Menjelang Ujian Akhir Semester (UAS) Matematika Kelas 8 SMP Semester 1, persiapan yang matang adalah kunci kesuksesan. Artikel ini hadir sebagai panduan komprehensif yang menyediakan berbagai contoh soal pilihan ganda, isian singkat, uraian, dan menjodohkan yang relevan dengan kurikulum. Kami akan membahas topik-topik esensial seperti pola bilangan, bentuk aljabar, persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel, relasi dan fungsi, serta geometri dasar seperti garis dan sudut. Dengan berlatih secara intensif menggunakan contoh soal ini, siswa diharapkan dapat mengidentifikasi area yang perlu diperkuat, memahami konsep secara lebih mendalam, dan meningkatkan kecepatan serta ketepatan dalam menjawab soal. Latihan soal ini dirancang untuk mensimulasikan kondisi ujian sesungguhnya, membantu membangun rasa percaya diri dan mengurangi kecemasan. Mari manfaatkan kesempatan ini untuk menguasai materi dan meraih nilai terbaik di UAS Matematika Anda. Selamat belajar dan semoga sukses!
Pilihan Ganda
- Bentuk sederhana dari 3(2x – 4) – 2(x + 3) adalah…
A. 4x – 6
B. 4x – 18
C. 4x – 10
D. 8x – 6 - Himpunan penyelesaian dari 2x + 5 = 11 adalah…
A. {2}
B. {3}
C. {4}
D. {8} - Sebuah deret bilangan memiliki pola 2, 5, 8, 11, … Suku ke-10 dari deret tersebut adalah…
A. 26
B. 29
C. 32
D. 35 - Jika A = {bilangan prima kurang dari 10} dan B = {bilangan ganjil kurang dari 10}, maka A
A B adalah…
A. {3, 5, 7}
B. {3, 5, 7}
C. {1, 2, 3, 5, 7, 9}
D. {2, 3, 5, 7} - Sebuah toko memberikan diskon 20% untuk semua barang. Jika harga sebuah tas sebelum diskon adalah Rp 150.000, berapa harga tas setelah diskon?
A. Rp 100.000
B. Rp 110.000
C. Rp 120.000
D. Rp 130.000 - Nilai x yang memenuhi persamaan 3x – 7 = 2x + 1 adalah…
A. 6
B. 7
C. 8
D. 9 - Gradien garis yang melalui titik (2, 3) dan (4, 7) adalah…
A. 1
B. 2
C. 3
D. 4 - Sebuah segitiga memiliki panjang sisi 6 cm, 8 cm, dan 10 cm. Jenis segitiga tersebut adalah…
A. Segitiga sama sisi
B. Segitiga sama kaki
C. Segitiga lancip
D. Segitiga siku-siku - Jumlah sudut-sudut dalam segitiga adalah…
A. 90 derajat
B. 120 derajat
C. 180 derajat
D. 360 derajat - Jika f(x) = 2x – 3, maka nilai f(4) adalah…
A. 3
B. 4
C. 5
D. 6 - Hasil dari (-5) x 7 + 3 adalah…
A. -38
B. -32
C. 32
D. 38 - Bentuk baku dari 0,0000078 adalah…
A. 7,8 x 10^-5
B. 7,8 x 10^-6
C. 7,8 x 10^6
D. 7,8 x 10^5 - Perbandingan umur Ayah dan Anak adalah 5:2. Jika umur Ayah 35 tahun, maka umur Anak adalah…
A. 10 tahun
B. 14 tahun
C. 15 tahun
D. 20 tahun - Median dari data 7, 8, 6, 9, 5, 7, 8 adalah…
A. 6
B. 7
C. 8
D. 9 - Sudut pelurus dari sudut 60 derajat adalah…
A. 30 derajat
B. 120 derajat
C. 180 derajat
D. 240 derajat - Keliling lingkaran dengan jari-jari 7 cm adalah… (gunakan π = 22/7)
A. 22 cm
B. 44 cm
C. 88 cm
D. 154 cm - Volume balok dengan panjang 10 cm, lebar 5 cm, dan tinggi 4 cm adalah…
A. 100 cm^3
B. 200 cm^3
C. 240 cm^3
D. 400 cm^3 - Sebuah bilangan jika dikalikan 3 kemudian dikurangi 5 hasilnya adalah 10. Bilangan tersebut adalah…
A. 3
B. 4
C. 5
D. 6 - Pola bilangan ganjil adalah 1, 3, 5, 7, … Suku ke-n dari pola tersebut adalah…
A. n
B. 2n
C. 2n – 1
D. n + 1 - Titik (3, -2) berada di kuadran ke…
A. I
B. II
C. III
D. IV
Isian Singkat
- Berapakah hasil dari 15 + (-7) – 12?
