anggaran. Ini adalah analisis (C4) dan pengambilan keputusan (C5) berdasarkan batasan). |
| 19. (Pilihan Ganda) | C. Poster dengan ilustrasi bumi yang kering dan tulisan ‘Hemat Air untuk Masa Depan Bumi dan Kehidupan Kita!’. (Ini adalah kreasi (C6) yang paling persuasif karena menghubungkan tindakan hemat air dengan dampak global dan masa depan, memicu kesadaran yang lebih mendalam). |
| 20. (Pilihan Ganda) | C. Mengumpulkan bukti-bukti pencemaran, melaporkannya kepada pihak berwenang (pemerintah daerah/KLHK), dan menggalang dukungan masyarakat untuk menuntut pabrik agar mengolah limbahnya. (Ini adalah pendekatan strategis (C6 – Create/Propose) yang melibatkan pengumpulan data, jalur hukum, dan dukungan sosial untuk mencapai perubahan yang efektif). |
| 21. (Isian Singkat) | Dua faktor utama adalah: 1) Kesiapan modal dan pengetahuan untuk membeli bibit tahan hama atau mempelajari teknik organik baru, dan 2) Potensi pasar dan harga jual produk organik yang mungkin berbeda dibandingkan produk konvensional. |
| 22. (Isian Singkat) | Tidak akan meluap. Volume air = (3/4) * (40 cm)³ = (3/4) * 64.000 cm³ = 48.000 cm³. Volume hiasan = 5 * 500 cm³ = 2.500 cm³. Total volume = 48.000 cm³ + 2.500 cm³ = 50.500 cm³. Karena volume total air dan hiasan (50.500 cm³) masih kurang dari volume penuh akuarium (64.000 cm³), maka air tidak akan meluap. |
| 23. (Isian Singkat) | Jika saya Buaya, saya bisa menawarkan bantuan menyeberangkan Kancil secara langsung dengan syarat Kancil tidak mengganggu teman-teman Buaya atau berbagi makanan yang ia miliki. Atau, saya bisa meminta Kancil untuk menjelaskan tujuannya menyeberang dan menawarkan kesepakatan yang saling menguntungkan, bukan dengan tipuan. |
| 24. (Isian Singkat) | Sebagai moderator, saya akan menyimpulkan bahwa pelarangan total mungkin sulit dilakukan secara langsung dan membutuhkan waktu, namun pengurangan dan daur ulang adalah langkah awal yang sangat penting. Solusi paling realistis adalah kombinasi keduanya: secara bertahap mengurangi penggunaan plastik sekali pakai, mendorong inovasi pengganti plastik, dan meningkatkan fasilitas daur ulang serta kesadaran masyarakat. |
| 25. (Isian Singkat) | Proses fotosintesis sangat penting karena menghasilkan dua hal krusial: 1) Oksigen, yang dibutuhkan manusia dan hewan untuk bernapas, dan 2) Glukosa (makanan), yang merupakan sumber energi utama bagi tumbuhan itu sendiri dan secara tidak langsung menjadi sumber makanan bagi hewan herbivora, yang kemudian dimakan oleh karnivora, membentuk rantai makanan. |
| 26. (Uraian) | Sebagai Ketua OSIS, strategi komprehensif yang akan saya rancang adalah sebagai berikut: Pertama, **Edukasi dan Sosialisasi Intensif**: Mengadakan sesi edukasi tentang bahaya sampah plastik dan manfaat ‘Hari Tanpa Sampah Plastik’ bagi lingkungan dan kesehatan, dengan contoh-contoh nyata yang mudah dipahami siswa. Kedua, **Penyediaan Alternatif dan Fasilitas**: Bekerja sama dengan kantin sekolah untuk menyediakan makanan dan minuman tanpa kemasan plastik (misalnya, makanan disajikan di piring, minuman di gelas), serta menyediakan dispenser air minum gratis. Mendorong siswa membawa botol minum dan kotak bekal sendiri. Ketiga, **Kampanye Kreatif dan Hadiah**: Mengadakan lomba desain botol minum atau kotak bekal, membuat poster ajakan yang menarik, atau memberikan poin/hadiah kecil bagi kelas yang paling konsisten menerapkan program. Keempat, **Peran Duta Lingkungan**: Membentuk tim ‘Duta Lingkungan’ dari perwakilan setiap kelas yang bertugas mengingatkan dan membantu teman-teman. Kelima, **Evaluasi dan Umpan Balik**: Secara berkala mengumpulkan masukan dari siswa dan guru untuk mengetahui kendala yang dihadapi dan mencari solusi bersama, sehingga program bisa terus diperbaiki dan disesuaikan. |
| 27. (Uraian) | Sebagai insinyur muda, saya akan merancang dua solusi energi alternatif: 1. **Pembangkit Listrik Tenaga Mikrohidro (PLTMH) dari aliran sungai**: Kelebihan: Sumber energi terbarukan, bersih, biaya operasional rendah setelah pembangunan awal, dapat menyediakan listrik 24 jam. Kekurangan: Biaya pembangunan awal relatif tinggi, membutuhkan pemeliharaan rutin, tergantung pada debit air sungai (bisa berkurang saat kemarau). Saya memilih ini karena sungai kecil bisa menjadi sumber energi yang stabil dan bersih, cocok untuk desa terpencil yang membutuhkan listrik berkelanjutan. 2. **Pembangkit Listrik Tenaga Biogas dari limbah kelapa**: Kelebihan: Mengubah limbah kelapa yang melimpah menjadi energi, mengurangi pencemaran, menghasilkan pupuk organik sebagai produk sampingan. Kekurangan: Membutuhkan teknologi dan penanganan limbah yang tepat, kapasitas listrik mungkin tidak sebesar PLTMH, bergantung pada ketersediaan limbah kelapa. Saya memilih ini karena melimpahnya pohon kelapa menyediakan bahan baku yang berkelanjutan dan sekaligus mengatasi masalah limbah, memberikan solusi energi dan lingkungan secara bersamaan. |
| 28. (Uraian) | Jika saya Budi, saya akan mengatasi dilema ini dengan langkah-langkah berikut: 1. **Pendekatan Personal kepada Andi**: Saya akan berbicara empat mata dengan Andi setelah ujian, mengungkapkan bahwa saya melihatnya menyontek, dan menjelaskan dampak negatif menyontek bagi dirinya (tidak belajar, tidak jujur pada diri sendiri, merusak kepercayaan). Saya akan mencoba memahami alasannya dan menawarkan bantuan belajar. Ini adalah langkah awal yang mengedepankan persahabatan dan memberikan kesempatan pada Andi untuk berubah. 2. **Menimbang Konsekuensi Jika Andi Tidak Berubah**: Jika Andi mengabaikan teguran saya atau terus menyontek di lain waktu, saya akan mempertimbangkan untuk melaporkan kepada guru. Alasan di baliknya adalah menjaga integritas ujian dan keadilan bagi semua siswa yang belajar keras. Menyontek merusak sistem pendidikan dan tidak adil bagi teman-teman lain. 3. **Melaporkan dengan Bijak**: Jika terpaksa melaporkan, saya akan melakukannya secara pribadi kepada guru, menjelaskan situasinya tanpa ada niat menjatuhkan, tetapi demi kebaikan Andi dan lingkungan belajar yang jujur. Saya akan meminta guru untuk membimbing Andi agar tidak mengulangi perbuatannya. Prioritas saya adalah menegakkan nilai kejujuran dan keadilan, sambil tetap berharap Andi bisa berubah menjadi lebih baik. |
| 29. (Uraian) | Untuk meningkatkan keuntungan dan mengurangi kerugian, saya akan mengusulkan strategi kreatif berikut: 1. **Analisis Data Penjualan Lebih Mendalam**: Mengumpulkan data penjualan harian secara lebih detail (misalnya, jenis roti manis yang paling laris, waktu penjualan puncak) untuk menyesuaikan jumlah produksi setiap jenis roti agar lebih akurat dengan permintaan, bukan hanya perbandingan 3/5 dan sisanya. 2. **Promo ‘Happy Hour’ untuk Roti Sisa**: Menawarkan diskon khusus (misalnya 30-50%) untuk roti yang mendekati batas waktu kedaluwarsa atau roti yang masih banyak tersisa pada 1-2 jam sebelum toko tutup. Ini mendorong pembelian impulsif dan mengurangi pembuangan. 3. **Program ‘Roti Peduli’**: Mendonasikan roti yang tidak terjual (namun masih layak konsumsi) kepada panti asuhan atau yayasan sosial, yang bisa memberikan citra positif bagi toko dan mengurangi kerugian karena pembuangan. 4. **Inovasi Produk dari Roti Sisa**: Mengolah roti tawar yang tidak terjual menjadi produk lain seperti roti kering (rusk), puding roti, atau ‘crouton’ untuk salad, sehingga memiliki nilai jual baru. 5. **Sistem Pre-Order untuk Acara Khusus**: Mendorong pelanggan untuk melakukan pre-order dalam jumlah besar untuk acara (misalnya, rapat, ulang tahun) guna memastikan penjualan dalam jumlah besar dan mengurangi ketidakpastian stok harian. |
| 30. (Uraian) | Langkah-langkah perhitungannya adalah sebagai berikut: 1. **Ubah Jarak ke Meter**: Jarak = 2,4 km = 2,4 * 1000 meter = 2400 meter. 2. **Tentukan Waktu Baru**: Tono ingin sampai 5 menit lebih awal, jadi waktu baru = 15 menit – 5 menit = 10 menit. 3. **Ubah Waktu ke Detik**: Waktu baru = 10 menit * 60 detik/menit = 600 detik. 4. **Hitung Kecepatan Rata-rata**: Kecepatan = Jarak / Waktu = 2400 meter / 600 detik = 4 meter/detik. Jadi, Tono harus mencapai kecepatan rata-rata 4 meter per detik. |
| 31. (Mencocokkan) | Lihat pasangan yang benar di atas. |
| 32. (Mencocokkan) | Lihat pasangan yang benar di atas. |