Jawaban: -4 - Jika 5x – 3 = 12, berapakah nilai x?
Jawaban: 3 - Tuliskan tiga suku berikutnya dari pola bilangan 1, 3, 6, 10, …
Jawaban: 15, 21, 28 - Sudut yang besarnya 90 derajat disebut sudut…?
Jawaban: Siku-siku - Keliling sebuah persegi panjang adalah 30 cm. Jika panjangnya 8 cm, berapakah lebarnya?
Jawaban: 7 cm
Uraian
- Jelaskan perbedaan antara himpunan berhingga dan himpunan tak berhingga, berikan masing-masing satu contoh.
Jawaban: Himpunan berhingga adalah himpunan yang jumlah anggotanya terbatas dan dapat dihitung, contohnya {1, 2, 3, 4, 5}. Himpunan tak berhingga adalah himpunan yang jumlah anggotanya tidak terbatas dan tidak dapat dihitung, contohnya {bilangan asli} atau {1, 2, 3, …}. - Sebuah taman berbentuk persegi panjang memiliki panjang 20 meter dan lebar 15 meter. Hitunglah luas dan keliling taman tersebut!
Jawaban: Luas = panjang
A lebar = 20 m
A 15 m = 300 m². Keliling = 2
A (panjang + lebar) = 2
A (20 m + 15 m) = 2
A 35 m = 70 m. - Gambarlah grafik fungsi linear y = 2x – 1 dengan domain {x | -2
x
2, x
Bilangan Bulat} pada koordinat Kartesius.
Jawaban: Untuk x = -2, y = 2(-2) – 1 = -5. Titik (-2, -5)Untuk x = -1, y = 2(-1) – 1 = -3. Titik (-1, -3)Untuk x = 0, y = 2(0) – 1 = -1. Titik (0, -1)Untuk x = 1, y = 2(1) – 1 = 1. Titik (1, 1)Untuk x = 2, y = 2(2) – 1 = 3. Titik (2, 3)Grafik adalah garis lurus yang menghubungkan titik-titik tersebut. - Dalam sebuah kelas terdapat 30 siswa. 18 siswa suka Matematika, 15 siswa suka IPA, dan 5 siswa tidak suka keduanya. Berapa banyak siswa yang suka Matematika dan IPA?
Jawaban: Misalkan S = jumlah siswa, M = suka Matematika, I = suka IPA. n(S) = 30 n(M) = 18 n(I) = 15 n(M U I)’ = 5 (tidak suka keduanya) n(M U I) = n(S) – n(M U I)’ = 30 – 5 = 25 Gunakan rumus: n(M U I) = n(M) + n(I) – n(M
A I) 25 = 18 + 15 – n(M
A I) 25 = 33 – n(M
A I) n(M
A I) = 33 – 25 = 8. Jadi, ada 8 siswa yang suka Matematika dan IPA. - Jelaskan konsep gradien pada persamaan garis lurus dan bagaimana cara menentukannya dari dua titik yang diketahui.
Jawaban: Gradien (m) adalah ukuran kemiringan suatu garis lurus. Ini menunjukkan seberapa curam garis tersebut. Jika diketahui dua titik (x1, y1) dan (x2, y2) yang dilalui garis, gradien dapat ditentukan dengan rumus: m = (y2 – y1) / (x2 – x1). Gradien positif menunjukkan garis naik dari kiri ke kanan, sedangkan gradien negatif menunjukkan garis turun.
Menjodohkan
- Jodohkan pernyataan di kolom A dengan jawaban yang tepat di kolom B.
Kolom A:- 1. Sudut kurang dari 90 derajat
- 2. Himpunan bagian dari bilangan bulat yang positif
- 3. Hasil dari 2x + 5 = 15
Kolom B:
- a. Bilangan Asli
- b. x = 5
- c. Sudut Lancip
Kunci Jawaban: 1-c, 2-a, 3-b
- Jodohkan konsep matematika di kolom A dengan definisi atau contohnya di kolom B.
Kolom A:- 1. Koefisien x dalam 3x^2 – 4x + 7
- 2. Pola bilangan genap
- 3. Garis yang memotong dua garis sejajar
Kolom B:
- a. Garis transversal
- b. 2n
- c. -4
Kunci Jawaban: 1-c, 2-b, 3-a